21 Februari 2014

Creamy Mashed Potato: Yuk membuat kentang tumbuk laziz a la restoran!



Anda penyuka mashed potato? Dan lebih memilih kentang tumbuk daripada kentang goreng saat menyantap seporsi steak di restoran? Maka mungkin resep yang saya tampilkan kali ini bisa anda coba di rumah. Terus terang saya sendiri tidak bisa memilih di antara keduanya, tergantung mood saat itu. Namun bulan lalu kala menyantap seporsi steak di 'Meat Me' sebuah restoran steak di Kemang Village, porsi kentang tumbuknya membuat saya mengelus dada, super imut. Walau rasanya memang creamy, gurih dan lezat namun porsinya benar-benar pelita hati alias kikir banget sih. 

Terkadang saya suka heran dengan restoran yang menyajikan kentang tumbuk, kalau bukan porsinya yang minim maka harganya yang dibuat selangit. Apa sih yang membuat makanan ini menjadi mahal? Bahan dasarnya toh hanya kentang yang kita tahu harganya tidaklah terlalu mahal, dihaluskan dan ditambahkan bahan-bahan lain yang juga mudah diperoleh. Jadi minggu lalu saat keinginan untuk menyantap steak tiba maka kali ini saya pun mati-matian untuk membuat kentang tumbuk sendiri. Hasilnya sungguh mantap! Tidak kalah dengan mashed potato a la restoran, lembut, creamy, gurih dan lezat. Selain itu saya bisa menyantapnya dalam porsi besar bersama 250 gram steak daging sapi dengan saus lada hitam. Kenyang dan puas! ^_^


Kentang tumbuk yang lezat menurut saya adalah jika rasa gurihnya begitu terasa, halus dan lembut. Walau tentu saja kelemahan mashed potato seperti ini adalah membuat anda cepat eneg kala menyantapnya. Untuk menciptakan kentang tumbuk seperti yang saya inginkan maka kentang harus dikukus hingga empuk dan matang. Kentang kukus akan menghasilkan mashed potato yang lebih fluffy atau mengembang dibandingkan kentang rebus, dengan cara dikukus maka kentang tidak terlalu menyerap air. Kentang lantas dihaluskan. Dari hasil membaca beberapa literatur maka untuk menghasilkan mashed potato terbaik ada dua cara yang dilakukan untuk menghaluskan kentang, yaitu menggunakan potato ricer dan potato masher. 

Potato ricer berbentuk seperti mangkuk terbuat dari stainless steel dengan lubang yang banyak. Kentang yang sudah matang kemudian dimasukkan ke dalam mangkuk dan alat penekan diturunkan hingga kentang menjadi hancur dan meluncur keluar dari lubang-lubang yang terdapat di mangkuk alat. Dengan potato ricer maka  hasil kentang lebih lembut, berpori, ringan dan tidak lumpy (basah dan menggumpal). Sayangnya alat ini lumayan mahal harganya membuat saya mengurungkan niat untuk membelinya. 


Potato masher lebih terjangkau harganya, alat penumbuk ini memiliki tangkai dengan bagian dasar alat terbuat dari lempengan batang besi yang ditekuk membentuk pola. Kentang cukup diletakkan di dalam wadah dan alat lantas ditumbukkan ke permukaan kentang berulang kali hingga hancur. Untuk menciptakan kentang tumbuk yang ringan dan fluffy memang agak susah menggunakan potato masher, tapi untuk menghaluskan kentang dengan sukses maka alat ini sangat direkomendasikan. Nah karena saya tidak memiliki kedua alat ini maka untuk melihat bentuknya maka anda bisa mengklik link yang saya sertakan di bawah ya. ^_^

Lantas alat apakah yang saya gunakan untuk menghaluskan kentang? Garpu. Yep, dengan menggunakan garpu yang saya tekan perlahan di permukaan kentang mampu menghaluskan kentang dengan baik tanpa membuatnya terlalu berat dan menggumpal. Tentu saja hasilnya tidak akan semaksimal jika menggunakan potato ricer, tetapi cara murah meriah ini bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Nah agar kentang tumbuk lebih smooth maka kentang yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan susu cair dan mentega lantas disaring menggunakan saringan kawat dengan lubang yang jarang. Hasil kentang tumbuk anda akan sehalus puding. Yummy!


