09 Juli 2015

Resep Batagor Daging Ayam dengan Saus Kacang yang Maknyus!


resep batagor dari daging ayam yang enak

Batagor, siomay, cilok, pempek merupakan salah sekian dari jenis makanan yang saya sukai dan mungkin juga banyak diantara anda yang sama tergila-gilanya dengan saya. Kudapan tradisional dengan rasa kenyal karena kandungan pati singkong atau sagu di dalamnya ini memang enak dan tidak pernah membuat bosan untuk disantap. Entah dengan saus kacang yang gurih atau kuah cuko yang asam manis, semuanya sama laziznya. Nah beberapa minggu yang lalu karena 'ngiler' membayangkan potongan batagor dalam gelimangan saus kacang maka saya pun memutuskan untuk membuatnya sendiri di rumah. 

Membuat makanan sendiri merupakan kegiatan favorit saya, jadi walau seandainya gerobak tukang batagor berderet memenuhi jalanan di depan rumah Pete tetap tidak akan mampu menghentikan kaki saya untuk berjalan ke dapur dan mulai berkutat membuatnya. Alasan pertama karena untuk menumpas rasa penasaran dan menjawab tantangan bagaimana membuat makanan kaki lima selezat hotel bintang lima (lebaydotcom); dan yang kedua adalah bagi si tukang makan seperti saya maka membeli makanan di luar kurang memuaskan. Bukan saja dari segi rasanya tetapi juga dari segi porsinya. ^_^

resep batagor dari daging ayam yang enak
resep batagor dari daging ayam yang enak

Jika anda masih berasumsi bahwa membuat jajanan seperti siomay, pempek dan batagor adalah pekerjaan yang ribet dan susah, maka mungkin anda harus membaca postingan saya tentang resep makanan tersebut. Seperti misalnya  Siomay a la Si Abang, resepnya bisa anda tengok pada link disini, atau Pempek Kapal Selam resepnya bisa dicek pada link disini. Percayalah, sebenarnya jajanan pinggir jalan ini sangat mudah dibuat dan rasanya pun tak kalah lezatnya dengan yang dijual oleh para abang dengan menggunakan gerobak. Dan jika anda malas harus merepotkan diri untuk membuatnya berkali-kali mengapa tidak membuatnya sekaligus dalam jumlah yang banyak dan simpan di freezer untuk jangka panjang? Sewaktu-waktu si kecil merengek ketika melihat gerobak pedagang siomay atau batagor melintas maka anda telah memiliki persediaan versi homemade-nya di rumah. Lebih sehat, higienis dan tentu saja pasti lebih sedap rasanya. 

resep batagor dari daging ayam yang enak


Wokeh sekarang kita ke prosesnya. Nah faktor utama untuk memudahkan dan mempersingkat waktu kita di dapur saat membuat batagor adalah menggunakan alat yang menunjang untuk tujuan itu. Saya tahu anda sangat sibuk dan malas jika harus menghabiskan waktu berlama-lama di dapur, karena saya pun seperti itu. Jadi investasi di alat sangat diperlukan.  Chopper atau food processor selain akan meringankan beban kita sekaligus juga mampu memberikan hasil yang maksimal. Bahan-bahan seperti daging ayam, ikan atau udang cukup dimasukkan ke dalam alat dan proses hingga halus. Tentu saja kita tetap bisa menggunakan cara lain seperti misalnya mencincangnya dengan pisau tajam hingga smooth atau membeli daging ayam giling di supermarket, namun adonan yang terbentuk jika menggunakan chopper atau food processor memiliki tekstur lebih pekat dan saat telah matang maka makanan  juga menjadi lebih elastis dan kenyal. 

resep batagor dari daging ayam yang enak

Umumnya batagor menggunakan  daging ikan dan udang, namun dengan ayam rasanya pun tak kalah nendang selain tentu saja lebih murah ongkosnya. Kecuali tentu saja jika anda bertempat tinggal di daerah yang memang harga ikan sangat murah, maka gantikan porsi daging ayam di resep dengan ikan. Jenis ikan apapun oke untuk digunakan namun yang berdaging putih seperti kembung, tuna, ekor kuning, tengiri, kakap lebih disarankan karena akan membuat warna batagor yang dihasilkan menjadi tidak gelap. Selain itu kandungan protein aktin dan miosin di dalam ikan berdaging putih lebih tinggi sehingga lebih elastis ketika diproses menjadi makanan seperti bakso, otak-otak atau siomay.

