11 April 2011

Membuat Adonan Untuk Kulit Pastry (Butter Puff Pastry)


Jika anda penggemar puff pastry tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kulit pastry yang berlapis-lapis dan renyah ini memang tidak mudah untuk dibuat tetapi juga bukan hal yang mustahil untuk bisa dihasilkan, yang dibutuhkan adalah kesabaran, ketekunan, waktu yang cukup dan tentu saja jam terbang. Seperti kata orang bijak, practice makes perfect maka membuat puff pastry pun membutuhkan uji coba yang berulangkali agar hasilnya sempurna. Tetapi sekali anda berhasil membuatnya, maka adonan ini bisa anda kreasikan menjadi aneka kue pastry yang lezat. Sedap untuk diisi dengan krim lembut dan aneka buah, serta mantap untuk dikreasikan menjadi aneka pie seperti quiche, pie yang berisi kocokan telur dan aneka sayuran.

Menurut buku Baking with Passion dari Baker & Spice, asal mula pastry bisa ditelusuri sejak dari jaman Romawi. Saat ini, nama pastry digunakan untuk mendeskripsikan aneka bentuk, mulai dari basic shortcrust/adonan paling dasar untuk kulit pastry yang umumnya digunakan untuk tart hingga variasi lain dengan mentega yang lebih banyak supaya mendapatkan pastry yang lebih mengembang (puffy). Serta pastry yang paling puncak dan rumit yaitu croissant. Selain itu, yang juga dimasukkan ke dalam keluarga pastry adalah hot water crust - pastry dengan bahan dasar lemak yang kuat, biasanya digunakan untuk pie tunggal - dan choux (kue sus), mirip dengan pastry, merupakan kue berongga yang terbuat dari pasta yang elastis dan mengandung telur. 

Quiche Bayam

Puff pastry sendiri adalah pastry yang paling utama - merupakan pastry yang mengandung banyak mentega dan berlapis-lapis, dimana setiap lapisannya begitu tipis, crispy dan sangat rapuh, menjadikan pastry ini begitu ringan karena banyak berisi udara. Point penting yang dibutuhkan untuk membuat puff pastry adalah menyisipkan mentega dan udara sebanyak mungkin ke dalam tepung saat adonan diolah dengan cara menggilas, menekuk dan mendinginkannya tanpa bekerja terlalu berlebihan pada adonan. Terlalu banyak menggilas dan menarik adonan akan membuatnya elastis, sehingga pastry menjadi bantat, kurang berlapis-lapis. Proses mendinginkan adonan juga sangat penting, karena jika mentega mencair maka akan berubah menjadi minyak dan meresap ke dalam tepung, ujung-ujungnya pastry susah mekar.

Untuk menghasilkan pastry dengan kulit yang renyah tentu saja ada syarat dan tahapan yang harus dilakukan, yang paling penting adalah ketepatan dalam pengukuran bahan-bahan dan lingkungan dapur yang sesuai. Pastry, terutama yang menggunakan mentega dingin tidak akan berhasil baik di suhu yang hangat. Karena itulah mengapa pembuatan pastry di restoran atau bakery sebisa mungkin menjauhi oven. Permukaan meja yang terbuat dari marmer, walaupun tidak mutlak tetapi memang yang paling disarankan untuk membuat pastry karena suhunya yang dingin. 

Jika anda belum pernah membuatnya, mungkin akan gentar begitu melihat dan membaca prosesnya yang panjang. Padahal setelah dicoba prosesnya terbilang cukup sederhana. Saran saya, untuk pertama kali buatlah dalam jumlah yang kecil untuk melihat hasilnya. Jika memuaskan maka takarannya bisa anda tingkatkan.  Adonan kulit harus dibuat satu hari sebelumnya karena harus diinapkan ke dalam kulkas selama 1 malam. Jika anda membuatnya dalam jumlah banyak dan tidak habis maka bungkuslah adonan dengan plastik yang rapat dan masukkan ke dalam freezer. Ketika akan anda gunakan maka cukup keluarkan adonan beku dari freezer dan biarkan dalam suhu ruang hingga menjadi lemas kembali.

