19 Februari 2014

Mille Crepes - Cake dengan Seribu Lapis



Melihat lapisan-lapisannya yang begitu banyak, anda mungkin akan berpikir betapa ruwet dan ribetnya membuat makanan ini.  Ehem, terus terang itu sebenarnya yang terlintas di dalam pikiran saya, hingga saya menunda dan terus menunda untuk mencobanya di dapur rumah Pete. Sudah sangat lama resep mille crepes ini nangkring di dalam draft folder JTT dan setiap kali mata saya menatap judulnya maka keinginan untuk melakukan eksekusi langsung menggebu, tapi nafsu itu mendadak padam kala membaca prosesnya. Saya belum menemukan waktu dan semangat yang benar-benar maksimal. Untuk membuat cake ini, diperlukan keduanya. 

Cake ini cukup nge-trend beberapa waktu yang lalu, dan di Jakarta sendiri saya pernah mencicipi testernya saja di Gandaria City, rasanya memang sedap. Berat rasanya untuk membeli sepotong cake yang alamak mahalnya buat kocek saya. Waktu itu yang saya pikirkan adalah lebih baik saya membuatnya sendiri sehingga bisa menyantapnya hingga perut kembung, dibandingkan membelinya hanya seiris kecil dengan harga mahal.  Ini jalan pikiran orang 'kemaruk' seperti saya, apa-apa maunya dalam jumlah besar dan porsi jumbo. Padahal seberapa banyak sih saya mampu menyantapnya? Sepotong cake ukuran normal saja telah cukup membuat saya eneg karena kandungan krim di dalamnya. ^_^



Tetapi weekend kemarin, gara-gara saya masih memiliki 5 butir kuning telur sisa membuat souffle, kepala saya pun sibuk dengan aneka resep yang bisa dipakai untuk memanfaatkannya. Mulai dari yellow cake, flan, dan aneka resep berbahan dasar kuning telur saya 'ubek-ubek' hanya untuk mencari yang sesuai dengan keinginan. Akhirnya saya terbentur dengan crepes cake ini. Adonan krimnya terbuat dari kuning telur dan susu cair, dua bahan yang tersedia di kulkas. Jadi kali ini saya pun berusaha untuk mengusir rasa malas dan mencoba mewujudkan cake yang selama hanya menjadi angan-angan di benak saja.

Sebenarnya tidak ada tantangan yang berat dalam membuat cake ini, cake terdiri dari crepes sejenis dadar tipis yang terbuat dari telur, susu cair dan tepung terigu, kemudian di setiap lapiasan crepes dilapisi dengan adonan krim pastry yang lembut. Proses membuat dadar inilah yang sepertinya memerlukan perjuangan agak panjang karena untuk menghasilkan satu buah cake maka anda memerlukan 20 lembar crepes. 


Sebenarnya apa sih mille crepes cake itu? Cake ini merupakan kue klasik dari Prancis yang terdiri atas 20 lapisan tipis crepes, masing-masing lapisan crepes kemudian dipisahkan dengan olesan tipis krim pastry a la Prancis. Kata 'mille' berarti ribuan yang mengacu pada banyaknya lapisan crepes yang membangun cake ini. Karena itu mille crepes sering juga disebut sebagai Thousand Layer Crepes Cake. Kue ini merupakan dessert yang menjadi ciri khas Lady Mendl's Tea Salon di New York. Cake dan pastry yang dihasilkan oleh Lady M. terkenal bukan saja karena rasanya yang luar biasa lezat tetapi juga karena kepiawaiannya dalam mendesign. Mille crepes Lady M tersusun dari 20 lembar crepe super tipis yang masing-masing lapisannya dipisahkan dengan pastry cream lembut yang terbuat dari krim kocok. Permukaan atas cake kemudian ditaburi dengan gula dan di bakar hingga terbentuk karamel seperti saat proses pembuatan creme brulee (dessert sejenis puding yang terbuat dari custard - adonan telur dan susu - dimana permukaannya ditutupi oleh lapisan karamel. Lapisan karamel ini dibentuk dengan membakar taburan gula dengan menggunakan alat pembakar atau blow torch). 


Komponen dari mille crepes yang terdiri atas crepes, pastry krim dan krim kocok sebenarnya tidak terlalu istimewa tetapi bagaimana ketiga bahan tersebut dibentuk dan dibangun yang menjadikan cake ini menjadi istimewa. Sehingga saat garpu ditancapkan ke seiris cake serasa seperti sebuah sekop yang memotong lapisan salju. Saat disantap maka yang pertama kali terasa adalah rasa gula yang terbakar baru kemudian lapis demi lapis crepes manis yang selembut satin. Hmm, membaca narasinya di New York Times magazine saja telah membuat saya meneteskan air liur. Nah resep asli Lady Mendl's 20-Layer Crepe Cake dari Lady Mendl's Tea Salon tentu saja dirahasiakan dan menjadi misteri bagi peminatnya, namun banyak yang kemudian mencoba untuk membuat versi mereka masing-masing termasuk yang saya coba kali ini.

Untuk membuat cake ini pertama-tama anda harus membuat adonan crepes-nya terlebih dahulu. Instruksi di resep aslinya telur harus dikocok menggunakan mikser hingga berbusa baru kemudian bahan lain dimasukkan dan diaduk rata. Karena malas mengeluarkan mikser maka semua bahan crepes saya masukkan ke dalam blender dan proses hingga smooth. Nah menurut saya, crepes cake yang pernah saya cicipi di Gandaria City memiliki layer yang terasa lembut dan lumer di mulut. Crepes yang saya buat walau empuk namun tidak selembut keinginan saya. Entah karena efek menggunakan blender atau memang seperti inilah crepes yang dihasilkan namun jika anda hendak mencobanya maka saran saya kocoklah telur dengan menggunakan mikser bukan blender seperti yang saya lakukan. Untuk prosesnya saya juga akan sertakan pada resep di bawah.  


Untuk pembuatan krim pastry-nya prosesnya juga saya lakukan modifikasi karena menurut saya resep aslinya lebih ruwet. Sebenarnya mirip dengan proses pembuatan vla untuk isi kue sus atau creme brulee dimana kuning telur,  gula dan tepung maizena diaduk untuk kemudian dimasak dengan susu hingga mengental. Nah bagian tersulit membuat pastry cream adalah menjaga kuning telur tidak menggumpal, adonan tidak berbitil-bintil dan tetap smooth kala telur, tepung maizena dan susu cair dicampurkan. Trick-nya adalah dengan memasukkan sedikit susu panas ke dalam adukan kuning telur, gula dan tepung maizena, ketika adonan telur telah tercampur baik maka adonan lantas dimasukkan ke dalam sisa susu panas di panci dan dimasak dengan api sangat kecil sambil diaduk-aduk hingga krim mengental. 

Pada resep asli, saat campuran telur dan susu telah dimasak dan mulai mengental, panci berisi adonan segara diangkat dari api kompor dan diletakkan di dalam mangkuk berisi es batu (ice bath). Teknik ice bath dalam pembuatan pastry cream ini bertujuan untuk menurunkan suhu krim dengan segera dan menghentikan proses memasak saat krim telah mencapai kondisi yang diinginkan. Metode ini membuat krim yang dihasilkan lebih smooth, silky dan tidak over cooked. Membayangkan harus menyediakan semangkuk besar es batu dan prosesnya yang lumayan ribet bagi tukang masak amatiran seperti saya maka proses ice bath saya skip. Ketika krim telah mengental, panci segera saya angkat dan adonan diaduk hingga uap panasnya sedikit berkurang, kemudian mentega saya masukkan dan aduk hingga semua bahan tercampur baik. Walau tanpa melalui ice bath, krim yang saya hasilkan menurut saya terasa lembut, halus dan lezat.  


