11 April 2011

Resep Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)


Resep Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry) JTT

Jika anda penggemar puff pastry tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kulit pastry yang berlapis-lapis dan renyah ini memang tidak mudah untuk dibuat tetapi juga bukan hal yang mustahil untuk bisa dihasilkan, yang dibutuhkan adalah kesabaran, ketekunan, waktu yang cukup dan tentu saja jam terbang. Seperti kata orang bijak, practice makes perfect maka membuat puff pastry pun membutuhkan uji coba yang berulangkali agar hasilnya sempurna. Tetapi sekali anda berhasil membuatnya, maka adonan ini bisa anda kreasikan menjadi aneka kue pastry yang lezat. Sedap untuk diisi dengan krim lembut dan aneka buah, serta mantap untuk dikreasikan menjadi aneka pie seperti quiche, pie yang berisi kocokan telur dan aneka sayuran.

Menurut buku Baking with Passion dari Baker & Spice, asal mula pastry bisa ditelusuri sejak dari jaman Romawi. Saat ini, nama pastry digunakan untuk mendeskripsikan aneka bentuk, mulai dari basic shortcrust/adonan paling dasar untuk kulit pastry yang umumnya digunakan untuk tart hingga variasi lain dengan mentega yang lebih banyak supaya mendapatkan pastry yang lebih mengembang (puffy). Serta pastry yang paling puncak dan rumit yaitu croissant. Selain itu, yang juga dimasukkan ke dalam keluarga pastry adalah hot water crust - pastry dengan bahan dasar lemak yang kuat, biasanya digunakan untuk pie tunggal - dan choux (kue sus), mirip dengan pastry, merupakan kue berongga yang terbuat dari pasta yang elastis dan mengandung telur. 

Resep Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry) JTT
Quiche Bayam

Puff pastry sendiri adalah pastry yang paling utama - merupakan pastry yang mengandung banyak mentega dan berlapis-lapis, dimana setiap lapisannya begitu tipis, crispy dan sangat rapuh, menjadikan pastry ini begitu ringan karena banyak berisi udara. Point penting yang dibutuhkan untuk membuat puff pastry adalah menyisipkan mentega dan udara sebanyak mungkin ke dalam tepung saat adonan diolah dengan cara menggilas, menekuk dan mendinginkannya tanpa bekerja terlalu berlebihan pada adonan. Terlalu banyak menggilas dan menarik adonan akan membuatnya elastis, sehingga pastry menjadi bantat, kurang berlapis-lapis. Proses mendinginkan adonan juga sangat penting, karena jika mentega mencair maka akan berubah menjadi minyak dan meresap ke dalam tepung, ujung-ujungnya pastry susah mekar.

Untuk menghasilkan pastry dengan kulit yang renyah tentu saja ada syarat dan tahapan yang harus dilakukan, yang paling penting adalah ketepatan dalam pengukuran bahan-bahan dan lingkungan dapur yang sesuai. Pastry, terutama yang menggunakan mentega dingin tidak akan berhasil baik di suhu yang hangat. Karena itulah mengapa pembuatan pastry di restoran atau bakery sebisa mungkin menjauhi oven. Permukaan meja yang terbuat dari marmer, walaupun tidak mutlak tetapi memang yang paling disarankan untuk membuat pastry karena suhunya yang dingin. 

Jika anda belum pernah membuatnya, mungkin akan gentar begitu melihat dan membaca prosesnya yang panjang. Padahal setelah dicoba prosesnya terbilang cukup sederhana. Saran saya, untuk pertama kali buatlah dalam jumlah yang kecil untuk melihat hasilnya. Jika memuaskan maka takarannya bisa anda tingkatkan.  Adonan kulit harus dibuat satu hari sebelumnya karena harus diinapkan ke dalam kulkas selama 1 malam. Jika anda membuatnya dalam jumlah banyak dan tidak habis maka bungkuslah adonan dengan plastik yang rapat dan masukkan ke dalam freezer. Ketika akan anda gunakan maka cukup keluarkan adonan beku dari freezer dan biarkan dalam suhu ruang hingga menjadi lemas kembali.

Resep puff pastry ini saya ambil dari buku Baking with Passion, dan untuk resep dan cara pembuatan peach puff pastry anda bisa klik di postingan resep disini. Berikut resep dan cara membuat puff pastry.

Resep Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry) JTT

Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Resep diadaptasikan dari buku Baking with Passion dari Baker & Spice

Saya menggunakan 1/2 resep di bawah

Bahan:
Adonan 1: Pasta mentega
- 340 gram mentega, potong-potong seukuran 2 x 2 cm
- 150 gram tepung terigu serba guna (misal merk Segitiga Biru)

Adonan 2: Adonan tepung
- 280 gram tepung terigu serba guna (misal merk Segitiga Biru)
- 280 gram teoung terigu protein tinggi (misal merk Cakra Kembar) +  ekstra tepung untuk ditaburkan saat menguleni adonan
- 4 kuning telur ayam
- 180 ml air + 2 sendok makan air jika kurang
- 2 sendok teh garam

Cara membuat:
Adonan pasta mentega
Siapkan mangkuk mixer, masukkan mentega dan tepung terigu. Kocok dengan menggunakan kecepatan yang paling rendah hingga tercampur rata. Pindahkan ke plastik wrap dan bentuk menjadi empat persegi panjang dengan ketebalan kira-kira 6 mm. Bungkus pasta dengan plastik, masukkan ke kulkas selama kita membuat adonan tepungnya.

Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)

Adonan tepung:
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, kuning telur dan air, aduk menggunakan spatula hingga tercampur. Tambahkan 1 atau dua sendok makan air jika perlu, tapi hati-hati saat menambahkan air, karena adonan akan melembut ketika diistirahatkan. Yang kita perlukan adalah adonan yang lembut, tetapi cukup padat dan keras. 

Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)

Siapkan meja datar, taburi tepung pada permukaannya. Pindahkan adonan ke atas meja dan uleni adonan selama 10 menit hingga adonan menjadi elastis dan sangat lembut. Bulatkan adonan, bungkus dengan plastik rapat dan istirahatkan adonan minimal 1 jam, atau idealnya semalaman.

Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)

Setelah diistirahatkan, buka adonan tepung, letakkan di atas meja yang telah ditaburi tepung. Gilas adonan dengan kayu penggilas dengan ketebalan kira-kira 8 mm. Letakkan adonan pasta di tengah-tengah adonan tepung. Tekuk adonan tepung hingga menutupi adonan pasta, seperti pada gambar. Tutup adonan dengan plastik kembali dan istirahatkan di kulkas selama 30 menit. 

Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)

Letakkan adonan di meja, gilas adonan dengan gerakan menjauhi badan anda menggunakan penggilas kayu hingga menjadi adonan yang memanjang dengan ketebalan kira-kira 1 cm. Kemudian tekuk bagian ujung-ujung adonan (tekukan pertama), kemudian tekuk sekali lagi hingga kedua ujung adonan bertemu di tengah (tekukan kedua). Lipat adonan seperti sedang menutup buku (tekukan ketiga). Balikkan adonan sehingga bagian tekukan berada di bawah, gilas kembali adonan dan tekuk seperti sebelumnya. Ini kita sebut satu putaran. Kemudian bungkus adonan dengan plastik wrap hingga rapat dan istirahatkan di tempat sejuk atau di dalam kulkas selama 1 jam.

Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)
Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)

Setelah 1 jam, biarkan sejenak adonan di suhu ruang agar lemas kemudian kita letakkan kembali adonan diatas meja yang telah ditaburi tepung dengan sisi tekukan berada di samping. Gilas kembali adonan sebanyak 2 putaran. Jadi total kita melakukan tahapan menggilas dan melipat adonan sebanyak 4 putaran. Bungkus kembali dengan plastik wrap dan simpan di kulkas (bukan freezer) selama semalam.

Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)

Saat adonan akan kita pergunakan, keluarkan adonan dari kulkas. Diamkan di suhu ruang hingga adonan sedikit lemas. Kemudian gilas adonan dengan ketebalan yang diinginkan, dan cetak bentuk bulat, segitiga atau segi empat sesuai dengan kue yang akan kita buat.  


Untuk resep Peach Puff Pastry anda bisa klik disini.

Source:
Buku Baking with Passion dari Baker & Spice



181 komentar:

  1. Uda dicoba mbak, hasilnya gatot, hahaha. Pasta mentega aku knp ga kering spt pny mbak y? Jadinya lembut biarpun uda dibungkus wrap plastik. Jadinya pas mau dibungkus kedalam kulit adonan ,meleber kemana2. Pengen bgt bikin ini >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Jeng, hhahaha, yakin pasta menteganya udah dimasukkan ke kulkas? Harus didiamkan di kulkas hingga keras ya, baru kita gilas dengan adonan tepung. Kalao cuman dibungkus plastik dan disimpan disuhu ruang ya menteganya gak mau keras. Ayo tetap semangat ^_^

      Hapus
    2. mbak...aku bingung nich dsni commentnya mbak pasta mentega hrs dtrh dikulkas tp diresep diatas....Bungkus pasta dengan plastik dan biarkan di tempat yang sejuk (bukan kulkas)....nich jd bingung cz kmren nyoba aku taruh diruang biasa seperti yg diresep belepotan jdinya akhirnya aku putusin taruh dikulkas....diganti dong mbak resepnya klo mungkin keliru....kmrn aku gak baca coment2 dsni pas mo bikin jdi gak tau klo harus ditaruh dikulkas mksh

      Hapus
    3. Halo Mba, seharusnya adonan pasta mentega tidak masuk kulkas jika suhu udara dapur cukup sejuk, cukup diletakkan di tempat sejuk di dapur. Tetapi jika suhu dapur panas/hangat dan membuat mentega cepat meleleh, maka paling aman masukkan ke kulkas. Saat proses pembuatan di atas, saya tidak masukkan ke kulkas, karena akan membuat pasta mentega menjadi sangat keras dan susah digilas ketika dilipat dalam adonan tepung. Lagipula setelah pasta dilipat dalam adonan tepung maka adonan harus disimpan dikulkas selama 30 menit.

      tapi demi amannya, maka cara pembuatan sudah saya koreksi ya agar tidak terjadi kasus belepotan mentega lagi. Thanks atas koreksi dan komentarnya. Btw, berhasil nggak puff pastrynya? ^_^

      Hapus
  2. Oooo, ok ok. Bsk aku coba lagi ah, biarpun masi ada segelondong paatry keras dioven menanti utk disantap, hihihi. Btw mbak, krim kental utk es krim mangga bole pke whip cream elle vire y? Makasiii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, nyoba jangan banyak2 dulu, bikin 1/2 resep saja jadi kalo gatot gak nyesek ngabisinnya ^_^

      Hapus
  3. Akhirnya mbak, aku (agak) berhasil di trial ketiga, si mentega takluk dan ga bocor sana sini. Tapi jadinya puffnya ga mekar kyk mbak y? Apa mgkn ketebelan? Aku gilas2 adonan smpe 2hari, hihi. Usaha bgt, but rasanya emang manstabbb. Next time will make another one, indeed. Thanks resepnya yaa ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha, luar biasaaa saya salut. Suerrr! Perjuangannya memang tidak mengenal kata menyerah, kalau saya pasti dah nyerah tuh Mba hahah. Bagian gilas menggilasnya memang berattttt, mungkin ketebalan Mba bisa jadi memang membuat pastry kurang mekar. Coba buat versi yang sedikit dulu jadi gak terlalu berat kala menggilas. Tetap semangat ^_^

      Hapus
  4. Blh usul, :-)
    input dikit blh y...
    Blh di coba cara sy,
    1. stlh adonan jd (tercampur smw)
    2. istirahatkan 5 mnt
    3. ambil, taruh di meja yg di beri tepung,
    4. gilas, sebisa mngkn bentuk persegi panjang
    5. bwt garis tipis pd gilasan mnjd 3 bagian
    6. hny bagian 1 &2 yg diberi korsvet (mentega), tipis2 sj.
    7. lipat 3 ke 2, dan 1 ke atas 3.
    8. bungkus dgn wrap, msukan ke freezer 10-15 mnt.
    9. ambil, gilas memanjang kembali, ulang tahap ke 6, hhg 3-4 X.
    10 setelah itu gilas kembali. Dan cetak sesuai selera anda.

    Kl di sekolah sy lbh sk puff yg flakky, tanpa gula, tanpa pengembang.
    Terimakasih, smg berguna. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Azzura, salam kenal. Waahhh mantap, sip thanks ya Mba atas resep puff pastrynya. Saya pasti akan coba resepnya. Sukses selalu ya. ^_^

      Hapus
    2. terima kasih resep puff pastry mbak Azzura ,saya b
      mau coba kayaknya resepnya spesial beda dgn yg lain.tq so much

      Hapus
  5. mbak-mbak boleh nanya nich, kira-kira merk butter diindonesia yang bisa dipakai, trus mau nanya juga, klo adonan no1.nya diskip (maksudnya g dicampur tepung butter ja) bisa g?
    Nah yg paling bikin aku bingung, butter sama margarin beda/sama?, krn setahu aku butter dibuat dari lemak susu, tp klo margarin lebih ke lemak nabati, dan menurutku yg dari lemak susu lebih wangi baunya daripada lemak nabati
    hehehe banyak nanya ya, soalnya aku jg mau nyoba tp bingung milih butter, dirumah ada blueband margarin n butter merk orchid, mau pakai yang mana ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget merk butter disini kok kaya Orchid, Elle n Vire, Wysman. Adonan 1 gak bisa diskip ya,kulit pie gak akan jadi nantinya. yep memang beda dan butter lebih harum baunya tapi cenderung tidak tahan panas dan mudah meleleh di suhu ruang dibanding margarine. Untuk puff pastry saran saya campur butter dan margarine supaya gak gampang meleleh dan memudahkan proses gilas menggilas. kecuali suhu dapur dan semua peralatan dingin ya, sehingga mentega gak gampang leleh.

