11 Januari 2013

Puding Coklat dengan Double Cream



Hampir semua orang suka puding coklat, hanya saja jika ada yang menanyakan seperti apa sih puding coklat idaman? Nah jawabannya bisa bervariasi. Ada yang menyukai puding yang agak keras dan renyah sehingga krenyes-krenyes ketika dikunyah, berarti kadar agar-agarnya lebih banyak dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya. Ada juga yang suka puding yang lembut, lembek dan lumer di mulut. Nah saya sendiri memang bukan penggemar puding sejati, namun saya bisa menjelaskan dengan detail puding coklat idaman yang saya inginkan. Dessert  manis ini harus lembut, creamy, halus, lumer di mulut, dengan rasa susu dan coklat yang kuat di lidah. Puding coklat dengan deskripsi seperti itulah yang baru saya katakan perfecto! ^_^



Jarang membuat puding tidak menyurutkan tekad saya untuk menyuguhkan makanan ini saat acara buka puasa di bulan Ramadhan tahun lalu. Satu resep di internet tentang puding, saya jadikan acuan karena duduk di posisi teratas Google saat saya ketik kata puding coklat disana. Dari awal eksperimen, saya sebenarnya sudah curiga dengan si resep karena menggunakan dua bungkus agar-agar sementara susu cairnya hanya sebanyak 500 ml. Berulangkali saya membatin sendiri, ada yang salah di sini tapi takut untuk melakukan modifikasi. Ending-nya sudah bisa ditebak, puding yang saya hasilkan kerasnya minta ampun, hampir seperti cake coklat yang bantat. Saat buka puasa tiba sebenarnya saya agak malu hendak menyuguhkan puding bantat ini tapi daripada berakhir di keranjang sampah (atau di perut saya), puding coklat nan keras ini lantas saya potong-potong dan letakkan di meja bersama dengan makanan lainnya. Alhasil hingga acara berakhir pun tidak ada satupun yang menyentuh si puding. ^_^


Puding coklat yang kali ini saya posting merupakan percobaan saya yang kesekian kalinya dalam rangka mencari puding coklat impian. Teksturnya tidak terlalu sesuai harapan karena agak padat namun untuk rasa cukup yummy, saya rasa untuk percobaan berikutnya saya akan menambahkan takaran susu cair yang digunakan. Untuk resep di bawah jumlah susu cair telah saya rubah dari 500 ml menjadi 700 ml untuk membuat tekstur puding menjadi tidak terlalu padat dan lebih lembut di lidah. 

Sebagaimana puding lainnya, membuat puding coklat ini sangat mudah dan memerlukan waktu yang singkat. Rasa puding juga cukup nendang karena menggunakan dua jenis coklat yaitu coklat blok dan bubuk coklat serta krim kental untuk membuatnya lebih mantap. Nah, si dingin yang manis ini mungkin bisa menjadi alternatif dessert anda di weekend ini. Berikut resepnya ya.


Puding Coklat dengan Double Cream
Resep diadaptasikan dari blog Resipi Citarasawan - Puding Coklat

Untuk 5 gelas ramekin diameter 8 cm dan tinggi 6 cm

Bahan:
- 1000 ml susu cair (bisa menggunakan susu kental manis atau susu bubuk yang dicairkan, ikuti instruksi di kemasan kotak/kaleng susu untuk menghasilkan 1 liter susu cair)
- 1 bungkus agar-agar coklat (7 gram)
- 100 ml krim kental (double cream/heavy cream)
- 100 gram gula pasir
- 1 sendok teh vanila ekstrak (optional)
- 200 gram coklat blok, potong kecil-kecil 
- 20 gram coklat bubuk, larutkan dengan 100 ml susu cair

Bahan vla coklat
- 300 ml susu cair
- 50 ml krim kental
- 50 gram coklat blok
- 1/2 sendok makan tepung maizena larutkan dengan 2 sendok makan susu cair
- 50 - 70 gram gula pasir
- 1 sendok teh vanila ekstrak 

Cara membuat:


Siapkan panci kecil,  masukkan susu, krim kental, dan vanila ekstrak. Aduk hingga rata. Ambil satu sendok sayur susu cair, tuangkan di mangkuk kecil beserta dengan serbuk agar-agar, aduk dengan sendok hingga agar-agar lumer dan benar-benar larut dalam susu. Tuangkan larutan agar-agar ke dalam susu di panci dan masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih.

