28 Juli 2015

Resep Cake Lapis Surabaya - Moist, lembut, yummy!


Resep cake lapis surabaya super moist

Sejak dua bulan lalu saya menjalankan program penurunan berat badan. Walau sempat terhenti ketika Lebaran kemarin karena tak tahan dengan sedapnya rendang daging, sayur godhog dan ketupat, namun kini saya berusaha kembali ke misi semula yaitu memangkas sekitar lima kilogram lemak yang betah bertahun-tahun menempel di badan. Salah satu cara saya berdiet adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, gula dan lemak serta lebih banyak menyantap sayuran dan buah. Sarapan saya setiap pagi terdiri atas scramble eggs yang terbuat dari tiga butir putih telur,  satu mangkuk kecil sayuran kukus dan sebotol jus campuran buah dan sayuran. Jika terasa sangat lapar maka sedikit ubi jalar ungu kukus juga saya sertakan di dalam menu makan pagi tersebut. 

Total kalori dalam satu hari yang diasup saya jaga di 1300 kalori dan benar-benar menghindari gorengan dan makanan berlemak. Walau penurunan berat badan yang terjadi tidak secepat harapan, namun saya sedikit bernafas lega ketika celana jeans model skinny mulai terasa tidak terlalu mencekik pinggang dan paha. Saat minggu lalu jarum timbangan menunjukkan penurunan sekitar dua kilogram, saya pun meloncat girang. ^_^

Resep cake lapis surabaya super moist
Resep cake lapis surabaya super moist

Jika anda bertanya mengapa saya menghindari kuning telur maka alasannya memang semata-mata karena cholesterolnya yang tinggi. Dalam 1 butir telur ukuran medium seberat 70 gram mengandung 261 mg cholesterol dan kalori sebanyak 108 kcal. Cholesterol sebayak itu hanya disumbangkan oleh si kuning telur karena putih telur bebas cholesterol sama sekali. Batasan maksimal cholesterol yang diperbolehkan hanyalah 200 mg perhari. Jadi walau penuh gizi dan vitamin, namun saya memilih memperoleh kedua hal tersebut dari bahan makanan lainnya yang tidak mengandung cholesterol. Di usia yang semakin bertambah ini memang harus semakin pintar dan waspada dengan makanan yang diasup setiap hari. 

Tiga butir putih telur setiap pagi artinya saya menyisakan sekitar 60 kuning telur sebulan. Sabtu dan Minggu sengaja saya menghindari telur dan memilih sarapan lainnya. Kuning telur ini kemudian saya kumpulkan di dalam wadah tupperware yang jumlahnya semakin lama semakin menumpuk. Kuning telur mentah di chiller hanya bertahan sekitar 3 - 4 hari, lebih dari itu maka aromanya menjadi kurang sedap dan timbul lapisan keras gelatin di permukaannya. 

Resep cake lapis surabaya super moist

Nah berdasarkan literatur yang saya baca,  kuning telur ternyata juga bisa disimpan di dalam freezer hingga lebih dari satu bulan lamanya. Tips agar kuning telur tidak menggumpal (membentuk gelatin) saat telah dicairkan dari freezer, sehingga bisa digunakan di dalam resep kue atau cake adalah dengan menambahkan 1 1/2 sendok teh gula pasir atau 1/8 sendok teh garam di dalam setiap empat butir kuning telur. Berhubung karena saya memerlukan kuning telur mentah ini untuk membuat aneka cake dan kue maka saya menambahkan gula pasir. Campuran ini lantas diaduk hingga rata dan dibekukan ke dalam freezer.

Terus terang kegiatan menyimpan kuning telur baru pertama kali ini saya lakukan sehingga hati saya sedikit waswas kala akan mencobanya. Namun karena masa simpan kuning telur yang tidak lama di chiller maka sepertinya petunjuk di internet layak dicoba. Dua wadah tupperware berisi kuning telur lantas saya masukkan ke freezer dan dua bulan kemudian kuning telur beku tersebut saya keluarkan dari freezer dan digunakan untuk membuat cake Lapis Surabaya yang nendang ini.  ^_^

Resep cake lapis surabaya super moist

Untuk menggunakan kuning telur beku sangat mudah, cukup keluarkan dari freezer dan biarkan di suhu ruang hingga mencair. Awalnya teksturnya akan terlihat kental dan sedikit menggumpal namun ketika dikocok dengan mikser maka kuning telur akan berubah menjadi smooth, mengembang dan tidak ada bedanya dengan kuning telur yang masih fresh.

Bagaimana jika saya mempunyai sisa putih telur yang banyak? Mungkin itu pertanyaan anda selanjutnya. Jika membekukan kuning telur mentah di freezer memerlukan tambahan gula atau garam maka menyimpan putih telur mentah di freezer jauh lebih mudah. Putih telur yang komposisi utamanya adalah protein ini tidak memerlukan treatment khusus, cukup masukkan ke dalam wadah bersih bebas lemak atau cetakan es batu (ice cube) dan bekukan di freezer tanpa tambahan apapun. Ketika diperlukan maka putih telur cukup dicairkan dan siap digunakan untuk berbagai keperluan misalnya untuk membuat Angel Food Cake yang resepnya next time akan saya bagikan atau kue kering lidah kucing yang resepnya pernah saya posting di JTT. Anda bisa klik untuk resep lidah kucing disini. 

Resep cake lapis surabaya super moist

Berbeda dengan membekukan kuning telur yang menjadi pengalaman pertama saya maka membekukan putih telur di freezer telah cukup sering saya lakukan. Jadi jika anda memiliki putih telur yang sangat banyak, sisa membuat nastar, lapis legit atau kue a la Indonesia lainnya yang umumnya senang menggunakan kuning telur saja di resep maka sekarang tidak perlu bingung untuk menghabiskan si putih telur dalam satu kali kesempatan saja, karena menyimpannya di freezer dalam jangka panjang sama sekali tidak merusak tekstur dan fungsinya. 