Sekarang mengenai rasanya. Untuk menciptakan rasa gurih sedap di kentang tumbuk maka beberapa bahan perlu ditambahkan. Biasanya krim kental, mentega dan parutan keju cheddar atau parmesan. Supaya kalori kentang tidak terlalu berat maka saya menggunakan susu cair sebagai pengganti krim kental. Anda bisa menggunakan margarine tapi mentega alias butter akan memberikan rasa terbaik, aroma dan rasa mentega yang seperti susu membuat kentang tumbuk lebih sedap. Keju parut tentu saja optional, anda bisa menambahkannya atau skip saja karena menurut saya tidak terlalu banyak berpengaruh pada rasa kentang tumbuk asalkan anda telah menggunakan 2 bahan lainnya. Bumbu dan rempah yang ditambahkan pada mashed potato biasanya merica, garam dan terkadang rajangan halus daun chives. Chives merupakan sejenis daun bawang namun dengan ukuran yang lebih kecil, hampir seperti daun bawang merah. Biasanya daun chives dirajang halus dan dimasukkan ke dalam sup, masakan ikan atau kentang tumbuk. Aromanya lebih lembut dari daun bawang. Nah untuk resep kali ini saya tidak menggunakannya dan sekali lagi menurut saya tidak terlalu berpengaruh pada rasa kentang tumbuk yang dihasilkan.  

Tentu saja teman yang paling sedap untuk menyantap kentang tumbuk adalah steak, entah itu terbuat dari daging sapi, ayam atau ikan. Anda bisa menambahkan salad sayur yang terbuat dari wortel, daun selada dan tomat atau sayuran rebus seperti yang saya gunakan. Untuk resep steak daging sapi saus lada hitam dan bagaimana proses membuatnya untuk menghasilkan potongan daging steak yang empuk dan yummy akan saya tampilkan di postingan selanjutnya. Jadi ditunggu saja ya! ^_^

Berikut resep dan proses pembuatan creamy mashed potato ya. 



Creamy Mashed Potato
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep berbahan kentang lainnya? Silahkan klik link di bawah ini ya!:
Vegetarian Samosa dengan Bumbu Kari
20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
Sup Daging dan Kentang dengan Aroma Bawang

Bahan:
- 600 gram kentang (sekitar 5 buah kentang ukuran sedang), kupas dan potong dadu
- 4 sendok makan mentega (mentega akan menghasilkan aroma dan rasa lebih lezat dibandingkan dengan margarine)
- 150 ml susu cair
- 1 sendok  teh garam
- 1/2 sendok teh bubuk merica
- 3 sendok makan keju cheddar parut (optional, gunakan jika anda menggunakan margarine dan bukan mentega)

Cara membuat:


Siapkan kentang, kupas dan potong-potong dadu. Kukus kentang hingga benar-benar matang dan empuk. Tusuk kentang dengan ujung garpu untuk mengetes kematangannya, kalau garpu bisa keluar dengan mudah dan kentang mudah hancur, angkat kentang dari kukusan.


Letakkan kentang di dalam mangkuk, dengan menggunakan garpu hancurkan kentang hingga lumat. Jika anda memiliki alat penghancur kentang (potato masher atau ricer) anda bisa menggunakannya untuk melumatkan kentang. 

Selagi kentang masih panas, tambahkan mentega, aduk hingga mentega meleleh dan tercampur dengan kentang. Masukkan susu cair, garam dan merica, aduk rata. 

Siapkan panci kecil, letakkan sebuah saringan kawat di atas panci. Kemudian saring kentang menggunakan saringan kawat dengan lubang yang jarang-jarang, dorong kentang keluar dari saringan dengan punggung sendok sehingga anda menghasilkan kentang yang halus dan lembut. 