Resep puff pastry ini saya ambil dari buku Baking with Passion, dan untuk resep dan cara pembuatan peach puff pastry anda bisa klik di postingan resep disini. Berikut resep dan cara membuat puff pastry.


Adonan Kulit Pastry
Resep diadaptasikan dari buku Baking with Passion dari Baker & Spice

Saya menggunakan 1/2 resep di bawah

Bahan:
Adonan 1: Pasta mentega
- 340 gram mentega, potong-potong seukuran 2 x 2 cm
- 150 gram tepung terigu serba guna (misal merk Segitiga Biru)

Adonan 2: Adonan tepung
- 280 gram tepung terigu serba guna (misal merk Segitiga Biru)
- 280 gram teoung terigu protein tinggi (misal merk Cakra Kembar) +  ekstra tepung untuk ditaburkan saat menguleni adonan
- 4 kuning telur ayam
- 180 ml air + 2 sendok makan air jika kurang
- 2 sendok teh garam

Cara membuat:
Adonan pasta mentega
Siapkan mangkuk mixer, masukkan mentega dan tepung terigu. Kocok dengan menggunakan kecepatan yang paling rendah hingga tercampur rata. Pindahkan ke plastik wrap dan bentuk menjadi empat persegi panjang dengan ketebalan kira-kira 6 mm. Bungkus pasta dengan plastik, masukkan ke kulkas selama kita membuat adonan tepungnya.


Adonan tepung:
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, kuning telur dan air, aduk menggunakan spatula hingga tercampur. Tambahkan 1 atau dua sendok makan air jika perlu, tapi hati-hati saat menambahkan air, karena adonan akan melembut ketika diistirahatkan. Yang kita perlukan adalah adonan yang lembut, tetapi cukup padat dan keras. 


Siapkan meja datar, taburi tepung pada permukaannya. Pindahkan adonan ke atas meja dan uleni adonan selama 10 menit hingga adonan menjadi elastis dan sangat lembut. Bulatkan adonan, bungkus dengan plastik rapat dan istirahatkan adonan minimal 1 jam, atau idealnya semalaman.


Setelah diistirahatkan, buka adonan tepung, letakkan di atas meja yang telah ditaburi tepung. Gilas adonan dengan kayu penggilas dengan ketebalan kira-kira 8 mm. Letakkan adonan pasta di tengah-tengah adonan tepung. Tekuk adonan tepung hingga menutupi adonan pasta, seperti pada gambar. Tutup adonan dengan plastik kembali dan istirahatkan di kulkas selama 30 menit. 


Letakkan adonan di meja, gilas adonan dengan gerakan menjauhi badan anda menggunakan penggilas kayu hingga menjadi adonan yang memanjang dengan ketebalan kira-kira 1 cm. Kemudian tekuk bagian ujung-ujung adonan (tekukan pertama), kemudian tekuk sekali lagi hingga kedua ujung adonan bertemu di tengah (tekukan kedua). Lipat adonan seperti sedang menutup buku (tekukan ketiga). Balikkan adonan sehingga bagian tekukan berada di bawah, gilas kembali adonan dan tekuk seperti sebelumnya. Ini kita sebut satu putaran. Kemudian bungkus adonan dengan plastik wrap hingga rapat dan istirahatkan di tempat sejuk atau di dalam kulkas selama 1 jam.


Setelah 1 jam, biarkan sejenak adonan di suhu ruang agar lemas kemudian kita letakkan kembali adonan diatas meja yang telah ditaburi tepung dengan sisi tekukan berada di samping. Gilas kembali adonan sebanyak 2 putaran. Jadi total kita melakukan tahapan menggilas dan melipat adonan sebanyak 4 putaran. Bungkus kembali dengan plastik wrap dan simpan di kulkas (bukan freezer) selama semalam.