Nah kabar baiknya adalah crepes dan krim pastry bisa anda buat sehari sebelumnya, simpan semua di kulkas dalam wadah tertutup rapat. Khusus untuk krim, supaya permukaanya tidak terbentuk lapisan kerak yang tipis kala anda simpan di dalam kulkas maka tutupi permukaannya dengan selapis plastic wrap. Letakkan plastik hingga menempel di permukaan krim, cara ini untuk mencegah adanya udara yang bersentuhan dengan krim dan membuatnya mengeras. Keesokan harinya anda bisa mendadar adonan crepes, membuat krim kocok (whipped cream) untuk dicampurkan ke krim pastry dan membangun cake. Proses ini cukup memakan waktu sehingga memang lebih baik jika anda meluangkan waktu dengan baik atau melakukan masing-masing prosesnya di hari yang berbeda. 

Tips saat mendadar crepes agar menghasilkan lembaran dadar yang tipis, halus serta merata ketebalan dan matangnya adalah dengan menggunakan pan datar anti lengket yang cukup tebal. Pan tebal akan membuat crepes matang dengan baik tanpa membuat bagian dasar crepes menjadi mudah gosong sehingga warna crepes yang dihasilkan lebih mulus. Oleskan sedikit minyak, jangan terlalu berlebihan karena akan membuat adonan tergoreng (hasil crepes tidak mulus), serap kelebihan minyak dengan kertas tissue. Crepes pertama biasanya hasilnya kurang baik dan mulus, namun ketika panas pan mulai stabil dan anda pun mulai mahir maka selanjutnya hasilnya akan jauh lebih baik. Selain mendadar adonan crepes, anda juga harus mempersiapkan krim kental yang dikocok hingga soft peak. Krim kocok ini yang kemudian anda campurkan ke pastry cream untuk membuatnya menjadi lebih lezat, fluffy dan creamy selayaknya salju yang lembut. Sejujurnya walau prosesnya terlihat panjang namun sebenarnya sangat mudah di buat dan saya yakin anda pun bisa membuatnya di rumah. 

Berikut resep dan prosesnya ya.


Mille Crepes - Cake dengan Seribu Lapis 
Resep diadaptasikan dari New York Times Magazine - Gateau de Crepes, yang diadaptasikan dari Joy of Cooking untuk adonan crepes dan "Desserts" by Pierre Herme dan Dorie Greenspan untuk pastry creme.

Untuk 1 buah cake dengan diameter 20 cm tinggi + 9 cm 

Tertarik dengan resep pastry lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Kue Sus Isi Vla Vanila
Churros: Snack lezat dari Spanyol
Eclairs dengan Krim Vanila dan Coklat Topping 

Bahan untuk adonan crepes:
- 5 sendok makan mentega atau margarine
- 400 ml susu cair
- 170 gram tepung terigu serba guna
- 6 butir telur
- 7 sendok makan gula pasir
- seujung kuku garam 

Bahan untuk pastry cream:
- 400 ml susu cair
- 1 sendok teh vanila ekstrak
- 5 buah kuning telur (resep asli 6 butir kuning telur)
- 1 butir telur (resep asli tidak menggunakannya)
- 23 gram tepung maizena
- 90 gram gula pasir
- 3 1/2 sendok makan mentega atau margarine (mentega memberikan rasa lebih lezat di krim dibandingkan dengan margarine)

Bahan untuk krim kocok:
- 400 ml krim kental untuk whipping cream
- 1 sendok makan gula bubuk haluskan gula pasir di blender
- 2 sendok teh rhum essence (optional)

Cara membuat:
Membuat adonan crepes 


Siapkan panci, masukkan mentega dan masak dengan api kecil hingga meleleh dan teruskan memasak hingga mentega berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan biarkan hingga dingin. 


Siapkan panci lainnya, masukkan susu cair. Hangatkan susu dengan api kecil hanya sampai hangat saja, jaga jangan sampai susu mendidih. Matikan api dan biarkan hingga susu mendingin.


Siapkan gelas blender, masukkan telur, gula pasir, garam dan tepung terigu. Proses hingga halus dan tercampur baik. Tuangkan susu sambil mesin terus dinyalakan dan lanjutkan dengan menuangkan mentega cair. Proses hingga adonan tercampur dengan baik. Matikan blender dan tuangkan adonan ke panci bekas merebus susu. Tutup permukaan panci dengan plastik wrap dan masukkan ke kulkas minimal 1 jam atau maksimal 1 malam agar adonan rileks.

Cara jika mengikuti resep asli:
Kocok telur, gula, tepung dan garam menggunakan mikser kecepatan sedang hingga berbusa, kemudian masukkan susu hangat sambil terus dimikser hingga tercampur baik. Matikan mikser, tutup wadah adonan crepes dan simpan di kulkas.  

Membuat pastry cream


Siapkan panci kecil, panaskan susu dengan api kecil hingga mendidih. Matikan api. 

Sambil susu direbus, siapkan mangkuk, masukkan telur. Tambahkan gula pasir, vanila ekstrak dan tepung maizena. Aduk cepat dengan spatula balon hingga rata dan smooth. 


Tuangkan sekitar 100 ml susu panas ke dalam mangkuk berisi kocokan telur, aduk cepat dengan spatula hingga tercampur baik. Tambahkan susu kembali sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga larut. 


Tuangkan adonan kembali ke dalam panci, masak dengan api sangat kecil sambil diaduk dengan spatula balon hingga kental, jangan terlalu lama memasaknya hingga adonan menjadi sangat pekat.


Angkat  dari kompor, masukkan mentega dan aduk hingga mentega meleleh dan tercampur baik dengan adonan.

Note: jangan mencampurkan susu panas secara sekaligus ke dalam kocokan telur karena akan membuat telur matang dan adonan bergerindil. Tuangkan sedikit susu untuk menyesuaikan suhu susu dengan suhu kocokan telur dan untuk membuat adonan bisa teraduk dengan baik menjadi campuran yang smooth. 

Saring adonan menggunakan saringan kawat sambil ditekan menggunakan sendok hingga menghasilkan adonan yang smooth. Dinginkan krim dan tutup permukaannya dengan plastik wrap. 

Note: Jangan memasak adonan hingga mengeras, jika adonan telah mengental maka segera angkat dari api kompor. Aduk adonan dengan kocokan balon agar tercampur dengan baik dan uap panasnya hilang. Anda bisa membuat pastry cream sehari sebelumnya dengan cara menyimpannya di kulkas.Untuk mencegah terbentuk lapisan keras di permukaan krim, tutup permukaannya dengan plastik wrap. Plastik harus menempel menyentuh permukaan krim sehingga tidak ada udara yang bersentuhan dengan permukaannya.

Cara jika mengikuti resep asli:
Siapkan mangkuk besar berisi es batu. 

Aduk kuning telur, tepung dan gula dengan kocokan balon, tuangkan 100 ml susu panas dan aduk cepat hingga rata. Sedikit demi sedikit tuangkan sisa susu sambil diaduk dengan baik. Tuangkan adonan kembali ke panci, masak dengan api sangat kecil hingga adonan menddih sambil diaduk cepat selama 1 - 2 menit.  

Saring adonan ke dalam mangkuk yang lebih kecil, kemudian letakkan mangkuk berisi adonan di atas es batu. Aduk cepat agar suhu adonan turun, masukkan mentega dan aduk hingga mentega larut tercampur baik dengan adonan. Diamkan adonan hingga benar-benar dingin. 

Membuat crepes:


Keluarkan adonan crepes dari kulkas. 


Siapkan pan datar anti lengket, garis tengah 20 cm. Olesi permukaan pan dengan minyak tipis menggunakan kuas, jika ada kelebihan minyak serap dengan kertas tissue. Panaskan pan dengan api kecil hingga pan benar-benar panas. 

Tuangkan 1 sendok sayur adonan (kira-kira 3 sendok makan adonan) ke permukaan pan. Tuangkan adonan di satu titik saja di tengah pan, jangan menebarkan adonan ke sekeliling pan. Angkat sedikit pan sehingga agak menjauhi api dan gulingkan pan ke kiri dan ke kanan sehingga adonan mengalir memutar memenuhi permukaan pan. 


