16 Maret 2011

Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat


Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT

Tahun lalu ketika kantor saya mengadakan acara Halal Bihalal, salah satu menu yang banyak diserbu adalah mie kangkung. Mie dengan campuran kangkung dan tauge ini disiram dengan kuah kecoklatan yang segar serta di tambahkan tumisan ayam dan jamur merang diatasnya. Lezat dan segar sekali. 

Penasaran dengan resepnya sayapun 'mengubek-ubek' aneka buku masakan di Gramedia dan menemukan satu buku berjudul Mudah Memasak Kuliner Nusantara persembahan dari kecap Bango dan tabloid Saji. Buku bersampul hijau ini sarat aneka masakan lezat tanah air dengan resep yang mudah dan tentu saja menggunakan kecap sebagai salah satu bumbunya. Setelah berbulan-bulan buku ini nangkring di rak buku saya,  baru kemarin saya sempat untuk mencoba resep mie kangkung ini, gara-gara saya baru tahu jika stok mie telor di lemari bahan makanan.

Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT

Mie kangkung cukup terkenal dimana-mana, walaupun kemudian banyak yang mengatakan makanan ini berasal dari Jakarta. Menurut saya mirip-mirip dengan mie ayam hanya saja mie kangkung biasanya disajikan dengan kuah kental yang banyak dan diberi kucuran jeruk nipis, sehingga rasanya asam segar. Selain itu penggunaan kangkung dan tauge sebagai pengganti sawi di mie ayam juga menjadi ciri khas yang membedakannya. Untuk mie kangkung kali ini saya lakukan sedikit modifikasi dari resep aslinya. Di resep aslinya tumisan ayam jamur dicampurkan dengan kuah, mie kangkung yang saya buat saya pisahkan antara kuah dan tumisan ayam agar mudah untuk memperkirakan takaran tumisan ayam per porsinya. Kalau melihat tampangnya memang jadi mirip-mirip mie ayam. 

Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT

Nah, daripada kangkung hanya ditumis saja dan mie hanya direbus biasa atau digoreng, mengapa anda tidak mencoba resep yang berbeda? Dijamin keluarga anda tidak ada yang sanggup menolaknya.

Berikut resepnya ya.

Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT

Mie Kangkung
Resep diadaptasikan dari buku Mudah Memasak Kuliner Nusantara  oleh Tabloid Saji dan Kecap Bango - Mie Kangkung

Bahan kuah:
1/2 ekor ayam, ambil dagingnya dan sisihkan. Rebus bagian tulang, kepala, cakar, sayap dan leher dengan 2 liter air untuk kuahnya. 
2 batang daun bawang
1 sendok makan garam
1/2 sendok teh kaldu bubuk
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok makan tepung sagu, larutkan dengan 2 sendok makan air

Bahan tumisan:
- Daging ayam yang telah dipisahkan tulangnya, potong dadu
- 100 gram udang kupas, cincang kasar
- 50 gram jamur merang, belah dua
- 1 sendok makan saus tiram
- 2 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok makan garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
- 5 siung bawang putih
- 3 buah cabai merah
- 1 sendok makan ebi, rendam air panas hingga empuk

Bahan sambal:
- 10 buah cabai rawit
- 3 buah cabai merah keriting
- 3 siung bawang putih
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh gula pasir
- 50 ml air panas

Bahan pelengkap:
- 500 gram mie telor, seduh air panas, tiriskan
- 175 gram tauge, seduh air panas, tiriskan
- 3 ikat kecil kangkung, kukus 1/2 matang saja
- irisan jeruk nipis
- telur puyuh (saya tidak pakai)
- bawang goreng

Cara membuat:
Tumisan ayam
Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan potongan daging ayam, aduk-aduk hingga ayam berubah warna. Tambahkan 200 ml air kaldu, saus tiram, gula, garam, kecap manis, dan kaldu bubuk. Masak hingga ayam matang, tambahkan jamur merang dan udang kupas. Masak hingga semua bahan matang, cicipi rasanya, angkat. 

Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT
Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT
Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT
Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT

Kuah
Panaskan kaldu ayam, masukkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Masak hingga mendidih. Tambahkan larutan tepung sagu, aduk hingga kuah mengental, masukkan daun bawang, aduk dan angkat.

Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT
Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT

Sambal
Rebus cabai rawit, cabai merah dan bawang putih, hingga agak empuk, tiriskan. Haluskan cabai dan bawang, tambahkan air panas, gula dan garam. Aduk rata.

Penyajian
Siapkan mangkuk, tata mie, kangkung dan tauge ke dalam mangkuk, beri tumisan ayam jamur diatasnya dan siram dengan kuah, taburi dengan bawang goreng. Sajikan mie dengan pelengkap irisan jeruk nipis dan sambal rawit. 

Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT
Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT
Resep Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar & Sehat JTT

Selamat mencoba!

Source:
Mudah Memasak Kuliner Nusantara  oleh Tabloid Saji dan Kecap Bango - Mie Kangkung



6 komentar:

  1. Mbaaaa... Td aku bikin ini, wiiiih rasanya mantap mba... Seger banget, rasanya ada pedes, asin, asam.. Pokoknya muaaantap
    Td nyoba bikinnya 1/2 resep egh ga taunya kurang... Hahahaha
    Pernah makan di restoran menu ini, ga semaknyus bikinan sendiri... Hehehe
    Vera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Vera, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Yep mie kangkung jarang ada biasanya hanya ada di acara2 tertentu saja hehehhe

      Hapus
  2. Mba, mau nanya, ini jadinya berapa porsi ya? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tumisan ayam bisa sampai 6 porsi ya mba, kalau untuk mienya kayanya harus nambah ya.

      Hapus
  3. mbak,,bersihin kangkungnya harus bner" bersih,,takut ada lintahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya yaa, yep kalau pakai kangkung sungai memang serem ya, tapi kalau kangkung cabut/darat saya rasa aman lintah ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...