      Hapus
  6. mba daku mau nanya,bs ga digilasnya pake weston atlas 150 manual


    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo saya belum pernah coba pakai pasta machine, kemungkinan agak ribet karena meentega bisa belepotan kemana2.

      Hapus
  7. Mba,klo mau dicampur butter dan mentega,perbandingan yang bagus berapa banding berapa ya?50:50 atau 70:30?saya masih awam soal perbakingan,mohon pencrrahannya.beberapa kli pengalaman klo menggunakan butter suka jd lbih berminyak.terimakasi y mba,blogmu sangat membantu awamers seperti saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, coba 50 : 50 saja, memang kalau terlalu banyak mentega jadi gampang leleh dan luber kemana2, akibatnya lipat melipat suka susah banget. Kalau banyak margarine, rasanya gak enak, terlalu greasy ya.

      Hapus
  8. Aqu biasa pake korsvet buat bkin pastry...q liat dresep ini pake mentega,apa korsvet itu jg trmasuk mentega y mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Non Dinda, untuk puff pastry bisa pakai mentega, margarine atau korsvet. Korsvet sendiri merupakan produk olahan mentega dengan tambahan bahan lainnya (kemungkinan shortening/mentega putih dan margarine) yang memang khusus digunakan untuk puff pastry. Dibandingkan mentega, korsvet tidak mudah meleleh sehingga tidak belepotan diadonan saat proses lipat melipat.

      Kalau mau menggantinya dengan mentega, saran saya jangan gunakan mentega seutuhnya, campur mentega dengan margarine, perbandingan 1 : 1 agar mentega tidak cepat meleleh di suhu ruang. Tapi kalau porsi margarine terlalu banyak maka rasa puff pastry kurang enak ya, terlalu greasy dan berlemak.

      Hapus
    2. kalau pakai korsvet apakah tetap harus di campur terigu seperti resep adonan pasta mentega ?

      Hapus
    3. Hai Mba Vivi, nggak perlu lagi Mba, korsvet sendiri sebenarnya terbuat dari mentega/margarine yang dicampurkan bahan lain kemungkinan tepung untuk mmebuatnya keras dan tidak mudah leleh saat pastry diolah.

      Hapus
    4. kalau pake mentega putih, apa masih perlu menggunakan tepung lagi ya?

      Hapus
  9. Mba Endang salam kenal,
    aku cb pake korsvet cm setiap kali putaran ga pake istirahatkan di kulkas krn gilas mengilas dan lipat melipat gampang bgt. Hasil setelah dioven lipatan kelihatan bgs tetapi rasa kok ga nendang ya..ini krn korsvet atau krn ga diistirahatkan di kulkas?..thanks ya mba..
    Monic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Monic, salam kenal ya. Menurut saya korsvet yang digunakan menggunakan margarine/mentega putih ya sehingga rasanya greasy, alias berlemak, pakai buter memang suka meleleh2 dan agak susah tapi rasanya mantap banget.

      Hapus
    2. Coba aja tambahin pake roombutter dan susu bubuk secukupnya pasti nendang deh rasanya.

      Hapus
    3. Saya pernah coba tapi pakai korsvet dan butter hasilnya bagus.

      Hapus
  10. Akhirnya dpt pencerahhan jg...thx mbaayu

    BalasHapus
  11. haloo Mba..
    mau nanya adonan tepung di atas ditulis "bungkus dengan plastik rapat dan istirahatkan adonan minimal 1 jam, atau idealnya semalaman"
    ini kalo mau diistirahatkan semalaman ditaruh suhu ruang atau kulkas ya?
    kulit pastry ini bisa tahan brp lama ya dari saat kita buat?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukkan ke kulkas mba. Kalau mau tahan lama, setelah kulit jadi, bungkus rapat dan bekukan di freezer. kalau mau pakai diamkan disuhu ruang sampai lemas, siap dicetak.

      Hapus
    2. Maksudnya tahan lama,bisa d simpan utk 1 bln gak mbak??..tks

      Hapus
    3. di freezer bs sampai 3 bulan ya, tapi harus terbungkus rapat, di chiller hanya 3 hari sja

      Hapus
  12. mbak....adonan mentega punya aku kok jadinya lembut begitu. padahal udah dimasukkin kedalam freezer. akhirnya setelah aku gabung menteganya meluber kemana2. apa bisa semua adonan mentega itu gak dicampur semuanya. aku pengen banget bisa membuat kulit pastri mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dian, campur mentega pakai margarine Mba, perbandingan 1 : 1. supaya gak gampang leleh, atau kalau mau pakai saja margarine yang kualitasnya bagus. Resiko pakai mentega adalah mudah meleleh saat adonan di permak, sebaiknya bikin saat dapur suhunya dingin.

      Hapus
  13. Sya akan mncba Ώyå mbak
    ⌣̊┈̥-̶̯͡»̶̥·̵̭̌·̵̭̌»̶̥▸☆τ̲̣̣̥н̲̣̣̣̥a̶̲̥̅̊N̤̥̈̊к̲̣̣̥ y̶̲̥̅̊O̲̣̣̥u̶̲̥̅̊☆◂«̶̥·̵

    BalasHapus
  14. mentega yg dipake itu dingin ato suhu ruang ya mba?hehe

    BalasHapus
  15. mba ini resepnya bisa dijadiin cronut ga?itu loh bentuknya donut tapi kayak croissant,,yg lgi trend hehe
    trus pastry ini sama kayak croissant ya hasilnya?maaf ya mba kalo nannya nya bodoh nih masi pemula :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau hanya masalah bentuk yang bulat saya rasa semua adonan puff pastry bisa dibuat cronut. puff pastry bisa dibuat macam2, croissant salah satunya. resep adonannya bisa beda2. disebut puff pastry karena berlapis2 dan puffy (mengembang).

      Hapus
  16. oh iy mba kok kalo adonan croissant mu pake ragi.trus yg ini engga?bukannya sama2 pastry ya? maaf ya bngung nih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 puff pastry, beda resep saja. pastry sendiri berarti kue ya, banyak jenisnya mulai tart, pie, choux pastry dan puff pastry. kembali ke selera masing2 mau pakai resep yang mana.