Panggang adonan hingga permukaan crepes terlihat mengeras, tidak ada adonan yang masih basah dan bagian tepi crepes mulai sedikit kecoklatan. Dengan menggunakan spatula, lepaskan bagian pinggiran crepes. Kemudian dengan menggunakan jari tangan anda lepaskan crepes dari pan dan balikkan. Masak sisi sebelahnya sekitar 5 - 10 detik, angkat dan tuangkan di piring datar. 


Lakukan hingga semua adonan habis. Jika permukaan pan terlihat mulai mengering tidak ada minyak tersisa, oleskan kembali tipis-tipis minyak di permukannya dengan kuas. 

Adonan bisa menghasilkan 20 lembar crepes dengan diameter 20 cm. Pilih selembar cake dengan penampilan yang paling bagus dari semua crepes yang anda buat, kita akan meletakkannya di bagian paling atas cake. 

Note: untuk hasil crepes terbaik gunakan pan yang agak tebal sehingga menghasilkan panas yang stabil. 

Menyatukan crepes


Siapkan mangkuk mikser, tuangkan krim kental, gula bubuk dan rhum essence. Kocok dengan speed rendah hingga tercampur baik, kemudian kocok dengan speed sedang hingga krim menjadi mengembang dan kaku. 

Note: jangan mengocok krim terlalu lama karena krim akan pecah dan terpisah antara lemak dan air. Jika krim telah pekat, kembang dan kaku segera hentikan mengocok, tidak perlu melanjutkannya lagi. Karena itu sesekali matikan mikser anda dan cek kondisi krim. 

Tuangkan pastry cream di mangkuk besar, masukkan sekitar 4 sendok makan krim ke dalam adonan pastry. Aduk cepat dengan spatula untuk membuat krim menjadi lebih encer dan memudahkan kita untuk mencampur sisa krim kocok dan adonan. 


Tuangkan sisa krim kocok dalam beberapa bagian ke dalam adonan, kemudian aduk dengan spatula menggunakan teknik aduk balik atau lipat (folding). Jangan mengaduk searah jarum jam atau berputar, tapi iris adonan menggunakan tepi spatula kemudian menyusuri dasar mangkuk angkat dan lipat adonan. 

Lakukan hingga semua kocokan krim kental habis dan adonan tercampur dengan baik. Adonan yang terbentuk pekat, mengembang dan ringan (fluffy), yang memudahkan kita untuk mengoleskannya ke permukaan crepes. 


Siapkan piring datar ukuran besar, letakkan selapis kertas baking di permukaan piring. Letakkan selapis crepes di tengah-tengah piring, kemudian letakkan kira-kira 2 sendok makan adonan krim di tengah crepes. Menggunakan spatula ratakan adonan krim sehingga seluruh permukaan crepes tertutup krim. Tutup permukaan krim dengan selembar crepes, lakukan hingga semua adonan krim dan lembaran crepes habis. 


Letakkan selembar crepes dengan penampilan terbaik di lapisan paling atas cake. Tekan sedikit permukaan cake dengan telapak tangan agar lebih padat kemudian masukkan cake ke dalam kulkas minimal 4 jam untuk membuat krim menjadi keras dan cake mudah dipotong. 

Menurut saya cake yang disimpan dua malam di dalam kulkas lebih padat teksturnya dan krim tidak mudah meleleh saat diletakkan disuhu ruang. Keluarkan cake dari kulkas, kemudian potong-potong cake dengan pisau tipis yang sangat tajam. Cake siap disajikan. Super yummy!

Sources:
New York Times Magazine - Gateau de Crepes, yang diadaptasikan dari Joy of Cooking untuk adonan crepes dan "Desserts" by Pierre Herme dan Dorie Greenspan untuk pastry creme.
Wikipedia - Crepe
Whats Cooking America - 20-Layer Crepe Cake
Wikipedia - Creme Brulee 

  



166 komentar:

  1. huhu...panjang benar ni entry :) rasanya ngak sanggup, dibeli aja jika ada..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahaha, sebenarnya buatnya gak susah kok, cuman penjelasannya memang lebay kayanya heheheh

      Hapus
  2. Hai Mbak Endang,
    Mbak, utk mentega yg dipakai pastry cream brp banyak ya?
    Hhehehe..

    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloow Mba Dita, sudah saya betulkan resepnya ya, thanks loh, ketinggalan wakakka, 3 1/2 sendok makan yaa

      Hapus
  3. mbak, ini kayak Hokkaido thousand layer cake yang dijual di mall itu ga sih?*emang mehek harganya..secara cara bikinnya panjanggg dan lamaaa ya..^_^ - Yuni-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba yuni, yepp benar sekali, banyak namanya, cuman memang kalau dah dibuat sama jepang selalu pakai embel2 hokaido wakakka

      Hapus
  4. wahhhh paaaaaaaanjanggg ya mb prosesnya bener2 perang nih didapur wakaka hrs kudu sabar dan telaten nih makannya aja ga ada 5mnt hahaha klo mau cb bikin ini hrs nunggu hr libur biar sikecil ada yg jaga hehe mb kapan nih bikin pancake durian mumpung msh musim durian runtuh hehe
    "Jayalah selalu diudara..."
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloow mba yeni, buatnya dalam 2 tahap saja, bikin adonan crepes dan krim, besoknya baru dadar dan tata layer, gak susah kok cuman memang penjelasannya panjaaang yaaa hehehhe

      Hapus
    2. Sore mba kalo krim kental sudah dicampur dgn krim pastry ny boleh diinapkan semaleman ga ya di kulkas? Karena takut ga keburu pas menyiapkan semua ny. Makasi ya sebelum nya buat jawaban ny

      Hapus
    3. Hi mba, bisa ya, krim pastry tahan hingga 3 hari lamanya di chiller. Tutup permukan cream dengan plastic wrap yang menempel langsung di krimnya, jangan ada rongga udara antara krim dan plastik

      Hapus
  5. sya punya resep ini sejak beberapa bulan lalu tapi rada takut nyoba, takut gagal. tapiii... karna mbk Endang udah posting resep jadi sya mau nyoba pake resepnya mbk aja, yakin pasti anti gagal (resep mbk Endang yang sya coba ga pernah gagal)... trims ya mbk... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloow mba oka, hehehe, saya rasa gak jauh2 beda sama resep saya ya, ayooo dicoba mba, gak sesusah yang dibayangkan kok, swearrrr! wakkaka

      Hapus
  6. Pernah ada yang jual ini online... penasara...n bgt... karna cuma lihat foto ga bisa bayangkan rasa dan teksturnya seperti apa. Eh... Mba Endang posting resep dan detail step by step nya... akhirnya saya bisa bayangin kira-kira gimana rasanya ... Tapiii... ga yakin saya bisa bikin :D walaupun sangat ngiler liat fotonya ... apalagi yang sudah dipotong itu... mmmm... pasti yummy bgt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba evi, rasanya perpaduan antara crepes, krim dan isi sus vanila ya, gak jauh2 dari itu lah heheh. saya yakin mba evi bisa membuatnya karena sebenarnya gak susah kok, kalau beli mahal boooo heehheh

      Hapus
  7. Wow... ini sangat menantang..
    Copy n masukin file..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ria, menantang untuk dimakan atau dicoba??? wakkakakk

      Hapus
  8. Hai kak pernah liat ada yg jual online tp warnanya coklat. Kalo di variasikan pake coklat bs ga? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Hana, bisa kok, adonan crepes dan krimnya ditambahkan coklat bubuk ya.

