23 Juni 2012

Membuat Bakso Daging Ayam yang Kenyal! Sungguh!



Belum bosan kan dengan artikel saya tentang bakso? Kali ini saya akan mengajak anda untuk mencoba membuat bakso daging ayam. Sebagaimana tantangan membuat bakso lainnya maka kali ini pun sama, bakso harus kenyal, elastis dan padat. Membuat bakso yang sesuai harapan sepertinya menjadi petualangan saya tanpa akhir, entah telah berapa kali saya membuat bakso, hasilnya belum memuaskan. Namun saya telah cukup berbesar hati ketika dengan sedikit perjuangan berhasil membuat bakso ikan yang laziz. Resep dan proses pembuatannya anda bisa klik dipostingan saya Membuat Bakso Ikan: Homemade Fish Balls


Sebenarnya saat membuat bakso daging ayam ini saya juga sekaligus membuat bakso dari daging sapi. Again? Yep, rasa penasaran saya masih tinggi untuk mencoba menaklukkan bakso yang satu ini. Beberapa kali mencoba membuatnya hasilnya masih mengecewakan, entah bakso berakhir bantat atau bakso dengan permukaan berbintil hingga bakso terasa alot seperti karet ketika di kunyah. Dan eksperimen bakso daging sapi kali ini pun tidak terlalu memuaskan, walau cukup elastis dan lezat, namun tampilannya alamak, sama sekali tidak layak untuk tampil di blog. Karena itu saya tunda untuk mempostingnya. ^_^


Anyway busway, saya kali ini tidak akan membahas mengenai bakso daging sapi yang semi gagal, melainkan bakso daging ayam yang sukses. Bakso dari daging ayam ini benar-benar sedap bahkan tidak terasa ayamnya sama sekali, kenyal, mulus dan elastis, sebagaimana harapan saya. Tipsnya ternyata pada proses pembuatannya, seperti saat membuat bakso ikan, adonan saya banting hingga kalis dan mulus, baru kemudian direbus dengan teknik yang berbeda dengan biasanya saya merebus bakso. Ternyata cara ini membuat bakso menjadi elastis tanpa memerlukan tambahan obat bakso sama sekali. 


Nah, karena saya telah cukup berpengalaman dengan adegan banting-membanting di pembuatan bakso ikan sebelumnya maka kali ini proses ini menjadi terbilang mudah. Tidak perlu membantingnya di meja, kawan. Anda cukup melakukannya di mangkuk yang memiliki lebar cukup besar, cara ini tentu saja membuat meja anda tetap bersih dan air bantingan daging ayam terhambat untuk berloncatan kemana-mana.Seperti biasa celupkan tangan anda di air es agar adonan tidak lengket di tangan. Banting adonan kira-kira 10 hingga 12 kali bantingan, hingga adonan terlihat halus dan elastis ketika di sentuh dengan ujung jari.


Walau saya memprosesnya menggunakan food processor, namun bagi anda yang tidak memilikinya maka anda bisa menggunakan daging ayam cincang biasa. Aduk rata daging dengan larutan bumbu dan aduk rata, kemudian banting adonan hingga smooth dan elastis. Kemudian rebus bakso menggunakan teknik yang saya jelaskan di bawah. Panaskan air hingga mendidih kemudian angkat panci dan masukkan bulatan adonan ke dalam air panas, tidak memerlukan waktu lama bakso akan mengapung. Jika telah terkumpul banyak baru rebus semua bakso menggunakan api yang kecil hingga hanya muncul letupan-letupan imut saja. Jangan merebusnya dengan api besar hingga air bergolak mendidih. Cara ini terbukti ampuh membuat bakso kenyal seperti yang diidamkan. 


Selain daging ayam, anda tentu juga bisa menggunakan daging sapi dengan proses dan takaran yang sama dengan daging ayam. Saran saya jika anda menggunakan daging sapi maka gunakan daging yang bebas urat dan lemak, daging yang seperti ini akan menghasilkan adonan yang halus sehingga bakso anda mampu berbentuk bola yang mulus. 

Tertarik untuk membuatnya? Yuk langsung saja kita serbu baksonya ^_^ 


Bakso Daging Ayam
Resep diadaptasikan dari blog Lily's Wai Sek Hong - Meatballs Ala Don

Untuk + 40 buah bakso

Bahan bakso:
- 500 gram daging ayam, saya menggunakan bagian dada
- 125 ml air es
- 1 sendok makan kecap ikan
- 1 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
- 1/2 sendok makan gula pasir 
- 1/2 sendok makan minyak goreng
- 2 sendok makan tepung maizena
- 1 1/4 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Lainnya:
- Air es untuk merendam bakso 

Bahan kuah:
- 2 liter air kaldu dari air rebusan bakso plus tulang-tulang ayam
- 2 sendok teh kaldu bubuk 
- 5 siung bawang putih, haluskan
- 2 sendok makan kecap ikan
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 sendok teh garam
- 2 batang daun bawang
- bawang merah goreng sebagai taburan
- minyak untuk menumis

Cara membuat:


Siapkan daging ayam, anda bisa menggunakan bagian daging ayam di dada atau paha, saya memilih untuk menggunakan bagian dada karena mudah memisahkan tulang dan dagingnya. Potong-potong kubus dan masukkan ke food processor. Proses hingga halus. 

Jika daging telah halus, tambahkan 5 sendok air es ke dalam gilingan daging. Tambahkan air es sesendok demi sesendok. Terus proses hingga cincangan daging membentuk gumpalan. Matikan food processor. Tuangkan daging ke dalam mangkuk besar. 

Jika anda melakukan cara manual, maka gunakan daging ayam cincang. Tambahkan air es sesendok demi sesendok sambil daging diaduk dengan spatula hingga serat-serat daging terlepas dan terpisah. 

