11 Februari 2014

Vegetarian Samosa dengan Bumbu Kari: Tetap sip markusip walau tanpa daging!



Minggu lalu, dalam rangka mengantarkan salah seorang anggota keluarga ke bandara, dan demi mengisi waktu yang masih lumayan panjang kami pun melewatkan waktu di sebuah coffee shop disana, Old Town namanya. Tidak ada yang istimewa untuk kopinya, hampir sama dengan coffee shop sejenis lainnya yang banyak tersebar di Jakarta, namun sepiring samosa yang kami pesan cukup menarik perhatian saya. Camilan berbentuk segitiga berisikan kentang dan sayuran tumbuk dengan bumbu kari ini dibalut dengan selapis kulit lumpia yang tipis dan crispy sehingga saat panas-panas disantap terdengar bunyi kriuk yang mengasyikkan. Alis saya pun langsung terjungkat naik dan ide terlintas, sepertinya samosa bisa menjadi next trial resep yang akan saya sharing ke anda. Untuk anda, para vegetarian yang beberapa kali mengirimkan komentar meminta saya lebih banyak menulis resep tanpa protein hewani, resep samosa yang kali ini saya tampilkan bisa anda coba di rumah. Mudah, sehat, lezat dan cepat disajikan!


Sebelum masuk ke adegan tumis-menumis, lipat-melipat, goreng-menggoreng dan akhirnya menyantap si sedap ini dalam hitungan menit, yuk kita kenali lebih dahulu makanan bernama samosa ini. Samosa merupakan hidangan sejenis pastry yang digoreng atau dipanggang dengan aneka isi yang terasa asin dan gurih. Biasanya bahan pengisi samosa terdiri atas kentang, bawang bombay, kacang kapri, lentil,  daging kambing, daging sapi, atau daging ayam cincang. Ukuran dan bentuknya bisa sangat bervariasi tetapi umumnya samosa berbentuk segitiga seperti yang saya sajikan kali ini. Biasanya samosa disantap dengan cocolan chutney (saus atau sambal a la India yang berperan sebagai condiment atau pelengkap dalam sebuah hidangan).  Daerah asal samosa adalah Uttar Pradesh, namun makanan ini populer juga sebagai snack atau hidangan pembuka di daerah sub-benua India, Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Barat Daya, semenanjung Arab, Mediterania, dan Afrika. 

Istilah samosa sendiri (dibaca samousa) berasal dari bahasa Punjabi, smosa, dan umum digunakan di sub-benua India dan negara-negara Asia Tenggara. Di negara lainnya, nama lain umum digunakan misalnya sambusak di Arab; somsa di Turki; samuza di Nepal dan Birma. Di Indonesia sendiri kita menyebutnya sama seperti di India, samosa. 

Bumbu bubuk kari instan

Aneka bumbu bisa menjadi pengiring rasa isian samosa, namun biasanya bumbu kari menempati peringkat teratas. Anda bisa membuat bumbu kari sendiri dengan menumbuk aneka rempah seperti ketumbar, merica, jinten, klabet (fenugreek), kapulaga, kunyit, dan jahe, namun demi alasan kepraktisan dan kemudahan yang sangat, sangat saya junjung tinggi maka bumbu bubuk kari instan seperti gambar di atas lebih saya rekomendasikan. Anda hanya memerlukan sebanyak satu setengah sendok teh saja, jadi jangan habiskan waktu anda untuk mempersiapkan bumbu kari yang alangkah ribetnya. Bumbu kari dengan merk di atas selalu saya pergunakan, karena menurut saya rasanya mantap dan kuat serta harganya tidak terlalu mahal. Saya pernah menggunakan bumbu jenis lainnya dan bukannya rasa rempah kari yang terasa namun justru kunyit yang mendominasi bumbu. Anda bisa membelinya di supermarket besar di bagian bumbu instan. Bumbu ini mudah berjamur dan tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan karena itu selalu simpan di chiller kulkas dan pastikan wadah tertutup dengan rapat.   