Saat adonan akan kita pergunakan, keluarkan adonan dari kulkas. Diamkan di suhu ruang hingga adonan sedikit lemas. Kemudian gilas adonan dengan ketebalan yang diinginkan, dan cetak bentuk bulat, segitiga atau segi empat sesuai dengan kue yang akan kita buat.  


Untuk resep Peach Puff Pastry anda bisa klik disini.

Source:
Buku Baking with Passion dari Baker & Spice

90 comments:

  1. Uda dicoba mbak, hasilnya gatot, hahaha. Pasta mentega aku knp ga kering spt pny mbak y? Jadinya lembut biarpun uda dibungkus wrap plastik. Jadinya pas mau dibungkus kedalam kulit adonan ,meleber kemana2. Pengen bgt bikin ini >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Jeng, hhahaha, yakin pasta menteganya udah dimasukkan ke kulkas? Harus didiamkan di kulkas hingga keras ya, baru kita gilas dengan adonan tepung. Kalao cuman dibungkus plastik dan disimpan disuhu ruang ya menteganya gak mau keras. Ayo tetap semangat ^_^

      Delete
    2. mbak...aku bingung nich dsni commentnya mbak pasta mentega hrs dtrh dikulkas tp diresep diatas....Bungkus pasta dengan plastik dan biarkan di tempat yang sejuk (bukan kulkas)....nich jd bingung cz kmren nyoba aku taruh diruang biasa seperti yg diresep belepotan jdinya akhirnya aku putusin taruh dikulkas....diganti dong mbak resepnya klo mungkin keliru....kmrn aku gak baca coment2 dsni pas mo bikin jdi gak tau klo harus ditaruh dikulkas mksh

      Delete
    3. Halo Mba, seharusnya adonan pasta mentega tidak masuk kulkas jika suhu udara dapur cukup sejuk, cukup diletakkan di tempat sejuk di dapur. Tetapi jika suhu dapur panas/hangat dan membuat mentega cepat meleleh, maka paling aman masukkan ke kulkas. Saat proses pembuatan di atas, saya tidak masukkan ke kulkas, karena akan membuat pasta mentega menjadi sangat keras dan susah digilas ketika dilipat dalam adonan tepung. Lagipula setelah pasta dilipat dalam adonan tepung maka adonan harus disimpan dikulkas selama 30 menit.

      tapi demi amannya, maka cara pembuatan sudah saya koreksi ya agar tidak terjadi kasus belepotan mentega lagi. Thanks atas koreksi dan komentarnya. Btw, berhasil nggak puff pastrynya? ^_^

      Delete
  2. Oooo, ok ok. Bsk aku coba lagi ah, biarpun masi ada segelondong paatry keras dioven menanti utk disantap, hihihi. Btw mbak, krim kental utk es krim mangga bole pke whip cream elle vire y? Makasiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah, nyoba jangan banyak2 dulu, bikin 1/2 resep saja jadi kalo gatot gak nyesek ngabisinnya ^_^

      Delete
  3. Akhirnya mbak, aku (agak) berhasil di trial ketiga, si mentega takluk dan ga bocor sana sini. Tapi jadinya puffnya ga mekar kyk mbak y? Apa mgkn ketebelan? Aku gilas2 adonan smpe 2hari, hihi. Usaha bgt, but rasanya emang manstabbb. Next time will make another one, indeed. Thanks resepnya yaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, luar biasaaa saya salut. Suerrr! Perjuangannya memang tidak mengenal kata menyerah, kalau saya pasti dah nyerah tuh Mba hahah. Bagian gilas menggilasnya memang berattttt, mungkin ketebalan Mba bisa jadi memang membuat pastry kurang mekar. Coba buat versi yang sedikit dulu jadi gak terlalu berat kala menggilas. Tetap semangat ^_^

