09 November 2011

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)


Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Tart nan renyah dengan lapisan coklat di atasnya ini memang sangat lembut, halus dan lezat, tak heran jika diberi nama dengan French Silk. Walaupun saya tahu kalorinya pasti selangit mengingat komposisi utama bahan pengisinya adalah mentega, telur dan gula, namun itu semua tidak membatalkan niat saya untuk menyantap satu slice pie. Tedy yang sedang berdiet dan mati-matian fitness untuk menurunkan berat badanpun tak kuasa mengabaikannya, berdua memulai hari di pagi itu kami menyantap tart coklat yang yummy ini. Lupakan sejenak alat timbangan badan yang hampir gepeng karena tiap hari diinjak, lupakan sejenak cuaca mendung di awal hari yang membuat rasa ogah untuk ke kantor, karena  ketika lumeran coklat yang lezat berkolaborasi dengan gurih dan garingnya si kulit tart maka dunia terasa begitu indah. Lebay? Ya iyalah. ^_^

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)
Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Secara keseluruhan membuat tart ini sangatlah mudah. Untuk jenis tart dengan isi/filling yang tidak dipanggang seperti ini maka digunakan kulit tart yang manis, padat dan renyah, tujuannya agar kulit tidak lembab dan lembek saat harus menahan isi yang basah. Kulit tart tipe ini biasa disebut dengan sweet pie crust atau Pate Sucree, merupakan jenis kulit pie/pastry yang memiliki tekstur renyah seperti cookies. Berbeda dengan jenis kulit pastry lainnya, Pate Sucree menambahkan sejumlah gula dan telur ke dalam adonannya untuk menciptakan rasa yang lebih manis dan tekstur yang lebih lembut. Proses pembuatan adonannya hampir sama seperti ketika anda hendak membuat adonan kue kering/cookies. Bahan-bahan seperti mentega, gula dan telur dikocok hingga lembut baru kemudian ditambahkan tepung terigu dan diaduk rata. Adonan lantas dibungkus dengan plastic wrap dan disimpan di kulkas selama 10 - 15 menit untuk membuatnya menjadi keras. 

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Seorang pembaca JTT, menanyakan ke saya apa perbedaan tart dan pie? Wah pertanyaan yang cantik sekali dan membuat saya menjadi membuka-buka buku dan literatur untuk belajar dan tahu lebih jauh. Pie adalah hidangan yang terasa manis atau gurih dengan crust yang terdapat di dasar, di sisi samping ataupun di permukaannya. Umumnya pie terbuat dari tepung, air es, dan lemak (dengan komposisi yang banyak), tujuannya adalah agar crust crispy dan berlapis-lapis (flaky). Sedangkan tart adalah hidangan yang manis atau gurih, biasanya terbuat pastry yang flaky tetapi bisa juga terbuat dari adonan yang terdiri atas tepung, mentega, air es dan sedikit gula. 

Umumnya kulit tart (crust) hanya terdapat di dasar loyang saja dengan ketinggian yang tidak setinggi crust pada pie. Komposisi lemak pada kulit tart tidak sebanyak pie, karena tujuannya adalah agar crust padat dan remah. Umumnya crust pada tart dipanggang di loyang bongkar pasang, sehingga crust bisa dilepas ketika matang. Ada satu lagi jenis makanan yang mirip dengan tart dan pie  ini yaitu galette, galette terbuat dari crust yang mirip dengan tart. Bedanya adalah setelah adonan digilas dan diisi dengan bahan isi seperti buah dan vla, crust lantas dilipat melingkar menutupi isi, jadi tidak dimasukkan ke dalam loyang. Galette kemudian dipanggang hingga matang.

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Umumnya adonan tart digilas hingga tipis baru kemudian dimasukkan dan ditata ke dalam loyang, untuk Pate Sucree ini dikarenakan adonan yang agak lembek maka menyulitkannya untuk digilas menggunakan penggilas kayu dan jika anda paksakan pun adonan akan menjadi sobek. Cara termudah untuk memasukkannya ke dalam loyang bongkar pasang adalah dengan menekannya menggunakan ujung jari tangan di sepanjang dinding dan dasar loyang hingga tercipta permukaan yang rata dengan ketebalan yang seragam. Adonannya sangat lembut jadi anda tidak memerlukan usaha yang terlalu keras untuk melakukannya. 


Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Hal lainnya mengenai tart ini adalah crust kita panggang hingga matang terlebih dahulu baru kemudian diisi dengan adonan coklatnya (prebaked pastry). Pada saat memanggangnya anda tidak perlu memberi pemberat di atasnya sebagaimana yang kita lakukan jika kita memanggang jenis kulit pastry seperti ini. Setelah adonan kita tempelkan di loyang, maka buatlah beberapa tusukan di permukaan adonan dengan menggunakan garpu. Saat menusukkannya, garpu tidak sampai menyentuh hingga dasar loyang, agar kulit pie tidak berlubang dan menggembung saat dipanggang. Panggang dengan suhu 200'C selama 5 menit baru kemudian turunkan suhu menjadi 180'C dan panggang selama 15 - 20 menit atau hingga permukaan pastry menjadi coklat keemasan. Dinginkan dan kulit pastry siap anda gunakan untuk aneka isi sesuai dengan kesukaan anda. 

