04 April 2011

Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi


Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Makanan yang digulung kemudian diisi dengan aneka isian yang lezat memang menarik, tak terhitung berapa banyak model makanan yang seperti ini. Mulai dari lauk pauk, kue dan aneka camilan yang populer banyak melibatkan teknik seperti ini. Selain membuat tampilannya lebih cantik juga membuat kita yang akan menyantapnya sedikit penasaran karena harus menebak-nebak isinya. Contoh makanan versi ini misalnya saja rolade, entah terbuat dari daging sapi, ayam atau sayuran, kemudian sushi, risoles, lumpia, semar mendem, dadar gulung, dan tentu saja masih banyak segudang jenis lainnya yang bisa diciptakan tergantung selera, kemampuan dan kemauan. 

Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Kubis gulung ini merupakan jenis kreasi lainnya, memanfaatkan lembaran daun kubis yang cukup lebar untuk diisi dengan aneka isian. Menurut Wikipedia, kubis gulung merupakan makanan yang umum ditemui di Eropa dan Asia Barat, makanan ini juga cukup populer di Amerika Utara diperkenalkan oleh masyarakat dari Eropa Timur.  Umumnya kubis gulung diisi oleh daging terutama sapi atau domba yang dibumbui dengan bawang putih, bawang bombay dan aneka rempah-rempah. Biji-bijian seperti padi dan barley, telur, jamur dan sayuran lainnya seringkali juga dimasukkan ke dalam campuran isi kubis gulung ini.

Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Kubis gulung yang saya buat kali ini resepnya hasil modifikasi sendiri, berisi tumisan nasi dan daging sapi cincang. Bumbunya sederhana selayaknya tumisan lainnya, membuatnya juga mudah dan tidak memakan waktu lama. Tidak seperti resep cabbage rolled lainnya dimana kubis dimasak lagi dengan sausnya, saya cukup menyantapnya dengan saus sambal botolan saja.  Anda tidak perlu khawatir, rasanya sudah sedap bo! Jika anda vegetarian, maka anda mungkin bisa mencoba kreasi lainnya. Misalnya, selain nasi juga ditambahkan sayur-sayuran cincang ke dalamnya atau tempe yang dihaluskan, saya rasa kubis gulung ini akan tetap lezat :).

Berikut resepnya ya.

Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi 
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 7 buah kubis gulung 

Bahan:
- 7 lembar daun kubis yang lebar
- 350 gram nasi putih
- 150 gram daging sapi cincang

Bumbu:
- 1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
- 3 butir bawang putih, keprak dan cincang halus
- 4 butir bawang merah, rajang tipis
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 4 butir cabai rawit
- 1 ruas jahe, cincang halus
- 3 lembar daun jeruk purut, rajang halus
- 1 1/2  sendok teh garam halus, tambahkan jika kurang asin
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh saus tiram
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Pelengkap:
Saus sambal botolan

Cara membuat:
Siapkan kubis, cari yang ukurannya besar. Ambil 7  lembar daun terluar yang lebar, tipiskan bagian tulang daunnya. Kukus daun kubis selama 3 menit di kukusan yang panas agar layu dan mudah dilipat. Sisihkan.

Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT
Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Siapkan wajan dan panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu yang dirajang hingga harum dan bawang menjadi transparant. Masukkan daging sapi cincang, aduk-aduk. Masukkan saus tiram, garam, merica dan kaldu bubuk. Aduk hingga rata. Masak hingga daging berubah warna. 

Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT
Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT
Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Masukkan nasi putih, aduk rata. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat nasi. 

Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT
Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Siapkan selembar daun kubis, letakkan di tempat datar. Beri kira-kira 3 sendok makan adonan nasi di bagian dekat pangkal daun. Lipat sisi kiri dan kanan daun ke tengah adonan. Dari bagian pangkal, gulung daun berisi adonan sambil ditekan agar padat. 


Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT
Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT
Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Ikat bagian tengah gulungan kubis menggunakan daun pisang atau benang agar tidak lepas. Lakukan hingga semua daun dan adonan habis.


Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT
Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Siapkan dandang bekas mengukus daun kubis, tata nasi gulung di dandang dan kukus selama + 15 menit. Angkat dan sajikan dengan saus sambal botolan atau sambal kacang. Sedap.

Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Source:
Wikipedia - Cabbage Roll



19 komentar:

  1. di turki, ini namanya sarma hehehe... tp ada sedikit perbedaan teknik memasak. pasa saya mau bikin sarma hari ini, tp tanpa daging sapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Heti, thanks ya atas sharingnya. Saya juga coba-coba bikin ini karena penasaran hahah

      Hapus
  2. Jd ngiler deh...kpn2 bikin aahh,makasih resepnya ya mba :)

    BalasHapus
  3. maaf mbak mau nanya, kukus kedua buat apa ya? kan kubisnya udah dikukus dan nasinya udah matang, kalo misal nggak usah dikukus kedua kalinya bisa nggak? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kukus kubis pertama hanya untuk mmebuatnya layu supaya mudah dilipat, kukus kedua dipperlukan selain membuat kubis matang juga untuk memadatkan nasi dan agar rasa nasi dan semua bahan bisa menyatu.

