25 Maret 2011

Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau


Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT

Teman saya, Heni, pada suatu waktu pernah menanyakan ke saya by YM apakah saya memiliki resep cake tape yang lezat. Terus terang cake tape bukan lah salah satu jenis cake yang menjadi favorit saya, akibatnya hingga saat itu saya tidak pernah tertarik untuk mencoba membuatnya. Tetapi sejak Heni menanyakannya, saya menjadi penasaran juga dengan resep cake tape. Setelah berburu kesana kemari dan mengumpulkan aneka macam resep, ternyata hati saya pun tidak juga tergerak untuk mencobanya. Kalau urusan mengumpulkan materi dan bahan, saya memang jagonya, tetapi mengimplementasikan materi dan bahan tersebut menjadi sesuatu yang nyata... Mm, nanti dulu ya. Tidak heran jika notebook saya penuh dengan aneka project dan konsep namun tidak ada satupun yang terealisasi :)

Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT

Kembali ke cake tape. Kemarin ketika sedang melongok-longok di bagian counter makanan di sebuah supermarket saya melihat tape ketan hijau yang terlihat menggiurkan. Melihat tampilannya yang manis saya yakin pasti semanis rasanya. Nah, saat itulah saya teringat dengan cake tape yang pernah ditanyakan Heni. Entah apakah yang dimaksud Heni tape ketan dan bukannya tape singkong, tanpa pikir panjang saya menuju ke kasir dan melakukan transaksi.  Tape ketan hijaupun meluncur pulang bersama bajaj yang saya tumpangi. 


Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT

Next step adalah mencari resep yang cocok dengan selera. Tentu saja itu berarti mudah, murah dan lezat. Ujung-ujungnya cake kukus tetap menjadi pilihan utama. Tidak puas dengan resep cake tape yang ada, saya  justru melakukan modifikasi  sendiri dari beberapa resep cake kukus berbahan dasar selain tape. Adrenalin saya sedikit bergolak karena deg-degan juga dengan hasilnya, tetapi ketika penutup dandang dibuka, saya bersorak gembira. Cake tape ketan hijau mengembang dengan cantiknya. Tidak sabar dengan rasanya, saya segera mengeluarkannya dari loyang dan mengirisnya. Hmm, empuk, lembut, lezat dan cukup moist untuk cake yang menggunakan minyak dan bukan butter sebagai pelembutnya. 

Anda penasaran dengan resep dan cara membuatnya? Yuk kita langsung saja ke TKP.


Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT

Cake Kukus Tape Ketan Hijau
Resep diadapasikan dari berbagai  sumber dan hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 4 butir telur ayam ukuran besar, suhu kamar
- 150 - 200 gram gula pasir, tergantung kemanisan tape ketan yang anda miliki
- 200 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah
- 2 sendok teh baking powder, pastikan fresh dan cek tanggal kedaluwarsanya
- 1/4 sendok teh garam
- 200 ml minyak canola (bisa menggunakan mentega cair atau minyak sayur biasa)
- 350 gram tape ketan hijau

Cara membuat:
Siapkan loyang ukuran 23 x 9 cm, olesi mentega dan taburi tepung. Sisihkan.

Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan tepung terigu, baking powder dan garam, aduk rata dan sisihkan.

Dalam mangkuk mixer, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, kental dan berwarna putih. Pertama gunakan kecepatan rendah untuk membuat bahan tercampur rata kemudian ubah kecepatan mixer menjadi speed tinggi.


Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT

Turunkan kecepatan mixer menjadi yang paling rendah, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan kocok hanya agar tepung tercampur. Masukkan minyak canola, setelah minyak tercampur masukkan tape ketan hijau. Kocok sebentar saja hanya agar tercampur dan segera matikan mixer. Jangan terlalu berlebihan dalam mengocok. Anda juga bisa menggunakan spatula untuk mencampur bahan. 


Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT
Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT

Tuangkan adonan ke dalam loyang. Siapkan kukusan, isi dandang dengan air agak banyak. Panaskan hingga air dalam dandang mendidih. Masukkan loyang berisi adonan. Tutup permukaan dandang dengan kain serbet bersih yang mampu menyerap air dengan baik. Tutup rapat penutup kukusan. Kukus cake selama + 50 menit. Jangan membuka penutup kukusan selama pengukusan. 


Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT
Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT
Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT

Jika cake telah matang, keluarkan dari kukusan. Biarkan mendingin sebentar  + 5 - 10 menit. Kemudian keluarkan cake dari loyang dengan membalikkannya di wadah datar. Biarkan cake dingin dengan sempurna sebelum dipotong. Sajikan dengan ditemani teh hangat. So yummy!


Resep Cake Kukus Tape Ketan Hijau JTT




33 komentar:

  1. malam ini mau bikin rainbow cake kukus dan cake kukus tape ketan hijau. ijin nyontek resepnya ya mba... moga aja suksyeees...!
    mita :)

    BalasHapus
  2. halu, mb.. berhubung di rumah habis ada oleh2 berupa tape ketan, langsung browsing resep, dan nyampe kemari. :)
    klo untuk bikin ini, tapi gak pake mixer, kira2 ngaruh gak y?
    thank you,mb endang.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk cake ini saaangya adonan harus mikser ya Mba, coba cari cake jenis lain/muffin tanpa mikser dan masukkan tape ketan sebagai salah satu bahannya.

      Hapus
    2. mb endanggg.. aku sungguh ingin memelukmu.. *terlebay* :D
      akhirnya aku berjuang mengalahkan rasa malas buat nurunin mikser dari gudang. but it really really worth it. 50 menit setelah dikukus, aku buka kukusannya, hati sudah berbunga2. horee.. ngembang.. dikeluarin dari cetakan, niatnya sih mau ditunggu sampe bener2 dingin. tp suami ngeyel, berkeras klo cake itu enak dimakan anget2. makanya langsung dipotong.. dannn.. dobel horeee.. moist banget. rasanya juga passss.. senang bukan kepalang lah rasanya. o ya.. klo saya dirasa sedemikian lebaynya, soalnya ini pertama kalinya saya bikin kue sendiri, tanpa campur tangan (baca : bantuan) orang lain.. trima kasih ya, mb. :)

      Hapus
  3. Mbak Endang, resep ini bisa dipanggang kan? Kalau dipanggang kira-kira berapa menit dan dengan suhu berapa mbak? Trims.. ^_^

    Yunita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Yunita, bisa dipanggang, pakai suhu 165-170'C saja kira-kira 45 menit atau test dengan tusuk lidi ya.

      Hapus
  4. Hi mbaaa.. Aku udah nyobain juga resep cake ini tapi dengan 1/2 resep yang mba punya... Voila!! Hasilnya cantik! Harum tapenya juga menggoda selera banget.. Saya ga pake minyak canola karena dirumah emang ga punya, saya ganti sama 100gr mentega cair.. Untuk rasa legit gurih hihihi...
    Thanks untuk share resepnya ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Hayati, thanks sharingnya ya. Sip, turut senang resepnya disuka. Kalau gak ada minyak canola, pakai minyak sayur/goreng biasa juga oke kok Mba, karena minyak membuat tektur cake lebih lembut dbandingkan margarine/mentega dicairkan. Sukses ya!

      Hapus
  5. Hai mbak en,,mau nanya apakah klo cake kukus bisanya pake loyang lubang tengah ajah ya?? klo misal pake yg persegi panjang gitu bikin bantet ga yahh?? heheh newbie nih
    thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, cake kukus bisa pakai jenis loyang apapun ya, gak harus lubang tengah. Coba cek ke resep2 cake kukus yang pernah saya posting, loyangnya bervariasi, bahkan bisa pakai cup juga.

      Hapus
  6. mba....saya punya stok ubi ungu banyak niy,,,udah 2 kali bikin cake ubi ungu...tapi kalah dulu sebelum bertempur...saat mengocok gula n telur,adonan sudah ga bisa ngembang....alamat deh,,,gatot semua nya...bingung apa nya yang salah ya????apakah telurnya sudah stok lama ya mba?atau gula nya bukan kualitas bagus??? nah...kalau resep cake ketan hijau ini saya modif untuk ubi ungu bisa ga mba??ketan hijaunya diganti ubi ungu kukus yang sudah halus gitu...perlu tambahan bahan apa lagi mba kalo untuk cake ubi ungu? trimss... ^^MAY^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba May, asal warnanya sudah puutih pucat dan kental itu sudah mengembang Mba. Untuk cake diatas wah saya belum pernah ganti pakai ubi, ubi dan ketan beda ya, ubi lebih berat jadi kudu trial error sebelum bisa berhasil. saya tidak berani kasih rekomendsi untuk modifikasi resep diatas,

      kenapa gak pakai resep ini saja:
      http://www.justtryandtaste.com/2012/01/cake-kukus-ubi-jalar-dengan-coklat.html