Wokeh kembali ke resep cake lapis Surabaya yang resepnya saya ambil dari buku  Cake & Cookies, Resep Anti Gagal by Yongki Gunawan. Cake ini sangat terkenal dan umumnya sering bersanding dengan cake lapis legit yang legendaris. Salah satu kekuatan  Lapis Surabaya adalah teksturnya yang sangat lembut, moist, berpori halus dan sedikit padat. Untuk mencapai kondisi tersebut maka adonan cake ini menggunakan banyak kuning telur di dalamnya. Jika kita benar-benar menginginkan tekstur dan rasa cake yang nendang maka Cake Lapis Surabaya bukan termasuk jenis cake ekonomis, mengingat banyaknya kuning telur yang digunakan. Pada resep cake lapis Surabaya versi ekonomis, biasanya untuk membuatnya lebih terjangkau dan tidak terasa 'nyesek' di dada ketika cake gagal adalah dengan menggantikan sebagian porsi kuning telur dengan telur utuh. Namun berhubung karena kali ini saya memiliki banyak kuning telur maka saya pun mengikuti resep aslinya. One day mungkin saya akan mencoba versi ekonomisnya. Ah, berjanji lagi! ^_^

Resep cake lapis surabaya super moist

Untuk membuat cake ini sangat mudah, bagian terpenting dan harus diperhatikan dengan seksama adalah saat pengocokan kuning telur dan gula pasir. Adonan harus dikocok hingga mengembang tinggi dan berwarna putih pucat. Biasa dikenal dengan istilah ribbon stage. Saya mengocoknya dengan mikser duduk menggunakan kecepatan tinggi, dan memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai kondisi tersebut. Namun tentu saja waktu yang saya berikan disini tidak menjadi patokan baku karena beda mikser bisa berbeda kecepatan dan waktu yang diperlukan. 

Adonan kuning telur ini kemudian dicampurkan dengan mentega yang telah dikocok hingga lembut. Untuk memudahkan mencampurkan adonan maka aduk sebagian kecil adonan telur dengan mentega dengan menggunakan teknik aduk balik, secara bertahap tambahkan adonan kuning telur sedikit demi sedikit hingga akhirnya seluruh adonan bisa tercampur dengan baik. Mencampurkan adonan mentega secara sekaligus akan membuat mentega sulit tercampur dengan merata, menuntut kita untuk mengaduk berlebihan yang berakibat kocokan kuning telur menjadi kempes dan cake sulit mengembang. 

Resep cake lapis surabaya super moist

Ketika adonan telah tercampur baik baru kemudian tepung terigu ditambahkan bertahap dan adonan diaduk perlahan hingga tercampur dengan baik. Lapis Surabaya memiliki ciri khas yaitu lapisan coklat yang terletak di tengah-tengah lapisan cake yang plain, karena itu adonan harus dibagi menjadi tiga bagian yang sama volumenya. Satu porsi bagian adonan lantas dicampur dengan coklat bubuk dan sedikit pasta coklat untuk membuat warna dan aromanya lebih nendang. Adonan lantas dipanggang hingga matang, ditumpukkan dengan memberikan olesan selai diantara lapisan sebagai perekat dan siap disajikan. Untuk rasanya super yummy dan ketika Lebaran kemarin saya sajikan ke keluarga semua mengira saya membelinya di bakery ternama karena sangat lezat dan moist. ^_^

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Resep cake lapis surabaya super moist

Resep Cake Lapis Surabaya
Resep diadaptasikan dari buku Cake & Cookies, Resep Anti Gagal by Yongki Gunawan

Untuk 1 buah cake ukuran 22 x 22 x 7 cm

Tertarik dengan resep cake lainnya, silahkan klik link di bawah ini:
Cake Lapis  Legit Prune Ekonomis & Tips Membuatnya
Cake Red Velvet Versi Kukus
Pandan Chiffon Cake & Tips Sukses Membuatnya

Bahan A:
- 650 gram kuning telur (30 butir kuning telur)
- 1 butir telur utuh (putih dan kuningnya)
- 300 gram gula pasir
- 1 sendok teh vanilla ekstrak

Bahan B:
- 250 gram mentega
- 50 gram margarine
- 3 sendok makan susu kental manis

Bahan C (aduk rata):
- 100 gram tepung terigu protein rendah/sedang
- 15 gram tepung maizena
- 20 gram susu bubuk full cream merk apapun
- 1 sendok teh baking powder double acting

Bahan D:
- 2 sendok makan coklat bubuk
- 1/2 sendok teh pasta coklat 

Bahan E:
- selai blueberry, atau strawberry atau apricot atau nanas, secukupnya

Cara Membuat: 
Panaskan oven, set disuhu 170'C, api atas dan bawah jika anda menggunakan oven listrik. Jika menggunakan oven gas set di api bawah saja. Jika oven anda pendek maka letakkan rak pemanggang di bawah, namun jika oven anda cukup tinggi maka letakkan rak pemanggang di tengah oven. 

Siapkan 3 buah loyang ukuran 22x22x7 cm. Olesi permukaan loyang dengan margarine dan taburi dengan tepung terigu, atau alasi dengan kertas baking dan oles permukaan kertas dengan margarine. Sisihkan. 

Note: jika anda hanya memiliki 1 buah loyang dengan ukuran tersebut maka panggang cake secara bergantian saja. Cake tetap oke hasilnya. 

Resep cake lapis surabaya super moist

Siapkan bahan A, masukkan semua bahan A ke dalam mangkuk mikser. Kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata, kemudian ganti menjadi kecepatan tinggi dan kocok hingga adonan mengembang, kental, pekat dan berwarna putih pucat (ribbon stage)

Cek kekentalan adonan dengan mengangkat adonan dengan pengocok, adonan harus jatuh perlahan dan meninggalkan jejak di permukaan mangkuk selama beberapa detik (tidak langsung menghilang begitu saja dengan sekejap). Sisihkan adonan.

Resep cake lapis surabaya super moist

Siapkan mangkuk lainnya, masukkan bahan B. Kocok dengan mikser menggunakan speed sedang hingga lembut dan pucat. Matikan mikser. 

Ambil adonan bahan A sebanyak 1 sendok sayur, masukkan ke dalam kocokan bahan B. Aduk perlahan dengan spatula dengan teknik aduk balik secara perlahan hingga tercampur baik, kemudian masukkan sisa bahan A dalam 4 tahapan, dan aduk perlahan dalam setiap penambahan hingga adonan cake tercampur dengan baik.