Batagor sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tahu, berisikan adonan mirip bakso yang kemudian dikukus dan digoreng hingga matang. Selain tahu terkadang adonan isi dibungkus dengan kulit pangsit atau kulit siomay dan digoreng. Makanan ini kemudian disantap dengan kuah kacang yang seringkali menjadi pelengkap makanan a la Jawa Barat lainnya. Walau disebut batagor atau bakso tahu goreng, namun bahan isinya memiliki tekstur yang berbeda dengan bakso umumnya. Isi batagor lebih condong mirip dengan siomay karena kandungan tepung sagu atau tapioka yang lebih banyak sehingga lebih liat. Namun sensasi liat itulah yang sepertinya dicintai oleh penggemarnya.

resep batagor dari daging ayam yang enak

Untuk membuat adonan isinya sangat mudah, setelah semua bahan di proses hingga smooth maka adonan isi kemudian diisikan ke sepotong tahu yang telah digoreng hingga setengah matang. Atau jika anda suka versi tahu putihnya maka isikan adonan isi pada sepotong tahu putih mentah. Adonan lengket, lembek dan membuat anda mungkin sedikit susah ketika hendak membentuk dan membuat permukaan batagor menjadi mulus, tetapi jangan khawatir untuk memudahkannya maka celupkan tangan anda ke minyak ketika memasukkan isi batagor dan muluskan juga permukaanya dengan ujung jari yang dilumuri dengan minyak goreng. Hasilnya adalah batagor yang mulus dan cantik tampilannya. 

Selain tahu maka anda juga bisa menggunakan kulit pangsit atau kulit siomay siap pakai untuk membungkus adonan isi sebagai variasi bentuk batagor. Caranya sangat mudah, cukup oleskan satu sendok adonan di permukaan kulit pangsit dan bungkus isi dengan menarik adonan kulit ke atas. Pada proses di bawah saya menggunakan kulit pangsit buatan sendiri yang resepnya akan saya bagikan di lain waktu. Nah batagor yang telah dibentuk ini kemudian dikukus hingga matang dan siap digoreng atau jika anda sedang mengurangi konsumsi minyak maka batagor kukus dengan siraman saus  kacang pun tak kalah sedap rasanya. 

Sekarang untuk saus kacangnya. Saya harus berterima kasih kepada Mba Elmi Barokah atas kiriman resep saus kacangnya yang super duper nendang, karena saus ini sangat fleksibel untuk digunakan diberbagai makanan. Resep tahu campur dengan saus kacang ini pernah saya bagikan pada postingan disini. Proses membuatnya pun sangat mudah dan hingga saat ini selalu saya pakai di setiap makanan bersaus kacang di rumah seperti tahu campur, siomay, batagor, otak-otak atau bihun goreng. Anda harus mencobanya karena it's very recommended!

Berikut resep dan proses membuat batagor di rumah. 

resep batagor dari daging ayam yang enak

Resep Batagor Daging Ayam dengan Saus Kacang yang Maknyus!
Resep batagor hasil modifikasi sendiri
Resep saus kacang diadaptasikan dari resep keluarga Mba Elmi Barokah

Untuk 30 buah batagor

Tertarik dengan resep jajanan a la gerobak lainnya? Klik link di bawah ini:
Cilok - Dengan sambal pecel atau sambal rujak, keduanya sama lezatnya!
Seblak Basah Ceker Ayam dan Bakso a la JTT
Otak-Otak Ikan Labu Siam

Bahan:
- 10 buah tahu putih ukuran 4 x 4 cm, belah diagonal sehingga masing-masing potongan menjadi bentuk segitiga
- kulit pangsit secukupnya

