15 April 2011

Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang


Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang JTT

Otak-otak ikan, siapa sih yang tidak mengenalnya? Apalagi bagi yang tinggal di Jakarta dan daerah-daerah penghasil ikan seperti Makasar atau tanah kelahiran saya, Tanjung Pinang-Riau. Walaupun masing-masing daerah ini menggunakan bumbu yang berbeda namun tetap satu nama yaitu otak-otak. Makanan berbahan dasar ikan dan dibungkus dengan daun, apakah daun pisang atau daun kelapa ini sangat lezat dan banyak digemari karena kegurihannya.  Umumnya otak-otak, disantap begitu saja sebagai snack dengan ditemani saus kacang atau saus tauco. 

Saya pernah memposting reep otak-otak ikan sebelumnya, anda bisa klik di otak-otak ikan Tanjung Pinang. Nah, otak-otak Tanjung Pinang berbeda dengan rekannya di Jakarta dan Makassar. Lebih berempah dan pedas karena bumbu yang digunakan lebih beragam dan menggunakan cabai giling diadonannya. Umumnya, otak-otak dibungkus dengan daun kelapa dan dijual dalam rentengan panjang. Rasanya? Hmm, super duper! Ahh, jadi kangen dengan otak-otak ikan Tanjung Pinang:)

Jika anda sempat ke Makassar, jangan lupa membawa oleh-oleh otak-otak ikan. Otak-otak ikan Makassar hampir mirip dengan yang dijual di Jakarta, hanya saja lebih fishy (terasa sekali ikannya) dengan ukuran yang jumbo. Ketika saya melakukan perjalanan dinas kesana, saya sempatkan datang langsung ke penjual sekaligus pembuatnya dan melihat sendiri proses pembantaian ikan tengiri untuk diolah menjadi makanan ini. Ikan-ikan segar bergeletakan di lantai dan dengan menggunakan pisau besar mirip arit yang sangat tajam, daging ikan dengan cepat dipisahkan dari tulang dan kepalanya. Mantap! Nah, otak-otak ikan Makassar ini ditemani dengan saus kacang kecoklatan yang kental. Sedap.  

Blender, memberikan hasil yang paling oke untuk menghaluskan daging ikan karena membuat tekstur otak-otak menjadi halus, mudah bercampur dengan bahan lainnya dan lebih elastis. Karena sering melakukan giling menggiling ikan dan daging maka blendernya sengaja saya pisahkan dengan yang digunakan untuk menggiling buah dan sayur. Jika anda tidak ingin menggunakan blender, maka daging ikan bisa dihaluskan dengan cara ditumbuk menggunakan ulekan/cobek. Walaupun tentu saja memerlukan waktu sedikit lama dan hasilnya tidak semaksimal jika kita menggunakan blender.

Okeh, daripada berkhayal dengan otak-otak ikan, bagaimana jika kita membuatnya sendiri di dapur? Prosesnya sangat mudah dan cepat, rasanya juga tidak kalah dengan otak-otak ikan super yang dijual di luaran. Untuk sausnya, anda bisa menggunakan saus tauco atau saus kacang yang resepnya saya sertakan di bawah.Berikut resepnya.


Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang JTT

Otak-Otak Ikan
Resep diadaptasikan dari Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Otak-Otak

Untuk sekitar 20 buah otak-otak

Bahan:
- 300 gram fillet ikan, bisa menggunakan ikan tengiri, kuwe, tuna atau ikan dengan daging berwarna putih lainnya
- 1 butir telur
- 100 - 150 gram tepung sagu
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- daun pisang secukupnya
- 150 - 200 ml santan kental

Bumbu:
- 1 sendok teh ketumbar
- 3 butir bawang merah
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam

Bahan & bumbu saus tauco:
- 5 butir cabai merah
- 2 sendok makan tauco, tiriskan
- 4 butir bawang putih, haluskan
- 150 ml air
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan cuka

Bahan & bumbu sambal kacang:
- 100 gram kacang goreng haluskan
- 5 butir cabai merah keriting
- 3 buah cabai rawit
- 2 butir bawang putih, haluskan
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 1/2 sendok teh garam
- 4 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan cuka
- 20 gram gula merah
- 300 ml santan/air

Cara membuat otak-otak:

Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang JTT

Siapkan blender, masukkan ketumbar, merica, bawang merah, telur, fillet ikan dan 150 ml santan, blender hingga semua bahan halus.