Note: jangan memasukkan adonan A (kocokan kuning telur) ke adonan B (kocokan mentega) secara sekaligus karena akan membuat mentega sulit tercampur dengan baik, akhirnya memaksa kita untuk mengaduk secara berlebihan, akibatnya kocokan telur akan mengempis dan membuat cake menjadi bantat. 

Resep cake lapis surabaya super moist

Masukkan bahan C ke dalam adonan dalam 2 tahap, dengan cara diayak langsung diatas adonan. Aduk perlahan dengan teknik aduk balik hingga tercampur dengan baik.

Resep cake lapis surabaya super moist

Bagi adonan menjadi 3 bagian dengan berat yang sama. Tambahkan coklat bubuk dan pasta bubuk pada 1 bagian adonan, aduk perlahan hingga tercampur rata. 

Tuangkan masing-masing adonan ke loyang yang telah disiapkan, ratakan permukaannya.

Resep cake lapis surabaya super moist

Panggang selama 30 menit atau ketika cake ditusuk dengan lidi maka tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan cake dari oven, biarkan selama 5 menit di loyang kemudian balikkan ke rak kawat dan lepaskan cake dari loyang. Biarkan hingga cake dingin. 

Ambil satu buah cake plain tanpa coklat, olesi permukaannya dengan selai strawberry. Tumpukkan lapisan cake coklat diatasnya. Tekan perlahan dengan telapak tangan hingga dua lapisan cake melekat dengan baik.


Resep cake lapis surabaya super moist


Olesi permukaan cake coklat dengan selai strawberry, kemudian tumpukkan sisa cake plain ke atas cake coklat. Tekan perlahan dengan telapak tangan hingga cake melekat dengan kuat. Potong-potong cake dan sajikan. Super yummy!
 



141 komentar:

  1. mbak..kayaknya enak ya, ntar mau nyobain ah...oh iya mbak, ada resep lapis nanas nggak?soalnya saya doyan selai nanas...sekalian resep home made selai nanas..hehehe,makasi ya mbak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba amel, wah saya baru thu ada lapis nanas wakakkak, ntar saya cari2 dulu yaa, thanks sharingnya yaa

      Hapus
    2. Lapis nanas, mungkin cuma perlu diganti selai-nya aja yah..

      Hapus
    3. Iya Mba Eka, kayanya tinggal di ganti selainya saja ya

      Hapus
  2. mba kl saya punya cetakan uk.22 jd penyesuaian bhn2nya terutama telur sm butternya brp mba gram mba?

    BalasHapus
  3. Pagiii Mba Endang ^^
    Sukaaa banget sama blognya, mbak Endang. Menginspirasi bingiiiiiits.
    Mbak, untuk cake lapis surabaya ini bisa dikukus?

    Moniq

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba Moniq, thanks yaaa, senang sekali resepnya disuka.

      bisa dikukus ya mba, tetapi karena sangat lembut maka cake harus didiamkan hingga dingin baru dikelaurkan dari loyang ya, supaya gak hancur

      Hapus
  4. Hai Mba Endang salam kenal, saya suka dengan blog mba enak dipandang tiap hr pst saya intip :)
    Mba Endang kalo putih telur yg hny diletakan dlm chiler bs bertahan brp lama y...? sy pnya cukup bnyk putih telur sisa ipar bwt kue lapis.
    Trims.
    Erlina

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba erlina, salam kenal juga ya mba, thanks sharingnya yaa, senang sekali resep JTT disuka.

      putih telur bs bertahan sampai 5 hari mba di chiller dalam wadah rapat ya.

      Hapus
  5. Terima kasih sudi kongsikan resepi dan langkah2 membuat kek lapis surabaya ini. Saya suka makan kek ini, selalu beli dari bakery saja, tapi tidak semua bakery yang menjual kek lapis surabaya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Kak Nasa, terima kasih sharingnya disini ya, semoga cake lapis surabayanya bisa dicoba dirumah dan disuka ya.

      Hapus
  6. embak...Muup melenceng dari postingan soaL Lapis surabaya...
    anak Q kan tgl 30 besok ultah. rencana nya Q mau Bkin BF. tpi mslah nya gk ada BP double acting. Q uda muter2 d semua toko bahan roti ada nya yg single acting. (kota kecil soalnya). ada gk y mbak tips tertentu yang bisa Q lakuin biar ttp bisa ngembang dg sempurna wlopun pake BP single acting..
    Mohon ilham nya mbak... T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. hlo mba Yunita, kalau tidak yakin bp singlenya bs mengembangkan adonan, maka saran saya cari resep yang telur dan gula dikocok hingga mengembang mba, biasanya resep seperti ini tanpa baking powder jg bs kembang ya.

      Hapus
    2. Yunita Ari@ tinggal di daerah mana?? Bp double acting di supermarket juga ada koq. Saya beli di giant.

      Hapus
    3. yep, setahu saya giant ada BP double merk hercules ya

      Hapus
  7. Waduh gak salah itu mba kuning telornya sgitu byk?
    Klo gagal agak menonjok ya ^^
    Btw samaan mba, lebaran kmarin aq jg libur dietnya wakakkaka mn tahan sm masakan lebaran yg enaknya bkin iler nyeces..
    Oia mba, Minal Aidin Wal Faidzin ya.. Maafkan klo ada salah2 kata atau ngeselin krn byk nanya.. hehehe

    Bella

    BalasHapus
    Balasan
    1. haahah gak salah mba bella, memang seperti itu resepnya yaaa, hasilnya memang spesial dan berbeda dr umumnya.

      maaf lahir batin juga ya mba

      Hapus
  8. mmta tlong dibuatkan perbandingan klo pake kuning telur 8-10b butir aja gimana mbk? cos bikin 1/2 resep aja masih butuh telur 1 kg...aalamak nguras kocek...trims mama bismo malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, waak susah juga itu yaa,

      coba lihat saja berat telur yang digunakan mba, jangan lihat jumlahnya, kalau mau mengurangi kuning telur berarti sisanya pakai telur utuh saja, asalkan total berat telur adalah 650 gram. karena ini berpengaruh sama cairan yang dibutuhkan oleh cake.