Masukkan coklat blok, larutan bubuk coklat dan gula pasir ke dalam larutan susu, aduk hingga coklat lumer dan menjadi adonan yang tercampur baik. Masak hingga mendidih. 


Tuangkan cairan agar-agar ke dalam mangkuk ramekin yang telah dibasahi air, atau gunakan cetakan puding yang telah dibasahi dengan air.  Biarkan puding hingga uap panasnya menghilang, masukkan puding  ke dalam kulkas hingga dingin.

Membuat vla susu


Siapkan panci, masukkan semua bahan, kecuali coklat blok. Pastikan tepung maizena larut dengan baik, masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar susu tidak pecah. Tambahkan coklat blok dan masak hingga coklat larut.  Jika vla kurang kental, tambahkan 1 sendok teh tepung maizena yang dilarutkan dengan 2 sendok makan susu cair, aduk hingga kental dan mendidih. 

Untuk penyajian, balikkan puding coklat ke piring kecil dan siramkan vla coklat kepermukaan puding. Siap disantap. Yummy!

Source:
Blog Resipi Citarasawan - Puding Coklat



115 komentar:

  1. Hai Mbak Endang, kemarin aku buat puding ini. Aku pake dark chocolate, trus takaran gula pasir untuk puding dan vla-nya aku kurangin. Vla-nya aku tambahin coklat bubuk juga..dan..VOILA! Nagih banget rasanya mbak! Rasa coklatnya mantep! Sekeluarga juga suka. Trimsii ya mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Indira, thanks a lot atas sharingnya dan modifikasinya seperti gud idea jugak tuh hehhehe. Next saya coba cara Mba hehehhe. Sukses dan salam untuk keluarga ya ^_^

      Hapus
    2. Mba endang bnr bgt puding nya nikmat bgt,suamiku suka bgt...thx mba atas resep nya... :)

      Hapus
    3. Hai Mba Astri, thanks sharingnya ya Mba. Senang resepnya disuka ^_^

      Hapus
  2. mba, makasih yah resepnya, baru saja ludes disantap oleh anakku, aku nga pake vla tapi resep pudingnya aku tambah double creamya menjadi 200 ml hasilnya tetep mantap top markotop..

    BalasHapus
  3. hallo mba,
    makasih yah resepnya, barusan dicoba dan hasilnya cucok dengan semua keluarga saya, walopun utk double creamnya saya tambah jadi 200 ml...weit hasilnya top markotop maknyoss....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Fitri, sip senang mendengarnya Mba, hahaha tambah double cream saya rasa memang akan lebih nendang. ^_^

      Hapus
  4. halo mba endang, lam kenal ya
    boleh nanya mba, klo ga ada krim kental bisa diganti apa ya, maklum sy tinggal dipelosok jauh dr kota besar jd nyari krim kental susah sekali hehehe...trimakasih mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ina, salam kenal juga. Hmm, krim kental tujuannya supaya rasa puding lebih nendang dan creamy ya. Kalau susah dicarinya, pakai susu cair biasa saja Mba. Atau susu bubuk yang dicairkan tapi dibuat sangat kental sekali.

      Hapus
    2. susu bubuk yang dicairkan untuk pengganti cream itu sama banyak seperti takaran cream kental yah mbak, 100 ml?

      Hapus
    3. yep, takarannya 100 ml susu cair atau cream kental ya.

      Hapus
  5. Hallo mba,

    Saya sudah coba resepnya kemarin.. Rasanya coklat banget.. Bagi pecinta coklat bener2 berasa like heaven deh.. :D Tapi karena yang lain ga terlalu suka coklat seperti saya jadi mungkin pada saat saya coba buat resep ini lagi akan saya kurangi coklat blok nya :)
    Dan untuk takaran gula di pudingnya saya kurangi karena saya tidak terlalu suka yg manis. Dan rasanya jadi pas menurut saya..
    Thanks ya mbak atas resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, mohon maaf saya terlupa menanggapi komentarnya, kadang suka selip hiiks. Thanks sharingnya ya, silahkan dikurangi takaran coklat dan gulanya ya, kalau pakai DCC memang rasanya lebih manis.Sukses ya. salam.

