05 April 2011

Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake)


Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT

Bosan dengan cake bercita rasa manis? Mungkin anda perlu mencoba cake kukus gurih asin resep Ny. Liem yang satu ini. Chicken Steam Cake ini rasanya asin gurih dan ditaburi dengan tumisan ayam cincang diatasnya. Membuatnya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Cake kukus tumis ayam ini sebenarnya sudah lama saya incar ketika secara tidak sengaja melihatnya pada salah satu website, sayangnya si website tidak menyertakan resepnya. Ternyata, oh ternyata, ketika sedang membuka-buka buku masakan Ny. Liem, resep itu bercokol disana. Pucuk dicinta ulam pun tiba, akhirnya jadi juga saya membuat chicken steamed cake ini.


Rasanya? Jujur tidak terlalu istimewa :). Mungkin karena saya terlalu terbiasa dengan cake dengan rasa yang manis, legit dan berlemak. Sedangkan cake kukus tumis ayam ini tidak terlalu legit dan kurang lembut mungkin karena porsi menteganya yang tidak terlalu banyak. Walaupun sebenarnya, cake ini cukup oke juga untuk menemani sore anda sambil mengobrol-ngobrol di teras dengan keluarga atau teman ditemani secangkir teh manis atau kopi yang hangat.

Untuk ayam tumisnya, anda bisa mengikuti cara saya yaitu menaburkannya ke dasar loyang sebelum adonan dituang atau tuang adonan terlebih dahulu di loyang sebelum tumisan ditaburkan. Semuanya oke, yang terpenting tumisan ayam harus benar-benar dimasak hingga kering sebelum digunakan untuk cake. 

Berikut resepnya.

Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT

Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake)
Resep diadaptasikan dari Buku: 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati

Untuk  1 loyang loaf ukuran 28 x 7 cm

Bahan Cake:
- 5 butir telur ayam
- 90 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 9 gram cake emulsifier (ovalet/TBM/SP)
- 140 gram tepung terigu protein sedang (saya pakai Segitiga Biru, Bogasari)
- 15 gram susu bubuk
- 1/2 sendok teh baking powder
- 75 gram mentega, cairkan

Bahan tumisan ayam untuk isi:
- 100 gram daging ayam cincang
- 2 butir bawang merah, cincang halus
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 sendok teh kecap asin
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
Panaskan minyak di wajan, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum. Tambahkan ayam, kecap asin, saus tiram, kaldu bubuk, gula pasir, merica bubuk. Aduk-aduk hingga tumisan ayam matang dan mengering. Angkat dan sisihkan. 

Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT

Membuat cake:
Siapkan loyang loaf ukuran 28 x 7 cm. Olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung hingga rata. Sisihkan.  

Ayak tepung terigu, baking powder, susu bubuk, sisihkan. 

Campur dan kocok telur, ovalet, garam, gula pasir dan royco hingga mengembang dan kental, pertama gunakan speed rendah untuk mencampur bahan kemudian naikkan ke speed tinggi. Jika telah berwarna pucat, kental dan mengembang kurangi kecepatan mixer menjadi yang paling rendah. 

Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT
Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT

Masukkan campuran  tepung terigu sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Matikan mixer, tuangkan mentega cair. Menggunakan spatula aduk bahan perlahan-lahan hingga mentega rata dengan bahan. Jangan mengaduk berlebihan. 


Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT

Taburi tumisan ayam pada dasar loyang, kemudian tuangkan adonan ke loyang dan ratakan permukaannya. 


Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT
Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT

Panaskan dandang dengan air agak banyak, hingga air mendidih. Masukkan loyang berisi adonan kemudian tutupi permukaan dandang dengan selembar kain bersih yang menyerap air. Tutup rapat dengan penutup dandang. Kukus cake dengan api sedang selama + 45 menit hingga cake matang. Jangan buka kukusan selama cake dimasak. 


Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT

Keluarkan cake, biarkan sejenak + 5 menit di loyang kemudian balikkan cake ke piring dan dinginkan sebelum dipotong-potong.  Cake siap disajikan. Selamat mencoba.


Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT

Source:
500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati 



17 komentar:

  1. Hi mBak Endang! Setelah Steamed Moist Chocolate Cake, saya mau nyobain resep yg ini. Cuma sebelumnya mau nanya dulu :-) Berhubung saya masih newbie banget, terutama dalam hal mengocok, bisa tolong kasih panduan ? Untuk resep ini, yg bakal saya ikutin persis, kira-kira berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk mengocok telur sampai mengembang ? Kira-kira 15 menit ? 30 menit ? Tx !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sandra, untuk mengocok saya biasanya tidak berpatokan dengan waktu karena mikser bisa beda2, mikser heavy duty lebih cepat prosesnya dibanding mikser biasa. Jadi dilihat saja adonannya kalau sudah putih, kental, pekat dan kembang berarti sudah oke kok untuk dimasukkan bahan lainnya.

      Hapus
    2. Ok, besok mau saya coba. Wish me luck! hahaha ...

