19 November 2011

Resep Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau


Resep Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau

Anda penggemar sambal cabe hijau ala Padang? Jika ya, berarti kita memiliki kegemaran yang sama akan sambal pedas namun sering membuat ketagihan ini. Jika dulu sambal cabai hijau hanya disajikan sebagai salah satu pelengkap di rumah makan Padang, kini peranannya mulai bergeser dan merambah ke aneka makanan lainnya, yang paling ngetop tentu saja bebek goreng sambal cabai hijau. Walaupun sebenarnya sambal ini sangat fleksibel jika dipadu padankan dengan jenis lauk lainnya, misalnya saja disiramkan ke atas ikan selar yang digoreng garing, seperti yang kali ini saya sajikan. Sambal yang terasa asam, pedas, asin memang pas sekali disantap dengan ikan selar yang gurih dan crispy. Tentu saja untuk menyantapnya anda membutuhkan nasi sebakul, karena sambal yang pedas ini membuat nafsu makan tambah dan tambah lagi. ^_^

Resep Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau
Resep Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau

Dulu sebelum saya mendapatkan resep sambal cabai hijau dari asisten adik saya ini, seringkali saya bertanya-tanya, bagaimana caranya membuat sambal cabai hijau selayaknya di resto. Mereka-reka sendiri dan beberapa kali mencoba hasilnya kurang memuaskan. Hingga suatu kali adik saya bercerita, jika Rupini, asistennya yang membantu pekerjaan di rumah Duri, belajar membuat sambal cabai hijau dan aneka masakan ala rumah makan Kapau dari asisten tetangga yang asli Minang. Entah apakah resep sambal ini sama seperti yang dijual di warpad alias warung Padang, yang jelas rasanya memang mantap ditambah lagi proses membuatnya juga sangat mudah. Seperti yang saya tulis di atas, sambal ini sedap untuk menemani ayam, bebek, ikan, tahu dan tempe yang di goreng atau bakar. Tertarik untuk mencobanya di rumah? Berikut resepnya ya.  

Resep Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau

Ikan Selar Siram Sambal Cabe Ijo
Resep dimodifikasi dari Rupini

Bahan:
- 1/2 kg ikan selar, siangi dan bersihkan

Bumbu ikan goreng, haluskan:
- 1 sendok teh ketumber
- 1 ruas kunyit
- 1 1/2  sendok teh garam
- 1 butir bawang putih

Bahan & bumbu sambal:
- 100 gram cabai rawit hijau, buang tangkainya.
- 5 butir bawang merah, kupas dan belah dua
- 10 buah tomat hijau kecil, iris tipis
- 1/4 sendok makan garam
- 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 3 sendok makan minyak untuk menumis 

Cara membuat:

Resep Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau

Siapkan ikan selar, siangi dan bersihkan. Beri bumbu yang dihaluskan, lumuri hingga rata dan diamkan semlama 15 menit. Panaskan wajan dengan minyak agak banyak dan goreng ikan hingga kering. Angkat dan tiriskan. Sisihkan ikan.  

Membuat sambal cabai hijau

Resep Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau
Resep Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau

Siapkan panci kecil, beri 1 gelas air dan rebus cabai rawit hijau hingga lunak dan matang. Angkat dan tiriskan.   

Siapkan wajan, beri minyak dan tumis bawang merah dan tomat hijau hingga matang dan lunak. Angkat. Haluskan cabai rebus, tomat dan bawang merah menggunakan cobek, biarkan agak sedikit kasar. 

Resep Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau

Dengan menggunakan wajan bekas menggoreng tomat, tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan garam dan kaldu bubuk, aduk rata. Tumis hingga semua bahan terlihat menyatu, tidak perlu terlalu lama dalam menumis. Angkat dan masukkan ke mangkuk. Kucuri sambal dengan air jeruk nipis, aduk rata.

Resep Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau

Tata ikan selar goreng di piring dan siram dengan sambal. Selar siram sambal cabai hijau siap disajikan. Yummy!