Tuangkan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Masukkan garam, kaldu bubuk, gula dan daun bawang, jika adonan terlihat masih keras, tambahkan sedikit santan. Aduk hingga menjadi adonan yang tercampur rata dan kental. Tambahkan sagu sedikit jika adonan masih terlalu encer. Cicipi rasanya. 

Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang JTT
Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang JTT

Siapkan daun pisang, kukus sebentar daun agar lemas. Ambil 1 lembar daun, isi dengan 1 sendok makan adonan, buat agak memanjang. Gulung daun sambil dipadatkan, semat kedua ujungnya dengan staples. Rapikan ujung-ujungnya dengan mengguntingnya. Lakukan hingga semua adonan habis.


Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang JTT
Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang JTT

Panggang otak-otak diatas kompor menggunakan alat pemanggang atau menggunakan wajan datar, hingga daun pisang berubah warna kecoklatan dan otak-otak matang. Balik-balik selama proses pemanggangan agar matang merata. 

Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang JTT

Angkat dan sajikan dengan saus tauco atau sambal kacang.

Saus tauco:
Campur semua bahan saus tauco kecuali cuka di dalam panci kecil, rebus hingga mendidih dan matang. Angkat dan masukkan cuka, aduk rata. 

Sambal kacang:
Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih dan kacang halus hingga harum. Tuangkan santan, aduk rata. Bubuhi dengan kaldu bubuk, garam, gula pasir, cuka dan gula merah. Masak hingga matang dan mengental. Angkat. 

Source:
Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Otak-Otak



50 komentar:

  1. Waaa...enak bangettt sih. Aku mau dong, otak2 adalah makanan favorit bunga

    BalasHapus
  2. Hai Bunga,
    Salam kenal ya, iya nih enak banget mana bikinnya guampang lho hehehe.

    BalasHapus
  3. hai mba.. ^^
    salam kenal yaa...
    resepnya yahuddd deh..
    minta tolong dunk..
    di rumah ada otak2 bandeng, enaknya di kreasi jd apa yaa... ^^a

    BalasHapus
  4. Hai, salam kenal juga ya. Wah otak-otak bandeng kayanya digoreng saja sudah enak ya, karena telah kaya bumbu. Tapi jika ingin dikreasikan coba otak-otak bandeng digoreng dan disiram sama bumbu acar kuning. Kalau mau coba resepnya di Gurame Acar Kuning ya. Atau ditumis dengan cabe hijau, hmm. Wah, saya jadi ngil, selamat mencoba ya ^_^

    BalasHapus
  5. haloo mba Endang or mas Tedy, ehehe.. aku cobain resep inii.. rasanya menurutku enak, tapi kenapa rasa tengirinya kurang greng yaw? trus mungkin krn blender aku krg oke, merica masih ada yg utuh ahahaha jd keplethosan :p trus cobain sambal kacang. krn takut kepedesan ngeliat jumlah cabenya,kukurangi dgn yakinnya. ehh hasilnya manis bgtt sambalnya. hikss... next time pengen cobain pempek kapal selam :D

    BalasHapus
  6. Halo Mba Ossy, hehe lagi semangat masak ya. Mungkin next porsi tengirinya ditambah kalo mau rasa ikan yang lebih kuat ya, trus pakai merica bubuk saja daripada butiran kalau ragu mericanya nggak bisa halus. Untuk taste gula garamnya disesuaikan saja dengan selera ya, jadi tidak terlalu berpatokan pada resep, karena selera orang kadang beda-beda. Tetap semangat mencoba ya ^_^

    BalasHapus
  7. Dear Mbak Endang,
    kalo yang ini saya sering bikin versi kukusnya, krn bikinnya mudah dan lebih simple, namanya sate ikan. Resepnya sama, cuma sy gak pake ketumbar sama daun bawang n ikan filetnya ditumbuk pake ulekan sampai halus, lalu di baskom kecil campurkan dgn sagu, garam & penyedap (dilarutkan dahulu dgn sedikit air), lada bubuk, lalu diaduk-aduk sama bbrp butir es batu dengan tangan hingga pulen. Masukkan irisan bawang merah, 2 sendok makan santan, aduk rata. Siapkan loyang bundar/piring besar dari stainless, masukkan adonan dan tuangkan 1 sendok makan santan di seluruh permukaan adonan. Kukus di atas air mendidih 30 menit. Angkat, potong2, bisa lgs santap bisa jg digoreng terlebih dahulu. Selamat mencoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Lisa, siiippp thanks banget atas ide resep sate ikannya sepertinya memang lebih simple dan mantap. Saya akan coba Mba, hehehe, saya nggak bisa menahan ngiler kalo udah berhubungan dengan yang namanya ikan. Thanks ya Mba Lisa!

