27 November 2011

Resep Es Krim Mangga


Resep Es Krim Mangga

Kendala utama jika ingin membuat es krim sendiri dengan kualitas selezat Baskin Robins atau Haagen-Dazs adalah tidak adanya alat pembuat es krim khusus (ice cream maker) di rumah. Tanpa ice cream maker maka es krim yang dihasilkan akan memiliki tekstur yang kasar berkristal sehingga mengurangi kelezatannya dan ujung-ujungnya membuat kita agak enggan untuk menyantapnya. Apalagi bagi super maniak es krim seperti dua krucil keponakan saya yang ahli membedakan mana es krim mahal dan mana yang tidak. Favorit mereka adalah Baskin Robbins yang terus terang cukup membuat tekor kocek saya jika mengajak mereka kesana. Namun itu cerita lalu. Cerita yang sekarang adalah ternyata tanpa alat pembuat es krim kita bisa membuat es krim sendiri di rumah dengan rasa yang lezat dan memiliki tekstur super lembut. Selain itu dengan membuat es krim sendiri maka pilihan rasanya pun bisa disesuaikan dengan keinginan dan kratifitas masing-masing. Tidak ada yang akan melarang bahkan seandainya anda menginginkan es krim dengan rasa kedondong atau pare sekalipun. Tertarik untuk membuatnya? Yuk lanjut.... ^_^

Resep Es Krim Mangga
Resep Es Krim Mangga

Awalnya dari iseng-iseng melihat resep di website Nestle-Carnation, saya tertarik untuk mencoba ketika menemukan resep es krim yang proses pembuatannya tanpa melibatkan alat pembuat es krim. Walaupun saya akui ditilik dari bahan-bahan penyusunnya maka kalori yang terkandung di dalamnya pasti selangit. Yeach, mana ada sih es krim lezat yang bebas akan lemak dan gula? Rahasia es krim tetap lembut walau menggunakan metode yang sederhana adalah pada penggunaan krim kental sebagai bahan utamanya. Krim kental yang dikocok hingga kaku dan membentuk puncak lembut ini lantas ditambahkan bahan-bahan seperti susu kental manis, vanila ekstrak dan jus dari buah-buahan segar. Resep di web menggunakan ekstrak aneka buah berry, namun di resep yang saya tampilkan ini saya menggantinya dengan puree mangga yang kental. Hasilnya adalah es krim mangga dengan tekstur super lembut dan super yummy! Walau di luar hujan deras mengguyur dan suhu di rumah Pete terasa dingin menggigit namun tidak menghalangi semangat saya untuk mengudap es krim. 

Resep Es Krim Mangga
Resep Es Krim Mangga

Sebenarnya, kalau saya boleh ber-flash back ria,  saya pernah mencoba membuat es krim dengan resep ini. Kala itu saya menggunakan strawberry sebagai campuran buahnya. Sayangnya akibat teknik pembuatan yang melenceng dari jalur resmi,  es krim strawberry yang saya buat walaupun lezat rasanya, namun teksturnya kurang smooth sehingga merusak tampilannya. Ini gara-gara krim kental yang telah capek-capek saya kocok hingga kaku dan membentuk soft peak saya tambahkan gula pasir ke dalamnya karena khawatir akan rasa es krim yang kurang manis. Hasilnya krim yang telah kaku justru mencair dan membentuk butiran-butiran kecil yang sangat mengganggu. Gula pasir memang seharusnya ditambahkan pada jus strawberry dan bukan pada krim yang telah kaku dikocok. Pengalaman masa lalu memang berharga, karena kali ini es krim mangga yang saya buat berakhir dengan sukses.

Resep Es Krim Mangga

Terus terang saya akui, versi strawberry-nya lebih lezat karena terasa asam manis segar, dibandingkan dengan mangga yang hanya terasa manis saja. Jika anda ingin es krim yang lebih bertekstur maka sebaiknya buah mangga tidak perlu diblender hingga halus namun cukup anda lumat dengan garpu saja. Atau masukkan potongan-potongan kecil mangga ke dalam adonan sehingga es krim menjadi tidak terlalu plain. Lain kali sepertinya saya akan mencoba lagi versi strawberry-nya. ^_^ Ingin tahu resepnya? Yuk langsung saja ke dapur.


Resep Es Krim Mangga
 
Mango Ice Cream
Resep diadaptasikan dari web Nestle Carnation - Berry Ripple Ice Cream

Untuk 1 liter es krim

Bahan:
- 500 ml cream kental
- 400 ml puree mangga (pastikan mangga benar-benar masak dan manis rasanya)
- 1 kaleng susu kental manis
- 1 sendok teh vanila ekstrak
- 2 sendok makan air jeruk lemon

Cara membuat:

Resep Es Krim Mangga

Haluskan mangga menggunakan blender hingga menjadi bubur yang lembut. Jika mangga kurang manis tambahkan gula ke dalam jus hingga tercapai rasa manis yang diinginkan. Sisihkan.

Resep Es Krim Mangga

Siapkan mangkuk mikser, masukkan krim kental. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga krim menjadi kaku dan membentuk puncak yang lembut. Masukkan susu kental manis, air jeruk lemon dan vanila ekstrak, kocok hingga agak kaku (kondisi krim tidak sekaku sebelum di tambahkan susu kental manis dan vanilla ya, jadi jangan mengocok krim terlalu lama karena berdasarkan pengalaman seorang teman krim justru menjadi pecah dan terpisah antara lemak dan air). Jadi kalau krim telah terlihat mengeras dan tercampur baik segera matikan mikser.

Resep Es Krim Mangga

Siapkan wadah dengan tutup yang rapat dan cukup untuk menampung ice cream. Tuangkan krim kocok ke dalamnya. Siram mangga di atas permukaan krim, kemudian dengan menggunakan spatula atau sendok aduk adonan dengan gerakan berputar hingga jus mangga membentuk motif lingkaran-lingkaran di antara krim. Jangan mengaduknya terlalu kuat atau terlalu lama hingga mangga tercampur rata dengan krim sehingga tidak ada alur motif yang tercipta. 

Resep Es Krim Mangga

Tutup wadah rapat-rapat dan masukkan ke freezer hingga beku. Jika es krim telah membeku sempurna, keruk dengan sendok ice cream dan taruh di gelas saji atau ice cream cone. It's so yummy!

Sources:
Website Nestle-Carnation - Berry Ripple Ice Cream



197 komentar:

  1. mb, kalo ditambahin jus alpukat bisa gak ya?

    BalasHapus
  2. Halo Mba Chanti, jus alpukat bisa-bisa saja, hanya saja pengalaman bikin es krim pakai alpukat rasanya kok pahit ya hehehe.

    BalasHapus
  3. blognya bagus banget. ctrl+D deh. hehehehe. selama ini cm bikin sorbe aja, ga tau gmn bikin es krim yang smooth, sekarang ada yang jual tuh adonan utk es krim, tapi kok rasanya kurang maknyus... pasti dicoba mbak... ty so much for sharing...