      Hapus
  9. yeayyyyyyy.. kayaknya mbak endang udah mulai buat cake yang pake telur banyak-banyak... heheheh.. kebayang gimana enaknya dan lembutnya lapis surabayanya... #Lapiler. ehh tapi mbak.. salut deh sama mbak masih bisa diet sementara belakangan rajin up date blog, secara belakangan masaknya juga kan rajin satan-santanan... saya sering ga bisa nahan diri kalau ketemu makanan pake santan. #ngeliriklenganpahadanperut. hikssss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba shenan, hahhahah, ini karena punya kuning telur sisa banyak saja, bingung mau diapain. Saya tetap penggemar cake irit telur kok heheheh.

      ini dietnya setengah jalan setengah ngadat, kalau lihat lauk enak2 kemarin pas lebaran susah ngerem juga mba hahhahaha

      Hapus
  10. Mba endang lapsurnya cantik banget. Mba endang lapsurnya ada tercetak kotak2 di atasnya itu krn loyangnya apa stl matang mba endang buat? Sory pertanyaannya agak aneh hehehe... soalnya aku sering liat di blog2 hasil kuenya ada garis2 di bag atasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks y Mba Silvia, pola kotak-kotak itu adalah rak kawat mba untuk mendinginkan cake ketika baru keluar loyang ya, rak ini membuat cake gak lembab dibagian dasar karena aerasinya baik.

      Hapus
  11. pas buka blog JTT pagi ini lsg liat resep cake lapis surabaya, lsg seneng bgt abis dr kmrn da ngincar resep ini, kl dari blog lain ak kurang percaya hehehehe tp mb itu kuning telurnya byk amat, ada versi ekonomisnya ga mb, hehehehe maklum pemula. (Lena-Ptk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Lena, kurangi saja jumlah kuning telur dan ganti dengan telur utuh ya, yang penting berat telur sekitar 650 gram ya.

      Hapus
  12. Mba Endang, cake dengan telur sebanyak itu harusnya tanpa bpda pun bisa mengembang sempurna ya mba...? Saya mau coba, tapi ragu2. Klu gagal sungguh menyedihkan *30 butir telur.
    Tapi saya pernah beberapa kali bikin butter cake dgn telur 14 tanpa food additive, cukup tinggi koq.. tapi cake ini belum pernah coba. Makanya minta masukan dari mba Endang dulu deh.. biar lebih yakin ^^. Makasih mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mb Novalind, mungkin ya mungkin nggak ya mb, karena resep asli dari Yongki menggunakan BP maka saya ikuti sesuai aslinya, kaalau gagal nyesek juga soalnya wakkakakka.

      Hapus
  13. Waahh ini salah satu cake favorit.. Cuma setelah dulu tau banyaknya kuning telurnya jadi sereeemmmm.. Tapi tetep aja pengen bikin hehehe. Ini moist banget ya mba teksturnya? Saya suka yang tidak terlalu lembab tapi tetep lembut. Jadi diakalin aja ya dgn nambah putih telurnya. Aduhhh jadi pengen bikin buat ultah anakku agustus ini hehehe. Doakan niat tetep bulat ya mba hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Imelda, gunakan telur utuh saja mba, asalkan beratnya sekitar 650 gram ya, tentu saja hasilnya gak semoist dan lembut kuning telur ya. Teksturnya menurut saya pas ya.

      Hapus
  14. Oh iya mba, kalo pake loyang tinggi 10cm apa ga nyusut ya cake nya? Soalnya saya pengalaman bikin suka gitu kalo ketinggian. Trus kenteganya pake salted/unsalted? Lalu misalnya dipanggang bergantian apa ga keburu encer adonannya? Soalnya oven saya cuma lebar 40cm sih. Terima kasih jawabannya, maaf kalo kebanyakan nanya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, menyusut biasanya karena over baked, yang lapisan coklat saya over baked jadi agak menyusut, tetapi kalau waktu pemanggangannya tepat maka hasilnya oke kok, nggak menyusut

      Hapus
  15. hi Mba Endang.. its me again.. hehe.. 30pcs kuning telur.. waaaaw... harga jualnya berapa yaa hahaha.. pantes kalo beli cake ultah lapis surabaya gada yg murah yaaa.. but i will bake this one day dari pada beli hehe.. thanks for the recipe ya mbaaa.. you're the best!

    githa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Githa, yepp pantas saja kue mahal bingitss ya, tentu saja jenis yg enak heheheh

      Hapus
  16. Mba Endang, coklat pasta di ganti dengan coklat blok tim bs g y mba..kira-kira cake akan menyusut g ya..mau cb bwt hrs tanya pakar dl d. kalo gatot bisa nangis bombay... :) telornya bnyk boo.
    trims jawabannya Mba Endang

    Erlina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Erlina, sebaiknya jangan pakai coklat blok tim, ntar berat adonannya, pakai coklat bubuk saja dtambah, skip coklat pastanyanya ya

      Hapus
    2. hello mba Endang, coklat pasta itu merk apa biasanya? saya ga tau nih. kl di ganti dengan coklat bubuk, coklat bubuknya jadi brp?
      thank youuu

      Hapus
    3. pewarna coklat yang bentuknya pasta Mba, jadi bukan cairan ya. Tambah 1 sendok makan saja coklat bubuknya mba, tidak juga gak papa, porsi coklat bubuk di resep sudah ok sebenarnya.

      Hapus
  17. Mba Endang, jadi bisa ya memanggang lapis ini 3x satu persatu?krn oven tdk muat jika sekaligus 3 loyang. Bisakah dipanggang dalam 2 rak atas bawah? Apa mempengaruhi hasilnya? Thanks mba. *hera

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi Mba Hera, gantian saja mba, nggak harus sekaligus dalam 1 kesempatan. Nggak berpengaruh asalkan pakai BP double acting ya mba.