Untuk membuat samosa maka anda memerlukan kulit lumpia seperti yang saya pakai, anda bisa membuatnya sendiri dengan mendadar adonan di teflon, bisa menggunakan resep kulit lumpia yang pernah saya posting sebelumnya. Silahkan klik disini. Namun kelemahan kulit lumpia buatan sendiri adalah lembaran yang kurang tipis sehingga saat kulit samosa digoreng hasilnya tidak terlalu crispy. Saya sendiri merekomendasikan kulit spring roll siap pakai yang bisa dibeli di supermarket besar di bagian makanan beku. Ukuran kulit spring roll ini beraneka ragam disesuaikan dengan kebutuhan anda, untuk samosa gunakan ukuran terbesar yaitu 20 x 20 cm. Kulit ini sangat tipis, lentur dan tidak mudah sobek sehingga fleksibel saat dilipat dan ditekuk selain itu bentuknya yang segi empat membuat anda mudah membentuknya menjadi segitiga. Sulit menemukan kulit spring roll seperti ini? Di pasar tradisional banyak dijual kulit risoles siap pakai yang berbentuk bulat dan tipis, anda bisa menggunakannya. Kabar baiknya, bentuk samosa tidak harus segitiga, jadi buatlah sesuai kemampuan dan kreatifitas anda. ^_^


Okeh sekarang ke tahap isian samosa. Biasanya isi samosa berbentuk adonan yang lembek dan halus seperti yang saya buat kali ini. Dibuat dari kentang rebus yang dihaluskan dan dicampur dengan aneka bahan lainnya, bisa sayuran atau daging cincang. Saya menggunakan rajangan halus wortel dan daun bawang untuk menemani kentang tumbuk, percayalah rasanya sudah cukup mantap! Namun jika anda tidak suka dengan tekstur lembek seperti ini maka isi lumpia sayur disini bisa menjadi alternatif. Sebenarnya isi yang lembek bukan tanpa maksud yang jelas, bentuk samosa yang segitiga memerlukan ketrampilan melipat dan menekuk, dengan isi yang lembek dan tidak buyar kemana-mana membuat anda mudah untuk membuatnya.

Selain wortel dan daun bawang, samosa juga sedap diisi dengan cacahan brokoli, kembang kol, atau rajangan halus kubis. Pastikan sayuran terpotong dengan ukuran yang kecil sehingga mudah dimasukkan ke dalam kantung kulit spring roll. Jika waktu anda terbatas, siapkan isi samosa satu hari sebelumnya, masukkan ke dalam wadah rapat dan simpan di chiller kulkas. Keesokan harinya barulah anda membentuk samosa dan menggorengnya. 


Lanjut ke adegan lipat-melipat yang menurut saya merupakan bagian yang paling mengasyikkan dalam pembuatan samosa. Lembaran spring roll yang tipis menyulitkan saya untuk melipatnya sehingga selembar spring roll berukuran 20 x 20 cm ini saya tekuk menjadi 3 bagian. Anda bisa mengguntingnya (jangan memotongnya dengan pisau karena sangat liat), sehingga dari selembar spring roll anda bisa memperoleh 3 lembar kulit samosa. Semakin tipis lembaran yang digunakan tentunya akan membuat samosa akan menjadi semakin crispy setelah digoreng dan samosa yang dihasilkan akan lebih banyak. Saya sendiri memilih untuk melipatnya menjadi 3 bagian tanpa dipotong sehingga kulit menjadi agak tebal dan mudah ditekuk dan diisi. 

Tekuk samosa sesuai dengan gambar yang saya sertakan di bawah, bentuk menjadi kantung dan jejalkan satu sendok makan adonan isi ke dalamnya. Jangan terlalu berlebihan mengisi karena akan menyulitkan samosa untuk dibungkus rapi. Siapkan mangkuk kecil berisikan adonan tepung terigu yang berfungsi sebagai lem untuk melekatkan kulit, rapikan dan tata samosa di piring. Karena kulit spring roll sangat tipis dan mudah kering, selalu tutupi lembaran spring roll yang belum terpakai dengan kain bersih selama anda bekerja melipat samosa. Ini akan membuat kulit spring roll tetap lembab dan tidak mudah pecah-pecah saat ditekuk.


