26 September 2011

Resep Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi


Resep Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi

Pak Kustandi bukan nama suatu resto atau warung makan yang menjual soto Betawi nan lezat. Pak Kustandi yang ini adalah rekan sekantor saya yang telah berbaik hati membagi resep soto Betawi yang telah turun temurun di wariskan di keluarganya ini. Bermula dari santap siang saya di Kedai Ria yang menyediakan soto daging Betawi yang lezat, sayapun menjadi penasaran dengan resep soto Betawi asli. Rupanya tidak perlu jauh-jauh saya mencarinya, karena Pak Kustandi memiliki resepnya yang ternyata sangat sederhana dan mudah. Rasanya? Hmm, lezat dan tidak kalah dengan soto Ria yang pernah saya ulas di artikel Jajan Yuk! Anda bisa klik disini untuk mengetahuinya. 

Resep Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi
Resep Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi

Membuat soto daging Betawi ternyata tidak sulit, bumbunya sangat sederhana dan prosesnya juga cepat. Jika umumnya soto Betawi berisi babat dan aneka jeroan sapi lainnya, maka saya hanya menggunakan dagingnya saja. Jeroan sapi memang bukan salah satu bahan makanan favorit saya, namun jika anda suka maka anda bisa menggunakan aneka jeroan sapi yang direbus di dalam kuah hingga empuk kemudian digoreng setengah kering. Kuah soto Betawi umumnya menggunakan santan atau susu, saya menggunakan susu bubuk Dancow sebanyak 3 sendok makan yang saya larutkan dengan 2 liter air kaldu daging. Anda bisa juga menggunakan susu cair atau susu bubuk bebas lemak. Menurut saya, soto Betawi dengan kuah dari susu rasanya justru lebih mantap, dan tentunya lebih sehat dibandingkan dengan santan.

Resep Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi

Keistimewaan lainnya dari resep ini adalah sambalnya. Pak Kustandi atau kami biasanya memanggilnya dengan Pak Kus memiliki rahasia yang menambah kelezatan si soto yaitu sambal kacang. Jika umumnya soto Betawi disajikan dengan sambal rawit biasa maka yang ini sambalnya terbuat dari kacang tanah goreng dan cabai merah yang dihaluskan. Sambal ini ditaburkan saat soto disajikan di mangkuk. Hmm, sambal kacang nan pedas ini menambah nikmat kuah soto karena kuah menjadi kental dan sangat tasty. Yummy! Thanks dengan Pak Kustandi atas resep keluarganya yang luar biasa ^_^

Resep Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi

Jika anda berminat, berikut resepnya ya.

Resep Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi

Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi
Resep dimodifikasi dari resep keluarga Pak Kustandi - Soto Daging/Ayam ala Betawi

Untuk 5 porsi

Bahan:
- 1/2 kg daging sapi, potong-potong ukuran besar
- 2 liter susu cair atau santan (bisa dibuat dengan melarutkan: 3 sendok makan susu bubuk + 2 liter air rebusan daging)
- 1 butir tomat, potong dadu
- 3 butir kentang, siangi belah 4 dan goreng setengah kering. Potong-potong sesuai selera.
- 2 batang daun bawang, rajang halus untuk taburan
- 1 batang seledri, rajang halus untuk taburan
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu haluskan:
- 5 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 1 sendok teh merica butiran 

Bumbu lainnya:
- 3 lembar daun jeruk purut
- 2 batang serai di pipihkan
- 1 batang kayu manis
- 2 butir kapulaga
- 1 butir kembang lawang
- 3/4 sendok makan garam
- 1 1/2  sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Pelengkap:
- Sambal kacang (bahan: 100 gram kacang tanah goreng dihaluskan, 5 buah cabai merah keriting + 3 buah cabai rawit merah dihaluskan)
- Emping melinjo goreng (optional)
- Kerupuk (optional)
- Acar wortel dan ketimun (1 butir wortel & 1 butir ketimun potong dadu, 5 buah cabai rawit rajang halus, aduk bersama  dengan 2 sendok makan gula pasir, 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan cuka, biarkan selama 1 jam hingga bumbu meresap).
- Bawang merah goreng

Cara membuat:
Siapkan penggorengan, panaskan minyak dan tumis bumbu halus, daun jeruk, serai hingga harum dan matang. Angkat dan sisihkan.

