06 Juli 2015

Resep Cake Tape Spesial


resep cake tape spesial keju

Hari Sabtu dan Minggu atau ketika sedang libur nasional merupakan waktu bagi saya untuk melakukan eksplorasi resep di dapur. Layaknya Dora the Explorer yang berpetualang di jungle maka hutan belantara saya adalah aneka resep di buku dan internet yang ketika diikuti seringkali memberikan surprised. Kejutan itu bisa berupa kesuksesan tingkat RT hingga kegagalan yang membuat demotivasi untuk menginjakkan kaki ke dapur. Mencoba satu resep memang seperti 'tebak-tebak buah manggis', terlihat buruk rupa di luar namun di dalamnya terasa manis seperti madu, atau ketika kulitnya terlihat mulus tapi justru terasa asam bagaikan cuka. Alias kadang sukses namun ada kalanya gagal total. Seringkali saya memerlukan dua atau tiga kali percobaan pada satu resep untuk membuatnya tampil sempurna dan layak saya bagikan ke anda. 

resep cake tape spesial keju
resep cake tape spesial keju

Beberapa buku resep terpercaya (biasanya dibandrol dengan harga mahal karena eksklusif) atau beberapa website resep makanan terpercaya (biasanya merupakan personal web atau blog yang ditulis dengan menambahkan tips dan pengalaman pribadi si pemilik web dan bukan hanya sekedar portal resep atau kumpulan resep) saya akui memberikan resep yang umumnya sukses ketika dicoba, tentu saja selama kita mengikuti instruksinya dengan seksama. Bagi anda yang pemula dan hendak melakukan eksplorasi resep melalui internet, saya sarankan untuk mengikuti website yang resepnya sudah dicoba terlebih dahulu oleh si pemilik website disertai dengan proses pembuatan yang detail dan tips anti gagalnya. Karena tersesat, apapun itu bentuknya, merupakan pengalaman yang sangat tidak mengenakkan. ^_^

resep cake tape spesial keju
resep cake tape spesial keju

Nah berbicara tentang cake tape singkong, kue ini sepertinya memerlukan perjuangan berat bagi saya untuk mewujudkannya. Walau pernah sukses dengan Cake Tape Singkong Kukus sebelumnya, anda bisa klik link resepnya disini namun saya selalu tertarik untuk mencoba resep lainnya. Terlebih lagi jika resep tersebut dibuat oleh chef ternama dengan bahan-bahan yang lebih mahal dan proses yang lebih ribet. Terkadang saya sendiri tidak mengerti mengapa resep seperti ini justru menarik perhatian? Bukankah lebih menyenangkan mengeksekusi resep mudah, simple dengan bahan terjangkau dan dipastikan berhasil dengan baik bukan? Sayangnya tidak! Resep rumit dan bahan mahal sepertinya lebih menantang untuk dicoba, setidaknya itu bagi saya. ^_^

Mungkin karena sensasi  jantung yang berdebar dan adrenalin yang terpacu menunggu cake keluar oven sama seperti ketika hendak menghadapi kencan pertama atau seperti ketika diberi senyuman Pepsodent oleh kakak tingkat, maka walau sering gagal selalu saya ulangi dengan latah.

resep cake tape spesial keju
resep cake tape spesial keju

Seperti yang terjadi pada weekend kemarin,  setelah hari Sabtu saya tidak bisa berkutat di dapur karena listrik padam akibat konslet, di hari Minggu saya pun telah bersiap-siap mengeksekusi cake tape ini sejak pagi. Cake ini rencananya akan saya berikan ke Pak RT di dekat rumah, beliau telah banyak membantu saya mengurus aneka surat dan perpanjangan KTP. Karena itu cake ini harus berhasil dan sebuah resep yang moncer sangat saya perlukan. Semua bahan sudah ditimbang dan dipersiapkan dengan rapi jali di meja. Cake dengan bahan ekstra memang membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian tingkat dewa. 

Berdasarkan pengalaman membuat aneka cake dan segala macam kue lainnya, biasanya firasat pertama selalu benar. Entah itu firasat yang mengatakan bahwa cake yang dibuat akan berhasil atau justru akan gagal. Nah firasat saya sebenarnya sudah tidak enak ketika melihat adonan turun saat tepung dimasukkan, namun saya masih tetap berusaha optimis karena terkadang adonan memang agak menyusut ketika tepung dicampur ke dalam kocokan telur. Namun masalah makin runyam ketika tiba pada step mengaduk adonan dengan mentega cair. Tipe cake dengan metode mentega dicairkan memang cukup tricky dan seringkali berakhir over mixing kala mentega dan adonan susah tercampur dengan baik. Melihat adonan yang nyungsep tiarap, bahkan total adonan tidak mencapai di bagian tengah loyang, saya pun tahu cake akan berakhir bantat. Ingin rasanya membuang si cake ke tempat sampah, namun untungnya teman-teman saya di kantor doyan dengan aneka makanan apapun yang saya bawakan. Jadi hari ini cake bantat tersebut tetap laku ketika saya sodorkan ke rekan yang tidak berpuasa. ^_^

resep cake tape spesial keju

Gagal pada resep pertama tidak lantas membuat saya menyerah untuk mewujudkan cake tape untuk Pak RT, saya pun membuka kembali file resep JTT dan teringat dengan Cream Cheese Pound Cake dari Joy of Baking yang mantap. Hm, mengapa tidak mengganti si cream cheese dengan tape singkong? Toh teksturnya hampir sama. Cake tape kedua pun langsung saya eksekusi, dan sebagaimana resep-resep a la Joy of Baking lainnya maka prosesnya mudah dan relatif cepat. 

Agar tape mudah tercampur dengan adonan maka saya menghaluskannya dengan susu kental manis agar teksturnya tidak terlalu pekat. Tape lantas saya masukkan ke dalam kocokan  mentega dan saya mikser hingga pekat dan kembang, baru kemudian gula pasir dimasukkan dan diikuti dengan telur satu persatu. Resep aslinya hanya menggunakan 6 butir telur, tetapi karena saya menginginkan cake dengan tekstur lembut, halus dan lebih spesial maka saya menambahkan 2 butir kuning telur ekstra (lagi-lagi menyusahkan diri sendiri!). Anda bisa skip penambahkan kuning telur ini karena dengan 6 telur pun hasilnya sudah oke dan lezat. 

resep cake tape spesial keju

Kunci membuat cake ini sukses adalah faktor pengocokan mentega hingga mengembang dan pekat. Selain itu ketika telur dimasukkan biasanya kendala utama yang ditemui adalah mentega menjadi pecah dan berbutir-butir, biasanya ini terjadi ketika telur dimasukkan dalam jumlah banyak sekaligus atau tidak memberikan kesempatan telur untuk tercampur baik dengan adonan sebelum memasukkan telur berikutnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pastikan agar telur dimikser dengan baik satu persatu, jangan menambahkan telur ketika tekstur mentega masih berair dan basah karena akan membuat cairan di dalam mentega menjadi berlebihan. 

