17 Maret 2011

Resep Penang Asam Laksa


Resep Penang Asam Laksa JTT

Seperti yang pernah saya janjikan di postingan saya sebelumnya mengenai bunga kecombrang, maka kali ini saya akan mem-posting mengenai resep asam laksa, dimana salah satu rempah utama yang diperlukan di masakan ini adalah bunga kecombrang.  Di negeri jiran Malaysia bunga ini dikenal dengan nama bunga kantan/siantan.

 Sebenarnya ada satu lagi daun rempah yang juga sangat penting disini yaitu daun kesum (Polygonum odoratum Lour.),  begitu pentingnya hingga masyarakat di Malaysia dan Singapura menyebutnya dengan daun laksa. Sayangnya saya belum pernah melihat daun ini sehingga tidak bisa menjelaskan secara pribadi bagaimana aroma dan rasa si daun, dari beberapa literatur yang saya baca daun ini memiliki aroma wangi dan tajam campuran antara daun kemangi dan daun salam koja (daun kari). Daun ini biasa digunakan untuk masakan yang terbuat dari ikan karena mampu mengurangi bau amis pada  hidangan laut. Untuk lebih lengkapnya mengenai daun kesum, anda bisa klik link disini.

Resep Penang Asam Laksa JTT
Resep Penang Asam Laksa JTT

Jika sebegitu ampuhnya si daun, saya heran juga mengapa masayarakat Indonesia jarang menggunakannya ya? Mengingat tumbuhan ini pasti mudah dibudidayakan disini, karena iklimnya yang mirip dengan Malaysia. Apalagi masyarakat kita cukup menggemari aneka daun-daunan entah itu sebagai sayur, rempah atau lalapan.  Anyway, walaupun minus daun kesum, tidak membuat saya kehilangan semangat untuk memasak asam laksa. Kuahnya yang asam, pedas dan daging ikan sebagai bahan utamanya lah yang membuat saya terdorong untuk mencobanya. Komposisi ketiga hal tersebut memang menjadi favorit saya jika berhubungan dengan masakan. Ditambah lagi dengan bunga kecombrang, bunga ini menguarkan aroma harum unik yang khas sehingga membuat cita rasa masakan menjadi lezat. Daun kesumnya saya ganti dengan daun kemangi ^_^. Tetap mantap!

Resep Penang Asam Laksa JTT

Asam laksa merupakan makanan berkuah yang komposisi utamanya adalah mie beras yang disiram dengan kuah pedas yang terbuat dari kaldu ikan dan berisi suwiran daging ikan dan aneka rempah. Pelengkap asam laksa adalah irisan: ketimun, nanas, bunga kecombrang, bawang merah dan cabai rawit. Mie laksa berbentuk bulat seperti mie telor  hanya saja berwarna putih, karena saya tidak menemukan mie ini di supermarket maka saya menggunakan kwetiau sebagai penggantinya (modifikasi yang kacau). Untuk ikannya saya menggunakan ikan tongkol segar yang saya rebus, pisahkan daging dengan tulang dan siripnya untuk kemudian disuwir kecil. Penang asam laksa ini segar, lezat dan hot. 

Berikut resepnya ya.

Resep Penang Asam Laksa JTT


Penang Asam Laksa
Resep hasil modifikasi dari beberapa sumber

Bahan:
- 1 ekor ikan tongkol/makarel atau + 500 gram ikan tuna. Bersihkan ikan, buang insang dan isi perutnya, belah menjadi 2 bagian.
- 250 gram mie laksa, saya menggunakan kwetiau. Rebus hingga matang dan tiriskan.
- 1 1/2 liter air
- 3 buah bunga kecombrang, iris halus
- 3 buah asam keping Medan (bisa diganti dengan asam jawa biasa)
- 1 1/2 sendok makan asam jawa, beri 100 ml air panas, remas-remas dan ambil airnya yang kental. 
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok makan garam, tambahkan jika kurang asin
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 5 lembar daun jeruk
- 2 ruas jahe, pipihkan
- 1/2 ikat kemangi, iris-iris kasar

Bumbu dihaluskan:
- 10 butir cabai merah keriting
- 5 butir cabai rawit
- 5 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 1 ruas jahe
- 1 ruas kunyit
- 2 buah serai, ambil bagian putihnya
- 1 1/2 sendok teh terasi

Pelengkap:
- 2 buah timun, kupas dan buang bijinya, iris korek api
- 1/2 buah nanas, potong-potong kecil
- 1 ikat kemangi, ambil daunnya
- 2 sendok makan bunga kecombrang iris halus
- 2 butir bawang merah iris halus
- 3 butir cabai rawit merah, iris halus

Cara membuat:
Siapkan panci, masukkan ikan dan 1 1/2 liter air, rebus hingga ikan matang. Angkat ikan dan dinginkan. Sisihkan air kaldunya. Pisahkan daging ikan dan tulang serta siripnya kemudian suwir-suwir daging ikan menjadi potongan kecil.

Resep Penang Asam Laksa JTT
Resep Penang Asam Laksa JTT

Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, tambahkan daun jeruk, bunga kecombrang iris dan jahe. Aduk-aduk hingga bunga layu. Masukkan tumisan bumbu ke dalam kuah kaldu, tambahkan asam medan dan ikan tongkol suwir, masak hingga mendidih. 

Resep Penang Asam Laksa JTT
Resep Penang Asam Laksa JTT
Resep Penang Asam Laksa JTT

Tambahkan garam, gula pasir, kaldu instan dan air asam. Aduk-aduk, cicipi rasanya. Masukkan irisan daun kemangi. Angkat.  

Penyajian:
Siapkan mangkuk, beri mie secukupnya, siram dengan kuah laksa. Beri timun, nanas, kecombrang iris diatasnya. Taburi dengan kemangi, bawang merah dan cabai rawit iris. 

Resep Penang Asam Laksa JTT
Resep Penang Asam Laksa JTT

Hidangan ini nikmat selagi panas. Enjoy!


Sources:
Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Penang Asam Laksa
Rasa Malaysia - Nyonya Assam Laksa
Gernot Katzer's Spice - Vietnamese Coriander (Polygonum odoratum Lour.)
Wikipedia - Daun Kesum (Persicaria odorata)



5 komentar:

  1. ada banyak variasi cara menghasilkan kuah laksa di Malaysia....selamat mencuba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, masakan Malaysia memang sedap2 ya ^_^

      Hapus
  2. Saya temukan resep ini... karena punya ikan tongkol besar, gak tau mau dimasak apa... seneng deh punya rujukan masak... pasti dijamin maknyus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb nina, thanks sharingny ya, moga sukses dengan resep dan ikan tongkolnya yaa ^_^

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...