    BalasHapus
  4. Halo Bro Rian & Mba Mima, thanks atas commentnya ya. Saran saya jika mau mencoba membuat es krim ini menggunakan buah stroberi, rasanya yang asam segar membuat es krim tidak cepat eneg. Stroberinya di masak dahulu dengan gula pasir hingga lumat, tidak perlu ditambahkan air. Kalau mau es krim yang halus, saring rebusan stroberi dan gunakan jusnya saja. Tapi kalau saya lebih suka kalau masih ada serat-serat stroberinya. Dinginkan stroberi hingga benar-benar dingin baru gunakan sebagai campuran di krim kocoknya. Selamat mencoba ya ^_^

    BalasHapus
  5. hai mbaaaa...
    waaaaah mudah sekali yaaa mbaaa hehe
    mbaa td kan saya suda mencoba resep embaaaak
    nah kok setelah di tambah susu dan vanila kok mengerasnya sulit yaaaa ..gmana ya mbaa? terima kasih

    BalasHapus
  6. Halo, ya memang ketika susu dan vanila masuk maka krim menjadi tidak terlalu keras seperti semula. Awalnya saya juga ragu, tapi ketika dibekukan di freezer hasilnya bagus2 saja. Pengalaman teman di kantor justru karena merasa krim nggak terlalu maka dikocok sampai sangat lama, akhirnya justru krim pecah dan terpisah antara lemak dan air. Jadi kocok saja hingga susu, vanila dan krim tercampur baik, adonan kental. Hantikan mengocok. Bagaimana rasanya? Lembut nggak?

    BalasHapus
  7. pengen bikinnn......ngilerrr,mana sini doyan semua sama es krim.nemu resep es puter juga siy,lebih ribet,tertantang juga,tp entah kapan eksekusinya :)

    BalasHapus
  8. Hahaha, Mba Dian ke rumah saja yuk, tuh es krim mangganya masih utuh gak ada yang makan. Semua lagi diettttt, pusyiiing.

    BalasHapus
  9. Hallo mb salam kenal...
    seneng bnget waktu nemu resep ice yg gag ribet nie ...blum coba sich ... gag tau nanti bs sukses gag bikinx ... mau tanya2 nie mb tuk cream kental itu sama dengan whipped creamx yah trus pake cream kentalx yg diary ato non diary??? minta ijin copy paste resepx yah mb ... rencanax klu bikin berhasil mau share di bloq quw nie mb .... thanks a lot mb ....

    BalasHapus
  10. Halo Non Artika, krim kental sama dengan whipped krim ya tetapi bukan yang dalam bentuk krim semprot dalam tabung. Beli saja krim kental yang double cream (diary) seperti merk Elle n Virre atau Roselle, dalam kemasan kotak kertas. Untuk es krim diatas saya pakai merk Roselle. Semoga berhasil ya ^_^

    BalasHapus
  11. Salam mba, trims ya atas sharingnya, great blog!
    Saya senang sekali bisa dapat resep ini kelihatannya very easy dan sangat kebetulan saya n keluarga suka sekali es krim, sering bikin sih tetapi terasa ribet banget jd agak2 malas gitu, kadang hasilnya lembut kadang keras tetapi seringnya keras dan kasar padahal pakai ICM. Selama ini saya gunakan wheapcream bubuk yang dikocok bersama air es hingga kaku, nah kira2 bisa ga yah pada resep ini saya gunakan kream bubuk tsb, kelihatanya lebih murah bila dilihat cost-nya... :))
    Mohon pencerahannya.....thanks mba!...
    Salam....

    BalasHapus
  12. Halo Jeng, saya belum pernah mencoba menggunakan whipcream versi bubuk, hanya saja logikanya kalau setelah dikocok bisa kaku seperti whipcream versi cair maka pasti bisa dipakai untuk membuat es krim seperti ini. Kalau sudah dicoba tolong di sharing ya heheheh. Makasih.

    BalasHapus
  13. mba salam kenal, seneng dengan resep2 yang mba posting, beberapa udah saya coba dan ueenaak ^_^
    kayaknya seleranya sama, seneng pedes, seger, berkuah dan ikan hm nyammmm...
    o iya mau tanya mba, ini es krimnya langsung dimasukin frezer aja ya(ga dikeluarin trus dikocok lagi kayak buat sorbet gitu)
    dari eko (saya perempuan lho *hehe soalnya suka dipanggil mas)

    BalasHapus
  14. Halo Jeng Eko, salam kenal ya. Yup betul, langsung masukkan freezer saja. Karena pakai krim kental yang telah dikocok, saat membeku tetap lembut. Gampang kan hehehe. Thanks ya atas komennya.

    BalasHapus
  15. lapor mba, udah dicoba, dan enak hihi, sempet ragu stelh ditambah susu,ga bs kaku lg, tapi takut ngocok kelamaan (secara whip creamnya mahal euy disini 55rb/lt) tp nekat aja masukin frezer, alhamdulillah jadi
    oh iya mba kpn2 tolong posting tiramisu dong mba, katanya skrang mascarpone bisa diganti cream cheese (maskarto ini kn mahhhhalll) maturtengkyu ya mba -eko-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Eko, sipppp thanks atas laporannya hahaha. Itu dia kendala gak coba tiramisu karena mascarpone-nya mahal mau diganti maspaino takut gak jadi hahahaha. Okeh, nanti saya coba cari resep yang oke ya, saya juga pengen coba tiramisu. Thanks ya! ^_^

      Hapus
  16. mbak krim kntal itu apa ya? kalo dipasaran mbak pake yg mrk ap ya?
    komala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Komala, coba baca komentar-komentar diatas ya, saya sudah jelaskan mengenai merk krim kental ini dipasaran. Thanks ya.

      Hapus
  17. Halo mbak..
    Kenalkan, saya krisna (saya perempuan lho).
    Saya sudah coba resepnya. Tapi saya pakai whip krim bubuk yang dikocok pakai air es. Hasilnya? Jadi.... Makasi resepnya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Krisna, salam kenal dan thanks atas sharingnya ya. Wah,saya belum pernah coba whip krim bubuk. Tapi senang ternyata berhasil juga. Sukses ya!

      Hapus
  18. hallo mbak, nama saya boni, mau tanya untuk merk krim kental apa saja ya selain President, Elle n Virre, Roselle ? di toko bahan kue ada ga ya? Kalo merk Risch bagus ga ya? thanks ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Boni, krim kental di pasaran umumnya bisa dipakai untuk membuat es krim ini, saya tidak terpaku dengan salah satu merk. Umumnya di supermarket besar dibagian dairy meals atau di toko bahan kue yang menyediakan frozen food dan bahan makanan terbuat dari susu. Saya rasa Risch oke kok ^_^

      Hapus
  19. hai mbak,kemaren saya nyoba pake kream merk roselle merah
    jadi sih mbak cuman kok rasanya mbelenek ya

    atau salah kremnya ya mbak? soalnya ada semacem lagi yang warna kuning kemasannya...

    maksih sebelumnya loh mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, mungkin merk krim kental yang digunakan memoengaruhi rasanya ya. Saya biasa pakai roselle, elle n vire, dan president, nah menurut saya rasanya sama saja hehheheh, cuman memang roselle harganya paling murah ya.

      Hapus
  20. pshal saya udah berapa kali nyoba,pertama pake krim bubuk (ini jelas salah sekali karna jenis krim non diary)
    soo saya beli krim rossele merah dan di kemasannya tertulis kalo dia di subtitute ..kalo menurut pengertian saya krim ini sbnernya krim non dairy yg rasanya mirip krim kental...

    btw thanks ya mbak ,mbak baik banget deh....selalu menjawab semua pertanyaan saya....sekali lagi makasih ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, nah saya belum prnah coba pakai krim bubuk, selama ini saya pakai krim juga gak lihat2 itu dairy atau non dairy wakkakak, parah juga saya ya. Main hajar saja, wakakka, kalau lihat harga krim murah langsung ngiler wakakka. Mungkin harus pakai yang merk President ya? katanya sih bagus.