      Delete
  4. Blh usul, :-)
    input dikit blh y...
    Blh di coba cara sy,
    1. stlh adonan jd (tercampur smw)
    2. istirahatkan 5 mnt
    3. ambil, taruh di meja yg di beri tepung,
    4. gilas, sebisa mngkn bentuk persegi panjang
    5. bwt garis tipis pd gilasan mnjd 3 bagian
    6. hny bagian 1 &2 yg diberi korsvet (mentega), tipis2 sj.
    7. lipat 3 ke 2, dan 1 ke atas 3.
    8. bungkus dgn wrap, msukan ke freezer 10-15 mnt.
    9. ambil, gilas memanjang kembali, ulang tahap ke 6, hhg 3-4 X.
    10 setelah itu gilas kembali. Dan cetak sesuai selera anda.

    Kl di sekolah sy lbh sk puff yg flakky, tanpa gula, tanpa pengembang.
    Terimakasih, smg berguna. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Azzura, salam kenal. Waahhh mantap, sip thanks ya Mba atas resep puff pastrynya. Saya pasti akan coba resepnya. Sukses selalu ya. ^_^

      Delete
  5. mbak-mbak boleh nanya nich, kira-kira merk butter diindonesia yang bisa dipakai, trus mau nanya juga, klo adonan no1.nya diskip (maksudnya g dicampur tepung butter ja) bisa g?
    Nah yg paling bikin aku bingung, butter sama margarin beda/sama?, krn setahu aku butter dibuat dari lemak susu, tp klo margarin lebih ke lemak nabati, dan menurutku yg dari lemak susu lebih wangi baunya daripada lemak nabati
    hehehe banyak nanya ya, soalnya aku jg mau nyoba tp bingung milih butter, dirumah ada blueband margarin n butter merk orchid, mau pakai yang mana ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget merk butter disini kok kaya Orchid, Elle n Vire, Wysman. Adonan 1 gak bisa diskip ya,kulit pie gak akan jadi nantinya. yep memang beda dan butter lebih harum baunya tapi cenderung tidak tahan panas dan mudah meleleh di suhu ruang dibanding margarine. Untuk puff pastry saran saya campur butter dan margarine supaya gak gampang meleleh dan memudahkan proses gilas menggilas. kecuali suhu dapur dan semua peralatan dingin ya, sehingga mentega gak gampang leleh.

      Delete
  6. mba daku mau nanya,bs ga digilasnya pake weston atlas 150 manual


    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo saya belum pernah coba pakai pasta machine, kemungkinan agak ribet karena meentega bisa belepotan kemana2.

      Delete
  7. Mba,klo mau dicampur butter dan mentega,perbandingan yang bagus berapa banding berapa ya?50:50 atau 70:30?saya masih awam soal perbakingan,mohon pencrrahannya.beberapa kli pengalaman klo menggunakan butter suka jd lbih berminyak.terimakasi y mba,blogmu sangat membantu awamers seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Mba, coba 50 : 50 saja, memang kalau terlalu banyak mentega jadi gampang leleh dan luber kemana2, akibatnya lipat melipat suka susah banget. Kalau banyak margarine, rasanya gak enak, terlalu greasy ya.

      Delete
  8. Aqu biasa pake korsvet buat bkin pastry...q liat dresep ini pake mentega,apa korsvet itu jg trmasuk mentega y mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Non Dinda, untuk puff pastry bisa pakai mentega, margarine atau korsvet. Korsvet sendiri merupakan produk olahan mentega dengan tambahan bahan lainnya (kemungkinan shortening/mentega putih dan margarine) yang memang khusus digunakan untuk puff pastry. Dibandingkan mentega, korsvet tidak mudah meleleh sehingga tidak belepotan diadonan saat proses lipat melipat.

      Kalau mau menggantinya dengan mentega, saran saya jangan gunakan mentega seutuhnya, campur mentega dengan margarine, perbandingan 1 : 1 agar mentega tidak cepat meleleh di suhu ruang. Tapi kalau porsi margarine terlalu banyak maka rasa puff pastry kurang enak ya, terlalu greasy dan berlemak.

