07 September 2011

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar


Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Whew, ternyata sudah lama juga saya tidak melakukan update artikel di Just Try & Taste. Liburan panjang dan mudik membuat saya sama sekali tidak sempat untuk bersentuhan dengan internet. Maklum, di rumah Ibu saya di Paron akses internet lambat seperti jalannya kura-kura dan setelah mencoba beberapa kali, sayapun menyerah. Membutuhkan waktu dan kesabaran, dua hal itu yang tidak saya miliki. Walaupun setumpuk foto hasil jepretan masakan di dapur serta jalan-jalan kuliner saya dan Tedy telah menanti, namun untuk mengetik artikelnya sepertinya saya harus menunggu mood dan waktu yang tepat. Artikel mengenai tart nanas ini sebenarnya sudah basi karena Lebaran telah berlalu, namun saya tetap ngotot menampilkannya karena bentuknya yang cantik dan proses membuatnya yang unik. Kue ini saya buat sebagai oleh-oleh untuk Ibu saya saat Lebaran kemarin. Yah, menikmati tart nanas kan tidak harus saat Lebaran tiba bukan? Apalagi untuk tart nanas yang lembut dan lezat seperti yang saya tampilkan kali ini. ^_^

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Sebenarnya, tart nanas hampir sama seperti nastar yang umum kita jumpai, yang membedakannya hanya penampilannya saja yang sedikit mengalami modifikasi. Selai nanas yang umumnya terdapat di dalam adonan kali ini tampak dari luar. Nah, untuk membuatnya memang sedikit lebih rumit dibandingkan proses membuat nastar, karena adonan harus dicetak terlebih dahulu, diisi dengan selai. Bagian atasnya lantas kita tutup dengan potongan-potongan adonan, untuk kemudian baru dipanggang. Karena itu biasanya ukuran tart nanas ini sedikit lebih besar dibandingkan dengan nastar yang lebih imut. Untuk mencetak adonannya saya menggunakan cetakan kue apem yang terbuat dari alumunium, karena itu tidak heran bentuk tart nanas yang saya buat bervariasi tergantung dari bentuk cetakan kue apem yang saya miliki di rumah.

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Bagi anda yang mungkin belum pernah membuat selai nanas sendiri di rumah, di bawah juga saya sertakan proses membuatnya. Mudah dan lezat! Porsi gulanya tergantung dengan selera ya, jika kurang manis bisa anda tambahkan takarannya. Nanas yang digunakan sebaiknya pilih yang tua namun dagingnya masih keras, tandanya kulit nanas telah berwarna kekuningan, daging buahnya ketika dipencet tidak empuk. Paling baik adalah nanas Palembang, karena memiliki struktur yang lebih keras dengan kadar air yang tidak sebanyak nanas Subang. Nanas yang mengandung banyak air akan menghasilkan selai dengan jumlah yang lebih sedikit. Nanas untuk selai di nastar atau tart nanas ini sebaiknya diparut agar berserat sehingga mudah untuk dibentuk menjadi isi nastar, hindari memblender atau mencacahnya menggunakan food processor. 

Tips:
  1. Tart nanas harus benar-benar dingin sempurna sebelum disimpan di dalam stoples agar tidak mudah menjadi lembek/melempem.
  2. Suhu oven yang saya sertakan di bawah hanya sebagai patokan saja karena masing-masing oven memiliki panas yang berbeda-beda. Sesuaikan suhu oven anda sesuai kebutuhan, yang jelas suhu oven jangan terlalu panas untuk menghindari retak pada tart.
  3. Gunakan mentega dengan kualitas yang baik untuk mendapatkan cita rasa tart nanas yang mantap. Anda bisa menggunakan Baker's Mix atau Margarita Vanilla atau merk butter lainnya dengan kualitas dan rasa yang telah dikenal.
  4. Resep di bawah ini sebenarnya untuk tart nanas tipe roll/gulung, tapi saya memodifikasinya menjadi tart nanas dengan bentuk terbuka. Namun belum tentu adonan ini juga bisa digunakan untuk jenis nastar tertutup. Jadi anda harus melakukan eksperimen sendiri jika ingin mencobanya.  
Okeh, jika anda tertarik berikut ini resepnya ya.