      Hapus
  21. duh...hebat banget sih Mba...bisa bikin ice cream maknyus gitu.....
    ijin copy ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Stroberi lebih maknyussss Mba ^_^

      Hapus
    2. Mba kl mau pke stroberi dimasak dl ya mba trus dikasih gula (aku baca jwban mba diatas) ^_^ yg mau aku tanya gulanya itu biar rasa stoberinya manis ya mba atau dikit aja spya tetap asam??

      Hapus
    3. halo mba, yep stroberi dimasak, boleh kasih gula boleh ngak ya, karena es krim ini sudah sangat manis, saran saya stoberinya gak perlu dikasih gula, supaya ada rasa asam2 gitu hehhehe

      Hapus
  22. salam mbak...makin seneng otak-atik resep di dapur setelah nemu blok mbak endang. meskipun cape tapi begitu resepnya berhasil amblas capenya. nah kalo resep ice cream ini mangganya bisa diganti coklat ga ya?secara anak-anak pada doyan coklat. trus takarannya seberapa. pake mangganya nunggu musim mangga taon depan aja wakakak. thanks ya mbak resepnya. mau segera nyobain.
    luluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Luluk, es krim ini sangat fleksible banget, jadi untuk rasanya bisa menggunakan macam2, pakai strobery + gula yang dimasak hingga hancur juga enak Mba. Pakai coklat blok yang diencerin juga maknyus, atau coklat bubuk coba 3 sendok makan coklat bubuk. Masukan coklat bubuk bersamaan dengan susu kental manis dan kocok hingga tercampur baik.

      Hapus
  23. holla mb endang....
    suka banget sm blognya...
    seperti wikipedia masak2 deh....komplit banget...
    sehat selalu ya mb..aku ijin nyontek resepnya...mumpung mangga di rumah lg buah banyak....^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Mimie. Sip silahkan dicoba Mba, moga suka ya ^_^

      Hapus
  24. Halo mb salam kenal... baca2 blok ny mb jd pengen ubek2 dapur trs... haha..
    Mb kalo bikin es krim coklat pakai coklat blok ya pakai susu kental manis kah? Secara suami suka banget es krim coklat... hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba NIa, skip saja susu kental manisnya gpp kok kalau pakai coklat blok leleh.

      Hapus
  25. Mau tanya mbak bedany cream diary n non diary apa? Trus kl blender mangga d tambah air ga?skm nya apa bisa pake 1 kaleng carnation?maaf ya banyak tanya soalny saya masih pemula d dunia perdapuran Hέe:p•Hέe:p•Hέe:p.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, keduanya sama2 krim ya dan bisa dipakai untuk baking. Bedanya dairy cream memiliki rasa lebih lezat, manis karena kandungan lemak lebih tinggi, tapi sayangnya krim jenis ini gak oke untuk topping atau hiasan cake (sebagai krim kocok) karena tidak bisa tahan lama membentuk pola, alias mudah meleleh di suhu ruang. Merk: Elle n Vire, Roselle, President

      Kalau non dairy cream, kandungan lemak lebih sedikit tapi krim ini cocok untuk dikocok hingga kaku dan dipakais sebagai cake decorating atau sebagai isi kue sus, karena tahan lama, gak leleh di suhu ruang. Kalau buat masakan/puding/atau cake dimana krim nggak dikocok, sebaiknya pakai yang dairy cream karena rasanya lebih nendang. Tapi kalau mau buat dekorasi dimana krim dikocok kaku sebaiknya pakai yang non dairy ya, merknya yang saya tahu Avorset.

      Hapus
    2. Untuk resep diatas bisa pakai kedua jenis krim ya, baik dairy atau non dairy karena kondisnya kan dibekukan.

      Blender mangga yang matang nggak perlu pakai air ya.

      SKM bisa pakai 1 kaleng kok Non. ^_^

      Hapus
  26. Kl m rasa coklat pake coklat blok yang ud dilelehkn ap nunggu dingin baru d campur k kocokan krim?tp bukannya kl ud dingin nanti coklatnya ud ga leleh lg ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waak iya, jadi keras kembali coklatnya. Wahh saya jawab gak mikir, pakai SKM coklat saja Mba, pengganti SKM biasanya kalau mau lebiih coklat lagi tambahkan juga coklat buubuk. Thanks ya koreksinya.

      Hapus
  27. Makasih mbak ilmunya...
    sangat bermanfaat,
    Nice Blog mbak ^_^

    BalasHapus
  28. nyoba bkin sorbet dong mb... kan mnim lemak tuh :)

    BalasHapus
  29. Mba endang saya dewi.. mw tanya kalo fungsi nya air jeruk lemon utk apa yaa? Utk rasa aja atau utk mempengaruhi tekstur? Isa di skip ga ya? Makaciiiih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dewi, hanya untuk rasa saja ya, skip saja kalau tidak ada, nggak papa kok ^_^

      Hapus
  30. Mba kalau SKM diganti dgn susu segar dan gula bs mba?

    BalasHapus
  31. setelah makan ini berat badan naik dalam 3,.....2,.......1
    tapi klo ngaduk krimnya pakai hand mixer bisa kan mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, aduh saya bikin es krim ini sampai berbulan2 dikulkas, mau saya makan kok ya serem kalorinya hiiikss. bisa pakai hand mixer mba,

      Hapus
    2. kalap gara2 liat whip krim (roselle merah) soalnya baru kali ini ada toko yang jual langsung beli walau lumayan mahal, sampai rumah jadi bingung mau diapain seperti biasa ngecek JTT ada resep ini tapi pingin rasa strawbery (mumpung ada yang jual) jadi sya mau tanya mbk, kalo pakai strawbery takaran strawbery dan gula nya berapa dan kalo dimasak dulu dikasi air ga? trus kalau pake nangka bisa ga?

      Hapus
    3. pakai saja 250 - 300 gram stroberi dengan sekitar 5 sendok makan gula pasir mba, masak tanpa air ya, sampai stroberi lumer, hancur dan kental, memg lebih enak pakai stroberi ya

      Hapus
  32. Hai mba... Mau tanya nih, ini ice cream nya utk brp orang ya? Mau buat 1 resep ini cuma takut g cukup, tapi takut juga berlebihan kalo buat 2 resep.. Kira2 aja, 10 scoop ice cream sampe g mba 1 resep? Mohon info ya mba... Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadinya sekitar 1 liter es krim ya, nah 1 lter es krim untuk berapa orang dikira2 sendiri saja ya, karena bisa beda2 kan porsinya.

      Hapus
  33. Halo mbak, liat pembuatannya ga ribet, jd pengen nyoba.
    Kalo misalnya mau bikin rasa vanila pake apa ya mbak? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip saja mangganya dan pakai vanila ekstrak, campur saat mengocok krim kental

      Hapus
  34. eeeeennnnnaaaaakkkk banget ice creamnya

    BalasHapus
  35. helo mbak,
    makasih yaaaa resepnyaa ^^
    saya sudah coba bikin pakai strawberry yang dimasak dgn gula. krimnya pakai krim bubuk merk Haan. hasilnya enaaaaakkkk... sip deh pokoknya. es krim gini bisa tahan berapa lama ya mbak dalam freezer?

    dan kalau boleh mau tanya juga, andai ada kelebihan krim, apa bisa disimpan? cara simpannya bagaimana dan tahan berapa lama?

    makasih.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, es krim bisa tahan sampai 1 bulan di kulkas. Kelebihan krim yang belum dikocok harus ditutup rapat dan tidak bisa tahan lama di chiller, paling sekitar 1 minggu ya.