      Hapus
  18. Nyesek liat jumlah kuning telurnya ��, jd ragu2 mau nyoba. Tapi suatu hari pasti akan aq coba��. Btw aku seneng bgt sama Blognya mba, banyak memberi pencerahan di dapur.di tunggu resep2 yg lain juga mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Fitri, yeeepp memang banyak banget kuningnya hehehhe. Sya juga kalau gak ada kuning telur sisa ogah coba mba.

      thanks ya sudah menyukai JTT ^_^

      Hapus
  19. Dear Mbak Endang
    akhirnyaaaa resep lapis surabayanya keluar juga.... karna saya doyan bangetttttttt ama cake yang satu ini... jadi pasti bakal saya coba bikin ^^
    thank you Mbak Endang *hugggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ivana, thanks yaa, moga suka dengan resepnya dan sukses juga dicoba yaaa. GBU!

      Hapus
  20. Dear Mbak Endang Sayang,,,.
    Mbak aku udah coba beberapa resep dari mbak, cucok bok. hehehehe...
    Nah nich kue yang sudah lamaaaaaaa aku pengen punya resepnya.
    Aku cuma mau nanya apa kuenya ini bener2 lembut seperti yang toko2 jualnya mahal kah mbak? soalnya aku liat nich telur uwakehhh buanget.
    hehehehe... thanks ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Asti, thanks ya Mba sudah menyukai resep JTT dan mencobanya. Untuk cake ini yep lembut banget seperti di bakery terkenal hahahha, memgingat kuning telurnya memang gilaaaa banyaknya heheheh

      Hapus
  21. Hi Mba, Maaf oot niy. Kalo blh tau mba pakai mixer dan oven merk apa mba? Makasih sblmnya ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, saya pakai mikser Bosch dan oven listrik merk Sico ya

      Hapus
  22. Mba endang saya lg banyak stok kuning telur ini..pengen coba resep ini tp ga punya oven. Kalo dikukus kira2 bisa ga ya mba? Makasih pencerahannya ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ani, bisa ya mba, silahkan dikukus ya. Tapi mengingat tekstur cake ini sangat lembutm, maka tunggu cake dingin baru dikeluarkan dari loyang, takutnya cake rapuh banget kalau masih panas ya

      Hapus
  23. Mba . . . maaf saya mau bertanya
    Klo pake oven tangkring apa bisa mba makasih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, yep bisa ya, basicnya sama seperti cake biasa, kalau oven tangkringnya bs dipakai untuk membuat cake umumnya maka untuk lapis surabaya juga oke ya

      Hapus
  24. Mbak endang,
    Aku kemarin ini coba bikin lapsur pake resep mbak ini, jadi sih lapsurnya rasanya wuenakk tenaannn tapi kenapa menteganya ngendap dibawah kayak jelly ya ( tapi ga ambles)? Padahal mentega uda aku kocok smpe mengembang dan warna berubah. Apa masih kurang lama ya mbak? Apa ada pedoman waktu untuk pengocokan mentega?

    Trus mbak pas aku campur ke kocokan telur menteganya jadi bergerindil kecil2 padahl uda dilakukan sesuai resep

    Mohon pencerahannya ta mbak. Thanx before ya mbakk

    Mariana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Mariana, kemungkinan karena mengaduknya kurang sempurna sehinga mentega belum tercampur rata dengan tepung. Untuk pedoman waktu yang penting warnanya putih, mengembang dan lembut mba, untuk waktu kembali ke mikser masing2 ya Mba.

      Hapus
  25. Mba Endang,

    saya mau coba buat lapsur, saya mau tanya setelah kita mixer bahan A, boleh saya langsung mixer bahan B? Apa mesti di cuci bersih dan kering kocokannya, baru boleh mixer bahan B? maaf saya baru mau coba" bikin kue.

    Thanks before,

    Sisca

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba sisca, untuk resep kue ini bisa ya mba, gak perlu dicuci gak papa ya.

      Hapus
  26. Mba Endang,
    Saya barusan coba lapsu dgn resep ini, hasilnya seperti mba Mariana "campuran bahan A dan B bergerindil kecil2 seperti gak bs nyatu dan habis dioven mentega ngedap dibawah kayak jelly"
    Ada pencerahan ?
    Thanks
    May
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba May, kemungkinan karena proses mengocok yang tidak maksimal, saya cukup lama mengocok kuning telurnya, hingga benar2 maksimal mengembang dan volumenya naik tinggi, bagian ini sangat penting karena kuning telur agak lama prosesnya dibanding putih telur/telur utuh. Bagian pengocokan ini benar2 harus ditekankan disemua resep lapsur.

      Kedua mungkin saat pengadukan mentega dan telur kurang tercampur dengan baik sehingga mentega mengendap dan ketika dipanggang mencair dan terpisah.

      mencegah bergerindil, tepung harus masuk sedikit demi sedkiti sambil diaduk perlahan. selebihnya semua sudah saya berikan di resep mba.

      Hapus
    2. Thanks Mba Endang. next time aja dicoba lg. Btw, saya berhasil untuk resep chiffon cake, muffin coklat da nastar. Hasilnya sangat oke. suka banget sama JTT

      Hapus
    3. moga next time lebih oke ya mba, sukses selalu!

      Hapus
  27. mba, saya mau tanya. saya mau buat 3 layer tp cuma ada 1 pan, jadi harus 1 1 panggangnya. kira2 kalau adonan untuk yg 2 layer lg dibiarkan gitu aja lama gpp ya? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Penny, selama pakai BP double acting ngantri gak papa2 ya, saya jga hanya ada 1 pan, jadi saya panggang gantian adonanya

      Hapus
  28. Hallo mbak untuk menteganya salted / unsalted ? yaa , saya mau coba buat mudah2an hasilnya seperti mba endang top markotop hehehe thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa keduanya mba Silva, tapi sebaiknya pakai unsalted ya, kalau pakai salted maka skip porsi garam di resep.

      Hapus
  29. Hai mbak endang salam kenal ya...mbak sy mau tanya ttg cara penyimpanan kuning telur di freezer.kan ada penambahan gula pasir atau garam,apakah kuning telurnya klu di pergunakan untuk bikin kue jumlah takaran gulanya di kurangi atau ikuti resep aja?mohon pencerahanya mbak,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dewi, salam kenal juga ya. Kalau kuning telurnya dipakai untuk cake/kue maka takaran gula di resep dikurangi ya. Saran saya simpan kuning telur dalam porsi2 kecil dan beri label di kemasannya mengenai jumlah kuning dan takaran gula/garamnya supaya bs disesuaikan di resep kue.

