26 September 2011

Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi


Pak Kustandi bukan nama suatu resto atau warung makan yang menjual soto Betawi nan lezat. Pak Kustandi yang ini adalah rekan sekantor saya yang telah berbaik hati membagi resep soto Betawi yang telah turun temurun di wariskan di keluarganya ini. Bermula dari santap siang saya di Kedai Ria yang menyediakan soto daging Betawi yang lezat, sayapun menjadi penasaran dengan resep soto Betawi asli. Rupanya tidak perlu jauh-jauh saya mencarinya, karena Pak Kustandi memiliki resepnya yang ternyata sangat sederhana dan mudah. Rasanya? Hmm, lezat dan tidak kalah dengan soto Ria yang pernah saya ulas di artikel Jajan Yuk! Anda bisa klik disini untuk mengetahuinya. 


Membuat soto daging Betawi ternyata tidak sulit, bumbunya sangat sederhana dan prosesnya juga cepat. Jika umumnya soto Betawi berisi babat dan aneka jeroan sapi lainnya, maka saya hanya menggunakan dagingnya saja. Jeroan sapi memang bukan salah satu bahan makanan favorit saya, namun jika anda suka maka anda bisa menggunakan aneka jeroan sapi yang direbus di dalam kuah hingga empuk kemudian digoreng setengah kering. Kuah soto Betawi umumnya menggunakan santan atau susu, saya menggunakan susu bubuk Dancow sebanyak 3 sendok makan yang saya larutkan dengan 2 liter air kaldu daging. Anda bisa juga menggunakan susu cair atau susu bubuk bebas lemak. Menurut saya, soto Betawi dengan kuah dari susu rasanya justru lebih mantap, dan tentunya lebih sehat dibandingkan dengan santan.


Keistimewaan lainnya dari resep ini adalah sambalnya. Pak Kustandi atau kami biasanya memanggilnya dengan Pak Kus memiliki rahasia yang menambah kelezatan si soto yaitu sambal kacang. Jika umumnya soto Betawi disajikan dengan sambal rawit biasa maka yang ini sambalnya terbuat dari kacang tanah goreng dan cabai merah yang dihaluskan. Sambal ini ditaburkan saat soto disajikan di mangkuk. Hmm, sambal kacang nan pedas ini menambah nikmat kuah soto karena kuah menjadi kental dan sangat tasty. Yummy! Thanks dengan Pak Kustandi atas resep keluarganya yang luar biasa ^_^


Jika anda berminat, berikut resepnya ya.


Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi
Resep dimodifikasi dari resep keluarga Pak Kustandi - Soto Daging/Ayam ala Betawi

Untuk 5 porsi

Bahan:
- 1/2 kg daging sapi, potong-potong ukuran besar
- 2 liter susu cair atau santan (bisa dibuat dengan melarutkan: 3 sendok makan susu bubuk + 2 liter air rebusan daging)
- 1 butir tomat, potong dadu
- 3 butir kentang, siangi belah 4 dan goreng setengah kering. Potong-potong sesuai selera.
- 2 batang daun bawang, rajang halus untuk taburan
- 1 batang seledri, rajang halus untuk taburan
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu haluskan:
- 5 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 1 sendok teh merica butiran 

Bumbu lainnya:
- 3 lembar daun jeruk purut
- 2 batang serai di pipihkan
- 1 batang kayu manis
- 2 butir kapulaga
- 1 butir kembang lawang
- 3/4 sendok makan garam
- 1 1/2  sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Pelengkap:
- Sambal kacang (bahan: 100 gram kacang tanah goreng dihaluskan, 5 buah cabai merah keriting + 3 buah cabai rawit merah dihaluskan)
- Emping melinjo goreng (optional)
- Kerupuk (optional)
- Acar wortel dan ketimun (1 butir wortel & 1 butir ketimun potong dadu, 5 buah cabai rawit rajang halus, aduk bersama  dengan 2 sendok makan gula pasir, 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan cuka, biarkan selama 1 jam hingga bumbu meresap).
- Bawang merah goreng

Cara membuat:
Siapkan penggorengan, panaskan minyak dan tumis bumbu halus, daun jeruk, serai hingga harum dan matang. Angkat dan sisihkan.


Siapkan panci, masukkan 2 liter air, daging sapi, bumbu tumisan, kapulaga, kembang lawang, kayu manis, gula, garam. Rebus hingga daging empuk. Matikan api kompor. Angkat daging, goreng sebentar hingga setengah kering di minyak panas (hati-hati saat menggoreng karena minyak berloncatan). Angkat, tiriskan dan potong-potong seusai selera, sisihkan.

Ambil 200 ml air kaldu, tambahkan 3 sendok makan susu bubuk, aduk hingga rata dan bebas gumpalan. Tuangkan susu ke dalam kuah panci berisi kaldu daging. Tambahkan air ke dalam panci hingga air dalam panci menjadi sebanyak 2 liter (sebagian air menguap ketika merebus daging). Tambahkan kaldu bubuk dan masak hingga kuah mendidih, aduk-aduk agar susu tidak pecah. Cicipi rasanya dan matikan api kompor.