Agar rasanya istimewa maka saya menambahkan keju cheddar parut di dalamnya, keju memberikan rasa asin gurih yang membuat cake tape ini tidak hanya sekadar terasa seperti tape. Kita juga bisa menambahkan choco chips, atau kismis untuk variasi lainnya sebagaimana di cake tape kukus sebelumnya. 

resep cake tape spesial keju

Sekarang bagaimana dengan hasilnya? Seperti yang sudah diduga, cake mengembang dengan cantiknya memenuhi loyang dan ketika dibalikkan tampak mulus kecoklatan. Untuk mencegah cake remah maka anda harus menunggunya benar-benar dingin ketika akan memotongnya, atau masukkan ke dalam chiller kulkas. Saat dalam kondisi dingin maka mentega akan memadat dan membuat cake mudah diiris tanpa membuatnya menjadi serpihan kecil. Sedangkan untuk rasanya, cake tape ini lembut dan sangat lezat.  

Pagi ini potongan-potongan cake saya letakkan di sebuah piring lebar dan saya antarkan langsung ke rumah Pak RT. Semoga bisa menjadi takjil berbuka yang menggugah selera di hari ini. ^_^

Berikut resep dan prosesnya ya. 

resep cake tape spesial keju

Resep Cake Tape Spesial
Resep diadaptasikan dari Joy of Baking - Cream Cheese Pound Cake

Untuk 1 buah loyang bundt diameter 23 cm 

Tertarik dengan resep cake tape lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Cake Kukus Tape Ketan Hitam
Cake Kukus Tape Ketan Hijau
Prol Tape Keju dengan Cream Cheese 

Bahan I:
- 350 gram tepung terigu serba guna atau protein sedang
- 2 sendok teh baking powder double acting *)
- 50 gram susu bubuk full cream merk apapun
- 1/4 sendok teh garam

Bahan II:
- 340 gram mentega (bisa di mix dengan margarine dengan perbandingan 1 : 1)
- 2 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/4 sendok teh vanilli essens atau vanili bubuk 
- 250 gram tape singkong + 3 sendok makan susu kental manis
- 300 gram gula pasir
- 6 butir telur suhu ruang
- 2 butir kuning telur (optional)
- 100 gram keju cheddar parut (optional)

*) Baca info baking powder double acting di Mengenal Baking Powder, Baking Soda dan lainnya.  

Cara membuat:
Siapkan loyang bundt (lubang di tengah), olesi dengan margarine dan taburi dengan tepung terigu. Balikkan loyang dan ketukkan untuk membuang kelebihan tepung. Sisihkan.

Siapkan oven, set disuhu 170'C, gunakan api atas dan bawah jika anda menggunakan oven listrik. Gunakan api bawah saja jika menggunakan oven gas. Karena oven saya pendek maka saya meletakkan rak pemanggang di bagian paling bawah, dan saya alasi rak dengan sehelai loyang tipis untuk memanggang kue kering. Tujuannya agar bagian dasar cake tidak mudah gosong dan membuat panas oven lebih stabil.

resep cake tape spesial keju

Siapkan mangkuk, masukkan tape singkong yang telah dibuang serat-seratnya, hancurkan dengan sendok hingga lumat. Tambahkan susu kental manis, aduk rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan bahan I, aduk rata. Sisihkan. 

Siapkan  mangkuk mikser, masukkan mentega dan vanilla ekstrak, kocok dengan kecepatan sedang hingga kembang dan warnanya berubah pucat. Tambahkan tape singkong, mikser hingga mengembang dan tercampur baik.

resep cake tape spesial keju

Masukkan gula pasir, kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur baik.

resep cake tape spesial keju

Masukkan sebutir telur, mikser dengan kecepatan sedang hingga tercampur dengan baik dan adonan menjadi pekat (tidak ada cairan/basah), tambahkan telur berikutnya dan kocok dengan baik. Lakukan hingga semua telur dan kuning telur habis.

Note: mengocok telur dengan adonan mentega merupakan bagian yang paling krusial, untuk mencegah mentega pecah karena terlalu banyak cairan maka masukkan telur satu persatu dan pastikan telur dikocok dengan baik sebelum menambahkan telur berikutnya. 

Jika adonan sudah tercampur baik dan pekat, tuangkan tepung terigu dengan cara diayak langsung diatas adonan. Masukkan tepung dan keju parut secara berselang-seling, bergantian dalam 3 tahapan.

resep cake tape spesial keju

Aduk perlahan dengan teknik aduk balik, hanya hingga adonan tercampur baik saja. Jangan berlebihan mengaduk, segera hentikan jika adonan sudah tecampur dengan baik. Over mixing ketika tepung telah dimasukkan akan membuat cake menjadi bantat.

Adonan yang terbentuk pekat dan kental. Tuangkan adonan ke loyang.

resep cake tape spesial keju

Ratakan permukaan adonan dengan spatula hingga smooth. Panggang selama 45 menit atau hingga permukaan cake tampak kecoklatan dan ketika lidi  ditusukkan ke tengah cake maka tidak ada adonan yang menempel. 

Keluarkan cake dari oven, diamkan selama 10 menit di loyang agar uap panasnya hilang. Balikkan cake di permukaan rak kawat. Diamkan hingga benar-benar dingin. Cake harus dalam kondisi dingin ketika dipotong agar tidak beremah. Siap disantap. Yummy!

TESTIMONI PEMBACA:

Dian Asri Widyastuti:
Ini cake tape paling okey yang pernah dibuat... #bukanhoax 
Padahal 3x trial dengan resep yang sama... dlu kirain ini resep seorang "peri" dunia maya perbakingan sampe akhirnya nemu blog pemilik resep asli nya Justtryandtaste Blogspot...

Kali ini resepnya aku modif krna seneng bgt sama rasa dan arona tape, jadi tape dan santan kental nya aku double-in... Hasil nya?? THE BEST niee... smooth nya dapet, tape nya dapet, kejunya dapet.. Ga percaya? Mampir ke rumah tak kasih seiris... trus langsung order yoooo... Thanks to Mba Endang sang pemilik resep yang aseli...
 