Bahan isi batagor: 
- 300 gram daging ayam tanpa tulang (atau gunakan ayam cincang), anda bisa menggantikan daging ayam  dengan daging ikan.
- 125 gram labu siam. Kukus hingga matang, kemudian parut atau haluskan dengan food processor  
- 40 ml santan kental instan
- 250 gram tepung tapioka/tepung kanji/tepung sagu
- 1 batang daun bawang, rajang dan cincang halus

Bahan dan bumbu dihaluskan dengan blender: 
- 4  butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 1 1/2 sendok teh merica bubuk 
- 1 butir telur, kocok lepas 
- 1/2  sendok makan garam
- 1 sendok makan gula pasir

Bahan & bumbu saus kacang: 
- 5 siung bawang putih
- 3 butir kemiri sangrai 
- 5 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit merah, tambahkan jika kurang pedas
- 3 sendok makan air asam Jawa
- 5 sendok makan kecap manis
- 50 gram gula merah/Jawa, sisir halus
- 100 gram kacang tanah, goreng hingga matang
- 500 ml santan kekentalan sedang
- 1/2 sendok teh garam    
- 2 sendok makan minyak untuk menumis 

Untuk proses pembuatan saus kacang anda bisa klik di postingan saya, Tahu Campur, disini.

Cara membuat:

resep batagor dari daging ayam yang enak

Siapkan tahu putih yang telah dibelah diagonal menjadi bentuk segitiga. Goreng setengah matang saja karena nanti batagor akan digoreng kembali. Pada gambar diatas tahu yang saya goreng terlalu matang. 

Masukkan bumbu yang dihaluskan menjadi satu dengan blender ke gelas blender dry mill, proses hingga halus. Sisihkan.

Note: Potong-potong bawang merah dan bawang putih menjadi ukuran kecil sebelum dimasukkan ke dalam gelas blender agar bisa halus sempurna ketika diproses. 

Siapkan chopper atau food processor, masukkan fillet daging ayam, labu siam kukus, dan santan kental. Proses hingga halus. Masukkan bumbu yang dihaluskan, proses hingga halus dan menjadi adonan yang smooth.

Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, masukkan daun bawang cincang.

resep batagor dari daging ayam yang enak

Aduk adonan hingga rata, tambahkan tepung tapioka/sagu, aduk rata. Goreng/rebus sedikit adonan untuk mencicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. 


Ambil sepotong tahu, iris bagian tengahnya dengan pisau tajam. Jejalkan satu sendok makan adonan ke dalam tahu biarkan sebagian isi terlihat di luar.

resep batagor dari daging ayam yang enak

Celupkan ujung jemari tangan ke minyak goreng kemudian tekan dan padatkan adonan di dalam tahu. Muluskan permukaan adonan yang tampak di luar tahu dengan ujung jari yang diolesi dengan minyak goreng. Tata tahu berisi adonan di piring, lakukan hingga semua tahu habis.

resep batagor dari daging ayam yang enak

Untuk versi adonan yang dibungkus kulit pangsit, ambil selembar kulit pangsit, oleskan satu sendok makan adonan isi  kemudian tarik sisi-sisi kulit pangsit ke tengah hingga menutupi adonan. Letakkan di piring datar.


Anda bisa langsung menggoreng tahu dan pangsit berisi adonan atau kukus terlebih dahulu hingga matang. Jika hendak dikukus maka olesi permukaan saringan kukusan dengan minyak atau alasi dengan selembar daun pisang, tata batagor didalamnya dan kukus selama 20 menit hingga matang. Batagor siap digoreng atau bekukan di freezer hingga 1 bulan lamanya. 

Batagor yang telah digoreng sedap disantap bersama saus kacang. Super yummy!



57 komentar:

  1. baru mau bikin batagor ntar malem ada tambahan referensi dari mb en .. mksh ya

    BalasHapus
  2. Hallo mbak endang, sehat kan? Aku termasuk yg ngefans sm mbak. Kreasi makanannya mantep banget. Aku lihat di aneka es, mba en blm pernh bkin es duren ya? Oia mbak, satu kilogram durian beku tu kira" bisa dibikin brp porsi es duren ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba septi, thanks ya sudah menyukai JTT.

      sayngnya saya belum pernah bikin es duren ya mba, jadi saya tidak bs memberikan saran untuk porsi es yang ditanyakan ya