      Hapus
    3. mBak Endaaanggg! Sptnya saya "sukses" buatnya :D Sukses karena saya perhatikan, tampilan cake saya mirip dgn photo yg di sini : banyak rongga2 kecil dan beberapa rongga agak besar. Artinya cake saya cukup mengembang ya, hahaha! Untuk rasa, saya suka banget. Menurut saya, manisnya cake pas dgn gurihnya ayam tumis. Top!! Cuma saya salah 1 hal saja, saya pakai margarin (Blue Band cup) bukan mentega karena kurang memperhatikan :p Apa itu pengaruh ke rasa atau kelembutan cake? Lalu, mumpung ada pakarnya, saya mau nanya2, boleh yaaa .... :D
      1. Kalau ada resep cake kukus yg pakai filling. Adonan dibagi ke dalam 2 loyang, lalu ditulis: Kukus 20 menit. Nah, kalau saya tdk mau pakai filling jadi adonan saya masukkan ke dalam 1 loyang saja, berapa lama saya harus mengukus ? 2 x 20 menit? Atau tetap 20 menit ?
      2. Apakah kita bisa mengganti mentega / margarin / mentega tawar dengan minyak Canola ? Konversinya bagaimana ?
      Sebelumnya, thanks berat yaaaaaa!

      Hapus
    4. Hai Mba Sandra, wah senang membacanya hehe, mentega akan memberikan rasa lebih creamy dan gurih dibandingkan margarine ya, untuk tekstur saya rasa nggak terlalu jauh berbeda.

      Saya bukan pakar Mba, jauh dari itu, sering gagal juga bikin kue huaaaa, tapi ini jawaban saya ya.
      1. Kukus lebih lama sekitar 40 - 50 menit ya, karena adonan cake lebih tebal
      2. Bisa, konversinya sama, ml dan gram itu sama. Jadi kalau pakai 100 gram mentega ganti saja dengan 100 ml minyak canola ya.

      Hapus
  2. maaf mbak kalau pertanyaannya gak berbobot, kalau resep ini gak pake cake emulsifer bisa ngak ya? kalau ngak bisa, ngukur 9 gram nya pake apa mbak? kan kalau pake timbangan biasa susah. makasih sebelumnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalkan pakai baking powder double acting, maka emulsifiernya bisa diskip Mba. 9 gram sekitar 1 1/2 sendok teh ya.

      Hapus
  3. Mba' Endang, mau nanya niy. Kuenya awet disimpen di ruangan / kulkas berapa lama yah?
    Trus apakah bisa dikukus ulang setiap mau dimakan?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, bisa tahan 3 -4 hari di chiller ya, silahkan kukus sebentar kalau mau dimakan supaya hangat dan empuk lagi ya.

      Hapus
  4. Mba endang,tumisan ayamnya hanya perlu ditaburi di dasar loyang ya? Ga perlu dicmpur di adonan? Nanti tumisan ayamnya bs menyebar sndiri ya? Trims jwbannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, untuk cake diatas saya hanya menaburkan tumisan ayam di dasar loyang, ketika dibalikkan cakenya maka tumisan ayam posisinya diatas. Kalau mau dicampurkan di adonan bisa ya, sebaiknya mencampurkannya di menit terakhir saat adonan akan dimasukkan ke loyang dan langsung kukus. Kalau kelamaan diam di loyang maka tumisan ayam akan tenggalam

      Hapus
  5. Hiii, mba Endang ^^
    Mbak, saya uda coba resep iniii, enakkk..dan banyak yang suka.
    Tapi, tumisan ayam punya mba koq bisa menyebar sampai naik ke atas adonan?
    Yang saya buat tetep mengendap di bawah..

    Salam,
    Mon

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Mon, thanks shairngnya ya.

      hehehhe, samaaa, tumisan ayam saya juga diam didasar adonan wakakkak. Susah karena tumisannya berat dan adonannya agak encer ya

      Hapus
    2. Mba Endang,
      Saya sudah beberapa kali buat resep ini, tapi ada kejadian: setelah mengocok bahan telur, SP, garam, gula, royco sampai mengembang dan kental...setelah saya masukan tepung tiba2 adonan turun, encer, banyak rongga udara..sebelum2nya adonan ga turun dan tetap kental. Kenapa ya, Mbak?
      Secara bahan dan cara sama semua/tidak ganti-ganti.
      Thanks sebelumnya, Mbak Endang.

      Salam,
      Mon

      Hapus
    3. Hi Mba, masukkan tepung bertahap,jangan sekaligus untuk menjada adonan gak turun dan aduk dengan gerakan lembut dengan spatula

      Hapus
  6. Salam kenal dr saya mb Endang...
    Saya sdh coba resepnya mba, tp gagal hiks... begitu keluar dari kukusan langsung mimpes deh... knp ya kira2 mba? Kalo pke oven kira2 brp lama manggangnya dan suhu brp mba ? Makasih atas resep2nya sangat membantu saya yg msh tahap amatir..

    Salam,
    Marie

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba marie, kemungkinan karena kurang dikocok maksimal telurnya. harus sampai berjejak/ribbon stage, kalau mikser sepeti saya diatas sekitar 10 s/d 15 menit. atau BP yang dipakai bukan jenis yang double acting.

      bs di oven, suhu 175'C sekitar 50 menit mungkin ya, api atas bawah

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...