Oephieria Syofian Goenteim
Bolu Tapeh Keju untuk bunda Nur Diyaningrum
By resep Justtryandtaste Blogspot

Horey, medoggggg
 
 



148 komentar:

  1. Hallo Mba Endang,
    salam kenal ya..
    Saya salah satu pengunjung setia website JTT dan selalu berhasil menggunakan resep yang mba berikan.
    Saya mau Tanya untuk resep cake tape ini, kalau saya tidak punya oven/baking, dan saya mau ganti metode dikukus kira2 bisa ga mba?

    Thank you ya :)

    Regards,
    Stevani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Stevani, salam kenal juga dan thanks sudah menyukai JTT ya.

      untuk cake ini bs dikukus, tetapi karena kandungan butter/mentega tinggi maka ketika keluar kukusan cake akan basah dan moist, supaya cake gak hancur jangan keluarkan dari loyang sampai cake benar2 dingin dan mengeras.

      simpan cake di chiller sampai padat baru dipotong2 ya. ini supaya cake gak hancur.

      Hapus
  2. ini dia resep yang saya tunggu2.. maklum, saya sudah 2x mencoba membuat kue ini tapi selalu bantat.. Saya setuju 100% dengan tulisan Mba di pembukaan dan memilih menunggu Mba posting resep ini karena yakin resepnya sudah dicoba terlebih dahulu disertai dengan proses pembuatan yang detail dan tips anti gagalnya.

    Semoga weekend ini saya bisa makan cake tape lezat buatan sendiri :))..

    Salam,
    emily

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Emily, thanks sharingnya ya. Silahkan dicpba resepnya ya mba, moga sukses dan suka yaaa ^_^

      Hapus
    2. Hai mba.. Sudah dicoba kemarin.. Seperti resep2 mba lainnya, dengan tips2 yg ok banget, kali ini saya berhasil membuar cake tape yg cantik dan enak..
      Makasih banyak yaa...

      Hapus
    3. Halo Mba Emily, thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya sukses dicoba ^_^

      Hapus
  3. kue nya cantik skali mba hehehe rasanya jg pasti enak (ngiler.com) ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Raisa, yeppp rasanya sedap heheheh thanks yaaa

      Hapus
  4. Assalammualaikum mbak,Alhamdulillah adanya blog mbak endang saya jadi semangat didapur,banyak resep mbak endang yang sudah saya eksekusi walaupun terkadang ada gagalnya juga :-)..terima kasih ya mbak atas resep2nya,maaf baru bisa komentar padahal sudah 2 tahun lebih ini saya pantau blog mbak endang ini.
    Salam frida

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba Frida, thanks ya sharingnya, senang sekali resep JTT disuka, sukse selalu ya! ^_^

      Hapus
  5. dimana aku tinggal gak ada tape hiks...hiks...hiiiiiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah, berarti kembali ke cream cheese yaaa, jadi cream cheese pound cake

      Hapus
    2. Bikin tape singkong sendiri.... nggak sulit koq :-) asal kamu bisa beli singkong dan ragi tape.

      Hapus
    3. hai mba tuty, thanks ya, kemarin juga pengen bikin sendiri, tapi karena butuh 3 hari jadi gak sabar wakakkak.

      Hapus
  6. Nanti klo ada tape kuning lgsg aku bikin cake tape ini, klo tape nya puyih kynya kurang oke ya, jd mesti dpt tape kuning nih..makasi mbak endang resepnya.met puasa ya buat mbak endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, wakakkak maaf yaa saya bolak balik panggil Mas heheheh. Yep tape kuning memang warnanya lebih oke, pilih tape yang manis dan lunak.

      Hapus
  7. Mbak Eeeenn....ngileeeerr !!!
    Cake tape slh satu fav.saya dan tiap kali mudik Jkt, tante psti beliin cake tape di Pasar Baru yg fresh from the oven jd smp rmh msh anget dtemenin secangkir cappuccino anget...huaahh, miss home ! Yg mo dtanyain, milih tape yg bagus utk cake ini yg gmana sih, mbak ?? Gak ngerti soal tape2an ^_^"
    Thanks - Na

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Na, thanks sharingnya yaa,

      wah enak tuh cake tape plus capucino di pagi hari nongkrong di teras yang adem huaaaa. mimpi banget!

      klau saya pakai tape kuning dan yang lunak ya, jadi coba pegang tapenya dulu, kalau keras atau terlalu banyak serat sebaiknya jangan ya,

      Hapus
    2. Duuhh...gak sabar tunggu hubby libur utk eksekusi resep ini, biar si kecil ada yg jagain kl g bubaaar acara bakingny. Tunggu testi dr sy yak, akankah sukses cantik merekah & yummy cakeny kyk pny mbak En...hiuhiuhiiuu...muach fr Dps !

      Hapus
    3. Hahahah, weekend ini dieksekusi mba, mantap rasanya hehehe. Saya yakin pasti akan oke juga hasilnya jika diikuti sesuai intruksi ^_^, sukse yaaa

      Hapus
  8. wah ini nih.....step2 yg bener, hehehe... beberapa kali nyoba dan berakhir bantat. ternyata kesalahan di proses memasukan tape nya. akhir pekan ini di coba ahhhh. makasih mb Endang.
    oya, kemarin naik sepur MadiunJaya, dr madiun ke solo. Lewat stasiun praon. langsung berimajinasi dg cerita2 mb Endang hehehe

    Dian-Solo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dian, hahhahahha iyaa samaaa. Tahu gak saya pernah dalam 1 hari membuat cake tape sampai 2 kali, dan gatot. Bantat tat tat, gara2 salah masukin tapenya hehehe. Stasiun paron itu dulu tempat main saya waktu kecil, gak jauh dari rumah hahhahah

      Hapus
    2. Mbak endaang... saya dah lama jadi penggemang nya mbak endang... resepnya oke-oke... salam kenal ya mbak... btw suami saya orang ngawi tepatnya desa geneng... terima kasih dah menjadi inspirasi buatku...

      Hapus
    3. salam kenal mba, thanks ya sudh menyukai resep2 JTT. Yep, geneng dekat dengan ngawi hehehe. sukses yaaa

      Hapus
  9. Mb endang...... Assalamualaikum. Dulu waktu pertama kali nyoba cake tape chocochip nya mb endang, komentar sy dlm hati adl "ini cake paling enak yg pernah sy bikin" memuji diri sendiri. Tapi emang cake ini Best seller diantara cake yg lain yg sy jual Hehe..... 90 persen resep nya punya mb endang. Joss semua resep nya.
    Krn sukses dg versi chocochip sy coba jg versi kejunya...... Waaah endang banget. Tapi dg Tape 250gr sy pake Terigu dan margarin cuma 150gr dg metode sponge cake tapi ngocok telurnya cukup setengah ngembang sj g sampe jambul petruk.
    Luluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Luluk, thanks sharingnya ya, waah saya senang usaha bakulannya sukses. Saya doakan makin berkembang ya mba.

