19 Juni 2012

Lumpia/Egg Roll Crispy Isi Daging Sapi, Wortel & Tauge



Beberapa waktu yang lalu kantor saya mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh sebuah majalah di Pacific Place, tepatnya di ballroom Hotel Ritz Carlton. Acara pameran berlangsung selama dua hari, dan selama waktu tersebut tentu saja (bagi saya) merupakan acara untuk menggemukkan badan karena sebagai salah satu penjaga stand maka saya pun bisa menikmati makan siang dan coffee break ala Ritz. Makanan yang tersedia melimpah ruah dan diolah dengan aneka masakan yang sebenarnya ala Asia hanya saja terasa hambar di lidah Asia saya. Namun dari sekian masakan yang saya bahkan telah lupa dengan jenisnya, ada satu kudapan yang saya akui lezat. Egg rolls alias lumpia-nya! Berbentuk imut dengan isi yang sangat padat dengan taste yang gurih dan pas di lidah membuat saya cepat-cepat memenuhi piring kecil di tangan dengan lima buah egg roll. Ketika Rudi, rekan kantor saya mendelik melihatnya, saya pun dengan enteng berkelit, "Maklum, nggak sempat sarapan di rumah". ^_^


Egg roll atau spring roll atau lebih populer dengan sebutan popiah dan lumpia di Asia Tenggara adalah salah satu jenis Chinese food yang bukan hanya populer di mancanegara tetapi juga di Indonesia. Makanan yang terbuat dari rajangan sayuran, daging ayam atau sapi, atau dengan aneka seafood ini dibungkus oleh selembar kulit tipis yang terbuat dari tepung, air dan telur. Disajikan dengan kondisi tergoreng kering atau basah bersama saus sambal yang terasa asam, manis dan pedas. Di Jakarta dan sekitarnya, lumpia goreng berisikan bihun, merupakan salah satu pelengkap wajib di makanan bernama soto mie. Saya pernah posting mengenai lumpia isi bihun dan sayuran sebelumnya. Klik link di sini  dan disini jika anda tertarik untuk mencobanya. 



Kembali ke lumpia ala Ritz Carlton yang saya santap kala pameran. Ingatan saya akan si lumpia masih terpatri kuat karena selain rasanya yang lezat,  lumpia imut nan cantik ini juga terlipat rapi, rapat dan kompak. Berbentuk silinder dengan panjang sekitar 3 cm. Dari beberapa literatur yang saya baca mengenai egg roll, lipatan yag rapi dan rapat merupakan salah satu syarat lumpia yang baik karena lipatan seperti ini mencegah minyak masuk ke dalam lumpia sehingga tidak mengganggu rasa isi lumpia yang terbuat dari cincangan daging dan sayuran. Selain lipatan yang rapi, ciri lumpia yang baik lainnya adalah kulit lumpia harus tipis, garing dan renyah. Nah, untuk menghasilkan lumpia dengan kualitas itu semua maka saya pun menggunakan kulit lumpia beku siap pakai yang saya beli di supermarket. Kulit lumpia ini bisa anda temukan di counter makanan beku, biasanya berdekatan dengan kentang goreng beku, roti mantau, sosis impor dan aneka olahan daging ayam. Sebenarnya bisa juga menggunakan kulit pangsit yang banyak dijual di pasar, namun kulit pangsit cenderung terlalu tebal, kurang crispy saat digoreng, kurang lentur dan mudah berlubang kala dilipat dan digulung.


Untuk isi lumpia saya menggunakan cincangan daging sapi, serutan wortel dan tauge yang ditumis sebentar. Agar kulit lumpia tidak mudah berlubang saat di gulung maka adonan isi harus dalam kondisi kering, alias tidak basah dan berminyak. Karena itu setelah adonan isi matang dan dingin, saya lantas memerasnya menggunakan tissue dapur atau anda bisa juga menggunakan kain tipis yang biasanya dipakai untuk membungkus tahu. Peras hingga air dan minyak tidak menetes dan tumisan isi pun siap di pakai. Tips lainnya adalah selama proses membungkus lumpia, selalu tutupi kulit lumpia dan lumpia yang telah jadi dengan kain lembab, ini untuk mencegah supaya kulit lumpia tidak kering. Kulit yang kering atau hilang kelembabannya akan pecah-pecah saat digunakan untuk membungkus. Isi lumpia dengan sedikit adonan, jangan terlalu boros dengan adonan, lipat seperti melipat amplop dan gulung rapat. Jika anda merasa jumlahnya terlalu banyak dan tidak habis dalam satu kali kesempatan maka jangan goreng semua lumpia. Lumpia bisa dibekukan di freezer untuk pemakaian berikutnya, caranya akan saya tunjukkan di bawah. Jadi teruskan membaca ya. ^_^


