08 April 2014

Membuat Puding Coklat Super Nyoklat



Puding coklat memang tidak ada matinya, apalagi jika memiliki tekstur lembut, halus dan super nyoklat dengan rasa susu yang kuat. Membuatnya sangat mudah dengan bahan yang cukup terjangkau. Di santap dengan vla vanilla yang dingin, saya yakin dessert ini layak anda sajikan pada acara spesial di rumah.


Ketika bulan lalu keponakan saya Kirana berulang tahun, saya menggunakan dapur adik saya Wiwin untuk mengeksekusi cake coklat black forest spesial yang penuh suka dan duka kala membuatnya. Saat cake telah selesai dihias dan bersiap masuk ke dalam kulkas untuk dibawa esok harinya, kedua keponakan saya Rafif dan Fatih yang menemani selama proses pembuatan pun bertanya kepada Ibunya, "Bu, kenapa kuenya nggak dipotong dan dimakan sih"? Wiwin, adik saya sekaligus Ibu dari kedua krucil ini pun menjelaskan, "Nggak lah Bang, Dik. Kuenya kan buat ultah Kirana, besok kita bawa ke Bogor". Tidak puas dengan penjelasan sang Bunda, Rafif tetap melanjutkan rasa ingin tahunya, "Tapi kan Kirana masih kecil Bu, kuenya besar sekali. Nggak akan habis dia. Kita bawa separuh saja ya". Ngakak saya mendengarnya. "Kuenya dipotong besok ya Bang, setelah Kira tiup lilin, nanti Abang dan Adik bisa makan sepuasnya. Nah gimana kalau sebagai gantinya Tante Endang buatkan puding coklat saja"? Saya tahu puding coklat merupakan kegemaran mereka berdua, jadi begitu saran itu saya luncurkan wajah kedua bocah itu langsung berseri-seri dan kompak mengangguk antusias. Nah, cerita itulah yang melatari dibuatnya puding coklat super nyoklat kali ini. ^_^

Black Forest Cake Versi Kukus - Cake untuk ultah Kirana 


Saya pernah membuat puding coklat sebelumnya, anda bisa klik di link disini untuk melihat resepnya. Pada saat itu puding coklat tersebut saya buat untuk mengobati rasa penasaran setelah mencicipi sepotong puding yang dibawa salah satu tamu Wiwin saat ada acara arisan di rumahnya. Sang Ibu, si pembawa puding, mati-matian tidak bersedia berbagi rahasia resep puding tokcernya. Beberapa kali eksperimen yang saya lakukan pun selalu gagal, pernah pula nekat mengeksekusi sebuah resep puding coklat di internet, resep 'abal-abal' yang tidak jelas apakah telah di-trial atau belum dan firasat tidak enak saya terbukti. Puding berakhir menjadi dodol coklat super keras dan harus saya lempar ke tempat sampah

Sebenarnya resep puding coklat yang pernah saya bagi di JTT rasanya sama lezatnya dengan yang kali ini saya hadirkan. Hanya saja teksturnya sedikit padat, jadi saran saya anda perlu menambahkan sekitar 200 ml air lagi. Selain itu bahan pembuatnya pun relatif mahal, saya menggunakan krim kental disana. Bagi anda yang mungkin sulit menemukan krim kental di sekitar rumah mungkin akan kesulitan mengeksekusi si puding, jadi kali ini saya tawarkan alternatif resep puding lainnya yang tak kalah enaknya dengan bahan yang lebih mudah diperoleh.

Puding Coklat dengan Double Cream 


Sebagai ganti krim kental yang selain mahal juga sulit ditemukan, saya menggunakan susu cair coklat kemasan kotak. Anda bisa menggunakan merk apapun yang ada di pasaran, namun jika anda bisa menemukan merk Diamond maka saran saya gunakan susu tersebut. Teksturnya lebih kental, nendang dan 'nyoklat' banget. Biasanya merk Diamond ada di supermarket besar di bagian lemari pendingin bergabung dengan susu segar lainnya. Saya pernah membuat puding dengan dua liter susu, hasilnya tekstur puding masih sedikit agak padat, favorit saya adalah puding yang lembut dan meluncur mudah ke tenggorokan kala ditelan. Jadi menggunakan sekitar 2200 sampai 2300 ml susu cair coklat untuk dua sachet agar-agar kemasan menurut saya akan memberikan tekstur yang terbaik. Tekstur puding yang agak padat mungkin disebabkan saya juga menggunakan coklat blok (DCC - Dark Cooking Chocolate) yang cukup banyak, karena si DCC inilah yang mendongkrak rasa puding menjadi super duper yummy. Anda kesulitan menemukan coklat blok? Bahan ini bisa anda skip dan gunakan dua liter susu saja agar puding tidak terlalu lembek. 

Kedua keponakan saya paling suka menyantap puding dengan vla vanilla yang lembut dan halus seperti sutera. Membuatnya sangat mudah, semua bahan cukup anda masukkan ke panci menjadi satu dan masak hingga mendidih dan vla mengental. Rahasia supaya vla lembut dan terasa seperti es krim yang meleleh adalah dengan memprosesnya di blender hingga halus. Anda bisa menambahkan parutan kulit jeruk lemon atau orange di vla untuk memberikan rasa semriwing jeruk yang segar. Simpan vla bersama puding di kulkas hingga benar-benar dingin sebelum disantap. Saya jamin dua mangkuk puding tidak akan pernah, tidak akan pernah cukup! ^_^

Berikut resepnya ya!   


Puding Coklat Super Nyoklat
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 loyang tupperware ukuran 30 x 15 cm, tinggi puding sekitar 6 cm

Tertarik dengan resep puding lainnya? Silahkan klik disini:
Puding Coklat dengan Double Cream
Puding Almond dengan Vla Nanas, Kiwi dan Strawberry
Puding Karamel: Creamy! Yummy!  

Bahan:
- 2 bungkus agar-agar coklat
- 100 s/d 150 gram gula pasir (susu coklat kemasan sudah terasa manis)
- 1/2  sendok teh garam
- 30 gram coklat bubuk kualitas yang baik, saya pakai merk Bensdorp
- 2 liter susu coklat kemasan kotak + 250 ml susu coklat kemasan kecil (saya pakai merk Diamond)
- 300 s/d 400 gram coklat blok (dark cooking chocolate), potong-potong ukuran 3 x 3 cm agar mudah lumer kala dimasak.