Siapkan mangkuk kecil, masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng dan tepung maizena ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata. 

Tuangkan larutan tepung ke permukaan adonan daging, aduk perlahan dan biarkan cairan terserap. Kemudian aduk hingga benar-benar merata. 


Siapkan mangkuk berisi air es. Basahi tangan anda, ambil adonan kemudian bantingkan ke mangkuk, lakukan hal ini sekitar 10 kali atau hingga gumpalan adonan terlihat smooth, shiny dan elastis. Ketika disentuh terasa kenyal. Jika tangan anda lengket saat membanting adonan maka segera celupkan ke dalam air es. Fungsi banting-membanting ini adalah untuk memastikan serat daging terlepas dan tidak saling menggumpal serta untuk membuat adonan menjadi kompak.


Tutup permukaan mangkuk dengan plastik, masukkan adonan ke dalam freezer selama 30 menit. Freezer ya bukan chiller (rak bawah). 

Jika telah 30 menit, maka siapkan panci, isi air dan rebus hingga mendidih. Matikan kompor. 


Keluarkan adonan dari freezer, ambil 1 sendok makan adonan dan dengan bantuan sendok lainnya bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan diameter 1 1/2 cm. Masukkan adonan yang telah berbentuk bulat ke air panas. Lakukan hingga semua adonan habis.

Adonan yang masuk ke air panas akan mengapung sendiri. Ketika panci telah terlihat penuh oleh adonan, hidupkan kembali kompor dan rebus menggunakan api kecil. Jaga jangan sampai air mendidih hingga bergolak, air hanya dididihkan hingga mengeluarkan letupan-letupan kecil saja bukan  benar-benar mendidih. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk bakso dengan sendok pengaduk dan masak hingga matang.


Test kematangan dengan mengambil sebutir bakso dan belah, jika bagian tengahnya masih berwarna pink rebus kembali hingga matang. 

Siapkan mangkuk berisi air dan es batu, tiriskan bakso dengan saringan kawat, sisihkan airnya untuk kuah. Masukkan bakso ke dalam air berisi es dan rendam hingga dingin. Bakso siap untuk diolah sesuai keperluan atau masukkan ke dalam wadah rapat dan bekukan di freezer.  

Membuat kuah:
Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum dan matang. Angkat. 

Siapkan panci berisi air rebusan bakso, tambahkan tulang belulang ayam (jika ada). Tambahkan tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk dan kaldu bubuk. Rebus hingga mendidih, masukkan bakso dan daun bawang. Masak hingga matang. Cicipi rasanya. Angkat. 


Siapkan mangkuk, tuangkan bakso dan taburi dengan bawang goreng jika suka. Santap dengan saus sambal dan cabai rawit. Yummy!

Source:




152 komentar:

  1. hadooooh ngileerrr.mbak itu adonanx tpung maizenax cm 2 sdm.ayamkan udah basah blum lagi ditambah air.dengan dibanting2 aja saya takjub adonanx bisa nyatu.kok bisa mbak ya jadi gak berair?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Jeng, iya cuman 2 sendok makan saja, plus air, memang agak lembek tapi saat masuk ke air panas jadi keras. ayo dicoba hehhehe

      Hapus
  2. mbak.. air es itu maksud nya air dingin dr kulkas atau es di biarin mencair ya? hehehehe... tQ..
    novi.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Novi, paling bagus jika es batu kita masukkan ke air dari kulkas hingga air menjadi sangat dingin. Fungsi es batu untuk membuat suhu dingin air tetap terjaga.

      Hapus
  3. mba aku ga punya food processor, kalo pake blender gmn? soale ga pede kalo nyincang sendiri hehehe

    BalasHapus
  4. mbak, baking soda nya bs dganti baking powder yg double acting itu ga ya? soalnya drumah skrg cmn ada baking powder hercules krn liat resep2 mbak endang terus :)... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, baking soda fungsinya agar bakso kenyal dan keras, saya rasa nggak bisa digantikan dengan baking powder ya, karena komposisi dan tujuannya berbeda. Kalau untuk membuat cake/cookies maka baking soda bisa diganti dengan baking powder tapi untuk bakso sepertinya nggak.

      Hapus
  5. hallo mba, saya udah cobain bakso ayam nya, mantap walaupun tanpa baking soda ^^...

    oh iya mau tanya dong, beli food processor dimana yah kalau di indonesia? soalnya kalau bawa dr jepun, voltasenya hanya 110 V, agak malas kalau harus pakai trafo ^^

    makasih banyak sebelumnya, ada tips ga mba buat beli food processor di indo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Anggia, saya pakai food processor merk Phillips. Saya beli waktu itu harganya sekitar 1,5 juta. Soalnya saya sudah cari tidak ada food processor merk yang lain lagi, artinya cuman ada Phillips di Indo wakakka. Adik saya beli blender Phillips, nah dia juga beli sekalian mangkuk food processor kecil yang sepaket dengan blendernya, harganya lebih murah, sekitar 500 rb kalau nggak salah (untuk mangkuk food processor saja). Lumayan juga garis tengah sekitar 13 cm, dan kemampuan sama seperti food processor yang besar. Moga membantu ya.

      Hapus
    2. Halo Mba Anggia, sorrryyy komentar dan pertanyaannya ke delete wakakka, maklum ini blogger gaptek banget. Mau klik publish malah klik remove. Ini jenis food processor yang saya beli: http://www.uhsonline.co.uk/products/Philips-1000W-Food-Processor.html

      Kalau di luar saya rasa banyak merk bagus2 ya kaya Cuisinart. Atau Phillips dengan tipe lainnya. Saya suka ngiler kalau lihat2 Amazon wakakak. Susahnya di Indo, food processor kurang banyak peminat, jadinya merk yang dijual jga terbatas.

