07 Januari 2013

Ayam Saffron a la Iran



Masakan ini sangat sederhana dalam proses pembuatannya, yang membuatnya menjadi tidak sederhana adalah salah satu bumbu yang digunakannya melibatkan bumbu yang sulit ditemukan dan jika pun ada harganya mahal yaitu saffron. Terus terang jika bukan karena kebaikan hati teman saya, Said yang memberikan rempah khas negaranya ini maka mungkin saya tidak akan pernah merasakan uniknya bumbu masakan bernama saffron. Untuk mengetahui lebih jauh tentang saffron silahkan klik di postingan saya sebelumnya tentang saffron di sini.

Indra pengecap saya cukup sensitif jika berurusan dengan ayam potong, baunya yang aneh sering membuat perut saya memberontak mual. Karena itu biasanya ayam selalu saya proses dengan rempah dan cabai yang banyak dengan harapan bau ayam tidak terdeteksi. Dengan saffron, walau ayam di masak hanya dengan bawang bombay dan bawang putih namun rasanya sangat lezat, aroma dan rasa yang unik dari saffron membuat nafsu makan menjadi bertambah. Saya curiga saat ini saya sudah mengalami kecanduan rempah mahal yang satu ini karena membayangkan rasanya saja sudah membuat air liur saya menetes. Bahaya! ^_^

Saffron kering
Saffron yang direndam dengan air panas


Untuk menggunakan saffron di dalam masakan, umumnya saffron ditumbuk halus dengan menggunakan mortar atau lesung kecil yang biasa digunakan untuk menumbuk obat di apotik. Bubuk halus ini lantas direndam dalam air panas sehingga semua aroma dan rasa keluar, larut di dalam air perendamnya. Air akan berubah warna menjadi kuning jingga yang cantik dan siap digunakan dalam masakan. Cara lainnya adalah dengan merendam langsung helaian saffron di air panas dan menggunakannya di dalam masakan. Saffron yang berasal dari benang sari bunga crocus ini mudah kehilangan aroma dan rasanya karena sangat sensitif dengan perubahan pH, cahaya dan udara. Karena itu saffron harus disimpan di dalam wadah tertutup rapat dan tidak boleh terpapar di udara terbuka dalam waktu yang lama.

Kembali ke ayam saffron. Untuk membuat ayam saffron ini sangat mudah, semua bahan dimasukkan menjadi satu di dalam panci dan direbus dengan api yang sangat kecil hingga ayam matang. Teknik memasak seperti ini membuat semua aroma dan rasa keluar dan menyatu menjadikan ayam saffron ini sangat lezat walau hanya disantap dengan nasi putih hangat. Sayangnya tidak ada rempah lainnya yang bisa menggantikan saffron kecuali dalam hal warnanya yang kuning keemasan. Kunyit, safflower dan anatto, hanya bisa menjadi pengganti untuk warna namun tidak untuk aroma dan rasa. Di Indonesia sendiri penggunaan rempah ini sangat jarang karena sulit diperoleh dan harganya yang relatif mahal.

Ayam saffron, nasi dan bawang putih panggang

Umumnya masyarakat Iran menyantap lauk ini dengan nasi basmati yang memiliki bulir panjang dan tidak terlalu lengket seperti beras lokal umumnya. Berhubung beras basmati harganya sangat mahal maka Said menggantinya dengan beras jasmine dari Thailand yang kebetulan memiliki bulir panjang mirip dengan basmati. Agar bisa menghasilkan bulir nasi yang pulen, lembut namun remah alias tidak menempel satu sama lainnya maka nasi dimasak tidak dengan menggunakan rice cooker melainkan di masak menggunakan panci teflon dengan takaran air yang pas, sedikit garam dan butter. Hasilnya nasi terasa gurih, remah, dimana setiap bulirnya lepas satu dengan lainnya namun tetap pulen dan lembut, terus terang saya sering sekali menggado nasi begitu saja tanpa menggunakan lauk sama sekali karena rasanya yang gurih dan lezat.  

Potongan kentang yang diiris tipis terkadang ditambahkan di dasar panci sehingga kala nasi matang dan dibalikkan di permukaan piring maka tampak irisan kentang yang matang terpanggang menghiasi permukaannya. Sangat cantik sekali. Untuk menemani nasi yang di masak a la Iran ini, ditaburkan buah kering barberries - sejenis berry yang sering dipakai dalam masakan Persia, berwarna merah menyala dan terasa asam - di atas permukaan nasi.

Nah, jika anda mendapatkan kesempatan memperoleh saffron maka tidak ada salahnya untuk mencoba masakan yang saya posting kali ini karena lezat dan sangat mudah di buat. Berikut resepnya ya.  


Ayam Saffron
Resep berasal dari keluarga Said Z.

