15 Januari 2013

Potato Chips versi Panggang



Weekend kemarin Said mengundang saya dan dua keponakan saya untuk berkunjung ke apartemennya di Pakubuwono. Iming-imingnya adalah berenang sepuasnya di kolam renang Pakubuwono Residence yang memang keren dengan view yang mantap. Tentu saja tidak ada yang lebih seru bagi dua bocah kecil selain bermain air sepuas-puasnya di kolam renang. Kami pun lantas membuat rencana untuk menggelar piknik di salah satu gazebo yang berjajar di kanan kiri kolam yang sangat luas tersebut. Karena konteksnya adalah piknik maka makanan yang disajikan juga simple, mudah disantap, tidak terlalu berat, dan fun. Chicken wings, spaghetti bolognese, pizza keju, chicken rolls, salad dan kentang goreng menjadi pilihan. Walau berulangkali Said mengatakan delivery order di resto pizza lebih mudah, saya tetap bersikeras semuanya harus homemade. Maka perjuangan berat di mulai, sejak pagi saya pun pontang-panting sibuk mempersiapkan makanan. ^_^



Untungnya pada malam harinya saya telah mempersiapkan sewajan besar chicken wings yang telah dibumbui dan siap saya goreng keesokan harinya. Saus spagahetti dan pizza tidak membutuhkan waktu lama untuk dibuat, yang paling menyita waktu dan hasilnya tidak sepadan dengan jerih payah yang dikeluarkan (menurut Said) adalah chicken rolls, ini gara-gara saya lupa membeli kulit tahu siap pakai, akibatnya saya harus mendadar banyak telur untuk membuat kulit si chicken rolls. Nah untuk kentangnya, saya sudah lama mengincar resep potato chips dari Gordon Ramsay yang terlihat menggoda. Kentang yang telah direbus sebentar dan dibumbui lantas di panggang dalam oven hingga kedua permukaannya kering kecoklatan dan cukup crispy. Bagi anda yang menghindari makanan yang dimasak dengan cara deep fried maka kentang panggang ini bisa menjadi alternatif. Rasanya sangat tasty dan yummy sehingga begitu makanan ini keluar dari panggangan dan selesai saya ambil gambarnya sebentar langsung ludes disikat. 


Pukul 12 siang semua makanan telah siap dan ter-packing rapi di dalam tas-tas kain siap untuk dibawa ke kolam menunggu adik saya dan kedua krucilnya datang. Salah satu meja gazebo di samping kolam bahkan telah saya booking dengan meletakkan sebuah tas berisi handuk dan menyampirkan sehelai sweater di salah satu kursinya. Maklum saja, meja-meja ini laris manis menjadi ajang piknik kala weekend tiba. Hingga pukul dua siang, peserta piknik tak kunjung datang sementara perut saya pun telah keruyukan karena sejak pagi hanya diisi dengan semangkuk yogurt dan manisan buah. Sms dari adik saya mengatakan mereka semua masih terkena macet super parah di daerah mall Ambasador. Cuaca yang mulai mendung sejak pukul satu siang membuat saya dag dig dug karena jika hujan turun maka batallah sudah acara piknik kami di samping kolam. Berulang kali saya melongok dari jendela apartemen, menatap langit sambil berdoa agar mendung segera berlalu namun yang terjadi justru hujan mengguyur dari langit dengan riangnya. 

"Endang, tas kamu kehujanan", teriak Said dari dapur dengan suara ngos-ngosan karena sibuk mengepel lantai dapur yang super kotor. Saya menoleh dengan tatapan bingung karena kepala masih penuh dengan ratapan piknik yang gagal. "Tas apaan"? tanya saya blo-on. "Tas kamu di samping kolam!", balas Said dengan mata melotot. Saya pun menjerit, menyambar kunci dan meluncur turun ke bawah menyelamatkan tas yang saya letakkan di meja gazebo, namun saya masih sempat mendengar Said menggerutu, "Crazy woman". Sial! ^_^

Berikut resepnya ya. 


Potato Chips versi Panggang
Resep diadaptasikan dari web BBC Good Food - Chunky Oven Chips by Gordon Ramsay

Bahan:
- 7 buah kentang ukuran besar
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh merica hitam butiran, tumbuk kasar
- minyak zaitun secukupnya untuk mengguyur kentang (bisa diganti dengan minyak sayur/goreng biasa)

Cara membuat:


Siapkan kentang, sikat kulit kentang hingga bersih, cuci dengan air mengalir. Saya tidak mengupas kulit kentang, jika anda ingin mengupasnya silahkan ya. Belah kentang secara membujur menjadi dua bagian, kemudian masing-masing bagian potong melintang setebal 1 cm. Rendam kentang di dalam air agar warna kentang tidak berubah kecoklatan.

