19 June 2012

Lumpia/Egg Roll Crispy Isi Daging Sapi, Wortel & Tauge


Beberapa waktu yang lalu kantor saya mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh sebuah majalah di Pacific Place, tepatnya di ballroom Hotel Ritz Carlton. Acara pameran berlangsung selama dua hari, dan selama waktu tersebut tentu saja (bagi saya) merupakan acara untuk menggemukkan badan karena sebagai salah satu penjaga stand maka saya pun bisa menikmati makan siang dan coffee break ala Ritz. Makanan yang tersedia melimpah ruah dan diolah dengan aneka masakan yang sebenarnya ala Asia hanya saja terasa hambar di lidah Asia saya. Namun dari sekian masakan yang saya bahkan telah lupa dengan jenisnya, ada satu kudapan yang saya akui lezat. Egg rolls alias lumpia-nya! Berbentuk imut dengan isi yang sangat padat dengan taste yang gurih dan pas di lidah membuat saya cepat-cepat memenuhi piring kecil di tangan dengan lima buah egg roll. Ketika Rudi, rekan kantor saya mendelik melihatnya, saya pun dengan enteng berkelit, "Maklum, nggak sempat sarapan di rumah". ^_^


Egg roll atau spring roll atau lebih populer dengan sebutan popiah dan lumpia di Asia Tenggara adalah salah satu jenis Chinese food yang bukan hanya populer di mancanegara tetapi juga di Indonesia. Makanan yang terbuat dari rajangan sayuran, daging ayam atau sapi, atau dengan aneka seafood ini dibungkus oleh selembar kulit tipis yang terbuat dari tepung, air dan telur. Disajikan dengan kondisi tergoreng kering atau basah bersama saus sambal yang terasa asam, manis dan pedas. Di Jakarta dan sekitarnya, lumpia goreng berisikan bihun, merupakan salah satu pelengkap wajib di makanan bernama soto mie. Saya pernah posting mengenai lumpia isi bihun dan sayuran sebelumnya. Klik link di sini  dan disini jika anda tertarik untuk mencobanya. 



Kembali ke lumpia ala Ritz Carlton yang saya santap kala pameran. Ingatan saya akan si lumpia masih terpatri kuat karena selain rasanya yang lezat,  lumpia imut nan cantik ini juga terlipat rapi, rapat dan kompak. Berbentuk silinder dengan panjang sekitar 3 cm. Dari beberapa literatur yang saya baca mengenai egg roll, lipatan yag rapi dan rapat merupakan salah satu syarat lumpia yang baik karena lipatan seperti ini mencegah minyak masuk ke dalam lumpia sehingga tidak mengganggu rasa isi lumpia yang terbuat dari cincangan daging dan sayuran. Selain lipatan yang rapi, ciri lumpia yang baik lainnya adalah kulit lumpia harus tipis, garing dan renyah. Nah, untuk menghasilkan lumpia dengan kualitas itu semua maka saya pun menggunakan kulit lumpia beku siap pakai yang saya beli di supermarket. Kulit lumpia ini bisa anda temukan di counter makanan beku, biasanya berdekatan dengan kentang goreng beku, roti mantau, sosis impor dan aneka olahan daging ayam. Sebenarnya bisa juga menggunakan kulit pangsit yang banyak dijual di pasar, namun kulit pangsit cenderung terlalu tebal, kurang crispy saat digoreng, kurang lentur dan mudah berlubang kala dilipat dan digulung.


Untuk isi lumpia saya menggunakan cincangan daging sapi, serutan wortel dan tauge yang ditumis sebentar. Agar kulit lumpia tidak mudah berlubang saat di gulung maka adonan isi harus dalam kondisi kering, alias tidak basah dan berminyak. Karena itu setelah adonan isi matang dan dingin, saya lantas memerasnya menggunakan tissue dapur atau anda bisa juga menggunakan kain tipis yang biasanya dipakai untuk membungkus tahu. Peras hingga air dan minyak tidak menetes dan tumisan isi pun siap di pakai. Tips lainnya adalah selama proses membungkus lumpia, selalu tutupi kulit lumpia dan lumpia yang telah jadi dengan kain lembab, ini untuk mencegah supaya kulit lumpia tidak kering. Kulit yang kering atau hilang kelembabannya akan pecah-pecah saat digunakan untuk membungkus. Isi lumpia dengan sedikit adonan, jangan terlalu boros dengan adonan, lipat seperti melipat amplop dan gulung rapat. Jika anda merasa jumlahnya terlalu banyak dan tidak habis dalam satu kali kesempatan maka jangan goreng semua lumpia. Lumpia bisa dibekukan di freezer untuk pemakaian berikutnya, caranya akan saya tunjukkan di bawah. Jadi teruskan membaca ya. ^_^


Lumpia Crispy Isi Daging Sapi, Wortel dan Tauge
Resep diadaptasikan dari blog Steamy Kitchen - Mother's Famous Chinese Egg Rolls