Bahan vla:
- 250 gram gula pasir
- 3 sendok makan tepung maizena
- 1/4 sendok teh garam
- 2 sendok teh vanila extract atau 1/2 sendok teh vanili bubuk 
- 700 ml susu cair
- 1 sendok teh parutan kulit jeruk lemon atau orange/sunskist (optional)
- 2 sendok teh rum extract (optional) *

*) Rum mengandung alkohol dan rum extract terbuat dari ekstraksi minuman rum yang masih menyisakan alkohol dalam jumlah kecil. Skip jika anda tidak mengkonsumsinya.

Cara membuat:


Siapkan panci, masukkan agar-agar bubuk, bubuk coklat, gula pasir, dan garam, aduk rata. Tambahkan sekitar 200 m susu coklat cair, aduk dengan sendok atau spatula hingga bahan larut dan tidak menggumpal. Tambahkan sisa susu cair dan aduk rata.

Note: Jika anda memasukkan susu sekaligus banyak akan menyulitkan untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan yang terbentuk karena itu tambahkan sedikit susu cair dan aduk hingga benar-benar larut baru kemudian masukkan sisa susu cair yang digunakan.

Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga larutan mulai mengeluarkan letupan-letupan kecil tanda mendidih. Masukkan potongan coklat blok dan aduk terus sambil larutan dimasak hingga semua coklat blok menjadi lumer dan tercampur rata dengan larutan susu. Jika adonan agar-agar telah mendidih segera matikan api kompor. Tuangkan larutan ke loyang yang telah disiapkan. Saya menggunakan 2 loyang tupperware dan beberapa mangkuk kecil (ini untuk keperluan foto), anda bisa menggunakan loyang apapun yang ada termasuk mangkuk atau gelas kecil. 

Biarkan uap panas puding hilang, kemudian masukkan ke kulkas hingga puding dingin dan keras. 

Membuat vla vanila:  


Siapkan panci, masukkan gula dan tepung maizena, tambahkan sekitar 200 ml susu cair, aduk rata hingga larut. Masukkan sisa susu, garam dan parutan kuit jeruk (jika pakai). Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih dan kental. Angkat dari kompor.

Biarkan uap panasnya hilang, tuangkan ekstrak vanilla dan esktrak rum (jika pakai), aduk rata dan biarkan hingga dingin. Masukkan vla ke dalam blender dan proses hingga halus. Simpan vla di kulkas hingga dingin sebelum disantap dengan puding.

Super yummy!



170 komentar:

  1. sis , itu alas cake namanya apa sih? hehehe
    pemula banget aku, terus kalau buat sendiri bisa kah?
    mohon bantuannnya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alas cake yang seperti apa ya? saya jadi bingung hehehe. kertas baking ya? buat alas loyang kala dipanggang/kukus?

      Hapus
    2. hehehe.. maaf2 , kurang jelas ya, maksud aku alas buat hidanginnya itu loh, kan kaya ada kertas aluminiumnya ya, namanya apa ? :D

      Hapus
    3. Hai Mba Ery, ooooh itu sejenis kertas minyak juga Mba, cake gak nempel disana, biasanya ada motif2 berlubang yang cantik dengan ukuran diameter bervariasi. kalau mau buat sendiri saya sarankan pakai kertas minyak, supaya cake gak lengket.

      Hapus
  2. Salam kenal kak endang..mau ty donk, ekstrak vanilla itu bs beli dimana ya?supermarket kyk hero ada??trus gmn crnya spy vla nya tdk terll encer?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga ya. vanila esktrak yang saya pakai saya beli di toko bahan kue, setahu saya kalau di supermarket namanya vanilla essence yang esktrak nggak ada ya. vanilla ekstrak warnanya coklat kental mirip madu, kalau essence yang disupermarket warnanya putih bening.

      vla nggak encer tinggal ditambah saja porsi maizenanya mba.

      Hapus
  3. Waaakkkk...coklat blok-nya buanyakkkkk bangets....

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya super nyoklat kan?? ya tinggal dikurangi saja kalau kebanyakan.

      Hapus
  4. Halo Mbak Endang...Saya mau tanya,untuk agar-agarnya pake yang ukuran brp gram ya Mbak?
    Kalau beda merk biasanya beda ukurannya,kalau boleh tau Mbak pakai merk apa?
    Wah maaf nie Mbak agak kepo ya....hehehehe
    Aq dah sering nyobain resep-resep Mbak....lebih sering suksesnya drpd gagalnya....Ntar mau nyoba yg ini jg,pasti enak bgt...Mksh ya Mbak&jgn bosen jwb pertanyaan Aku...
    -Diar-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Diar, pakai agar2 merk swallow yang biasa itu Mba, saya gak pernah neko2 menggunakan merk lainnya wakkakak. Silahkan dicoba pudingnya ya Mba, moga sesuai dengan selera ehhehehe

      Hapus
  5. salam kenal juga ya... saya nisa mba, resepnya mba membuat saya pengeeeen banget nyoba, boleh ya saya cobain...please

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba Nisa, silahkan dicoba Mba, gampang dan lezat hehhehe

      Hapus
  6. Salam kenal mba endang, selama ini hny jd silent reader tp resep2 mba endang udh 50% aku coba semua dan sebagian utk ak dijual dan hasilnya fantastis mba heheh.... apalagi yg puding double cream itu maknyos bgt mba klo dibuat saat bln puasa. Tks ya mba atas sharing resep2nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Riva, salam kenal juga ya dan thanks atas sharingnya, senang sekali resep puding double creamnya disuka. resep puding yang ini lebih ekonomis Mba, jadi kalau dijual lebih oke ya, untuk rasa sama lezatnya kok.