      Hapus
  6. hello mba endang,
    enak banget pudingnya. . . anak2, suami dan saya tentunya jadi ketagihan. . .^_^
    sudah lama nyari resep puding coklat yg spt ini, akhirnya ketemu juga. . . .bener2 nyoklat. . .yummy! makasih resepnya ya

    offin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Offin, sip thanks sharingnya. Memang yummy! hehhehe

      Hapus
  7. Mbak kalau cream kentalnya diganti susu kental manis boleh?? Lalu kalau vlanya mau diganti rasa vanila, bahannya diganti apa?? Jadinya berapa banyak sm habis berapa Mbak?? Mau buat banyak soalnya.. Saya juga mau cari resep yang tidak ada telurnya.. Ternyata ada di resep Mbak ini..

    Terimakasih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, hmm kayanya rasanya akan terlalu manis. Krim kental kandungan lemak susu tinggi bukan kandungan gulanya ya, kalau SKM kandungan gulanya lebih tinggi. Saya rasa puding tidak akan terasa creamy cuman manis saja. Untuk vlanya, skip saja coklatnya ya, tambahkan vanila ekstrak.

      Hapus
    2. Terima kasih banyak ya Mbak atas responnya yang hangat dan sharingnya.. ^^ GBU

      Hapus
  8. Mbaaaakkk..puding lembuuuuuuut bgt.sy bikin pke vla jg..tp tnp vla pun sudah muanteeep..
    ada tmn main krmh tny resepx dkira pke telur dll hihihi..
    bykin resep pudingx donk mbk..krn anak2 maniak puding hehe

    x y mbak endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shinta, iya nih saya kurang banyak bikin resep puding ya, pengennya juga bikin banyak variasi puding buah ya, okeh next akan diusahakan hehehhe. Thanks ya! ^_^

      Hapus
  9. Mbk endang salam.kenal
    ...aq dah.nyoba resepnya..huwaaaa maknyussss...ampe ku share di fbku
    Smua pd.nyoba
    ..
    heheheheh.rasanya lembut dn coklat.bgt..kayaknya.bakal.jd resep fav ku dehhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Diah, salam kenal juga ya. Senang sekali pudingnya sesuai harapan hehehe. Thanks atas sharingnya ya Mba. Sukses selalu! ^_^

      Hapus
  10. alam kenal mba endang. sudah lama saya jd silent reader disini, mba endang cukup detail dlm menulis resep jadi cocok buat amatiran kyk saya. o yaa minggu lalu sy coba resep puding ini. karena saya kurang teliti mbacanya, saya masukan 800 ml susu cair + 200 ml krim kental, waktu masak sempat khawatir terlalu encer n ngga bs padat. Tp setelah masuk cetakan n di dinginkan dikulkas, puding tetap padat dan lembut teksturnya n rasanya nyoklat . makasih mba endang. terus update resepnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, yep, 1 sachet agar2 bisa dipakai untuk 900 ml air jadi saya rasa lebih2 dikit gak masalah kok, malah pudingnya lebih lembut, apalagi pakai krim kental dan susu ya jadi lebih padat. Thanks sharingnya Mba, senang resepnya disuka ^_^

      Hapus
  11. Mbak saya ga ketemu heavy cream apa bisa diganti dg whip cream?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk resep ini tidak ya Mba, pakai susu kental manis saja sebagai pengganti heavy cream.

      Hapus
  12. Mbak boleh tanya krim kental atau double cream bisa dibeli dimana ya? Thx ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di supermarket besar ya seperti car**fur atau lo**te di bagian dairy product, biasanya di lemari pendingin bersamaan dengan keju dan yogurt

      Hapus
    2. kalau boleh tau merk-nya apa mba ? sy juga msh pemula nih...liat komen2 diatas..sy jd tertarik mo coba :)

      Hapus
    3. banyak merknya, misal roselle, elle n vire, avoset.