      Hapus
  8. Sis.., mau tanya itu resep otak-otak nya untuk jadi berapa buah ..??

    Dan kalau mau disimpan di kulkas, berarti setelah dibungkus daun pisang, harus di kukus dulu ya .? jadi besoknya tinggal keluarkan dari kulkas lalu di bakar.

    Di kukusnya berapa lama.?

    -- Trims sis, :-) --

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, resep ini untuk sekitar 20 buah otak-otak ya. Kalau mau disimpan di kulkas, setelah dibungkus daun, bisa dikukus dulu baru besok dipanggang atau kalau saya biasanya dalam kondisi sudah terpanggang kemudian besoknya tinggal diangetin di microwave ^_^

      Hapus
    2. terus untuk mengkukus nya butuh waktu kira2 berapa lama sis ..?

      Hapus
    3. Ngga lama kok jeng, 15 - 20 menit cukup kok ^_^

      Hapus
  9. klo untuk pembakaranya bagus pake arang kelapa atau atau arang kayu jeng....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk otak2 sebenarnya sama saja ya, karena tidak terlalu membutuhkan waktu pembakaran yang lama. Tapi kalau secara jenis arang, arang kelapa lebih bagus, karena lebih awet dan lebih panas.

      Hapus
  10. Dear mba Endang, krn sering lihat btp praktisnya resep2 diblog ini dg bantuan Food Proc. sy jadi tertarik ingin punya jg, kemaren sempat liat2 merk philips, skrg bentuknya lebih ramping...tp sy masih ragu2> Mungkin mba Endang bisa cerita apakah pisau FP bisa menghancurkan ikan, daging dan bawang2 an sampai halus tanpa air?

    trims untuk sharingnya Mba,
    Nanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nanda, yep pisau FP bisa menghancurkan ikan, ayam, daging tanpa air. Kalau bumbu2 gak sampai halus banget, jadi kaya parutan kasar hasilnya. Kalau bumbu saya haluskan pakai blender.

      Hapus
  11. tengkiuu Mba Endang, wah semakin bulat saja tekat sy beli FP hehehe...thank u jg sudah sll mempost resep2 Mak Nyus, sy sll baca blog ini lho^^

    BalasHapus
  12. wah, coba bikin ah... tengkiu ya resepnya mba..

    BalasHapus
  13. Salam kenal mba.
    Ak sudah dua kali coba praktekin resep dari postingan mba dan semuanya berhasil.
    Ak mo cobain resep ini juga mba.tapi ada yang aku tidak ngerti mba.
    Sebenarnya berapa banyak santan kental yang dibutuhkan?
    50ml santan kental yang nantinya dimasukkan ke dalam cincangan ikan
    Terus nanti pas mo diblender harus dikasih 150 ml santan kental lagi
    Nah yang saya bigung setelah dikasih sagu kok ditambah santan kental lagi,tapi tidak disebutkan jumlahnya berapa ml n d bagian penjelasan bahan cm disebutkan bahwa santan yang dibutuhkan cuma : 50 ml dan 150 ml
    Mohon penjelasannya ya.karena saya uda kgk sabar untuk buat resep yang ini.
    Thanks n sorry kepanjangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks atas koreksinya ya. Sudah saya betulkan resep dan prosesnya, saya baru sadar memang aneh dan membingungkan hehehhe

      Hapus
  14. Mbak, bolen tau dimana tempat pembuatan otak otak di makassar yg mb endang datangi itu? Matur nuwun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba ayu, sayangnya saya tidak ingat ya mba, karena waktu itu juga sama teman kesanaya ya.

      Hapus
  15. hai mba endang, apa adonan otak2 ini bisa buat otak2 goreng mba? apa adonan direbus dulu di air mendidih seperti pempek, baru kemudian digoreng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, bisa dipakai untuk otak2 goreng ya, adonan dikukus ya mba, jangan direbus baru digoreng ya

      Hapus
  16. Mba endang tau otak2 semarang ga? Ikan bandeng yang ada isinya itu loh. . Ajarin dong mba endang, share resep sama cara buatnya. Makasih sebelumnya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, saya pernah bikin sebelumnya,
      http://www.justtryandtaste.com/2010/11/bandeng-isi-bandeng-bebas-duri.html

      hanya saja isinya kurang padat, keknya daging bandeng kudu diblender sampai smooth dan pekat supaya padat.