      Oke tuh kayanya tips cake tape kejunya, next time pengen coba juga caranya. Thanks yaaaa

      Hapus
  10. Mba endang, kalau gula pasir nya saya blender dulu agar halus dan memudahkan proses pengocokan apakah bisa ?
    Thanks -ika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ika, bisa ya mba,silahkan diblender saja mba.

      Hapus
  11. Mba endang...
    foto kuenya sangat menggiurkan...pasti enak deh...mana yang lebih enak sama versi choco chip mba?
    Oh iya, loyangnya bagus mba...nyari dimana mba loyangnya? (*salah fokus...hehe)...makasih resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nur, thanks ya mba. Hmm, yang choco chips juga enak ya, cuman karena beda proses panggang dan kukus, saya lebih suka panggang karena lebih harum hahhahah.

      loyang beli di Titan Mba, udah lamaaaaa banget.

      Hapus
  12. Mba masukin baking powdernya di step keberapa ya? Saya cari tidak ketemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ervina, sepertinya bacanya kurag seksama ya, kan diaduk jadi satu dalam bahan I mba,

      Hapus
  13. o iya mba.. maaf bacanya di hape jadi kecil2 tulisannya.. saya mau coba eksekusi minggu ini. Resep yang paling mantap yang resep Nastar lumer di mulut, banyak yang minta dijual aja..hahahah. Kmrn coba bolu pisang hasilnya oke, walaupun jadinya pendek tapi tidak bantat. Makasih banyak mba resep2nya, selain mudah, step by step dan tips jelas, dan gambarnya selalu menggoda iman

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Ervina sharingnya, senang resepnya disuka, moga nastarnya berhasil dijual dan sukses yaaa

      Hapus
  14. Assalamualaikum..saya pengen banget nyoba resep mba endang dgn bahan creamchesee tp apa daya harga creamchesee 1,5ons adalah 24rb,buat saya segitu mehong mba..hehe,ok deh lanjut eksekusi yang ini aja,mudah2an berhasil,terimakasih sudah berbagi salam kenal dari saya di indramayu.ela

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ela, bikin cake tape saja mba, tak kalah sedapnya dan lebih terjangkau yaa ^_^

      Hapus
  15. mbak,mo nanya ni.adonan mentega yg pecah itu kayak gimana ya?
    tutik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba tutik, sebenarnya bukan pecah ya, hanya saja gak tercampur dengan smooth antara mentega dan cairan telur. Jadi bentuknya seperti butiran2 atau gumpalan2, bukan adonan smooth.

      Hapus
  16. Hi mba Endang.. One short question hehe.. Kl aku buat pakai loyang 30x10cm kira2 naik ga adonannya? Dibuat 2 loyang kali ya kl ukuran 30x10..
    Thanks before

    Githa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Githa, ukuran cake ini cukup besar ya mba, loyang 30x10 kurang mampu menampung, dan cake akan naik cukup tinggi.

      mba sepertinya harus 2 loyang ya.

      Hapus
  17. Hi Mba Endang, aku sering banget contek resep2 dr mba, soalnya jelas banget cara buatnya. Aku ud cobain cake tape ini, hasilnya bagus, mengembang sempurna, tp koq bikinan aku agak sedikit kasar dan tapenya kurang berasa. Salah dimana ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Wiwi, kalau mau lebih halus ganti telur di resep dengan kuning telur saja mba. Untuk 1 telur bs diganti dengan 3 butir kuning telur. Hasilnya akan lebih moist dan lembut seperti lapis surabaya ya. Untuk rasa tape, mungkin bs ditambahkan sedikit lagi dari takaran resep.

      Hapus
  18. Dear mbak endang, mau nanya dong, waktu saya membuat cake ini saya menambahkan keju parut di atasnya, maksudnya supaya cakenya jadi cantik gitu...
    Tapi kok keju parutnya malah tenggelam ya mbak?? Apa harus menunggu cakenya 1/2 matang dulu baru kejunya ditambahkan? Makasi sebelumnya ya mbak.
    Gayatri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Gayatri, jadi cakenya gak dibalik nantinya ya? Kalau mau pakai tulban begini dan cake dibalik maka keju parut bs ditruh didasar loyang, baru adonan masuk.

      Atau kalau cake gak dibalik maka keju ditaburkan ketika cake sudah hampir matang ya, supaya gak tenggelam

      Hapus
  19. mba endang...mau tanya...hasil cake tape ini apa seringan seperti sponge cake atau agak padat tapi tetap lembut ya? soalnya waktu saya membuat tapi pakai metode telur dan gula di kocok sampai ngembang..cake mengembang dengan sempurna waktu di oven tapi setelah keluar oven cake agak turun sedikit dan waktu cake di potong cake yang atas ringan seperti sponge cake tapi yang bagian bawah agak padat tapi tetap lembut, dan setelah di biarkan lama yang bagian atas tadi menjadi padat juga tapi tetap lembut. apa hasilnya memang seperti itu ya mba? atau cake ku yg bantat soalnya bagian bawahnya agak padat tapi lembut kayak tape. tlng bantu penjelasannya ya mba...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nurita, cake ini padat ya, nggak seringan sponge. Kayanya metode telur+gula dikocok akan membuat cake lebih ngembang ya, tapi karena kudu pakai minyak maka adonan biasanya akan turun dikit.

      Hapus
    2. oh berarti hasilnya memang seperti itu ya mba...makasih mba atas penjelasannya..makasih juga mba atas resep2nya, sangat berguna sekali bagi pemula seperti saya yang ingin sekali bisa baking.

      Hapus
  20. Halo mba Endang

    Saya sudah eksekusi cake ini.. hanya saja komennya adalah rasa tape kurang menonjol ya. apalah Tape dengan resep yang sama bisa saya tambahkan menjadi 300 agar rasa taoe bisa keluar. dan jila saya tambahkan apakag akan berdampak ke bahan yang lain dan hasil akhir?
    Thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, silhkan tambahkan tapenya ya. saya rasa 300 gram masih oke ya. bahan lain gak perlu ya mba, mungkin akibatnya cake akan sedikit padat ya

      Hapus
  21. Hallo mbak Endang..
    Susu bubuk full cream bisa diganti dengan susu kental manis ga mbak? Kalo bisa takarannya gimana?