      Hapus
  13. halo mbak endang, saya mau tanya neh? susu cair itu susu apa nya??? kalo boleh tau merk susu cair nya apa? maklum mb saya lom pernah masak jd gak ngerti sm bahan2nya.hihihi....sebelemunya terima kasih mb....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, susu cair biasa yang kotak ya, merknya banyak banget. Bisa indo**milk atau ultra**milk, atau pakai susu bubuk diencerkan dengan air juga bisa.

      Hapus
  14. Mbak, kalo whip cream yang dlm kotak merk roselle itu heavy cream atau bukan ? Saya ngga bisa bedain :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, yep roselle itu heavy whipping cream, bisa buat cooking, cake atau dikocok menjadi whip cream. saya juga suka pakai itu hehhehhe.

      Hapus
  15. Mbak endang,kalo susu cairnya pakai susu kental manis + air bisa gak?

    BalasHapus
  16. Mbak Endang, pernah buat chocolate panna cotta ga? Kalo pernah bagi2 dong resep nya.. Hehehe
    Aku sudah coba resep chocolate satin puding nya mbak endang, tp kalo aku kurang suka dengan puding yang terlalu encer, pengennya yg lembut banget tapi tetep kokoh..hehe
    Makasi sebelumnya klo permintaanku diijabah..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloow Mba Aini, belum pernah buat Mba, saya rasa mirip puding diatas hanya saja pakai white chocolate ya. Jadi penasaran juga, ditunggu saja yaaa wkakaka, Satin puding memang lembek dan agak encer, saran saya pakai resep puding coklat diatas, lebih nendang.

      Hapus
  17. hii Mba, ini uenak banget dehhh.. Meskipun saya jarang masak berasa jadi jagoan hehe..
    bisa ngadoin mama masakan buatan sendiri yang yahuud, dan semua pada suka. untuk fla nya saya modif nggak pake heavy cream, susu cairnya saya banyakin sedikit biar nggak terlalu manis. tetep creamy.. Top lah mbaaakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, thanks sharingnya ya! senang sekali resepnya disuka. Yep tambahkan susu cair masih tetap enak kok.

      Hapus
  18. hallo mbak endang..
    mbak..sy lg pengen eksperimen niy..klo misal vla coklat ini sy pake isian kya semacam lumpia gitu gmn ya? sy kok jd membayangkan gorengan yg isinya vla coklat dan pisang..bisa kan ya mbak vla ini dibuat agak kental gitu..tetap pakai maizena atau tepung lain ya mbak? maaf ya mbak ngerepotin..pengen eksperime tp apa daya masih amatir..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kalau mau buat crepes /lumpia isi vla coklat sebaiknya gunakan resep vla saja. Sayangnya saya gak punya resep vla coklat tapi kalau yang vanila sih ada ya. Tinggal ditambahkan coklat bubuk saja sesuai selera ya.

      http://www.justtryandtaste.com/2011/07/kue-sus-isi-vla-vanilla.html

      Hapus
  19. mbak, klo semisal g lsg hbs, sebaiknya puding d simpan d mn ya? kulkas ato freezernya? trus sisa krim kental yg udah terbuka, msh bs d simpan brp hari d kulkas? kan mahal tuh mbak, eman2 klo sampe rusak g kepake, hehehe
    ika fitriani-surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puding masuk ke chiller ya mba, bukan freezer.

      krim kental bisa masuk ke freezer untuk dibekukan, saya biasanya tuang ke mangkuk yang ada tutupnya. Misal cup bekas yogurt jadi kalau diperlukan saya sendok seperlunya saja. Bisa berbulan2 di freezer ya

      Hapus
  20. Terima kasih Atas Resepnya. Sungguh Sangat membantu Bagi Saya Yang Sedang Ingin Belajar Memasak Dan Membuat makanan Sendiri.