      Hapus
    2. mbak, mau tanya lagi :D

      untuk mangga ini kan hanya diblender saja. tapi kalau strawberry apa memang harus dimasak dgn gula? kalau strawberrynya hanya diblender saja pengaruh atau tidak ya mbak? makasih..

      Hapus
    3. enaknya memang stroberi dimasak dengan gula, karena asam ya, kalau mau langsung dipakai segar bisa saja kok

      Hapus
    4. mbak....mau nyambung nanya, habis dimasak strawberrynya trus diblender atau langsung dimasukkan ke adonan ya?
      trus harus disimpan di wadah tertutup atau bisa dicetak di cetakan es lilin gitu ya mbak? maap banyak nanya

      luluk

      Hapus
    5. Saya gak blender stroberinya Mba, karena setelah dimasak akan hancur lumat, jadi setelah dingin langsung saya campurkan dengan kocokan krim.

      Bisa masuk cetakan es lilin ya. Bisa pakai cetakan apa saja, silahkan tanya kalau kurang jelas ya

      Hapus
  36. pake durian bsa gak mbak?

    BalasHapus
  37. Mbak Endang, Mbak Endang, Mbak Endang....utk kesekian kalinya saya nyoba resep di blog keren ini dan utk kesekian kalinya berhasil pake banget..saya udah coba versi stroberinya mbak. Hasilnya? Subhanallah...eskrim murah rasa mahal...wuenak mbak...poooollll..tenan sumpah.walopun bikinnya sambil nahan ngantuk krn udah jam10 malem, nunggu si kecil bobo dulu. Tp seakan terbayar pas besok paginya nyicip,,baru satu sendok rasanya kayak fly,,kayak gak percaya sy bs bikin es krim rasa mahal gini.hehe
    Makasi ya mbak,,,jgn bosen baca komen2 sy yg suka agak didramatisir hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ira, wakakak ikutan senyum2 waktu baca. Senang sekali resep2 di JTT disuka dan sukses kala dicoba. Thanks sharingnya ya Mba, moga percobaan resep berikutnya sukses juga yaaa. ^_^

      Hapus
  38. mb..nanya lagi yah. saya suka bingung mencari whipped cream ini. pernah liat merk rosela tapi judulnya cream supreme (for whipping and ...). yang ini bukan ya yg dimaksud whipped cream.
    luluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Luluk, yep rosella adalah salah satu contoh whipping cream ya, saya juga suka pakai.

      Hapus
  39. Mbak endang, saya mau tanya kalau taburan diatas es krim seperti pada gambar itu terbuat dr mangga yang diblender kemudian di bekukan ? Atau mangga utuh langsung dimasukan freezer ? Terima kasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk taburan mangga saya pakai mangga segar dipotong2 Mba hehhehe

      Hapus
  40. kalau pakai cokelat (cooking chocolate) bisa ga mba? apa gulanya harus dikurangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai cooking coklat yang dilelehnya, gula tergantung selera ya, bisa dikurangi bsa sesuai resep.

      Hapus
  41. Assalamu'alaikum. mbak endang saya udah bikin rasa coklat dengan 2 versi. versi pertama pake coklat bubuk yang dicampur begitu saja. yang kedua versi dcc yang dilelehkan. semuanya ennnnaaak. tapi yang versi pertama bau coklat bubuk hehe....nah saya mau bikin lagi yang versi coklat pasta dari coklat bubuk nih. nti klo berhasil saya lapor lagi ya. semoga berhasil.
    kalo mau bikin yang versi putih (vanila) gimana mbak endang. tambahannya apa ya soalnya ada yang alergi coklat.thaks ya mbak endang yang baik hati
    luluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mba Luluk, thanks sharingnya ya, untuk rasa vanila skip mangganya saja, tambahkan sekitar 2 sendok teh vanila ekstrak pada krim kala dikocok ya.

      Hapus
    2. halo mba endang, aku mau laporan hasil eskrimku ya, versi coklat pasta dengan coklat bubuk, maknyus.
      kemarin sempat nyari-nyari krim kental yang ada label halalnya, weleh2 susah bingit. merk anchor kemasan kecil muahal. akhirnya nemu greenfield yang kemasan 1 L jatuhnya lebih murah. dan untuk hasil terbaik ikuti petunjuk di kemasan.
      beberapa kali hasil eskrimku pecah karena pas ngocok krim kentalnya di suhu ruangan, harusnya dalam kondisi sedingin mungkin. Nah hasil yang terakhir ini yang bikin aku loncat kegirangan pas ngerasain hasil jadinya. lembyuuut banget.
      trimakasih mb endang sekali lagi.

      Hapus
    3. Hai Mba, wah ikutan happy es krimnya berhasil di coba ya! Thanks sharingnya ya!

      Hapus
  42. mbak endang.. kalo vanila extract nya digantu essens vanila bisa gak?

    BalasHapus
  43. Mb endang krim kental yg udh dbuka dttp rapat dimasukkan frezer ato chiller mb...trs klo mau buat rasa coklat susu kental manisnya bs ga diganti yg coklat trs aku kasih cklt bubuk bensdrop 4 sendk kira2 pait apa tmbh nyoklat bgt? Jeruk lemon dganti jeruk nipis bs ya mb makssih mb
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yeni, saya suka pakai krim yang non dairy cream, selama ini kalau sisa saya masukkan ke freezer. Saya malah suka simpan krim kental di dalam stoples plastik bekas yogurt, saya bekukan di freezer kalau perlu tinggal sendok seperlunya saja, selama ini baik2 saja Mba. Silahkan pakai coklat, kayanya bensdorp gak pahit ya., Yep, lemon bisa diganti jeruk nipis ya atau skip saja mba.

      Hapus
  44. Mb endang aku pingin nyoba ini tp dikit aja dlu takut gagal soalnya harga krimnya mahal bgt klo pake elle.vire yg paling kecil 150 ml yah kira2 susu kental mnsnya brp mb hklo mau.dtmbhin coklat bubuk jg.brp sendok mb makasih mb
    cello jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba cello, susu kental manis fungsinya utuk memberikan rasa manis di es krim, jadi takarannya kembali ke selera saja ya. kalau hanya 150 ml coklat bubuk sedikit saja mba, sekitar 1 sendok teh, kebayakan ntar pahit ya

      Hapus
  45. Wahhhh ajaib mb aku.bisa bikin ice cream yg uenaaaaak super lembut (lebay) hehehe seneng.bgt.mb bisa sukses...awalnya sih takut gtu sampe2 aku ngocoknya didepan kulkas yg aku.buka takutnya pecah krn suhu ruangan yg panas hehehe tp sayang mb aku bikin rasa.coklat aku pak DCC udh aku lelehkan pas udh dingin aku aku masukkan ke krimnya ehhh ga taunya pas udh beku.coklatnya jd keras lg jd klo mkn ada grenjel2nya tp spal rasa enak BGT
    makasih ya mbk
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba yeni, wakakkak iya ya, kalau pakai DCC jadi keras, pas baca ini saya langsung mikir, apa pernah ya saya kasih saran pakai DCC, jangan2 saya pernah wakakkak.Mati daahhh

      thanks sharingnya ya mba, lain kali pasti akan lebih oke ya

      Hapus
  46. Mba ini krim kental nya merk apa ya?