    BalasHapus
  22. Salam kenal Mba Endang.
    Saya sudah coba resep Cake Tape ini, dgn sedikit tambah dan kurang, he..
    Gula Saya kurangi, ditambah keju parut, kismis dan coklat chips.. Rasa dan aromanya benar2 menggugah selera, he..
    Tambahan, Saya gunakan loyang bulat yg berlubang ditengah dan loyang brownies tp ukuran pendek, dan hasilnya Saya lebih suka yg loyang pendek, karena lebih tipis, dan garing saat dimakan.
    Btw, makasih resep2 bermanfaatnya Mba, Saya sering mencoba, tp baru kali ini kasih komentar, he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba fitria, thanks sharinganya ya, senang resep cake tapenya disuka. Sukses selalu yaa

      Hapus
  23. Halo mba salam kenal
    Saya ingin mencoba resep ini tapi saya tidak ingin memakai tapenya jdi bolunya saja,apakah resepnya sm seperti ini
    Terima kasih ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mb Dian, salam kenal juga ya.

      kalau mau skip tape tapi resep seperti ini jangan pakai resep ini mba, pakai saja resep pound cake ini saja mba, skip selai jeruknya.
      http://www.justtryandtaste.com/2013/06/traditional-pound-cake-dengan-selai.html

      Hapus
  24. Assalamu'alaykuum...salam kenal mb. Kl tidak salah ini metode butter cake ya mb??? Nah kl dibuatmetode spong cake biasa bisa kah? Mohon pencerahannya.. Ulya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ulya, salam kenal juga ya, yep metode butter cake ya, bs juga dibuat pakai cara sponge cake ya. salam

      Hapus
  25. Terimakasih y mbak tuk berbagi resep n tips dgn kami. Saya sangat terkesan dgn post2yg mbak sharing ini sangat berguna buat kami yg msh dlm tahap belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Ika, thanks sharingnya ya, semoga resep2 JTT disuka dan sukses dicoba yaa

      Hapus
  26. Assalamualaikum mba.. Seneng banget ketemu disini setelah beberapa kali saya gagal bikin kue. Akhirnya jadi juga bagus banget enak dan mengembang. Mba saya mau tanya kan saya pake baking pan padahal apinya sudah kecil tapi kok bawah nya gosong ya mba. tapi puas bgt. Makasih ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba Novi, coba letakkan selembar loyang buat kue kering di bawah lyang kue, ini untuk mencegah panas terlalu kuat dari bawah dan membuat suhu oven lebih stabil mba

      Hapus
  27. Mbak, ada pengaruhnya gak menggunakan mentega yang sudah di simpan di kulkas?Kemarin saya buat cream cheese pound cake ternyata adonan yang sudah dimasukan telur tidak mengembang dan sulit menyatu antara mentega dengan telur. Jadinya kue nya agak bantat, hehe. Thanks mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba wida, tidak ada pengaruhnya pakai mentega dr kulkas, hanya saja mentega harus didiamkan disuhu ruang supaya lembek. mentega harus dikocok hingga smooth dan kembang dan telur harus msuk satu persatu, dan jangan tambahkan telur kalau adonan belum menyatu

      Hapus
  28. Hallo mbak, saya gagal nih. Menteganya pecah dan bantet. Jd sedih jg. Besok beli tape lg deh biar bs coba lg. Apa memang hrs dikocok dgn kecepatan sedang yah,? Td saya kocok dgn kecepatan tinggi. Trs jarak antara 1 telur dgn telur lain kira2 brp lama pengocokannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mb Karolina, bukan masalah kecepatan mikser ya, tapi ketika telur masuk ke mentega kurang dikocok maksimal, harus sampai adonan tidak basah mba, baru masuk telur berikutnya, lama waktu tergantung jenis mikser masing2 ya, jadi tolong cek adonannya dengn seksama

      Hapus
  29. Hi Sist Endang,
    Perkenalkan saya Wenny, saya blogger baru dan pemula untuk belajar masak.
    Hari Minggu kemarin saya mempraktekan resep yg sis kasih sama persis dan hasilnya bagus dan enak. Semua pada suka.
    Terima kasih ya sis untuk ilmunya :D

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba Wenny, thanks sharingnya ya, dan senang sekali resepnya disuka, sukses ya

      Hapus
  30. Hallo mba endang,salam kenal ya
    Saya baru aja eksekusi cake ini tp hasilnya kurang sesuai harapan,kue mengembang dgn baik tp kenap dibagian atas kue warnanya tdk coklat dan agak sedikit basah? Saya baking menggunakan otang atau krn loyangnya yg kekecilan ya mba? Krn pd saat baking adonannya sempat tumpah" sedikit..

    Mohon pencerahannya mba, terima kasih 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba milana, otang hanya api bawah saja, sehingga cake masih basah diatas, saya kurang tahu bagaiman tips menggunakan otang untuk memmbuat permukaan cake kering. saya diatas pakai oven dengan api atas bawah ya.

      Hapus
    2. Devi Puspitasari *MamkinshaSenin, November 07, 2016 2:41:00 PM

      Maaf ikut nimbrung. "Saya pake otang jg mbak milana. Semalem baru eksekusi dan Alhamdulillah berhasil.ga bantet n kering sempurna atasnya..tapi bake ny smp sejam lbh dan rajin diputer mbak..stlh sy rasa sdh matang tp atasny blm coklat sy cb pindah ke rak atas bbrp mnt.tyta blm jg coklat saya pindah lg k rak tengah.kalo pk otang rak paling bawah bisa bikin gosong luarnya,mgkin kalo msh krg coklat bs dipindah rak paling bwh sbntar sj sambil dipantengin trs ovennya �� *ini sy bgt..hee klo prlu sy pk senter malah biar jls. Mgkin lain kali bs dicb lg mbak. Semangaat y mbak.

      Hapus
    3. Thanks mba Devi sharingnya, sangat bermanfaat sekali, sukses yaa

      Hapus
  31. Aq bikin kok dalemnya kayak bantet ya mba padahal luarnya kayak ngembang atasnya ajah sampe sobek gitu padahal aq dah ngikutin resep banget hasil adonannya juga sama persis kayak difoto mba kental putih pokoknya persis banget dech itu kenapa ya mba mohon pencerahannnya soalnya aq klo bikin bolu bakar ga pernah berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak faktor untuk membuat cake mengembang mba, saya bingung juga kalau bantet ya, mungkin di oven dan prosesnnya ya

      Hapus
    2. Yg anehnya nech mba aq nyoba resep ini1 adonan aq taro di 2 media yg berbeda yg sebagian diloyang yg hasilnya agak bantet dan sebagian lg aq taro di papercup dan hasil yg di papercup cukup memuaskan sy krn ga bantet kok bisa yaa sampae bingung sendiri hahaha

      Hapus
    3. menurut saya ovennya mba, kurang panas suhunya, sehingga tidak bs menaikka adonan yang tebal di dalam loyang. Paper cup ukurannya kecil2 jadi pnasnya cukup untuk membutnya naik.