Resep Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi

Siapkan panci, masukkan 2 liter air, daging sapi, bumbu tumisan, kapulaga, kembang lawang, kayu manis, gula, garam. Rebus hingga daging empuk. Matikan api kompor. Angkat daging, goreng sebentar hingga setengah kering di minyak panas (hati-hati saat menggoreng karena minyak berloncatan). Angkat, tiriskan dan potong-potong seusai selera, sisihkan.

Ambil 200 ml air kaldu, tambahkan 3 sendok makan susu bubuk, aduk hingga rata dan bebas gumpalan. Tuangkan susu ke dalam kuah panci berisi kaldu daging. Tambahkan air ke dalam panci hingga air dalam panci menjadi sebanyak 2 liter (sebagian air menguap ketika merebus daging). Tambahkan kaldu bubuk dan masak hingga kuah mendidih, aduk-aduk agar susu tidak pecah. Cicipi rasanya dan matikan api kompor.

Membuat sambal kacang:

Resep Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi

Panaskan 1 sendok makan minyak di wajan, tumis cabai halus hingga harum dan berubah warnanya menjadi tidak pucat. Masukkan kacang tanah yang dihaluskan ke dalam cabai tumis dan aduk rata. Gunakan sambal kacang sebagai pelengkap saat menikmati soto.

Penyajian

Resep Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi

Siapkan mangkuk saji, tata daging goreng, irisan kentang goreng, tomat, siram dengan kuah soto dan taburi permukannya dengan sambal kacang, emping yang diremukkan, dan daun bawang +  daun seledri. 

Sajikan dengan nasi putih, acar wortel dan ketimun. Mantap!

Source:
Resep Keluarga Pak Kustandi - Soto Daging Betawi



104 komentar:

  1. mo nanya bumbu kembang lawang apaan ya? saya suka nyoba bikin soto berbagai daerah tp yang soto betawi belum pernah.thanks.

    BalasHapus
  2. Halo Mba Mutia, kembang lawang biasa juga di sebut pekak, bentuknya seperti bunga dengan kelopak lancip, keras dan berwarna kecoklatan, di dalamnya terdapat biji2 coklat kecil. Banyak dijual di pasar atau supermarket kok, wanginya khas dan sedap untuk soto, gulai atau rendang. Semoga membantu ya.

    BalasHapus
  3. kebayang deh lezatnya,thanks ya mbak...entar kucoba membuatnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang soto yang ini mantap habis!! Hhehehe. Thanks ya.

      Hapus
  4. aku sudah mencoba resepnya,anakku sangaaaaaaaaaat suka dan lahap makannya...thanks ya mbak udah berbagi resep!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks ya atas sharing mencoba resepnya. Senang banget mendengarnya. Salam buat si kecil ya dan sukses selalu ^_^

      Hapus
  5. Mbak Endang, first of all terimakasih buat blog-nya yang gak hanya asik di baca, mudah dimengerti (terlebih poto2 uploadnya pun turut berbicara ^_^) ....it's very valuable, love yours much! browsing cari resep soto betawi kesukaan ayah ku, pengen coba2 bikin sendiri karena di kota ku belum ketemu warung soto betawi yg istimewa (*semua msh standar2 aja tastenya). Resep yg Mbak Endang share disini, lemak niaaaan (orang Palembang gitu komennya, mbak), page inilah awal dari my fun cooking trial-recipes, baru Soto Betawi yang dicobain tapi akan mencoba banyak lagi menu2 pilihan dari dapurnya Mbak Endang. Keep posting ;)
    Salam Hangat,
    Isti (Palembang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Isti, salam kenal dan thanks atas komentar dan sharingnya ya. Saya senang, resep soto ini banyak yang menyukai, saya akui memang rasanya mantap Mba, apalagi kalau dikasih sambal kacangnya yang super pedas, hmm yummy!! hehehe sampai ngeces neh. Okeh Mba, tetap fun dengan cooking trialnya ya, semoga saya juga tetap semangat seperti Mba Isti untuk juga rajin nyoba di dapur dan posting resep. Kadang2 mood masak suka drop wakaka. Salam untuk keluarga dan sukses selalu ^_^

      Hapus
  6. Sotonya enak mbak, aku udah tes.
    Makasih uda sharing resep ya mbak, nanti mau coba resep2 yang lainnya.

    salam kenal...
    iyang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal juga ya, thanks atas sharingnya dan moga suka dengan resep2 lainnya. ^_^