    BalasHapus
  47. Mbak endang.... Sukses bikin ice creamnya. Kata org rumah, lebih enak dr pd wa*** hehehehe.

    Btw mau nanya, kl skmnya dikurangi pengaruh di tekstur gak? Kan aku bikinnya rasa coklat pake dcc, ada yg bilang kemanisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak papa Mba, kurangi saja SKM nya ya. Pakai DCC bisa Mba? Setahu saya pakai coklat bubuk ya, kalau pakai DCC bukannya jadi keras ya?

      Hapus
  48. Assalamu'alaikum, klo whipped cream yg halal merkx apa aja ya mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, saya rasa roselle halal ya, untuk merk lain saya kurang begitu tahu dan cermati kotak kemasannya.

      Hapus
  49. Hey mbaaaak
    Aku mau tanya, krim kentalnya sblm dikocok 500ml yah? Beli yg kemasan 500ml gt?
    Mangganya brp buah ya mbak untuk jd 400ml puree? Kira2 brp kg atau brp buah mangga?
    Mbak aku sbnrnya masih kurang paham loh sama soal krim kental. Kalau yg dipakai diresep ini aku insyaallah tau, soalnya pernah pake roselle jg untuk bikin frosting kue.
    Tp mbak kl heavy cream atau krim kental yg biasa dipakai untuk masakan asin seperti yg mbak pakai di resep cheesy schotel itu krim kental apa mbak? Beda lagi kan mbak? Mereknya apa mbak dan cari dmn?
    Makasih mbak... ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Bella, berikut jawaban saya ya.

      1. yep krim kental sblm dikocok 500 ml
      2. berapa buah mangga sepertinya sekitar 2 buah mangga arumanis ya
      3. roselle bisa dipakai untuk resep ini, dan krim kental lainnya yang dikemasannnya ada tulisan untuk whipping cream
      4. semua jenis heavy cream/krim kental bisa untuk masakan kok, walau sebenarnya yang untuk masakan menggunakan krim jenis cooking cream, tapi saya suka hajar bleh saja hahhah, karena memanfaatkan whipping cream di kulkas. Merk lainnya seperti Elle n Vire, President, Avoset. Banyak disupermarket besar

      Hapus
  50. Lapor boooos
    Td subuh habis sahur lgsg praktek eskrim ini, aku pake creamnya merek anchor, coklatnya pake milo bubuk 3sdm, soalnya adikku ingin kyk eskrim McD hahaha...
    ENAK BANGEEETTT mbak. Sempet ragu dan degdegan... taunya pas barusan berbuka, subhanallah enaknyaaa...
    Makasih ya mbak endang :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakkakak, pasti sedap banget buka puasa dengan es krim coklat yaa, Mantap! thanks sharingnya ya Non Zsabella!

      Hapus
  51. mba endang, kalo pake kiwi gimana ya? apa perlu dimasak seperti stroberi jg?
    - umi -

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Umi, yeppp sepertinya harus dimasak sebentar yaa

      Hapus
  52. hai all,, beli kream nya dimana dan merk nya apa yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, bisa dibeli di supermarket besar ya, merk macam2, saya biasa pakai roselle, avoset atau elle n virre

      Hapus
  53. mba saya iseng pake krim kental kiloan kok gagal ya?
    pas dimakan tekstur es krim nya cuma kayak krim coklat dibekuin
    apa ga cocok ya?
    mohon bimbingannya mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, saya rasa mungkin kualitas krim kentalnya, saya belum pernah pakai jenis kiloan.

      Hapus
  54. Mba Endang, Salam kenal ya dari Lisna, saya suka banget blog masak mba ini, lengkaaap kap kap udah gitu resepnya yang saya suka cuma belum praktek semua. Insya Allah nanti pengen coba es krim ini kalo udah beli creamnya. Atau saya ingin coba fantastic ice creamnya.. sama mba senang beli pisang sunpride disc 50% yang suka ada di supermarket dekat kantor. Thanks ya mba resepnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah senang sekali resepnya disuka. Thanks ya sharingnya Mba, moga es krimnya ini sukses dicoba yaaa

      Hapus
  55. Mba endang, aku td udah ke pasar, smua bhn dah lengkap ni utk buat es krim tp lemon gak nemu,, yg ada jeruk nipis.. Gmna mba, dskip aja lemon nya apa dganti sm jeruk nipis? Mksih mba endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, pakai air jeruk nipis saja gak papa kok, air jeruk fungsinya untuk memberkan rasa balance supaya gak melulu manis saja, tapi ada asem2nya juga hhhehehhe

      Hapus
    2. Makasih mba endang atas jwban nya.. Td siang emg pas buat aku ksh jeruk nipis... Skrg es krim nya msh di freezer blm beku, lama jg ya mba dr jm 12 siang td.. Tp udah aku sendokin brpa kali & alhamdulillah enak, manis ada asem2nya jg,, sukaaa deh sm rasa nya.. Besok pagi mgkin pas benar2 beku bs lebih enak lg.. Thanx ya mba endang atas resepnya...

      Hapus
    3. Mba endang ,,, resep es krim ini oks bangeeet,, yummyyyy banget ngeeet.... Aku jd pgn jualan mba ^_^ ada gak mba takaran nya gmna kl mau buat es krim ini dgn rasa coklat & vanila... Trma kasih mba endang.

      Hapus
    4. thanks ya, untuk rasa vanila skip saja mangga dan tambahkan vanila ekstrak. Untuk rasa coklat pakai bubuk coklat ya saat mengocok krimnya, jangan menggunakan coklat blok leleh karena akan keras saat dingin

      Hapus
  56. Mau tanya mba,, sisa whippceram yg dsmpan di freezer thn brpa lama mba? Makasih mba endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sisa whippping cream yang masih cair kan ya Mba? bisa sampai berbulan2 lamanya heheheh

      Hapus
  57. Oooh oke mba,, aku mmg pernah baca mba pernah nulis gitu,, tp kmrin pas bc dikemasan " habiskan dlm 3 hr " .... Tk mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau disimpan di chiller yep hanya 3 hari. kalau di bekukan bisa berbulan2

      Hapus
  58. mb endang salam kenal..saya dila dri bali ,,mau nanya,,apakah whipcrem elle n vire itu halal? soalny nggak ada logo halalny...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba adila, sayangnya saya juga kurang tahu ya, jadi saya kembalikan ke keyakinan masing2 ya

      Hapus
  59. Halo Mba... saya Ita... seneengggg banget nemu blog ini... awalnya nyari resep smoothies sayur buah eehh semakin diulik-ulik blognya malah nemu resep2 menarik dan nemu resep buat home made ice cream.. pengen nyoba,, sepertinya mudah ya mba.. Thank you for sharing..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ita, salam kenal ya. thanks sharingnya ya, moga sukses dengan es krimnya hehhehe