      Hapus
  17. Enak mbak! Tak kukus dulu pake loyang trus dipanggang di happycall. Stok sagu tinggal 85gram. Ikannya malah hampir 400gr. Jadinya empuk gurih banget. Makasih Mb Endang ==l3
    *jempol*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Prastyani, waaah saya jadi ngilerrrrr banget bacanya, memang ini otak2 enak bangettt hehhehe

      Hapus
  18. WAhhh barusan bikin malah jadi 40 biji wkkk...isinya gepeng2 tapi rasanya agak sedikit terasa tepung yaa ..apa kebanyakan sagu ya mbak

    BalasHapus
  19. Makasih resep nya mba endang, saya hari ini mau coba sesuai petunjuk mba endang :)

    BalasHapus
  20. Mb, maaf mau tanya. Klo sdh dipanggang trs bsknya di masukkan microwave. Apa gak berair mb didaunnya klo sdh dingin lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau microwave biasanya sedikit berair, pangang sebentar di teflon saja mba

      Hapus
  21. Mbak..ini kan pake telurnya utuh ya..bedanya apa sama yg pakai putih telur aja?untuk santan kental pakai yang instan masi perlu dicampur air lagi gak ya?thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda ya, otak2 jenis ini dengan otak2 berempah, yang ini tdak spongy teksturnya.

      saya santan instan langsung tanpa dicampur air

      Hapus
  22. Dalam rangka mengkreasikan tenggiri yang teronggok merana di freezer, saya buat otak-otak ini dengan bahan seadanya. Minus daun bawang, memakai santan bubuk dan seuprit daun pisang sisa buat pepes tahu. Masaknya saya kukus dulu sebelum panggang untuk meyakinkan matang karena rencananya dibuat juga untuk anak saya yang belum 2 tahun. Berhubung sisa adonan masih banyak karena daun pisang sudah abis, adonan saya goreng. Si sulung makannya sampai nambah 2 kali dan menghabiskan otak-otak goreng. Bundanya cuma kebagian ngicip dikit. Duh senang banget bisa membuat masakan sehat yang disuka keluarga. Terimakasih Mbak Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Bunda Ghania, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka bahkan para krucil bs makan dengan lahap. Pasti rasanya happy banget yaaa hehheheh. Sukses selalu1

      Hapus
  23. Mbak,kalau sudah dikukus, dimasukkan ke freezer tahan berapa lama ya?rencana mau dibawa ke singapore utk saudara,jadi harus sudah disiapkan jauh hari/1minggu agar tidak kecapean sblm berangkat.Untuk usul Mbak,bisa tidak ya ditulis di penghujung setiap resep kalau masakan Mbak difreezee tahan berapa lama?biar masaknya bisa distock byk2 :D Terima kasih ya Mbak atas ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, freezer tahan sampai 2 bulanan ya. Kalau mau dimakan masuk micro atau kukus lagi saja.

      Hapus
  24. Mba.. Ikannya boleh pakai ikan dori ga?

    BalasHapus
  25. Mba,kalo pake santan instan takarannya sama atau bagaimana? Brp ml?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setengah takaran diatas mba, kalau adonan otak2 terlalu keras teksturnya bs ditambah

      Hapus
  26. Mba kalo pake putih telur saja dan telur utuh bedanya gimana pada otak2 yang dihasilkan? Terus misal saya hari ini proses ikannya dulu (saya buangin duri dan saya haluskan hari ini) lalu saya freezer dan baru besok saya cairkan lalu olah jadi otak2, apa bisa spt itu? Terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu hasilnya kalau dimodif ya, putih telur diperlukan supaya tekstur kenyal, jadi kalau telur utuh lebih lembek (mungkin). Untuk otak2 sih adonan bs di freezer ya.

      Hapus
  27. Mba endang resep otak2 yg versi pake labu siam dgn yg ini enak yg mana yah? Hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda tekstur, labu siam lebih kenyal selayaknya otak2 untuk capcay dan mie goreng. Yang ini lebih empuk, dan pas dimakan bersama saus kacang. jadi tergantung selera saja ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...