Untuk 25 buah lumpia

Bahan:
- 25 buah kulit lumpia siap pakai, ukuran 15 x 15 cm

Bahan & bumbu untuk daging:
- 200 gram daging sapi cincang
- 1 sendok makan kecap asin
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan untuk sayuran:
- 2 batang wortel ukuran sedang, serut kasar
- 3 genggam tauge ( 1 mangkuk sedang)
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 1 batang seledri, rajang halus

Bumbu untuk menumis sayuran:
- 3 siung bawang putih cincang halus
- 1 ruas jahe, cincang halus
- 1 sendok makan soy sauce/kecap asin
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat: 


Siapkan mangkuk, masukkan daging sapi cincang, dan semua bumbu untuk daging. Aduk rata menggunakan sendok. Tutup mangkuk dengan plastik atau penutup lainnya. Masukkan di kulkas selama 30 menit. 


Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis daging yang telah dibumbui sambil terus diaduk-aduk hingga warna daging berubah tidak pink lagi. Masak hingga daging matang. Angkat dan sisihkan. 


Menggunakan wajan bekas menumis daging, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang putih dan jahe cincang hingga harum, aduk-aduk selama ditumis. Masukkan semua sayuran, aduk rata. Tambahkan kecap asin, saus tiram, merica bubuk, minyak wijen, kaldu bubuk, gula, dan garam. Aduk rata dan masak hingga sayuran layu. 

Masukkan tumisan daging ke dalamnya, aduk rata dan cicipi rasanya. Angkat dan dinginkan.

Menggunakan sehelai kain tipis atau tissue dapur, peras tumisan daging dan sayuran hingga kering, tidak ada air dan minyak yang menetes. Cicipi rasanya, karena air berkurang maka biasanya tumisan menjadi kurang asin, tambahkan sedikit garam. 

Membungkus lumpia


Siapkan kain bersih yang telah dibasahi dengan air dan peras kuat-kuat hingga air tidak menetes. Gunakan kain lembab ini untuk menutup kulit lumpia yang telah keluar dari plastik pembungkusnya. 

Ambil selembar kulit, hati-hati saat melepasnya karena walau kulit lumpia sangat lentur namun biasanya melekat kuat satu sama lain. Tarik perlahan hingga lepas. 


Letakkan selembar kulit di meja datar, beri satu sendok makan adonan isi pada salah satu ujung kulit, padatkan adonan isi agar tidak bertebaran dan mudah saat membungkusnya. Lipat kulit dibagian ujung hingga adonan isi tertutup. Lipat bagian kiri dan kanan kulit lumpia, tekan bagian adonan isi dengan ujung jari, rapikan lipatan kulit lumpia, kemudian gulung rapat-rapat. Basahi bagian ujung kulit dengan air agar kulit menempel dan tidak terbuka saat di goreng. Letakkan lumpia yang telah jadi di piring datar. Tutup lumpia dengan kain lembab.

Lakukan kegiatan bungkus membungkus ini hingga semua kulit lumpia dan adonan isi habis. 


Panaskan minyak cukup banyak di wajan, goreng lumpia hingga kering kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lumpia ini sedap disantap dengan cocolan saus sambal yang manis pedas. 


Jika anda ingin menyimpan sebagian lumpia, jangan goreng semua. Masukkan lumpia di freezer dalam posisi masih tertata di piring, tidak saling bertumpukan. Bekukan. Jika lumpia telah membeku, masukkan lumpia ke dalam plastik atau wadah kedap udara lainnya. Jika akan disantap, langsung goreng saja lumpia dalam minyak panas dalam kondisi beku, tidak perlu dicairkan. Jika dicairkan maka kulit lumpia akan basah dan berlubang. 

Selamat mencoba!

Sources:
Blog Steamy Kitchen - Mother's Famous Chinese Egg Rolls
Wikipedia - Egg Rolls


34 comments:

  1. Dear Mbak Endang,

    saya sudah lama jadi silent reader di blog mbak. mau tanya mbak, untuk isianya, apa bisa diganti daging ayam? selain digoreng, kira2 klo dipanggang bisa g ya mbak?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal ya Jeng. Thanks udah jadi silent reader ^_^. Isinya bisa diganti dengan daging ayam, sosis cincang, telur orak arik, atau hanya tumis sayuran saja. Hanya saja saya tidak yakin kalau oke jika dipanggang, karena kelezatan egg roll adalah pada kulitnya yang crispy yang hanya bisa dicapai dengan menggorengnya. Lagi menghindari makanan gorengan ya? Hikss, saya juga hanya saja kadang suka 'khilaf' hehehe

      Delete
    2. Mbak Endang,

      Terimakasih responnya Mbak...iya, mau mencoba hidup tanpa gorengan tapi ahayyyy...susye banget