      Hapus
    2. oh oke ngrti deh mba :D tpi enak mana mba yg kulit ini sama yg resep adonan croissant y kalo mnurut mba?aku mw ikutin selera yg ud ahlinya aja :9

      Hapus
    3. menurut saya semua enak wkaakkak, susah kannn

      Hapus
    4. wakkaka baiklahh akan saya coba k2 nya hehehe..tapi mba untuk pemula lebih baik yg mana dlu ya?takut bgd gagal whahhaha pengecut nih

      Hapus
    5. saya pemula Mba, dan saya mencoba keduanya, semua kembali ke selera dan ketersediaan bahan di dapur hehehehe. tingkat kesulitannya sama saja, yang penting dicoba bukan hanya dibayangkan ^_^

      Hapus
  17. Mbak ini sama ga dengan buat croissant?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, prosesnya sama tetapi beda bahan ya, di resep croissant saya pakai ragi instan di adonannya.

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  20. mba koment kehapus ya?wakaka saya mw nannya yg kmrn nih kalo pake korvset ttep kasi tpung ato stengah aja tpungnya ato ga usa sama skali ya?trims hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa, huaaa mau nangis rasanya. Gak nyadar 100 komen saya hapus begitu saja, tobatttt. Kalau pakai korsvet gak perlu pakai campuran tepung lagi, karena korsvet sudah campuran bbrpa bahan ya Mba.

      Hapus
  21. brarti takaran teteap 340 ya?hehe
    kok bsa2 nya mba salah teken?wakaka saya juga suka bgitu sih :') tau2 ad notif penghapusan finished aja :')

    BalasHapus
  22. oh iya mba skalian mw nnya lg hehe ( banyak nannya ya maaf) itu korvset nya tinggal dipotong bwt daleman kulit ya?ga usa dimixer lgi kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. korsvet itu langsung dipakai mba, gak perlu dicampur apa2 lagi, gak perlu dimixer, potong dan pakai. sebagai pengganti adonan pasta mentega diatas.

      Hapus
  23. adonan tahan sbulan ya kalo ga mau langsung dipakai habis?disimpan di freezer aja gtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bungkus rapat, masukkan freezer. gak boleh kena udara kulkas.

      Hapus
  24. Mbak aku udah bikin hasilnya bisa ada layernya sih tapi kok ga ngembang ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, saya juga bingung, ada yang salah dengan prosesnya mungkin. atau mungkin harus dicoba lagi.

      Hapus
  25. mba uda aku coba nih yg adonan croissant kok keras bgd ya?susa nyatu nih..bgitupun adonan yg pastry, kayak kurang air gitu mba :( salah dmn ya?emg akhirnya bs dibulatkan tpi aku tadi nguleninnya susa bgd wkakkaa
    belom aku isi dengan pasta mentega nih..doain sukses ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang keras, karena itu gilingnya rada2 berat heheh., setelah didiamkan akan lemas kok, tapi kalau susah nyatu tambahkan air sedikit2 saja, ciprati saja. adona keras tujuannya saat digiling bersama mentega adonan gak bocor,

      Hapus
  26. mba ud jadi loh hehehe thanks ya :D tpi saya pake resep yg ini, kalo yg resep croissant mu aku ga berhasil ga bsa digiling akhrnya aku goreng aja jdi bola2 goreng wkakkaa
    yg mw ak tanyain nih mba, aku kan bentukin jadi kek croissant gitu, tpi pas dipanggang mentega meleleh2 kluar jdinya loyangku mentegaan smua deh banjir hehe emg bgitu ya?ato ada salah apa ya?
    trus hasilnya emg garing ya?punya ku crispy bgd pdhl pgn yg agak empuk gitu hehehe
    maaf ya brapa hari nii nannya mulu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mentega meleleh karena ketika melipat banyak mentega yang belepotan keluar. Karena itu pastikan saat melipat dilakukan perlahan dan hati2 agar mentega benar2 terperangkap dalam adonan tepung. Terlalu banyak mentega yang keluar akan membuat crossant kurang empuk dan seperti digoreng didalam kubangan minyak. Yang benar mentega nggak banjir keluar ya tapi terperangkap dalam adonan.

      itu sih analisa saya ya, dan ini percobaan pertama kan? harus coba lagi. ^_^

      Hapus
    2. nah itu mba :( jadinya kayak digoreng D: D: itu tipsnya biar ga kayak gitu gmn ya mba?apa hrs digilas lebih tipis ato gimana ya?mohon pencerahannya hehhee

      Hapus
    3. yang jelas usahakan mentega gak keluar adonan ya, itu saja tipsnya heeheh. daaaannn coba lagi

      Hapus
    4. okee mba hehe apa dijadiin 5x tahap lipat ya mba?mnurut mu gmn?hehee

      Hapus
    5. kalau menurut saya, ikuti resep karena saya juga ikutin resep asli, dan kalau mau croissant empuk jangan pakai resep puff pastry tapi resep croissant ya neng.

      Hapus
    6. oke ngerti mba hehe 4x tahap itu 3x pas pmbuatan trus 1 x pas yang kita mau pake kan?bener ga ya?btw untuk yg resep croissant ntah napa susah bgd diaduk nya :S bisa ga ya tepungnya diganti sparuh sama tepung protein sedang trus ditambah kuning telur?Sedangkan untuk yg pastry ini dikasi ragi+gula bs ga ya?maaf bgd ya mba byk nannya hehe

      Hapus
    7. never ending questions ini sepertinya ^_^. yep 4 tahap sudah benar. untuk modifikasi adonan croissant saya belum pernah coba, jadi kudu trial error, menurut saya kalau keras kasih air dikit supaya agak lemas, pakai protein sedang bisa ya.

      untuk pastry ini saya gak pernah coba pakai ragi gula, belum pernah dengar heheheh.

      cukup jelas kan ya? trial error ya neng, teori saja gak akan dpat kenyataanya. daaan mungkin harus banyak2 baca mengenai puff pastry dan croissant, goo***gling saja ada banyak info disana karena saya juga gak pakar di pembuatan puff pastry dan croissant. mungkin justru akan ditemukan resep lainya yang lebih baik. oke? ^_^

      Hapus
    8. makasi byk ya mba, akan aku coba lagi hehehe kmrn mentega nya ketebelan mba kan 0,6 cm lah aku 1 cm lebih :/ soalnya ga aku mixer lgs potong dan pakai kan menteganya, trims banyak ya ud bagi tips sama info nya mba, uda jawab koment dengan sabar juga :')
      makasi byk yah :)))

      Hapus
    9. Hebat! Ayo dicoba lagi. Kalau masih penasaran memang lebih baik dicoba tapi kali ini dengan teknik yang lebih baik. Saya yakin akan berhasil memuaskan kok heheheh ^_^. sukses ya!

      Hapus
  27. oh iya mba yg saya mksd empuk tuh pgn kayak tesktur croissant mu di http://www.justtryandtaste.com/2011/06/obsesi-roti-1-step-by-step-croissant.html punya ku ga seempuk itu malah garing sekali kayaknya efek metega nya banjir ke loyang smua ya?biar ga banjir gmn y :( mohong pencerahannya ya hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban saya diatas ya, harus coba lagi non, banyak yang membuat croissant sampai berkali2 baru sukses dan next time lakukan dengan lebih baik dan seksama.