Lumpia Crispy Isi Daging Sapi, Wortel dan Tauge
Resep diadaptasikan dari blog Steamy Kitchen - Mother's Famous Chinese Egg Rolls

Untuk 25 buah lumpia

Bahan:
- 25 buah kulit lumpia siap pakai, ukuran 15 x 15 cm

Bahan & bumbu untuk daging:
- 200 gram daging sapi cincang
- 1 sendok makan kecap asin
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan untuk sayuran:
- 2 batang wortel ukuran sedang, serut kasar
- 3 genggam tauge ( 1 mangkuk sedang)
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 1 batang seledri, rajang halus

Bumbu untuk menumis sayuran:
- 3 siung bawang putih cincang halus
- 1 ruas jahe, cincang halus
- 1 sendok makan soy sauce/kecap asin
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat: 


Siapkan mangkuk, masukkan daging sapi cincang, dan semua bumbu untuk daging. Aduk rata menggunakan sendok. Tutup mangkuk dengan plastik atau penutup lainnya. Masukkan di kulkas selama 30 menit. 


Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis daging yang telah dibumbui sambil terus diaduk-aduk hingga warna daging berubah tidak pink lagi. Masak hingga daging matang. Angkat dan sisihkan. 


Menggunakan wajan bekas menumis daging, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang putih dan jahe cincang hingga harum, aduk-aduk selama ditumis. Masukkan semua sayuran, aduk rata. Tambahkan kecap asin, saus tiram, merica bubuk, minyak wijen, kaldu bubuk, gula, dan garam. Aduk rata dan masak hingga sayuran layu. 

Masukkan tumisan daging ke dalamnya, aduk rata dan cicipi rasanya. Angkat dan dinginkan.

Menggunakan sehelai kain tipis atau tissue dapur, peras tumisan daging dan sayuran hingga kering, tidak ada air dan minyak yang menetes. Cicipi rasanya, karena air berkurang maka biasanya tumisan menjadi kurang asin, tambahkan sedikit garam. 

Membungkus lumpia


Siapkan kain bersih yang telah dibasahi dengan air dan peras kuat-kuat hingga air tidak menetes. Gunakan kain lembab ini untuk menutup kulit lumpia yang telah keluar dari plastik pembungkusnya. 

Ambil selembar kulit, hati-hati saat melepasnya karena walau kulit lumpia sangat lentur namun biasanya melekat kuat satu sama lain. Tarik perlahan hingga lepas. 


Letakkan selembar kulit di meja datar, beri satu sendok makan adonan isi pada salah satu ujung kulit, padatkan adonan isi agar tidak bertebaran dan mudah saat membungkusnya. Lipat kulit dibagian ujung hingga adonan isi tertutup. Lipat bagian kiri dan kanan kulit lumpia, tekan bagian adonan isi dengan ujung jari, rapikan lipatan kulit lumpia, kemudian gulung rapat-rapat. Basahi bagian ujung kulit dengan air agar kulit menempel dan tidak terbuka saat di goreng. Letakkan lumpia yang telah jadi di piring datar. Tutup lumpia dengan kain lembab.

Lakukan kegiatan bungkus membungkus ini hingga semua kulit lumpia dan adonan isi habis. 


Panaskan minyak cukup banyak di wajan, goreng lumpia hingga kering kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lumpia ini sedap disantap dengan cocolan saus sambal yang manis pedas. 


Jika anda ingin menyimpan sebagian lumpia, jangan goreng semua. Masukkan lumpia di freezer dalam posisi masih tertata di piring, tidak saling bertumpukan. Bekukan. Jika lumpia telah membeku, masukkan lumpia ke dalam plastik atau wadah kedap udara lainnya. Jika akan disantap, langsung goreng saja lumpia dalam minyak panas dalam kondisi beku, tidak perlu dicairkan. Jika dicairkan maka kulit lumpia akan basah dan berlubang. 

Selamat mencoba!