      Hapus
  7. Hallo mba.Endang, ak penggemar fav blog mba :)
    Kl ngempukin dagingnya pake slow cooker gmn mba?
    Tq - Reinnitha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Reini, bisa pakai slow cooker ya atau kalau mau cepat pakai panci presto saja. ^_^

      Hapus
  8. Kalau daging sapinya diganti ayam kira2 bakal tetap enak ga mba? Trus susunya dipakein susu evaporasi bisa ga? Aku msh Άϑά sisa susu evaporasi tp bingung mau diapain.. Sblmnya makasih ya mba buat pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, pakai ayam bisa saja hanya saja memang gak sesuai dengan pakem soto betwai yang pakai daging sapi dan jeroan ya. Susu pakai evaporasi oke kok, tambahkan air supaya agak encer. sori saya lama banget balesnya ya, terselip.

      Hapus
  9. Assalamualaikum,,, Terima kasih resepnya,,, emang mantaaap bener yaakk... Saya liat di internet ada yang warna kuning, dikasih kunyit yakk,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, umumnya soto betawi putih ya, gak pakai kunyit seperti soto jawa, cuman kalau mau tambah kunyit oke2 saja kok hehhehe

      Hapus
  10. mbaaakkk, aku udah bikin ini, buseddd enak bener dah , mantapsss rasanya, asli betawi bangat dah nih...

    thanks ya mbaaakkk, u r soo kind ,.. ^^

    BalasHapus
  11. halo mbak..aku nyoba resep ini tapi gagal T_T,ya sotonya ya sambel kacangnya. Sotonya kaya kurang bumbu,kebykan kuah.aku gak ukur 2L pas #salahku,trus gt aku pake susu cair 350ml,mgk kebykan ya,jd bumbu kurang rasa. Kalo sambelnya,knp berminyak ya?kacang tanahnya digoreng apa di sangrai?aku digoreng trus dihaluskan pake grinder,jdnya lembut kaya bumbu gado2 gt.salah dimana? T_T.huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, kebanyakan kuah ya. kalau kuah banyak, bumbunya tentu saja ditambah juga, gula garam juga, semua berubah. takaran diatas 2 liter untuk kuah dan itupun menyusut saat direbus.

      sambal kacangnya saya ulek saja kasar2 pake cobek, gak perlu digiling sehalus mungkin.

      Hapus
  12. mbak Endang, kapulaga diambil biji nya, atau dimasukan utuh. Sorry ya mbak pertanyaan saya mgkn termasuk "dodol"...hihihihi, krn sy baru belajar masak memasak. Oya mbak, thanks udah jawab pertanyaan saya di sesi "pizza ". Salam, Lyta

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya masukkan utuh Mba, hehehhe, gak papa namanya belajar harus bertanaya supaya gak tersesat di jalan.

      Hapus
  13. Mbaa hari ini pgn coba masak ininih, tp pake ayam gpp kali ya?
    Sayangnya g ada kembang lawang sama kapulaga, bakalan enak juga gak ya mba? T.T
    Trus mau tanya, kalo pake susu segar diamond gt,sama gak?ato musti yg berasa susunya?
    Kalo gak pake susu, santan kara yang ukuran kecil cukupkah?? *mudah2an dibales sebelum jam 2 hari ini* amiiinnn..hehe
    Makasih ya mbaa^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembang lwang dan kapulaga memang membuat aroma soto jadi khas ya, kalau nggak ada ya skip saja. susu segar apapun oke kok, gak masalah. santan kara ukuran kecil juga cukup. semua oke kok ^_^

      Hapus
  14. Mbak, seneng banget ternyata ada resep soto juga, saya suka soto yg ada kapulaga-nya. Ini mau sy cb hari ini. Plus brownies ny liem-nya. Moga2 sukses percobaannya. I've been a silent reader of your amazing food blog.. Mba' Endang sabar banget menjawab semua pertanyaan dan sangat detil dlm memberikan info serta trik. Wish me luck yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Laila, siahkan dicoba ya Mba, moga suka ya. thanks sharingnya disini.

      Hapus
  15. Mba Endaaang, kalo udah pake susu boleh pake santan lagi gaa ?

    BalasHapus
  16. Satu lagi, tadi lupa, kalo sambal kacangnya diganti dengan sambal pecel kira kira rasanya sama ga ya mbaa ? Makasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayyu, sambal kacang diatas dan sambal pecel beda ya jadi saya rasa gak oke kalau pakai sambal pecel

      Hapus
  17. Jadi, untuk sambal kacangnya cuma cabe ama kacang tanah aja yaa mbaa ? Oiya mba, untuk dagingnya, kalo diganti tetelan / jeroan / gajih, rasanya kira kira sama enaknya ga yaa ? Sama sama sapi juga sih, hehe, makasih mbaa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, sambal kacangnya simple kok. Bisa diganti tetelan ya Mba, saya rasa tetap enak kok.