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Homemade Selai Nanas & Tart Nanas
Resep diadaptasikan dari blog Food 4 Tots - Homemade Pineapple Rolls & Homemade Pineapple Jam 

Untuk 17 - 20 buah tart

Bahan untuk selai:
- 2 buah nanas Palembang, cari yang tua namun teksturnya masih keras
- 250 gram gula pasir
- 4 butir cengkih
- 2 batang kayu manis

Bahan untuk adonan tart:
- 250 gram mentega (suhu ruang)
- 50 gram gula halus (haluskan gula pasir menggunakan blender)
- 2 butir kuning telur
- 360 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah 
- 1/4 sendok teh garam halus

Cara membuat selai:

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Kupas nanas, buang matanya dan cuci bersih. Parut nanas, buang bagian tengahnya yang keras. Peras parutan nanas sehingga jusnya terpisah dari daging buahnya. Sisihkan jusnya, kita akan memasukkan jus nanas secara bertahap saat selai dimasak. Cara ini akan membuat cairan pada selai tidak meloncat kemana-mana sehingga mengotori kompor dan dinding dapur.

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Masukkan perasan parutan nanas di wajan atau panci (anti lengket lebih baik), 1/2 bagian gula pasir, cengkeh dan kayu manis. Masak dengan menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk dengan spatula kayu hingga parutan nanas mengering dan membentuk satu bola adonan. Kecilkan api kompor dan teruskan mengaduk.

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Jika parutan nanas yang dimasak terlihat mengering, sesekali tuangkan jus nanas ke dalamnya sedikit demi sedikit dan teruskan memasak dan mengaduk. Lakukan hingga jus nanas habis digunakan. Masukkan sisa gula sedikit demi sedikit hingga tercapai tingkat rasa manis yang diinginkan. Gula akan habis terpakai jika proses memasak selesai.

Ketika selai terlihat mulai pekat dan membentuk caramel, kecilkan api kompor, terus aduk selai hingga menjadi adonan yang lengket dan berwarna coklat keemasan, kira-kira membutuhkan waktu 1 - 1 1/2 jam. Buang cengkeh dan kayu manis. Biarkan selai mendingin, kemudian masukkan dalam wadah tertutup rapat dan simpan di kulkas. Selai nanas ini sedap untuk bahan isian nastar atau olesan roti dan kue kering lainnya.

Membuat Tart Nanas:
Panaskan oven di suhu 160'C. Siapkan loyang untuk memanggang kue kering, alasi permukaannya dengan kertas baking/kertas minyak. Siapkan cetakan-cetakan dari alumunium untuk kue apem, olesi permukaannya dengan mentega. Sisihkan.

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula halus, kocok dengan kecepatan tinggi hingga lembut, berwarna pucat dan mengembang. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok hingga tercampur baik sebelum menambahkan kuning telur berikutnya. Masukkan garam dan kocok adonan hingga mengembang. Matikan mikser.

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Masukkan tepung terigu dalam 3 tahapan, aduk rata dalam setiap tahapannya menggunakan spatula hingga menjadi satu adonan yang kompak. Diamkan adonan selama 30 menit di suhu ruang.

Ambil segenggam adonan, letakkan di atas meja yang telah dialasi dengan kertas baking/kertas minyak. Gilas adonan dengan ketebalan + 1/2 cm. Cetak bentuk bulat menggunakan cookie cutter atau tutup botol/stoples atau cetakan bulat lainnya. Diameter sesuai dengan diameter cetakan kue apem yang akan anda gunakan, saya memotongnya dengan diameter 6 cm. 

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Ambil selembar potongan adonan, masukkan ke dalam cetakan kue apem yang telah disiapkan, tekan-tekan dengan ujung jari sehingga adonan rapi menempel pada lekukan dinding cetakan. Jangan sampai adonan berlubang agar selai tidak menetes keluar saat dipanggang, selai yang terpanggang akan membuat tart lengket di cetakan sehingga akan hancur saat akan dilepaskan dari cetakan.

Isi dengan 1/2 sendok makan selai nanas, rapikan. Lakukan hingga semua cetakan anda habis terpakai. 

Sekarang kita akan menghias bagian atas tart nanas. Gilas adonan setebal 1/2 cm, potong-potong dengan lebar kurang dari 1/2 cm. Tata masing-masing potongan adonan secara melintang di atas tart nanas. Anda membutuhkan sekitar 4 potongan tipis adonan. Buang kelebihan adonan dibagian ujung-ujungnya sehingga panjangnya pas dengan diameter tart nanas. Lakukan pada semua tart.