      Hapus
  28. btw mba aku emailin hasil croissant ku ya?hehe yg mnurut ku aneh bgd karena kegaringan gitu bentukny :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan, kalau menurut saya sih untuk pecobaan pertama oke2 sajalah, kecuali kalau 5 kali buat gagal semua nah baru something wrong. practice makes perfect ^_^

      Hapus
  29. Assalamualaikum,
    numpang tanya mbak, adonan puff pastry yg saya buat korsvet nya pecah dan timbul, itu kira2 kenapa ya mbak ?

    trus setelah di panggang adonan nya tidak mengembang, teksturnya pun keras. Mohon penjelasannya mbak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah pakai korsvet yang sudah jadi dan siap pakai mba, saya selalu pakai campuran di atas, menurut saya mungkin suhu dapur tinggi atau korsvet kurang dingin sehingga melelh dan keluar. Suhu dapur harus dingin agar puff pastry bisa digilas dengan baik tanpa membuat mentega cair.

      kurang ngembang, banyak faktor ya. silahkn baca komentar2 di atas, sepertinya saya sudah pernah jelaskan ya. membuat puff pastry terkadang bukan sekali project sukses perlu berkali2 dan harus dicatat hal2 penting disana supaya next trial lebih bagus. Ikuti resep dan proses dengan seksama.

      Hapus
  30. Halo mbak, aku mau nanya nih, aku udh coba ketika proses penggilasan adonan yg dikeluarkan dari kulkas biasa itu agak keras dan berembun, trus aku paksa gilas (diteken-teken banget), hasilnya layernya ga rata (ada yg ngembang banyak dan engga) itu seharusnya kayak gimana ya?
    Apa ketika proses peristirahatan harus didiamkan dulu, jangan digilas dulu biar lemas dikit, apa gimana?
    Makasih mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Annisa, diamkan sebentar dulu Mba supaya sedikit lemas, tapi jangan sampai mentega meleleh. Kalau terlalu dingin akan keras dan kurang mulus digilas ya.

      Hapus
  31. hallo mba,saya pemula mao mencoba buat puff pastry.dan saya punya buku resep cara membuat puff pastry tapi koq ada beberapa yang beda bahan2nya dengan mba punya.dibuku resep saya bahan2nya tepung terigu,mentega,air jeruk, garam halus,air n korsvet. Saya jadi bingung untuk mencoba buatnya.Thx sebelumnya y...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba herni, resep puff pastry bisa beda2 tergantung yang menciptakan resepnya, seperti ada ribuan cara menuju roma ^_^. tidak ada yang salah aslkan hasilnya adalah puff pastry. jadi kembali ke masing2 saja, resep mana yang hendak dicoba.

      korsvet iitu terbuat dari mentega/margarine plus tepung, resep saya diatas saya membuat sendiri korsvetnya bukan korsvet yang sudah jadi di toko.

      Hapus
  32. ok,saya akan mencoba buatnya.thx

    BalasHapus
  33. Mbak pasta menteganya itu bisa pakai flake pastry gak? saya beli trus tanya2 sm pegawainya langsung dikasih flake pastry kiloan gitu, apa itu sama dengan margarine atau mentega? saya udah beli butter apa butter dan flake pastry arus dicampur seperti margarine dan butter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kalau sudah pakai flake pastry kayanya gak perlu dicampur lagi ya sama bahan lainnya. Kayanya flake pastry mirip korsvet ya. Saya sendiri belum pernah pakai ini, karena kurang tahu dalamnya terbuat dari apa (komposisi mentega dan margarinenya).

      Hapus
  34. mbak kalau kulit pastry masih sisa ,disimpan di freeser bisa nggak yaa untuk dipakai lain hari ?

    BalasHapus
  35. Mbak utk mentega nya pake yg jenis apa? Apakah harus pakai jenis pastry margarine? Txs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai merk apapun di pasaran oke ya, tidak harus untuk pastry.

      Hapus
  36. Salam kenal Mba Endang Indriani , maaf saya mau tanya apakah menteganya atau butternya bisa di ganti mentega putih Mba, apa akan mempengaruhi rasanya bila di ganti mentega putih , makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Andaru, bisa ya, tapi rasanya akan kurang oke, berlemak, kurang gurih. Saran saya mixed antara mentega dan margarine ya.

      Hapus
  37. ass. minta ijin mengkopi paste. trima kasih ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, tolong cantumkan sumber dan berikan link jika mengcopy paste artikel ini untuk di share di blog/web/facebook ya

      Hapus
  38. halo mbak Endang, salam kenal, mau nanya nih, adonan korvet itu bisa di buat kulit pismol goreng? krn pernah mkn pismol dlmnya berlapis2 spt pismol panggang, resepnya beda ya, bgmn ya caranya, tx utk infonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, setahu saya korsvet itu harus diolah dulu menjadi puff pastry sebelum bisa digunakan. Kalau untuk resep diatas korsvet sama dengan adonan pasta mentega ya, jadi harus dimix dengan adonan tepung untuk menjadi puff pastry.

      Nah puff pastry bisa dibuat untuk kulit pismol goreng ya.

      Hapus
  39. Halo mba endang apa kabar? Aku mau laporan mba setelah sekian lama diliatin dan dipelajari resep butter puff pastry mba ini akhirnya 2 hari kemarin tak coba buat hehehe, ternyata hasilnya belum bagus menteganya bocor kemana2 hahaha 1/2 bagian tak buat cinnamon roll pastry aja lumayan crunchy2 gt hihihi karena gk mengembang puffnya, ternyata benar ya mba butuh tenaga kuda, ekstra kesabaran sama jam terbang tinggi buat puff pastry ini padahal bahannya simple bgt tapi tekhniknya yang ampun deh, tapi aku udah bangga trial pertama ini lumayan masih bisa kemakan mau coba bikin lagi biar bisa naik kelas bikin crossaint

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dewayani, kabar saya baik ya Mba. Yep kendala terbesar membuat puff pastry adalah mentega bocor kala adonan digilas ya. Memang suhu dingin paling penting untuk menjaga supaya kmentega tetap keras gak lumer dan juga jangan gilas kuat2 atau terlalu tipis, karena akan membuat adoan mudah sibek,

      Hapus
  40. mba resepnya udh aku coba dan sukses...yipppiiie.sebelum nyoba bikin aku baca berkali2 resep dan caranya ternyata berhasil.enak,renyahnya berlapis lapis.tengkiu mba :) #reyka mustika#

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Reyka, waah mantapppp senangnya, jarang yang bisa sekali langsung suskses wakakka, memang harus ekstra dicermati dan pelan2 membuatnya