      Hapus
  4. hai mbak salam kenal.....gak pernah bosen liat blog mbak dech....udah 2 resep mbak saya coba....(walau bentuknya agak hancur but the taste....so yummy...^^,, membantu sangat blog mbak...thanks mbak.....

    ni resep pas banget...lebaran kemaren dapat oleh2 hasil kebun dari mertua n salah satunya kubis yg ukurannya besar sangat....bingung ngabisinnya...eh dapat resep ini....bs di coba....mudah2n sukses...(maklum masih pemula)....ijin nyontek resepnya mbak buat di praktekin....^^
    -kiki-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Kiki, thanks sharingnya disini ya. Wah sedapnya dapat kubis dari kebun sendiri, mantep banget. Moga sukses dengan kubis gulungnya ya ^_^

      Hapus
  5. jadi inget waktu di romania....namanya Sarmale....nyoba yaa....thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mimi, thanks infonya yaaa, yep variannya banyak, biasanya setelah diisi kubis dimasak lagi dengan saus tomat.

      Hapus
  6. Duhh kurang afdol kayaknya klo sebelum tidur ngga ngintip blognya mba Endang, sembari nge-update resep baru plus bongkar2 arsip lama nyari ide buat masak besok. Blognya betul2 bikin kecanduan dehh..
    Oh iya klo di mesir nasi yg dibungkus kubis ini namanya mahsyi, kadang jg dibunngkus daun anggur, atau paprika, cabe, terong perpaduan asem asin gurih nan sedap. Ngga pernah bikin sih, krn seringnya dpt kiriman dari tetangga he he, mau tak coba bikin resep mb Endang.. Hatur nuhuun jgn bosen ya mbak klo saya sering mampir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rina, apa kabar di Mesir Mba? Lagi musim apa ya disana? Hehehhe. Saya udah lama ngiler pengen banget bikin nasi gulung yang dibungkus sama daun anggur,, Sampai pernah lohhh niatan rampok daun anggur tetangga yang keluar menjulur lewat pagar wkakakakka. Thanks sharingnya yaaaa, salam

      Hapus
    2. Sekarang lagi di penghujung winter mba, masih musimnya jeruk & strawberry yg besar2, maniis dan yg pasti murah meriah. 1 kg jeruk sunkist/strawberry dibandrol kisaran 2 Le - 3 Le. kurleb Rp 3500-5000/kg alhasil begitu ketemu resep bikin selai jeruk n strawberry langsung deh dieksekusi.. alhamdulillah ok bgt, Dari hasil nyontek resep JTT alhamdulillah aman terkedandli dan semua suka. Nugget n baso ikannya mba Endang jg udah jadi top requestnya anakku, dan kemarin baru dibikinin mashed potato simple tp super laziz rasanya (lho ko jadi laporan gini ya?) he he.
      Daun anggur memang mantap bgt mba klo dibikin nasi gulung. Kalau di sini daun anggur sama orang indonesia suka dibikin gulai (buntil) sbg pengganti daun singkong.. rasanya ngga kalah sedap. Gimana mba? masih ada niatan ngerampok daun tetangga kah? klo gitu saya tunggu kreasi daun anggur ala mba Endang ya hihihi

      Hapus
    3. Halo Mba Rina, waaah itu murah bener jeruk dan stroberinya, disini mana ada stroberi manis, aseeemmm bgt, huaaa bisa setiap hari saya makan stroberi kalau disana yaaak.

      Kok saya semakin meyakinkan tekat buat menggasak daun anggur tetangga yaaak, asli dah itu daun menjulur keluar pagar. huaaaa

      Hapus
    4. Numpang nimbrung ni Mbak2, penasaran soal nya. Jadi daun anggur bisa dipakai sebagai pengganti daun singkong? buat buntil segala? Aku kangen daun singkong buat lalapan dsb, tapi ampun deh, kalo ada mahal trus sedikit banget.

      Maria

      Hapus
    5. Hai Mba Maria, saya belum pernah coba ya. Mungkin mba Rini bisa menjelaskan hehehe

      Hapus
  7. Hai mbak Endang, tlg tanya...kl kubisnya diganti rumput laut/nori. Jd dibungkus kyk sushi, bs gk ya? Jd gk perlu dikukus ya, mbak?
    Apa nanti rsnya gk keasinan wkt dimkn bersamaan nasi dagingnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mba, tdk perlu dikukus lagi, sesuaikan saja rasa asin di nasi dagingnya mba Jennie

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...