      Hapus
  9. salam baking mbak Endang :)
    keliatannya nih Mille Crepes ngeri2 sedap hehehe...
    kalo hasil akhirnya di kasih taburan keju ato coklat cair bisa ya mbak?? trus tanpa vanila ekstrak ngaruh di rasanya apa ngga???
    oiya mbak Endang, Maap ni nanya tapi bukan resep yg diatas... mengenai resep pizza nih mbak, di situ kan mbak Endang nulis resepnya pake "minyak sayur atau minyak goreng biasa (saya menggunakan minyak zaitun) " ... yg jd pertanyaan, antara pake minyak sayur atau minyak goreng dengan minyak zaitun apa ada perbedaan dari hasil akhirnya mbak, entah itu rasa, tesktur ato apa yg beda??? trus sy ada pernah baca resep dough pizza pake extra virgin olive oil..itu sama aja dengan minyak zaitun yg mbak Endang pake y??? Maap y mbak, sy borong pertanyaannya... sebelum nanya dikenakan pajak hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai salam kenal ya, untuk crepes diatas silahkan kalau mau dikasih keju parut atau coklat cair ya. Tanpa vanila ekstrak tidak terlalu berpengaruh dengan rasa.

      untuk pizza, bisa pakai minyak jenis apa saja, tidak berbeda dari tekstur dan rasa, saya pakai olive oil karena lebih sehat saja.

      yep, virgin olive oil sama ya dengan minyak zaitun.

      Hapus
    2. Tengkiyu mbak Endang, udah bersedia ngejawab pertanyaan sy :)

      Hapus
  10. Hai mba endang, sudah lama sy ngga main kesini resepnya udah nambah banyaaakkk banget..

    Kalo sy bikin mille crepes ini pakek wajan kwalik mba. Ituloh yg kaya teflon tapi bagian pantatnya yg dipake. Cepet dan okebanget hasilnya mba. Kan klo pake teflon tengah lebih tebel drpd pinggir.

    Satu lg mba. Kalo sy oles pakek simple syrup tiap lapisan crepesnya sblm olesin krim. Selain crepesnya jd lebih lembut, kalo masuk kulkas ga jasi kering, tetep moist, jd hari ke tiga pun tetep lembut. Nyummm...

    Anyway, selamat ya mba sudah melewati tantangan kue seribu lapis ini. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rosaline, thanks tips dan infonya ya, iya nih sudah lama denger mengenai wajan kwalik cuman belum berniat beli wakakkak. next time kalau buat lagi mille crepes saya akan pakai tipsnya yaaa.

      thanks! sukses selalu ya!

      Hapus
  11. Ini nm lainnya cake" I love you" di klp gading n GI ada jual muahaaalnya minta ampun..emang rasa ga bs boong..uenaaak rek..ada rasa green tea,oreo,original,vanila.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya namanya banyak ya tergantung modifikasinya, nama aslinya mille crepes dan original dari prancis. Kemarin waktu di Love saya lihat namanya first love cake hehehhe

      Hapus
  12. Halo mbak.... Jadi pengen nyobain nih mbak , lezat banget kayaknya hehehe

    Oya mbak saya mau tanya , saya kan tidak suka rasa vanilla , pengen rasa coklat. Gimana ya mbak resepnya biar jadi rasa coklat, di bagian mana yang harus ditambahkan coklat: dan menggunakan coklat apa.

    Terimakasih mbak
    Vicka , Malang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Vicka, tambahkan saja coklat bubuk ke pastry creamnya Mba, saya rasa 2 sendok makan oke ya, Kalau mau buat saja crepesnya rasa coklatm tambahkan 1 sendok makan coklat bubuk ke adonan crepes.

      Hapus
  13. Mbak. Untuk mix pastry cream dan whip cream knp g boleh diputar ya, tp dilipat? Apa karna whip cream ga boleh dkocok trlalu lama? Klo misal kocok whip creamnya setengah kaku, lalu dcampur pastry cream pakai mikser, sama atau tidak ya, hasilnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak boleh ya, harus pakai teknik folding atau lipat balik. Whipped cream mudah sekali lumer dan mencair, kita gak ingin itu terjadi karena itu harus diproses dengan lembut dan hati2. Kalau mencair akan susah mengoleskannya diantara crepes

      Hapus
    2. Ooo, karna takut cair ya, Mbak. Oke, terima kasih banyak, ya, Mbak.. :)

      Hapus
  14. mba endaaaang.. juara deh ini. panjang sekaliii.. looks like medovik ya.. mau eksekusi medovik tp blm sempet aja.. sekarang liat resep ini air liur netes".. nampak harus meluangkan waktu seharian buat sengaja bikin ini.. thanks for share the recipe.. i really love u'r blog..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wakkaka, ini kue kayanya project seumur hidup, alias sekali sajaaaaa. Cuapek dan lama, butuh waktu 1 harian hehehhe

      Hapus
  15. selamat malam mba, mau bertanya, ini bikin adonan crepe dan pastry cream nya, jika mengurangi jumlah telur nya dari 5 jadi 4 saja, apakah tdk apa2? krna kurang suka rasa creamy telur yg trlalu kuat.
    lalu utk adonan crepe, apakah perlu memisah putih dan kuning? (yg putih dikocok hingga soft peak dulu)
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa masih bisa kalau dikurangi jadi 4 ya, pakai vanilla ekstrak untuk mengurari bau amis telur.

      untuk adonan crepes, saya tidak memisahkan kuning dan putih seperti resep aslinya, kalau mau dilakukan silahkan ya, saya sendiri belum coba.

      Hapus
    2. slamat malam mba, terima kasih atas respon nya, saya akhrnya memberanikan diri utk mencoba, dgn sedikit modifikasi disana dan sini, dr percobaan pertama, hasilnya not bad, namun ada bbrp prtanyaan yg sekiranya bisa dibantu mba:
      1. berapa lama waktu yg diperlukan krim (saya pake merk "anchor" whipping cream) utk mengembang dan kaku krn krim sy cuma mengental sedikit? (krn tdk ada pengocok mesin, sy pakai blender..)
      2. campuran pastry & krim (yg stgh encer td) sy campur dgn remah oreo dan krim nya, hasilnya malam bergerindil, saran mba bgmn?
      terimakasih banyak mba

      Hapus
    3. halo berikut jawaban saya ya:
      1. waktunya saya tidak bisa menentukan karena beda alat bisa beda waktunya, bahkan beda mikser bisa beda juga kemampuannya. jadi saya patokan ke teksturnya saja, kalau sudah pekat, dan terbentuk soft peak, segera hentikan proses, berlebihan mengocok akan membuat krim pecah. saya tidak pernah menggunakan blender, putarannya yang sangat cepat khawatirnya krim pecah, krim tidak encer, kalau encer susah mengaplikasikannya ke layer crepes.

      2. kalau bergerindil sebaiknya disaring untuk krim pastry-nya tetapi tidak untuk krim kocok. nah saya kurang tahu kenapa setelah dicampur bergerindil, kalau pastry cream mulus dan sudah disaring harusnya ketika dicampur dengan krim tetap smooth ya. kemungkinan bergerindil karena pastry keras sehingga sulit dicampur dengan krim kocok. sebaiknya tambahkan sedikit susu cair kalau pastry terlalu kaku.

      Hapus
    4. mbak Endang.. untuk hasil creaps nya sendiri basah/ kering crispi ya?? mohon di bantu, terimakasih

      Hapus
    5. hai mba, crepes ini gak cripsy ya, dia lemas, lembab seperti dadar gulung dan memang seperti itu seharusnya

      Hapus
  16. Hai mba Endang..
    Semalem ak eksekusi untuk buat resepnya mbak ini..dan hasilnyaaaaaaa Gitu Deh -__-.
    oya mba Ada Pertanyaan niy, untuk hasil "Creaps" yg sebenarnya itu gmna sih mba? Basah/ kering crispi?? Soal nya wkt bikin semalem hasilnya ky dadar gulung mba..crispi di bagian pinggir aja, bener gitu ato salah?
    tolong di bantu ya mba, Penasaran niy pgen bikin smpe bener2 jadi Uwenaks, hehehe
    makasih mbak sebelumnya.
    -Kikit-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, crepesnya beda sama crepes yang suka dijual di mall2, yang pakai isi macam2, itu crepesnya crispy ya.