Membuat sambal kacang:



Panaskan 1 sendok makan minyak di wajan, tumis cabai halus hingga harum dan berubah warnanya menjadi tidak pucat. Masukkan kacang tanah yang dihaluskan ke dalam cabai tumis dan aduk rata. Gunakan sambal kacang sebagai pelengkap saat menikmati soto.

Penyajian


Siapkan mangkuk saji, tata daging goreng, irisan kentang goreng, tomat, siram dengan kuah soto dan taburi permukannya dengan sambal kacang, emping yang diremukkan, dan daun bawang +  daun seledri. 

Sajikan dengan nasi putih, acar wortel dan ketimun. Mantap!

Source:
Resep Keluarga Pak Kustandi - Soto Daging Betawi

36 comments:

  1. mo nanya bumbu kembang lawang apaan ya? saya suka nyoba bikin soto berbagai daerah tp yang soto betawi belum pernah.thanks.

    ReplyDelete
  2. Halo Mba Mutia, kembang lawang biasa juga di sebut pekak, bentuknya seperti bunga dengan kelopak lancip, keras dan berwarna kecoklatan, di dalamnya terdapat biji2 coklat kecil. Banyak dijual di pasar atau supermarket kok, wanginya khas dan sedap untuk soto, gulai atau rendang. Semoga membantu ya.

    ReplyDelete
  3. kebayang deh lezatnya,thanks ya mbak...entar kucoba membuatnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang soto yang ini mantap habis!! Hhehehe. Thanks ya.

      Delete
  4. aku sudah mencoba resepnya,anakku sangaaaaaaaaaat suka dan lahap makannya...thanks ya mbak udah berbagi resep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba, thanks ya atas sharing mencoba resepnya. Senang banget mendengarnya. Salam buat si kecil ya dan sukses selalu ^_^

      Delete
  5. Mbak Endang, first of all terimakasih buat blog-nya yang gak hanya asik di baca, mudah dimengerti (terlebih poto2 uploadnya pun turut berbicara ^_^) ....it's very valuable, love yours much! browsing cari resep soto betawi kesukaan ayah ku, pengen coba2 bikin sendiri karena di kota ku belum ketemu warung soto betawi yg istimewa (*semua msh standar2 aja tastenya). Resep yg Mbak Endang share disini, lemak niaaaan (orang Palembang gitu komennya, mbak), page inilah awal dari my fun cooking trial-recipes, baru Soto Betawi yang dicobain tapi akan mencoba banyak lagi menu2 pilihan dari dapurnya Mbak Endang. Keep posting ;)
    Salam Hangat,
    Isti (Palembang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Isti, salam kenal dan thanks atas komentar dan sharingnya ya. Saya senang, resep soto ini banyak yang menyukai, saya akui memang rasanya mantap Mba, apalagi kalau dikasih sambal kacangnya yang super pedas, hmm yummy!! hehehe sampai ngeces neh. Okeh Mba, tetap fun dengan cooking trialnya ya, semoga saya juga tetap semangat seperti Mba Isti untuk juga rajin nyoba di dapur dan posting resep. Kadang2 mood masak suka drop wakaka. Salam untuk keluarga dan sukses selalu ^_^

      Delete
  6. Sotonya enak mbak, aku udah tes.
    Makasih uda sharing resep ya mbak, nanti mau coba resep2 yang lainnya.

    salam kenal...
    iyang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga ya, thanks atas sharingnya dan moga suka dengan resep2 lainnya. ^_^

      Delete
  7. Hallo mba.Endang, ak penggemar fav blog mba :)
    Kl ngempukin dagingnya pake slow cooker gmn mba?
    Tq - Reinnitha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Reini, bisa pakai slow cooker ya atau kalau mau cepat pakai panci presto saja. ^_^

      Delete
  8. Kalau daging sapinya diganti ayam kira2 bakal tetap enak ga mba? Trus susunya dipakein susu evaporasi bisa ga? Aku msh Άϑά sisa susu evaporasi tp bingung mau diapain.. Sblmnya makasih ya mba buat pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, pakai ayam bisa saja hanya saja memang gak sesuai dengan pakem soto betwai yang pakai daging sapi dan jeroan ya. Susu pakai evaporasi oke kok, tambahkan air supaya agak encer. sori saya lama banget balesnya ya, terselip.

      Delete
  9. Assalamualaikum,,, Terima kasih resepnya,,, emang mantaaap bener yaakk... Saya liat di internet ada yang warna kuning, dikasih kunyit yakk,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba, umumnya soto betawi putih ya, gak pakai kunyit seperti soto jawa, cuman kalau mau tambah kunyit oke2 saja kok hehhehe

      Delete
  10. mbaaakkk, aku udah bikin ini, buseddd enak bener dah , mantapsss rasanya, asli betawi bangat dah nih...

    thanks ya mbaaakkk, u r soo kind ,.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, setujuu, memang enak banget wakakkak. Thanks ya!