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Panggang tart nanas selama 10 menit, keluarkan dan olesi permukaannya dengan kuning telur. Masukkan kembali ke oven dan lanjutkan memanggang hingga tart matang berwarna coklat keemasan (sekitar 5-10 menit). Keluarkan dari oven, biarkan agak dingin.

Resep Tart Nanas & Homemade Selai Nanas Untuk Nastar

Lepaskan tart nanas dengan cara mengetuk-ngetukkannya dengan posisi terbalik di permukaan telapak tangan hingga tart lepas dari cetakan. Dinginkan tart diatas rak kawat hingga benar-benar dingin sempurna.

Masukkan tart nanas ke dalam stoples secara hati-hati karena kue cukup rapuh. Tutup rapat dan siap dinikmati. Enjoy! 

Sources:



36 komentar:

  1. mbk, salam kenal.
    ijin share cara membuat selai nanasmu di blog q ya. Ntar aq link ke sini.
    Thanx ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Risha, sip silahkan di share ya. Moga pada suka hehehe ^_^

      Hapus
    2. mba,, rasanya selai ini manis,, apa masih ada asam nya ? thx.

      Hapus
    3. manis mba, tp tergantung selera juga ya, kalu kurang manis tambah gula lagi saja

      Hapus
  2. salam kenal seblmnya,mba.
    nanya dung mba. ciri2 fisik nanas palembang bila dibandingkan dengann nanas subang n bogor bisa dilihat dari mananya ya?
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanas palembang umumnya berbentuk panjang tapi nggak gendut ya, warna kehijauan sampai kekuningan, seratnya lebih banyak dengan kadar air yang lebih sedikit, rasanya lebih asam. Kalau nanas subang ukurannya lebih besar, dan berbentuk lebih gendut. biasanya berwarna kehijauan, lembek, mudah matang dan busuk, kadar air tinggi jadi kurang oke untuk selai.

      Hapus
  3. Hi Mbak Endang, Salam kenal.

    Diam2 saya selama ini ngefans ama tulisan2 resep mbak.
    Dah banyak tuh, Saya doakan mudah2an suatu hari bisa merilis buku resep :D

    Mbak saya tertarik dengan resep tart nanas yg satu ini, tapi ingin mengganti selai nanasnya dg selai marmalade homemade.

    Pertanyaan saya, apa tektur selai nanas dan marmalade berbeda? adakah keharusan menggunakan selai nanas? Share yah mbak kali aja mbak punya pengalaman membuat nastar ato tart dg selai lain selain nanas.

    Thanks.
    Sandra.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sandra, salam kenal juga ya. Amiin untuk doa buku resepnya hehehhe.

      untuk resep diatas, bisa pakai selai lainnya, karena bentuknya cup ya, jadi selai aman di dalam. belum pernah coba dengan selai lain tapi menurut saya kalau bentuknya mangkuk begini oke2 saja pakai selai lainnya, biasanya kalau nastar susah diisi dengan selai selain nanas, karena mudah leleh dan merembes keluar.

      thanks sharingnya dan sukses ya! ^_^

      Hapus
  4. Salam kenal Mba Endang, resep"nya mantap semua nih
    Ijin share ya, boleh ga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Juplika, salam kenal juga ya. silahkan kalau mau dishare Mba, jangan lupa sumber dan back link ya.

      Hapus
  5. Salam kenal mbak endang, mbak saya mau tanya, kalau menggunakan cetakan keranjang gtu, cara pengisiannya bagaimana agar gampang membukanya dan tidak gosong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya biasanya gilas dulu adonannya dimeja, baru saya cetak bulat dan masukkan ke cetakan dengan cara ditekan, kelebihan adonan di tepi cetakan saya potong dengan pisau.