    Semoga Jaya Selalu JTT

    BalasHapus
  21. Mbak Endang, saya barusan selesai buat pudingnya. Jadi saya mau laporan dan tanya-tanya sedikit. Boleh ya Mbak? Ya? *maksa*

    Tadi setelah sampai rumah ternyata saya lupa nggak beli heavy cream dan cokelat bubuk. Akhirnya saya akali pakai susu entrasol mocca yang saya larutkan dalam 200 ml susu, yang saya buat kuentel banget ^^ gpp ya Mb? Kalau rasa setelah jadinya saya belum tahu soalnya masih dalam proses 'pendinginan'. Tapi 'koret-koretan' sisa puding yang ada di panci rasanya enak sih Mbak, semoga aja jadi. Hehehe...
    Oiya Mb, tadi waktu saya mencampur agar2 sama susu kok agak2 susah ya, agak alot gitu. Apa susunya harus dalam kondisi panas? Karena saya mencampurnya waktu susu baru keluar dari kulkas.
    Terus kalau menggunakan chocolate compound apa bisa Mbak? Apa yang membedakan?

    Terima kasih
    *kiss*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, puding ini sebenarnya bisa dibuat versi simplenya dengan susu coklat biasa saja tanpa double cream, ini resepnya:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/04/puding-coklat-super-nyoklat.html

      mencampur agar-agar sebaiknya dengan sedikit susu di mangkuk terlebih dahulu, aduk dengan sendok hingga larut, baru masukkan ke sisa susu di panci. jangan mencapmpurkan agar2 dengan susu yang banyak karena akan susah larut.

      bisa pakai coklat compound ya mba, sama enakya

      Hapus
  22. hallo mba endang, mau tanya di resep kan pakainya heavy cream, cuma aku cari di supermarket bagian diary product yg ada hanya whipping cream, aku beli merk elle n vir*, kira-kira bs dipakai nggak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ya Mba, heavy cream bisa untuk whipping dan cooking. Atau untuk resep puding ini ada versi lebih simplenya. ini linknya ya.
      http://www.justtryandtaste.com/2014/04/puding-coklat-super-nyoklat.html

      Hapus
  23. hi mba endang. resep sudah berhasil dilaksanakan tetapi kenapa ada rasa pasir2nya gitu ya mba? curiga saya sih bubuk coklatnya sepertinya ga larut sempurna. sy pakai bensdorf

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Mery, bisa cek ke resep ini? Komentar tentang rasa berpasir saya jawab disana,
      http://www.justtryandtaste.com/2014/04/puding-coklat-super-nyoklat.html

      Hapus
  24. Selamatpagi
    Saya mau tanya bu, kalo susunya diganti susu kental manis pakeknya yang ukuran berapa ml ya ? Terus airnya juga berapa ml ?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bisa pakai susu kental manis kalengan (coklat atau putih) atau susu bubuk. Untuk mencairkannya ikuti instruksi di kemasan susu saja Mba, berapa air yang diperlukan untuk membuat 1 liter susu. Tentu saja semakin kental susu cairnya maka puding akan semakin lezat ya

      Hapus
  25. Mba, klo susu cair nya pake yang lowfat bakalan berpengaruh ga? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau hanya susu low fat saja dan gak pakai krim kental keknya merubah rasa, kurang oke ya.

      Hapus
  26. Mba teh vanila ekstrak nm lainnya apa yah? Soalx gak ada di pasar mba. Krim kentalx bisa pake wippy cream?

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip saja vanila ekstrak dan ganti dengan bubuk vanili biasa ya. Krim kental itu sebenarnya whipping cream yang belum dikocok, atau pakai cooking cream juga bisa atau pakai resep ini saja ya lebih mudah.
      http://www.justtryandtaste.com/2014/04/puding-coklat-super-nyoklat.html

      Hapus
  27. mbak endang...resep resepnya yg sdh di eksekusi nendang semua. nugget ayam nampol, puding coklat double cream nendang. donat kentang enak..tapi napah besoknya jadi keras mbak donatnya? semoga ilmunya bermanfaat dunia akhirat yah mbak endang. aamiin .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, yep donat kentang keesokan hari memang keras ya, kalau mau yang tetap empuk coba pakai resep tanpa kentang saja. Ini linknya ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2013/05/donat-kali-ini-tanpa-kentang.html