16 komentar:

  1. Halo Mbak Endang,
    wah kebayang deh pedasnya...kebetulan kmr sy baru bikin sambel ijo padang dgn 10 butir cabe hijau, 3 butir cabe rawit hijau, 1 bawang putih, 2 tomat ijo, 5 bawang merah, gula, garam, micin (ikut resep found by google search). Wuih! ternyata jauh lebih enak daripada beli di warpad biasa (kebanyakan kulit cabe doang). Makannya sama ikan kembung goreng bumbu, tumisan tempe kacang panjang sama irisan mentimun, ampe merem melek dah! Senangnya lg, kalau di warpad luar biasa kan 1 piring sambal aja bisa diganjar 5000 perak, ini cabenya boleh metik di depan rumah hehehe. Next sy mau cobain resep Mbak deh yg kalo gak salah sambel ijo masak ayam ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang Mba, bisa-bisanya ya sambal cabe ijo mahal benerrrr padahal bikin sendiri gampang banget dan nendang habis. Waaaaa, makan ini sampai keringat menetes dan butuh air segentong hahahhaha. Yummy! Itu cabe depan rumah keknya sangat menggiurkan hehehhe

      Hapus
  2. mbak, saya minta sarannya dong.
    saya diminta bikin sambal cabe hijau untuk 100 orang.
    kira2 kalo resep ini pake berapa resep mba?
    trus kalo di cobek kan pegel pasti mba...boleh diblender gak?
    makasih ya mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Paulina, resep yang saya buat ini cukup untuk sekitar 10 orang ya, jadi kalau untuk 100 orang bisa dibuat sekitar 8 -9 kali resep ya. Ini pedes banget sambelnya, saya kira tidak semua kuat untuk makan banyak2 hahaha. Bisa diblender tapi jangan sampai halus, gunakan kecepatan paling rendah saja. Soalnya sambal cabe ijo kan enaknya agak kasar2 gitu ya. Selamat mencoba ya.

      Hapus
  3. heheh makasih mbah tipsnya ^o^ nanti mau dicoba dulu satu resep...

    BalasHapus
  4. Mba endang mau tanya dong.. saya tinggal di luar negeri dan sulit dapetin tomat hijau. Kebanyakan tomat merah bisa gak diganti? Ngaruh ke rasa gak mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, memang bisa diganti tomat merah hanya saja nantinya gak jadi sambal hijau lagi ya, kalau mau pakai cabai hijau besar dan cabai rawit hijau, supaya asam dikash perasan jeruk nipis. mantap

      Hapus
  5. Alhamdulillah sukses mbak 😍 kmrn sore dieksekusi, bikin set resep, gada tomat ijo..tomat merah set matangpun jadiiiiiii...makan malam jadi 😊😊😊😊😊
    Makasi mbak Endang resepnya😘😘😘
    Lav Lav Lav this blog 😍😍😍

    Arum
    Solo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Arum, thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya disuka, yep tetap mantap dengan tomat merah, plus bikin yang super peddesssss heheheh.

      Hapus
  6. Halo Mba Endang, kalau cabenya dicampur cabe hijau yang besar-besar, itu tetap enak nggak? Supaya nggak terlalu pedas mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, saya juga sering pakai cabai hijau besar supaya banyak sambalnya. tetap enak ya

      Hapus
  7. Halloo Mb Endang,,, kalau cabe rawit nya diganti cabe hijau besar semua, apa prosesnya sama cabe direbus dulu? Soalnya anak sy penggemar sambal ini tp ga suka pedas,matursuwun Mb. Anie

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep mba Anie, harus drebus ya mba, ini untuk menghilangkan bau langu cabai juga.

      Hapus
  8. Siang mbak Endaaang...
    Laporaaan abis kemaren buat soto betawi hari ini buat ikan goreng sambel ijoo, belum dicicipin sih, ntar nunggu buka, tapi yakin pasto manteeepp..
    Makasih mbak Endang, engkau penyelamat dikala bingung 'masak apa hari ini yaaa' tinggal buka daftar menu JTT , scroll scroll, pilih mana yg ada bahannya, jadi deeeh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Lestia, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka. Wah saya ngiler bacanya. pengen makan selar cabai ijoooo duuuh hehehehe

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...