Jika anda ingat tips membuat egg roll isi daging sapi dan tumisan sayuran yang pernah saya posting sebelumnya, silahkan klik disini untuk menyegarkan ingatan anda kembali, dimana kulit egg roll harus dilipat rapat dan tidak boleh bocor sama sekali. Kulit yang bocor akan membuat minyak masuk ke dalam isi egg roll dan membuat egg roll anda seperti sekantung minyak yang mengganggu saat disantap. Nah di samosa anda bisa berbesar hati, isi samosa yang padat tidak akan membuat minyak masuk meresap ke dalam isi sehingga walaupun lipatan anda kurang rapi dan masih menyisakan lubang, samosa anda tidak akan berubah menjadi gudang minyak.  

Apakah samosa bisa dibekukan? Yeah, ini kabar menyenangkan lainnya. Jika anda ingin membuatnya dalam jumlah banyak untuk acara di esok hari yang super padat, maka anda bisa menyiapkan samosa yang telah rapi dilipat dalam jumlah yang banyak sekaligus sebelumnya. Tata di loyang, jangan bersentuhan satu dengan lainnya dan masukkan ke freezer hingga beku. Ketika samosa telah beku, anda bisa menyimpannya di dalam wadah tupperware atau container besar dengan posisi saling bertumpukan. Keesokan harinya, biarkan samosa di suhu ruang agar cair dan goreng di minyak panas. Samosa yang telah beku ini tahan hingga 1 bulan lamanya di freezer. Mudah kan?

Berikut resep dan prosesnya ya.


Vegetarian Samosa dengan Bumbu Kari
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 20 buah samosa

Tertarik dengan resep sejenis lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Lumpia/Egg Roll Crispy Isi Daging Sapi, Wortel & Tauge
Dadar Gulung Isi Daging Kepiting & Ayam Cincang
Risoles Isi Bihun, Sayuran dan Sosis 

Bahan:
- kulit spring roll siap pakai (saya pakai merk TYJ spring roll ukuran 20 x 20 cm)
- 3 butir kentang, kupas dan potong dadu
- 1 batang wortel ukuran sedang, kupas potong kotak kecil
- 2 batang daun bawang, rajang halus
- minyak untuk menggoreng

Bumbu:
- 1 butir bawang bombay, rajang halus
- 5 siung bawang putih, cincang halus
- 1 1/2 sendok teh bubuk kari instan
- 1/2 sendok teh bubuk cabai
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional), skip jika anda vegetarian
- 2 sendok makan minyak untuk menumis 

Untuk merekatkan kulit spring roll: 
1 sendok makan tepung terigu + 2 sendok makan air, aduk hingga rata dan kental.

Cara membuat:


Siapkan kentang, masukkan ke dalam panci. Tambahkan air hingga air menutupi kentang dan rebus hingga kentang empuk dan mudah dihaluskan. Jika kentang belum empuk sedangkan air telah habis, tambahkan air panas dan teruskan merebus hingga kentang benar-benar empuk. Tiriskan kentang, masukkan ke dalam mangkuk dan haluskan kentang menggunakan garpu. Sisihkan.


Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak goreng. Tumis bawang bombay hingga harum, transparan dan berubah warna menjadi karamel. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Tuangkan bumbu kari instan siap pakai dan bubuk cabai, tumis dengan api kecil hingga harum dan bumbu matang. 

Masukkan wortel, aduk dan tambahkan sedikit air rebusan kentang atau air panas. Masak hingga wortel empuk. 


Masukkan daun bawang, merica, gula, garam dan kaldu bubuk (optional), aduk rata. Masak hingga semua bahan matang dan empuk. Tuangkan kentang tumbuk dan aduk hingga semua adonan tercampur dengan baik. Pastikan adonan pekat dan kental seperti gambar dan tidak basah. Jika basah teruskan memasak sambil diaduk hingga adonan kering. Cicipi rasanya, sesuaikan asinnya. 