      Hapus
  18. Halo mbak Endang,salam kenal yaa...kemarin aku sdh coba resepnya dan mantep banget,bisa dibilang soto terbaik yang pernah aku buat,hehe.Dah gitu ga perlu repot peras2 kelapa untuk santannya.Tapi untuk soto yg aku buat kemarin sengaja aku tambahkan kunyit bakar untuk menambah warna,biar ga pucet banget gituu.Makasih sharingnya ya mbakkk,dan kalau boleh aku minta ijin untuk share di blog aku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Feby, waah mantep bener, hujan2 memang enaknya nyoto yaaa. Seger. Silahkan di share di blognya ya Mba, jangan lupa link back dan sumber ya hehehhe

      Hapus
  19. Mba Endang, aku dah nyobain bikin soto betawinya, enak banget walaupun daginya diganti pake ayam, anak2 suka, tapi aku ga kasih kentang karena kentangnya aku bikin perkedel buat temen sotonya, hehehe...makasih ya Mba, your blog is so inspired...banyak yang udah aku coba dari blog ini dan smua berhasil sesuai harapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yuvita, thanks sharingnya ya Mba, senang sekali resep sotonya disuka ya. Saya yakin pakai ayam juga sedap rasanya hehehhe.

      Hapus
  20. Hai mba endang....
    Lg galau inih, mau bikin soto betawi buat acara dirumah. 50 porsi pulak!!! hehehehe
    Kira2 enakan ala Pak Kus atau Ny. Liem ya?? Dua2nya blm pernah coba ;)
    Dan kalo aku bikin banyak gitu apa bumbu2 yg dicemplungin itu tinggal dikalikan aja mba jumlahnya? Misal kayu manis dll. Makasih mba endang.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya jarrang buat masakan 50 orang, kayannya harus dikira2 sendiri ya mbaa hhehhe. Kayu manis kayanya 2- 3 batang cukup ya. Saya sampai sekarang gak bs memutuskan suka yang ini atau resep soto betawi lainnya hehhee

      Hapus
  21. Mba endaang..
    Aq rncana mau bikin soto betawi ini weekend buat menu makan mlm setelah berbuka. Tnya2 boleh yaa..
    1. Klo pke santan, butuh brp ml yaa kira2? 50ml ato 100ml? Resep diatas lebih condong pake susu ya :D
    2. Trus santannya itu di cmpurkan ke dlm 2L air g kbnyakan kah? Bumbunyaa cukup kan y mba? Mklum pemula.
    Btw, aq udh bikin pisang ijo dan crepes pisang bwt menu berbuka. Maantaaap.. Makasih yaa bwt resep2nya mba *pelukcium*
    _Tisha_

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Tisha, maaf saya terlambat membalasanya ya, berikut jawaban saya kalau next mba mau mencoba lagi.
      1. Gunakan santan kental istan saja yang segitiga 80 ml pakai 2 liter air untuk kuahnya. santan dimasukkan ketika daging telah terebus empuk, dan masak sambil diaduk2 hingga santan matang dan mendidih.
      2. bumbu cukup kok untuk 2 liter kuah
      thanks sharingnya ya, senang sekali resep JTT sukses dicoba ^_^

      Hapus
  22. mba endang
    mo nanya donk, ak lagi nyari-nyari resep sop kambing dudung mba.
    apakah resep ini sama kayak sop kambing dudung yang di roxy mba?
    krn kuahnya sama2 dari susu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah saya belum pernah merasakan sop kambing dudung ya, kalau resep soto betawi ini lebih simple, biasanya sop kambig lebih banyak rempah yang dipakai dan skip bawang merah di bumbu halusnya ya. Saya rasa bisa menggunakan bumbu diatas untuk sop kambing.