      Hapus
  28. Mba.. itu resepnya susu yg diperlukan supaya dia jadi lebih lembut 700 ml kaya di ceritanya atau 1000 ml kaya di resep mba? Heavy creamnya tetap 100 ml kan? Mau bikin hri ini. Mhon bantuannya mba. Makasih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai 1 liter/1000 ml susu cair ya, resep sudah saya revisi, hasilnya lebih lembut gak terlalu padat. heavy cream tetap yaaa

      Hapus
  29. Hi mba.. puding ini resmi jd salah satu list bakul andalanku. Setiap jualan pasti ludes ga bersisa. Tapi aq sedikit modifikasi resepnya. Susu cairnya aq pake yg rasa coklat. Begitupun jg dgn vlanya. Dari awal bikin emg takaran susunya udah kulebihin jadi 1 liter susu. Meski ga pake double cream, puding ini sukses nambah pundi2 uang jajanku. Tks mba endang.. God Bless you! :* -farrisah-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Farrisah, thanks ya mba, senang sekali resep puding coklatnya disuka bahkan bsa menambah rejeki. moga makin sukses usahanya yaaa

      Hapus
  30. Emmm keliatanny yummy bgd,lg seneng2ny buat puding drumah tp baru puding yg biasa,pas pgn eksperimen nemu blog mba endang nendang bgd Neeh,mba klo flanya it djadiin isian pudingny bs gk ya mba?tapi flanya putih it gmn caranya ya mbaa,,jadi puding isi fla gitu mba..kalo bisa mau doong mba resepnya,,makasih mba endang cantiik.:).

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba merry, salam kenal ya dan thanks commentnya ya,

      untuk fla sebagai isi puding saya belum pernah coba ya mba, dan seandainya ada resepnya kalau belum dicoba saya gak berani sharing takutnya gagal hehehe. jadi mungkin kalau mau dijadikan isi mba harus trial error sendiri ya

      Hapus
  31. Hai Mba...Kmrn Coba bikin puding ini...Tp dasar lagi error krn hectic nyiapin ultah anak jd aja Si coklat harusnya 200gr Aku masukin 20gr saja...alhasil jd coklat susu deh warnanya. Mba cream nya saya pAke yg merk tatua (whipping cream, nanya ke tokonyaaa heavy cream Yg mana dia bilang sama aja...)... Bener ga sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Reny, waak coklatnya kurang banyak heehheh, gak papa next time di koreksi. Yep, heavy cream merk apa saja oke kok untuk puding ini. Kalau mau lebih mudah pakai resep puding yang satu ini:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/04/puding-coklat-super-nyoklat.html

      Hapus
  32. mba ini untuk susu cair yg 1000ml sama 300ml pakenya susu putih apa coklat ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai susu coklat ya lebih nendang rasanya

      Hapus
    2. Takaran 20gr itu kira2 brapa sdm/sdt ya mba? Maklum ga punya timbangan takaran dirumah hehe

      Hapus
  33. Oya mba resepbdiatas pake agar2 coklat 7g kan ya. Klo pake nutrijell coklat dibungkusnya 30gr mba. Aku punya swallow yg vanila 7gr mba. Jadi lebih baik pake yg 30gr ditambah susu atau pake yg 7gr vanila mba? Makasih mba maaf banyak nanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mas Azam, saya belum pernah cob pakai yang nutrijell coklat 30 gram ya, jadi tentu saja saran saya adalah tetap sesuai resep saya diatas saja ya, takutnya ntar hasilnya beda.

      Hapus
  34. Mbak, whipping cream itu bisa di jadikan cooking cream gak ya?? Mau bikin cream soup tp dari whipping cream, katanya whipping cream bisa diuba jadi cooking cream dgn cara dikasih susu dgn rasio susu:cream = 1:2 . benarkah mbak? Atau ada cara lain mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Della, bisa kok, kalau saya sih langsung pakai saja, encerin pakai air, saya nggak tamnbahkan susu lagi, karena whipping cream sudah tinggi kadar lemaknya.

      Hapus
  35. Hallo mba,, saya baca komen dari atas sampai bawah apa pengganti heavy cream, nah whip cream bubuk biar cair di pakai air dingin atau hangat mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, kalau susah dengan heavy cream, pakai resep puding yang ini saja ya, gak kalah dengan yang pakai krim kok:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/04/puding-coklat-super-nyoklat.html

      whipped cream bubuk saya belum pernah pakai ya, tapi saya rasa ada isntruksinya di kemasan ya.