Masukkan keju cheddar parut dan masak kentang lumat dengan api kecil hingga keju lumer dan larut dengan kentang. Aduk cepat dengan spatula dan angkat. 

Sajikan kentang dengan sayur rebus dan steak. Resep steak daging sapi dengan saus lada hitam menyusul ya. Super yummy!

Source:
Blog Fine Cooking - Potato Ricer vs Masher




110 komentar:

  1. enaknya jeng,.. jd pengen bikin,.. aku jg pecinta mashed potato... yummy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Jeng, hahahah, ayo dibuat! Kalau beli mahal boooo

      Hapus
  2. waah enak sekali kelihatannya, dan enaak pastinya!

    BalasHapus
  3. keliatannya gampang banget ya mbak..
    nanti aku coba deh sekalian kl resep steaknya udah publish juga :)
    makasih resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Annis, yep, saya lagi kutik2 nulis resep steaknya nihhh ditunggu ya. thanks sharingnya Mba

      Hapus
  4. Mbak,,,saya cuman mau comment "Minta alamat rumah",,hahahahha (pasti tahu kamsutnya kan? ) yeapz betul,,,mau minta bikinin aja,,,,ntar aku stok bahan2nya,,,hahahhaha -just kidding-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo Mba, wakakak sila2 datang ke rumah Pete ya, Ini sepanci saya sikat sendiri, gak pakaii steak juga enak, sebagian dimakan pakai telur dadar wakakkak

      Hapus
    2. mba endang di share dunk resep es puter nangka/alpukatnya... mumpung di rumah eyang lagi panen nihhh.. tapi ga punya ice cream maker,,,yg simple,easy,sama wuenakkkk yah mbak,,hahhaha (biasa...orang indonesia kalo ga gitu ga marem)

      Hapus
    3. hai mba, kalau resep es puter wah belum punya ya, paling dibuat sorbet saja Mba,
      ini contohnya: http://www.justtryandtaste.com/2013/07/kiwi-sorbet-tanpa-mesin-pembuat-ice.html

      Hapus
  5. Mbak... posting cara bikin perkedel kentang donk... hehe.. soal ny kalo di resep2 yg lain iju krg jelas.. kalo dr JTT itu bnr2 wow bgt... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah saya baru nyadar belum punya resep perkedel kentang yaaaa, waduh itu makanan wajib Ibu saya di rumah. Sip ditunggu yaaa

      Hapus
  6. Kuncinya itu dimasak dua kali kentangnya mbak, yang pertama di suhu 70 C selama 35 menit (pake sous vide atau termometer biasa juga bisa), setelah itu baru dimasak di air garam sampe empuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooow Mba, waah makasih tipsnya ya, next time bisa saya coba hehehhe

      Hapus
  7. uwoooww...kayaknya gampang (komen standar gue, tapi gak pernah berani nyoba bikin hahahaha...)
    masak2an lagi di rumah elu dooonngg... yuuukk... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, tyas yaaa, behhhh gak ada waktu buuu, ini udah kepala di kaki, kaki di kepala heeheh

      Hapus
  8. Haloo mba Endang ...salam kenal ya...3 jempol deh buat blognya mba Endang..likeeeee bgt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, salam kenal ya, dan thanks komentarnya disini. senang JTT disuka. ^_^

      Hapus
  9. Halo mbak, mau request nih, posting resep macaroni schotel dong....
    thanks ya...
    Esti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Esti, bisa di cek didaftar resep JTT Mba, saya sudah pernah posting macaroni schootel sebelumnya

      Hapus
  10. mbak Endang, kentang setelah dikukus, apa boleh dihaluskan dgn blender ? Tq, Lyta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lyta, boleh2 saja sih Mba, hanya saja takutnya terlalu menggumpal ya.