Angkat dan pindahkan adonan ke mangkuk, biarkan hingga agak dingin.  


Siapkan kulit spring roll, jika anda menggunakan kulit spring roll seperti yang saya gunakan biarkan kulit di suhu ruang hingga lemas. Lepaskan selembar kulit dan tutupi sisanya dengan kain bersih agar tetap lembab. 

Letakkan selembar kulit di meja yang kering, tekuk dan lipat menjadi 3 bagian. Anda bisa mengguntingnya sehingga dari  selembar spring roll anda mendapatkan 3 buah kulit samosa, atau lakukan seperti saya sehingga kulit samosa lebih tebal dan mudah dilipat. Tekan-tekan kulit yang telah dilipat dengan telapak tangan agar menempel dengan baik. Kemudian lipat salah satu sisi menyerong sehingga terbentuk segitiga sama sisi seperti gambar. 


Lipat sisi sebelahnya di atas lipatan segitiga, rapikan sehingga bagian tepi pas mengikuti salah satu sisi segitiga. Tekan dan balikkan. Nah sekarang anda telah membuat kantung berbentuk segitiga. Buka kantung hingga berbentuk corong. 


Siapkan adonan tepung terigu di mangkuk kecil. 

Isikan 1 sendok makan adonan isi ke dalam kantung, jejalkan. Kemudian tekuk kulit sisa samosa menutupi isi. Oleskan adonan terigu di bagian akhir kulit kemudian rapatkan dan rapikan.  


Tata samosa di atas loyang atau piring lebar, lakukan pada sisa kulit dan isi lainnya hingga habis. Siapkan pan anti lengket, isi dengan minyak agak banyak dan panaskan. Goreng samosa dengan api kecil hingga kecoklatan di satu sisi dan balikkan. Goreng hingga matang, angkat dan tiriskan. 


Tidak ingin langsung menggoreng samosa dalam satu kali kesempatan? Tata samosa di wadah datar yang lebar, jangan bersentuhan satu dan lainnya. Bekukan di freezer hingga beku dan simpan dalam wadah tertutup. Dalam kondisi beku, samosa tidak akan menempel satu dengan lainnya. 

Samosa tahan 1 bulan di freezer, saat akan digoreng, diamkan sebentar di suhu ruang hingga lemas dan goreng hingga matang. Super, duper yummy! 

Sources:
Wikipedia - Samosa
 



48 komentar:

  1. waaa... resepnya menggoda sekali mbak.... asyiiikkk... mudah2an ntar bisa nyobain aaach...thanx ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayu, silahkan dicoba ya Mba, moga sukaaa neh hehhehe

      Hapus
  2. mb aku pengen nyoba nih ngiler liatnya mb hehe tp aku blm pernah mkn samosa mb mngkn rasanya hmpir mirip kroket ya mb? trus klo mau pake daging ato ayam direbus dlu ato ditumis lgs bareng sayurnya mb makasih
    mama axl sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, mirip sama kroket bedanya samosa berkulit renyah dan tipis ya, isinya biasanya pakai bumbu kari walau pakai isi kroket juga enak kok. silahkan dicoba mba, pasti bisa kok heeheh

      Hapus
  3. Hallo mb endang,salam kenal..sy seneng sekali dgn blognya,resepnya simpel2,jd berani mencoba bwt sy sbg pemula dan sy udh bbrp kali nyoba resep2nya mb endang,pada umumnya lngsung berhasil :) trmasuk yg sambosa ini..rasanya enak,sekali bikin lngsung hbs..thx ya mb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba naya, salam kenal juga ya. thanks sharingnya disini. senang sekali resep JTT disuka. sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  4. hai mba endang, beli bumbu karie melatinya dimana ya? aku udah cari di carrefour dan foodmart ga ada ya..

    mohon dibantu ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba yuni, saya beli di car**fur ya, memang kadang ada kadang nggak hiiks.