      Hapus
  7. Hai kak :)
    Slam kenal ya, mau tnya kak kalau kita buat puding ny, bleh gak kita gak pke extra vanilla dan extra rum, ada pengaruh ny gak kak, sma rasa puding nya ?. Satu lagi kak, klo mau buat puding brapa bnyak susu cair yg digunakan, klau utk membuat vla ny juga brapa bnyak susu cair yg digunakan, ?
    Mkasi :) (mayang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mayang, skip saja vanila ekstrak dan rum, masih tetap enak kok. Takaran susu di puding dan vla ada di resep yaaaa, coba baca baik2. ^_^

      Hapus
  8. mbk Endang, kalau bikin vla, maizena diganti tepung custard bisa nggak? kalau bisa takarannya berapa? terima kasih...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Oka, bisa pakai custard, saya rasa takaran sama, kecuali kalau kurang kental bisa disesuaikan

      Hapus
  9. Mbak Endang, kalo misal susu di pudingnya diganti susu sapi, trus ukuran coklat bubuknya ditambah, bisa gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa2 saja kok Mba, tidak perlu ditambah resep diatas sudah nendang coklatnya walau pakai susu putih. Kecuali kalau coklat blok di skip, maka coklat bubuk harus ditambah

      Hapus
  10. mbak, saya browsing resep vla puding - ada jg yg pake telur. sebenernya perlu pake telur gak?
    kl mbak endang pernah buat vla puding yg pake telur, tlg dijelaskan step2 nya dong.
    -thx-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya belum pernah pakai kuning telur karena akan membuat rasanya amis. Saya sih lebih suka vla yang nggak berat dan gak pakai telur ya.

      Hapus
  11. Hai mba endang... Mau tanya donk.. Klo pudingnya enakan yg ini atau yg pakai tepung custard ya menurut mba endang? Terima kasiih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda tekstur ya mba, yang ini dr agar2 teksturnya lebih padat. Saya lebih suka yang ini ya.

      Hapus
  12. Halooo mba endang.. hihihi.. minggu kmaren sy mengeksekusi red velvet. Rasanya sih so so ya.. lebih enak molten lava cake yg gagal (ga meleleh) trus warnanya jg ga bisa meraaah.

    Untuk resep diatas, brarti total susu yg dibutuhkan 2 liter + 250ml susu ya mbak? Smuanya pake merk diamond? Makasih mba endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba arum, kurang merah mungkin pewarna yang dipakai ya, saya pakai pasta merk wilton yang memang khusus red velvet.

      yep betul takaran susunya ya mba arum, pakai merk lain juga oke ya, tapi saya suka merk ini untuk susu cair coklatnya heheheh

      Hapus
  13. hai mba endang, nama saya rizky. makasih ya mba atas resep" nya.
    mba, saya mau tanya bisa gak susu cair nya di ganti skm atau susu bubuk full cream yg di cairin,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rizky, yepp bisa ya, pakai SKM coklat juga enak ya.

      Hapus
  14. mbak endang~
    saya akhirnya nyobain bikin puding yang ini, soalnya lg pengen bgt puding cokelat dgn vla yg pas tapi kok ya di sekitaran tempat tinggal baru ga ada yg jual. tapi bikinnya cuma setengah resep puding dan satu resep vla, soalnya aku penganut "vla harus lebih banyak dari puding" haha.
    jadinya enaaaaaaaaaaaakkkk~
    dibawa ke kampus, direbutin temen2. antar ke tetangga sebelah rumah, dipuji enak. trus pada ngirain itu resepnya pasti rumit soalnya harum susu dan cokelatnya berasa banget. padahal ya namanya juga anak kuliahan yg tinggal sendiri, mana bisa saya nyobain resep2 yg ribet, apalagi ga punya dandang, mikser, oven, dan alat2 dapur yg butuh merogoh kocek dalem2. hoho.
    beberapa hari ke depan mau gantian nyobain bikin bolhar sama sate pan-fried. trus kapan-kapan lanjut nyobain olahan ayam sama daging yang simpel buat sahur, buka puasa, sama lebaran sendirian.
    pokoknya sejak nemu Just Try and Taste, langsung saya bookmark sana-sini trus dijadiin kitab suci perdapuran. makasih ya mbak.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Non Iyan, thanks sharingnya yaa. Puding coklat yang nendang sebenarnya gak susah dibuat hehheh, pakai susu kental manis coklat juga sedap kok.

      wah banyak banget resep yang mau dicoba ya, sukses dahh! ^_^

      Hapus
  15. Mbaa ud aku eksekusi ini resep. Tp aku tambahin potongan cake coklat dalemnya :D hasilnya? Temen aku langsung order 1 loyang wkwkwkwk.. Makasi ya mbaak enak resepnya. Sukses terus yaa ^^
    Wiwied

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba wiwied, thanks sharingnya yaa, wah idenya pakai cake coklat manteppp pengen coba aaah

      Hapus
  16. Bismillah,
    Mba..kemarin barusan eksekusi ini.. Tp ga pake coklat blok cuman pake coklat bubuk aja..
    Tapi aku pake nya agar2 yg rasa coklat..
    Trus karna aku mendambakan agar2 yg beneran lembut dan lumer dimulut..jadinya aku tambahin tepung maizena mba..cz kalo hanya agar2..kadang masih ada rasa kres kresnya dikit.. Dan hasilnya...hmmm...meleleh...nyoklat..enak mba...beneran lembuuutt.....ga ada rasa kres-kresnya sama sekali..
    Makasi ya mba untuk inspirasi resep2nya.. :) jangan bosen2 untuk posting resep yg mudah murah dan enak..hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Aiie, thanks sharingnya ya. mantap kayanya modifikasinya ya. Se[ertinya idenya bisa dipakai yang lain yang bermasalah dengan rasa berpasir di puding.

      Hapus
    2. Hai mba aii,maaf mba.kl blh tau brp banyakn nmbahin tepung maizenanya?

      Hapus
  17. Mbak, aq udah bikin pudingnya. Enak sih, coklatnya terasa banget. Tp knp pudingku terasa agak kasar berpasir ya? Apa krn DCC nya yg kurang bagus? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, coklat memiliki sifat akan menggumpal kalau terlalu panas dimasak. saran saya, coklat bubuk dan DCC sebaiknya dilarutkan terpisah dengan suhu yang tidak terlalu tinggi, kemudian dicampurkan ke puding di menit terakhir saat puding akan diangkat supaya coklat gak direbus lama.

      atau menggunkaan ide dari Mba Aiie diatas yang saya kopi sbb:
      Bismillah,
      Mba..kemarin barusan eksekusi ini.. Tp ga pake coklat blok cuman pake coklat bubuk aja..
      Tapi aku pake nya agar2 yg rasa coklat..
      Trus karna aku mendambakan agar2 yg beneran lembut dan lumer dimulut..jadinya aku tambahin tepung maizena mba..cz kalo hanya agar2..kadang masih ada rasa kres kresnya dikit.. Dan hasilnya...hmmm...meleleh...nyoklat..enak mba...beneran lembuuutt.....ga ada rasa kres-kresnya sama sekali..
      Makasi ya mba untuk inspirasi resep2nya.. :) jangan bosen2 untuk posting resep yg mudah murah dan enak..hehe.