      Hapus
  3. Mantaph bgt mba endang,. Mba, mau tanya d, kl tahunya pake tahu coklat yg uda di goreng bisa gak? Kan di pasar ada tuh yg uda di goreng, bentuknya segitiga. Trus labu siamnya hrs dikukus ya ? Saos kacangnya kl disimpan di kulkas bs tahan brp lama mbak? Sorry byk nanyanya he he he. Thanks ya mba endang.
    Aster

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Aster, yep bs pakai tahu goreng yang sudah jadi dipasar ya mba. Untuk labu harus dikukus atau rebus ya, jangan pakai mentah nanti kurang empuk batagornya.

      saus kacang bs sampai 1 minggu di chiller ya

      Hapus
  4. mba sedepp liat nya ngecess,mb request buat arem-arem donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba maria, nah makanan tradisional saya suka gatot wkakaka, ntar saya tanya tante saya dulu ya, dia jago membuat arem2 heheheh

      Hapus
  5. Kalo labunya diganti wortel serut bisa g mbak???
    soalnya kurang suka sama labu
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. labu berfungsi membuat tekstur adonan jadi gak keras mba, percayalah ketika sudah dikukus dan diproses di adonan gak terasa babar blas ya, bs diganti zukini, saya belum pernah coba wortel, mungkin bs ya

      Hapus
  6. Mbak Endang, itu kulit pangsitnya kok kayak homemade ya? Soalnya keliatan cantik dan ada potongan daun2nya segala, mau dong resepnya sekalian mbak (^_^)
    Salam, Gayatri

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba gayatri, iyaaa homemade mba, cuman resepnya belum saya sharen, kayanya mau dicoba sekali lagi, kemarin masih kurang oke hehehe

      Hapus
  7. Pagi mba endang, saya tmsk silent reader nie... Maaf ya selama ini nyobain resep mba endang tanpa ijin. Saya sudah coba hampir seluruh resepnya mba endang lho. Baru kmrn saya nyoba siomay ala si abang, skrg pun masih banyak stocknya di kulkas, krn ga di persiapkan jadi bikinnya ga terlalu ikutin resep, saya pakai labu siam mentah seberat 300gr labu saya blender masih bisa empuk koq mba hanya krn mengandung air jadi butuh tepung lebih banyak sedangkan saya hanya sedia tapioka 500gr jadi adonan sedikit kurang kental, tapi so far rasanya sudah dpt 2 jempol dari suami dan anak saya, hanya teksturnya aja yg kelembekan utk ngakalin saya goreng aja klo pas mau di makan. Makasih ya mba udah berbagi resep2... Saya yg tadinya ga bsa masak malah skrg sering dpt pesanan utk catering acara keluarga padahal saya masuk dapur itu baru semenjak pindah ke bali n berkarir jadi irt baru sekitar 1thn, seandainya saya masih di jkt pasti saya cari rumah mba endang deh belajar private hehee.... Favorit saya sayur kacang panjang dengan santan dan ebi itu loh mba, sekali bikin 1/2 kg kc panjang pasti saya makan ga pakai nasi krn saya tambahin tempe biar bikin kenyang, klo ga ada kacang panjang pakai buncis yg di potong dadu enak jga loh mba... Pokoknya makasihhhhh banyak ya mba

    Salam dari denpasar
    Rita widy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rita, salam kenal ya dan thanks ya sharingnya. Senang sekali resep2 JTT disuka ya Mba.

      Lho kok sama sih kegemaran kita, sayur kacang panjang denga ebi hahhahah, saya suka digadoin juga mba, sewajan suka saya sikat sendiri hohohoho

      Hapus
  8. Oh jadi bikin saus kacang itu pakai santan ya mba.. kmarin misua sok2an giling kacang critanya mau bkin saus kacang bwad gorengan.. lha gatot smua itu saus kacangnya.. wkkwkwkw
    Mau bantu bikin tp aq gak pernah bikin saus kacang krn agak alergi sm kacang, jadinya saus kacangnya abal2.. hitam legam n kering kerontang gitu mba.. wkkwkw jd ngakak sndiri klo liat itu saus kacang.. gak ada mirip2nya sm saus kacang :D
    Oke deh kali ini biar aq yg bikin saus kacang benerannya wkwkkw
    Thanks ya mba..