      Hapus
    2. Mba ketemunya di ca**fur mana ya?? Kali aja terjangkau,,hehe
      ~yuni~

      Hapus
    3. wah setahu sajya di carfur mana saja ada ya hehhehe

      Hapus
  5. mbak endang, bumbu kari slain merek melati ada ga yg enak jg ? suwun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ratna, wah saya jarang coba merek lain, pernah coba satu merk di car**fur, kunyitnya doang yang banyak tapi rempah karinya gak berasaaaa

      Hapus
  6. mba endang haii...sepertinya yang ini juga fardlu ain nih hukumnya, musti dicubain, nunut resepnya ya mbak yu... tq

    BalasHapus
  7. Hai mba endang, saya pernah makan samosa saat nonton di bl*tz, karinya sangat terasa dan samosanya imut2 sekali, untuk 5 buah samosa dihargai 30rb, harga yg fantastis utk ukuran yg imut2 itu.. akhirnya setiap hubby mau beli lg saya larang wakakkaa saya tdk terima dgn harganya itu, akhirnya browsing resep di jtt n bingo, trnyata bahan2nya aja tdk terlalu mahal. Saya pun berjanji sm hubby akan membuatkannya samosa seenak di bl*tz, sperti saat dia beli ayam popcorn jg yg 10 buahnya seharga 30rb ditempat yg sama.. klo ayam popcorn sudah lunas dgn resep jtt ayam popcorn , dia sudah kapok beli dsana, ktnya enakan yg saya buat mski lama harus menggulirkan tiap potongan ayam tp itu lebih baik drpd beli diluar yg tdk tau komposisi bahannya.. liat di tv udah serem jajanan jaman skrg, jd utk mknan olahan lebih baik bikin sendiri lebih aman :)
    Anyway thanks alot utk resepnya mba..
    -Bella-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloow Mba Bella, yepp samosa ini sangat mudah dibuat dan rasanya mantep. Kuncinya gunakan bumbu bubuk kari yang kualitasnya oke, pasti rasanya akan nendang ya. Untuk isiannya bisa pakai daging cincang (ayam/sapi) supaya nendang. Thanks sharingnya yaa, semoga samosanya berakhir sukses juga. ^_^

      Hapus
  8. Hi mba endang.. barusan akhrnya terlaksana misi samosanya.. mski pakai kulit lumpia biasa tp ttp garing n maknyus.. yg lama tuh ngebentuk n masukin isinya ya.. habisnya cm sebentaran hiks.. yg bikin ampir aja gak kebagian wkwkwk
    Thx ya mba, aq mw bikin ayam popcorn lg request dr hubby ^^
    -Bella-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Bella, wakakak akhirnya saya dapat juga jawaban hasilnya. Saya biasanya bikin dalam partai besar, kemudian samosa saya simpan di freezer. Bisa tahan sampai 2 bulan, masih tetap enak rasanya loh.

