13 Maret 2011

Resep Soto Padang


Resep Soto Padang JTT

Pusing memikirkan menu untuk para tukang yang sedang merenovasi rumah Pete, sayapun memilih menu-menu dimana lauk dan kuah berada dalam satu masakan. Nah, apalagi kalau bukan soto, gulai dan hidangan berkuah sejenisnya. Kali ini pilihan jatuh ke soto. Soto bagi saya tidak pernah gagal  memuaskan selera banyak khalayak. Apalagi variannya banyak, bukan hanya Jawa penghasil resep soto yang lezat, Padang pun punya soto Padang yang terkenal. Bosan dengan soto yang berkuah santan? Kenapa tidak mencoba soto yang kuahnya bening seperti ini, dinikmati panas-panas dengan kucuran air jeruk nipis dan sambal rawit yang pedas memang sangat nikmat. 

Resep Soto Padang JTT

Agar semakin mantap, rebus daging sapi yang digunakan hingga benar-benar empuk sehingga kuah kaldunya pun terasa semakin mantap. Walaupun di resep aslinya tidak menggunakan lobak, kali ini saya masukkan irisan lobak ke dalam kuah agar soto lebih berisi. Hasilnya tidak mengecewakan, soto pun semakin segar. Selain itu, di resep aslinya daging sapi setelah direbus kemudian digoreng dan ditaburkan saat soto dihidangkan. Saya tidak melakukannya, jadi daging sapi hanya saya rebus saja dan tetap saya biarkan di dalam kuah soto.  Masakan saya ini sepertinya lebih tepat jika disebut sebagai soto daging saja :).  
 
Resep Soto Padang JTT

Pelengkap soto Padang adalah mie soun, perkedel kentang, keripik kentang dan kerupuk merah. Saya hanya menggunakan soun dan perkedel kentang saja. 

Berikut resepnya ya. 

Resep Soto Padang JTT


Soto Padang
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Soto Padang

Bahan:
- 500 gram daging sapi + tetelan, potong dadu
- 1 buah lobak
- 2 batang daun bawang
- 2 liter air
- minyak untuk menumis

Bumbu dihaluskan:
- 6 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 5 butir cabai rawit merah
- 1 sendok teh terasi bakar
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas lengkuas
- 1/2 sendok teh merica butiran

Bumbu lainnya:
- 3 lembar daun jeruk
- 4 lembar daun salam
- 2 butir kapulaga/keningar
- 2 buah pekak/kembang lawang
- 4 butir cengkeh
- 1 batang kayu manis
- 2 batang serai, memarkan  
- 1 1/2  sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok makan garam
- 2 sendok makan gula pasir

Pelengkap (optional):
- soun
- sambal rawit merah
- perkedel kentang
- keripik kentang (saya tidak pakai)
- irisan jeruk nipis
- kerupuk sagu merah (saya tidak pakai)
- irisan daun bawang, secukupnya 
- bawang goreng, secukupnya

Cara membuat:
Siapkan panci, masukkan air dan daging sapi ke dalamnya rebus hingga daging empuk. Sisihkan. 

Panaskan minyak diwajan, tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna,  tambahkan bumbu lainnya. Aduk-aduk hingga bumbu matang. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging, tambahkan bumbu lainnya. Masak hingga kuah mendidih dan bumbu meresap. Cicipi rasanya.

Resep Soto Padang JTT
Resep Soto Padang JTT


Membuat perkedel kentang
Untuk perkedelnya, kupas kentang, potong-potong dan cuci bersih. Kemudian kukus kentang hingga empuk. Haluskan kentang dengan menguleknya menggunakan cobek, bumbui dengan merica, bawang putih dan garam. Beri satu buah telur, aduk rata. Goreng adonan sebanyak 1/2 sendok makan untuk setiap buah perkedel. Angkat jika telah berwarna coklat keemasan. 

Menghidangkan soto
Siapkan mangkuk, tata mie soun di dasar mangkuk, siram dengan kuah dan daging soto, taburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Kucuri dengan air jeruk nipis dan sajikan dengan sambal rawit, kerupuk dan perkedel kentang. 

Sambal rawit:
Haluskan 10 buah cabai rawit merah, masukkan cabai ke mangkuk dan tuang dengan 1 sendok sayur kuah soto. Aduk rata dan sajikan sebagai pelengkap soto Padang anda. Sedap!


Source:
500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Soto Padang



0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...