      Nina

      Delete
  2. nyasar di blog ini dan jadinya laperrrrr. mau nyoba resep lumpia untuk weekend ini.thanks mba

    ReplyDelete
  3. Hmm, bikin ngiler mba... soalnya di kota saya susyeh bgt nemuin lumpia yg enak. Mba, itu lumpia nya kalo disimpan di freezer tahan brp lama ya? Sbelumnya terima kasih... atiqah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Atiqah, bisa tahan sampai 1 bulan di feezer kok Mba. Selamat mencoba ya, moga suka ^_^

      Delete
  4. mba , ada ngga resep bikin kulit lumpia nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, ada kulit lumpia seperti ini ya: http://www.justtryandtaste.com/2011/02/lumpia-goreng-isi-sayuran.html

      hanya saja kurang crispy karena saya bikinnya gak tipis2, tapi rasaya enakkk

      Delete
  5. waaaah kembali nemuin resep enyaaaak , ok neh buat di stok di bulan puasa , makasi mba endang



    Reny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Reny, waduh lama sekali nunggu bulan puasa hehehhe, ayo dicoba sekarang ^_^

      Delete
  6. sip banget resepnya, thanks:)

    ReplyDelete
  7. mbak, beli kulit lumpia seperti ini dimana ya.... Salam kenal endang andretti

    ReplyDelete
    Replies
    1. di supermarket besar di bagian frozen food ya.

      Delete
  8. mba,klo isi lumpia nya hanya wortel aja gpp kan yah?terima kasih

    ReplyDelete
  9. Salam kenal mba Endang....
    duuh...seneng bnt baca blog mba ini, lengkap bngt disertai dgn step by step pembuatan msng2 respnya. Aku jg hoby masak mba...jd dirmh sering eksperimen resep2 gitu...
    Salut buat mba Endang yg dah mau berbagi resep dgn komplit...semoga berkah ya mba,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba, thanks sharingnya dan amin atas doanya ya. Senang sekali JTT bisa membantu, semoga setelah dicoba resepnya hasilnya sukses yaaa hehehhe

      Delete
  10. salam kenal mba endang..thx ya mba..aku lagi nyari inspirasi mau buat produk frozen food home made yang layak jual.mau kucoba resep ini..thx mba darling hihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, silahkan Mba, moga laku keras dagangannya ya ^_^

      Delete
  11. Walah mb aku udh.bikin isian lumpianya mau aku isi pas liat kulitnya lhaaaa kok uk nya kecil 5x5 hadehhh pas bungkus susaaah bener mb jadinya kotak2 trs isinya jg dikit hehe aku ga tau klo kulit lumpia ini ada ukurannya hehe kulitnya tipis bgt ya mb trs le.gket tp crispi bgt enak enak enak
    Yeni sby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Yeni, kulit spring roll ada bermacam2 ukuran, tapi yang kecil juga gak papa Mba. Buat egg roll nya kecil2, jadi sekali 'emplok' masuk mulut hehehhe. Memang ribet yaa dan lama hehehe

      Delete
  12. mbak..aku ngefans mbaakkk...kereeennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks yaa, saya yakin semua juga bisa kok kalau mau mencoba dengan telaten hehhehe

      Delete
  13. Salam kenal mba endang, klo sisa kulit lumpiax sebaiknya dsimpan d freezer apa chiller aja mba?thanks:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya simpan di freezer ya mba, soalnya di chiller suka berjamur. masukkan wadah tertutup rapat ya

      Delete
  14. Waaah kebetulan semalem ada diskon utkkulit2 pastry,jdjd aq beli kulit lumpia. Aq punynya ayam mba, tak apa ya,mau coba ntar sore. Klo kulit lumpia,slain dibuat lumpi dibikin apalg ya mba?thank u:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba, bisa dipakai untuk membuat martabak atau samosa ya. resepnya ada di daftar resep JTT ya

      Delete
  15. Mba kulit lumpianya dipake untuk kulit pangsit bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kulit lumpia Spring Home ini hanya bisa digoreng ya, jadi kalau untuk pangsit goreng oke, tapi bukan untuk wonton/pangsit kuah ya. Karena mudah hancur

      Delete
  16. Mba mau nanya, kl pakai filo pastry bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fillo pastry bisa mba, tapi kayanya harus doble -doble pakainya ya, karena tipis banget

      Delete
  17. Mba,kalau spring roll isi bihun bisa disimpan di freezer jg kah? Apakah bihunnya bs jadi keras kalau disimpan di freezer? -vivi-

    ReplyDelete
  18. Nggak keras mba, saya biasanya simpan dalam kondisi mentah, kemudian diletakkan di suhu ruang sampai setengah empuk dan goreng sampai kering. Bihun lemas kembali kok. Kalau mau dibekukan, menatanya jangan bertumpukan, nanti pas beku jadi lengket. letakkan di nampan lebar, kalau sudah beku baru diletakkan bertumpukan gak papa.

    ReplyDelete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...