      Nah mille crepes gak crispy Mba, melainkan lembab dan empuk, karena memang harusnya seperti itu, saat dimakan diharapkan langsung meleleh dimulut.

      Hapus
  17. Halo mba, bisa dibikin variasi rasa di cream nya gak ya?
    Ada saran untuk variasi rasa creamnya? Kalau bisa skalian resepnya sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Kevin, umumnya coklat ya, silahkan tambahkan coklat bubuk saja di creamnya ya.

      Hapus
  18. Halo mba endang ..
    Terimakasih atas post mba endang ini ..
    Meskipun panjang, tapi saya suka karena saya jadi tau bagaimana cream dan crepes yang bagus ..
    Alhasil saya berhasil buat mille crepes ini meskipun baru pertama kali saya coba ..
    Saya tambahkan strawberry, milo dan oreo, biar tambah yummy ..
    Saya buat kue ini untuk pacar saya yang berulang tahun hari ini ..
    Semua yang coba bilang enak ☺️
    setelah saya post foto kue di akun instagram dan path saya, beberapa temen pengen belajar buat kue ..
    Hmmm
    Double bonusnya ☺️☺️

    Sekali lagi, terimakasih mba endang ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Laksmi, thanks sharingnya ya. wah ikutan senang cakenya disuka dan bahkan jadi banyak yang ingin belajar membuat kue heheh. mantappp

      Hapus
  19. Salam kenal mba endang,,saya sudah coba eksekusi resep ini.hasilnya memuaskan dan sewaktu sy pasang pp semua teman" komen.Setengah kue dibawa suami ke kantor buat teman"nya dan setengahnya sy bagi" sama teman" yg komen...semua bilang enak.Saya pake pan diameter 24 @100 ml. Rasanya ada kemiripan ama klappertar..Terima kasih banyak mba endang semoga tambah berkah.
    Rizka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halow mba Rizka, thanks yaa. Wah cake ini perjuangan banget buatnya yaa wkakak, tapi ketika telah jadi puas banget dengan rasanya heheheh. sukses selalu!

      Hapus
  20. Mbak adonan mille crepsnya itu disaring gak ? Trus kalo uda di diemin di kulkas pas keluarinnya apakah padat teksturnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo deva, disaring boleh mba, untuk memastikan tidak ada gumpalan.

      yep kalau keluar kulkas dan dingin akan padat, terlalu lama disuhu ruang akan meleleh ya

      Hapus
  21. Mba endaangg haloo aku mau tanya klo krim kental sama whiped cream bisa bikin sendiri ga ya? Klo bisa gmn caranya mba? Kepingin bikin tp ga pny krim kental sama whiped krim hehe. Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. krim kental yang hanya dipakai buat cooking bukan untuk dikocok bs dibuat sendiri dengan mencampurkan mentega dan susu cair, tapi kalau untuk dikocok nggak bs dibuat sendiri ya, harus beli heavy cream yang memang khusus untuk dikocok.

      Hapus
  22. Klo beli krim kental belinya dmn mba dan merek apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak di supermarket besar di bagian dairy food ya, ukurannya biasanya 1 liter, tapi merk elle n vire ada ukuran 200 ml nya.

      merknya macam2 ada roselle, avoset, president, elle n vire, orchid. banyak kok

      Hapus
  23. halo mba Endang,,mau nanya,,klo krim kental yg bisa dibuat sendiri,,kan mencampurkan mentega dan susu cair,,mencampurnya di mikser kah? dan takaran mentega dan susunya seberapa ya? hihi

    makasih mba
    Rina

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba rina, krim kental untuk keperluan whipping/kocok tidak bs dibuat sendiri ya, yang bs dibuat adalah krim kental untuk cooking. dan yep dibuat dari mentega dan susu.

      nah untuk mille crepes butuh krim kental untuk whipped cream ya, jadi mba harus beli krim untuk tujuan itu.

      Hapus
  24. halo mbak, salam kenal.. mbak klo sy mau oreo mille crepes gmn y? mkst nya crepes nya yg jd oreo.. tp utk filling nya ttep..
    makasih mb.
    dyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dyah, wah yang ini saya belum pernah coba dan lihat juga, tapi saya rasa bisa2 saja yaa, tata pakai loyang bongkar pasang saja, supaya mudah dilepas dan bentuknya cantik. cuman butuh oreo banyak banget dong ya

      Hapus
  25. hmmmm.. mb endang, mkst saya adonan crepes nya yg ditambahkan oreo, sy mikir klo misal oreo diblend dlu sm susu bs ga ya? trs disaring gtu mb.. ehehe.. krn sy sering beli mille crepes oreo ini crepes nya warna coklat kehitaman.. ga tau jg sih itu ditambahkan oreo atau dcc mb.. mari belajar bersama mb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dyah, waah saya belum pernah coba dan cicipi yang rasa itu ya, hehehe.

      kayanya crepes-ya pakai coklat bubuk ya, dan oreonya gak dihaluskan, hanya di hancurkan kasar dan dimasukkan ke dalam krim nya.

      Hapus
  26. ok besok sy mo coba buat yg oreo mb , smg berhasil sesuai yg diharepin hehe,
    oiya mb, itu pastry nya jadinya apa sama kyk fla nya pudding gtu y mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dyah, beda sama fla puding ya karena krimnya ini lebih kental dan mudah meleleh.

      Hapus
  27. hai mb endang, ini crepes nya pas udh di masukin kulkas bgtu dikeluarin nunggu dingin dl atau gmn y mb?
    sy buat adonan crepes nya smlem, smlem sy coba buat 1 bagus crepes nya.. tp bgtu td dikeluarin dr kulkas hasilnya crepes malah ga mulus kyk smlem.. apa mesti di diamkan dl?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung digunakan saja mba, maksimal waktu penyimpanan di kulkas 1 malam, tapi lebih baik hanya beberapa jam saja ya. crepes mulus banyak faktor, salah satunya panas pan yang digunakan, tidak boleh terlalu panas atau terlalu rendah suhunya.

      Hapus
  28. Salam mba endang :)
    Terimakasih sudah share resepnya mba dan membuat saya ingin sekali mencobanya dirumah :)
    Saya borong ya mba pertanyaanya hehe
    Untuk adonan dan pastry creamnya dicampur ya? Dan untuk ukuran 5 sendok untk mentega itu brp gram mba kira2?
    Saya mau pake mentega merek orchid yg biru apakah boleh?
    Dan untuk krim kocok saya ingin ganti rhum dgn vanili bisa tidak?dan ditambahkan dengan cream cheese?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, salam kenal ya.

      berikut jawaban saya ya:
      1. Yang dicampur itu pastry cream dan krim kocok ya, sedangkan adonan crepes dimasak terpisah
      2. 1 sdm mentega = 14 gram
      3. Bisa pakai mentega merk apapun ya mba
      4. krim kocok tidak bs digantikan ya mba, tapi kalau mba mau ganti dengan cream cheese nah ini saya belum pernah coba, jadi mba harus trial dan error sendiri yaa.

      sukses selalu

      salam

      Hapus
  29. Mbak mau tanya apakah krim kental bisa diganti dengan whipped krim bubuk? Maaf mbak masih newbie...Terimakasih... (lia)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lia, yep bs ya mba, banyak kok yang pakai whipped cream bubuk

      Hapus
  30. Dear Mbak Endang... saya sudah buat utk kedua kalinya dan berhasil juga... karna pan saya lebih kecil maka saya bisa menghasilkan 39 lembar crepes yg kemudian saya bagi menjadi 3 mille crepes (original cream, pake nutella n mix) ...sebagian cream pastry saya campur dengan Nutella ^^ karna suami saya suka banget coklat.
    Kalo utk saya sendiri, yg original itu udah enak banget :D
    Untuk mendinginkan pastry cream saya pake teknik yg ice bath dan creamnya smoothhhhh bgt ^^
    ^^ thank you mbak Endang dan JTTnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Ivana, waaah selamat yaa wakakakk, sampai buat dua kali, saya sekali saja mabok mba. Pengen juga next time buat pakai teknik ice bath nih wakkaka

      thanks sharingnya yaa

      Hapus
  31. Thx mbak endang resepnya... enak bgt.. anak sy jg suka... mbak ada yg mau sy tanyain... kl crepesnya sudah dioles fillingnya apa bs disimpan untuk beso or 3 harian gitu ya mbak.. sy masukin ke kulkas bukan freezer kok jdnya berair ya.. cara simpen yg benernya gmana seh mbak?
    thx bgt ya mbak

    lusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lusi, thanks sharingnya ya.

      saya simpan sampai 4 hari di chiller dan gak papa2 ya, tidak berair, mungkin mba pakai krim kental yang dairy cream ya, saya pakai yang non dairy. Yang dairy memang mudah meleleh. Sayangnya agak susah cari non dairy cream, saya beli merk avoset di toko bahan kue, kayanya di supermarket belum dijual bebas.

