05 Maret 2011

Resep Sup Iga, Kentang dan Wortel


Resep Sup Iga, Kentang dan Wortel JTT

Cuaca yang tidak menentu dan aktifitas padat memang membuat seseorang menjadi mudah terkena flu, apalagi jika tidak menjaga diri dengan asupan makanan yang bergizi, cukup istirahat dan tentu saja ditembak dengan vitamin C dosis tinggi. Di kantor saya tampaknya wabah flu memang sedang merajalela, apalagi sepulang dari acara outing minggu lalu di Puncak. Hujan yang tidak kenal kompromi tatkala kami sedang melakukan kegiatan outdoor tak ayal sempat mengguyur kepala yang tidak tertutup topi. Tak heran jika Senin-nya banyak yang demam dan mengalami gejala tidak enak badan. 

Resep Sup Iga, Kentang dan Wortel JTT

Kalau sudah begini makanan yang berkuah, panas, segar dan lezat seakan menjadi incaran hampir semua orang. Salah satunya yang saya lirik adalah sop iga di dekat kantor saya, tepatnya sop iga di Pasar Manggis. Hmm, sopnya lezat dengan kuah yang kaya rempah, gurih dan dagingnya empuk sehingga mudah lepas dari tulangnya. Dimakan panas-panas dengan kerupuk putih, acar timun, kucuran jeruk nipis dan tentu saja sepiring nasi. So Yummy!

Resep Sup Iga, Kentang dan Wortel JTT

Tidak cukup semangkuk? Akhirnya saya membuatnya sepanci di rumah. Saya tambahkan wortel dan lobak sebagai pelengkapnya seperti yang disajikan di warung tersebut. Kali ini mau makan dua porsipun tidak perlu malu-malu. Sikat! Badan menjadi hangat, segar, hidung mampat pun mengalir lancar dan kepala menjadi enteng. 

Berikut ini resepnya.

Resep Sup Iga, Kentang dan Wortel JTT

Sop Iga Sapi
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 500 gram iga sapi, potong-potong dan rebus hingga empuk dan daging lepas dari tulangnya. Paling cepat menggunakan panci presto. Buang kotoran yang mengapung saat iga direbus.
- 2 liter kaldu hasil rebusan iga
- 1 batang lobak, kupas, belah dua memanjang dan iris setebal 1/2 cm
- 2 batang wortel, potong-potong melintang, lebar 2 cm
- 2 batang daun bawang rajang kasar

Bumbu dihaluskan:
- 1 sendok teh merica
- 1/2 buah pala
- 4 siung bawang putih

Bumbu lainnya:
- 2 butir kapulaga
- 3 butir cengkeh utuh
- 1 batang kayu manis
- 1 sendok teh kaldu sapi instan
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Pelengkap:
- 1 butir tomat merah, iris tipis
- bawang merah goreng
- kecap manis
- irisan jeruk nipis
- acar timun
- sambal cabai rawit merah

Cara membuat:
Panaskan wajan dan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan bumbu halus ke dalam rebusan kaldu dan iga. Rebus hingga kaldu mendidih. Tambahkan bumbu lainnya. 

Resep Sup Iga, Kentang dan Wortel JTT

Masukkan wortel dan lobak. Masak hingga wortel dan lobak empuk. Cicipi rasanya. Masukkan irisan daun bawang. Aduk dan angkat.

Saat akan dihidangkan, tuangkan iga dan kuah dimangkuk, beri irisan tomat dan taburi dengan daun bawang segar dan bawang merah goreng. Lengkapi dengan sambal cabai rawit, acar timun dan kucuri dengan air jeruk nipis. 

Resep Sup Iga, Kentang dan Wortel JTT

Sop iga siap disantap selagi hangat. Segarnya!




8 komentar:

  1. Enak mana sama yang ini http://www.justtryandtaste.com/2010/12/sop-iga.html ? Terimakasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saja Mba Ayu, hehe, mirip2 lah. Kunci sop iga yang lezat, masak iga sampai benar2 empuk, untuk kaldu yang nendang pakai tulang dan tetelan sapi dan janga lupa rempah2 yaaa

      Hapus
  2. Mba Endang mw tanya untuk kayu manisnya itu 1 batang panjang brp cm yah?
    Terima kasih ��

    BalasHapus
  3. Mba Endang mau tanya, kalau Mba Endang biasanya ngepresto dagingnya di tambah apa di rebusannya atau cuman pake air aja?

    BalasHapus
  4. Mba Endang presto iganya pake air aja atau pake tambahan Lain?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...