      Hapus
  32. Mba untuk ukuran loyangnya berapa ya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai tulban diameter 23 cm mba, sudah saya cantum di resep ya

      Hapus
  33. Pengalaman pertama bikin cake tape keju pake resep laen hasilnya persis sama dg pengalaman mbak JTT. Adonan telur yg sudah mengembang cantik tiba2 menyusut setelah ditambah terigu, lalu ditambah mentega cair... perasaan ga enak nih.. akhirnya bantat...hmmm.... sediiih...
    Tapi pengen bisa bikin cake tape..
    Besok lg pengen nyoba resep cake tape JTT, moga berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, saya bolak balik bikin dengan teknik sebelumya dan selalu gatot hehehe, pakai teknik diatas selalu suskes wkakakka, thanks sharingnya mba Novhia

      Hapus
  34. Siang mbak endang, saya silent readernya jtt, hehe... mbak endang, buat tape singkong jg dunk, karena saya di ntt, ga ada tape mbak.. hihi, sering browsing si, tapi takaran raginya pake keping, sdg bentuk ragi macem2....makasih mbak....and resep2 nya bener2 keren mbak, membantu banget buat yg ga pinter masak kaya saya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Melinda, syangnya Heni, asisten saya sudah resign hehehh, dia yang jago buat tape. Kepengen juga suatu saat bikin sendiri, mungkin nanti kalau ada waktu ya mba

      Hapus
  35. Haii mba endang.. aku abis eksekusi ini.. gagal hiks.. permukaan cakenya retak dan setelah baked 75 menit dites tusuk lidi bersih dr adonan, tp pas dikeluarin dr oven trus dilepas dr loyang ternyata masih basah bagian yg retak dan ambles huhuhu sediihh..

    Apa yg salah ya mba kira2? Apa BP nya kebanyakan 2sdt biasa bkn sendok takar? Atau loyang ku kekecilan ya? Pake loyang chiffon 22cm.. kalau suhu otang kurasa aman.. krn ga gosong baik permukaan maupun sekelilingnya.. entah deh nih rasanya msh nyeesss di dada huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Valen, bs banyak faktor ya, saya suka bingug jawabnya karena saya tidak terlibat di proses. Loyang harus pakai 23 cm karena cake besar dan suhu oven juga harus diperhtikan, pakai oven pengapian atas bawah. Atau kalau loyang kecil coba buat 1/2 resep saja mba

      Hapus
  36. Wah... akhirnya berhasil bikin cake tape pake resep cake tape jtt nya mbak. Telurnya saya pake 5 butir saja. Hasilnya lembut dan wangi... tapi,, agak beremah ya mbak..
    Makasih resepnya..
    Ohya,, untuk penambahan 2 kuning telur itu sebenarnya untuk apa ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Novhia, saya tambahkan kuning telur supaya teksturnya lebih lembut dan tidak beremah mba.

      Hapus
  37. Hi mbak endang, barusan selesai baking cake tape nya, spesial bangettt..,seisi rumah pada suka. Si kecil yg biasanya gak doyan makanan dari olahan terigu, kali ini dia minta nambah, abis 2 potong sendiri. Saya buat 1/2 resep aja, tape nya ditambah dikit ( tapi tetap gak begitu terasa ya). Telurnya juga aku pake 5 butir, buang 2 putel nya. Hasil nya WOW..enak bingitt, perpaduan manis dan gurih. Udah itu tekstur nya empuk, makin lama didiaminya makin moist. Aku penggemar setia blog nya mbak endang��. Udah pernah buat pizza, cake pisang juga, aku share resepnya di cookpad ya ( tentu nya dengan tetap mencantumkan sumber asli nya). Sukses terus ya utk mbak endang
    Salam - Santy
    Belitungb

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Santy, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Yep memamng susah bikin cake tape supaya rasa tapenya keluar, dibanyakin tapenya malah bantat heheeh. sukses yaaa, salam

      Hapus
  38. Mba Endang, kalau cara buat cake/bolu ada yang di kocok telur duluan ada juga yang mentega duluan. itu bedanya apa yah? kok rasanya lebih mudah kalau telur duluan yang di kocok yah, trus pakai mentega cair. Saya pernah coba pakai mentega duluan kok malah bantet yah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. umumnya butter cake (cake dengan kandungan mentega tinggi) memang diproses dengan cara seperti diatas. Cake tape ini termasuk butter cake. Krn kalau mentega dilelehkan, porsinya yang banyak membuat mentega susah tercampr baik dn akhirnya over mixing dan bantat. Tapi saya kembalikan ke kebiasaan masing2 ya mba.

      Hapus
  39. Mbak endang yg baik,tq resepnya, rencananya akan sy praktekkan buat lebaran besok. Ada bbrp pertanyaan sblm eksekusi nih mbak (maklum newbie)
    1. Di resep ini menggunakan mentega jenis apa? Room butter atau mentega spr merk elle n vire atau orchid butter?
    2. Pd saat memasukkan tepung apakah adonan ttp diaduk dg mixer atau dg spatula?
    3. Dulu, sy selalu gagal bikin cake metode baking, tp skrg mau coba lg, jd bener2 ngarep yg ini sukses. Makasi responnya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Rini, berikut jawaban saya ya:
      1. Bs pakai mentega apapun, room butter itu sebenarnya mentega/butter ya mba, hanya saja di Indo suka salah kaprah membedakan mentega dan margarine. Resep diatas sya pkai Anchor ya
      2. saya selalu pkai spatula saat tepung masuk untuk mengurangi over mixing
      3. mungkin jenis BP yang digunakan kurang oke dan over mixing ya, coba pakai BP double acting ya

      sukses selalu
      3.

      Hapus
  40. Hi mba Endang,td sebelum sahur aku eksekusi resep ini.alhamdulillah..berhasil banget...dulu prnh coba bbrp resep baker di ig tp ga pernah sukses,tp pk resep mba Endang first trial juga langsung sukses.makasih ya mba...ga sabar mau recook resep mba yg lainnya lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya mba Irma. senang resepnya disuka dan sukses dicoba ya

      Hapus
  41. mba endang saya udah coba resepnya terimakasih banyak ya mba luar biasa rasanya amazing hihi, maklum mba saya pemula dan bikin cake kadang " bantat.. tp kali ini berhasil yeay alhamdulillah, salam kenal ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya mba Kinkin, salam kenal juga ya, senang resep JTT disuka.