      Delete
    2. kalau pakai korsvet apakah tetap harus di campur terigu seperti resep adonan pasta mentega ?

      Delete
    3. Hai Mba Vivi, nggak perlu lagi Mba, korsvet sendiri sebenarnya terbuat dari mentega/margarine yang dicampurkan bahan lain kemungkinan tepung untuk mmebuatnya keras dan tidak mudah leleh saat pastry diolah.

      Delete
  9. Mba Endang salam kenal,
    aku cb pake korsvet cm setiap kali putaran ga pake istirahatkan di kulkas krn gilas mengilas dan lipat melipat gampang bgt. Hasil setelah dioven lipatan kelihatan bgs tetapi rasa kok ga nendang ya..ini krn korsvet atau krn ga diistirahatkan di kulkas?..thanks ya mba..
    Monic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Monic, salam kenal ya. Menurut saya korsvet yang digunakan menggunakan margarine/mentega putih ya sehingga rasanya greasy, alias berlemak, pakai buter memang suka meleleh2 dan agak susah tapi rasanya mantap banget.

      Delete
  10. Akhirnya dpt pencerahhan jg...thx mbaayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp, moga sukses juga ketika dipraktekkan ya ^_^

      Delete
  11. haloo Mba..
    mau nanya adonan tepung di atas ditulis "bungkus dengan plastik rapat dan istirahatkan adonan minimal 1 jam, atau idealnya semalaman"
    ini kalo mau diistirahatkan semalaman ditaruh suhu ruang atau kulkas ya?
    kulit pastry ini bisa tahan brp lama ya dari saat kita buat?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukkan ke kulkas mba. Kalau mau tahan lama, setelah kulit jadi, bungkus rapat dan bekukan di freezer. kalau mau pakai diamkan disuhu ruang sampai lemas, siap dicetak.

      Delete
  12. mbak....adonan mentega punya aku kok jadinya lembut begitu. padahal udah dimasukkin kedalam freezer. akhirnya setelah aku gabung menteganya meluber kemana2. apa bisa semua adonan mentega itu gak dicampur semuanya. aku pengen banget bisa membuat kulit pastri mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Dian, campur mentega pakai margarine Mba, perbandingan 1 : 1. supaya gak gampang leleh, atau kalau mau pakai saja margarine yang kualitasnya bagus. Resiko pakai mentega adalah mudah meleleh saat adonan di permak, sebaiknya bikin saat dapur suhunya dingin.

      Delete
  13. Sya akan mncba Ώyå mbak
    ⌣̊┈̥-̶̯͡»̶̥·̵̭̌·̵̭̌»̶̥▸☆τ̲̣̣̥н̲̣̣̣̥a̶̲̥̅̊N̤̥̈̊к̲̣̣̥ y̶̲̥̅̊O̲̣̣̥u̶̲̥̅̊☆◂«̶̥·̵

    ReplyDelete
  14. mentega yg dipake itu dingin ato suhu ruang ya mba?hehe

    ReplyDelete
  15. mba ini resepnya bisa dijadiin cronut ga?itu loh bentuknya donut tapi kayak croissant,,yg lgi trend hehe
    trus pastry ini sama kayak croissant ya hasilnya?maaf ya mba kalo nannya nya bodoh nih masi pemula :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya masalah bentuk yang bulat saya rasa semua adonan puff pastry bisa dibuat cronut. puff pastry bisa dibuat macam2, croissant salah satunya. resep adonannya bisa beda2. disebut puff pastry karena berlapis2 dan puffy (mengembang).

      Delete
  16. oh iy mba kok kalo adonan croissant mu pake ragi.trus yg ini engga?bukannya sama2 pastry ya? maaf ya bngung nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 puff pastry, beda resep saja. pastry sendiri berarti kue ya, banyak jenisnya mulai tart, pie, choux pastry dan puff pastry. kembali ke selera masing2 mau pakai resep yang mana.

