Showing posts with label Wheat Bran. Show all posts
Showing posts with label Wheat Bran. Show all posts

19 November 2013

Obsesi Roti 33: Roti Biji-Bijian


Awalnya saya berencana untuk membuat roti gandum utuh dengan menambahkan biji-bijian di dalamnya seperti wijen, biji poppy dan flaxseed. Tetapi olala, tepung gandum yang saya simpan di dalam salah satu kotak perkakas memasak di dapur ternyata telah lama kedaluarsa dan berubah menjadi berbau apak. Akhirnya dengan berat hati, tepung pun berakhir di tempat sampah. Tapi semangat membuat roti sedang menggebu-gebu, dan malam itu juga harus bisa diwujudkan jadi akhirnya saya menggunakan tepung terigu biasa dan mencampurnya dengan wheat bran yang masih banyak tersimpan di kulkas. Dari sisi nutrisi memang roti yang saya buat jelas tidak bisa disandingkan dengan roti gandum utuh umumnya, namun kandungan wheat bran mampu menambah serat ke dalamnya plus biji-bijian membuatnya lebih kaya akan protein, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi walau tidak sempurna namun setidaknya roti ini masih lebih bergizi dibandingkan versi putihnya saja. ^_^

Flaxseed, wijen, biji poppy
Wheat Bran

24 June 2011

Muffin Oatmeal


Bosan dengan oatmeal yang hanya dirubah menjadi bubur saja? Nah, mungkin anda kudu mencoba resep muffin yang saya posting kali ini karena selain mudah dibuat, anda juga masih tetap bisa menikmati oatmeal namun dalam versi lainnya yang lebih lezat. Muffin oatmeal ini kaya akan serat, rendah akan lemak dan gula, pas untuk menemani sarapan pagi anda. Jika anda kesulitan menemukan tepung gandum utuh, karena bahan yang satu ini termasuk golongan bahan makanan yang cukup sulit ditemukan,  maka anda mungkin bisa menggunakan cara saya yaitu memblender oatmeal hingga menjadi tepung yang halus. Gunakan mangkuk blender yang khusus untuk menghaluskan biji-bijian, proses hingga halus seperti tepung. Tepung dari oatmeal ini bisa diolah menjadi cookies, muffin dan bahkan roti yang lezat, muffin dan roti tetap bisa mengembang dengan cantiknya dan teksturnya pun lembut. Hmm, yummy!


21 June 2011

Oatmeal Cookies Sehat, Camilan Bagi yang Sedang Diet


Setujukah anda jika saya katakan bahwa camilan sehat biasanya tidak enak di lidah? Hmm, beberapa dari anda saya yakin setuju dengan statement diatas, mungkin karena anda membayangkan makanan kecil yang minus gula, garam, telur atau mentega sehingga terasa plain alias tidak ada rasanya. Namun saya percaya juga jika ada di antara anda yang tidak setuju, karena mungkin pernah memiliki pengalaman dengan camilan yang sehat namun terasa lezat. Nah, oatmeal cookies yang saya tampilkan kali ini adalah makanan yang tergolong sehat namun rasanya sangat lezat. Tidak percaya? Hayu di coba ^_^


22 May 2011

Wheat Bran Bread - Roti Dari Wheat Bran


Adik saya, Wiwin, sedang menjalankan program diet. Program ini dia lakukan sejak melahirkan anak pertama, hasilnya adalah berat badan kadang turun tetapi lebih sering naik dengan diet ala yoyo yang dilakukannya. Diet pun berlanjut dan berhenti karena kehadiran anak kedua dan sekarang program berlanjut lagi. Nah, keponakan saya yang kedua ini sekarang telah berusia lebih dari lima tahun dan program penurunan berat badan yang dilakukan adik saya pun belum memuaskan. Belum? Tepatnya tidak memuaskan ^_^.


Ketika ke Jakarta minggu lalu, begitu adik saya mencicipi wheat bran muffin yang saya buat, dia langsung tertarik ketika saya jelaskan bahan-bahan si muffin yang sehat dan kaya serat. 

Adik saya yang agak-agak kecanduan tepung dan camilan ini pun request, "Bisa nggak kalau wheat bran dibuat menjadi roti? Kalau bisa, aku mau belajar buat supaya nanti di rumah Duri bisa bikin camilan sehat sendiri". "Tentu bisa", jawab saya yakin. Apalagi peralatan membuat cake dan roti yang dimiliki adik saya tergolong lengkap, bahkan mixer Bosch - yang menjadi incaran dan idaman saya dan hingga kini belum terwujud karena mahal harganya - telah dimilikinya sejak lama. "Tapi aku gagal terus kalau bikin cake atau roti, belum pernah berhasil satupun" lanjutnya. "Masa sih"? Balas saya tidak percaya. "Kalau bikin cake, pakai baking powder ini dong, pasti berhasil", lanjut saya sambil menunjukkan Hercules, merk baking powder andalan. "Udah, pakai itu kok tapi tetap saja bantat. Sudah pakai mixer mahal-mahal tetap gagal". Saya bingung juga, "Bikin cake apa"? tanya saya. "Oh bukan cake kok, aku bikin roti", jawabnya enteng dan saya pun bengong, speechless.


17 May 2011

Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat


Mau makan camilan sehat karena kaya serat alami, rendah lemak namun enak dan mengenyangkan? Nah, kenapa anda tidak mencoba wheat bran muffin ini saja. Camilan ini sehat, lezat, mengenyangkan, sekaligus sangat mudah dibuat dalam waktu yang singkat. Kelebihan lainnya, muffin ini tidak perlu menggunakan mixer sama sekali, semua bahan tinggal anda cemplungkan jadi satu ke dalam mangkuk aduk-aduk dan panggang. Muffin lezat terhidang dalam sekejap dan menjadi makanan pas buat mengganjal perut saat sarapan. Kenyangnya bertahan hingga siang lho ^_^. Itu juga pendapat Ibu saya yang kebetulan ketika datang ke rumah Pete masih mendapatkan jatah satu buah muffin sebelum ludes diserbu anggota keluarga yang lain.

Wheat Bran

16 May 2011

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Wheat Bran?


Apakah anda mengenal wheat bran, manfaat dan kegunaannya? Atau mungkin justru pernah menggunakannya di dapur untuk membuat kue, cookies dan makanan lainnya? Sebenarnya sudah lama saya tahu mengenai wheat bran dan manfaatnya dari literatur yang pernah saya baca tetapi belum pernah melihatnya sendiri secara langsung apalagi menggunakannya dalam makanan yang saya buat. Nah, ketika bulan lalu saya ke Titan, toko bahan kue langganan, saya melihat wheat bran dalam kemasan plastik yang ditata di rak, berjajar bersama tepung, gula dan sejenisnya. Sebenarnya saya ke Titan untuk mencari tepung gandum utuh atau whole wheat  tetapi berhubung bahan yang saya cari stock-nya sedang kosong maka saya beralih ke wheat bran.


Wheat Bran Muffin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...