      Hapus
  11. keren2 deh mba resepnya udah nyoba beberapa n beneran enak..., makasih ya mba...selalu di tunggu resep2 terbarunya

    like like like

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Asri, thanks yaaa, senag sekali resepnya disuka. sukses yaaa ^_^

      Hapus
  12. mbak endang, aku udah coba buat ini tapi aku masukkan ke food processor, baru taruh di panci, hasilnya enak mbak (ya iya laaah, kan resepnya mbak endang, hihihihi), makasi yaaa
    Lia, Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lia, wah mantappp, saya bikin dimakan sendiri, dua hari masih oke kok di tupperware di kulkas, saya makan di kantor wakakkaka

      Hapus
  13. mbak kayaknya enakkk nih,,makasii ya mbak, resep2nya saya syuka, ..sukses buat mbak Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Retno, makasih juga ya sharingnya disini, senang sekali resepnya disuka, sukses buat Mba Retno juga yaaa

      Hapus
  14. Wiiiih malem2 gini ngeliat resep mbak jadi krucuk2, pengen cepet eksekusi resep nie mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waakakka, jangan lihat food porn malam2, alamat bisa stress sendiri wakakkak

      Hapus
  15. Keliatannya yummy bgt yaaa...
    Mba... Selain yg diatas, ada ga ya resep lain yg bahan dasarnya kentang.
    Yg bisa untuk cemilan anak diwkt sore.
    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Anie, untuk kentang coba resep pie kentang ini ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2013/02/shepherds-pie-la-gordon-ramsay.html

      Hapus
  16. Pengganti daun chives apa ya mba endang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya bisa pakai daun bawang yang ukuran kecil ya, bukan daun bawang besar

      Hapus
  17. Mbak endang...Kalo kentangnya diuleg utk ngalusinnya, blh ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa2 saja mba, hanya saja hasilnya kurang fluffy ya, sebaiknya pakai saringan saja supaya teksturnya gak bantet

      Hapus
  18. mbak, mau share nih..ak suka bgt bikin ini buat menu diet..haha,ak buatnya ckup kentang yang dikukus smpai lembut sekali (gak bisa ditusuk garpu krna langsung pecah), lalu hancurkan pakai potato masher sdh halus sekali mbak krna kukusnya smpai lembut, kasih garam, lada hitam ,susu cair+mentega yang sdh dipanaskan ,terakhir rahasia di restoran itu tuang krim kental sedikit2 smpai tekstur creamy yg kita sukai. Jadi deh. Suerrr mbak, kayak di restoran. dicoba deh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, thanks sharingnya ya, saya yakin hasilnya mantap dan pastinya tipsnya berguna untuk lainnya juga, thanks ya! ^_^

      Hapus
  19. Mbak.... Kentang nya harus di kukus ya? Klo direbus aja boleh gak? Gak punya kukusan soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa direbus ya, hanya saja mashed potatonya agak lembek jadinya, tapi tetap enak kok

      Hapus
  20. Makasih ya resepnyaa berguna buat menekan diabetes :)

    BalasHapus
  21. Haiii :)
    Saya baru saja mencoba membuat mashed potato based on your receipt and it works!! Thank you ya :)
    Selama ini saya takut pakai susu karena saya gak doyan susu tapi ternyata susu itu kunci nya mashed potato lembut kayak bubur, dan gak berasa susu nya sama sekali pas dimakan. Oh ya karena saya doyan keju, saya pakai melted cheese setelah adonan kentang diaduk dengan susu-butter-garam-lada lalu saya steam lagi adonan kentang nya dengan melted cheese sampai lumer, hasil nya adonannya jadi makin lembut! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nadia, thanks sharingnya ya. Saya ikutan senang resep mashed potatonya disuka, yep ditambah melted cheese saya rasa jadi lebih mantap ya

      Hapus
  22. Salaam.. Saya sudah coba praktekkan resepnya, Mbak. Mantaap.. Ponakan2 saya pada ketagihan tuh :) Makasih banyak lho Mba Endang buat inspirasinyaa ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip Non Adinda, thanks sharingnya yaa. senang sekali resepnya disuka hehhehe

      Hapus
  23. thank u resepnya mbak. it works... istri suka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas aroel, thanks yaa, senang sekali resepnya disuka ^_^