      Hapus
  6. oh oke okeh ^^ hiihih

    yang ini mba yang saya liat di philips indonesia, 500 W
    http://www.philips.co.id/c/food_processors_su2_id_consumer/309927/cat/

    kalau yang mba kasih, barnagnya dari UK, 1000 W booo hihiihhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eits, iya maksud saya yang versi Indo-nya wakakak, saya asal cari saja, penampakan mirip hahah

      Hapus
  7. Resep hasil modifikasi dari resep yg ada untuk semua jenis daging. Daging 1kg. Tapioka 1ons. Gandum 2ons. putih telur 4btr. Gulapasir 4sdkmakan. Minyak sayur 4sdkmakan. Baking powder 2sdkteh. Soda 4sdkteh. Air es 8sdkkuah. Garam 1sdkmakan full. Royco rp.350 1runtai. (Tambahan kalau mau perkuat rasa bawang putih 4siung lada 4sdkteh) semua bahan campur jadi satu lalu diblender sampai halus, kecuali garam royco tapioka dan gamdum. Setelah diblender baru tambahkan tapioka lalu garam serta royco sampai rata terakhir masukan gamdum campur sampai rata. Biarkan 30 menit sampai andonan mengeras, siapkan 1mangkok air es sedikit demi sedikit campur ke andonan sampai melembut bisa dibuat bulatan dgn mudah (ingat air es jangan sekaligus dimasukan bisa hancur andonan). Didihkan air sampai mendidih langsung buat bulatan masukan bakso sampai mengambang ke atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, mantep banget nih, makasih ya Mas, jadi terharu hiks. Saya selalu gagal bikin bakso sapi, saya mau coba resepnya, moga2 sukses berat. Thanks sekali lagi ya! Sukses selalu. ^_^

      Hapus
    2. Maaf ya ada salah untuk soda seharusnya 2sdkteh.

      Hapus
    3. Sip & thanks, saya mau coba hehehhe. Doakan berhasil, wakakkaka

      Hapus
  8. Begini lho, mbaK! Aku sejatinya kan jualan bakso, berhubung daging sapi mahal. Aku mau pake ayam, terus terang tiap mencoba, ya....hasilnya tak enak dilihat mata. Begitu loding di mbah google, aku lihat postingnya mbak. Oke, besok aku coba dan minta doa restunya he he he he...! Maturnuwun, pareng rumiyiñ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Sam Aji, yep bakso ayam memang bahan2 lebih murah dan hasilnya enak kok, gak kalah dengan yang dari daging sapi. Moga sukses ya ^_^

      Hapus
  9. untuk penjual bakso sekarang daging sapi lagi Mahal. bisa menggunakan daging ikan tumbuk Di campur dgn daging sapi. dgn perbandingan 6bagian sapi 4bagian ikan tumbuk. rasanya masih seperti bakso daging Dan masih halal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, thanks ya Mas atas sharing dan informasinya. Sangat berguna sekali buat semuanya yang ingin berhasil membuat bakso sapi. ^_^

      Hapus
  10. adonannya itu dibanting ke dalam mangkuk berisi air es? Apa gak muncrat2 air esnya kena bantingan adonannya? Atau dibanting kemangkuk yg gak da airnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di banting ke mangkuk yang gak ada airnya ya.

      Hapus
  11. Mba, mw ty, d'bahan bakso disebutkan ada 1/2 sendok makan minyak goreng. Itu dmasukkan pas kpn? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Mila, yep minyak goreng dimasukkan langsung dalam adonan baksonya bersamaan dengan kecap asin dan bumbu lainnya ya. Sori kelupaan tulis di resep. Thanks ya ^_^

      Hapus
  12. saya sudah mencoba resep tsb,tp ada yg kurang sempurna karna baksonya ketika direbus tambah gedhe hampir 2X ukuran waktu nyetaknya. Apa itu bukan karna dicampuri baking powder dan baking soda? Jadinya baksonya gak padat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, apakah sudah diikuti resep dan proses diatas dengan seksama? Adonan harus dimasukkan ke freezer sebelum direbus. Saat perebusan air dijaga tidak boleh mendidih. Bakso memang mengembang besar saat di rebus namun akan mengecil dan padat saat di rendam dalam air es. Baking powder dan baking soda berfungsi untuk mengenyalkan adonan bukan membuatnya mengembangkannya.

      Hapus
  13. haloo mb endang.. maksi bwt resepnya yah. rasanya enak bgtt.. tapi kenapa bakso yg saya bikin setelah matang bisa menciut ya?? pdhl wktu ngerebus nya jadi hmpi 3 kali lipat gtu. Pa karena yg saya pakai cm baking powder aja kali ya ga pake baking soda juga?? mklm males keluar lagi buat belinya. heee.. makasi mb..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Indah, saat dingin bakso memag menciut tapi ketika akan dimasak dan terkena air mendidih akan melar lagi kok. Saya rasa bukan karena baking soda, baking soda untuk mengenyalkan bakso Mba. ^_^

      Hapus
    2. Mba... ijin nyoba yaa.. doakan smoga berhasil :D
      Dsni (cileungsi tp dipinggir perkampungan) mknannya gak ada yg enak2 mba.. bakso, somay, batagor dll gk brasa bgt.. maklum deh org2 sini maunya murah doank, gak pduli enak atau nggak, namanya jg org dikampung.. pendatang baru udah biasa mkn yg enak2 ya gak puas jdnya klo beli yg gk enak.. wkwk *blagu.com*
      Nanti laporan lg hasilnya :)