      Hapus
  41. mb Endang, ak pengen banget buat ini abis kulit pastry sini susah bgt cari, tp aku bingung banget dgn cara lipat melipat adonannya, kubaca berkali2 tp tetap bingung hehehehehe (bego mode wkwwkwkkk) bisa ga kl asal dilipat2 aja ga mb. minta ilmunya dikit mb, heheheheh thx berat. (Lena-Ptk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lena, heheheh, semua sudah dicantumkan diatas ya mba. Intinya mentega ditutup sama adonan, dilipat, digilas, dilipat, digilas, begitu sja mba, heheheh

      Hapus
  42. Mba endang ada yg copy paste resep ini mba,plek ketiplek dia copy tapi gak sebutin link blog nya mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ana, thanks ya mba, yeppp saya udah pasrah sama yang copy tidak bertanggung jawab begini mba, susah diberantasnya. akhirnya cuman berdoa si plagiat mendapat balasannya saja. thanks yaaa

      Hapus
  43. Maaf mba mau nanya jg nih...klo msih ad sisa adonan yg g trpakai,cra nyimpannya gmn???apa prlu dlipat lgi trs msuk kulkas,trs klo mw dpke lgi braryi hrus digilas lg y mba????

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Kiki, sisa adonan digilas tipis saja setebal 1 atau 2 cm, bungkus plastik dan simpan di freezer. kalau mau dpkai gak usah dilipat2 lagi mba, dibiarkan lunak disuhu ruang saja dan lansgung bs dipakai

      Hapus
  44. Ok mba...alhamdulillah aku berhasil...tp krn bkinx sdkit jd adonanx kepakai smua...krn sy udah bsa rasax mw bkin trus mba.,hihihi ..makasih buat resepx mba endang yg luar biasa...sukses y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba kiki, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. sukses juga untuk mba ya ^_^

      Hapus
  45. mbak, saya pemula banget dah 3 kali coba dan gagal total.......mentega selalu keluar..apa ada mentega khusus tuk adonan mentega.....maaf pertama saya pakai blueband....kedua saya pake filma....ketiga saya pake blueband lagi...dan semua belepotan saat di gilas...ujung ujungnya ke buang -_-......apakah harus oake mentega merk. elle ? lalu puff patry ini lah yang tuk buat portegues custart tart kan ? mohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Linda, mix saja mentega dan margarine supaya gak terlalu mudah meleleh, atau pakai mentega khusus pastry bernama korsvet, bs dibeli di toko bahan kue. Selain itu kondisi suhu dapur dan semua peraalatan yang dipakai sebaiknya dingin, lebih baik kalau ber AC untuk mencegah mentega leleh.

      Bisa pakai mentega merk apapun ya. Yep puff pastry ini bs buat egg tart ya, atau beli saja puff pastry instan merk edo, kalau gak mau repot gilas menggilas mba

      Hapus
  46. Mbak, resep kulit ini bisa untuk kulitnya kue cum cum/horn pastry kah???

    BalasHapus
  47. Mbaa..itu tepungnya brarti total 560gr kan ya?trus airnya 180ml..kok aku bikin jadinya kering bgt,susaaahhh bgt dibentuk jd bola..pdhl udah tak tambahin 2 sdk air ttep aj susyaaah,kering bgt..apa emang gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambah air sedikit jika kurang kembek dan susah diuleni, di resep 180 ml + 2 sdm air, memang adonan keras karena kalau lembek mentega akan bocor kemana2 mba.

      Hapus
    2. Mbaa..akhirnya sukses di second trial.padahal udh nyerah pas bikin pertama gagal total tp kok msh penasaran..wuihhh ternyata emg berat yaa,tapi rasanya pengen jingkrak2 pas liat layernya cantiiikkkk..gak papa deh meski lengan jd berotot yg penting sukses bikin kulit puff pastry sndiri,semua bilang enak rasanya..makasih yaa resepnya mba..mmuuachhh

      Hapus
    3. Halo Mba Lia, thanks ya sharingnya. Senang sekali akhirnya resep ini sukses dicoba wakakka, saya hanya sekali saja mba cobanya, hbis itu kapok, wakakkaka

      Hapus
  48. mba,,,
    nanya dun,,,
    adonan ke2 yg idealna d istirahatkan semalam-an itu di istirahatkan naya d kulkas apa d luar kulkas?
    mohon penjelasannya.
    terimakasih,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Dewi, kalau 1 jam di suhu ruang saja, kalau semalaman di dalam chiller ya

      Hapus
  49. Mba endang kenalin nama saya ana mau bagi pengalaman, dulu pas baru nemu resep ini aku buat langsung berhasil,trus buat lagi 3x gagal,pastrynya bantet,hari ini aku bikin langsung 2 resep, yg 1 pake blueband yg 1 motherchoice,sejauh ini yg pake blueband pas di gilas lebih gampang meleleh menteganya jadi mesti di tambal bnyk terigu,yg pake filma bagus mulus adonannya menteganya gak ada yg keluar2,nanti aku report lagi ya mba pas udah selesai di panggang, cuma buat sharing aja mba, makasih lho resep nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke thanks sharingnya mba, moga hasilnya oke ya setelah dipanggang ^_^

      Hapus
  50. Thanks mbak Endang resepnya oke. Aku sdh coba dan berhasil, kulit pastrynya renyah dan lembut. Sudah 2 kali aku membuatnya, kulit pastry kupakai utk Zuppa soup.
    Jadi tertantang utk coba resep2 JTT yg lain. Alhamdulillah bbrp resep JTT yg kucoba berhasil sukses :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Emmy sharingnya ya, senang resepnya berhasil dicoba, sukses yaaa

      Hapus
  51. hay mba,,adonan tepungnya harus pake yg protein tinggi juga ya? kalo pake protein sedang smua kira" jadinya gimana ya? thanku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep protein tinggi ya mba, gluten tinggi membuat adonan elastis dan tdk mudah robek ketika diproses gilas dan lipat berkali2. Adonan robek akan membuat mentega di adonan mengalir keluar, bleber kemana2 dan susah diproses

      Hapus
  52. Pagi mbak Endang,

    2 hari lalu saya coba bikin puff pastry ini setengah resep. Yang jadi masalah, saya lupa ga membagi 2 takaran airnya, dan baru inget waktu sudah nyemplung. Cuma bisa pasrah sambil berharap ga gatot2 banget( karena belum pernah bikin sebelumnya). Akirnya semalem saya coba pake puff pastry ini untuk pisang bolen yg resepnya dari jtt juga. Waktu ngegilasnya perjuangan pantang menyerah, karena keras bgt. Tapi waktu dicoba, rasa nya maknyussss, ga greasy, nyusu, dan berlapis, walo bentuknya bikin saya ngelus dada..hahaha.