      Delete
    2. oh oke ngrti deh mba :D tpi enak mana mba yg kulit ini sama yg resep adonan croissant y kalo mnurut mba?aku mw ikutin selera yg ud ahlinya aja :9

      Delete
    3. menurut saya semua enak wkaakkak, susah kannn

      Delete
    4. wakkaka baiklahh akan saya coba k2 nya hehehe..tapi mba untuk pemula lebih baik yg mana dlu ya?takut bgd gagal whahhaha pengecut nih

      Delete
    5. saya pemula Mba, dan saya mencoba keduanya, semua kembali ke selera dan ketersediaan bahan di dapur hehehehe. tingkat kesulitannya sama saja, yang penting dicoba bukan hanya dibayangkan ^_^

      Delete
  17. Mbak ini sama ga dengan buat croissant?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep, prosesnya sama tetapi beda bahan ya, di resep croissant saya pakai ragi instan di adonannya.

      Delete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    5. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. mba koment kehapus ya?wakaka saya mw nannya yg kmrn nih kalo pake korvset ttep kasi tpung ato stengah aja tpungnya ato ga usa sama skali ya?trims hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, huaaa mau nangis rasanya. Gak nyadar 100 komen saya hapus begitu saja, tobatttt. Kalau pakai korsvet gak perlu pakai campuran tepung lagi, karena korsvet sudah campuran bbrpa bahan ya Mba.

      Delete
  21. brarti takaran teteap 340 ya?hehe
    kok bsa2 nya mba salah teken?wakaka saya juga suka bgitu sih :') tau2 ad notif penghapusan finished aja :')

    ReplyDelete
  22. oh iya mba skalian mw nnya lg hehe ( banyak nannya ya maaf) itu korvset nya tinggal dipotong bwt daleman kulit ya?ga usa dimixer lgi kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. korsvet itu langsung dipakai mba, gak perlu dicampur apa2 lagi, gak perlu dimixer, potong dan pakai. sebagai pengganti adonan pasta mentega diatas.

      Delete
  23. adonan tahan sbulan ya kalo ga mau langsung dipakai habis?disimpan di freezer aja gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bungkus rapat, masukkan freezer. gak boleh kena udara kulkas.

      Delete
  24. Mbak aku udah bikin hasilnya bisa ada layernya sih tapi kok ga ngembang ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, saya juga bingung, ada yang salah dengan prosesnya mungkin. atau mungkin harus dicoba lagi.

      Delete
  25. mba uda aku coba nih yg adonan croissant kok keras bgd ya?susa nyatu nih..bgitupun adonan yg pastry, kayak kurang air gitu mba :( salah dmn ya?emg akhirnya bs dibulatkan tpi aku tadi nguleninnya susa bgd wkakkaa
    belom aku isi dengan pasta mentega nih..doain sukses ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang keras, karena itu gilingnya rada2 berat heheh., setelah didiamkan akan lemas kok, tapi kalau susah nyatu tambahkan air sedikit2 saja, ciprati saja. adona keras tujuannya saat digiling bersama mentega adonan gak bocor,

      Delete
  26. mba ud jadi loh hehehe thanks ya :D tpi saya pake resep yg ini, kalo yg resep croissant mu aku ga berhasil ga bsa digiling akhrnya aku goreng aja jdi bola2 goreng wkakkaa
    yg mw ak tanyain nih mba, aku kan bentukin jadi kek croissant gitu, tpi pas dipanggang mentega meleleh2 kluar jdinya loyangku mentegaan smua deh banjir hehe emg bgitu ya?ato ada salah apa ya?
    trus hasilnya emg garing ya?punya ku crispy bgd pdhl pgn yg agak empuk gitu hehehe
    maaf ya brapa hari nii nannya mulu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mentega meleleh karena ketika melipat banyak mentega yang belepotan keluar. Karena itu pastikan saat melipat dilakukan perlahan dan hati2 agar mentega benar2 terperangkap dalam adonan tepung. Terlalu banyak mentega yang keluar akan membuat crossant kurang empuk dan seperti digoreng didalam kubangan minyak. Yang benar mentega nggak banjir keluar ya tapi terperangkap dalam adonan.