Bahan:
- 1 ekor ayam, potong menjadi 12 bagian
- 2 buah bawang bombay, rajang kasar
- 6 butir bawang putih, cincang halus
- 1 1/2  sendok teh merica bubuk
- 2 sendok teh garam
- sejumput saffron kering
- 100 ml air 

Cara membuat:


Letakkan saffron di mangkuk atau lesung kecil, tambahkan 1/2 sendok teh garam dan gerus saffron menggunakan punggung sendok atau penumbuk lesung hingga hancur. 

Masukkan saffron ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan sekitar 3 sendok makan air panas, aduk rata dan diamkan selama 5 menit hingga air berubah warna menjadi kuning jingga. Sisihkan. 


Siapkan panci, masukkan 1/2 bagian bawang bombay dan bawang putih, tata di permukaan panci. Letakkan potongan ayam diatasnya. Taburkan kembali sisa bawang bombay dan bawang putih di atas permukaan ayam. 

Taburkan garam, dan merica bubuk, masak dengan menggunakan api sedang hingga bumbu terlihat layu dan ayam mengeluarkan air. Tuangkan air ke dalam panci dan tambahkan larutan saffron. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. 

Tutup panci, kecilkan api kompor hingga benar-benar kecil. Masak ayam dengan api kecil hingga hanya muncul letupan-letupan kecil di permukaan masakan, jaga jangan sampai masakan benar-benar mendidih, karena cara masak seperti ini akan membuat sari ayam dan saffron bisa keluar secara maksimal.

Jika ayam telah matang, cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Masakan ini tidak terlalu berkuah alias nyemek-nyemek saja ya. Angkat dan siap dihidangkan dengan nasi panas. Yummy!

Sources:
Wikipedia - Saffron
Wikipedia - Barberries
    



14 komentar:

  1. pengen bgt nyoba tp syg bumbunya mahal....oya mbak rasa sffon tuch gmn pedes manis asin ato gmn kira2 hehehehe penasaran....mbak mo tanya jg ada tau yg jual ramekin online mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Ratu, yep betul banget hiks. Rasanya sulit diceritakan Mba, gurih dan unik, nggak manis, nggak pedes atau asin, sedikit getir. Ramekin saya beli di Ace Hardware, tapi pernah juga lihat di carefur. Mba Ratu tinggal dimana?

      Hapus
  2. tinggal dipedalaman riau ada sich ace hardware tp 4jam perjalanan dr tempat aku tinggal n jalannya yg berliku2 itu yg bikin aku jadi malas hehehehe....makanya pengen beli online.....kalo dijkt saffon beli dimana yach mbak mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ratu, di Jakarta saya belum pernah coba cari ya, mungkin kudu googling dulu hehehe. Adik saya dulu tinggal di Duri, PKU. Kalau beli apa2 juga beli online heheheh

      Hapus
    2. hehehe...mbak sama aku jg diduri nich bru 6 bln.
      duri termsuk kecamatan plg kaya diindonesia
      adiknya dh gak disini lgi ya....
      yg paling ngeri klo hujan mbak.....dasyat
      mbak endang dh pernah keduri..????
      kmrn dh gooling saffron tp kbnyakan yg jual malaysia...klo ramekin kmrn dh order online mbak di pantry magic hehehe.....

      Hapus
    3. Halo Mba Ratu, sejak 1 tahun lalu adik saya pindah ke Jakarta bersama suami dan anaknya. Saya sudah pernah ke Duri, Dumai juga hehehhe. Saya suka ke pasar simpang di duri wakakaak.

      Hapus
  3. mbak saya pernah tinggal di iran karena kuliah disana. masih ada stok saffron neh jadi mau saya coba.. kebetulan lagi kangen banget sama masakan sana. makasih resepnya. kalo berhasil saya info lagi ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mas aroel, masakan ini super mudah namun dengan saffron keknya apa2 jadi enak hehhehe.

      Hapus
  4. mba Endang maturnuwun resep ayam saffronnya, dan juga masakan Iran yang lainnya saya ingin mencobanya....kebetulan bojoku wong Iran mba, jadi saya punya stock saffron di kulkas meski belom pernah digunakan hehehehee.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dyah, silahkan Mba, masakan Iran sangat simple, mudah dibuat kok, rasanya memang sedap apalagi pakai nasi basmati yaa hehhehe

      Hapus
  5. Hi mba.. mau info.. saffron tersedia di salah satu tbk ternama di daerah fatmawati.. mgkn yg penasaran bs lgsg coba dtg kesana yaa.. anyway thanks resepnya mba.. blm sempet coba tp kyny lezat bgt yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya Mba Yenny infonya, pasti bermanfaat bagi pembaca lainnya ya

      Hapus
  6. Halo mba Endang saya mau coba resep ini. Pertanyaan saya, berapa lama waktu yg dibutuhkan sejak air dan larutan saffron dimasukkan ke panci sampai ayam matang? Bagaimana mengeceknya?

    Thanks mba Endang.

    Riska
    Irak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mb Riska, cek saja ayamnya dengan menusuknya dengan ujung pisau, jika bagian dalamnya sudah nggak berdarah2 lagi dan ayam empuk berrti sudah matang, susah kalau pakai ukurn waktu karena bs beda2 ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...