      Hapus
  18. Mbak Endang, saya punya kasus sama dgn yg diatas. Puding terasa agak berpasir. Saya pakai DCC - colatta. Pls help. Tq - Lyta

    BalasHapus
  19. Mbak, aq udah bikin pudingnya. Enak sih, coklatnya terasa banget. Tp knp pudingku terasa agak kasar berpasir ya? Apa krn DCC nya yg kurang bagus? tolong info yah mba. thank u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai MBa Maria, saya sudah jawab kasus ini di komentar diatas yaa.

      Hapus
  20. thx y solusi puding "berpasir"nya...itu masalah utama saya heheee...soalnya saya jualan puding,pemula pula. "berpasir" aja udah laku..apalagi kl lembuttt..aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp, moga sukses dan tidak berpasir setelah dicoba caranya yaa hehhehe

      Hapus
  21. Mba, saya mau tanya dong. Untuk menghindari rasa "berpasir" apa bisa kalo DCC nya ditim terpisah dulu baru kalo agar2 udh mendidih DCC cairnya dimasukkan?terus kl pake maezena, takarannya berapa?kapan dimasukkan?perlu dicairin dulu g? Rencanany bsk mau ngajari keponakan saya bikin puding, malu kan kalo gagal. Makasih mba.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa berpasir pada DCC terjadi karena suhu saat pemasakan yang terlalu tinggi sehingga coklat menggumpal menjadi butiran. Selain itu ketika coklat leleh tersentuh cairan/air juga akan menyebabkan terbentuknya 'pasir' ini.

      untuk puding memang rada2 susah menghindari gumpalan ini kalau pakai DCC, karena suhu perebusan dan ketika DCC dimasukkan ke adonan agar yang berair pasti akan berpasir. Saran saya memang lelehkan terpisah dan masukkan di detik terakhir saat adonan puding sudah matang dan siap didinginkan. Mungkin ini bisa mencegah terbentuknya pasir.

      Hapus
    2. Mba rasa berpasair itu brrti lebih karna DCC nya yah? saya kira karna coklat bubuknya

      Hapus
    3. rasa berpasir itu dari DCC dan coklat bubuk yang dimasak dengan suhu tinggi, coklat memang akan menggumpal (grainy) kalau dimasak dengan suhu tinggi dan lama. kalau mau smooth, saring saja adonannya sebelum didinginkan

      Hapus
  22. Wah, keponakanmu itu mba ... bocah-bocah nan beruntung punya tante jagoan masak seperti dirimu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, thanks yaa, walau mereka kadang juga suka mengolok2 kalau cakenya gaga. Hiikssss

      Hapus
  23. Langsung Ctrl +D, ni situs ok banget.
    Thanks for sharing. :)

    BalasHapus
  24. Mba, klo cuman pake DCC aja bsa ga mba? ga pake coklat bubuk lagi. hehehhee

    BalasHapus
  25. salam kenal Mba endang.. kemarin saya coba puding ini, tp kok hasilnya agak kasap.. seperti ada butiran tepung .. kira2 krn apa ya Mba .. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba arie, tolong baca komentar2 diatas mengenai ini ya, sudah banyak yang tanya. Saring saja adonanya sebelum dicetak dan didinginkan mba

      Hapus
  26. Bu... susu cair diamond dah manis ya ? Merk lain apa bu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, diamond sudah manis, bisa pakai susu kotak coklat lainnya mba, gak harus diamond kok. kurangi takaran gulanya saja kalau dirasa kemanisan

      Hapus
  27. salam kenal mba...
    kmarin aku udah nyoba bikin loh.. alhasil memuaskan banget. makasih ya mba.. oh ya aku juga mau bikin tiramisu mba endang, doain ya smoga sukses kaya puding coklat yang super duper nyoklat hehe... minta resep puding yang banya dong mba.. atau dessert apa aja boleh tapi yang gampang ya mba, hehe.
    Gina

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba gina, thanks sharingnya ya mba, senang sekali puding coklatnya disuka. yeppp saya juga penggemar puding, pasti akan saya share resep puding yang lebih bayak ya mba, thanks yaa

      Hapus
  28. Siang Mba Endang,
    Saya sudah buat pudingnya dan hasilnya semua bilang enak. Sampe bos jepang saya jg bilang rasa pudingnya pas bgt (ceritanya sombong dikit bawa puding ke kantor kasi temen dan bos wkwkwkwkwk...) Coklatnya juga tidak berpasir kok sesuai petunjuk mba endang. Makasi ya.
    2minggu lalu aku sempetin ke TBK dan beli Vanila ekstrak yang Mba suka pake (pas bgt lho tinggal 1 botol), nah klo takaran vanila dibanyak boleh ga? Supaya harum bgt. Karena menurut aku kmren agak kurang harum. (kebetulan aku jg ga punya rum jd cuma pake vanila ekstrak sesuai resep diatas).
    Mohon petunjuknya ya. Thanks.

    -Inge (^.*)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Inge, thanks sharingnya ya. wakakak, kalau sampai boss dari Jepang bilang enak berarti lulus dah itu pudingnya hehhehe.

      tambahkan saja lagi takaran vanila ektraknya, terkadang memang kudu butuh sedikit lebih banyak supaya nendang yaaa. hhehhehe

      Hapus
  29. Halo mbaaa. Aku mau tanya klo susu cair coklat di ganti milo gmn yah? Makasih buat jawabannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Azam, bisa kok, silahkan pakai milo ya, tetap enak rasanya

      Hapus
    2. Oke mba dicoba ya pake milo. Tapi akubga punya coklat bubuk. Gppbkah klo ga pake?

      Hapus
    3. coklat bubuk membuat rasa dan warnanya menjadi coklat banget ya, jadi saran saya tetap pakai ya

      Hapus
  30. Ngaruh ga mba ke rasa klo ga pake coklat bubuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, yep sangat ngaruh ya, gak terlalu nyoklat jadinya, kecuali kalau DCC nya ditambah ya

      Hapus
  31. Mba nanya lagi. Itu susunya harus 2 liter ya? Banyak ya hehe. Klo 1 liter gmn mba? Tapi susu lowfat bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahan lainnya harus dikurangi setengahnya ya, karena kalau hanya 1 liter puding jadi padat kaya dodol ya. hehehe

      Hapus
  32. Halo mba endang saya dian ak dah coba bikin resepnya suami ku suka hihihi makasih ya mba jd semangat nyoba resep lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dian, salam kenal dan thanks sudah menjadi penggemar JTT ya, senang sekali resepnya disuka, thanks sharingnya.