      Bella

      Hapus
    3. Halo Bella, silahkan dicoba yaa, moga suka. Memang kalau buat sendiri lebih mantap dan puas, di Jakarta walau banyak makanan enak tapi kalau bakso tetap aman buatan sendiri hehhehe. Campur pakai daging sapi juga enak, karena kalau murni ayam rada2 bau ayam hasil baksonya hehehhe. Suksses yaa

      Hapus
  14. Nanya lgi sekali ya mb, beda fungsi penggunaan baking powder dan baking soda itu apa ya?? maap banyak nanya, makasi yaaah... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baking soda dan baking pwder bersifat alkaline (pH 9), fungsinya di bakso adalah untuk menaikkan pH adonan bakso menjadi tinggi. Daging/protein bersifat asam (pH rendah). pH yang tinggi di bakso membuatnya menjadi kencal dan elastis sekaligus membuat permukaannya menjadi mengkilap dan smooth. Terlalu tinggi ph akan membuat bakso terlalu mengekerut dan kehilangan rasa dagingnya karena itu digunakan jga baking powder yang mengandung baking soda tetappi dalam takaran yang tidak terlalu tinggi.

      Hapus
  15. mbak, aq dah cb jg bikin bakso ayamnya, hasilny memuaskan sekali, kenyal & enak. hy sj garam q tambah krn kl ngikuti resep masiy krg berasa. aq pk baking poder tp bakso ny g' pk menciut lg kq stl mengembang, mgk pnyebab menciut krn klebihan bp, krn kbanyakan org memakai sendok teh biasa utk menakarny tp g' jls peres ato munjung, sbaikny pk sendok takar khusus, lbh pas uk.nya..tp peres yaa, mba CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Fila, yep, sebaiknya kalau meggunakan takaran cup atau sendok memang menakar yang benar adalah peres ya bukan munjung ya. Jadi setiap kali mengambil bahan selalu gunakan ujung jari untuk meratakan bahan agar permukaannya rata sendok/rata cup. Sukses ya ^_^

      Hapus
  16. Halo mbak...
    aku udah coba bakso ayamnya......
    hasilnya sipppppppppppp pake bangetttt!!!
    oh ya mbak...kl adonan ini digoreng bisa gak ya???hehehehhehe....
    posting resep bakso goreng donk mbak...thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Santi, wah belum pernah coba versi gorengnya Mba, mungkin harus direbus matang dulu baru kemudian digoreng ya hehehe

      Hapus
  17. iyei... senng bgt baca postingan ini. lg galau nih hobby makan tp ragu sama jajanan diluar. sexara sya hamil n msh ounya balita yg jg doyan ngemil. sering2 curhat hasil.eksperimennya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya, sip silahkan dicoba ya. Moga suka ^_^

      Hapus
  18. Mb Endang, terimakasiiiiiiih banget banget... liburan ini sy coba bakso ayam dan bakpao ayam pedesnya, dari jam 7-12 berkutat di dapur, alhamdulillaah... gak sia2, yg tdnya diniatin buat stok di kulkas tp malah ludes dlm sehari. Aduh smbil ngetik ini lidah sy craving bakpao pedes lg :p
    Makasih ya Mbak, ini blognya ngebantu bgt para pejuang dapur amatiran yg suka mati gaya. Next obsession, sbnarnya mau nyari menu sayur enak buat unyil2, tp td keburu kecantol pempek dos dan tahu bakso hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mba, thanks sharingnya ya. Silahkan dicoba resep2 lainnya ya, moga suka ^_^

      Hapus
  19. mbak, setelah saya coba resep bakso ayamnya, sangat yummy, mbak:) jadi semangat mau coba resep2 lain di blog ini:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Monita, sip silahkan dicoba resep lainnya, moga suka ya ^_^

      Hapus
  20. Mkasih mbak, resepnya sangat nikmat dan lezayy, yummy. Numpang post di blog pribadi ya :D

    BalasHapus
  21. kalo gk pake baking soda (cuma pake baking powder) gimana mba? apa tekstur dan rasa ttp sama?
    #lina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lina, saya rasa teksturnya tidak akan terlalu kenyal ya.

      Hapus
  22. mbak kecap ikannya diganti kecap asin bisa nggak?
    trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skip saja kecap ikannya ya, hati2 dengan kecap asin karena kadar garamnya terlalu tinggi, takarannya jangan terlalu banyak. Gak pakai gpp Mba.

      Hapus
  23. mba endang yg cantik.......kalau setau saya pembuatan adonan bakso itu kan pakai tepung tapioka[aci] btul apa ga ya??? coz liat di resep mba endang ga pake campuran tepung aci....bsa kasih pencerahan mba....thxz...



    BalasHapus
    Balasan
    1. Resep lainnya mungkin pakai ya, tapi yang ini memang nggak pakai ^_^

      Hapus
  24. Mba dicara memasak ditulis tuang larutan tepung ke permukaan adonan daging.....itu larutan tepung apa ya mba?soalnya kan kl dibaca resepnya cm pakai tepung maizena 2 sendok makan dan sudh disebutkan sebelumnya dimasukan bersama baking soda,merica dll dr resep?pgn buat bakso ayam jg nih mba :-)
    Salam
    Mia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai MBa Mia, maksudnya larutan tepung maizena dan kawan-kaeannya itu ya, karena maizenanya kan harus dicampur bahan2 lain, diaduk baru dituang ke daging.