      Hapus
  9. Mbaa.. gatel deh mau curhat wkwkkw
    Kmarin aku bikin samosa bwad cemilan tukang, awalnya dipikir martabak byasa.. akhrnya dicuekin smpe slese krja sore2 br dicobain.. aku bikin lumayan byk, 1 piring munjung kyk gunung.. pas mreka cobain aku tgl k kamar, pas kluar kamar, lah mana ini samosa.. udah raib tnpa sisa wkwkw
    Walhasil pd ketagihan, nanti klo udah slese smua krjaannya mnta dibikinin lg bwad istrinya, mw mnta suruh bikinin kyk gitu ktnya wkwkwk
    Tmn kantornya misua yg prnh mkn samosa asli bkinan org india aja blg enakan ini gak bkin eneg mski mkn byk2..
    Brasa jago masak dh klo dipuji2 kyk gt heheh.. Pdhl sblm merid paling anti sm dapur, cm digunain bwad masak mie sm masak air wakakakak
    Stelah merid pun suka nitip dimasakin sm mama lho mba, tp stelah nemu jtt lsg deh blagu gak mau dimasakin lg sm mama :D
    Jtt bagaikan dewi penyelamatku wkwk lebay.com, eh tp bner lho.. klo gak nemu jtt mgkn smpe skrg gak bisa masak.. hiks..
    Sodara2ku smpe shock pas tau aku bs masak, scara mreka tau banget aku tuh tomboy bgt, smpet deklarasi klo merid gak mau masak wakkaakka
    Tp skrg mah rasanya klo gak eksperimen resep jtt tuh gatel bgt gitu lho..
    Tetap smangat berkarya ya mba.. jgn bosen baca commentku ya.. hehe..
    Smoga kebaikan mba berbagi ilmu di jtt dibalas Allah.. Amin..
    *wah jd bablas pidato*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba bella, thanks sharingnya ya. kayanya para tukang awalnya meremehkan si samosa, dipikir kek martabak biasa wakkakak. Setelah dicoba baru terkaget2. Senang sekali JTT bisa menginspirasi Mba Bella untuk terjun ke dapur, semoga banyak Bella-Bella lainnya yang ikutan nyebur yaaa, wakakkak. Sukses selalu ya!

      Hapus
  10. mbak.. Samosa ini juga terkenal di iran. mereka menjualnya di toko yang berada di trotoar atau cafe2 kecil dan dalam ukuran lebih besar . cuma tidak ada yang rasa pedas. dan saya terpaksa harus selalu membawa saus atau cabe kemana2.. rasanya lumayan sih dan cukup untuk mengganjal perut sejenak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mas aroel, thanks sharingnya ya. bisa dicoba buat sendiri dirumah untuk versi pedasnya hehehhe, enak banget dan mantapnya bisa dibekukan di freezer dan kalau pengen tinggal goreng saja

      Hapus
  11. saya senang mampir ke blog ini, resepnya simpel2, tapi khusus resep ini bisa dibantu gak, dimana bisa dapat bumbu kari instant yg mbak endang anjurkan sudah keliling nyarinya belum dapat, susah jg nyarinya. - rani-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Rani, bumbu kari saya dapat di spm besar seperti carfur atau lotte mart ya. andalan saya memang bumbu kari merk diatas tapi saya rasa bumbu kari lainnya bs digunakan juga. cari dibagian bumbu2 bubuk ya mba.

      Hapus
  12. salam kenal mba...
    mao tanya klo pke kornet enak ga mba, secara ak klo msak nunggu wktu luang nunggu si kecil bobo siang. trus di msukinnya kpan ya mba, sebelum bumbu kari atau sesudahnya. thank's ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juha ya mba, pakai kornet tetap enak kok mba. Masukkan setelah wortel agak empuk ya, belakangan saja memasukkan kornet karena kan ssbenarnya sudah matang ya.

      Hapus
  13. MBa endang, mantab bgt utk resep samosanya... btw bubuk karinya bisa untuk resep masakan apa lgy ya? Sayang udah beli soalnya.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubuk kari bisa dipakai buat gulai, tongseng, buat tahu isi juga bisa mba, isiannya dikasih bubuk kari hehhehe.

      Hapus
  14. hai mba endang , salam kenal ,, aku mau tanya beli kulitnya dimana yaaa?? agak susah ko ya nyarinya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, hanya ada di supermarket besar di bagian frozen food ya mba

      Hapus
  15. Hai mba salam kenal yah,
    Aku lagi menikmati samosa yg baru dibikin dadakan karna liat resep dr mba dan semuanya serba diakalin,sempet takut gak jadi karena bumbu karinya bukan bumbu instant bubuk tapi bumbu basah beli dipasar dan wortelnya lama sekali empuknya ditambah lagi ngakalin kulitnya pake kulit lumpia yg dibeli dipasar karen kepengen buatnya dadakan tapi untungnya jadi dan enak banget makasih yah mba resepnya next mau bikin kimchi tapi masih bingung boleh yah sekalian tanya disini
    Sawi putihnya itu pertamanya direndam air dan garam atau dicuci bersih sedikit dikeringkan baru dibalur garam yah mba?bingung thanks!
    😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba meliana, salam kenal juga ya mba dan thanks ya atas sharingnya ya, senang sekali resep samosanya disuka ya.