Siapkan panci, masukkan 2 liter air. Rebus air hingga mendidih. Tiriskan kentang dan masukkan kentang ke dalam panci berisi air mendidih. Rebus selama 3 menit saja. Tiriskan.

Masukkan kentang ke dalam panci bekas merebus, tambahkan merica, garam dan kucuri dengan minyak zaitun secukupnya hingga permukaan kentang terlumuri minyak. Aduk kentang hingga semua bumbu dan minyak merata. 


Tata kentang dalam loyang, jaga jangan sampai bertumpukan. Panggang dalam oven dengan suhu 220'C hingga permukaan kentang kecoklatan dan kering.

Balikkan kentang dan panggang sisi sebelahnya lagi hingga matang. Angkat dan sajikan. dengan saus tomat dan saus sambal botolan.  Yummy!

Source:
Web BBC Good Food - Chunky Oven Chips by Gordon Ramsay



20 komentar:

  1. Jadi pingin nyoba :D

    Oia, punten, merica yang dipake harus dua macam ya? Kalo yang ada cuma salah satu aja, apa masih bisa 'jadi'?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Dhiba, pakai salah satu saja oke2 saja kok, masih tetep maknyusss hehehehe

      Hapus
  2. mbak kalo manggang nya suhunya tidak 220'cgimana?

    BalasHapus
  3. mantaphh mbak endang...udah di cobain tanpa merica hitam..tetep mantaph..tandas dalam sekejap..thanks ya mbak..ditunggu resep2 mudah n enak plus murah lainnya...hehehhe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, wah senangnya, jarang yang nyoba resep ini, mungkin karena panggang ya jadi lama prosesnya. sipp, senang mendengarnya. thanks ya ^_^

      Hapus
  4. mbak Endang, olive oil yang dipake jenis apa ya? EVOO, VOO atau yang light?
    thanks a lot, mbak :-)

    --
    Hani

    BalasHapus
  5. mb endang,manggangnya kira2 brp menit? oiya klo diberi taburan peterseli cincang ato oregano kyana enak ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dita, ini chips agak lama manggangnya dan kembali ke oven masing2, karena itu saya gak berani kasih waktu. asalkan permukaanya sudah kecoklatan dan agak kering, angkat saja.

      pakai oregano dan peterseli akan lebih yummy!

      Hapus
  6. Hai mba endang, saya uda coba resep ini. Emang enak mbak. Saya ada bbrp Pertanyaan,
    1. Kentangnya waktu sdh dingin kok Jadinya agak alot ya. Apa tebalnya kurang pas?
    2. Kl misalnya minyak diganti margarine ato mentega bisa gak ? Pengaruh gak ke rasanya?
    Thanks ya mba endang, resep di jtt oke semua d. Aster

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Aster, berikut jawaban saya mba.
      1. kemungikan karena kurang tebal dan kentang terlalu kering dipanggang sehinga jadi kering dan liat kala dipanggang
      2. bisa ya mba, pakai mentega/margarine tentunya lebih enak, kurang saja takaran garamnya ya.

      Hapus
  7. mbak ga punya oveeen huhuhu
    duh aku penasaran ama isinya si pakubuwono residen itu, dari luar aja keren apalag dalemnya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Ferli, yep memang keren banget dalamnya, kolam renangnya terutama ya heheheh.

      Hapus
  8. aduh malah penasaran ma cerita kelanjutannya hehehe :D

    BalasHapus
  9. Ajegile beneran susah kering ini mah mba hehehehe
    Sampe saya tinggalin aja, mandi dulu wkwkwkwk
    Enak dan murah mba. . . :D

    Thx resepnya ya mba. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Risa, yeeep butuh waktu lama yaa, mana kudu dibolak balik lagi biar gak gosong wakakkaka

      Hapus
  10. Halo,
    Saya sudah mencobanya tapi karena saya malas jadi tidak saya panggang di oven melainkan di satay pan seperti punya mbak endang tuh yang dipakai manggang cumi.. Hasilnya tetap enak kok :)
    (Nonyy_Bandung)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nonyy, wah bs juga dipangang yaaa, mantaap. Thnaks sharingnya yaaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...