      Hapus
  25. Hihi...maaf mba ak kurang cermat baca step by stepnya.udh ak praktekin mba buat bakso ayamnya dan berhasil,enak dan tekturnya lembut jd anakku yg umur 16bln bs ikut makan.tp dibbrp bakso yg dihasilkan msh kerasa spt makan daging ayam suir gt mba...apa krn kurang dibanting2 ya?trs kl mau bkin aga lbh kenyal bs ditambahin tepung ga ya mba?ditambahin tepung terigu or maizena ya mba?pgn bkin bakso yg kenyal2 kaya yg dijual2 abang tukang bakso tp versi yg lbh sehat :-)

    Salam
    Mia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mia, sepertinya adonannya kurang halus gilingannya sehingga serat ayamnya masih ada, harus digiligkan sampai benar2 halus seperti pasta, atau kalau pakai daging ayam giling harus diuleni dan dibanting sampai serat2 daging halus. Bakso kenyal umumnya pakai bahan kimia pengenyal ya. Saran saya giling daging ayam sampai sehalus mungkin.

      Hapus
  26. mbak..kecap ikan di ganti dgn kecap biasa,boleh nggak mbak????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, skip saja kecap ikannya ya, jangan diganti dengan kecap manis biasa.

      Hapus
  27. jadi kepengen masak deh. makasih mbak blognya bagus bgt ada step stepnya ^^

    BalasHapus
  28. Thank you so much for the recipe... I've tried it and it's very nice...healthy as well without any chemical stuff... :)
    Looking forward to try another recipes from your web...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, thanks for the comment! I'm really appreciate it very much. Glad this blog can help many friends, hope you will like other recipes from here too. Cheers!

      Hapus
  29. siang mb endang..sy baru punya food processor hadiah parcel dr relasi..klo mau buat bakso,,,pakai pisau atau alat yang mana ya mb...nuwun

    wiwik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba wiwik, pakai pisau/blade ya Mba, saya gak pernah pakai yang plastik. yang plastik untuk mengadoni roti atau cake, cuman tetep saja saya pakai yang pisau wakakkaka.

      Hapus
    2. food processor sy philips HR7620...bisa ya mb endang type ini buat bikin bakso?,

      kalo yg pisau berarti klo di buku petunjuk itu untuk mencacah itu ya yang di pakai mb endang.
      mohon bantuaanya.
      nuwun.

      wiwik

      Hapus
    3. Bisa Mba Wiwik, pakai pisau untuk mencacah ya. Saya sih selama ini cuman pakai pisau untuk memproses semua makanan hehehe

      Hapus
  30. Aku uda coba ini dan hasilnya enak sihhhh tp ko baksoku berasa lembur bgt ya apa krn kurang shiny smooth ya wktu ngebantingnya???
    Pempek dosnya jg uda di praktekkin dan yummy bgt cm krg aroma ikan aja krn teksturnya ud mirip pempek biasa... Makasih mbaaaa besok mo mraktekkin resep yg lain boleh ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bakso pastikan adonan harus dihaluskan/dibelender sampai benar2 halus, serat tidak ada sama sekali, supaya kenyal. coba pakai proses yang ada di resep bakso sapi Mba. sip, silahkan dicoba resep lainnya ^_^

      Hapus
  31. Hai mb endang.. mw tanya donk, air es itu kan berfungsi utk mencegah agar adonan ayamnya tdk panas, klo ayamnya diganti dengan ayam yg bru keluar dr kulkas (bkn freezer) blh gak ya? berpengaruhkah dengan kekenyalan si bakso? makasii bnyk mbak ^_^


















































































    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya biasanya juga pakai ayam dr freezer tapi tetap saja saya masukkan air es, lah istruksi resepnya begitu wakakkak. Saya khawatir bakso gak kenyal saja sih, cuman kalau daging ayamnya digiling sampai benar2 halus seperti pasta, saya rasa tetap kenyal kok. coba cek di resep bakso sapi kenyal Mba, saya pernah posting, step2 by stepnya berbeda ya.

      Hapus
  32. Hai mbak yg cantik,kalo bakso ayam pake kuah yg dcmpur sumsum sapi enak gak sh mb rasanya?soalny kalau bkin baso sapi sering gagal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Tika, yeppp kuah bakso akan maknyuss kalau menggunakan kaldu dari rebusan tulang2 sapi dan sumsum, makin banyak tulang makin sedap kaldunya.

      Hapus
  33. Mba Endang saya mau laporan lagi nih jgn bosen ya. Ini pertama kali saya bikin bakso awalnya ga ngarep bakso yg renyah kenyal soalnya bru percobaan pertama jd ga ngarep bgt. Eh ternyata baksonya jd renyah Dan kenyal *giraangbanget. Bumbunya ku modif dikit ku tambahin 7 siung bawang putih yg udah ditumis Trus dialusin bareng lada n garam Trus utk dada ayamnya kelebihan dikit doang jd bahan yg lain ga ditambahin. Makasih ya jtt utk Resep Dan instruksinya yg jelas. Skrg ga perlu beli bakso deh.

    Nona

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nona, thanks ya sharingnya disini, saya ikut senang baksonya berakhir dengan sukses karena saya sendiri bikin bakso berkali2 gak pernah oke tetapi setelah pakai resep diatas baru berhasil hehehe.

      Hapus
  34. Mba Endang, trima kasih banyak utk sharing resepnya. Saya senang lihat resep-resepnya. Maklum saya tidak bisa masak. Saya baru saja coba resep baso ayamnya. Memang hasilnya kenyal, tapi terasa sekali baking soda/powdernya & kurang terasa ayamnya. Kenapa yach, mba? Takaran sendok yg dipakai itu sendok biasa, atau sendok takar yach, mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya pakai sendok takar, kalau terasa BP/BS nya kurangi saja takaranya ya.

      Hapus
  35. Halo mbak endang, gak sengaja saya nyasar ke sini waktu browsing resep bakso home made :)
    Mbak itu baksonya nggak perlu bahan misal bawang & brambang goreng ya?
    Jadi cuma merica garam dll?
    Matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kalau mau ditambahkan bumbu lainnya ya Mba, kalau saya sesuai resep asli saja hehehheh

      Hapus
  36. hai,mbak Endang ijin pake resepnya ya..........