      Hapus
  32. Mba saya mau tanya nih, untuk krim pastry nya apa bisa diganti cuman dengan whipped cream aja? Soalnya alat saya terbatas karna tinggal di kost
    Trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, kalau masalah bisa sih tetap bisa ya, hanya saja rasanya kurang oke kalau hanya whipped cream saja ya, jadi saran saya sebaiknya tetap pakai krim pastry ya

      Hapus
  33. Hai mba endang,, salam kenal...maaf nih,,mau nanya tp bukan ttg mille crepes nya..tapi lebih ke jenis crepes basah dg isian seperti resep diatas,,kira2 tahan brp hari klo diletakkan di suhu ruangan?..makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba ratih, maksudnya crepes suzette ya, hanya tahan 1 hari disuhu ruang ya mba, keesokan harinya biasanya basi karena adonan mengandung telur dan susu

      Hapus
  34. Mba endang, aq udah nyoba resep ini, rasanya gila enak buanget, dan ternyata emang gak sulit kok buatnya, hanya saja butuh waktu yg lumayan.. hehee
    InsyaAllah lebaran mau siapin kue ini buat tamu, kali aja besok2x ada yg pesen, hahaa..
    Dwi..samarinda

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Dwi, thanks sharingnya yaa, senang sekali resep mille crepes ini disuka. Memang butuh kesabaran tingkat dewa yaaa hhehehhe

      Hapus
    2. Mba kue ini kalo dsimpan 1minggu lebih masih bagus gak ya?

      Hapus
    3. Terus kalo bikin adonan crepes dan creamnya misal hari ini, trus aq simpan di kulkas 3 hari kemudian baru di dadar bisa gak mba ya?

      Hapus
    4. hai mba Dwi, satu minggu sebenarnya masih oke secara fisik ya, tetapi secara kesehatan produk makanan mengandung telur sebaiknya di chiller gak lebih dari 3 hari ya.

      adonan crepes bs dibuat sebelumnya, maksimal 3 hari di chiller ya

      Hapus
    5. Ooowh bgtu, ilmu baru lg ni, thanks infonya mba endang ...

      Hapus
  35. Masih maju mundur buat bikin ini...ngeliat jumlah telurnya >< hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, belum banyak Mba Eka, masih banyak lapis surabaya hehehe

      Hapus
  36. Mba kalo adonan crepes nya ditambah bubuk green tea kira2 takarannya brp sendok?dan untuk pastry cream apa bisa ditambah creamcheese?brp takarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mb febri, cuma pakai 2 sendok teh dilarutkn air panas 2 sendok makan. Kalau kurang terasa tinggal ditambah sedikit demi sedikit.

      Pastry cream bs tambah cream cheese ya, nah takaranya mba harus coba2 krn saya belum pernah coba mb, mungkin mula dr 100 gram ya

      Hapus
    2. Mba endang sy uda bikin hehehe..green tea powder nya saya campurin langsung 2sd,jadi ada bintik2nya tapi enak hahhaa..

      Pastry cream sy jadinya ngikut resep, ga ditambah creamcheese,tapi kok encer gitu ya mba,ga bisa fluffy,kira-kira kenapa ya?

      Hapus
    3. pastry cream: krim kental harus dikocok sampai kaku dan gak boleh over mixing ketika mengaduk, Encer kemungkinan besar over mixing

      Hapus
    4. Ooo gitu...makasi mba tips nya..next time pengen coba lagi..masi penasaran hehe

      Hapus
  37. Mbak, udah coba,pas n enak lho (kata yg makan,karena sy cuman sepotong kecil nyobainnya, takut ndut lg), cuman fillingnya ada sisa lumayan,hampir semangkuk padahal udah diselip2in sepadet mungkin tuh, iseng didiemin di kulkas seminggu lebih ga diapa2in kok ga berubah secara fisik dan rasa, kenapa bisa gitu ya mbak? Makasih banyak udah di ajarin bikin cake ini lohhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya sukses dicoba dan disuka ya. Untuk cream pastrynya, bisa tahan 3 s/d 1 minggu di chiller, asalkan suhu chillernya oke.

      Hapus
  38. Waa...ini resep yg saya cari mb.... tp prosesny kok panjang ya .... huff..ayo semangat!!!! Tq mb endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mba Iin, yepp panjang dan lama prosesnya.Tidak susah sebenarnya tapiiii, butuh perjuangan hahahha

      Hapus
  39. Halo mbak, waah udah lama banget kepengen bikin sendiri kue ini.
    Mau tanya mbak, kalau krim kentalnya diganti dengan whipped cream bubuk hasilnya bakal sama dg yg pakai krim kental? lebih enak yg mana mbak?
    soalnya yg ada lemari bubuk whipped cream bubuk nih hehe. thanks mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Annisa, saya terus terang belum pernah pakai whipped cream bubuk, tapi seharusnya bisa2 saja ya mba, karena kan sama fungsinya seperti whipping cream cair biasa

      Hapus
  40. Mba kira kira kalo cuma pake whip cream+cream cheese rasanya oke ngga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sih oke ya, tapi akan cepat sekali meleleh di suhu ruang, susah ketika akan dipotong

      Hapus
  41. Halo mba mau tanya, saya udh coba bikin tp saya pakai nutella dan whip cream tapi knp ya setelah jadi saya masukin kulkas biar nempel, tp ternyata whip cream nya agak cair ga nempel. Apa karena saya kelamaan atau terlalu sebentar wkt mixer si whip cream ya? Jd biarpun udah msk kulkas pas mau dimakan lapisannya ga terlalu nempel.

    Trs mau tanya mba ini kan terigu, kalo masuk kulkas utk disimpen bbrp hari jd keras ga ya?

    Thanks mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, pastry creamnya mengikuti resep diatas atau hanya diganti nuttela dan whipcream? pastry cream mengandung tepung itu yag membuatnya gak cepat meleleh.

      nggak keras ya saya sudah coba 4 hari di chiller baik2 saja

      Hapus
  42. Hallo mba endang mau tanya saya udh coba buat dan enak bgt nah sya mau coba apa pastry cream bisa d modifikasi d jadiin rasa green tea atau taro atau red velvet atau rasa rasa yg lain dan campuranya apa d masukan d campuran telur tepubg maizna gula dan susu baru d campur ke susu yg d didihkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mas Rusyadi, bisa ya, cara memasukkaannya ketika pastry cream diaduk semua jadi satu, tambahkan pasta2 tersebut, aduk rata.

      Hapus
  43. mba endang. klo bikin pastry krim ga pake telur gmn mba? soalnya takut bau telurnya berasa. atau klo pake 1 telur gmn mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Azam, umumya pastry cream memang mengandung telur ya, untuk menumpas bau amisnya pakai vanilla ekstrak. Tapi tetap bisa dibuat tanpa telur ya, rasanya mungkin kurang mantap, tapi tetap bs karena cream akan tetap mengental dengan adanya maizena didalamnya, kalau terlalu encer tambahkan porsi maizena di resep.