      Hapus
  33. suka banget ma blog ini, meskipun belum ada resep yang aku praktekan.. tapi seneng ada gambar step by step nya.. jdi lebih nyerap di pikiran krna bisa lihat resep dan lihat gambar juga. jangan berhenti untuk memberi resep2 terbaru yaa.. salam kenal untuk semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Emma, thanks yaa, moga nantinya berniat untuk mencoba resepnya yaa, dan saya dengan senang hati menerima masukannya setelah resepnya dicoba. Sukse selalu!

      Hapus
  34. Mba Endaaang, aku udah nyoba bikin ini looh.
    tapi kenapa ya rasa pudingnya klo pas dimakan tuh ada kyak 'ngeres-ngeres' nya di mulut. apa kira2 aku ada step yg salah?
    trus pas vla nya aku blender, bagian atasnya jadi berbusa. Jadi harus aku buangin deh sebagian yg ada busanya.
    tapi walaupun begitu, pudingnya lembuuuutt dan nyoklat bingits dan vla nya enak. thanks yaa resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba addini, silahkan cek pertanyaan2 diatas ya, masalah ini sudah saya jawab diatas, kalau mau aman disaring saja larutan agar2nya sebelum didinginkan, pasti bebas pasir hasilnya.

      untuk vla, memang akan mengeluarkan busa, saring saja vlanya supaya busanya hilang.

      Hapus
  35. Mba endang helppp,, barusan bikin puding ini, pake 2liter susu + 250 susu coklat kemasan kecil, uda di dinginkan 1 jam kok gk keras2 ya? kebanyakan susu kah? hikss, sedih bgt nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, pakai 2 sachet agar2 kan? Kalau cuman 1 sachet puding akan terlalu lembek banget. 1 sachet agar2 takaran airnya sekitar 1 liter ya. Kalau hanya 900 ml puding terlalu padat.

      Hapus
  36. mba enak ga yaa kalau dicombine sama biskuit?ditata dalam setiap lapis puding gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, mungkin enak ya, biskuit marie ya? saya sendiri belum pernah coba wakkakak

      Hapus
  37. Dear mbak endang, saya juga sudah berhasil nyoba puding ini. Super coklat banget, tapi karena susu cair nya saya hanya pakai 2liter saja jadinya pudingnya agak padat tapi tetap lembut dan seperti saya baca di komentar sebelumnya. Dcc saya cairkan terpisah. Coklat bubuk dan dcc baru dicampur setelah agar2 mendidih. Hanya saja sayangnya saya kelebihan kira2 1sdm gula jadinya pudingnya agak manis dikit. Tapi tetap enak. Jadi pingin nyoba lagi sampe perfect. Buatnya ngga ribet dan hasilnya enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippp, moga next time hasilnya lebih sempurna ya Mba. Thanks sharingnya ya, sukses selalu

      Hapus
  38. hai mbak.. sekedar sharing.. kebetulan pernah bikin puding coklat pake coklat batangan juga.. tp pake coklat yg couverture.. bukan yg compound.. bisa mulus kok pudingnya, ga berpasir.. padahal cuman dicemplungin di rebusan agar2 aja, dari awal pula (males.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Maria, wah makasih sharingnya ya mba, next time saya akan coba ganti coklatnya pakai yang couverture. Infonya berguna banget bagi pembaca lainnya.

      Hapus
    2. sama2 mbak.. ^_^.. salah satu yg saya pake : coklat tulip yg easy melt, ada di toko2 bahan kue.. bentuknya batangan2 kecil segede telunjuk.. *tp ini bukan ngiklan loh.. hanya sekedar info..

      Hapus
    3. hai mba Maria, thanks ya mba, next time akan saya coba tipsya tuh, kebetulan keponakan2 saya maniak sama puding coklat hehehhe

      Hapus
  39. Mba Endang, aku ngefans sama resepnyaa, it's sooo on my weekend to do list! Oya mba, kalo di resep ini aku tambahin double cream bisakah? Brapa banyak ya mba? Trimakasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba natalia, kalau mau pakai heavy cream silahkan pakai resep puding yang pakai itu disini ya mba:
      http://www.justtryandtaste.com/2013/01/puding-chocolate-dengan-double-cream.html

      Hapus
  40. Ak sudah bikin mba, barusan keluar dari kulkas. Enak kayak puding beli, ga berpasir tapi flanya terlalu kental mungkin susunya di tambahin ya mbak, tetep enak ada rasa2nya lemon. kalo bikin pie flanya selalu pake telur trnyata ga pake telur bisa ya hihi Makasih ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Miu sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka, Kalau fla nya terlalu kental encerkan dengan susu cair saja ya

      Hapus
  41. Halo mba endang slm kenal dr sy,mau tny untuk coklat bubuk bs pakai delfi hot cocoa g?mumpung lg 2 sachet nganggur di dapur hehe.juga utk coklat batangan pakai merk apa nih biar lembut n g berpasir?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba indah, pakai susu cair coklat supaya lebih nendang. Berpasir karena coklat dimasak disuhu tinggi, saring saja mba adonan agar2nya sebelum dicetak, pasirnya akan lenyap kok.

      saya pakai colata, puratos

      Hapus
  42. Mba endang...mau tanya ya, utk si pudding ini teksturnya "padat aja" atau "padat banget" mendekati kenyal. Aku punya DCC nganggur di kulkas and rencana mau bikin puding ini, tapi masih curious membayangkan 2 liter susu + 2 bungkus agar-agar, tekstur nya akan seperti apa ?
    Karena aku pernah coba bikin agar-agar biasa dengan takaran 1 bungkus agar + 1 liter air hasilnya lembek banget.
    Apa mungkin kepadatan pudding ini di hasilkan dari bahan yg lain ya mba, ex : DCC, susu dll. hihihi....maap ya banyak nanya, soalnya aku baru terjun ke dapur mba, aku biasa kerja and baru 6 bulan resign jadi IRT......jadi kerjaan ku tiap hari nyari resep resep yg mudah dan enak dari Blog nya mba endang, wkwkwk ^_^ melampiaskan kejenuhan. Resep JTT baru 3 yg aku eskekusi.....masih pingin yg lain mba :) mohon di bantu yoooo.....thanks before mba cantique...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dea, thanks ya sudah menyukai JTT yaaa.