      Hapus
  30. Salam kenal mba, sy Stephanie dr Luwuk Sulawesi Tengah😊
    Saya kesasar d blog ini soalnya saya ngiler inget2 spiku Surabaya yg prnh saya makan, ga sama ky d tempat lain,sangat lembut dan ada kenyal-kenyalnya...saya googling puluhan resep spiku dan bandingin satu2 akhirnya saya putuskan bikin resep punya mba aja...
    Sebelumnya saya ga ada pengalaman bikin kue,cm sekali bikin brownies dan pandan cake itu pun pake merk Haan yg udh lengkap tinggal mixer doank😂 saya jarang bgt masuk dapur kecuali buat cuci piring hihihi...
    Tapi pas bikin kue ini kmrn, langsung success at the first try, yipppieee💃🏻 teksturnya persis seperti spiku yg saya idamkan.
    Setelah jadi kuenya saya foto (ga pake lama tu kue langsung ludes jd rebutan org rumah) dan masukkin sosmed, eehhh langsung dapat orderan loh😊 modal nekat saya PD aja jual, dan puji Tuhan dapat feedback yg positif bgt dari yang beli... Sekarang saya jadi bakulan spiku deh, horeeee💃🏻
    Saya merasa berhutang kalo ga bilang terima kasih sama mba... Makasih bgttt yaaa 😘 saya ga bisa balas, saya doain mba sukses terus ya... Hug from Luwuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Stephanie, salam kenal juga ya. Thanks ya sudah menyukai resep JTT dan sharingnya. Semoga laris jualannya yaa, dan sukses selalu yaa! ^_^

      Hapus
  31. Mba endang, apakah margarin + menteganya bisa langsung dilelehkan dan dimasukkan kd dalam adonan ?... Saya selalu gagal kalau pakai cara kocok mentega

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ayu, bisa2 saja ya, saya justru pakai cara itu suka bantet karena ketika diaduk adonan turun dan cenderung membuat over mixing

      Hapus
  32. Barokalloh mb Endang ilmunya. Semoga jadi amal jariyah, aamiin...

    BalasHapus
  33. Hai mba, telat banget nih saya baru ketemu blog mbak yang sangat informatif ini.Sudah lama pingin buat lapis surabaya tapi memang selalu mentok di jumlah telur yang jutaan butir ..hehehe *lebay. Bagaimana kalau pakai tepung telur mba (egg yolk powder)? Apa mba sudah pernah coba? Saya penasaran banget bagaimana pemakaiannya. Moga2 mb. Endang bisa bagi2 tips n resepny :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba, salam kenal ya. saya belum pernah pakai telur powder ya, jadi tidak bs memberikan komentr dan saran.

      Hapus
  34. Mba Endang.. Makasih bangettt resepnya, saya udah coba dan jadinya enyaaakkk. Pas banget, fluffy, tapi tetep moist & ga eneg. Kemaren saya bikin setengah resep buat persiapan Imlek, hepii deh soalnya deg2an banget bakalan bantat, ternyata lancar. Oya tips biar ga menyusut/berpinggang setelah keluar oven gimana ya mba? Apa emang umumnya begitu? Trus biar kulit atasnya coklat mulus gimana sih mba? Soalnya smp cake nya mateng juga kulit atasnya ga bisa coklat2 jadi aku pk api atas 2-3mnt, malah kulit atasnya ky sedikit keriput2 gitu. Thanx sekali lagi ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Imelda, saya sendiri buat ketika keluar agak turun ya dan sedikit berpinggang, mungkin faktor pengocokan memegang poin penting.

      kalau pakai api atas biasanya kecoklatan mb permukaannya, mungkin jarak pemanas diatas terlalu jauh sma permukaan cake y

      Hapus
  35. Salam kenal Mbak Endang.
    Kmrn aku bikin buat imlek, aku ksh cream cheese frosting juga. Jd tambah yummy, sebentar aja langsung habis.
    Thanks utk resepnya ya, mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba Meilisa, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka.

      Hapus
  36. Hai Mba Endang, saya mau tanya, klo oven lebih bagus mana gas atau listrik ? N klo oven gas merknya ap, oven listrik merknya ap yg bagus. Saya mau coba2 bikin kue ☺. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, keduanya sama bagusnya dan ada kekuranganya ya, saya sendiri kurang pengalaman di oven. yang jelas oven listrik memang tekor ditagihan lsitrik

      Hapus
  37. hallo mbak Endang salam kenal ya... saya mau nanya di resep kan ditulis memakai tepung terigu protein rendah/ sedang..itu seperti tepung terigu segitiga ya? kalo misalnya pakai tepung terigu protein tinggi seperti cakra apa mempengaruhi di hasil akhirnya? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, salam kenal juga ya, sebaiknya untuk cake menggunakan tepung protein sedang (mis. segitiga biru) atau rendah (kunci biru), protein tinggi membuat tekstur cake kurang lembut dan agak kenyal

      Hapus
  38. Hi Mba Endang saya bolak balik aja ikutan komen di tiap cake bikinan mba endang maklum msh pemula ^^...ini kalo dikasih cream cheese frosting kira2 butuh segimana yah cream cheesenya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, adonannya dikasih cream cheese ya? Sayang sekali saya tidak berani kutak katik resep diatas ya mba, jadi tidak bs kasih saran ya, soalnya bahannya berat kalau sampai gagal ^_^

      Hapus
    2. Bukan di adonannya mba tp buat ngecover lapsur ini dipakein cream cheese, mksd nya buat dibikin cake ultah gitu mba biasanya kan pake buttercream ^^

      Hapus
    3. bisa ya mba, seperti frosting di resep red velvet cake kukus di JTT, enak menurut saya

      Hapus
    4. makasih resepnya yah mba, kemarin sudah aku eksekusi... enak dan lembut kuenya ��

      Hapus
  39. Hi Mba Endang..

