30 Maret 2011

Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu


Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT

Di dekat kantor saya yang lama, juga di bilangan Kuningan, ada sebuah warung makan yang menyajikan bandeng presto bakar yang super lezat. Begitu lezatnya hingga pengunjung yang datang bukan hanya dari pekerja kantoran di sekitar daerah tersebut saja tetapi bahkan dari kantor-kantor yang cukup jauh jaraknya. Keunikan bandeng bakar atau goreng di warung tersebut adalah sambal bawangnya yang pedas. Jika umumnya ayam atau ikan bakar selalu disajikan dengan sambal terasi maka warung ini menggunakan sambal bawang yang terbuat dari cabai rawit merah dan bawang putih yang dihaluskan kemudian disiram dengan minyak panas bekas menggoreng bandeng. Memang sedap sih, tetapi setelah menyantapnya, anda harus segera menggosok gigi karena bau bawang yang seakan tidak hilang di seantero mulut :).

Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT

Bandeng bakar yang saya sajikan kali ini berbeda dengan ala warung tersebut, bandeng tidak saya presto karena mempresto bandeng memerlukan waktu cukup lama sedangkan saya harus segera mempersiapkan lauk makan siang untuk tim renovasi rumah Pete. Sambalnya saya cari yang praktis-praktis saja, sambal dabu-dabu. Cukup iris-iris semua bahan dan kucuri jeruk nipis dan jadilah sambal asam pedas yang segar dan pas untuk menemani si bandeng bakar. Hmm, mantap!

Tips untuk masakan ini:
  • Gunakan bandeng yang masih segar, ciri-cirinya daging bandeng ketika kita tekan terasa kenyal dan tidak menimbulkan bekas tekanan jari. Mata ikan berwarna jernih dan merah, bukan buram dan pucat. Insang ketika dibuka berwarna merah segar dan tidak pucat. 
  • Bungkus ikan bandeng dengan daun pisang kemudian bakar diatas panggangan, harum daun pisang yang dipanggang membuat ikan bakar menjadi lebih mantap. Jika anda tidak menggunakan alas daun pisang seperti yang saya lakukan - ikan dibakar  langsung diatas bara - maka sebaiknya sisik ikan dibiarkan saja agar daging tidak rusak ketika dibakar. 
  • Buang insang dan isi perut, cuci ikan hingga bersih kemudian lumuri permukaan ikan dengan air jeruk nipis, diamkan sebentar. 
  • Kerat-kerat daging ikan, dan lumuri dengan bumbu termasuk juga ke dalam perut ikan agar bumbu meresap, diamkan selama + 30 menit.
 Berikut ini resep dan cara membuatnya.

Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT

Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 1 ekor ikan bandeng ukuran besar
- 1 buah jeruk nipis
- 1 sendok makan minyak sayur/margarine
- 1 sendok teh garam, untuk melumuri ikan

Bumbu dihaluskan untuk ikan bakar:
- 3 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 sendok teh ketumbar
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- 1 sendok makan air asam
- 1 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok teh gula jawa

Pelengkap:
- sambal dabu-dabu
- kecap manis

Bahan sambal dabu-dabu:
- 2 buah tomat merah ukuran besar, potong kubus kecil
- 3 buah bawang merah, cincang halus
- 5 butir cabai rawit merah atau hijau, rajang kecil
- 1 sendok teh garam
- 1 butir jeruk nipis, peras airnya

Cara membuat:
Bersihkan ikan, kerat-kerat dagingnya. Lumuri dengan air jeruk nipis dan 1 sendok teh garam ke seluruh badan dan bagian dalam perut ikan. Diamkan sebentar. Tidak usah dicuci lagi.

Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT
Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT

Dalam mangkuk kecil, masukkan bumbu halus dan minyak goreng, aduk rata. Lumuri bumbu halus keseluruh permukaan ikan, diamkan selama + 30 menit. 

Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT
Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT

Siapkan panggangan, alas panggangan dengan beberapa lembar daun pisang, letakkan ikan diatas daun pisang. Atau anda juga bisa menggulung daun pisang ke seluruh badan ikan dan membakarnya diatas panggangan. Cari cara yang menurut anda paling mudah. Panggang ikan diatas bara atau panggangan yang diletakkan diatas kompor, gunakan api yang tidak terlalu besar agar ikan matang merata hingga ke dalam dan daun pisang tidak lekas hangus terbakar. Ganti daun pisang jika daun mulai habis terbakar supaya api tidak langsung menyentuh permukaan ikan. Sedikit merepotkan memang, tetapi hasilnya tidak mengecewakan.

Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT
Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT

Balik ikan jika satu sisi telah matang dan panggang hingga tidak ada air yang keluar dari badan ikan. Angkat ikan jika telah benar-benar matang. Sajikan ikan dengan nasi hangat, sambal dabu-dabu dan kecap manis. 

Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT

Sambal Dabu-Dabu
Siapkan mangkuk kecil, masukkan semua bahan sambal termasuk garam dan air jeruk nipis. Aduk rata. Jadikan sambal dabu-dabu pendamping ikan bandeng bakar.  Sedap!

Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT
Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT
Resep Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu JTT



10 komentar:

  1. Wah, tampilannya cakep sekali ya... kayak ikan bakar di restoran seafood :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya ya mba, moga rasanya juga disuka yaa

      Hapus
  2. Mbak Endang, saya lagi nyobain hari ini, tapi ga pake ikan bandeng..... Wangiii pisaann euy... Ga sabar nunggu mateng. Makasiy ya resepnya mbak...cheers

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, pakai ikan apapun oke ya, enak kalau ikannya masih fresh dan disantap panas2 pas keluar dr panggangan. mantap!

      Hapus
  3. Mb.. mohon bantuannya.. klo mau masak fillet ikan bakar, enaknya pake ikan apa ya?? Dan boleh minta info resepnya Mb.. mohon bantuannya Mb sy ada acara lusa..terimakasih. Dewi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Dewi, pakai ikan baronang, kakap, kerapu, gurame, atau bawal oke ya mba.

      Hapus
  4. Maaf Mb.. sy krg percaya diri kalo tidak masak sesuai resep Mb endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha, saya yakin seiring waktu Mba Nara akan makin jago dan tidak perlu lihat resep lagi mba.

      Hapus
  5. Smpai skrg masih sllu liat resep Mb Endang, n bersyukur Mb malah dapat penghasilan dari resep Mb.Trimakasih byk Mb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mb Nara sharingnya, wah saya ikutan senang resepnya bs dipakai buat usaha, moga makin sukses yaaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...