Sources:
Blog Steamy Kitchen - Mother's Famous Chinese Egg Rolls
Wikipedia - Egg Rolls





72 komentar:

  1. Dear Mbak Endang,

    saya sudah lama jadi silent reader di blog mbak. mau tanya mbak, untuk isianya, apa bisa diganti daging ayam? selain digoreng, kira2 klo dipanggang bisa g ya mbak?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal ya Jeng. Thanks udah jadi silent reader ^_^. Isinya bisa diganti dengan daging ayam, sosis cincang, telur orak arik, atau hanya tumis sayuran saja. Hanya saja saya tidak yakin kalau oke jika dipanggang, karena kelezatan egg roll adalah pada kulitnya yang crispy yang hanya bisa dicapai dengan menggorengnya. Lagi menghindari makanan gorengan ya? Hikss, saya juga hanya saja kadang suka 'khilaf' hehehe

      Hapus
    2. Mbak Endang,

      Terimakasih responnya Mbak...iya, mau mencoba hidup tanpa gorengan tapi ahayyyy...susye banget

      Nina

      Hapus
  2. nyasar di blog ini dan jadinya laperrrrr. mau nyoba resep lumpia untuk weekend ini.thanks mba

    BalasHapus
  3. Hmm, bikin ngiler mba... soalnya di kota saya susyeh bgt nemuin lumpia yg enak. Mba, itu lumpia nya kalo disimpan di freezer tahan brp lama ya? Sbelumnya terima kasih... atiqah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Atiqah, bisa tahan sampai 1 bulan di feezer kok Mba. Selamat mencoba ya, moga suka ^_^

      Hapus
  4. mba , ada ngga resep bikin kulit lumpia nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hm, ada kulit lumpia seperti ini ya: http://www.justtryandtaste.com/2011/02/lumpia-goreng-isi-sayuran.html

      hanya saja kurang crispy karena saya bikinnya gak tipis2, tapi rasaya enakkk

      Hapus
  5. waaaah kembali nemuin resep enyaaaak , ok neh buat di stok di bulan puasa , makasi mba endang



    Reny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Reny, waduh lama sekali nunggu bulan puasa hehehhe, ayo dicoba sekarang ^_^

      Hapus
  6. sip banget resepnya, thanks:)

    BalasHapus
  7. mbak, beli kulit lumpia seperti ini dimana ya.... Salam kenal endang andretti

    BalasHapus
  8. mba,klo isi lumpia nya hanya wortel aja gpp kan yah?terima kasih

    BalasHapus
  9. Salam kenal mba Endang....
    duuh...seneng bnt baca blog mba ini, lengkap bngt disertai dgn step by step pembuatan msng2 respnya. Aku jg hoby masak mba...jd dirmh sering eksperimen resep2 gitu...
    Salut buat mba Endang yg dah mau berbagi resep dgn komplit...semoga berkah ya mba,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba, thanks sharingnya dan amin atas doanya ya. Senang sekali JTT bisa membantu, semoga setelah dicoba resepnya hasilnya sukses yaaa hehehhe

      Hapus
  10. salam kenal mba endang..thx ya mba..aku lagi nyari inspirasi mau buat produk frozen food home made yang layak jual.mau kucoba resep ini..thx mba darling hihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, silahkan Mba, moga laku keras dagangannya ya ^_^

      Hapus
  11. Walah mb aku udh.bikin isian lumpianya mau aku isi pas liat kulitnya lhaaaa kok uk nya kecil 5x5 hadehhh pas bungkus susaaah bener mb jadinya kotak2 trs isinya jg dikit hehe aku ga tau klo kulit lumpia ini ada ukurannya hehe kulitnya tipis bgt ya mb trs le.gket tp crispi bgt enak enak enak
    Yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yeni, kulit spring roll ada bermacam2 ukuran, tapi yang kecil juga gak papa Mba. Buat egg roll nya kecil2, jadi sekali 'emplok' masuk mulut hehehhe. Memang ribet yaa dan lama hehehe

      Hapus
  12. mbak..aku ngefans mbaakkk...kereeennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks yaa, saya yakin semua juga bisa kok kalau mau mencoba dengan telaten hehhehe

      Hapus
  13. Salam kenal mba endang, klo sisa kulit lumpiax sebaiknya dsimpan d freezer apa chiller aja mba?thanks:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya simpan di freezer ya mba, soalnya di chiller suka berjamur. masukkan wadah tertutup rapat ya

      Hapus
  14. Waaah kebetulan semalem ada diskon utkkulit2 pastry,jdjd aq beli kulit lumpia. Aq punynya ayam mba, tak apa ya,mau coba ntar sore. Klo kulit lumpia,slain dibuat lumpi dibikin apalg ya mba?thank u:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, bisa dipakai untuk membuat martabak atau samosa ya. resepnya ada di daftar resep JTT ya

      Hapus
  15. Mba kulit lumpianya dipake untuk kulit pangsit bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kulit lumpia Spring Home ini hanya bisa digoreng ya, jadi kalau untuk pangsit goreng oke, tapi bukan untuk wonton/pangsit kuah ya. Karena mudah hancur