      untuk kimchi, sawi tidak perlu dicuci, hanya basahi saja dengan air, kemudian ditiriskan dan dibalur garam. diamkan sampai menyusut baru dicuci hingga benar2 bersih dan tidak asin

      Hapus
  16. Hlo mba trimaksih, untuk resepnya
    Sudah saya coba enak sya suka ^^
    Untuk bubuk kari, sya pkai bubuk kari babas buatan malaysia, oke lho mba
    Blinya di toko orng india yg jual bumbu
    Untuk kulit cri di youtube samosa pastry (burka sambuusa) buatnya mudah lhoo mbak,, ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Aisyah, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. Wah saya belum pernah coba bubuk kari itu, sayangnya harus dibeli ditoko khusus yaa, hmm, next time kalau ketemu toko itu akan saya coba beli bumbu karinya.

      Hapus
  17. mbak..saya pernah lihat garam masala di titan..itu bisa dipakai sebagai bubuk kari kah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Rosika, bisa ya Mba, rasanya agak mirip ya.

      Hapus
  18. Hai mbak aku kemarin liat poto ini di ig, ku kira ini foto nya jtt dan wm nya diapus. Ini akun memang banyak ngambil potonya dr foodblogger. Temen temen yg lain udh protes dan dihapus stlh ngeyel banyak alesan... Aku ini tdk dikelola oleh duabelibis tp pake third party. Alesannya konon katanya pihak duabelibis gak ngasih dana buat poto produknya... Tapi menurutku itu alesan yg gak masuk akal. Apalagi pake ngapus wm segala. Maap jd curcol hehehe... https://www.instagram.com/p/5wJm0yLg8p/ itu linknya mbak...
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ayu, wah makasih ya mba infonya. Saya sudah cek link yang diberikan bahkan sudah memberikan peringatan langsung ke duabelibis, dan mereka sudah kirim email meminta maaf dan katanya akan take out semua gambar tanpa ijin yang diambil.

      Sekali lagi thanks ya Mba Ayu atas perhatian yang diberikan. Sukses selalu yaaa

      Hapus
  19. Mba..mau tanya..utk sisa spring rollnya yg tidak terpakai, setelah di taruh di suhu ruang gitu,tidak apa2 kah kalau ditaruh kembali di frezer?thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bungkus rapat dengan plastik, jangan kena udara kulkas sama sekali dan bs dibekukan lagi ya mba

      Hapus
  20. halo mba, baru selese eksekusi samosanya nih...
    walopun hasilnya enak ternyata kurang nendang rasa karinya mba... karena saya pake bumbu merk lain, hehe.

    Makasi resepnya yah mba Endang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Hulya, thanks sharingnya, yep terkadang bumbu kari suka beda2 rasanya heheh. Senang resep JTT disuka. Sukses selalu yaa.

      Hapus
  21. Saya dah cobain resepnya thn lalu..berhasil sih cm lipatan kulitnya aja yg acak2an, hari ini mau bikin lagi makanya mampir lagi ke sini krn sebagian komposisinya hampir lupa he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ribet lipat melipat segitiga, dilipat kaya risoles saja hehehe, saya suka begitu ^_^

      Hapus
  22. Mba endang.. Kira" samosa ini kuat gak kalau dibawa ke Surabaya dari bogor tanpa dimasak dulu..?? Jadi cuma di frezzer aja sebelum itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau cuman 12 jam sih oke ya mba, tidak kuat lebih dari itu ya.

      Hapus
  23. Hi mba...sy udah pernah makan samosa yg byk d jual di supermarket tp rasax gak enak..sy mau coba resepx mba kykx enak deh..makasih yaa

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...