      Hapus
  23. Mba endang,, aq penggemar berat blog mba...udh bbrpa kali nyoba resep mba buat bocah dirumah yg brumur 1,5thn dan dia sukaaa bgt...
    mba, untuk yg soto daging betawi ala pak kustandi ini,, susu bubuknya sperti apa yah? trus itu dicampur dgn 200ml atau 2 lt air?
    klo pake susu cair yg 2lt (sperti ultra/diamond) gpp?
    makasih bnyk mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, salam kenal dan thanks sudah menjadi penggemar JTT ya, senang sekali resepnya disuka, thanks sharingnya.

      untuk susu bubuk saya pakai merk dancow atau jenis susu bubuk biasa lainnya,pakai 2 liter air ya mba. bs pakai susu cair biasa, hanya saja saya lebih suka susunya encer saja bukan kental sebagaimana kita minum susu biasa, jadi sebaiknya kalau pakai susu cair gunakan 1 liter saja dan sisanya pakai air biasa ya.

      Hapus
    2. Haii mba endang salam kenal iaah
      Aku mau cerita dikit dulu iaah mba

      Saya niat mau bikin soto betawi nii mba kebetulan saya kmrn dapat daging dari mertua tapi yg udah di rebus sama dia naah klo kuahnya ga pakai bekas rebusan daging tetep enak ga mba ??

      Trus aku mau nanya lagi klo aku pakai susu UHT cair 2 liter susu cair atau 1 liter susu cair + 1 liter air biasa ??
      Mohon di bantu iaah mba sebelumnya terimakasih 🙏

      Hapus
    3. Hai Mba Nurul, salam kenal juga Mba. Pakai daging yang sudah terebus tetap enak ya Mba. Pakai susu saja, atau santan saja, atau susu + santan, semua enak Mba, sesuai selera saja hehhehe.

      Hapus
  24. Mba Endang, salam kenal, saya siti dari pancoran jaksel. makasih resep soto betawinya. Manteb banget mba. saya sudah 2x buat pakai resep ini, dan alhamdulillah pada suka. Kebetulan bapak saya asli betawi, ini mirip dengan resep yang suka di buat oleh encing saya mba, tapi encing saya itu gak pake susu hanya pakai santan aja. Untuk sambal kacangnya juga manteb banget ternyata enak juga yah pakai sambal kacang. Akhir nya buat yang ke 2x baru saya pakai sambal kacang nya, karena buat yang pertama di komplen sama ortu jangan macam2 masa soto betawi pake sambal kacang mana enak (katanya gitu) enakan pakai sambal goang yang dikasih jeruk nipis/cuka. Ternyata orang tua saya ketagihan katanya lebih enak pake sambal kacang hehehhe. Sekali lagi makasih resep nya yah mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, salam kenal mba Siti, dan thanks sudah menjadi penggemar JTT ya, senang sekali resepnya disuka, thanks sharingnya.

      Hapus
    2. sama sama mba Endang. suka banget sama isi blog nya mba endang hehehe. Btw resep soto betawinya saya pakai untuk isi menu gubukan di pernikahan adik saya tgl 6 des kemarin, alhamdulillah soto nya laris manis dan undangan pada suka semua. Sekali lagi terima kasih bangetttt atas resepnya.

      Hapus
    3. wah mantapp, gak nyangka jadi isian gubukan buat kawinan, wakkakak. Thanks sharingnya ya mba.

      Hapus
  25. halo mbak endang,, resep2nya itu lohhh gampang n anti gagal hehehe cuman untuk yg ini mau tanya klo soto betawinya ngk pake kemiri n ketumbar ya mbak?? hasilnya jdnya encer gitu? thanks mbak

    _NIA_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nia, nggak pakai kemiri dan ketumbar seperti soto umumnya ya. kalau pakai kuah susu gak terlalu kental, kalau pakai santan bisa disusaikan kekentalannya tergatung santan. Tapi kalau sudah ditambahkan sambal kacangnya, jadi kental juga dan enakkk

      Hapus
  26. mbaaaak, aku silent reader nih (^.^) trus hari ini coba resep soto betawi ini.. nyari2 soto betawi di tempat domisili aku skrg gak nemu.. dan coba bikin hari ini.. langsung dapet nilai 9 dari suami (^.^) makasih ya mbak udah sharing resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, waah selamat atas nilai 9 nya yaaa, wakkakak, mantap banget dah. thanks sharingnya yaa

      Hapus
  27. Mba endang yg baik, to the point ya mba kira2 resep yg mana yg lebih identik dgn soto di luaran mba endang ? Saya mau coba bingung mau yg ini simple bumbu atau yg satunya lagi yg lebih komplit bumbunya, suami saya pengkritik pedass soal makanan.Terima kasih sarannya mba :) nanti saya link back di blog saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ini identik kok dengan soto betawi di luar, sudah banyak yang coba dan suka. menurut saya sih memang enak ya.