      itu sih analisa saya ya, dan ini percobaan pertama kan? harus coba lagi. ^_^

      Delete
    2. nah itu mba :( jadinya kayak digoreng D: D: itu tipsnya biar ga kayak gitu gmn ya mba?apa hrs digilas lebih tipis ato gimana ya?mohon pencerahannya hehhee

      Delete
    3. yang jelas usahakan mentega gak keluar adonan ya, itu saja tipsnya heeheh. daaaannn coba lagi

      Delete
    4. okee mba hehe apa dijadiin 5x tahap lipat ya mba?mnurut mu gmn?hehee

      Delete
    5. kalau menurut saya, ikuti resep karena saya juga ikutin resep asli, dan kalau mau croissant empuk jangan pakai resep puff pastry tapi resep croissant ya neng.

      Delete
    6. oke ngerti mba hehe 4x tahap itu 3x pas pmbuatan trus 1 x pas yang kita mau pake kan?bener ga ya?btw untuk yg resep croissant ntah napa susah bgd diaduk nya :S bisa ga ya tepungnya diganti sparuh sama tepung protein sedang trus ditambah kuning telur?Sedangkan untuk yg pastry ini dikasi ragi+gula bs ga ya?maaf bgd ya mba byk nannya hehe

      Delete
    7. never ending questions ini sepertinya ^_^. yep 4 tahap sudah benar. untuk modifikasi adonan croissant saya belum pernah coba, jadi kudu trial error, menurut saya kalau keras kasih air dikit supaya agak lemas, pakai protein sedang bisa ya.

      untuk pastry ini saya gak pernah coba pakai ragi gula, belum pernah dengar heheheh.

      cukup jelas kan ya? trial error ya neng, teori saja gak akan dpat kenyataanya. daaan mungkin harus banyak2 baca mengenai puff pastry dan croissant, goo***gling saja ada banyak info disana karena saya juga gak pakar di pembuatan puff pastry dan croissant. mungkin justru akan ditemukan resep lainya yang lebih baik. oke? ^_^

      Delete
    8. makasi byk ya mba, akan aku coba lagi hehehe kmrn mentega nya ketebelan mba kan 0,6 cm lah aku 1 cm lebih :/ soalnya ga aku mixer lgs potong dan pakai kan menteganya, trims banyak ya ud bagi tips sama info nya mba, uda jawab koment dengan sabar juga :')
      makasi byk yah :)))

      Delete
    9. Hebat! Ayo dicoba lagi. Kalau masih penasaran memang lebih baik dicoba tapi kali ini dengan teknik yang lebih baik. Saya yakin akan berhasil memuaskan kok heheheh ^_^. sukses ya!

      Delete
  27. oh iya mba yg saya mksd empuk tuh pgn kayak tesktur croissant mu di http://www.justtryandtaste.com/2011/06/obsesi-roti-1-step-by-step-croissant.html punya ku ga seempuk itu malah garing sekali kayaknya efek metega nya banjir ke loyang smua ya?biar ga banjir gmn y :( mohong pencerahannya ya hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban saya diatas ya, harus coba lagi non, banyak yang membuat croissant sampai berkali2 baru sukses dan next time lakukan dengan lebih baik dan seksama.