      Hapus
  16. Mba mau nanya, kl pakai filo pastry bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fillo pastry bisa mba, tapi kayanya harus doble -doble pakainya ya, karena tipis banget

      Hapus
  17. Mba,kalau spring roll isi bihun bisa disimpan di freezer jg kah? Apakah bihunnya bs jadi keras kalau disimpan di freezer? -vivi-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak keras mba, saya biasanya simpan dalam kondisi mentah, kemudian diletakkan di suhu ruang sampai setengah empuk dan goreng sampai kering. Bihun lemas kembali kok. Kalau mau dibekukan, menatanya jangan bertumpukan, nanti pas beku jadi lengket. letakkan di nampan lebar, kalau sudah beku baru diletakkan bertumpukan gak papa.

      Hapus
  18. Dear mba Endang,
    Saya udah coba lumpia ini. Maknyuss...!! Oh iya, tauge saya ganti kubis yang diiris halus biar ga terlalu berair. Ijin copy resep dan tayang di dapur saya ya mba... Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Shinta, waaah makasih sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. silahkan dicopy resepnya mba.

      Hapus
  19. Nyobain ahhh...
    pake daging plus suun bisa kan ya?

    BalasHapus
  20. Mbak endang, gmn kalo kulitnya stlh dibungkus pada pecah? Dibuang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fera, kalau untuk egg roll saya nggak pakai lagi mba, karena kalau pecah minyak meresap ke dalam egg roll hasilnya gak oke.

      Hapus
  21. Hai mbak. Sy coba resep bikin kulitnya. Tapi kok ga jadi ya? Itu tepung terigu,air dan garam aja?warnanya jadi agak kuning. Bkn warna putih seperti lumpia basah. Apa komposisinya krg tepat kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, pakai resep kulit lumpia yang mana ya? saya terus terang belum bisa buat kulit lumpia yang crispy seperti spring roll diatas, dan yang warnanya putih ya, rata2 kulit lumpia yang saya buat memang kuning dan kayanya lebih cocok ke risoles.

      Hapus
  22. Hai mbak, salam kenal..kalau untuk menumis daging, ditambah bawang bombay dan bawang putih bisa gak?
    trims
    -Putrie-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba putrie, bisa ya mba, silahkan tambahkan saja ya

      Hapus
  23. salam kenal.. maaf sebelumnya mbak, pernah merasakan lumpia boom ekstra pedas yg pusatnya dpurwokerto? Kayaknya sudah ada cabang dbogor. Saya sering kangeen makanan itu tp tiap kali mencoba selalu gagal. kl mbak pernah mencoba dan berhasil boleh bagi resep? Hehehee
    Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba meilani, salam kenal juga ya.

      sayangnya saya belum pernah mencicipi lumpia boom ya. setiap makanan yang saya coba dan menarik pasti saya bagikan kok resepnya, tapi sayangnya nggak semua makanan pernah saya cicipi ya. salam

      Hapus
  24. Mba kulit lumpia nya selain di goreng kering enak nya diapain ya....saya kurang suka kalau di goreng kering heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba eka, kulit lumpia instan ini setahu saya hanya digoreng ya mba, pernah coba kukus.rebus hancur dengan sukses hiiks.

      Hapus
  25. Mba, kl misalnya kulit lumpianya udh terlanjur keras ga bs dipake lg ya? Ga keras semua sih tp hpir setengahnya sedih deh br pake sedikit soalnya hikks :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasanya coba bungkus sama kain yang direndam air hangat dan diperas kuat2 mba, kainnya gak boleh basah hanya lembab saja ya. Memang butuh ekstra hati2 ketika mengelupasnya satu persatu hiikss

      Hapus
    2. Hooo gitu ya mba, siap dicoba deh.. Oiya kl buat byk trus dimasukin ke freezer ky mba gt, nt pas digoreng dalemnya ga dingin ya mba? Apa perlu ditaro di suhu ruang dulu sebentar br digoreng?

      Hapus
    3. kalau ukuran imut2 bs langsung goreng mba ketika masih beku, kalau ukurannya besar2 baru diamkan dulu sebentar di suhu ruang

      Hapus
  26. Mba Endang sy pernah bikin lumpia..dr kulit lumpia tepung beras made in Thailand,sy lupa merk apa..kulitnya mesti dicelup ke air bentar supaya jadi lembek..awalnya keras sekali, nah setelah digulung dan saya goreng hasilnya lembek basah😓.Mesti pake merek apa ya mba Endang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba indra, namanya banh trang atau rice paper ya, memang hanya dicelupkan saja ke air hangat dan digunakan untuk membungkus rajngan sayuran segar dan tidak digoreng. Untuk resep egg roll ini bukan pakai banh trang mba, tapi pakai spring roll wrapper, bs dibeli di spm di bagian frozen product. Spring roll wrapper ini tidak hrus digoreg, tidak bs dikukus/rebus/celup air panas, nnti malah hancur

      Hapus
  27. Mbak endang. Saya selalu gagal setiap mo pake spring roll instan ini. Mohon pencerahannya mbak.