    BalasHapus
  37. Huwaaaaaaa.... XD uuuenak bgt mbak baksonya
    ternyata bikin bakso itu gk sesusah yg dibayangkan... Cepet bgt... *100 jempol
    Mbak ak gk sengaja nyasar k sini bbrp hari yg lalu n ternyata ketagihan bgt... Tiap malam tak catetin resepny. Makasih banyak y mbak... Mbak endang inspiratif bgt, harusnya masuk Kick Andy...
    Tp gk takut didemo sm pedagang2 makanan ya mb, karena pembelinya berkurang coz sdh pd pinter masak semua jd gk jajan lg :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rani, wah selamat sudah berhasil bikin bakso, salah satu makanan yang paling banyak diincar untuk dibuat, habis penuh tantangan yaaa. Thanks sharingnya Mba, sukses ya

      Hapus
  38. Halo endang indriani, saya Mustika. Saya ingin membuat bakso seperti anda saya ingin memakai food processor yang anda pakai. Merk apa food processor yang anda pakai?, Makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mb Mustika, saya meggunakan FP Phillips ya, moga berhasil baksonya yaa ^_^

      Hapus
  39. Salam kenal mbak endang...sy silent fans blognya mbak endang.
    Terima kasih resep2nya ya, membantu bgt buat sy yg tinggal jauh dr tanah air, yang bahan2 untuk masakan indonesia sangat terbatas, tergantung kiriman dari indonesia, hihi jd curhat.
    Pas liat resep baksonya mbak endang yg ga perlu pake tepung sagu, wuiiih lgs ga sabar utk coba, secara disini sagu ga ada. Udah sy coba resepnya, dan voila berhasil, seneeeeng bgt, akhirnya bisa menikmati bakso buatan sendiri yg super enak, kenyal, halus, spt bakso di indonesia.
    Cuma sy ganti dagingnya campuran daging sapi n daging kalkun, sy minta penjual dagingnya giling 3x, dan untuk bumbu sy tambah garlic yg di alusin, n ga pk kaldu bubuk, rasanya tetep gurih n enak bgt.
    Makasih ya mbak resep2nya, sy udh byk coba resep2 mbak, dan semuanya berhasil, suami sy selalu blg enak kl sy coba resepnya mbak endang.
    Salam dr morocco.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks sharingnya ya. senang sekali resep bakso ayamnya sukses dicoba. kayanya enak tuh pakai campuran daging sapi dan kalkun yaa, disini kapan bisa makan kalkun huaaaa, pengen heheheh.

      Hapus
  40. mbak, matur suwun buat resepnya ya :D. aku dah coba.enak dan sueger mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba ida, senang sekali resepnya disuka yaaa

      Hapus
  41. mba endaaang...dah coba bikin...tapi begitu dicemplungin ke air panas koq ga ngapung2....apa karna lupa ga pake BP dan BS ya?????hahaha
    enak sih,mba...walau ga terlalu kenyal....digoreng juga enak...yo wis lha,pokok'e kalo resep dr mba endang biar gagal tetep bs dimakan koq....hahahaha
    *dian*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dian, untuk bakso ini kudu pakai BP dan BS ya supaya kenyal, kalau gak ngapung coba aduk pakai sendok mungkin lengket di dasar panci ya. pastikan air panas yang baru mendidih ya, supaya suhunya tinggi. next time moga gak lupa tuh BP nya wakkakak

      Hapus
  42. dimana tempat membeli food procesor nya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. FP saya merk Phillips, bisa dibeli di counter phillps di mall2 ya, saya beli di metro atau sogo ya, lupaaa hehehhe

      Hapus
  43. Salam kenal, mbak Endang
    Mau tanya, kalo bikin bakso ayam yg diambil dagingnya aja apa sekalian kulitnya. Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal ya, saya pakai kulitnya juga ya Mas

      Hapus
  44. Mba Endang..yuhuuuuu...
    Mba,,aku sudah buat bakso ayam ini 2x..mantap tenan..
    yang pertama aku buat kuahnya campur wortel dan oyong/gambas..jadi kayak sup deh..anakku suka sekali makan..
    nah buat yang kedua kuahnya aku tambahin soun aja,,nah yg ini bapaknya
    anakku yang doyan ha ha ha...
    eh mba tau ga di Batam kan ada tuh BCS mall, tau kan mba..nah ada yang jual bakso dan salah satu menunya bakso ayam..eh kalau dibandingin nih rasanya jauh mba..enakan jauh bakso ala mba Endang..
    wah thanks ya resepnya..sudah tau buat jadinya gampang kalau mau buat lagi..ijin share di blogku ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Monica, waaah sedapnyoooo, saya dah lama gak buat wakkakak. Habis lama prosesnya, sekarg maunya resep2 yang simple saja hehehhe. Gimana nih ngilangin males dot com tapi tetap makan enak yaaa, Mba Monic kenapa tetap bersemangat ya Mba, apa resepnya? wakkakak

      Hapus
    2. mungkin sekarang lagi semangat mba...biasanya juga suka males he he he...tapi aku suka buat sendiri dan masih semangat soalnya kadang2 kecewa kalau beli mba...suka ga sesuai sama bayangan..belum ditambah harga yang mahal..halah..suka nyesel kalau beli...tetapi memang ada makanan tertentu yang bisanya cuma beli secara belum bisa buat ha ha ha..

      Hapus
    3. wah ternyata sama ya, memang kalau makanan2 tertentu yang jadi favorit suka penasaran sendiri pengen coba buat ya mba. lebih puas dan nendang.