      Hapus
  44. mbk aku sdh coba mile ini, enak bgt rasanya, cuma mau tanya kenapa ya pastry creamnya waktu kucampur dengan whipped cream kocok kok jd agak bergerindil. Padahal sebelumnya smooth bgt
    waktu campur pastry cream ama whipped itu pastrynya dimasukkan kulkas dulu gak sih, soalnya saya masukin kulkas dulu pastry creamnya sampai agak dingin baru kucampur whipped creamnya. Apa ini salahnya?Mohon pencerahan karena pengen jual ini...tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Retno, bergerindil karena konsistensi adonan terlalu pekat. Mba harus campurkan sebagian krim kocok ke pastry cream dulu, aduk hingga pstry cream menjdi sedikit encer baru masukkan sisa krim kocok. mencampurkan sekaligus semuanya akan membuat adonan bergerindil. Pastry cream tidak masalah disimpan di kulkas.

      Hapus
  45. mbk tx balasannya, alhamdulilah sdh dpt pesanan mbk , thanks bgt resepnya and tutorialnya, o ya sama yg kedua kali aku bikin kan adonan crepes dimasukkan kulkas dulu sblm didadar, kok pas aku keluarkan ada margarinenya yg misah brindil2 gitu knp ya mbak, pas aku dadar sih mulus tp jd gak enak nyendoknya wkt dadar n takut ada rasa yg berbeda. Ini kenapa ya mbak?
    Sama kalo misal mo bikin mile crepes rainbow mbk sarankan pake pewarna atau pasta ya?
    Pewarna yg mbak pake biasanya merk apa mbak tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Retno, kalau adonan crepes bergerindil cukup saring saja mba, dan hasilnya akan mulus.

      setahu saya pasta lebih bagus ya warnanya, tapi tergantung selera ya mba, saya kadang pakai merk Wilton ya

      Hapus
  46. Mbaa aku udah coba resep ini. Jadinya tinggi banget wkwkwk.. kata tmnku enak kayak yg dijual di toko sebelah hihihi.. mau coba tambahin greentea soalnya stok byk. Makasih yah mba resepnya. Oh ya aku juga slalu pake resep betutu mba. Tmnku suka pesen tapi akunya yg males hahaha.. maaf jd panjang komennya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Harsi, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Sukses selalu yaa

      Hapus
  47. Halo mba Endang, Aku Ridha dari Aceh. Aku mau cerita dikit boleh ya. Dulu, aku itu paling males masak, iseng nyari2 resep brownies waktu itu, ketemu sama Classique Brownies dri mba Endang, aku coba, awalnya gagal, penasaran, coba terus dan ternyata Alhamdulillah berhasil. Teruuuss.. aku coba nyari2 resep lainnya di google, selalu ketemu sama resep2 mba Endang, aku coba lagi, Enak2 semua, anti gagal, dan akhirnya aku jadiin resep2 dri mba Endang utk acuan latihan memasak aku. Maklum mba, di Aceh susah banget nyari cooking class :( Lama berselang, aku yg tadinya males banget ke dapur jadi malah ketagihan kepasar, nyari bahan utk di masak, soalnya aku udah ketemu sama resep yang aku yakin banget pasti enak (aku doyan makan juga sih sebenarnya. Hehehe). Ada beberapa resep dari mba Endang yg aku jadiin favorit, hingga aku jadiin bisnis. Hehe.. aku suka banget sama Spaghetti Casserole, Lasagna, dan beberapa resep western lainnya. Mba tau gk sih, krna Izin Allah dan resep mba Endang, aku udah buka Cafe skrg. Bnyak yg muji masakan aku, resepnya dari Mba Lhoo... kapan ya kita bisa ketemu, pengen bilang makasi banyak, dan aku skrg bingung mau nulis apa yg harus aku ungkapin utk nyampein rasa terima kasih aku krna mba udah begitu leluasa bagi2 resep masakan yg enak2 :D Salam mba Endang. Hope to meet you soon. Semoga Allah selalu memudahkan urusan Mba ya.. Terima Kasih mba.. Love you much much :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Ridha, salam kenal dan thanks sharingnya ya. senang sekali resep2 JTT disuka. Waah mantap, saya senang sekali membaca dengan resep2 JTT Mba Ridha bahkan sudah berhasil membuka cafe, saya doakan semoga usahanya semakin maju yaaa. Sukses selalu dan amiiin atas doanya yaaa. ^_^

      Hapus
  48. Malam Mbak endang.. aduh Baru nemu Ni blognya Mbak, Dan pengen banget buat resep2nya Mbak...

    Cuma karena Baru belajar NIH masak2,help dunk Mbak merek yg digunakan... maaf awam banget Aku... please... THX u mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hlo Mba Shella, salam kenal dan thanks sharingnya ya, semoga resep2 JTT bs dicoba dan membantu di rumah yaaa. sukses selalu.

      Hapus
    2. Mbak untuk resep diatas..
      whpping krim, pakai merek atau brend APA ya Mbak?

      Hapus
    3. saya pakai avoset ya mba, non dairy whipping cream

      Hapus
  49. Elo mba dapat bagi resep nya dalam bahasa malaysia ka????

    BalasHapus
  50. Halo mbak endang.. Mau tanya, untuk wrapping pastry apakah bisa diganti dengan menyimpan di tupperware yg kedap udara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, bisa ya mba, yang penting tidak terkena udara kulkas

      Hapus
    2. Mbak, kemarin saya udah coba bikin setengah resep. Ada beberapa hal yang mau saya tanyakan:
      1. Susu cair yang saya gunakan adalah frisian flag rasa french vanilla. Apakah ini akan berpengaruh ke rasa pastry dan crepes sendiri? Apakah sebaiknya menggunakan full cream?
      2. Karena saya kurang begitu suka yg terlalu manis, setengah resep takaran gula masih saya kurangi lagi jadi 2/5 takaran. Tapi hasilnya malah jadi kurang manis. Akhirnya saya akali dengan menaburkan gula halus diatas cake. Apakah resep mbak memang sudah less sugar sebelumnya?
      3. Saya menggunakan teflon kotak (uk 15x20) dan kesulitan mengira-ngira takaran untuk satu crepes. Hasil mille crepes saya pun tidak selembut yang saya bayangkan (walaupun belum pernah mencoba mille crepes sebelumnya). Apakah crepes saya berarti kurang tipis?

      Anyway, resep dari mbak ciamik! Sangat detail. Saya baru belajar masuk dapur tapi sudah lumayan puas dengan hasil bikinan sendiri. Thanks a lot :)

      Hapus
    3. Hai MBa Fildzah, berikut jawaban saya:
      1. tidak maslaah selama rasanya vnilla
      2. cake ini tidak terlalu manis ya
      3. bisa kurang tipis, bisa karena terlalu lama crepes dipanggang, atau adonan terlalu lama diblender sehingga bantat.

      salam

      Hapus
  51. Hai mbak endang makasih resepnya. Mau nanya nih, susu cair yg mbak gunakan merknya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasanya tidak tergantung pada satu merk ya, tapi fresh milk merk diamond saya suka

      Hapus
  52. Hallo mba Endang, aku mau tanya. Kalau adonan creamnya pakai coklat batangan yg di melting bs ga? N menurut mba Endang klo adonannya tsb masuk kulkas keras apa ga? Mohon wejangannya..
    Terima kasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bs ya mba Venda, coklat batagan akan mengeras ketika dingin, jadi tidak akan lembut di kue nantinya

      Hapus
    2. Oke, terima kasih ya Mba Endang infonya, btw resepnya sukses n yummy bgt ^^

      Hapus
  53. Kalau di mall bisa lurus kenapa kalau bikin sendiri menyon yaa..tipsnya gimana?hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa practice makes perfect yaaa, jadi banyak2 latihan saja hehehhe

      Hapus
  54. halo kaa endang, aku mau tanya waktu aku coba bikin menurut aku sudah berhasil semua ka terus pas aku mau nyusun adonan crepes sm pastrynya itu pas ti ketinggian brp gitu langsung jatuh ka:( apa karena pastry nya terlalu lembek ya ka bete udaah menjulang tinggi tiba3 jatuh:( bs dibenerin engga si itu ka atau aku kurang apa gt ka? makasi ya kaa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya bukan hanya ketinggian, tetapi krim pastry yag digunakan terlalu banyak, membuat lapisan antar crepes menjadi licin, sehingga crepes terpeleset ketika ditumpuk banyak. Krim pastry sebenarnya hanya berfungsi sebagai lem antar crepes, jadi oleskan tipis2 saja, kalau perlu pakai kuas saja mengoleskannya.