    Bella

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola Mba Bella, wakakkaka mungkin kacangnya digoreng kelamaan mba, makanya jadi hitam sausnya. Kacang gak boleh lama2 digoreng, soalnya keluar dr wajan masih lanjut proses pematangannya.

      coba deh resep saus diaatas, asli nampol habis huhahahhah

      Hapus
    2. Bener mba, nampol abissss... dah mirip kyk abang2 somay sm batagor dh.. maknyusss...
      Ah tau gini bikin sendiri aja ya, jdnya buanyak.. klo beli gorengan dapetnya seucrit.. hehehe..

      Bella

      Hapus
    3. thanks mba bella, senang sekali resepnya disuka ^_^

      Hapus
  9. Mbak Endang, kalau daging ayam diganti daging sapi atau ikan bisa ga ya Mbak? :D thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, umumnya batagor pakai daging ikan, udang atau ayam ya, kalau sapi hasilnya akan berbeda ya, walau tentu saja tetap bisa ya

      Hapus
  10. Mbak Endang, makasih resepnya ya.. Udah saya eksekusi, ayamnya saya ganti pake ikan tenggiri.. Sip markusip ^^b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Febri, wakakak iyaaa pakai ikan tengiri tentunya lebih mantap yaa hehhehe

      Hapus
  11. Mbak Endang.. kalau gak ada kulit pangsit, apa bisa diganti sama kulit spring roll? thank you ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulit spring roll akan hancur ketika dikukus ya mba, kecuali kalau mau langsung digoreng bersama adonan mentah.

      Hapus
  12. Gunanya telur buat apa mbk? Bikinan saya alot. Gk mirip sama di gambar hhehe, tp sausnya mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alot biasanya kebanyakan tepung ya, kalau benar2 mengikuti takaran resep maka batagor ini gak alot ya, Telur untuk membuat teksturnya lebih empuk ya

      Hapus
  13. Saya udah coba resep ini dan enak.... saya versi kukus aja.... resep disini sering jadi referensi....jagoan dechhhh... udah beberapa resep saya eksekusi dan hasilnya ga pernah mengecewakan...makasihhhhh mba endanggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Meilina sharingnya ya, senang resep2 JTT disuka, sukses yaa

      Hapus
  14. Makasih resepnya,Mbak.
    Btw, saus kacangnya sama ga dg saus kacang siomay?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 ya, yep saus kacang bs dipakai untuk macam2 misal siomay

      Hapus
  15. Salam kenal mb endang.. aq salah satu silent reader nya mba..baru x ini nimbrung coment,,.suka sm blognya mba..detailll gt lho...ngebantu bwt yg newbie di dunia perdapuran... mba, mo tny ini..kuah kacang ini bs dpake bwt kuah sate ayam ga ya?,, atau pake resep.kuah kacang yg di resep sate ayam.mba..ato piy?e,,, mn yg lebih mak yus ya mba,.rencana drmh mo ada acara wirid bapak2 komplek, pengen bikin sate ayam rencananya...hehe.,thanks mba,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba sari, salam kenal dan thanks ya sharingnya, yep bs dipakai untuk sate ya, sedap kok. sukses dengan acaranya ya

      Hapus
  16. Hai mba.. aku kan kebetulan tinggal di luar nih, dan gak pernah liat labu siam di sini. Waktu itu aku pernah coba resep yang siomay ala abang2nya dan ganti labu sama timun. Tekstur sih oke banget mba, tapi sayangnya rasa timunnya cukup mendominasi, jadi lumayan ganggu ya.
    Nah kali ini aku mau coba pake wortel nih, mudah2an sih bisa ya. Oh iya, waktu pake timun kemarin juga airnya banjir banget, sampe akhirnya aku saring dulu adonannya hihi. Mudah-mudahan kalo wortel airnya gak terlalu banyak dan rasanya gak ngalahin rasa dagingnya. Atau ada masukan lain gak mba untuk pengganti labu siam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fry, pakai zukini bisa ya mb, sudah ada yang mencoba dan teksturnya mirip ya. Wortel juga bs tapi ntar warna batagornya jadi kekuningan ya hehhehe. Thanks sharingnya yaa