      Hapus
  45. hai mba endang, thanks buat berbagi resep baksonya hasilnya mantap, sdh 3 kali bikin bakso sblmnya tp slalu bnyk kurangnya, itupun dah googling sana sini hehehe...but at the moment dng resep n petunjuk nya kali ini berhasil bikin bakso yg almost perfect...tnp baking soda sie mba...coz di negara onta ini ga ada kwkwkw....tp ada satu hal yg mo aku tny...knp hbs di rebus lalu di masukan ke dlm air es...apa beda nya di masukan ke air dingin atau ga? tq bgt ya mb...berkat dirimu aku bisa melepas rindu mkn bakso tnp pulang ke indonesia tercinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya, kayanya dimasukkan air es supaya kenyal dan keras ya, saya sih berusaha mengikuti resep aslinya dan insturksinya seperti itu dan terbukti berhasil kenyal hehhehe, soalnya sudah coba bolak balik aneka resep gak bs ok, baru resep diatas berhasil baik.

      Hapus
  46. Mba endang... aku berhasil buat bakso ayamnya... beberapa minggu lalu aku jg buat bakso ikan, hr senin kmr buat somay semuanya enaaaaakkk... makasih ya mba... #cium laporan selesai!!! ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, waaah mantap. Thanks sharingnya yaaa, senang sekali resep2nya sukses dicoba ^_^

      Hapus
  47. ijin sharing ya mbak
    saya akan mencoba membuatnya
    doakan saya ya heheheheh

    BalasHapus
  48. Mbakkkkkkkkll(teriak) suksesssssssss aku bikin baksonya mirip sm gmbrnya mb endang mulus enyaaaakkkk.krn ga punya food processor dagingnya aku cinncang manual trs aku blender takut ga bisa alus malemnya aku cincang soalnya nunggu sikecil bobok dlu biar ngantuk tp terbayar sdh besoknya dgn bakso yg sukses bgt tp msh enak daging sapi ya mb dr segi rasa ahh kpn2 bikin dr daging sapi jd PD nih mo bikin lg hehe rasanya seneng bgt mb klo lihat suami sm anakku makan dgn lahap hehe makasih ya mb GBU
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yeni, keknya girangnya sama ketika saya juga sukses eksekusi bakso pertama kali wakkaka, loncat2 sendiri. Thanks sharingnya yaaa^_^

      Hapus
  49. Iya mb senengggggg bgt sampe loncat2 wkakaka ini nih bru namanya bakso beneran klo yg kmrn2 aku bikin cilok hehehe hmmmm tmbh kepengen food froseccor nih mb abis resepnya mb bnyk pake food prosecornya hehe untk smntra beli chopper dulu deh makasih ya mb
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yeni, pakai chopper juga tetap bisa kok Mba, hehhehhe. Ikutan senang!

      Hapus
  50. hai mba' endang.. qu suka banget baca resep2 mba' tp sering2 gagal lw sudah praktek.. hehehe
    btw, kecap ikan'y boleh skip g' atau bisa diganti dgn yg lain? soal'y qu susah dpt kecap ikan.

    salam kenal mba'. Hera

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Hera, salam kenal ya. skip saja kecap ikannya Mba, gak masalah asal bahan lain dan proses diatas diikuti dengan benar.

      Hapus
  51. mba', kt orng kl buat bakso pake tepung tapioka,.
    Maizena tw Tapioka bagusan mana ya mba'? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk resep diatas saya pakai maizena Mba, saya kurang tahu kalau pakai tapioka hasilnya seperti apa ya, silahkan dicoba saja.

      Hapus
  52. makasih yaa mba'. sy udh coba tadi buat baksonya.. lumayan berhasil untuk pemula seperti saya. hehehe (merasa bahagia)
    tp tadi sempat panik mba' karena adoanannya susah dibanting-banting akhirnya sy tambahin lebih banyak maizena. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang awalnya susah dibanting karena lengket dan lembek, tangan celupkan ke air es agar nggak lengket mba

      Hapus
  53. Mbak..kalo proses membanting adonannya diganti dgn dimixer pake mixer bosch yg buat ngadon roti bisa gak ya...soalnya saya malas nguleni...hehehe...dan daging ayamny sudah saya giling di tukang giling daging..mohon infonya..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ika, saya rasa bisa ya, tujuannya adalah untuk membuat serat daging menjadi terberai dan tidak menggumpal, jadi saya rasa mikser heavy duty bs digunakan,

      Hapus
  54. Assalamu'alaikum mba? apa bakso ginian juga bsa dipake buat bikin bakso bakar? atau perlu dkurangi dagingnya atw gmana? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mas Hari, saya rasa bisa ya, bakso bakar basicnya kan bakso biasa ya, yang kemudia disajikan dengan cara dibakar

      Hapus
  55. kalo ini disimpen di freezer trus dipanasin lg bisa ga? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba leslie, yeppp simpan di freezer saja dan kalau mau disantap bisa direbus sebentar

      Hapus
  56. Mba Endang, saya punya baking soda merk arm and hammer di rumah itu bisakah digunakan untuk bakso ayam ini..? Makasi sblm nya.. - Lili

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lili, yep saya juga menggunakan baking soda yang sama merknya, oke kok.

      Hapus
  57. Hai mba..... aq uda nyoba resep ini...hasilx mantaaap mba :) oh iy mba klu yg sapi puny aq kok teksturx ga berserat ky foto puny mba :(...dalam baksox emang ada pori2x jg tp ga ky tekstur si ayam mba...hmmm salahx aq dimna ya? Mohon pencerahanx..