    Jadi dari mall sy simpen dulu di freezer. Pas mau sy pake.. Ini step nya bagaimana ya? Tunggu sampe suhu ruang, lalu dibuka bungkus plastik dan segera ditutup pake kain lembab?

    Ato pas keluar dari freezer lgsg ditutupi kain lembab (tanpa membuka plastiknya dulu) sampe ke suhu ruang?

    Ato bagaimana ya mbak?

    Helepp 😭😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, pengalaman saya, dari freezer saya diamkan dulu di plastiknya sampai lembut, baru dibuka bungkusnya dan dilepaskan 1 lembar, sisa spring roll kudu tetap dalam plastik dan tutup kain suapaya tetap lembab. Lembaran dilepaskan 1 per 1 ketika akan dilipat. Buka dari bagian ujung, tarik perlahan supaya tdk sobek. Sisa kulit kudu dibungkus rapat dan kembalikan di freezer. Kalau ada bagian kering, suka saya lembabkan dengan membungkusnya dengan kain serbet lembab.

      Hapus
  28. Untuk spring toll yg murah dan kualitas bagus beli dimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cuman pakai merk Finna dan TYJ untuk spring roll seperti diatas, kurang tahu ya versi lainya

      Hapus
  29. Sudah beberapa kali coba resep ini dengan berbagai modifikasi isi. Daging ayam, sosis, sayuran saja, pernah juga bumbu isi ditambah bumbu kare instan. Semua enak. Ukuran spring roll yang saya pakai size kecil, bikin ga kerasa sudah makan banyak. Gawat banget buat yang mau diet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang camilan ini susah berhenti makannya, tobat. Apalagi kalau masih garing baru keluar wajan, hadeeuuh saya bs makan banyak hiks

      Hapus
  30. Tuh kulit spring rolling nya lempas2in bikin emosi jiwa.

    BalasHapus
  31. Ini saya pakek kulit lumpia merk finna yg frozen, pas mau saya pakai kok dia lgsg mengerasa, apa gara" kena suhu ruangan, mohon solusi dan pencerahan nya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. spring roll memang kadamg tergantung kondisi simpan di supermarket dan masa berlakunya. Kalau sudah terlalu lama kondisinya kering dan susah dilepas, kalau pendingin kurang oke juga akan membuat srping roll tdk beku dan menempel satu sama lain. Karena itu kalau beli lihat tgl produksinya, cari yang masih baru.

      saya biasanya hanya letakkan di suhu ruang sampai lemas, kemudian pelan2 dilepaskan dr sudut, selama proses sisa spring roll tidak boleh terkena udara (harus dimasukkan plastik/tutup kain) supaya tetap lembab.

      kalau mau kembali lemas, coba bungkus srping roll dengan kain yang direndam air panas dan diperas sampai airnya tidak menetes lagi. biasanya sih gak terlalu maksimal hasilnya, karena kalau sudah keras memang susah dibetulkan lagi

      Hapus
  32. Hallo bu ,,salam kenal,, mau nanya klo isi tauge dan wortel ..disimpan di frezer biasnaya tahan brapa lama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, tauge kurang oke kalau masuk freezer, kalau wortel sih masih gpp. bisa tahan 1 bulan

      Hapus
  33. Sukses mba...
    Salam, sy ingin tanya sy bikin lumpia pakai kulit tyj springhome.. Dan sy kemas di mika. Bgt saya goreng kok malah pecah ya..? Tpi kalau digoreng langsung jadinya bagus.. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kering mba kulitnya, harus dikemas tidak boleh kena udara sama sekali

      Hapus
  34. haii mbk endang,,td habis beli kulit lumpia merk finna di hpm beli 1 gratis 1 dan langsung cari jtt deh,, siapp eksekusi besok, tp kalo pakai ayam apa stepnya juga sama kyk daging sapi ya?

    BalasHapus
  35. Dear Mba Endang, tadi saya coba pakai kulit lumpia dgn merk yg sama, tp pas di lipat jd patah2. Tolong tipsnya mba, terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...