      Hapus
  55. Hai Mbak.. Aku baru nyoba resepnya ni.. Beneran enak.. Ak: modif dikit dengan tambahan oreo.
    Gak susah kok bikinnya. Total butuh waktu 3 jam.
    Makasi resepnya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Ney sharingnya, senag resepnya disuka, plus oreo keknya mantap yaa ^_^

      Hapus
  56. Halo mba endang, kalau mau crepesny lembut sekali kuncinya adalah tepung dicampur dengan telur dahulu suda tercampur masukan mentega atau butter sampai benar benar tercampur rata (ini adalah point penting crepes lembut), masukan susu sedikit demi sedikit sampai benar benar rata, kemudian saring, istirahatkan 30mnt dlm suhu ruang atau semalaman dalam kulkas, saya ngocok pake hand wisk tidak masalah dan tetap lembut loh crepesnya, intinya dimetode pencampurannya, saya dpt resep kulitny dsni dengan lebih sedikit telur
    https://youtu.be/58ZyDkPPyeE
    Crepes bisa dsimpan difreezer dan tahan 3bulan saat didefrost tetap lembut juga
    Selamat mencoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Vivi, wah makasih sarannya yaa, sangat bermanfaat sekali, next time pengen saya coba nih. Mantap! thanks yaaa

      Hapus
  57. Wuih mba...baca intro nya naik turun naik turun scroll saking bingungnya, haha. Ini gimana nyobanya mba, semoga aku berhasil ya mba. Krn pingin bingits bikin si mille ini. Muahal bener klo beli....^_^ pelit.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh, dibaca dulu dan ditelaah, baru dicoba, gak susah kok

      Hapus
  58. mbak saya sudah buat hasilnya smooth dan enak. tp rasa telornya pekat, gimana ya mbak biar rasa telornya ga pekat? terus kalo mau variasiin pakai oreo di cream pastrynya caranya gimana ya mbak? terima kasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurangi saja jumlah telurnya mba, dan pakai vanilla extract untuk menghilangkan amis, pakai bubuk coklat juga ok. Oreo cukup dihancurkan kasar dan dicampur ke cream pastry mba

      Hapus
  59. salam kenal mba Endang..selalu suka sm resep2 mba Endang.
    baru kmarin saya bikin ini krn request sahabat yg sedang ngidam, pakai resep mba Endang. Alhamdulillah sukses dan semua suka, sampai langsung ber-ide bikin varian lain. kebetulan juga dia minta soes eclair, sekalian lah vla saya bikin agak banyak. dengan sedikit modifikasi menyesuaikan selera, hasilnya ga mengecewakan. many love and thanks for you,Mba Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, thanks ya sharngnya, senang resepnya disuka. Sukses selalu yaa

      Hapus
  60. Salam kenal mb
    Maaf mau nanya, kalo pake bubuk whip cream kira2 butuh brp gram ya mb?
    Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga yaa, sayangnya saya tdak pernah pakai bubuk whip cream ya, jadi tidk bs mengira2 takaranya.

      Hapus
  61. Entah untuk yg keberapa kali nyoba resep di jtt, selalu sukses dan gak pernah gagal, seneng bgt!! Sukses mba endang:))) -Nadia

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Nadia sharingnya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  62. makasih mbak Endang...sangat bermanfaat...seneng bacanya aja,,,

    BalasHapus
  63. Mbak mau tanya kalo tepung maizena saya ganti dg tepung custard gimana ya? Soalnya msh punya sediaan tepung custard 😅

    BalasHapus
  64. Mba kalo mau menambahkan cream cheese/nutella/ovomaltine di fillingnya dimasukinnya pada saat kapan yah? Di mikser apa gmn caranya biar menyatu lembut? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, masuk ketika krim kental sudah dikocok kaku ya, kalau cream cheesenya btangan dan keras sebaiknya dikocok dulu hingga lembut baru masuk ke krim kental, supaya mau merata tercampur

      Hapus
    2. Mba biasanya creamcheese dikocok sampai lembut brp lama yah? Saya kok takut pecah tiap2 ngocok creamcheese...buat resep diatas kalo pake 100gr creamcheese kira2 cukup ga mba?

      Hapus
    3. hanya sampai lembut dan halus mba, waktu tergntung jenis mikser masing2. Silahkan tambah cream cheese untuk takaran sesuai selera saja menurut saya ya, krn saya tdk pernah coba pakai cream cheese

      Hapus
    4. Mba tanya lagi yah jangan bosen :) ... kalo mau dibikin millecrepes coklat yg dikasih bubuk coklatnya enakan di crepesnya atau krim pastry nya? Takarannya brp? Ukuran gulanya di kurangin lagi ga? Makasih

      Hapus
    5. hai mba, bisanya dua2nya ya, di krim dan pastry, nah saya belum pernah coba, mungkin 1 sendok makan, asalkan coklat bubuknya kualitas baik sih gak pahit.

      Hapus
  65. Mba endang kalo bikin dulu crepes nya kira2 tahan brp lama di kulkas? Atau lbh baik masukin freezer ya? Soalnya ini mau nyetok buat pesenan yang banyak..makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahan 3 - 5 hari di chiller ya, dibungkus rapat jangan kena udara kulkas. Kalau sampai lbh lama di freezer ya.

      Hapus
  66. HI mba endang, mau tanya..untuk krim kentalnya bisa pakai merk vivo..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bs pakai krim kental merk apapun asalkan itu whipping cream artinya bs dikocok hingga kaku

      Hapus
  67. Mbak Endang my favourite blogger of all time.... Ketika aku buntu baru nyadar suami ulang taun hari ini, aku melihat resep Mbak. Lalu kepikiran pengen bikin ombre hitam ke putih. Tapi ini jam 3 sore dan hujan deras. Dan aku gada stok apapun di dapur. Sungguh proyek ambisius yang diawang-awang ya. Akhirnya galau dulu sambil nerusin ngopi yg tinggal setengah akibat di pungli anak sendiri. Bikin.... Nggak.... cake ini apa nasi kuning?


    Penasaran? Tunggu jawabanku setelah nambah secangkir kopi lanang lagi. T____T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaha, sukses dengan result apapun yang dibuat Mba Kartika. Saya malah belum pernah bikin ombre cake wkakakak. Thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  68. Mbak mau ty di semarang sini ada cafe yg terkenal banget jual mille crepes cake tp kok crepesnya agak sedikit kaku gimana mbak kira2 cara buatnya soale kl aku buat yang pake resep ini crepesnya lembut banget di lidah, aku pengen yg agak kaku dikit , ada saran ndak mbak tx bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, saya kurang tahu caranya ya, kemungkinan pannya beda, jadi crepes bs garing.

      Hapus
  69. mbak mau ty untuk pembuatan crepesnya yang mbak tulis di atas apakah kalo resep aslinya tanpa mentega ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. resep asli pakai mentega mba, ini memang crepes tipe lembut, dan sebenarnya crepe aslinya memang teksturnya lembut.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...