27 April 2011

Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai


Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT

Hari libur memang hari untuk bermalas ria, apalagi libur tiga hari, seperti yang terjadi  di minggu lalu. Libur jatuh mulai dari hari Jumat! Wuih, betapa nikmatnya dunia. Saya menghabiskan setengah hari libur pertama dengan bermalas-malasan di tempat tidur sambil membaca koleksi e-book yang seakan tidak ada habisnya. Kalau sudah seperti ini maka perut keroncongan pun tidak saya gubris, sayang rasanya meninggalkan pulau kasur dan cerita seru untuk berkunjung ke dapur mengolah makanan. Tetapi akhirnya saya tidak tahan juga mendengar teriakan Tedy, adik saya, yang kelaparan berat. Pukul dua siang dengan terpaksa saya luangkan waktu juga memasak apapun yang bisa dimasak disana. ^_^

Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT
Bihun/rice vermicelli

Bosan dengan nasi, pilihan saya jatuh ke bihun, saya mengincar satu resep di buku Low Fat-No Fat Thai & South East Asian Cookbook, yang tampaknya 'laziz", namanya Curried Rice Vermicelli alias Bihun Bumbu Kari. Buku  keren ini saya peroleh di Gramedia di bagian import book seharga seratus dua puluh lima ribu rupiah, kalau tidak salah saya mendapatkan  tambahan diskon lima belas persen dari harga tersebut.  Berburu dan mengoleksi buku  masakan impor merupakan salah satu hobi saya dan menurut saya, harga ini termasuk murah untuk sebuah buku keren seukuran majalah, terdiri atas 256 halaman yang terbuat dari kertas glossy, full colors, full pictures dan full  recipes.  


Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT

Untuk memasak bihun  bumbu kari ini saya menggunakan bumbu kari bubuk siap pakai yang saya beli di Carefour. Bumbu kari  instant ini dapat anda peroleh di supermarket besar di bagian bumbu dapur dan bahan-bahan kue. Merknya pun bermacam-macam, pilih yang kualitasnya baik mengingat bumbu kari terbuat dari aneka rempah-rempah bubuk yang rentan akan jamur. Simpan bumbu kari instant ini di kulkas agar tahan lama. 

Berikut resepnya ya.

Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT

Bihun Bumbu Kari ala Thai
Resep diadaptasikan dari Low Fat-No Fat Thai & South East Asian Cookbook - Curried Rice Vermicelli

Untuk 6 porsi

Bahan:
- 200 gram bihun kering, rebus sebentar hingga empuk dan tiriskan. Cuci di air dingin yang mengalir agar bihun tidak lengket, tiriskan hingga airnya habis.
- 100 gram udang, kupas kulitnya
- 200 gram cumi-cumi, siangi, potong melintang 
- 200 gram daging ayam, potong dadu
- 1 batang wortel, potong korek api
- 1/2 buah paprika hijau, potong korek api
- 1/2 buah paprika merah, potong korek api
- 1 buah cabai merah besar, buang biji, potong korek api
- 1 buah cabai hijau besar, buang biji, potong korek api
- 1 batang daun bawang iris halus
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu: 
- 5 butir cabai rawit merah, iris halus
- 4 butir bawang putih, cincang halus
- 1 1/2 sendok teh bumbu kari bubuk siap pakai
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk (resep asli tidak pakai)
- 1/2 sendok teh merica bubuk (resep asli tidak pakai)

Cara membuat:
Siapkan panci, beri air dan panaskan hingga mendidih, masukkan bihun dan rebus sebentar hingga empuk, tiriskan. Cuci di air dingin yang mengalir agar bihun tidak lengket, tiriskan hingga airnya benar-benar habis. 

Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT
Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT

Siapkan wajan/penggorengan, panaskan dua sendok makan minyak. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan cabai rawit, aduk sebentar hingga cabai layu. 


Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT


Masukkan daging ayam, aduk-aduk hingga daging tercampur. Masak hingga setengah matang, masukkan cumi-cumi, aduk rata. Tambahkan bumbu kari, garam, merica, kaldu bubuk, aduk rata. 

Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT
Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT

Tumisan akan mengeluarkan air, masak hingga air agak berkurang, tambahkan semua sayuran, aduk-aduk rata. Masak hingga sayuran layu. Tambahkan udang, aduk rata. Matikan api. 


Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT


Masukkan bihun rebus yang telah tiris ke atas tumisan, aduk menggunakan sodet/spatula hingga bumbu dan tumisan tercampur rata. 

Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT

Jika telah tercampur dengan baik, hidupkan api kompor dan masak dengan api kecil hingga bihun matang dan mengering. Aduk-aduk selama proses pemasakan agar tidak gosong pada bagian dasarnya. Cicipi rasanya, jika kurang asin taburkan garam pada permukaannya dan aduk bihun hingga rata.  Angkat.


Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT


Sajikan bihun, paling mantap ketika masih hangat. Enjoy!

Source:
Low Fat-No Fat Thai & South East Asian Cookbook - Curried Rice Vermicelli



12 komentar:

  1. Yummi mbak, saya cuma pake sayuran aja krn gak punya persediaan seafood tapi rasa tetap mantap. Rakus kali gue hahaha. Thanks mbak. Imel

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, yep gak pakai seafood juga enak kok mba, makan pakai cabai rawit waaak jadi ngiler nih sekarang huuuuu.

      Hapus
  2. Balasan
    1. saya pakai merk melati ya mba, bisa dibeli di spm besar

      Hapus
  3. Enak mbak, thank you for sharing ilmunya... Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 Mba Meidy, senang sudah suka dengan resepnya ^_^

      Hapus
  4. mba klo saya nggak pake paprika ,ayam dan seafood tetp enk gk?

    BalasHapus
  5. bisa di coba untuk menu buka puasa nich mbak endang.makasih inspirasi resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, yeeep enak banget buat buka, hua pengen hehhe

      Hapus
  6. Halo mbk..
    Mau nanya, mbk pakai kari bubuk merk apa ya?
    Trims..
    Angger pramesti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai MBa Angger, saya pakai merk Melati ya, beli di supermaarket.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...