      Hapus
  24. mba endang selain mashed potato ini ada resep apalagi yg creamy2 mba? saya cinta banget sama makanan yg creamy2 gini mbak. saya sering banget bikin resep fettucine with mushroom, smoke beef & white sauce yg mbak share, & itu enak banget mbak. sekarang lagi cari resep creamy mbak endang yg lain, saya kecanduan nih sama resepnya mba endang. *lebay*

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, mungkin bisa dicoba resep lasagna dan schootelnya, kuncinya sih jangan panggang lama2 supaya gak kering dan masih meleleh di dalamnya.

      Hapus
  25. Mba saya mau tanya, gmn ya caranya simpen mashed potato ini biar awet? Klo udh dicampurin susu dll terus di simpen dikulkas awet atau ga ya? Thankyou for your inspired recipes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, kalau hanya 3 - 4 hari saya rasa bisa tahan di chiller, lebih dari itu saya belum pernah coba ya mba.

      Hapus
  26. matur nuwun resep"nya bunda, saya ibu muda belajar bnyak bgt dr bunda endang. ditunggu resep" selanjutnya bun
    kisss kisss kissss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rachma, wah panggil saja saya endang yaa hehheh, saya belum jadi bunda dan bahkan belum merit hehehheh. senang resepnya disuka ya mba.

      Hapus
  27. Mbak Endang, akhirnya aku bikin tapi ga dikukus. Blm punya kukusan.Akhirnya kentang aku rebus. Pas udah mateng (empuk banget), aku tiriskan airnya. Abis itu langsung aku ancurin pake garpu sembari aku campur butter dan susu cair. Hasilnya mantep juga lho. Ga pake disaring segala, Ini udah 2 kali dalam seminggu ini bikin mash potato ngintip resepnya mbak Endang. Makasih ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halow Mba Laila, wahhh, thanks yaa. senang resepnya sukses dicoba dan disuka. Yep, tetap bs dengan cara praktis yaa, heheheh, sukses selalu ya

      Hapus
  28. Alhamdulilah udah bikin sesuai resep ini dan hasilnya enaaak bgt. Makasi ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba ajeng, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka

      Hapus
  29. mbak kalau pakai tepung kentang serpih bisa juga kan ya, kebetulan lagi punya stok tepung kentang di rumah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, hanya saja takaran air dan sebagainya harus disesuaikan, saya belum pernah pakai tepung kentang ya

      Hapus
  30. Enak mba..barusan dicoba..ga pake disaring sdh yummy..makasih resepnya yaa 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippp, thanks sharingnya ya mba, senang resepnya disuka

      Hapus
  31. Sudah aku coba kmrin mbaaa,,,keju nya aku banyakin,jd makin gurih,,.anak anak ku syukaaaa bgttt dan nagih minta dibuatin lagi😊😊😊 makasih resepnya ya mba endang 😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba septi, wah mantep ya, memang enak banget kalau kejunya banyak hahah, digadoin saja dah enak ya

      Hapus
  32. mbak aku dah coba resepnya enaak, cm mau nanya klo disimpen di kulkas bisa tahan brp lama ya? trus manasinnya gmn yah mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, tahan sekitar 2 atau 3 hari ya, saya panasin pakai microwave, kalau dikukus kayanya juga bs ya, cuman mungkin sedikit berair ya

      Hapus
  33. mbak endang, enaknya pake susu apa ya? sebut merek aja biar jelas ya mbak...thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai merk apapun oke kok mba, saya suka pakai susu segar merk Diamond ya.