      Hapus
  60. Mba endang,, slm ya buat ponakan2 mba yg suka baskin robin, toss deh sm kyk aku hehehh... Tp mmg kudu mikir seribu kali krna hrganya yg mahaaal bgt mnurut aku yaah ahhahah.,, seneng bs ktmu resep mba, praktis&yummyyy bgt.. Kl pgn bikin yg rs cheesecake gmna ya mba? Mangga di ganti cheese cream ya mba, takaran nya brpa byak ya mba?. Maaf mba aku gak bs masak, jd banyak nanya hehehh,,, mksih mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, hehheh akan saya sampai kan salammya ya, nahh saya sendiri belum pernah bikin rasa cheesecake keknya mesti browsing ya, karena takaran dan kompsisinya pasti beda ya

      Hapus
  61. Hallo Mba, kalau krim diganti santan kental gimana ya, bisa ngak?
    perbandingannnya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, sayang sekali krim kental tidak bisa digantikan dengan santan, karena santan tidak akan kaku dan kembag ketika dikocok

      Hapus
  62. Mba, klo pake vanila bubuk bisa? pengen bkin rasa vanila tpi ada nya yg bubuk. makasi ya mbaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mba, pakainya jangan banyak2 ya, 1/4 sdt cukup saya rasa. soalnya vanila bubuk suka pahit kalau kebanyakan

      Hapus
  63. Kan kan kan ngiler kannnnnn!
    Semua bahan lengkap ada dikulkas, tapi yang jadi pertimbangan itu freezer kulkasku "kadang-kadang" ngeri gak keras2 es krimnya :'(
    Tapi nanti deh aku coba kalo malesnya lagi pergi, hihihihi *laporannya segera menyusul Mbak Endang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayu, mungkin jangan terlalu tebal es krimnya saat dibekukan ya, supaya keras hehehe

      Hapus
    2. Sudah di eksekusi Mbak...
      Sesuai saran Mbak, aku bikin tipis2 saat dibekukan, jadi deh 3 tupperware. Sesuai saran Mbak lagi, aku bikin pakai stroberi, tapi lupa gak direbus stroberinya, langsung aja aku blender mentah2 sama gula 3 sendok, gulanya kebanyakan jadi kurang asem-asem gitu.
      Suamiku request rasa coklat nih mbak, menurut mbak lebih menyarankan pakai DCC atau coklat bubuk aja? Untuk takarannya berapa untuk 250ml krim kental (separuh dari resep Mbak), makasih Mbak :)

      Hapus
    3. kalau rasa coklat, pakai coklat bubuk mba, dan pakai susu kental manis yang coklat ya. Kalau pakai DCC jadinya ntar keras coklat DCC nya tobat dah. coklat bubuk pakai 1 s/d 2 sendok makan deh

      Hapus
    4. Kl monbuat rasa coklat, vanilla ekstraknya di skip gk? Makasih mba Endang

      Hapus
  64. Mba, pengen nyoba bikin rasa green tea ni (kebeneran lgi ada bubuk green tea nya) pake nya sama kya pake coklat bubuk ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Eliez, yep pakainya sama seperti pakai bubuk coklat ya.

      Hapus
  65. Mba endang kl ada waktu aku mau donk mba endang tulis resep gelato? Penasaran mba, ktnya mirip es krim cm lbh enak.. Thank u sblmnya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk membuat gelato harus menggunakan ice cream maker atau mesin pembuat es krim mba, itu yang saya gak punya,, gelato teksturnya lebih keras dan padat tapi lembut dan creamy ya.

      Hapus
  66. hai, blog ini emang paling top soal resep :) saya kesulitan nemu scoop ice cream nya. kira2 beli di mana ya kayak model scoop di atas? saya beli di pasar umum kok pas di scoop jadi nya ga bulet ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, thanks ya. scoop diatas saya beli di Ace Hardware. Setahu saya di spm besar banyak yang jual scoop sejenis. Kalau mau bulat cantik, rendam scoop sebentar dengan air hangat baru digunakan untuk scoop dan harus ditekan kuat dan diputar agar es krim membulat cantik.

      Hapus
  67. Halo, Mba Endang.
    Mau tanya nih, kalo pake whipped cream bubuk non diary, kira kira berhasil gak ya? Funsi perasan jeruk lemon dalam ice cream tersebut apa ya? Mohon di jawab. Terima kasih
    Diajeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai whipped cream bubuk, dairy dan non dairy gak masalah untuk resep diatas mba. Perasan jeruk untuk memberikan rasa sedikit asam saja, skip saja kalau tidak ada.

      Hapus
  68. mbak endang,mau tanya,krim kental yg dipake,bisa pake krim kental bikinan sendiri yg ada di resep fetucini with mushroom,smoked beef&white souce gak ya?mau bikin tp bahannya adanya cm yg buat bikin krim kental sndr...thanks before,cemara

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, sayangnya nggak bisa ya, krim kental yang ada disini beda dengan krim buatan sendiri untuk resep fettucini mushroom. krim untuk es krim mangga ini harus whipped cream, cream kental yang bs dikocok hinggga kembang dan kaku.

      Hapus
  69. Awalnya search resep mangga untuk menghabiskan stok mangga yg masih berlimpah di kulkas, akhirnya bela2in beli krim kental di supermarket untuk eksekusi proyek es krim ini.
    Guampang banget bikinnya dan hasilnya enaakk pake poll. Bangganya bisa bikin es krim seenak merk eskrim terkenal, bahkan lebih enak :9
    Adonan saya bagi 3 mbak, rasa coklat dari susu kental manis, rasa mangga spt resep jtt, dan rasa strawberry. Semuanya enakk
    Keep sharing mbak endang. Gak nyangka bikin es krim enak ternyata semudah ini. Love it! Thank you..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, waah mantap tuh aneka rasa yaa, hheheheh. memang membuat es krim sendiri gak susah ternyata, walau gak punya ice cream maker tetap bs membuat es krim sendiri yang enak dirumahh. Thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  70. Mba mau tanya, klo mau buat es cream rasa coklat, vanilla, stroberi yg lembut bgt pakai bahan apa yah yg bagus dan gmna cara baik nya.? Saya udah sering buat. Tp masih kurang lembut mba.. mohon di bantu yah mba. Hehe makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Abdul, kalau mau bikin es krim yang real es krim maka tentu saja harus pakai mesin pembuat es krim ya, dan bahan2nya pun tidak sederhanya seperti diatas. Biasanya es krim seperti itu mengandung kuning telur. Saya sendiri belum pernah coba karena terkandala alat yang saya nggak punya.

      kalau pakai krim kental kocok sseperi diatas, menurut saya sudah sangat lembut ya, karena basic es krim terbuat dari krim kocok, untuk rasa tinggal dissuaikan saja, kalau coklat sebaiknya pakai coklat bubuk dan susu kental manis coklat.

      Hapus
  71. Mba Endang,
    Ngiler banget sama home made ice cream nya,
    Kebetulan punyanya whipped cream bubuk merk haan isi 200gr.
    Nah yg mau aku tanyakan berapa takaran whipped cream yg harus dipakai untuk resep ice cream ini, mba?
    Makasih sebelumnya ats jawabannya ya mba Endang :)
    -Eka-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba eka, sayangnya saya nggak pernah pakai whipped cream bubuk ya mba, jadi menurut saya ikuti instruksi di kemasan saja, berapa ml krim kental yang dihasikan dari sebungkus whpped cream bubuk.