    Makasih mbak Endang ..sukses terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Umi, thanks yaa sharingnya, senang akhirnya puff pastry-nya tetap oke hasilnya walau perjuangan panjang dan berat wkakakak. saya cuman sekali bikin ini, ya saat postingan ini, kapok hehehhe

      Hapus
  53. mbak endang, makasih sharing resepnya. dulu pernah coba pake resep lain gatot... pake resep mbak berhasil :)

    BalasHapus
  54. hallooo mbak Endang...aku penggemar berat blogmu. Beberapa resep sudah dipraktikkan dan hasilnya ga pernah mengecewakan ga terkecuali resep ini (kulit puff pastry). Awalnya pengen buat bolen pisang ala-ala bandung gitu, tapi pengen pake kulit pastry yang bikinan sendiri. Mau nyoba deg-degan juga, takut gagal dan segala macem...akhirnya nekat dan Alhamdulillah berhasil!!! Berasa amazing waktu liat lapisan-lapisannya yang renyah pas bolennya udah mateng. Matur suwun sanget lho mbak Endang untuk resepnya, you're the best-laahhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba sharingnya yaa, senang sudah menyukai resep JTT, sukses yaaa

      Hapus
  55. Mba endang di desa mertua saya,orang2 menyebut pastry itu grem.katanya harus memakai mentega yang kualitas nya jelek agar hasilnya mekar.misal merk amanda.overall rasanya jadi ngendal di lidah,gak sukak.:(
    saya sendiri belum pernah bikin ini,tapi jd tertantang ingin membuktikan kalau bisa mekar dengan mentega yg kualitasnya bagus,dan rasanya pasti pun enak.hehe mungkin lain kali sya coba resepnya.trmakasih ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, mereka pakainya shortening (margarine putih), shortening memang tdk mencair di suhu ruang sehingga lebih mudh dipermak di pastry, tapi rasanya gak oke ya hehhee

      Hapus
  56. Mbak kenapa gak pakai pastry margarine? Kan menteganya gak meleleh, atau rasanya pastry margarine kurang enak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang suka rasa pastry margarine ya, berlemak dan nempel di langit2

      Hapus
  57. Halo mb endang,mb says mau Tanya untuk adonan tepungnya kalau saya baca dipetunjuk itu didiamkan selama 1 jam/semalaman trus kalau says baca dikomentar didiamkan 1 jam suhu ruang/semalaman difreezer
    Yang mau saya tanyakan waktu mb coba resep ini pakai yg 1 jam /semalaman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya diamkan semalaman di chiller mba, bukan freezer ya.

      Hapus
  58. Mb mau Tanya lagi utk adonan menteganya tertulis bentuk jadi empat persegi panjang dengan ketebalan 6mm, maksudnya itu dibagi JD empat ketebalan masing2 6mm atau gimana ya mb?
    Soalnya q lihat pasta mentega punya mb kok tebalnya 1cm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1/2 cm s/d 1 cm atau lebih sedikit oke mba, menurut saya tdk terlalu berpengaruh asalkan bs masuk dalam lipatan adonan tepung sja,

      Hapus
  59. Mbak, bisa gak mentega di pasta menteganya diganti korsvet / pastry fat? apa msh perlu ditambah tepung?
    ada di beberapa resep puff pastry yg saya baca, ada penambahan lemon juice / cuka pd adonan tepung / mentega. kira2 fungsinya apa ya?
    terima kasih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa Mba, langsung dipakai saja, tdk perlu pakai tambahan tepung, saya kurang tahu penambahan lemon utuk apa ya.

      Hapus
    2. Salam kenal mba endang...☺
      Mencoba menjawab pertanyaan dari Bunda BelvKeen perihal penambahan lemon juice ke dalam adonan puff pastry, menurut berbagai sumber yang saya baca dari internet, lemon juice mempunyai beberapa fungsi.
      Pertama, kandungan asam/acid yang terkandung di dalam lemon juice diyakini dapat membantu memecah gluten yang terbentuk secara berlebihan. Terkadang, tingkat kandungan protein antara satu produk dan produk lainnya berbeda-beda meskipun berlabel protein tinggi, sehingga berdampak lurus dengan hasrat ingin menggilas dan melipat adonan dengan tenaga berlebihan terutama pada saat adonan tersebut menjadi sangat liat akibat tingginya kandungan gluten yang terbentuk. Lemon juice diyakini mampu mengurai gluten yang berlebihan sehingga bisa membuat adonan puff pastry menjadi lebih lentur dan mudah diproses, memiliki ketebalan layer yang seragam pada saat mengembang, serta mampu memperbaiki tekstur puff pastry menjadi lebih flaky dan renyah.
      Kedua, penambahan lemon juice pada adonan puff pastry diyakini mampu mempercantik warna adonan, karena terkadang seiring berjalannya proses gilas dan lipat, warna adonan puff pastry kerap kali berubah dari yang tadinya kuning cerah keemasan menjadi berwarna lebih gelap dan kusam, sehingga mengurangi nilai penampilan puff pastry itu sendiri, baik saat masih berupa adonan maupun saat sudah matang dipanggang. Ide penambahan lemon juice ini mirip dengan ide penambahan lemon juice pada buah apel yang sudah dikupas dan dipotong-potong untuk menjaga warnanya agar tetap cerah dan tidak berubah kecoklatan.
      Menurut hemat saya, penambahan lemon juice ini sebetulnya tidak mutlak harus diperlukan karena hal tersebut kembali lagi kepada komposisi dan kualitas bahan yang baik dan seimbang, diikuti dengan proses pengolahan mulai dari adonan hingga ke pemanggangan. Makanya dari semua resep-resep yang ada, terkadang ada yang menggunakan lemon juice dan terkadang ada juga yang tidak menggunakan sama sekali. Tapi ada baiknya mengikuti resep, karena bisa jadi ada alasan khusus dibalik penggunaan bahan tersebut.
      Demikian mbak endang dan bunda, semoga sharing saya -yang bukan atas pengalaman pribadi (pssst!!)- ini bisa bermanfaat. Kalo ada hal yang salah, mohon diluruskan segera yaaa mbak.
      CMIIW ������

      Hapus
    3. Salam kenal Mas Jerry, wow penjelasan dan informasinya mantap! Sangat berguna untuk pembaca lainnya. Senang sekali ada pembaca baik hati seperti Mas Jerry yang bersedia berbagi pengalaman disini sehingga JTT lebih kaya informasi dan tips yang mantap dan teruji.