      Hapus
  28. Mba endang takaran susu cair atau santannya berapa? Heehe biar tastenya sama kaya yang mba endang bikin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba nia, takran susu cair sudah ada diresep ya, kalau pakai santan gunakan 70 ml santan kental instan untuk 2 liter air

      Hapus
  29. kmrn nyoba resep soto ini....jos gandos....walaupn minus kayu manis...sore ini mau nyoba schotelnya....mau di bagi bagi ke temen suami.....smg pd seneng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lina, wah thanks sharingnya ya mba, moga sukses dengan schotelnya yaa

      Hapus
  30. Haaii mba endang, soto betawinya enyyaakk... aku bawa ke kantor, temen2 jg bilang enyyaakk.. mereka kasih saran supaya aku nyambi buka warung soto juga wkwkwkwww... sebenernya bikinnya udah lama tp baru komen sekarang. kangen baca2 tulisan dan gaya bahasa mba endang \^_^/
    - Rizi -

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Rizi, yep memang soto ini mantep banget, saya juga suka dengan simple bumbunya dan ringan rasannya, seger dan gak eneg ya.

      thanks sharingnya ya mba

      Hapus
  31. Dear Mbak Endang
    Terima kasih sharing resepnya, saya suka baca blognya, simple n nggak ribet. Untuk soto betawi pak Kus ini saya udah praktekin pertama kali lebaran 2014, n langsung semua keluarga n temen pada suka. Apalgi anak saya, sekarang ini adalah menu favoritnya.. Lebaran tahun ini pun saya bikin lagi buat suguhan... Sssippp bener dah mbak... Terima kasih yaa mbak.
    Sukses selalu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Pipit,

      Resep soto betawi satu ini memang mantap, dan mudah dibuat. thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya disuka. ^_^

      Hapus
  32. selalu suka dengan resep2 JTT dan selalu suka dengan pemilik blog yang tidak pelit dengan ilmunya... semoga makin sukses blog dan kariernya as a mom, housewife, chef or whatever lah ^___^ kiss kiss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Allin, thanks sharingnya ya, senang sekali resep2 JTT disuka yaa, sukses selalu! ^_^

      Hapus
  33. Pilihan rempah2nya berpadu indah sekali apa adanya di di dalam resep ini, hampir tergoda utk nambah rempah2 lain, alhamdulillaah ngga jadi. Saya bikin 30 porsi mini utk acara bazaar, laris manis! Sedikit modif, pakai 1,5 kg daging sengkel, airnya 4 liter saja (khawatir kaldu kurang gurih), susu Dancow 2 sachet, ditambah 1 Kara segitiga dan 2 sdm susu kental manis Bendera Gold sbg booster rasa susu. Guriih banget meski tanpa kaldu bubuk/msg. Resep andalan! thanks for sharing mbak Endang (hehehe banyak nyebut merk).

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba diopti, untuk resep soto daging pak Kus ini memang minim rempah dan memang seperti ini resep aslinya, kalau ditambah ini itu nanti rasanya berubah ya.

      tips susunya menarik sekali, pasti bermanfaat bagi yang lain yang ingin mencoba ya, thanks sharingnya ya

      Hapus
  34. halo mbak endang, suka bgt deh mampir di blog ini,, kayaknya resepnya simple, cucok bgt buat pemula kayak saya :D...mau nyoba bikin soto betawi, makanan fav anak sm suami. biasa beli di deket rumah tp blm berani nyoba sendiri, takut dibilang ga enak hihi...ohia mu nanya nih, maaf silly bgt secara br belajar masak hihii...mbak ngererebus daging sampe empuk itu berapa menit ya? ciri2 nya daging udh empuk itu gmn? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Angel, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai JTT. Lama merebus daging tergantung kualitas daging yang digunakan dan tebal tipisnya potongan, kalau has dalam biasanya tidak lama. Saya tidak pernah pakai waktu mba, jadi saya selalu pencet dagingnya, kalau belum empuk ya harus di rebus lagi sampai benar2 empuk, kalau air habis ya tambah air lagi ^_^