      Hapus
  17. Hallo mba endang.. salam kenal.. kemaren saya udh jajal siomay ala abang2, saya pakai kulit pangsit. Rasanya enak, empuk dan ga alot. Hanya saja kurang garam, saya kurangin garam. Takut keasinan eh malah jadi hambar.. hahah

    Saya ijin bikin batagor ini ya. Kalau misalnya setelah dikukus, bisa taro di chiller ga ya? Dan 2hari kemudian digoreng (dibalur tepung dulu) baru goreng.

    Julia

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Julia, salam kenal. Yep bs ditaruh di chiller setelah dikukus untuk 3 hari, atau dibekukan di freezer untuk 1 bulan ya. Thanks sharingnya ya.

      Hapus
  18. Mba endang, santan bisa di skip kah untuk buat adonan batagor?

    BalasHapus
  19. mba,sy udh cba bwt,enak...tp kok rasax jd kyk otak2 y??? �� bs ga klo santan kentalx dgnti pke air aj? klo bs,kira2 brp mili mba??? mksh bxk sblmx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ganti air mba, porsinya sama dengan santan ya.

      Hapus
  20. mba tanya dong cara membuat kulit pangsitnya gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah buat kulit pangsit sendiri ya mba

      Hapus
  21. sabtu kemarin sy eksekusi batagor dan saus kacang nya...enakkk Mba. cuma isiannya agak warna kehijauan, kyknya krn labu siam yg ga dikupas. adonan isinya juga lembek, apa kurang tepung nya ya? tapi it's ok, bikin 20 tahu jadinya 40 dan ludesss abisss. jika Mba End ga keberatan saya juga mau dong resep kulit pangsitnya, hehehe...thanks ya Mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba Andiyani, tambah tepung kalau adonan terlalu lembek ya mba, kehijauan bs karena labu atau daun bawang ya.

      Hapus
  22. Mbak endang terima kasih banyak resepnya sudah banyak yang aku coba dan anak anak pada senang'maaf ya mbak selama ini aku belum ijin tentang resepnya,minta ijin copy resepnya ya mbak untuk aku praktekin,semoga mbak endang selalu diberi nikmat sehat dan bisa terus berkarya,trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya ya, amin atas doanya juga. Senang resep JTT disuka, sukses yaa

      Hapus
  23. Selalu kagum n salut kalo lihat blog ini. Udah lama ga mampir & mb masih setia berbagi ilmu dg kami pr pembaca. Semoga sehat selalu ya mb.. aamiin.
    Sy mau tanya tp mohon maaf mb kalo melenceng, hehe, mb pakai food processor apa ya? Ada rekomendasi untuk bahan gilingan dg jumlah besar?

    Tika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Tika sharingnya, saya hanya pakai food pro merk Phillips ya mba, belum coba yang lain, untuk skala lebih besar dari itu saya kurang tahu ya.

      Hapus
  24. Dik Endang labu siam untuk isiannya bisa diganti bahan lain gak? Kalo bisa kira2 apa bahan alternatifnya?
    Sueeerrrr ini blog referensi aku banget bwt nyari resep. Thanks ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ibu Kentjana, labu siam bisa diganti dengan zukini mentah, atau pepaya muda rebus diparut ya. Thanks sudah menyukai JTT. ^_^

      Hapus
  25. mbak klu ikan ny 500gr, tepung ny kira2 brpa yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 350 - 400 sih oke Mba, ini pakai perkiraan saja yaaa

      Hapus
  26. hmm jd ngiler nih mba..
    mba ku mau tanya, fungsi santan di saus kacang untuk apa ya? Karna ku liat di resep saus kacang buat somay gk pakai santan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. percayalah, resep saus kacang ini lebih enak dan gurih.

      Hapus
  27. Di bahan saos kacang ada santan kekentalan sedang...klo pakai santan instan ka** gimana ya mbak? Apa santan nya di campur air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai santan yang segitiga saja mba, encerkan air jadi 500 ml

      Hapus
    2. Trimakasih mbak u/ sharring nya ☺

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...