      Hapus
  42. Saya pake setengah resep dan skm nya coklat. Alhamdulillah berhasil.. Makasih mbak endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Gian sharingnya, senang resepnya disuka. ^_^

      Hapus
  43. Mba endang, makasi buat blog nya ngebantu banget buat saya ibuk2 yg tadinya ga percaya kalo saya bs baking jugak
    Awalnya kakak saya no 2 dr jaman sekolah pinter bgt bikin kue, sy cmn jd asisten bagian beli bahan sm nyemilin.
    Saya pikir baking itu harus ada bakat, after jadi ibuk2, dan dibeliin mixer sm si mama yg tadinya dianggurin skrg kepaksa dipake krn anak saya ga bs makan jajanan/kue terlalu manis jd bikin2 sndiri dg takaran gula yg dikurangi, nemu blog ini ibarat nemu buku primbon bikin kue hihihi
    Ternyata baking ga kudu punya BAKAT yah.. cm yang pasti kudu NIAT hihihi
    #sambil mantengin oven nunggu cake tape mateng
    -degita-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Degita, salam kenal ya, thanks ya sharingnya.Senang resep JTT disuka. Baking dan cooking itu masalah jam terbang dan tetap usaha yaa hehhehe. sukses yaaa

      Hapus
  44. Mbak endang. This is the most successful recipe I tried. Walopun lbh terasa kejunya dibanding tape. Smua keluarga n temen yg kedapetan icip pada ketagihan. Sy udh byk coba resepmbak endang. Asal ikutin plek bahan n caranya emang bener2 anti gagal. Harus rajin intip tips jg di komen dan sarannya. Keren mbak. Terus share yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Amy, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. sukses yaa.

      Hapus
  45. Devi Puspitasari *MamkinshaSenin, November 07, 2016 2:23:00 PM

    Hai mbak endang..salam kenal. Kemaren punya tape dan pengen bikin cake tape..cari2 resep koq krg sreg..pas liat resep mbak,lsg semangat,coz tips n triknya lengkap bgt ditambah pic langkah2nya detail bgt. Semalem jam 9 lbh stlh anak2 bo2,lsg eksekusi..jd nya byk bgt mbak dpt 1 loyang tulban 22 sama 3 loyang bronis kcl.tp tape aq tmbh ga smp separo resep.telur jg cm 6 tnp tmbhn kuning tlr lg.awalny deg2an takut gagal (pnh bkin muffin tape gagal ��) ehh..pas dipanggang lama bgt tyta..ga naik2 dah tkt tuh.hee..akhirnya naik jg..aq panggangnya smp sejam lebih mbak..krn takut gosong aq pk api keccil bgt (pk otang). Pas udah mateng jam 2an (krn 2x bake) lsg klrin.ga sabar nunggu dingin..bsk paginy lsg motong sdkt aq icip..daannn alhamdulillah Berhasil dan rasanya enak bgt...Terima Kasih mbak endang sdh mau berbagi resep dan langkah2 yg super jelas. (Maaf pjg bgt komennya) ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Devi sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses ya

      Hapus
  46. Mbak endang makasih banyak buat resep n pencerahan2nya seputar baking membaking.Barusan aku cobain resep cake tape kejunya,first trial n hasilnya amazing. Enak n wangi banget. Anakku doyan bgt.Dtunggu lagi resep2nya yg lain. Thanks ya mbak. 😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Riah sharingnya ya, senang resepya disuka, sukses yaa

      Hapus
  47. Malam Mbak Endang, saya sudah eksekusi resep bolu tape ini dan hasilnya uenakkk, anak2 dan suami suka. Ijin share resepnya ke temen2 ya mbak, biar ikutan pakai resep ini. Recomended banget lah pokoke. Makasih Mbak Endang :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thnaks mba Sari sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  48. Dari sekian banyak resep yg saya pake daei internet, baru ini yg berhasil.
    Selama ini istriku sering ngomel2 karena kuenya bantat, sekarang malah senyum2 minta dimasakin kue ini , (kebalik ya, kok suami yg masak kue?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha, saya senyum2 sendiri bacanya. Mantap! Good job! dan thanks sharingnya yaaa.

      Hapus
  49. Halo mba..klo tape sy ganti pisang bisa g?ada perubahan ga pada resep...makasih mba sehat slalu n menginspirasi trus
    Putri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bs mba, tapi saya blm pernah coba dan tdk berani ngira2 ya. Kenapa tdk pakai resep cake pisang saja mba, ada banyaaak sekali resep cake pisang di JTT

      Hapus
  50. Hai mbk Endang...aku hbs nyoba resep ini.Pk stgh resep aja.Sip markosip secara penampakan.Scr rasa enak,cmn rs tapenya kurang greng..biarlah...kali lain ditmbh tape dkt lg bs to mbk?Efeknya ke cake,jd keras tdk ya?Pokoknya aku padamu ws mbk...klo nyontek resep.πŸ€—πŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, coba baca2 komentar diatas ya, kayanya sudah banyk yang menambahkan tape, saya belum pernah modif dengan takaran tape lebih banyak ya. sukses ya

      Hapus
  51. Halo, Mba... aku baru eksekusi resepnya dan enak bgt walau agak gosong krn smpt ketiduran pas nunggu dipanggang. Tape nya aku tambah jadi 400 gram biar, gula aku kurangi 40 gram (krn tambahan tapenya kam bikin manis juga ya) dan baking powder aku tambahin 1/2 sendok teh... mantep tenan. Terus berkarya ya, Mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba sharingnya yaa, senag resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  52. Hi mba Endang..kemarin saya bikin ini, walaupun gak terlalu tape banget tapi uenakkkk..kata temen-temen di kantor enak banget. Banyak yang pesen, wah jadi bingung gimana melayani pesanannya����. Thanks a bunch mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Linza sharingnya, senang resep cakenya disuka, ayo diterima orderannya, hehhehe, mayan kan nambah2 income lho

      Hapus
  53. Hai mba endang, aku udah coba bikin bolunya kalo untuk rasa udah enak tapi kenapa pas dipotong bolunya jadi ancur ya ??? apa karena aku ngurangi jumlah telornya ya jadi 5 butir + telornya masih dingin dari kulkas ? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba desi, sebaiknya telur tidak dikurangi, kalau mau dikurangi ya sebaiknya semua bahan lainnya menyesuaikan juga. salah satu penyebab cake hancur jika kurang caira dan telur

