24 April 2011

Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika


Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT

Tidak semua orang suka olahan ikan dengan cara di tim atau kukus, banyak yang mengklaim aroma dan rasa ikan yang amis akan menjadi semakin kuat. Tedi, sebagaimana kaum cowok umumnya yang lebih menyukai ayam dan daging sapi, salah satu yang tidak mau menyentuh masakan ini ketika saya membuatnya pagi ini. Ikan baginya baru akan terasa sedap jika digoreng garing dengan bumbu yang asin dan gurih. Well, kebalikannya bagi saya, sedikit saja rasa dan bau amis pada ayam, daging dan telur bisa membuat saya lari ke kamar mandi menumpahkan isi perut, tapi indra  perasa dan penciuman sudah tidak berfungsi jika berurusan dengan ikan dan aneka olahannya. Jadi akhir cerita sudah bisa ditebak, ikan kukus inipun saya sikat sendiri hingga tandas :) 

Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT

Padahal memasak ikan dengan cara kukus/tim sangat baik dan menyehatkan, selain rendah akan lemak, kandungan gizinya juga paling sedikit terbuang. Ikan, terutama jenis yang berasal dari laut yang dingin seperti tuna, makarel, salmon dan trout merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Nah, memasak ikan dengan suhu yang tinggi seperti menggoreng dalam minyak panas, dan memanggangnya di oven akan membuat asam lemak omega 3 ini hilang. Tetapi tidak demikian halnya jika kita memasaknya dengan cara kukus atau tim, si asam lemak ini akan betah dan nyaman di ikan  yang tentu saja nantinya akan masuk ke dalam tubuh kita.

Ketika beberapa minggu lalu saya ditraktir makan di Duck King, salah satu menu yang dipesan adalah tim ikan kerapu. Saya akui bumbunya sangat lezat sehingga satu porsi kecil tim ikan terasa kurang. Kalau harus keluar dari kocek sendiri untuk menikmati tim ikan di Duck King rasanya berat, bisa jebol kantong di tanggal tua begini. Karena itu saya berencana membuatnya sendiri. Melihat tampilan dan rasanya, saya yakin resepnya tidak sulit dan pasti mudah memasaknya. Ikan yang saya gunakan tentu saja bukan kerapu, saya menggantinya dengan ikan ekor kuning yang masih ada dua ekor di freezer.  Tidak lebih dari setengah jam, saya telah 'nangkring' di depan laptop sambil menyantap semangkuk tim ikan yang lezat.

Tipsnya, usahakan menggunakan ikan yang masih segar, karena bumbunya sangat simple maka kesegaran ikan menjadi faktor yang sangat penting disini. Jikapun menggunakan ikan yang beku seperti saya, maka pastikan sebelum dibekukan ikan dalam kondisi yang baik. Cuci bersih ikan, kerat-kerat dagingnya, dan lumuri dengan air jeruk nipis dan 1 sendok makan garam untuk mengurangi bau amis ikan. Berikut ini resepnya ya.

Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT

Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika
Resep sebagian dimodiifikasi dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Ikan Tim

Untuk 2 ekor ikan

Bahan:
- 2 ekor ikan ekor kuning, bisa kerapu atau kakap (pastikan masih segar). Siangi dan bersihkan. Kerat-kerat di bagian badan ikan, lumuri dengan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 1/2 sendok makan garam. Diamkan 10 menit, cuci bersih.
- 2 batang daun bawang, rajang halus
- 3 butir bawang putih, cincang halus
- 3 ruas jahe, kupas, iris halus dan pipihkan
- 1 buah cabai merah besar, buang biji iris korek api
- 1 buah cabai hijau besar, buang biji iris korek api
- 4 buah cabai rawit, iris halus (optional)
- 1/2 buah paprika merah, iris korek api
- 1 ikat sawi asin, cuci bersih dan  iris kasar

Bumbu:
- 400 ml air
- 2 sendok makan kecap ikan
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:
Siapkan pinggan kaca tahan panas, tata cincangan bawang putih, daun bawang dan jahe di dasar wadah, letakkan ikan di atasnya. Kukus selama + 15 menit hingga ikan matang. Angkat ikan dari dalam pinggan dan tata ikan di wadah lainnya. Biarkan pinggan tahan panas beserta kaldu ikan dan bumbu lainnya, kita akan menggunakannya untuk mengukus bahan lainnya.

Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT
Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT
Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT

Siapkan panci kecil, masukkan air, garam, gula, kecap ikan dan kaldu bubuk. Rebus hingga mendidih, angkat dan sisihkan. 

Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT

Masukkan cabai, paprika, sawi asin ke dalam panci berisi kuah. Aduk rata dan tuangkan ke dalam pinggan tahan panas bekas mengukus ikan. Kukus sayuran selama 10 menit. Angkat. Siramkan sayuran dan kuah ke atas ikan kukus. Ikan siap disajikan. 

Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT
Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT
Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT

Sources:
Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Ikan Tim



4 komentar:

  1. mo nyoba resepnya ya mba, kalo ngk pake sawi asin kira-kira bisa diganti apa ya ? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Sashy, silahkan dicoba resepnya. Hmm, pakai jamur oke juga atau skip saja sawi asinnya. Umumnya team ikan hanya menggunakan daun bawang saja kok sebagai sayurannya.

      Hapus
  2. mbak endang, lagi on diet nih.. hehehe, kalo misal ikannya diganti ikan sungai bisa ga ya? semacam mujaer, nila, gabus, dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bisa kok, nila dan mujair adalah ikan sungai fav saya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...