      Hapus
  6. oke mbak endang ntr dicoba semoga berhasil, soalnya kmrin buat gosong dan banyak yang pecah

    BalasHapus
  7. hallo mbak saya marni mau nanya itu cup untuk nyetak tart nya dari alumunium ya bahannya keliatannya. ato apa mbak? blm punya cetakan kayak gitu soalnya mbak... bisa dibantu mbak sarannya mbak kpan2 mau beli hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Marni, dari bahan stainless steel ya mba, Kayanya banyak kok di toko peralatan kue ya

      Hapus
  8. mba endang, kira2 2 nanas itu berapa ya berat nya?
    makasih..
    :)

    BalasHapus
  9. Mb endang, gmn tips mengatasi selai nanas yg terlalu karamel ya mbk..sepertinya saya terlalu over menambahkan gula, pada akhirnya selai tidak bs di bentuk krn terlalu keras waktu dingin. Terima ksh sblmnya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil selai diaduk, gula mulai meleleh dan selai menjadi lebih lunak, kemudian diamkan hingga dingin.

      Hapus
  10. Ijin nyontek bikin selai nanasnya ya mba.. heuh si mama lg males bkin selai nanas, tp minta dibikinin nastar bwad tester org2.. lha aq seumur2 gak pernah bkin selai nanas :(
    Oia mba itu cetakannya bisa dipakai berulang2 kah?
    Kmarin nyoba bkin nastar tp isi selai srikaya, krn yg ada dikulkas cm itu, eh mlebar jd gepeng gak bulat2 :'(
    Mungkin klamaan dipegang ya, hrs gerak cepat buletinnya. Nyoba pk sarung tangan malah lebih susah bentuknya jd pk tangan aja dh.. trus krn selainya srikaya gak padat jd agak susah jg buletinnya biar mulus. Next time hrs lebih cepet lg dh pk selai nanas ^^
    Tp soal rasa gak usah ditanya.. maknyuss.. aq pk resep nastar yg lumer dimulut itu, nagih bgt ya.. klo gak inget kalori mungkin dah habis sendirian ^^
    Sukses selalu mba :)

    Bella

    BalasHapus
    Balasan
    1. haluuu mba bella, kalau terlalu meleber tambah sedikit tepung maizena sampai adonnaya gak terlalu lembek mba, memang kalau kurang tepung bentuk nastarnya kurang oke. tips teman saya yang jago baking sih tambah dikit lagi maizena sampai terasa gak terllau lembek.

      kuning telur rebus yang dimikser dengan mentega jga membuat nastar lumer dimulut.

      Hapus
  11. Mbak mau tanya kalo dicetak langsung di cup kertas kira2 bakal lengket di cup gak pas mateng

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengingat kandungan menteganya yang lumayan tiggi kaynya sih gak terlalu lengket ya

      Hapus
  12. Mba, saya fia. Mau nanya, klo selai nanasnya ditaro di kulkas, bisa tahan brp lama ya? Makasii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sampai 3 bulan Mba Fia, semakin lama tapi selai semakin gelap warnanya ya

      Hapus
  13. Hi mbak maaf blh tanya?itu kulit nastarnya teksturny mudah retak ga y pas matang?sy beberapa kali bikin tart nanas pake cetakan pie ukuran bsr tp belum bisa pas teksturnya.kadang remuk kadang kekerasan.blh minta tipsny biar kulitannya enak renyah kuat tapi lembut pas dimakan?mksh sblmnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ema, kalau tart nanas yang ini kulitnya agak keras dan gak mudah pecah ya. Kalau mau pakai kulit pie saja, hehehe, enak juga diisi selai nanas.

      resep kulit pie andalan:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/12/fudgy-chocolate-pie.html

      Hapus
  14. Hi mbak.. kalo buat selai bagusnya pakai nanas apa ya? Trs pilih nanasnya yg seperti apa? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai nanas palembang yang panjang2 mba, pilih yang jangan terlalu matang (kulit kuning semua), atau terlalu hijau semua. Jadi kuning semu kehijauan. Terlalu matang airnya jadi banyak sehingga lama dimasak,

      Hapus
  15. hai mba endang, kalau nanasnya ga diparut tapi pakai food processor, enak ga ya hasilnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, selai nanas untuk nastar umumnnya berserat, itu yang membuatnya bs dibulatkan, padat dan mudah diisi ke dalam kue, kalau food pro khawatir saya kurang serat nantinya, walau saya blm pernah coba

      Hapus
  16. Mbk, kue ini tahan berapa lama ya?

    BalasHapus
  17. Halo kak, klo utk dijual, adakah tips spy nastar lebih tahan lama kak? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. so far saya nggak ada tips kalau buat dijual Mba, soalnya memang nastar susah disimpan lama

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...