      Hapus
    2. Alhamdulillah mba Endang,
      Es krim ku jadii jugaa (dgn whipped cream bubuk), dan berhubung jadi nya lumayan banyak ku bagi jadi 4 rasa, vanilla, coklat, mangga dan mocca, teksturnya lembuutt sekali, tapi untuk rasa kenapa agak pahit ya mba? Ini karena faktor whipped cream bubuknya atw karena vanilla yg kebanyakan ya mba? (Aku salah baca resep, 1sdm kutuang untuk vanilla essent nya :d)
      Mohon pencerahannya mba Endang.
      Makasih ;)

      Hapus
    3. hai mba eka, wah mantap kayanya ya, thanks sharignya ya. Saya sendiri pakainya vanilla ekstrak yang warnanya coklat kental seperti madu, selama ini pakai banyak nggak pahit. Tapi kalau vanilla essence lain kemungkinan bs pahit, next time coba kurangi saja jadi 1 sdt mba.

      Hapus
    4. Oo gituu, ku coba pakai vanilla ekstrak kek mba Endang punya dehh,,
      Berencana mo bikin lagi hari ini, penasaran klo belum sukses bikin nya nih mbaa..
      Makasih pencerahannya ya mba Endang ^^,,

      Hapus
    5. kurangi saja takaran vanila essencenya mba, supaya gak pahit, tetap bs dipakai kok mba

      Hapus
    6. Mba eka pake berapa gram whip cream bubuknya untuk satu resep ini?
      - Merry

      Hapus
  72. Malam mbak endang, saya salut mbak sabar banget ngejawab semua pertanyaan Dari 2011 sampe 2015... Sukses terus mbaaakkk... BTW, saya fans mbak loh ^_^ -anggi,bandung-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba anggi, thanks sharingnya ya mba, dan thanks juga sudah menyukai JTT yaa. sukses selalu juga untuk Mba ya

      Hapus
  73. Siang mba endang... Mba mau nanya, pertanyaannya mlenceng Dari rsepnya.. Hehehe.. Mba kalau mau bkin cheese cake yg unbake,sebaiknya pake cream kental yg mana ya?dairy atau non?merk apa y mba?makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba kebetulan belum pernah buat cheesecake yang unbake, tapi saya rasa krim kental kedua jenis bsa dipakai. hanya saja saya lebih suka pakai yang non dairy karena gak cepat meleleh di suhu ruang ya

      Hapus
  74. Pagi mbak, kalau pakai cooking cream elle n vire bisa nggak? Aku punya stok cooking cream yg expired april bulan depan,sayang kalau dibuang.
    Makasih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama itu adalah heavy whipping cream alias bisa dikocok menjadi whipped cream maka bs dipakai ya mba, karena cooking cream kan macam2 jenisnya ya, ada yang heavy (bisa dikocok kaku karena kandungan lemak tinggi) atau light (hanya untuk masakan dan saus). kalau jenisnya light maka tidak bs dipakai untuk es krim diatas

      Hapus
  75. Mb Endang, resepnya uda kucoba hehee berhasil bgt, enak, anakku suka bgt, cm kubuat stawberry n choco flavour, Mb, kl misalnya pengen es krimnya ada tekstur kerasa es nya gmn ya mb, apa boleh ditambah es yg diblender bersama buah trus baru dicampur ke adonan es krim ya? abis suamiku sukanya yg kyk gt, cm aku bingung mau gmn buatnya. Thx. (Lena-Ptk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lena, thanks sharingnya ya mba, coba tambahkan seidkit susu cair ke dalam adonannya ya, supaya lebih sedikit keras teksturnya. saya belum coba cara ini tapi kemungkinan bs membuat teksturnya lebih kaya es

      Hapus
    2. oo gt ya, wah hebat mb Endang bisa kepikir sampe ke situ hehehe, trus susu cairnya ditambah wkt adonan uda sls dimixer ato dimasukkan bareng2 skm baru dimixer? Thanks infonya mb. (Lena-Ptk)

      Hapus
    3. hai mba lena, coba susu cairnya masukkan sedikit demi sedikit ke adonan yang sudah jadi dimikser ya, sambil diaduk perlahan. Jangan langsung dimasukkan banyak2 ya, supaya krim gak kempes.

      Hapus
  76. Mba Endang kalau misal whipping cream nya pecah karna kelamaan dikocok mikser, bisa dibuat apa ya??Harus dibuang ya??Trus masih mau nanya lagi untuk bubuk coklat atau bubuk2 lainnya dicampur dengan whipping cream lalau dimikser gitu ya?makasih mbak sebelumnya. (Sita)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba sita, pakai buat puding saja mba, dicampur sama agar2 dn gula, gak bs dipakai buat lainnya ya. Jangan dibuang ya, sayang.

      yep, campur di krim dan dikocok sampai pekat ya,

      Hapus
  77. Hallo mbak Endang. senangnya nemu resep ice cream ini. Jadi pengen coba buat. Mbak kebetulan lg byk durian dirumah nich. Klo mangganya diganti durian, ukurannya sama nggak ya mbak? Apakah duriannya perlu direbus dulu? Perlu ditambahkan gula nggak ya, krn susu kental manisnya kan udah manis. Mhn infonya mbak. Maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Rafa, bisa pakai durian ya mba, takaran durian disesuaikan dengan selera saja ya, makin banyak tentunya makin enak wakkakak. Menurut saya daging durian gak perlu direbus mba, dilumat kasar saja saja dan diaduk bersama adonan lainnya, gak perlu tambah gula di durian ya mba. es krim ini sudah manis dengan susu kental manis ya

      Hapus
  78. Hai mbak Endang,
    Aku suka bgt cari2 resep di blog mbak, karena rata2 resep yg mbak post udah melalui proses trial error jadinya ketika saya coba aplikasikan resep mbak di dapur saya ngga ada sama sekali yang gagal. Resep yg jadi favorit saya cheesy macaroni schootel dan risoles amerika, saya ikuti resepnya mbak dengan sedikit modifikasi dan hasilnya sangat memuaskan :D makasih mbak endang.
    Oh iya mbak saya mau tanya utk resep es krim mangga ini puree mangga nya bisa ngga saya ganti pakai jus kemasan macam buavita? Soalny blender di rumah lg rusak, saya berniat ganti mangga blender nya dg jus kemasan saja.
    Mohon infonya mbak, makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Husna, thanks ya sharingnya ya. senang sekali resep JTT sukses dicoba dan disuka.

      Untuk es krim mangga ini, jangan ganti puree mangga dengan jus kemasan ya mba, hasilnya akan beda. Jus kemasan mengandung banyak air, akan membuat es krim menjadi keras. Kalau susah membuat puree mba bs hancurkan saja daging mangga dengan garpu atau ganti dengan strawbery dan buah lain juga oke. Tidak harus diblender ya, selama bs dihancurkan dengan garpu atau cincang halus maka bs digunakan. salam

      Hapus
  79. mantep..pengen nyoba..untuk si kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ya mba anita, moga si kecil suka yaa

      Hapus
  80. Hai mba endang
    Seneng bgt dpt ilmu bikin eskrim dr mba, apalg yg dr pisang hihihi. Makasi ya mba buat ilmunyaaa . brmanfaat bgt!

    Oya mba, aku mau tanya, stlah kita brhasil buat eskrim yg endes lagi nyummy hihihi, gmna sh mba caranya spy eskrim kita gak cepet mncair? :'(

    Aku pngn usaha jual eskrim homemade, tp blom trealisasi karena eskrim gampg cair druang trbuka..
    Ada tips kah mba? (Klo bs yg praktis dn ramah dompet hihihi :D )

    Thanks before, mba. Sukses selalu ya💋

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Ummi, thanks ya sharingnya, senang sekali resepnya disuka.

      untuk es krim sayangnya selama ini saya selalu simpan di freezer ya mba, es krim tidk bs dibiarkan di udara terbuka. Jadi kalau mba mau jualan es krim kayanya harus siap2 mesin pendingin juga ya.

      sukses selalu!