      Hapus
  35. Hallo mba endang. Sebelumnya ma ksh sudah share resep2 yg endeus. Ak barusan uda cb soto nya enak bgt mba. Cm sepertinya ak salah beli daging sapi yah mba? Ak pake has dalam , dan jadinya seret begitu. Padahal ak pake presto masaknya. Harusnya pake daging sapi bagian apa yah mba? Terima kasih mba endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mb Stephanie, setahu saya has dalam empuk banget ya dagingnya, tapi memang tidak berlemak, jadi itu mungkin yang dimaksud seret ya. Kalau favorit saya bagian sengkel yang bentuknya berupa bulatan2, dging ini lembut dan berlemak hanya saja memasaknya harus lama sampai empuk

      Hapus
  36. Mba kayu manis bisa diganti yg bubuk ga ya?..kalo bisa brp sdt?.. bsk sy mau coba resepnya mba endang..moga2 berhasil..hihi 😊😊😊

    BalasHapus
  37. mbk kalo dagingnya gak digoreng wkt menyajikan enak gak ya, mempengaruhi rasa gak mbak tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap enak ya mba Retno, gak terlalu merubah rasa kok

      Hapus
    2. Mbk kl sambal kacangnya biar bisa awet di luar kulkas gmn ya, soale sy mo jualan di kedai gA ada kulkasnya tx

      Hapus
    3. mungkin cabainya digoreng dulu sampai matang mba, baru dihaluskan dengan kacangnya

      Hapus
  38. hallo mb.mau nanya lgy..soto ini apa bisa dihangatkan?gpp kah di saat dr pgy dan dimakan saat mlm?
    trima kasih (^.^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, gak masalah mba, bs dihangatkan beberapa kali ya.

      Hapus
  39. Lapor mbak'e. Aku uda eksekusi resep ini tapi hasilnya ko aneh yah??? Aroma kembang lawangnya itu lho yg bikin aneh. Mungkin tangane ga sesedep mbak'e kali ya. Hahaha. Tapi aku coba resep soto betawi yang kuah susu itu, hasilnya mak nyus lebih cocok di lidahku. Makasih resepnya ya mbak n terus berkarya ya mba'e

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mb Dessy, tergantung selera mungkin ya, skip saja kembang lawangnya jika tdk suka mba

      Hapus
  40. Assalamu'alaikum mba endang.. wah seneng bgt baca blog mba endang, penuh cerita n tips2 menarik jd bikin penasaran bacanya smp akhir ^_^.hari ini aku praktek bikin sobet alias soto betawi ini mba, alhamdulillah anakku yg no 2 lahap bgt maemnya. Padahal biasanya dia tuch susaaaaahhh bgt klo di suruh maem. Makasih resepnya ya mba.. n ijin buat nyontek resep yg lain. Ditunggu selalu karya2mu mba. .n moga makin sukses ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba Dwi, thanks ya sharingnya, senang resep JTT disuka. Yep, setuju, resep soto betwi ini memang simple dan mantap rasanya heheheh

      Hapus
  41. Aslkm....salam kenal mba, saya sdh coba eksekusi beberapa resep JTT dan Alhamdulillah anti gagal, termasuk resep soto yg satu ini anak saya suka banget....sampe2 beli e-book JTT saya lho mba.

    Balik ke resep soto ini mba....klo saya mau tambahkan santan sebaiknya brp ukuran yg pas dengan komposisi sesuai resep di atas mba....apa ada yg perlu di kurangi....mohon pencerahan mba...Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal juga yaa, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Santan takaran sama dengan susu cair, 2 liter. Pakai santan yang jangan terlalu kental jadi gak eneg ya. Bahan lain sama ya

      Hapus
  42. Hallo mba endang ...
    Kemarin ak sdh cb lg ini resepnya memakai daging sapi sengkel dan hasilnya ga seret sepertu pertama 😁
    Suami jg blg enak ... senang sekali. Terus berkarya yah mba ... terima kasih sdh mau berbagi ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, yep sengkel lebih berlemak sehingga licin dan gak berserat, kalau murni tanpa lemak lebih keras memang dan seret

      Hapus
  43. hallo mba endang...aku suka lho resep2 mba, kmrn baru praktek sate sapi goreng, panen pujian nih aku...
    Untuk soto ini, kalau ak mau buat malam untuk makan besok, jadi bumbu aku tumis dulu trus rebus daging juga, besoknya tinggal daging digoreng sedangkan kuahnya ditambahkan susu. kira2 bisa & masih enak ngga ya ?
    trus untuk sambal kacangnya, kalau ak pakai kacang kulit kemasan gitu, kira2 bisa ngga ya ? Maaf kalau pertanyaannya konyol, habis pemula banget nih. Thanks ya sudah mau berbagi ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Kristine, thanks ya sudh menyukai resep2 JTT