      Hapus
    2. Duh klupaan ksh nama dblakang. Sy mas mas kok mb Endang hihi...
      Thx sarannya Mbak...
      Andit ^-^

      Hapus
    3. hai Mas Andit, wakakka maaf yaaa, saya suka men- generalisasi semua pembaca blog saya sebagai Mba. Haduuhh. Maaf yaa

      Hapus
  34. mba endang, seneng liat resep ini. saya termasuk penggila kentang - mau dimasak model apa juga pasti saya makan :-)

    mau berbagi resep mash potato yang biasa saya buat, sebelum susu dicampur ke kentang tumbuk, biasanya saya tumis bawang putih, masukkan susu cair, aduk2 sebentar sampe mendidih, baru campur ke kentang - mungkin dengan begini kentang tumbuk bisa tahan beberapa hari di kulkas - kalo saya ngga tega nyimpen di kulkas, kasian dia kedinginan :-)

    Trus di kentang tumbuk itu juga saya tambahkan herbs kering (apa aja yang ada di dapur), seperti oregano dkk, dan terakhir parutan pala - supaya ngga bikin eneg dari campuran keju, margarin dan susu.

    Ditunggu resep-resep lainnya!
    -meilany-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mb Meilany, thanks sharingnya ya, pasti saranya sangat berguna buat saya dan pembaca JTT. Next time pengen coba pakai herbs kering pasti rasanya lebih sedap. heheheh

      Hapus
  35. Cuma 1 comment nya mba.. enyaaaaaaaakkk.. aq uda coba resep nya.. thank u bgt ya mba endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dita, thanks ya sharingnya, senang sekali resepnya disuka.

      Hapus
  36. Cmn nambahin aja sih hasil uji coba resep temen,sama sih cmn ditambah 3butir kuning telur..rasanya lebih nyummy deh

    Selamat mencoba

    BalasHapus
  37. Assalamu'alaikum mba Endang. Salam kenal. Alhamdulillaah sdh nyoba dn enyaak. Berkat resep2nya mba Endang sy jd pede masak dan pede nerima pesanan steak plus mashed potatonya dgn resep dr mba Endang tanpa variasi dan improvisasi. Disuruh buka usaha steak sy jdnya nih. Blh ksh nama steak sapi JTT ga mba?...barakallaah mba Endang dan terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Wien, thanks shairngnya ya, senang resepnya disuka ya. Hm, sebaiknya jangan menggunakan nama JTT ya mba, karena nanti rancu dikira produk saya ya. Sukses usahanya ya

      Hapus
  38. Balasan
    1. bukan, blueband itu margarine dan mentega # margarine

      Hapus
  39. Hai...mba, maaf mau tanya bedanya mentega ama magarine apa ya bisa kasih contoh nama produknya biar nggak bingung hehehehehe....thanks ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mb, coba baca artikel tentang itu di link ini ya
      http://www.justtryandtaste.com/2015/04/cream-cheese-pound-cake-info-seputar.html

      Hapus
  40. Hai mbaa....kebetulan anakku minta mashed potatoes dan berjodoh dengan blognya mba. Rasanya enak banget mbaaa....
    makasih banyak udh share resepnya 😘😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mba Maharani, senang resepnya disuka. Sukses yaaa

      Hapus
  41. Balasan
    1. hahaha, jangan makan nasi lagi Mas Adi kalau sudah buat ini

      Hapus
  42. Mb Endang.... Salam kenal.. Sy udah coba resep ini plus steak sapi lada hitam tadi siang.. Hasilnya enaaaaaak bgt.. Ud beberapa kali jadiin resep JTT buat referensi. Resep pertama yg dicoba Lasagna Meleleh yg hasilnya buat sy yg beginner ini jd keliatan agak expert lah, hihiii.. Jadi skrg kl gogling menu baru or buat kue, JTT lgsg dicantumkan di akhir pencarian.. Alhamdulillah so far so good deh.. Jadi skrg ikutan komen untuk ngucapin makasiiii banyak resep2nya.. It's really helpful... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Widi, salam kenal juga ya. Thanks ya sudah menyukai resep JTT dan sharingnya. Sukses selalu yaa! ^_^

      Hapus
  43. Mbaa, aku baca resepnya dari minggu lalu dan baru kesampaian sekarang :))

    aku pake margarine, susu bubuk, sama keju, terus kutambahin herbs kering juga, jadinya enak banget :D niatnya mau dimakan pake ayam goreng malah mashed potatonya abis dimakan sendiri. hihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Priska. Thanks ya sudah menyukai resep JTT dan sharingnya. Haaaa, saya juga suka makan mashed potatonya begitu saja hahahhaha

      Hapus
  44. Hallo mbak mau tanya ini bs disimpan dikulkas ga ya? Tahan brp lama kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa simpan dalam wadah tertutup rapat sekitar 3 hari di chiller ya.