      Hapus
  36. Mbaa ini pudingnya bisa bertahan brp lama??

    BalasHapus
  37. Mba endang sore mba...kalau heavy cream itu sama dengan "creme excellence whipping cream" sebut merk elle & vire gak ya mba? Trims mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, yep whipping creme dan heavy cream sama ya, keduanya bs dikocok hingga kaku.

      Hapus
  38. Haii mba endang... tank u so so so much atas resep2 mba yg bikinn aq jadi jago masak.. mau nanya nih.., klo cream kental ganti wipe cream bisa kan .. tp wipe cream ny yg bubuk gimna tuhcara nya. Di tmpt ku hampir smua toko yg ku datangin ga jual cream kntal... *huuhu sedih bgt*. Jd gimna tuh caranya... mohon petunjuk ny mba endang.. tengkiuuuuuu bfor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, bisa pakai whipped cream bubuk ya, tpi saya belum pernah gunakan itu jadi untuk caranya lihat instruksi di kemasannya saja ya.

      Hapus
  39. Mba endaaang, saya udah coba resep ini,, enaaaaaak bangeeeet! Lembuuuut pudingnya,, pada sangka pake telur soalnya lembuut bangeeet,padahal ga ya... keluarga suka semua,, baru kali ini nemu blog yang oke bangeeeet!! Makasi ya buat resepnya, ga sabar buat coba yang lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Wenti, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resep pudingnya disuka. sukses yaa

      Hapus
  40. Yuhuu...mbk endang,ni resepnya sy jadikan toplist di project masak sy..liat gambarnya aj ngiler aku,hehe..mbk,kira2 kl ditambahkan gelatin gimana mbk?jdi ala2 pannacota gtu mbk..ak mu coba takut malah ga karuan,tkut g nyatu sm coklatnya..makanya mu tanya sm mbk yg uda master..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba vitha, kalau sudah pakai agar dan pakai gelatin maka ditakutkan puding jdi padat ya. Puding ini sudah cukup padat, jadi kalau mau tambah gelatin maka mungkin mba harus modif resepnya, nah untuk itu saya kurang tahu yaaaa, mba harus trial error hehhehe

      Hapus
  41. Haii mba Endang.. mau nanya, untuk agar2 nya dgn bahan2 yg akan dicampur ini sebaiknya pakai agar2 merk apa ya..? Trimss.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. agar2 merk apapun oke, tapi saya pakai merk swallow globe ya mba. jangan yang nutrijel ya

      Hapus
  42. halo...mba endang ,,, kebetulan namanya sm nih mba hehehehe
    mba aku mau nanya kok pas masak heavy cream sprti ada lemak yg muncul ya ?? pd saat pudingnya dituang lemaknya naik ke atas dan agak terasa mba , itu knp ya mba ?? mohon petunjuk hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya krim/susu pecah karena terlalu lama dimasak dengan suhu tiggi. saran saya pakai api kecil dan rebus hanya sampai muncul letupan saja dipermukaan, bukan sampai mendidih menggelegak ya

      Hapus
  43. mba, resepnya jos gandos markotop bgt, aseli ga kyk puding2 coklat biasany, yg makan lgsg termelet2 hehee, sya bikin tuk ultah ank sya, dtambai air 200ml sperti saran mba di resep satuny, vla nya sya bikin putih ga pke DCC takut eneg, takaran gula jg sya kurangi, wuenaakk pokokny mba, makasih yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mba sharingnya, senang resep pudingnya disuka yaa

      Hapus
  44. salam kenal mbak endang, puding coklat super nyoklat ssudah saya eksekusi didapur...tanpa Vla pun sudah ueeeeeennnnnnnnnnnnnaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget....aku tambahin maizena dikit jadi hasilnya nggak berpasir2 gitu....mau eksekusi yang ini, tinggal nambahin krim kental...mbak, klo krim kentalnya pake wippy cream merk Haan yg bubuk itu boleh g mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, menurut saya kedua resep puding itu sama saja hasilnya ya, tidak jauh berbeda rasanya ^_^.

      boleh pakai krim kental bubuk ya

      Hapus
  45. Mba Endang, saya dirumah punya condensed cream krn salah beli yg harusnya beli condensed milk. Apakah ini sama spt heavy cream mba? Soalnya bingung mau dibuat apa, sayang liat cuma tergeletak di lemari doang.. tengkyu mba. Ajeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ajeng, condensed cream sepertinya mirip evaporated milk ya, bukan heavy cream. Bisa dipakai untuk puding diatas mba.