      Jawaban pertanyaannya:
      1. bisa mba, gak masalah ya
      2. Bisa pakai kacang kulit kemasan, saya juga suka pakai itu kalau darurat dan hanya perlu sedikit saja.

      sukses yaa

      Hapus
  44. Assalamualaikum mbak Endang,,, saya Tia dari Kalimantan, beberapa kali jalan ke jakarta kok ya gak kesampaian makan soto betawi, jalanjalan ke blognya mbak Endang malah bisa belajar buat sotonya. Kemarin siang saya buat sotonya buat menu buka puasa, waaah saya dan suami lahap banget mbaak, enak enak enaaak itukata suami saya. Mudahan rasa soto yg saya bikin ini sama seperti yg dibikin mbak Endang (saya skip acarnya soale takut gak kuat perutnya karna baru buka).

    Klo selera saya mungkin utk makan soto ini enaknya pake ketupat ya mbak En... maaf agak panjang. Terima kasih sebelumnya resrpnyaaa, semoga puasanya lancar dan mbak Endang sekeluarga selalu diparingi kesehatan sama Allaah amiinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mba Tia, salam kenal ya. Thanks sharingnya ya Mba, senang sekali resepnya disuka. Saya yakin pasti enak soto buatan Mba Tia hehhehe. Sukses yaa

      Hapus
  45. Halo mbk endang. Aq udah nyobain resep ini.. Tp aq blum pernah sama sekali nyoba soto betawi beneran. Beli maksudnya. D tempat q gak ada yg jualan. Aq berusaha nyontek resep mbk endang semirip mungkin. . Dan waktu dimakan, enaakk bgt mba. A ga pakee susu bubuk. Tp pake nya susu cair yg mini itu dua. Makasih resepnya mbak. Suami suka sotonyaa.. Aq jugaa suka bgt.. Sehat2yaa mbak endang sekeluarga.. Dan pak kustandi sekeluarga.. Semoga makin banyak resep enaakk yg d share d jtt.. Love you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dhe, Thanks sharingnya yaa, senang resep sotonya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  46. Siang mba Endang,
    Makasih sharing resep soto betawi nya
    Nah yang mau saya tanyakan, agar daging sapi cepet empuk adakah bumbu khusus? dan apakah bisa setelah direbus empuk lalu kita goreng sebentar agar menghasilkan tampilan daging yang berminyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, pakai panci presto bs membuatnya cepat empuk ya, atau rendam parutan nanas (ini harus hati2 karena kebanyaak nanas dan terlalu lama merendam bs membuat daging hancur).

      daging bs digoreng ya

      Hapus
  47. Hallo, Mbak Endang. Aku baru saja selesai nih masak pake resep ini. Endeusss dan ingatan rasaku langsung kebayang soto betawi Almarhumah Mamaku. Alhamdulillah dgn resep ini aku bisa merasakan lagi rasa itu :)
    Thank you atas sharing resepnya, Mbak. You're so kind.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Niken, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka. Ikutan happy jika resep ini mirip buatan Alm. Ibu ya. Sukses selalu

      Hapus
  48. Mba makasih resep sotonya... Klo anak saya lagi GTM dimasakin ini pasti buka mulutnya, malah nambah makannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah, saya juga kalau lagi gak mood, bingung makan apa, larinya ke soto pakai cabai segnung

      Hapus
  49. Halo mba Endang, makasi resepnya. Hari ini aku cb bikin walaupun minus kapulaga karena ga nemu disini. Endesss pake banget 😊

    BalasHapus
  50. Halo mba Endang,

    Makasih ya mba resepnya, saya udah bikin 100 porsi untuk natal tahun lalu di indonesia. Semua tamu2 pada bilang enakkkk ����

    Mba Endang, sekarang saya ngga di indonesia jadi kapulaga dan serai segar ngga selalu ada stoknya dirumah, cuma stok yang bubuk karena lebih praktis ngga perlu ke asian supermarket seminggu sekali, kalau serai dan kapulaga pakai yg bubuk kira2 takarannya berapa ya mba Endang?

    Makasih mba sebelumnya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Laura, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, kapulaga mungkin 1/4 sdt saja, kalau serai saya belum pernah pakai bubuk mba, mungkin 1/2 sdt ya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...