      Sukses dan sehat selalu untuk Mas dan keluarga ya! ^_^

      Hapus
  60. Kalo mentega dganti korsvet ap msh perlu dcampur tepung lg tu dbahan yg pertama mb?..mksih

    BalasHapus
  61. Mbak utk mentega itu dg kata lain butter ya bukan margarin? Digunakan waktu butter kondisi dingin atau suhu ruang? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep mentega = butter, pakai kondisi dingin ketika msih keras baru keluar dr chiller

      Hapus
  62. Mb endang..salam kenal..
    Saya mau tips biar chees puff pastry ga mudah mlempem dalam jangka waktu lama. Gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. umummnya puff pastry akan melempem ketika terkena udara terbuka atau tdk dalam oven pemanas mba. Klaau di cafe dan bakery mereka selalu simpan dalam kotak penyimpan yang hangat

      Hapus
  63. Assalamualaikum mba Endang, salam kenal. Sy suka baca blog mba karena gambar triknya lengkap 😁 jadi mudah dipahami.
    Di daerah sy kota kecil, susah dpt puff pastry yg sdh jadi, ingin membuat sendiri tp bahan berkualitas pun susah di dpt di sini (sekaligus malas minimarket sendiri, bisanya di warung tetangga 😅😅). Kemarin dpt kiriman royal Palmia dr teman yang butter+margarine, kira-kira bisa pake itu gak buat bikin pasta?
    Trus terigu di sini adanya yg merk Kompas, Gatotkaca, dan Mila. Kira-kira yg protein tinggi yg mana ya.?

    Maaf ya mba banyak nanya ✌✌✌ maafkan 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mba Rini, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai JTT.

      Bs pakai mentega atau margarine apapun mba, tidak masalah, dan terigu juga, pakai merk apa sja ok. Kayanya semua merk yng disebut protein sedang/serba guna, pakai itu juga gk papa ya

      Hapus
  64. Salam kenal mba,ouh ya mba mau tanya kulit puff pesrty tahan berpa bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba Irma, bs sampai 3 bulan di freezer ya, harus dalam wadah tertutup rapat. Di chiller hanya 4 hari saja

      Hapus
  65. Salam kenal, kak. Saya takut ini mau mencoba liat komentar di atas banyak yang gagal. Nah, kak. Saya masih bingung. 340 gr mentega. Itu kakak dalam pembuatannya hanya pakai mentega saja ya, kak? Tidak campur dengan margarin? Mentega itu yang butter merk orchid dll yang pakai kaleng2 kan, kak? Saya masih awam, kak. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga ya. Untuk resep diatas saya pakai mentega semua ya, bs campur margarine supaya tidak mudah meleleh dan ketika digilas tidak keluar dari lipatan. Intinya masuk kulkas kalau mentega tampak mulai meleleh ya.

      merk mentega macam2, yep butter ya, merknya al. orchid, elle n vire, lurpak, anchor

      Hapus
  66. Assalamualaikum mba, sy slah satu silent admirer mba endang..hehe..maaf baru kali ini sy ikutan koment..pdhal sdh bbrpa resep di JTT ini sy coba dan hasil ny enak2 smua....bahkan ada yg jd andalan sy untuk trima psanan jg...makasih ya mba sdh sharing ilmu yg brmanfaat sekali, wlpun msh bnyak sekali resep yg blm prnah sy coba, tp sy yakin resep dsni uenaak smua...����, next salah satu resep yg mau sy coba ya puff pastry ini..kynya mnantang bangett..wkwkwk..., doa'ain ya mba spya nnti sy lngsung berhasil di prcobaan prtama....��������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mba, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai resep2 JTT. Moga trial puff pastrynya sukses yaaa

      Hapus
  67. Hallo mbak. Ak mw tnya, kalau kt mw diamkan adonannya semalaman berarti menteganya jg hrs d kulkas semalaman y?
    Mksh��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mily, yang jelas mentega harus dingin dan keras, jadi harus disimpan di kulkas, semalaman atau tidak gak masalah ya.

      Hapus
  68. Hay mbak endang, alhamdulillah sya sukses bikin puff pastry nya.
    Sya buat untuk bikin bolen pisang. Itu kan kmrin sya cma pakai 2 kuning telur mbak naah kata suami sya kurang empuk sperti bolen dipasaran, apa itu karna kuning telurnya sya kurangi dr resep itu ya mba?
    Mntk Resep bolen pisang dong mbak. Mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Afifah thanks sharingnya ya, yep kuning telur dikurangi akan mengurangi teksturnya, puff pastry ini merurut saya sangat empuk sih. Pisang bolen dengan adonan kulit biasa saya tdk punya Mba, adanya ya pisang bolen puff pastry.

      Hapus
    2. okee mbak next eksekusi lagi,
      Resep Pisang Bolen Puff Pastry sama kayak resep puff pastry ini apa ada perbedaan mbak en?

      Hapus
    3. brrti resep pisang bolen puff pastry sama dg resep ini ya mbak? apa berbeda?

      Hapus
    4. puff pastrynya sama dengan resep ini mba

      Hapus
    5. Makasih banyak mbak en atas resep2nya..
      Aq dah nyobain beberapa resep, hari ini nyobain bikin puding coklat satin.
      Sangat membantu sekali bagi aq yg suka ngemil, hehe

      Hapus
  69. Salam, aku ada pertanyaan puff pastry yg aku buat udah kadung gagal, kyknya karena terlalu kuat mengilas menteganya meresap k tepung jd gk mengembang gitu, pertanyaannya apa masih bisa d siasati adodan yg gagal? Trims infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya sih tidak bisa ya, mungkin bs dibuat pie atau makanan sejenisnya.

      Hapus
  70. halooo mbakk. aku udah nyoba. cuma aku pake korsvet karena takut gagal haha... dan sukses. yang aku tanyakan. cara menyimpan sisa adonan ini. sudah berbentuk lembar-lembaran atau boleh ketika adonan belum di tipiskan (sesi terakhir sebelum adonan di bentuk-bentuk atau di panggang). kalau bisa yg paling awet dan tidak merubah bentuk ya mbak thanks ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya simpan dalam bentuk lembaran Mba, lapisi masing2 lembaran dengan kertas baking agar tidak lengket. Masukkan ke wadah rapat dan bekukan.

      Hapus
  71. Mbak maaf nanya (karena kepedean sy) sy bikin pake mentega biasa yg sy gilas dan ternyata kulit pembungkus sobek2 krn menteganya nongol 😭😭
    Apakah adonan ini msh bisa diselamatkan?
    Atau harus rela dibuang aja?
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama tidak semua mentega mencair dan keluar adonan sih masih nggak papa, kecuali kalau sudah tercampur aduk jadi satu kemungkinan besar nggak jadi berlapis2

      Hapus
  72. mbaa, saya habis buat pastry, tapi kebanyakan lipetannya jadi 6 - 8 kalo an lipat.. banyaknya lipetan itu apa pengaruh ya mba sama hasil akhirnya? apa semakin banyak lipetan akan semakin banyak layernya? terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep berpangruh sama layer pastry, harusnya sih oke2 saja Mba

      Hapus
  73. kl ditambahkan gula bsa gak ya mbk? kl utk bolen kn lbih enak agk manis gt..

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...