      Delete
  28. btw mba aku emailin hasil croissant ku ya?hehe yg mnurut ku aneh bgd karena kegaringan gitu bentukny :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, kalau menurut saya sih untuk pecobaan pertama oke2 sajalah, kecuali kalau 5 kali buat gagal semua nah baru something wrong. practice makes perfect ^_^

      Delete
  29. Assalamualaikum,
    numpang tanya mbak, adonan puff pastry yg saya buat korsvet nya pecah dan timbul, itu kira2 kenapa ya mbak ?

    trus setelah di panggang adonan nya tidak mengembang, teksturnya pun keras. Mohon penjelasannya mbak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah pakai korsvet yang sudah jadi dan siap pakai mba, saya selalu pakai campuran di atas, menurut saya mungkin suhu dapur tinggi atau korsvet kurang dingin sehingga melelh dan keluar. Suhu dapur harus dingin agar puff pastry bisa digilas dengan baik tanpa membuat mentega cair.

      kurang ngembang, banyak faktor ya. silahkn baca komentar2 di atas, sepertinya saya sudah pernah jelaskan ya. membuat puff pastry terkadang bukan sekali project sukses perlu berkali2 dan harus dicatat hal2 penting disana supaya next trial lebih bagus. Ikuti resep dan proses dengan seksama.

      Delete
  30. Halo mbak, aku mau nanya nih, aku udh coba ketika proses penggilasan adonan yg dikeluarkan dari kulkas biasa itu agak keras dan berembun, trus aku paksa gilas (diteken-teken banget), hasilnya layernya ga rata (ada yg ngembang banyak dan engga) itu seharusnya kayak gimana ya?
    Apa ketika proses peristirahatan harus didiamkan dulu, jangan digilas dulu biar lemas dikit, apa gimana?
    Makasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Annisa, diamkan sebentar dulu Mba supaya sedikit lemas, tapi jangan sampai mentega meleleh. Kalau terlalu dingin akan keras dan kurang mulus digilas ya.

      Delete
  31. hallo mba,saya pemula mao mencoba buat puff pastry.dan saya punya buku resep cara membuat puff pastry tapi koq ada beberapa yang beda bahan2nya dengan mba punya.dibuku resep saya bahan2nya tepung terigu,mentega,air jeruk, garam halus,air n korsvet. Saya jadi bingung untuk mencoba buatnya.Thx sebelumnya y...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba herni, resep puff pastry bisa beda2 tergantung yang menciptakan resepnya, seperti ada ribuan cara menuju roma ^_^. tidak ada yang salah aslkan hasilnya adalah puff pastry. jadi kembali ke masing2 saja, resep mana yang hendak dicoba.

      korsvet iitu terbuat dari mentega/margarine plus tepung, resep saya diatas saya membuat sendiri korsvetnya bukan korsvet yang sudah jadi di toko.

      Delete
  32. ok,saya akan mencoba buatnya.thx

    ReplyDelete
  33. Mbak pasta menteganya itu bisa pakai flake pastry gak? saya beli trus tanya2 sm pegawainya langsung dikasih flake pastry kiloan gitu, apa itu sama dengan margarine atau mentega? saya udah beli butter apa butter dan flake pastry arus dicampur seperti margarine dan butter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kalau sudah pakai flake pastry kayanya gak perlu dicampur lagi ya sama bahan lainnya. Kayanya flake pastry mirip korsvet ya. Saya sendiri belum pernah pakai ini, karena kurang tahu dalamnya terbuat dari apa (komposisi mentega dan margarinenya).

      Delete
  34. mbak kalau kulit pastry masih sisa ,disimpan di freeser bisa nggak yaa untuk dipakai lain hari ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, dikemas rapat saja dan bekukan di freezer mba

      Delete
  35. Mbak utk mentega nya pake yg jenis apa? Apakah harus pakai jenis pastry margarine? Txs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai merk apapun di pasaran oke ya, tidak harus untuk pastry.

      Delete
  36. Salam kenal Mba Endang Indriani , maaf saya mau tanya apakah menteganya atau butternya bisa di ganti mentega putih Mba, apa akan mempengaruhi rasanya bila di ganti mentega putih , makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Andaru, bisa ya, tapi rasanya akan kurang oke, berlemak, kurang gurih. Saran saya mixed antara mentega dan margarine ya.

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...