      Puding ini padat ya, tidak mendekati kenyal. padat dan lembut. Yep takaran susu 1000 ml karena plus bahan2 lain seperti DCC, membuat teksturnya padat tetapi cukup lembut.

      Hapus
  43. Ralat mba endang....4 resep yg sudah di eksekusi, hehehehe.....lumayan lha untuk pemula (menghibur diri.com ^_^

    BalasHapus
  44. Mba endang....kalau DCC diganti Milk compound merk colatta perubahannya akan terjadi pada apa ya mba? Thanks lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba, tetap mau rasa coklat kan ya? Nggak ada yang perlu dirubah ya, asalkan tetap pakai susu cair coklat, agar2 coklat dan coklat bubuk, rasanya akan tetap enak kok

      Hapus
  45. Halo mba endang,,,seneng bgt bisa nemu blog nya mba,,tiap hari ak buka buat cari2 resep,,hehehe,,
    Mau tanya klw ak pake skm coklat,kira2 takaran ny brp?makasi ya,,,
    Terus berkarya ya mba,,
    Btw ak mau beli dunk buku mba,,tp yang ga ribet,,hehe,,gmn caranya yaa,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, salam kenal ya. Mba hanya pakai SKM coklat atau sebagai pengganti susu cair coklat? Kalau ingin supaya warna dan rasa coklatnya lebih nendang sebaiknya tambah bubuk coklat ya. kalau hanya SKM coklat untuk 1 bungkus agar2 saran saya pakai 1/2 kaleng SKM dan diencerkan dengan 900 ml air ya.

      Hapus
  46. Halo mba Endang, thank's resepnya ya, btw dcc nya gk ketemu di supermarket, adanya cuma milk compound chocolate, ini sekarang lagi di kulkas, dah gk sabar pengen nyobain hasilnya, wish me luck ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Hadassah, moga sukses ya pudingnya, saya yakin tetap enak kok hehehe

      Hapus
  47. Mba Endang mau tanya untuk DCCnya pake merk apa ya?kmrn liat ke toko ada bbrp jenis dcc jd bingung..mohon pencerahan mba..
    Salam kenal Putri

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Putri, saya pakai purratos yang brand carat, so far rasanya enak ya

      Hapus
  48. Besok mau coba bikin. Semoga berhasil setelah baca komen2 nya . Tq

    BalasHapus
  49. Terima kasih resepnya mbak Endang :) saya emang lagi cari2 resep puding coklat yg nyoklaaat banget..Mau segera di coba nih !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih resepnya mbak Endang. Sudah saya praktekkan beberapa kali. Maaknyuuus pudingnya :)

      Hapus
    2. Halo Mba Rike, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  50. Hallo mba endang,, aku femy,, mau nanya nich,, klo dccnya diskip,, bahan" apa aja yg perlu dilebihin,, apa tepung coklatnya hrs dtambah? kira" brp? thx ya mba infonya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambah coklat bubuk di resep 1 sdm lagi mba, dan pakai susu cair coklat ya

      Hapus
  51. Mba Endang,waktu saya buka link http://resepmakanankita.com/resep-puding-coklat-tanpa-telur-dan-cara-membuat-nya/
    kok saya merasa pernah baca di salah satu resepnya Mba Endang.. ini apa salah satu contoh resep2 mba yg di copy orang yg tdk bertanggung jawab karna tidak mencantumkan source-nya ya... ??? Tks. (Retty)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb retty, yep persis sma coba kata2ya diubah2 dikit saja, yang seperti ini buanyak di jagat maya indonesia mba. thanks ya infonya.

      Hapus
  52. Mba, mau tanya, kalo Mba udah nyobain bikin pudding lg pake DCC yg couverture ga? Saya punya yg merk T**ip, pdhal tulisannya utk cake coating gitu, tp waktu dicobain, ngendal dong, pdhal belinya banyak, krn pede, pikirnya kaya yg compound, enak.. Hiks.. Tp liat yg komen, kok ada yg pake DCC couverture gitu, ngendal jg ga ya hasilnya? Brgkali Mba Endang udah pernah nyobain? Makasih ya Mba (udah mau dengerin saya curhat).. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Joyce, saya selama ini pakai compound ya, tapi berdasarkan baca2 artikel compound dan couverture memang beda dalam pemakaianya karena kandungannya beda. Supaya couverture rasanya sedap, meleleh di mulut dan tidak ngendal maka perlu ditemper/dipanaskan dulu, coba masak dengan cara di tim (wadah coklat diletakkan diatas panci berisi air panas) sampai meleleh sempurna dan shiny baru coklat ini digunakan di dalam adonan puding.

      Hapus
  53. Mba Endang, aku udah coba resep ini. Aku pake setengah resep. Tapi kok sampe sekarang pudingnya ga keras ya? Padahal udah dari malam saya bikinnya. DCC saya skip Mba. Apa itu ngaruh banget? Karena di petunjuk masak puding di kemasannya, susu yang ditambahin 900 ml. Menurut saya, kalau saya tambahin 100 ml lagi, pudingnya ga bakal lembek-lembek banget. Tetap mengeras tapi pastinya lebih lembut, itu bayangan saya. Saya bingung nih hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. DCC sangat berpengaruh membuat puding keras mba, kalau nggak pakai DCC maka sebaiknya untuk 1 bungkus puding pakai air 900 ml saja. sesuai kemasannya. atau mungkin agar2nya tidak dimasak sampai mendidih, jika kurang panas agar2 memang tidak bs mengeras

      Hapus
  54. mbaa, aq. juga sama nih dgn tmn2 lain, kalo mau cari resep ya kesini. krn dr resep mba endang, dpt tips juga bahan2 yang bermutu dan kunci2 memasak dgn baik. malam ini saya baru selesai buat puddingnya, jadi masih baru nikmatin bsk 😊makasih banyak resepnya ya mba endang. Gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba monica sharingnya, senang resep JTT disuka, sukses ya

      Hapus
  55. Mba endang kalo DCC nya hanya 250 gr,coklat bubuknya perlu ditambah ga? Kalo iya berapa banyak mba?atau bisa tidak dcc dicampur dengan milk chocolate compound?kemarin salah beli..hehe Makasih ya Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. DCC campur milk chocolate compound saja mba, coklat bubuk tetap sesuai resep ya, tetap enak kok.

