01 April 2011

Gulai Ikan Ekor Kuning



Ikan ekor kuning menurut saya, dagingnya paling lezat dari semua jenis ikan lainnya. Tidak heran jika ikan ini harganya tergolong mahal di penjual ikan baik di pasar tradisional maupun supermarket. Daging ikan ekor kuning sangat lembut dan tidak berasa amis selayaknya ikan pada umumnya, karena itu ikan jenis ini sangat pas jika dimasak untuk hidangan berkuah seperti sup atau gulai ikan.  Menurut saya, sebaiknya memang ikan ekor kuning tidak dimasak dengan cara digoreng, karena sangat disayangkan jika dagingnya yang lembut harus bersentuhan dengan minyak yang panas. Menggorengnya akan membuat cita rasa ikan ini menjadi berkurang. Selain untuk hidangan berkuah, ikan juga lezat diolah menjadi tim ikan atau pepes. 


Gulai ikan ini resepnya lagi-lagi saya peroleh dari Ibu saya, biasanya beliau menggunakan ikan kakap merah atau ikan selar untuk dimasak gulai kuning yang gurih ini. Walaupun bernama gulai, hidangan ini sama sekali tidak mengandung santan, bumbunya pun sangat sederhana serta tentu saja mudah sekali membuatnya. Rasanya yang asam-asam segar memang nikmat jika disantap dengan nasi hangat. 

Jika anda tidak memiliki belimbing wuluh maka anda bisa menggunakan air jeruk nipis atau cuka, rasanya tetap lezat. Akan lebih mantap lagi jika gulai kita tambahkan pucuk daun kemangi ke dalamnya. Sayang, saya tidak punya stok daun ini di kulkas, tetapi tanpa itupun dua ekor ikan habis saya santap sendiri. Yah mau bagaimana lagi? Ikan adalah lauk paling favorit bagi saya apalagi si ekor kuning.

Tipsnya.
  • Pastikan ikan yang anda gunakan masih segar, mata jernih dan insang merah, daging ikan terasa kenyal ketika ditekan.
  • Jangan memasak ikan terlalu lama, ikan ekor kuning yang segar cepat sekali matangnya. Terlalu lama memasaknya akan membuat ikan menjadi sangat lembek dan berkurang rasa manisnya. 
Berikut resepnya ya. 


Gulai Ikan Ekor Kuning
Resep diadaptasikan dari Ibu saya.

Bahan:
- 2 ekor ikan ekor kuning (bisa diganti dengan ikan jenis lainnya)
- 1 buah tomat merah, iris tipis
- 500 ml air
- 5 butir belimbing wuluh, masing-masing belah membujur menjadi 2 bagian
- 2 sendok makan minyak zaitun untuk menumis (bisa menggunakan minyak sayur biasa)

Bumbu dihaluskan:
- 2 butir bawang putih
- 3 butir bawang merah
- 5 butir cabai rawit
- 1/2 ruas kunyit
- 1 ruas jahe

Bumbu lainnya:
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk
- 5 lembar daun jeruk purut
- 3 lembar daun salam

Cara membuat:
Siangi ikan, buang isi perut dan insang ikan, cuci bersih. Lumuri dengan 1 sendok teh garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. 

Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk dan daun salam. Aduk-aduk hingga bumbu matang dan berubah warna menjadi tidak pucat. Masukkan air, garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih.


Masukkan ikan ekor kuning dan belimbing wuluh. Masak hingga ikan matang. Cicipi kuah gulai. Masukkan irisan tomat, aduk sebentar dan angkat gulai dari kompor. 


Sajikan gulai ikan dengan nasi putih. Sedap.



8 komentar:

  1. Waak, jadi ternyata ikan ekor kuning harus digulai atau dikukus yach. Pertama kali membeli ikan ekor kuning, saya goreng begitu saja, ikannya ancurr >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, ekor kuning bisanya saya kukus, pepes, atau gulai, dan jangan diaduk2 selama dimasak. Dagingnya super lembut banget, sayang kalau digoreng hehehhe

      Hapus
  2. Mba, saya pernah menggoreng ikan ekor kuning begitu saja, ikannya ancurr :O
    rupanya mengolah ikan ekor kuning tidak boleh kena minyak panas, saya akan coba resepnya.

    Mimi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba mimi, yep, ekor kuning sangat lembut dagingnya ya, sebaiknya jangan digoreng ya

      Hapus
  3. Mbak en, sy duluuu pernah dbawain mama ikan ekor kuning, seinget saya byk ya duriny ? Kl resep ini selain ekor kuning enakny pake ikan apa ya yg lembut, duriny dtengah aja ? Soalny mau cobain bt kecil.
    Thanks -na

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, ikan ekor kuning durinya sebenarnya hanya ditengah dan sirip, tapi durinya memang super tajam heheh. Bs pakai ikan apapun lainnya Mba, tidk ada aturan jenis ikannya kok, pakai gurame juga enak

      Hapus
  4. Hai mba...resepnya udah dicoba...enaaakkk banget..sederhana tp sedep hehe kl ga diinget2 bisa habis nasi sebakul.
    Aku kebetulan lg ga ada belimbing wuluh, kuganti pake jeruk nipis tetep enak rasanya...makasih yaaaa resepnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka. Masakan ini memang boros nasi, tobat daah hehehhe. sukses selalu ya! ^_^

      Hapus

Pedoman berkomentar di JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Saya tunggu komentar dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...