      Hapus
  45. Tante saya mau tanya
    1. Susu cairnya harus full cream atau yang low fat? Tante pake merek apa?
    2. Saringannya bentuknya kaya apa sih Tante? Saya cuma punya saringan kawat yang bulat yang buat nyaring teh itu tante.. Kaya gitu bukan sih Tante? Tapi lama sih pake itu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, berikut jawaban saya:
      1. boleh keduanya, sesuai selera, merk apapun ok
      2. saringan kawat lubang besar, saringan teh susah keluar adonannya. Tidak disaring juga gak papa kalau kentang benar2 sudah lembut

      Hapus
  46. Mba , klo saya biasanya tak tumbuk pakai lumpang. Hasilnya juga halus creami,... Tapi bonusnya tangan pegal .

    BalasHapus
  47. hallu mbak endang terima kasih banyak resep mashed potatonya... pagi ini saya buka jualan sarapan mashed potato+scrambled eggs+mix veggies dan smua pada suka lho sama sih creamy mashed potato....
    cucok deh mbak.. aku kukus kentang kurang lebih 45 menit supaya bener2 empuk dan gampang pas aku hancurin.

    berhubung gak punya potato masher jadi aku hancurin pake garpu kayak saran mbak endang, tp krn pengen cepet aku masukin food processor mbak..waduh ternyata langsung jd kyk lengket banget gitu yah mbak.. untuk baru dikit aku masukinnya, akhirnya aku lanjutin hancurin pake garpu diatas saringan untuk buat cendol hehehe ternyata lumayan juga mbak... makasih banyak yang mbak resepnya...

    BalasHapus
  48. Mbak.saya masih belum bisa bedakan yang mana margarin yang mana mentega..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Nur, margarine dari lemak tumbuhan contoh: blue band, simas. Sedangka mentega/butter dari susu hewan contoh anchor, orchid, elle n virre, wijsman.

      Hapus
  49. Makasih resepnya mba.
    Mo nyoba buat anakku yg gak doyan nasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba mba Wulan, moga suka ya krucilnya ^_^

      Hapus
  50. Kalau kentangny dicampur dgn mayonnaise gmn?

    BalasHapus
  51. Yeaay...udh nyobain dan enaaaak.. seneng bgt bs bkin makanan favorit dan berhasil...makasih banyak yah mba udh sharing resepnya..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mba Widy, thanks sharingnya ya, senang resepnya sukses dicoba

      Hapus
  52. Mbak yang bikin fla ny bisa beku klo dimasukin kulkas itu apanya y?makasih mbak..png segera eksekusi nih.krn resep mbak endang selalu pas Dan endeess gandes2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. fla yang mana ya mbak? saus maksudnya? jika mengandung tepung atau kaldu kan mengental ketika masuk kulkas

      Hapus
  53. Hi salam kenal mba endang, aq ga bsa masak sbnerx bahkan kdg ga bsa rasain klo kurang garem, hee. Tp sejak punya baby jd termotivasi bwt belajar. Aq nyobain resep ini ba, enaak, tp aga keasinan dkit,itu kenapa ya ba? Apa krn aq pakai margarine? Aq dah ksi garam n keju sesuai takaran ba. Apa kalau pke mentega jg hrus unsalted butter ya?? Mohon djawab ya ba, aq penasaran pgen nyoba lagi, trims sebelumnya baa. Novy

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, salam kenal ya, yep margarine membuat asin, kalau pakai itu skip saja garamnya karena keju juga asin, garam masukkan terakhir sja kalau dirasa kurang pas. Kalau pakai unsalted butter, skip garam saja

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...