      Hapus
  56. Pagi mba, mau nanya, kalo ga make dcc, diganti skm, kira2 skm nya berapa banyak ya? Susu coklatnya perlu dikurangin juga ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau pakai SKM, pakai susu kental manis coklat saja mba, mungkin pakai 1/2 kaleng ya

      Hapus
  57. Puding coklatnya benar-benar nyokap. Jadi alternatif bekal sekolah yang pasti ludes. Muahhhh. Makasih mbak Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Bunda Ghania sharingnya, senang sekali resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  58. mbak Endang, salam kenal yaa.. resepnya udah saya praktekkan tapi saya tambahin maizena utk lebih smooth.
    lagi mikir kenapa ya colatta baunya agak 'nyegrak'?
    tadinya aku kira klo dicampur sama bahan lainnya bakal ilang nyegraknya, ternyata ndak. apa emang colatta baunya gini ya?
    maklum baru pertama masak pake colatta dan belinya pun ngecer repack di TBK.
    trus mau nanya lagi susu diamond yg mbak Endang pake itu yg freshmilknya atau yg UHT nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba lieza, thanks ya sudah mencoba resepnya. Untuk colatta mungkin beda selera saja ya mba, sya bingung juga dengan definisi nyegraknya, bagi saya baik2 saja ya. mungkin kudu coba merk lain mb, saya kadang pakai Carat dari Purratos ya.

      Hapus
  59. Mba endang klo coklat bubuk bendrops nya diganti pake pasta bendrops bisa ga?sisa bikin brownies...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba Fenny, untuk takarannya silahkan dikira2 yaa

      Hapus
    2. Resep telah dieksekusi dan hasilnya dibawa untuk potluck bareng tetangga,mereka bilang enak bingit kayak puding d cafe cafe...resep dari just try and taste ga perlu diragukan lagi...always berhasil...makasih mba endang

      Hapus
    3. thanks mba Fenny sharingnya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  60. Mba endang saya ud bikin puding ini ...enak coklat bgt...makasih bnyk resepnya..btw puding ini tahan brp lm yaa didlm kulkas?coz hasilnya bnyk bgt...sbgn ud saya bg2in..uda 2 Minggu saya nginep dirmh ortu krn anak saya sakit..baik dikonsumsi brp lm yaa Mba?thanks Mba endang atas responnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tahan 1 minggu di kulkas mba Fitri, memang jadinya banyak banget.

      Hapus
  61. Mb endang.. vanilla dan vanili emang nya beda ya mba rasanya? Kalau beli vanila yg merk apa ya mba kira2?
    Kalau buat puding .. saya suka pakai nutrjell coklat mba.gara2 nya pernah pakai agar2 kok padat ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Marisa, sebenarnya sama, hanya masalah bahasa saja. Tpi yang saya biasa pakai itu vanill extract, ini berbeda dengan bubuk vanili yang biasa dijual dipasaran. Van exctract berbentuk cairan seperti madu, beraroma harum lembut dan tdk pahit walau diberikan banyak di dalam adonan. Kalau pakai bubuk vanili sebaiknya pkai jangan banyak2 krn pahit.

      padat mungkin krn airnya kurang mba, sya suka tambah susu cair lebih supaya lembut, tapi mix agar2 dan nutrijell juga mantap kok

      Hapus
  62. Salam knl mba endang. Ga sabar mau nyoba bikin ini setelah sekali pernah gagal eksekusi resep puding coklat yg aku dpt di google, on top searching pula. Duh. Mba aku mau nanya utk puding ini dan puding double cream pake air ga? Brp ml kl iya? Cr cairkan dcc kan di tim, nah kalo coklat bubuk? Mba bikinnya coklat bubuk sama dcc di cairkan dulu atau langsung2 aja dicampur dlm adonan puding? Thx mbae��

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Amira, saya tdk pakai air mba, cairannya dr susu cair. Kalau pakai krim kental juga sama, pakai susu cair

      bs skip DCC, pakai coklat bubuk dilarutkan dulu dengan susu sampai larut, dimasukkan ketika puding sudah mendidih dan matang, aduk sj sebentar.

      Hapus
    2. Hallo lg mba Endang :)
      Beberapa hari yg lalu udh bikin puding dobel cream dan tunangannya saya doyaaaan banget banget!!! 70% pudingnya doi yg abisin hehe.

      Nah saya mau coba yg ini nih, tapi ada yg mau saya tanyakan dulu mba.
      1. Dipuding ini mba pake gula sebanyak yg tertulis diresep? Atau mksdnya mba endang kalo udh pakai 2 liter susu cair + 250ml susu cair bs skip gulanya?
      2. Waktu bikin pudingnya mba endang masukin coklat bubuk dan dcc di akhir atau hanya dcc saja yg di akhir saat adonan mulai meletup?
      3. Waktu puding disisihkan kecetakan mba Endang pakai saringan kah?
      4. Saya mau bikin fla pake SKM, takarannya ttp 700 ml? Dan ikuti petunjuk cara seduh dikemasankan mba?
      5. Pada step pertama campurin bahan2 awal kedalam panci itu, api kompor sudah dihidupkan blm? Atau di hidupkan stlh kelar nyampurin dan bahan menyatu semua? Hehe

      Makasih byk mba Endang, maaf saya byk bgt nanya. Maklum newbie :')

      Hapus
    3. Hai Mba Amira, berikut jawaban saya ya:
      1. kalau pakai susu cair coklat, gula bs skip krn susu cair coklat sudah manis, kalau kurang manis tambah gula pasir sedikit
      2. DCC sj diakhir
      3. sy tdk, boleh pakai sarigan
      4. pakai petunjuk kemasan mengencerkan susu mba, atau sesuai selera saja
      5. bahan masuk panci, baru kompor dinyalakan

      salam

      Hapus
  63. Halo, Mba Endang. Saya udah coba puding ini pakai susu cair coklat Diamond yang warna kotaknya coklat. Rasanya enak banget. Tapi saya penasaran, susu cair coklat Diamond yang Mba Endang pakai apakah yang warna kotaknya coklat atau warna dasar kotak putih (Diamond fresh milk coklat)? Soalnya kalau saya minum susu coklat Diamond yang warna kotaknya coklat itu, menurut saya kurang berasa coklatnya. Masih enak susu coklat Ultra Milk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, saya pakai fresh milk Diamond rasa coklat, menurut saya lebih mantap dibanding susu coklat cair lainnya. But again, taste itu tergantung selera masing2 y mba

