26 April 2011

Resep Keripik Bawang


Resep Keripik Bawang JTT

Keripik, kerupuk, rempeyek dan aneka jenis makanan kecil yang renyah dan gurih seakan tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat kita. Hampir semua orang di Indonesia menyukai jenis penganan yang digoreng garing ini sehingga variasinya pun sangat banyak. Memang sulit menolak godaannya. Parahnya lagi ketika masuk ke mulut maka mesin penggiling baru bisa berhenti jika satu stoples telah habis dan tandas masuk ke perut. Nah, keripik bawang ini salah contoh camilan yang sulit untuk ditolak dan sering membuat ketagihan. Terbukti ketika saya buat, hanya dalam waktu dua hari habis tak bersisa, padahal hasilnya lumayan banyak lho: satu stoples ukuran jumbo :)

Resep Keripik Bawang JTT

Resep untuk keripik bawang ini saya peroleh dari majalah Sedap, saya pernah posting mengenai kue bawang sebelumnya di Camilan Renyah & Gurih si Kue Bawang. Kedua resep ini ada perbedaan dari bahan yang digunakan dan juga tampilannya. Untuk rasanya, saya rasa tidak terlalu jauh berbeda. Tipsnya untuk keripik bawang ini adalah giling adonan setipis mungkin sehingga keripik garing dan renyah. Untuk mencetak adonan menjadi bentuk bulat bisa menggunakan cetakan kue kering dari alumunium atau penutup botol dengan ukuran kira-kira 3 cm.

Berikut resepnya ya.

Resep Keripik Bawang JTT

Keripik Bawang
Resep diadaptasikan dari majalah Sedap Khusus Pemula, Edisi 59/XI/2010

Bahan:
- 450 gram tepung terigu
 
- 150 gram tepung sagu
- 1/4 sendok teh soda kue
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok teh garam
- 4 butir bawang putih, goreng sebentar hingga agak kecoklatan, haluskan
- 4 sendok makan bawang goreng, haluskan
- 2 butir telur ayam, kocok lepas
- 150 ml santan kental 
- 2 sendok makan mentega
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Siapakan mangkuk ukuran besar, masukkan tepung terigu, tepung sagu dan soda kue. Aduk hingga rata. Tambahkan bawang putih halus, bawang goreng, kaldu bubuk dan garam, aduk hingga tercampur. 

Resep Keripik Bawang JTT
Resep Keripik Bawang JTT

Tuangkan santan kental dan telur kocok sedikit demi sedikit secara bergantian  ke adonan tepung. Aduk menggunakan spatula. Lakukan hingga santan dan telur habis. Aduk tepung hingga menjadi adonan setengah basah, kemudian uleni dengan tangan hingga setengah kalis. Tambahkan mentega, uleni hingga adonan menjadi kalis, tandanya adonan tidak lengket lagi di tangan dan mangkuk. 

Resep Keripik Bawang JTT

Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Ambil 1 bagian adonan, letakkan di meja datar/talenan yang telah ditaburi tepung terigu kemudian gilas tipis menggunakan gilingan pasta/mie atau menggunakan gilingan dari kayu. Cetak menjadi bulatan-bulatan dengan diameter + 3 cm. Tata diatas loyang yang telah ditaburi tepung terigu agar tidak lengket, lakukan hingga semua adonan habis.

Resep Keripik Bawang JTT
Resep Keripik Bawang JTT
Resep Keripik Bawang JTT

Goreng menggunakan minyak yang agak banyak, tekan-tekan keripik selama proses penggorengan menggunakan punggung sodet/spatula agar keripik tidak melengkung.  Goreng hingga kering kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Resep Keripik Bawang JTT

Lakukan hingga semua bahan habis. Dinginkan keripik diatas tissue dapur agar minyak berkurang. Masukkan ke dalam stoples dan tutup rapat. Enjoy!

Source:
Majalah Sedap Khusus Pemula, Edisi 59/XI/2010



13 komentar:

  1. Hi Mbak Endang, yg ini bikin kangen kampung halaman, di tempatku namanya krupuk bawang, bener2 gurih , krenyes2 dan nglawohi ( bisa untuk lauk ) hehehe, salam kenal mbak Endang

    Salam,
    Dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dian, yep makan ini gak bisa berenti ya, makannya sekejap bikinnya ini waduhhhh hehehhe

      Hapus
  2. hallow mbk endang.
    Dr bbrp resep mbk endang udh bnyk yg saya coba n alhamdulillah sbgian besar sukses.
    Kali ini saya pngn nyoba resep ini n ada bbrp pertanyaan.
    Untuk tepung sagu bs diskip ato diganti tdk?
    Trus soda kue gunanya untk apa?bs diganti yg lain?
    Makasih :)

    BalasHapus
  3. Mbakkkkk...
    Aku udah bikin, renyah banget ya, lumer dimulut. Kalo aku pengen agak keras dikit, biar agak ngelawan dikin di gigitnya itu takaran apa yang harus ditambah/dikurang?
    Aku pengen yang agak krauk krauk gitu lho di makannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayu, mungkin telur kurangi saja jadi 1 dan skip mentega ya. Bisa dicoba walau saya sendiri suka yang empuk hehhehe

      Hapus
  4. Mbak kalau misal mau bikin ini tp yg versi keju bs tidak?
    Bahan apa yg harus di skip/di tambahkan?kira2 brp banyak keju yg harus ditambahkan?
    Pengen kue seperti ini tp yg pake keju gitu Mbk...atau Mbk Endang punya resep cheese stick yg yahud kah?
    Makasih y Mbk Endang yg baik hati...
    -Diar-

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo Jeung Diar, coba pakai resep ini:
      http://www.justtryandtaste.com/2010/12/si-tongkat-keju-nan-renyah-parmesan.html

      tambahkan sj keju cheddar parutnya kalau mau lebih ngeju yaa.

      Hapus
  5. rasanya mantap mb keripik ini......renyah n empuk
    tapi karena g punya mesin pembuat mie, jadi q gilasnya manual
    ya ampunnn....capeknya berasa kayak habis fitnes berjam2
    bikinnya berjam2.....tapi makannya cuma beberapa menit aja hehe
    tapi makasih ya mb resepnya mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakak, yeppp itu yang membuat saya malas membuatnya mba Citra, tapi memang kalau digilas gini hasilnya jadi empuk dan renyah

      kalau mau cara gampang sih dipotong2 pakai gunting ya, cuman kurang garing dan empuk

      Hapus
  6. mbak bisa nggak, klu prosesnya dipanggang? (lagi diet :D)

    BalasHapus
  7. mbak, tepung terigunya ini yang protein rendah atau sedang ya? atau apapun bisa?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...