14 April 2011

Resep Bothok Jagung


Resep Bothok Jagung JTT

Sudah pernah merasakan bothok jagung? Kalau belum pernah, saya sarankan anda untuk membuatnya. Makanan ini mudah dibuat, lezat dan sehat. Di kampung halaman saya, Paron, Ngawi, bothok jagung dijual oleh mbok-mbok pedagang keliling yang menjajakannya dengan menggunakan bakul di pinggang. Selain bothok jagung tentu saja aneka ragam makanan khas dari desa lainnya seperti pepes ikan, bothok tempe-teri-lamtoro, pelas (yang ini mirip dengan bothok jagung hanya saja terbuat dari kedelai yang dihaluskan) dan aneka panganan yang dikukus dan dibungkus dengan daun pisang lainnya. Sedap dan sehat.

Resep Bothok Jagung JTT

Di Jakarta, umumnya jagung diolah menjadi bakwan jagung, memang lezat sih saya bahkan pernah posting mengenai bakwan jagung ini sebelumnya. Jika anda tertarik untuk membacanya, anda bisa klik link disini. Tetapi tentu saja terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dan aneka penganan berminyak lainnya tidak baik bagi tubuh kita. Sesekali mengukus atau memanggang makanan dan lauk pauk di rumah menjadi variasi yang menyehatkan bagi keluarga. 

Untuk bothok jagung ini, saya menggunakan jagung manis karena mudah dihaluskan menggunakan cobek. Selain jagung manis, jagung biasa yang masih muda juga lezat diolah. Tambahkan daun bawang untuk membuat rasanya semakin lezat dan telur agar bothok menjadi lebih padat. 

Berikut ini resep dan cara membuatnya ya.

Resep Bothok Jagung JTT

Bothok Jagung
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 buah bothok

Bahan:
- 2 buah jagung manis, sisir dengan pisau untuk memisahkan dari tongkolnya
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 2 sendok makan tepung sagu
- 1 butir telur ayam
- 50 gram kelapa muda parut
- daun pisang secukupnya untuk membungkus 

Bumbu halus:
- 3 butir cabai rawit
- 2 butir cabai merah keriting
- 2 butir bawang putih
- 2 butir bawang merah
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:
Haluskan jagung manis dengan penumbuk batu hingga hancur. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan bumbu halus, daun bawang, tepung sagu, kelapa parut dan telur. Aduk rata dan cicipi rasanya. 

Resep Bothok Jagung JTT
Resep Bothok Jagung JTT
Resep Bothok Jagung JTT

Siapkan daun pisang, lemaskan dengan mengukusnya sebentar di dandang panas. Ambil 2 lembar daun, tumpukkan dengan sisi daun yang buram saling berhadapan. Beri kira-kira dua sendok makan adonan jagung. Bungkus seperti bungkusan pecel. Semat daun dengan lidi atau staples, rapikan sisa daun dengan gunting. Lakukan hingga semua adonan habis.


Resep Bothok Jagung JTT
Resep Bothok Jagung JTT

Kukus selama 20 menit hingga matang, angkat. Bothok siap disajikan dengan nasi hangat.



0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...