    Wah saya penggemar berat JTT. uda bbrp resep mba sy coba itu enak & berhasil.. kue favorit sy hongkong eggtart, portuges eggtart itu sy coba bikin pke resep JTT.

    rencana hari ini sy mau bikin lapsur mba.. di sini sy mau tny apakah gula pasir nya kalo di gantikan dengan gula halus rasa manis nya tetep sama mba?? krn terus terang gula pasir klo di mixer lama bgt halus nya.. cape juga megangin mixer soalnya belom beli stand mixer krn hand mixer nya blom rusak jd sayang mau beli yang baru.. hehehehe..

    makasih sebelumnya mba buat jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mb Renna, thanks sharingnya dan senang telah menyukai resep2 JTT. Bs pakai gula halus ya, asalkan takarannya sama sesuai resep maka rasanya akan tetap manis ya.

      salam

      Hapus
  40. Wohoo berhasil mbaa endang. Aku udah upload di instagram. Udah aku tag mba endang juga. Makasih yaa mba resepnya ❤❤❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Harsi, thanks sharingnya yaa, senang resepnya sukses dicoba yaaa

      Hapus
  41. Hai mba, ini hasil jadinya ukuran 22x22x7cm yah atau ukuran loyangnya yg harus segitu? Saya ada nya loyang bulat diameter 22 tinggi 4cm apa bisa pake resep ini? Thanks mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep ukuran loyang segitu ya, bs pakai loyang lain cuman mungkin nanti ada kelebihan adonan atau kekurangan adonan hehehe

      Hapus
  42. Hallo mba.. mau tanya nih klo masukin tepungnya dulu baru mentega kocoknya.. bisa kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak sarankan ya mba, bahan basah harus bertemu bahan basah dulu baru dicampur dengan bahan kering, itu basic membuat cake ya

      Hapus
  43. Hi Mbak Endang, salam kenal ya. aku tertarik mau buat lapis surabayanya. Tapi aku cuma punya loyang ukuran 22x22x4 ada 2 buah. cukup gak ya tuk adonannya? bikin 2 lapis aja maksudnya. hehehe. trm ksh

    BalasHapus
  44. Hai Mba, terima kasih resep dan tips2nya. Saya mau tanya, kuning telurnya kira2 berapa gram ya? Saya berkali2 buat kok susah banget ya mencampur mentega&margarin ke adonan telurnya. Saya sudah kocok sampai halus banget dan lumer di mulut. Kuning telurnya juga saya kocok lama banget sampai benar2 tebal berjejak dan pucat. Waktu saya aduk malah jadi stiff adonannya bukan agak cair seperti punya Mba. Saya coba aduk dulu sedikit adonan kuning telur ke menteganya juga susah banget dan ga berubah teksturnya, masih padat, wlpn saya tambah sedikit2 juga ttp begitu. Jadinya sih enak tapi stlh keluar dr oven jadi kempes dan kulitnya berkerut banget. Kira2 itu kenapa ya Mba? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah tercantum di resep ya mba, kuning telur 650 grm. itu sekitar 30 buah kuning telur. Proses pengocokan telur berperan penting, tidak ribbon stage cake susah ngembang, terlalu kaku juga susah dicampur dan cake akan kasar.

      Hapus
  45. Mbak mau tanya, kalau saya pkai oven listrik. Bs gak cm pke api bawah aja?? Trus terkhirx api atas. Atau harus api atas bawah?? Thabks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Amelia, saya pakai oven listrik dan selalu pakai api ats bawah, ketika pakai oven gas baru saya pakai api bawah saja. Pengalaman oven listrik api bwah sj cake susah naik.

      Hapus
  46. Hai mba terimakasih sudah sharing tips dan resep nya...saya sudah coba resep dan trik nya dan hasil nya sukses dengan sempurna..dtunggu sharing resep2 lain nya ya..Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya mba Arlin, senang resepnya disuka ya

      Hapus
  47. Hai mba endang,salam kenal.sblmnya trims bgt sdh berbagi resep n tips msaknya.TOp dah.mba,sy mau coba buat lapsur ini tp sblmnya sy mau nanya,selai strobery yg dipeke merk ap?soalnya kalo pake moriza selainya bergerindil gitu,pengalamN sy pas diolesi pd cake lain krg sempurna nempelnya .
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Nisa, salam kenal ya. Saya pakai selai kiloan beli di Titan Mba, merknya saya lupa, teksturnya seperti jelly pekat dan yep nempel ya.

      Hapus
  48. Halo mbak Endang, salam kenal ya. Mau tanya kalau pakai kuning telur yang beku di freezer tanpa dikasi gula/garam, kira kira bisa gak ya mbak ? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, tidk ya, harus pakai gula/garam, jika tidak kuning telur akan menggumpal dan rusak

      Hapus
  49. Halo mba endang. Aku mau nanya, aku nau buat lapsur ini. Tapi ga mau pakai baking soda. Apakah bisa? Terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba, resep diatas pakainya baking powder ya, bukan baking soda, saya kurang yakin mengembangnya akan maksimal kalau BP di-skip.

      Hapus
  50. halo mba endang , sya mau nanya boleh ga bahan A dan B di aduk nya pake mixer kec rendah ? kalo bisa kira2 brapa lama ?
    karena sya agak sedikit trauma kalo ngaduk pake spatula , selalu bantat bagian bawah kue saya
    mohon pencerahannya ya mba endang , makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. resep ini memang agak2 tricky mba Gina, karena cukup susah mencampur mentega kocok dengan telur. bs pakai mikser kecepatan paling rendah, untuk waktunya saya kurang tahu mba, harus lihat teksturnya apakah sudah tercampur atau belum. hati2 kalau pakai mikser terkadang bs over mixing

      Hapus
  51. Mba endang.. mau nanya mba, kalo dipanggang bergantian adonannya beresiko turun ga? Apa jd keriput gitu ntar hasilnya? Kalo di oven nya pake rak atas bawah gimana mba? Yg di rak tengah mateng ga ya, yg di rak atasnya jg takut mlh gosong.. maaf ya msh newbie bgt ini, blom ngerti baking hehee.. soale aku ovennya kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, saya juga panggang gantian ya, karena oven saya kecil, dan hasilnya sih oke2 saja. Selama pakai BP double acting menurut sya sih gak papa ya mba.