      Hapus
  54. Mbak tq resepnya.. kmrn aku buat setengah resep..dan hasinya enak bngt. Blum pernah aku buat bolu yg sesukses ini.. hahaha maklum pemula.. suami bilsng enak.. ntar pengen bikin lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, thanks sharingnya yaaa, senang resep bolunya sukses dicoba ^_^

      Hapus
  55. Halo mb endang..makasih banget karena mengeluarkan resep ini. Ak pernah coba cake tape dengan santan, yg ngocok nya telur dulu, baru masuk tape, terus tepung, terakhr mentega cair. 2x awal bikin berhasil mb..enak bgt. Sampe bnyak pesanan.Pas bikin pesanan g ad yg berhasil. Ad kali 12 loyang gagal terus. ��. Bantat forever. Kenapa ya mb? Desperate saya. Klo misal pake resep ini diganti santan bisa g mb? Santannya berapa ml? Mohon pencerahannya mb. Makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, untuk cake tape saya kurang sarankan pakai cara pertama, tingkat gagalnya lumayan tinggi krn over mixing.

      resep diatas saya tdk menambahkan cairan, jadi kalau mau tambah santan coba ganti susu bubuk di resep dengan santan bubuk.

      coba cek resep cake tape lainnya di link disini, susu cair di resep bs diganti santan cair:

      http://www.justtryandtaste.com/2017/04/resep-sponge-cake-tape-marmer.html

      Hapus
  56. Izin share ya mbak resepnya.. Dah lama nyariin cake tapeny mbak endang ini, Kemren smpet nyimpen eeh.. Gak tau larinya kemana tu resep. Cake tapenya endes ini maah.. BeneranπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan Bunda Zytka, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  57. mbak, kalo resep ini dipanggang dengan baking pan jaman dahulu kira2 bisa ga ya mbak? atau ada trik2 yang lain?
    terima kasih.

    -arifah-sumut

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Arifah, menurut saya bisa ya, jenis cake ini butter cake mirip2 sama bolu minyak jadul ya

      Hapus
  58. Assalamualaikum mbak endang saya sudah coba resep ini,alhamdulillah anak2 suka.kebetulan dpt oleh2 dari garut tp sayang yg bawa tape ga dpt cake tape nya karena harus terbang ke kalimantan.waktu nyoba resepnya saya ga tambah kuning telur 2 tapi dari 6 telur ,2 telur saya ambil kuningnya saja.apa karena itu cake nya waktu dipotong sedikit beremah tp dlm nya padat.atau karena masih agak hangat ya.karena anak2 ga sabar ingin coba.Hehehe .makasih resepnya.saya dah 2x coba resep2 mbak endang.saya suka saya suka kalo anak saya bilang. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mba, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  59. Halo mbak Endang.. susu bubuk full cream apa bisa diganti susu cair full cream? Takarannya bagaimana? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk resep diaats tidak, karena adonan tidak mengandung cairan sama sekali. Skip saja susu bubuknya mba

      Hapus
  60. Hi mba Endang salam kenal ya. Saya sudah eksekusi cake tape menu ini dan hasilnya luar biasa enak baik dari sisi rasa dan texture.
    Kebetulan teman2 di kantor banyak yg mau pesan abis saya kasih taster. Mau nanya dong mbak, kan saya punya mixer gede bisa sampai 20L tapi oven cuma bisa masuk 2 tulban sedang kan masa pemanggangan bisa 1 jam. Pertanyaannya apakah bisa kalo saya bikin adonan 4-6 sekaligus dan menunggu antri oven selama 1-2 jam?
    Atau ada Saran lain mbak. Thank you yah mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ida, salam kenal dan thanks sharingnya.

      Cake bs antri, jika memakai baking powder double acting ya. Pengalaman saya, 1 - 2 jam antri tidak masalah

      Hapus
    2. Selamat pagi, mbak Endang. Adik saya semalam bikin dan mengembang bagus. Rasanya enak! Jadinya juga banyak. Bhn optional (tambahan telur dan keju) dia tdk pake. Lalu skm diganti dg sirup Marjan vanili krn tdk ada stok skm. Saya sendiri belum coba. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Hapus
    3. Hai Mba Sisca, thanks sharingnya yaa, wah senang membaca resepnya berhasil dicoba. sukses yaa

      Hapus
    4. Mba Endang, ada pertanyaan lagi nih. Saya kan pake loyang nordic. Knapa di permukaannya selalu muncul banyak pori2 besar ato kayak bolong2 gitu. Kira2 penyebabnya apa ya mbak. Kalo texture n rasa top bingiiit deh, customer ku suka. Bahan luarnya aku kasih tambahan lelehan Creamcheese glaze...

      Hapus
    5. Hai Mba, permukaan cake berlubang umumnya karena:
      1. tepung (bahann kering) tidak diayak ketika dicampurkan ke bahan basah
      2. Adonan terlalu pekat, jadi bs tambahkan bberapa sendok makan susu cair agak tdk terlalu pekat
      3. coba hentakkan beberapa kali loyang ke meja untuk melepaskan gelembung

      Hapus
  61. pertama kali bikin kue yg benar - benar sukses yaa ini
    Alhamdulillah 😊😊😊 seneng banget aku mbak
    mantap lah resep nya

    BalasHapus
  62. Salam kenal mba.. pagi td suami tiba2 minta dibikinin cake tape .. lsg googling cari resep.. akhirnya pake resep jtt.. katanya enaaaakkk bangettt .. tp kynya dpt tapenya ga tll bagus jd rasa tapenya kurang nonjol..
    Makasih resepnya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka ^_^

      Hapus
  63. Assalaamualaykum
    Salam kenal mbak Endang...
    Sudah lama banget mau bikin cake tape, akhirnya nanya mbah gugel, ketemulah resep ini, ditemani 3 krucils, 2 krucilnya tetangga, Alhamdulillah jadilah cake tape yang super duper enakkk.... Ga nyesel pake resep ini...
    Terima kasih resepnya...

    -Mufidah-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mba Mufidah, salam kenal Mba. thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. ^_^

      Hapus
  64. Ini jadi resep andalan saya mbak.. makasiiih banget. Sukses buat Mbak EndangπŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Agustinah sharingnya, senang resepnya disuka.

      Hapus
  65. Halo mbaa..saya sudah cobaa..uenakk .. rasanya mirip bloeder cake lho mbaa..saya jadi penasarann apakah bluder cake sama spt cake tape yaa..soalnya rasanya sama persiss..cuma memang sy belum pernah coba bikin bluder cake sii..mohon pencerahannya mbaaa..makasihh

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...