      Hapus
  81. Mbak endang....aku campur pakai Nutella :
    - taruh nutella di mangkok ..ambil sedikit whipped cream yg sdh dikocok, aduk rata ....baru tambahkan semua sisa cream
    - lalu taburin choco chip...aduk lagi....dan .....jadi Nutella Ice Cream Choco Chip

    Thanks mbak...enaaak deh

    Tapi udh aku simpan 2 hAri di freezer kok gak bisa keras spt ice cream ya mbak?.....teksturnya kaku tapi tidak keraa

    Bgm supaya bs lbh keras mbak?

    -blog nya okeeee bingiitss :-) *

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, thanks sharingnya ya, supaya lebih keras coba di adonan sebelum whipped cream masuk ditambah sedikit susu cair ya.

      krim kental kocok memang tidak akan keras ya walau di freezer ya.

      Hapus
  82. hai mbak endang, salam kenal...
    kalo boleh tau jadinya kira-kira seberapa banyak ya ice creamnya?
    baca jwban mba diatas supaya jadinya agak keras kan ditambahin susu ya, susunya seberapa banyak kira-kira ya mba ditambahinnya?
    mohon dijawab ya mba, thanks... (putri)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba putri, salam kenal ya. mungkin sekitar 1 liter ya, saya sendiri nggak ngukur, hanya kira2 saja dri porsi bahan.

      penambahan susu cair saya sendiri belum pernah lakukan mba, tapi mungkin selitar 100 s/d 200 ml ya, harus trial error

      Hapus
  83. Mba endang... dengan 500ml cream kental, setelah dikocok apakah akan mengembang menjadi 750ml atau bahkan 1liter es krim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. plus bahan2 lainnya ya, karena ada susu kental manis dan mangga juga. tapi krim kental memang akan mengembang banyak ketika dikocok

      Hapus
  84. Mbak kalo mau bikin es krim nya yang rasa oreo cookies and cream bagaimana ya?
    Oreo dihancurin dulu sebelumnya trus masukin pas trakir2 diaduk pake spatula aja?
    atau oreo utuh dimasukin blender pas krim dikocok bareng skm ya??

    O iya 1 lagi mbak kalo es krim rasa salted caramel kira2 gimana ya resepnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lely, saya sendiri belum pernah coba tetapi menurut saya dihancurkan, dimasukkan terakhir dan aduk pakai spatula ya. Nah untuk yang es krim salted caramel saya belum punya yaa heheh

      Hapus
  85. Hai mbak Endang salam kenal, saya nyasar ke sini setelah sukses bikin ice cream metode whip cream (dari YouTube) penasaran, bisa ngga pake whip cream bubuk ehh kebawa ke sini hehe...Ternyata menurut teman2 di sini bisa yaa mau coba ahh, karena meski enak terlalu berat berlemak dan buat lidah saya kemanisan.
    Saya turunkan level of sweetness dengan menambahkan 3/4 kaleng susu cair, hasilnya ok pas manisnya.
    Ice cream pertama yang saya buat, Cookies n' Cream, 20 keping Oreo dihancurkan kasar saja dan dimasukkan terakhir. Sukses. Pengen nyoba pake potongan brownies hmm...
    Yang kedua Chocolate Ice Cream, utk 500ml cream, saya kasih 1 cup bubuk coklat yang dicampur ke skm, maklum penggila coklat, itupun ternyata kurang nyoklat buat saya hehe..
    Btw setelah intip2 resep di blog ini, wahh banyak ilmunya, akan jadi pengintip reguler nih. Makasih udah boleh komen, salam dapur ngebul :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, salam kenal ya, thanks sharingnya disini. Wah makasih info es krimnya yang maknyuss ya, next time kalau ada waktu saya pengen coba juga hehehhe. Thanks yaa

      Hapus
  86. permisi saya mau tanya donk, saya mencoba bikin memakai whip cream tapi jadinya malah bukan ice cream tapi mousse, apa ada yg salah? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, wah sy bingung juga ya, krim kental walau tidak dikocok sampai kaku ketika masuk freezer beku loh, kaya es krim, jadi mungkin freezernya mungkin ya.

      Hapus
  87. Alhamdulillaah, sudah praktek resep Ice Cream ini. Whipping cream bubuk saya mixer dgn susu UHT ;)

    Terima kasih banyak, Mba Endang Indriani. Ilmu bermanfa'at yang dishare pahalanya luar biasa, insyaAllaah.

    Ida Zip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mb Ida, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. Sukses yaaa

      Hapus
  88. Mba Endaaaaang...resepny udah kucoba...daaan berhasiiiiil....aku pake whip cream bubuk...vanila ekstrakny aku skip...tp ttep maknyuuus...yg satu rasa mangga..satunya lg oreo...eheheee...tp lbh suka yg versi buahny...thx mba Endaaang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Ditz, thanks ya sharingnya, senang sekali resepnya disuka. Yep setuju saya juga suka yang rasa buah hehehhe, lebih segar yaa

      Hapus
  89. Haiiii mba Endang, yang semua resepnya bener beneeer enndaaang 😍 ini rania (lagi) hahaha, sebelum berjuang dengan RVC versi kukus yang mau kupanggang besok, aku tadi buat ini biar ada mood boosternya ^^
    Padahal alesan, aslinya gerah banget cuacanya, hahaha
    Enaaak banget mba eskrim nya, sayangnya mangga yabg matang sisa 1, jadi berasa kurang Mango, tapi teteeeeep ngabis ngabisin sekian mangkok. Tobaaat!!
    Aku pakai krim kental non dairy, halus lembut, tapi ga bisa kelamaan di luar freezer. Next ma:coba versi yang dairy pasti lebih joss ^^
    Sehat terus ya mba, kizz kizz

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Rania, thanks sharingnya ya, menurut saya rasa stroberi yang asem2 mungkin lebih sedap dibanding mangga hehehheh, biar gak melulu manis ya. Memang lebih enak yang dairy cream tapi kalau urusan cepat meleleh keduanya sama, next time tambah susu cair saja supaya agak keras ya

      Hapus
  90. Hai mbk Endang, kalo misalnya mangga diganti kacang merah bisa ga ya? Kalo bisa, perlu diblender sampe halus apa alas hancur aja?
    Makasih...

    BalasHapus
  91. Gara gara nemu resep ini....tiap bulan 1L whipcream disulap jadi es krim...anak2 stop beli walls...emaknya makin berat bb nya... Thx ya mb Endang..GBU..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya ya mba, senag resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  92. hallo mba endang,
    salam kenal. Wow resepnya ..hmmmlooks yummy. Mba endang mau tanya sebenarnya kita bisa gak buatkrim kental sendiri? Tks and makin sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba sharingnya, sayangnya saya belum pernah bikin krim sendiri ya, seharusya bisa, kalau pakai susu segar maka ketika susu didiamkan krim akan mengapung diatas, krim ini yang kemudian dipisahkan dari cairan yang lebih bening dibawahnya. sayangnya saya kurang tahu apakah krim ini bs dikocok higga kaku

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...