      Hapus
  7. Mba boleh tanya ga??klo buat bikin makanan mbak2 ini dirumah pake oven apa yah?oven nya mba listrik?gas?atau standing oven yang gabung sama kompor??boleh tau merk nya mba??biar makin afdol belajar resep mba nih..

    thx u mba..regards..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya pakai oven listrik tidak gabung dengan kompor ya, merknya sico. Berhub ini juga dikasih jadi saya gak tahu harganya hahahha, hanya saja memang wattnya mayan besar ya

      Hapus
  8. mbak Endaaannnggg, lapor bu, malam ini dah buat cake ini, enaaakkk banget, moist dan lembut, baunya pun wangi (padahal takaran tapenya saya kurangi dr resep), krn khawatir bantat jd setelah masukin tepung hanya sy aduk balik pake spatula mbak, hehehe. Cuman ya itu tampilan cake tinggi sebelah (posisi sarangan kukusannya g rata mbak). But so far puasss deh, terimakasih mbak buat resep2nya yg yummy, big hug \^_^/
    ika fitriani-surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Mba Ika, thanks testimoninya ya, senang sekali cakenya berakhir sukses. ^_^

      Hapus
  9. Mba ini rasa tape nya gmn ? Kerasa ga di kuenya ? Ini aku punya tape tp udh aga berair..gpp kah ? Mempengaruhi takaran tapenya kah ?
    -mey-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Mey, tidak begitu terasa ya tapenya. Bisa pakai tape yang sudah tidak berair lagi tapi masih lembab ya

      Hapus
  10. Salam kenal mba Endang, saya baru aja selesai eksekusi resepnya dengan tape yg ada ( ngga sesuai resep jumlahnya ) .. tapi Alhamdulillan berhasil mba ... terima kasih ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rully, thanks ya Mba, senang sekali resepnya sukses dicoba yaa.

      Hapus
  11. Assalamu'alaikum mba endang...
    Btw saya udh nyoba resep ini mba... dan Alhamdulillah berhasil.. hihi.. tp punya sy tape gak terlalu kerasa...tp lebih kok rasanya malah mirip cake pisang,,hehe,,pdhl kan gak ada pisang2nya..
    Sukses terus mba! Sy suka sekali sm blog ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba, thanks sharingnya ya. yep hasilnya memag terasa seperti kaya pisang, saya juga begitu, saya bingung juga bisa begitu wakakkak

      Hapus
  12. Mbak Endang, saya sdh coba cake ini, di tambah keju cheddar parut rasanya yummi, punya saya kok tidak seperti punya mbak Endang ya tampilannya, warnanya tidak bisa coklat seperti di oven begitu.seperti cake2 kukus biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ina, thanks sharingnya ya. Warna aslinya punya say gak terlalu coklt juga mba, mungkin karena saya kukus agak lama ya

      Hapus
  13. Mba endang udah d eksekusi nih resepnya hasinya plek njiplek ky pny mba endang cuma takaran tapenya aku kurangin dr resep mba rasanya endang S taurina....hehehe....BTW makasih resepnya....secara bingung pny tape ngejogrog d kulkas d cuekin bingung d bikin apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Cipluk, thanks ya sharignya. senang sekali resepnya disuka dan sukses dicoba, sukses selalu yaa

      Hapus
  14. mba endang, mau nanua nih, supaya cake ny gak lengket pas d keluarkan dr loyang itu gmn tips ny mba??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 2 cara mba suci:
      1. olesi loyang dengan margarine dan taburi tepung dengan baik
      2. alasi permukaan loyang dengan kertas baking

      Hapus
  15. Resepnya endes mba endang. Anti gagal deh. Kalau saya kurangi minyaknya jadi 100 ml aja, apa ada pengaruhnya mba ke cake? Soalnya kalau pakai 200 ml, cake nya berasa berminyak banget. Btw, berarti bukan saya aja yang merasakan seperti makan cake pisang.hehehe...Makasih mba endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dikurangi Mba, mungkin sedikit kurang moist saja ya.

      Hapus
  16. Terima kasih resepnya mba Endang, barusan saya coba pake tape ketan putih+2sdm pasta pandan home made, dipanggang 160°c.Lembut kuenya

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...