      Hapus
  52. hai Mbak, mhn info untuk adonan coklat : mana yg lebih bagus hasilnya dari :
    a. jumlah tepung tetap hanya ditambah bubuk coklat
    b. jumlah tepung dikurangi setara dengan coklat bubuk yg kita tambahkan
    terima kasih
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, bubuk coklat sebenarnya tergantung kualitas, merk umum dipasaran kurang oke, dibnyakin bukan tmbah enak malah pahit. Saran sya pakai kulitas yang oke, sy pakai Bensdorp, bs dibeli di toko bahan kue. Rasanya oke dan tdak pahit, resep tdk perlu diubah.

      Hapus
  53. Halo mbak endang..mau tanya kalau panggang adonannya bergantian apakah adonan yg 1 lg bisa menunggu karena saya pakai oven tangkring. Atau bisakah misalnya loyangnya masuk 2 sekaligus tapi 1 di rak bawah 1 di rak tengah? mohon bantuannya mbak..

    BalasHapus
  54. Mbak aku sudah coba resepnya, ini favorit suamiku dan sukses, enak bgt mbaa. Aku sering nyontek resepnya jtt, thanks for sharing ya mbaaa �� ada ide putih telurnya diapain mbak? Hehehehe ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Devy sharingnya ya, senang resepnya disuka. Saya belum punya resep cake putih telur yng oke mb, hehehhe.

      Hapus
  55. Halo mbak endang..saya mau tanyak nih..utk nyimpan kuning telur gula nya ditabur aj dipermukaan kutel nya atau harus diaduk mbak?

    BalasHapus
  56. hallo mba Endang,
    berapa lama kuning telor harus dikocok sampai ribbon stage?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kalau pakai waktu susah mba, yang jelas lihat teksturnya yaa

      Hapus
  57. Pertama dan ke 2x bikin Lapis Surabaya resep JTT SUKSES!!! Thanks for sharing Mba Endang, saya sudah coba beberapa resep lain dari JTT dan saya compare dengan resep yg lain, ternyata saya cocok dengan resep JTT! :) Thanks a bunch & keep posting resep baru Mba, tulis comment ini sambil nunggu bakso daging sapi resep JTT yg sdh diolah dan msk freezer (hahaha) Keep my finger crossed... Thank you Mba!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Rlin sharingnya, senang resep cake lapisnya sukses dicoba. Cake ini agak2 susah membuatnya, jadi saya senang ketika ada yang mencoba dengan sukses. Thanks yaa

      Hapus
  58. Aduuuh riweh amat tapi emang keliatanya enak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang tobat ribetnya, hehheheh, saya gak pernah bikin lagi wakkaka

      Hapus
  59. Assalamualaikum mba endang..
    Tadi pagi saya buat kue ini lho..
    Saya bingung sisa putih telur nya mau diapain egh dapat teknik dari mba endang.. Bisa disimpan di freezer..
    Saya pakai 45 butir telur mba.. Kira kira 1,5 resep mba endang soalnya loyang saya ukuran 24, kalau lebih kecil barang kali telur menyesuaikan ya mba.. Kalau loyang 20 kira kira telur nya berapa banyak ya mba.. Tinggi kuenya proposional gak mba ya.. Kalau pakai 30 telur..

    Makasih atas semua resepnya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lelly, pakai 30 telur bs kayanya mba, tapi saya sendiri hanya nebak2 saja heehhe, soalnya belum pernah buat lagi dengan loyang ukuran berbeda.

      Hapus
  60. pagiii mbak endang...kenapa lapsur ku bagian tengah turun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak faktor mba, sebagaimana membuat cake lainnya, asalkan bahan dan proses diikuti seksama tidak akan turun

      Hapus
  61. Mba endang aq mau bkin lapis surabaya, tpi pake loyang ukrn 18cm bulat, untuk telur kuning nya pakai brp butir ya, dar pengguna google vava

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Vava, kue dipanggang selapis demi selapis, dibagi menjadi 3 adonan. Jadi tdk akan memenuhi loyang ketika dipanggang. Lapisannya jadi sedikit tebal saja kalau loyang mengecil

      Hapus
  62. slmt sore mb,salam kenal yaa,,tksh utk mau berbagi resepnya,o ia lama pemanggangan brp lama ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama pemanggangan sudah ada di resep mba, setiap lapisan sekitar 30 menit

      Hapus
  63. Siang mba kemarin saya bikin yang pke putih telurnya juga...tapi pas mateng atasnya ngelupas nempel dibaking paper jadi ga cantik..ada trik nya ga ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jenis baking papernya, kudu cari yang berlapis wax,biasanya agak mahal. atau baling papernya dioles margarine dulu

      Hapus
  64. Siang mba. Kalo resep ini kita bikin dgn metode mentega dicairkan dulu, apakah bisa? Krn saya pernah lihat di youtube Yongki Gunawan spikoek surabaya, dgn versi mentega cair. Tapi resep tidak tercantum. Makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa2 saja Mba, tapi mentega diatas sangat banyak porsinya, menggunakan mentega cair akan membuat adonan susah diaduk merata, mentega cenderung mengendap dan kemungkinan over mixing.

      Hapus
  65. Siang mbak, mau tanya kalo spiku hasilnya agak lengket itu apakah karena suhu oven yg tidak tepat ? Saya baru beli oven dan belum menemukan suhu yang tepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengket gimana ya? lembek gitu? mungkin belum matang sempurna mba

      Hapus
  66. Haloo mb endang.. Baru ajj ak selesai lihat video dri chef yongki yg bikin spekoek bikin ngiler bgt huhuu lsng cuss buka jtt soalnya di video gak ad share resepnya..berharapnya siih mb endang punya resep yg lbh irit telur hahha ternyata mb endang jg rujukannya dri buku chef yongki.. Wes mbak fix ak tak bulatke tekad bikin haha tp nunggu harga telur turun sik :) .. Mahal mbak dsni telur sepiring bs 60rb hiks
    Tp klu resep dri mb endang gak pake was2.. Udah pasti berhasil .. Mantul pokonya mbak.. Doakan semoga ak berhasil yo mbak hahaha makasih

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...