    Thanks b4

    BalasHapus
  58. Sudah saya coba, hasilnya bagus mbak, cuma bau dan rasa anyir ayam cukup kuat.. Apa ada perlakuan khusus sebelumnya mbak? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, bau ayamnya kuat, mungkin pakai bawang putih goreng yang dihaluskan banyak2 ya

      Hapus
  59. Mbak Endang,,..aq udah nyoba dan hasilnyaaaa enakkk...:D.....Ini kalo disimpan di freezer tahan berapa lama ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Reyna, thanks yaa. Freezer bisa sampai 1 bulan lebih ya

      Hapus
  60. Mba ak br slesai bikin kuah baksonya...basonya kurang asin hehe next time mo coba lagi ahh. Mo tanya juga kecap ikannya merk apa yg d pake soalnya punyaku kurang nendang nih rasanya..so far sih dah berhasil basonya kenyal cuma d rasa aj agak kurang ...mohon infony trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Santi, saya pakai kecap ikan merk gold fish. Supaya rasanya lebih nendang tambahkan saja bawang putih, garam dan saus tiram di adonan bakso ya.

      Hapus
  61. Halo mbak Endang, kalo gak punya kecap ikan kira-kira bisa diganti apa ya, pengen bikin tp di rumah cuma ada kecap asin, kecap Inggris sm saus tiram, tengkyu ya mbak (^-^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Kartini, gak papa kalau skip kecap ikan. Pakai saja bawang putih halus yang banyak, kecap asin dan saus tiram ya. Rasanya tetap enak kok

      Hapus
    2. Mba Endang..saya dah coba resep baksonya,tp saya tambahin bawang putih di adonan baksonya. Mantaaapp!! Anak-anak ku doyan. Makasih yaa mba..
      #Ummu Salim#

      Hapus
    3. yepp, saya rasa plus bawang putih lebih maknyuss ya Mba. Thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  62. Halo mba, kalo saya pake baking soda cap kupu2 sesuai takaran resep ini, tapi ga pake baking powder masih tetap bisa kenyal kah mba? Oiya mba, perbedaan hasil bakso pake tepung tapioka sama maizena apa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, belum pernah pakai baking soda merk tersebut tetapi menurut saya tetap bisa kenyal Mba. Yang pentig saat proses penggilingan dagingnya ya. Kayanya tepung hanya sebagai pengikat saja, karena takarannya juga sangat sedikit, tapi tapioka memang membuat lebih kenyal ya mba.

      Hapus
  63. saya sudah coba redepnya mba.... mantap banget... makasih mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippp, sama2, ikutan senang resepnya sukses dicoba ^_^

      Hapus
  64. Hai mba ini kedua kalinya ak bikin baso resep darimu...rasanya mantappp,garamnya ak lebihin dikit biar lebih terasa....nuhun resepnya ya, jadi seneng bisa bikinin baso buat anakku n lahap bener dia makannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba santi, sippp ikutan senang membacanya apalagi kalau sudah melibatkan krucil yang makannya jadi lahap yaa heheheh

      Hapus
  65. Mba basonya begitu menggodaa, heheee
    Izin copy ya mba, aku mw coba d rumah
    Bnyak bgt yg mw ak copy, bolehah mba? Butuh bnyak resep nihh buat masakan untuk suamii, :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, silahkan ya, moga resepnya sukses dicoba yaa.

      Hapus
  66. Wah enak ni.... bakso ayam kesukaannya anakku
    Izin copy resepnya iya mbak, mau langsung dipraktekkan nich, mudah2n perfect...selama ini sering buat tp kurang kenyal gitu..
    Makasih resepnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sippp silahkan dicoba ya Mba, moga sukses dan suka yaaa.

      Hapus
  67. Halooo mbak q mau nanya donk, bakso ayam aku kok warnanya terlalu putih banget ya, biar agak kayak bakso daging gimana ya caranya? Thanks ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, memang kalau bakso ayam akan putih warnanya ya, campur dengan sediit daging sapi supaya warnanya lebih gelap mba

      Hapus
  68. aduh mbak makasi infonya jadi ngiler, libur sekolah bakal aku coba bikin sama mama. thanks mbak postingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo non Elis, sipp moga sukses uji cobanya yaaa

      Hapus
  69. Hai Mbak Endang, aku baru aja berhasil mraktekkin resep Mbak Loh. Hehehe, dan Alhamdulillah sukses, ini resep pertama dari blog Mbak yang saya coba. Saya masih anak kuliahan sih jadi ga pernah masak di dapur sama sekali kecuali masak mie instan hehehe. Adek saya sampe takjub Mbak, katanya enak dan ga percaya kalo saya yang masak. Yah iseng2 berhadiah bangetlah inii....anyway gara2 masak ini saya hampir kehilangan blender emak saya, waktu giling daging mesinnya ngeluarin bau gosong dan mati tiba2. Untung adonan ayamnya udah jadi pasta, saya lanjutin secara manual deh. Dan untungnya lagi blender emak saya itu ga jadi rusak setelah didiemin sekitar 4 jam Alhamdulillah nyala lagi hahaha *mungkin cuma kepanasan aja kali yaaa... Yaelah malah curhat di kolom komen hehehe
    Terima kasih banyak Mbak Endang, kapan2 saya mau nyoba resep yang lainnyaaaaaaa.... Bener2 Excited deh Mbak. Pokoknya bahagiaa banget hehehe

    Salam

    Indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Indah, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka dan sukses dicoba ya. Teringat pengalaman blender panas, saya dulu berhasil merusakkan 1 blender emak karena dipakai menggiling kedelai untuk susu kacang, dan itu asli hangus kepanasan wakakkak.

      thanks yaa, sukses selalu!

      Hapus
  70. Trimakasih info resep na mbak... bakso sy kenyal bgt..

    BalasHapus

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try andTaste. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...