      Hapus
  64. Halo mba, klo agar2 nya diganti nutrijell coklat bisa ga ya? Krn saya sukanya yg kenyal..
    Apakah ad bahan yg dikurangi atau ditambah kan mba? Trims

    BalasHapus
  65. Mba saya sudah coba...juara deh..ngikut instruksi dalam komen2 di atas, hasilnya gak berpasir, puding lembut berpadu dengan vla beraoma jeruk. Super yummmmm..thanks ya mba..muachhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba Marlyn sharingnya yaa, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  66. Waaah makasih banyak resepnya mba endaang..
    Pudingnya sukses beraaaat!
    Saya bikin buat suami yang ulang tahun. Setengah loyang abis sendiri dalam sekejap. & Katanya enak bangettt!
    Kalo suami sampe bilang gitu berarti emang bener bener ueenak! Soalnya lidahnya pengkritisi makanan bangett..
    Hihihi
    Ngga ada rasa pasir di lidah saat makannya. Saya ngikutin tips tips buat diatas hihihi & Pudingnya super lembuut bangeet!
    Tapi kemarin pas buat sempet bete karna susunya basi. Gara gara ternyata suhu kulkas dikecilin fufufu udah hopeless bakalan ga enak pudingnya karna diganti susu lain. Tapi ternyata sukses beraat!
    Walaupun fla nya agak kurang memuaskan sih. Karna kemanisan & kental bangett.. jadi saya nambah air & saya blend. & Begitu diblend jadi caiir. Nambah lagi maizenanya fufufu
    & Mungkin rasanya kurang mantap karna saya ga pakai parutan kulit jeruk kali yaa..
    At least makasi banyak banyak banyaak mba endaaang ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Putri sharingnya ya, senang resep pudingnya disuka. Untuk fla, kulit jeruk akan membuat rasanya lebih sedap dan kalau terlalu kental tambahkan susu cair saja. Blender dan simpan di kulkas.

      Hapus
  67. Mba Endang, resep puding nya sudah saya cobain, jadinya 40pcs cetakan puding yg kecil, hanya bertahan 2 hari saja krn anak2 saya suka sekali. Makasi ya Mba, i lop yu pul ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mb sharingnya ya, memang puding paling cepat habisnya yaa, hehehhe

      Hapus
  68. Mba, saya udah sering bikin resep ini dan selalu berhasil. Cuma sekali ini karena kurang konsentrasi saya kasih garamnya kebanyakan. Jadi rasa pudingnya asin. Kira2 harus saya gimanain yach mba? Please tolongin mba sayang kan klu ga dimakan. Makasih. Dewi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Dewi, setahu saya kalau puding susah diapa2in kalau gagal ya. mungkin bs dipotong2 kecil/hancurkan dan masukkan ke adonan puding lain (tanpa garam)dan cetak kembali.

      Hapus
    2. Mba, udah aq cobain saran dari mba. Jadi aq bikin aja 1 resep lagi tanpa garam kemudian disatuin sama adonan puding yg udah aq cairin lagi. Alhamdulillah rasanya enak, seneng deh ga ada yg mubadzir. Makasih bnyk yach mba. Sukses selalu buat mba Endang

      Hapus
    3. thanks mba Dewi sharingnya yaa, senang akhirnya pudingnya bs dipermak sukses hehhe

      Hapus
  69. Pagi Mbak, aku dah coba resep pudingnya nih. Asli enak pake banget, ponakan sampe bilang ini pudingnya top banget xixixi tante nya lsg melayang tinggi. Tapi untuk resep fla nya kayaknya buat aku terlalu manis ya (apa krn aku gak pake parutan kulit jeruk ya?), tp tekstur kentalnya dapet banget. Kalau aku mau kurangin takaran gulanya jd 200 gr, susunya dikurangin gak ya biar kentalnya juga pas? Makasih banyak Mbak Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba sharingnya ya, senang resepnya disuka, gula disesuikan dengan selera saja ya

      Hapus
  70. Hi mba... Sy penggemar berat resep"mu mba... Sy br eksekusi resep puding diatas, cm sy gada susu cair jadinya pke SKM coklat dicairkan. Tp msh harap cemas krn pudingnya cair banget, br dingin suhu ruang dan dimasukin ke kulkas. Vlanya sy kurangin gula dan tambahin kuning telur ������
    Mksh mba.. Nnt sy update klo brhasil ya.. Loph yu pull mba endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai JTT.

      Memang pudinganya gak kental seperti adonan puding umumnya ya, jadi ketika dingin teksturnya halus dan lembut

      Hapus
  71. Haloo mb endang, sy barusan bikin pudingnya mb, cmn stgh porsi aja, sumpah enaaaak buangeet mb, apalg vlanya yg ada rasa lemonnya �� Mau coba resep mb yg klappertart. ��
    Thank you mb sudah share resep2nya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloow Mba, wah thanks sharinghnya ya, senang resep pudingnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  72. Halo mba endang...saya new comer nih di jtt...dan pas nyobain resep inibgak baca komen2 diatas jadi pudingnya berpasir..hiks...next time pgn coba buat lagi mudah2an lebih bagus hasilnya..amin

    BalasHapus
  73. mba endang puding coklat sy kok rsany brpasir slembut tepung y ap mgkin krna coklat bubuk ny tdk larut smpurna y?
    ad endapan coklat jg d dsar cetakan stelah beku pdhl sy pke bendsrop & step2ny udh sm persis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Suci, pertanyaan ini sudah banyak diajukan di komentar2 diatas, jadi silahkan dibaca saja ya mba.

      Hapus
    2. waahh....iya mhon maaf mb endang utk resep yg in sy mlewatkn mmbca koment2ny
      mksh mb endang 😙

      Hapus
  74. halo mb...mau tanya,kalau saya pengen pudding yg lbh padat,brarti yg dikurangin dcc nya?
    tp kalau dcc nya tetap(soalnya kan rs nyoklatnya paati berkurang kl dikurangin),spy tetap.padat,takaran susunya bgmn ya mb?tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurangi cairannya mba, puding padat karena air/susu untuk merebus agar2 tidak terlalu banyak.

      Hapus
  75. Mba, ada rekomendasi merk coklat compound yg enak & pewarna utk coklat selain merk wilton? Soalnya sy mau buat cake dgn dekor full coklat warna warni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coklat compound saya pakai colatta atau Carat dr Puratos, so far sih ok. pewarna saya beli di TBK yang pasta, merk umumnya sih wilton

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...