      Hapus
  46. salam kenal mba, mau nanya nich klo bikinnya pke loyang apa takarannya sama ya? sma mau huat di loyang ukuran 22X22 misalnya, trima kasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saja mba Tessa, untuk loyang bisa pakai loyang apapun ya.

      Hapus
  47. Mba...enakkkkkk banget loh..aq bikin tanpa vla #baca :lagi males bikin vla xixix. Tanpa vla aja udah enak banget apalagi kalau pakai vla. Resep puding coklat yang satunya juga enak tapi yang ini lebihhhhh enak.
    Thanks, mba..keep posting resep yang enak2 yah xx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Marlina sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  48. Mba aku buat pakai susu coklat campur susu putih seadanya di kulkas. Gak pakai DCC tp bubuk cocoanya aku tambah lg. Lg proses pendinginan. Yg tersisa di panci aku icipin uenaaakk bgt mba endaangg. Many thanks mba atas resep resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Nia sharingnya ya, senang puding coklatnya berhasil dicoba, sukses yaa

      Hapus
  49. Halo mbak Endang, saya barusan coba resep puding ini, duh telat bgt kayaknya hehe. Creamy nya aku suka banget mbak, tapi krn keluarga bukan pecinta cokelat dan manis, jadi pada bilang agak kepahitan xixixi. Gapapa, next trial mau saya kurangin cokelat bloknya. Oya mbak mau tanya, saya sempet baca bbrp resep puding mbak Endang, mbak sempet bilang klo maizena bisa bikin puding tambah lembut. Klo krim kentalnya saya ganti pake maizena kira2 hasilnya bakal gimana ya mbak? Mohon pencerahannyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, thanks sharingnya ya, senang resep pudingnya disuka. Coba cek resep silky puding dengan sedikit maizena di link ini:
      http://www.justtryandtaste.com/2017/03/resep-puding-sutera-coklat-dan-pandan.html

      dan versi puding coklat tanpa krim kental disini:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/04/puding-coklat-super-nyoklat.html

      Hapus
  50. Mbak heavy creamnya merk apa yahh.. Trimakasih 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai yang roselle saja, paling murah keknya ya hahhaa. Pakai resep 'puding coklat super nyoklat' lebih irit ekonomis mba, dan rasa gak kalah sm yang ini ya

      Hapus
  51. Mba, aku lagi sukaa banget sama puding coklat yg dibeli di PHD. Teksturnya justru ga kayak puding tp creamy bgt plus rasanya ga terlalu manis. Kira2 resep ini hasilnya mirip gitu ga ya Teksturnya. Krn aku juga suka yg lembut, creamy, nyoklat tp ga terlalu manis. Makasih ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, bekum pernah makan puding PHD, kalau mau puding yg lebih light, coba cek resep puding sutera JTT, googling saja mba

      Hapus
  52. mba endang krim kental itu sma dengan krim yg biasa dipake utk menghias kue tart g?
    klo sm brarti bsa d buat dr campuran mentega putih+gula yg d kocok/d mixer y mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Suci, krim kental disini berbentuk cairan kental dan merupakan kepala susu ya, untuk puding menurut saya tdk bs digantikan dengan mentega+gula kocok Mba. Pakai saja resep 'puding coklat super nyoklat JTT' mba, yang itu gak pakai krim kental dan sama enaknya

      Hapus
  53. Nah ini dia resep puding coklat yang saya cari selama ini, dulu sih pernah nyimpen karena pindah rumah jadinya hilang deh, hehehe
    Makasih infonya ya Kak, saya suka, saya suka : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mba Husna, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...