05 April 2011

Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris


Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Teman kantor saya, Titi, kemarin request ke saya untuk mencoba membuat garang asem ayam. Saya pernah posting masakan ini sebelumnya, hanya saja kali ini saya akan mencoba masakan yang sama dengan racikan bumbu yang berbeda. Jika di garang asem ayam posting-an sebelumnya bumbu-bumbu dihaluskan maka kali ini bumbu-bumbunya cukup saya iris saja dan santannya sengaja saya buat agak encer sehingga ketika bungkusan daun dibuka maka terlihat potongan ayam dan bumbu yang berkubang kuah santan yang gurih.  Jika anda tertarik dengan garang asem versi bumbu yang dihaluskan maka anda bisa klik link disini.  

Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Garang asem biasanya terbuat dari daging + ampela & hati ayam yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Sebenarnya masakan ini tidak hanya terbuat dari ayam tetapi bisa juga dari daging sapi atau bebek. Selain aneka bumbu yang menambah sedap si garang asem, potongan belimbing wuluh dan tomat muda yang  rasanya asam segar membuat menu ini tidak membosankan meskipun berulang kali di masak. Bagi saya tentunya :).

Lagi- lagi di kampung halaman saya, ada satu penjual garang asem ayam dan daging sapi yang sangat lezat. Si Bapak penjual garang asem ini biasanya menjajakan dagangannya berkeliling dari rumah ke rumah. Rasanya yang sedap membuat pembeli ketagihan, jika tidak mau kehabisan kita harus pesan satu hari sebelumnya supaya besok si Bapak datang ke rumah mengantarkan pesanan. Sayang, Bapak penjual garang asem ini telah almarhum dan hingga kini belum ada generasi penerus yang menjual masakan ini di Paron.

Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Berdasarkan literatur yang saya baca, garang asem sendiri konon merupakan masakan khas dari Purwodadi, Jawa Tengah, meskipun banyak juga ditemukan di Solo dan sekitarnya. Tetapi jika kita search di internet maka masakan garang asem Kudus justru yang lebih populer dibandingkan dari daerah asalnya. Masakan ini dinamakan demikian karena rasanya yang asam segar dan dimasak dengan cara dikukus (dipanaskan/digarang), bisa menggunakan santan atau bening saja alias tanpa santan. Keduanya menurut saya sama enaknya.

Untuk kali ini saya menggunakan santan, selain itu bumbu beserta ayamnya saya tumis sebentar agar ayam benar-benar matang. Anda bisa langsung mencampur bahan dan bumbu tanpa perlu menumis terlebih dahulu, tentu saja proses pengukusan harus lebih lama agar ayam matang hingga ke bagian dalamnya. Terus terang saya memang agak paranoid jika memasak ayam, takut kalau ayam kurang matang sehingga masih ada darah beku di bagian dalamnya. Fuiih, bisa-bisa isi perut langsung naik ke mulut.

Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Menggunakan cabai rawit yang diiris ataupun utuh, irisan tomat muda yang banyak plus belimbing wuluh yang sedang sarat buah di halaman rumah Pete, garang asam yang saya buat Sabtu pagi ini menguarkan harum  yang membuat seisi rumah kelaparan. Lauk ini nikmat disantap dengan nasi putih saja, jangan lupa siapkan segelas air putih untuk mengguyur mulut dan kerongkongan yang panas karena pedas. Laziz!

Berikut resepnya. 


Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Garang Asem Ayam Bumbu Iris
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 6 bungkus

Bahan:
- 1/2 ekor ayam, potong kecil-kecil, remas-remas dengan 1 sendok teh garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Biarkan 10 menit, bilas dengan air dan tiriskan.
- 300 ml santan encer
- 6 buah belimbing wuluh, potong melintang, jika tidak ada bisa menggunakan tomat saja.
- 3 buah tomat muda ukuran besar atau 6 buah tomat sayur, potong kubus. Jika tidak ada bisa diganti tomat merah biasa.
- 6 buah cabai rawit utuh

Bumbu:
- 5 butir bawang merah, iris tipis
- 3 siung bawang putih, keprak dan cincang halus
- 10 buah cabai rawit, potong melintang
- 2 buah cabai hijau besar, potong melintang
- 10 iris tipis lengkuas
- 2 ruas jahe, iris tipis
- 5 lembar daun salam, sobek kasar
- 3 lembar daun jeruk, rajang halus
- 1/4 sendok teh merica bubuk 
- 1 batang daun bawang, rajang kasar
- 1 sendok makan gula pasir
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok makan minyak untuk menumis 

Cara membuat:
Panaskan minyak di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan cabai rawit, cabai hijau, lengkuas, jahe,  dan daun jeruk. Aduk hingga bumbu berubah warna. Masukkan daging ayam, garam, gula, kaldu bubuk dan merica bubuk. Aduk rata. Tutup wajan. Ungkep ayam hingga empuk dan matang. Matikan api.


Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Masukkan santan, tomat, belimbing wuluh, dan daun bawang. Aduk semua bahan. Cicipi rasanya. Tambahkan garam atau gula sesuai selera anda. 


Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT
Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT
Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Siapkan daun pisang, cari daun yang cukup lebar dan tidak sobek. Gunting bagian yang keras, kira-kira 1 cm dari bagian pangkal yang menempel di batang. Potong-potong daun dengan lebar kira-kira 25 - 30 cm, panjang daun minimal 30 cm. Layukan daun dengan cara meletakkannya di dalam kukusan yang panas hingga daun lemas. Jika daun masih keras masukkan lagi ke kukusan. Karena hidangan ini berkuah, jika daun sobek atau bocor maka kuahnya akan hilang, garang asem menjadi kurang sedap.


Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT
Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Tumpukkan dua buah daun, tekuk salah satu ujungnya dengan telunjuk dan ibu jari anda, seperti akan membuat pincuk untuk nasi pecel. Beri kira-kira 2 sendok sayur garang asem, bungkus hati-hati agar kuah tidak lari keluar. Sebaiknya anda membungkusnya diatas mangkuk atau wadah agar kuah yang tumpah bisa dimasukkan kembali dan tidak berceceran kemana-mana. Letakkan 1 atau 2 butir cabai rawit dan 3 lembar sobekan daun salam. Semat dengan lidi, atau paling praktis dengan steples untuk kertas. Lakukan hingga semua bahan habis. 


Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT
Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT
Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT
Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Kukus garang asem selama 20 menit. Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat. Selamat mencoba! 

Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT
Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Source:
Kompas.com - Garang Asem Ayam Kampung dari Kudus




16 komentar:

  1. Hai Mba...
    Salam kenal...Saya Eva Shellina.
    Mau tanya nih Mba...Utk Garam Asem Ayam-nya...Itu waktu ngungkebnya pake apa yaaa? Maksudnya apa gak pake tambahan air? Krn kalo didesdripsinya Mba kok stlh bumbu2 ditumis lalu ayamnya langsung dimasukan trus diungkeb sampai ayam matang & empuk? Baru stlh itu dimasukan santan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Eva, ungkep ayam tanpa tambahan air ya, karena ayam akan mengeluarkan air sendiri. Kecuali pakai dada ayam, dada ayam kurang lemak dan kandungan air jadi tambahkan air sekitar 200 ml ya, dan masak sampai empuk.

      Hapus
  2. mbak kalo pake daging sapi/iga apakah tetap harus ditumis dulu?

    devi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya iya ya supaya aromanya lebih mantep.

      Hapus
  3. sedap nampaknya , pengen coba nih jadinya , makasih resepnya dan salam kenal ya mbak Endang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal juga ya. Silahkan dicoba rasanya mantep, maknyus, makjoss hehhehhe

      Hapus
  4. Salam mbak endang... hari ini aq bikin garang asemnya dan... ehhmm suksesssss yeeee :) :) akhirnya kerinduan sama kampung halaman d solo terobati hehe... walo gak pake blimbing wuluh mbak... tapi oke banget... kapan d malaysia ada blimbing wuluh yaaa hehe... resep yg mau d eksekusi slanjutnya... tepo mbak wah kangen... trakhir makan pas aq masih d indo dan praktek d puskesmas d jenar sragen mbak... hadoooohh gak sabar... makasih mbak endang... resep nya... muantap... zee zee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Zee Zee, thanks sharingnya disini ya, senang sekali resepnya bisa mengobati kangen akan masakan tanah air. Moga2 trial resep lainnya berakhir sukses juga ya ^_^

      Hapus
  5. lapor mbak, rasanya mantaaappppp, pedes asem seger, hehehe (ni ngetik sambil maem), barusan matang nih resep, dg sedikit modifikasi, ku tambah tahu putih dan kemangi mbak, pas matang wanginya itu lhoooo, bikin lapeeerrrr ^_^
    ika fitriani-surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Ika, thanks sharingnya yaaa! Mantap. Pakai kemangi memang lebih seger yaa hehheh

      Hapus
  6. Mbak mengapa memasak garang asem harus menggunakan belimbing wuluh

    BalasHapus
    Balasan
    1. jeruk nipis untuk menghilangkan amis ayam, belimbing wuluh untuk memberikan rasa asam pada masakan. Jika tdk ada bs digantikan tomat hijau atau bahan asam lainnya

      Hapus
  7. Mbk kalo gag pake dikukus bisa gag?

    BalasHapus
  8. Bisa ga mba tnp dikukus langsung disantap, setelah semua bumbu & santan dimasukan & ayam matang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, langsung dimasak saja diwajan sampai matang ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...