      Delete
  11. halo mbak..aku nyoba resep ini tapi gagal T_T,ya sotonya ya sambel kacangnya. Sotonya kaya kurang bumbu,kebykan kuah.aku gak ukur 2L pas #salahku,trus gt aku pake susu cair 350ml,mgk kebykan ya,jd bumbu kurang rasa. Kalo sambelnya,knp berminyak ya?kacang tanahnya digoreng apa di sangrai?aku digoreng trus dihaluskan pake grinder,jdnya lembut kaya bumbu gado2 gt.salah dimana? T_T.huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, kebanyakan kuah ya. kalau kuah banyak, bumbunya tentu saja ditambah juga, gula garam juga, semua berubah. takaran diatas 2 liter untuk kuah dan itupun menyusut saat direbus.

      sambal kacangnya saya ulek saja kasar2 pake cobek, gak perlu digiling sehalus mungkin.

      Delete
  12. mbak Endang, kapulaga diambil biji nya, atau dimasukan utuh. Sorry ya mbak pertanyaan saya mgkn termasuk "dodol"...hihihihi, krn sy baru belajar masak memasak. Oya mbak, thanks udah jawab pertanyaan saya di sesi "pizza ". Salam, Lyta

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masukkan utuh Mba, hehehhe, gak papa namanya belajar harus bertanaya supaya gak tersesat di jalan.

      Delete
  13. Mbaa hari ini pgn coba masak ininih, tp pake ayam gpp kali ya?
    Sayangnya g ada kembang lawang sama kapulaga, bakalan enak juga gak ya mba? T.T
    Trus mau tanya, kalo pake susu segar diamond gt,sama gak?ato musti yg berasa susunya?
    Kalo gak pake susu, santan kara yang ukuran kecil cukupkah?? *mudah2an dibales sebelum jam 2 hari ini* amiiinnn..hehe
    Makasih ya mbaa^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembang lwang dan kapulaga memang membuat aroma soto jadi khas ya, kalau nggak ada ya skip saja. susu segar apapun oke kok, gak masalah. santan kara ukuran kecil juga cukup. semua oke kok ^_^

      Delete
  14. Mbak, seneng banget ternyata ada resep soto juga, saya suka soto yg ada kapulaga-nya. Ini mau sy cb hari ini. Plus brownies ny liem-nya. Moga2 sukses percobaannya. I've been a silent reader of your amazing food blog.. Mba' Endang sabar banget menjawab semua pertanyaan dan sangat detil dlm memberikan info serta trik. Wish me luck yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Laila, siahkan dicoba ya Mba, moga suka ya. thanks sharingnya disini.

      Delete
  15. Mba Endaaang, kalo udah pake susu boleh pake santan lagi gaa ?

    ReplyDelete
  16. Satu lagi, tadi lupa, kalo sambal kacangnya diganti dengan sambal pecel kira kira rasanya sama ga ya mbaa ? Makasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ayyu, sambal kacang diatas dan sambal pecel beda ya jadi saya rasa gak oke kalau pakai sambal pecel

      Delete
  17. Jadi, untuk sambal kacangnya cuma cabe ama kacang tanah aja yaa mbaa ? Oiya mba, untuk dagingnya, kalo diganti tetelan / jeroan / gajih, rasanya kira kira sama enaknya ga yaa ? Sama sama sapi juga sih, hehe, makasih mbaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, sambal kacangnya simple kok. Bisa diganti tetelan ya Mba, saya rasa tetap enak kok.

      Delete
  18. Halo mbak Endang,salam kenal yaa...kemarin aku sdh coba resepnya dan mantep banget,bisa dibilang soto terbaik yang pernah aku buat,hehe.Dah gitu ga perlu repot peras2 kelapa untuk santannya.Tapi untuk soto yg aku buat kemarin sengaja aku tambahkan kunyit bakar untuk menambah warna,biar ga pucet banget gituu.Makasih sharingnya ya mbakkk,dan kalau boleh aku minta ijin untuk share di blog aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Feby, waah mantep bener, hujan2 memang enaknya nyoto yaaa. Seger. Silahkan di share di blognya ya Mba, jangan lupa link back dan sumber ya hehehhe

      Delete
  19. Mba Endang, aku dah nyobain bikin soto betawinya, enak banget walaupun daginya diganti pake ayam, anak2 suka, tapi aku ga kasih kentang karena kentangnya aku bikin perkedel buat temen sotonya, hehehe...makasih ya Mba, your blog is so inspired...banyak yang udah aku coba dari blog ini dan smua berhasil sesuai harapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Yuvita, thanks sharingnya ya Mba, senang sekali resep sotonya disuka ya. Saya yakin pakai ayam juga sedap rasanya hehehhe.

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di justtryandtaste@gmail.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Salam sukses!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...