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)


Nah untuk isi tart ini, anda sebenarnya bisa melakukan aneka kreatifitas sendiri, misalnya mengisinya dengan puding atau vla. Potongan buah segar seperti anggur, apel, jeruk mandarin, nanas, strawberry atau buah kaleng yang dicampurkan ke dalam vla yang lembut sepertinya juga sedap untuk dicoba. Tart yang kali ini saya tampilkan menggunakan adonan mentega, gula, telur dan coklat yang dikocok hingga lembut sebagai bahan pengisinya. Karena komposisi mentega yang sangat besar maka tart ini harus disimpan di dalam kulkas agar isinya tetap keras. Terlalu lama di suhu ruang akan membuatnya meleleh dan tidak enak untuk disantap. Saat penyajiannya, permukaan tart ini di semprotkan krim kocok/whipped cream dan coklat serut, untuk resep kali ini saya tidak menggunakan bahan-bahan tersebut. 

Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah, berikut resepnya ya.   

Note: Isi tart mengandung telur mentah, karena itu direkomendasikan untuk tidak dikonsumsi oleh  ibu hamil dan menyusui, balita, manula dan mereka yang dilarang untuk mengkonsumsi telur dalam kondisi mentah.

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)


Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)
Resep chocolate filling diadaptasikan dari web AllRecipes.com - French Silk Chocolate Pie
Resep kulit pie diadaptasikan dari web Joy of Baking - Sweet Pastry Crust 

Untuk 1 loyang pie ukuran 20 - 23 cm

Bahan kulit tart versi manis:
- 195 gram tepung terigu serba guna (misal Segitiga Biru) 
- 113 gram mentega, suhu ruang
- 50 gram gula pasir
- 1 butir telur, kocok lepas

Bahan pengisi tart:
- 1/8 sendok teh garam
- 100 gram coklat blok, potong-potong menjadi ukuran lebih kecil (resep asli 85 gram)
- 150 gram mentega, suhu ruang (jangan menggunakan margarine) (resep asli 225 gram)
- 150 gram gula pasir
- 50 gram gula palm bubuk 
- 2 butir telur (resep asli 4 butir telur)
- 1 sendok teh vanila ekstrak, atau 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 30 gram whipped cream untuk hiasan (saya tidak pakai)
- Coklat serut secukupnya untuk hiasan (saya tidak pakai)

Cara membuat:
Membuat kulit tart
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata. 

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Masukkan mentega ke mangkuk mikser, kocok dengan speed sedang hingga lembut. Tambahkan gula dan kocok hingga mengembang dan warnanya menjadi pucat. Masukkan telur kocok bagi menjadi dua tahapan, dan kocok hingga tercampur dengan baik. 

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Masukkan tepung terigu ke dalam kocokan mentega semuanya sekaligus. Aduk menggunakan saptula hingga tercampur baik dan membentuk satu gumpalan besar. Tuangkan adonan ke plastic wrap, pipihkan hingga membentuk satu lingkaran diameter 15 cm. Bungkus dengan plastic wrap dan simpan di kulkas selama 15 - 20 menit atau hingga adonan menjadi mengeras.

Panaskan oven di suhu 200'C, letakkan rak kawat di tengah oven.

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Olesi permukaan loyang tart bongkar pasang anda dengan mentega, usahakan hingga semua lekukan terolesi dengan baik, agar kulit  mudah dilepaskan saat matang. Keluarkan adonan tart yang telah dingin dan mengeras dari dalam kulkas, letakkan adonan di tengah loyang. Tekan-tekan adonan sehingga melebar dan menempel di dinding loyang, lakukan hingga semua bagian dinding loyang tertutup oleh adonan, kemudian lanjutkan dengan meratakan bagian dasarnya sehingga adonan menutup rapat permukaan loyang dengan ketebalan yang sama.

Adonan sangat lembut dan empuk sehingga anda tidak memerlukan usaha yang keras untuk melakukannya. Jika adonan terasa lengket, celupkan ujung-ujung jari ke tepung. 

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Dengan menggunakan ujung garpu buat tusukan-tusukan kecil di adonan, fungsinya agar adonan tidak menggembung saat dipanggang. Tusukkan garpu perlahan saja jangan sampai menembus adonan dan menyentuh dasar loyang. Letakkan loyang diatas loyang lain yang lebih besar, bisa menggunakan loyang tipis untuk memanggang kue kering. Masukkan ke dalam oven dan panggang selama 5 menit.

Kurangi suhu oven menjadi 180'C dan panggang kulit tart selama 15 menit atau hingga kulit menjadi kering dan berwarna coklat keemasan. Keluarkan dari oven dan biarkan mendingin. Olesi permukaan kulit tart menggunakan putih telur kocok untuk menutup permukaan kulit yang retak-retak dan berlubang. Sisihkan. 

Membuat isi tart

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Siapkan mangkuk aluminium atau kaca tahan panas, masukkan coklat blok. Lelehkan coklat dengan teknik double boiler (au bain marie), mangkuk berisi coklat diletakkan di atas panci kecil berisi air mendidih. Masak menggunakan api kecil hingga coklat meleleh, aduk-aduk selama coklat dimasak. Jika telah meleleh, segera angkat dari kompor. Dinginkan.

Siapkan mangkuk lainnya, masukkan mentega dan kocok dengan speed sedang hingga mengembang dan warnanya menjadi pucat. Tambahkan gula pasir secara bertahap dan terus kocok hingga kembang. 

Resep Tart Coklat Sutera (French Silk Chocolate Tart)

Masukkan coklat leleh yang telah dingin dan vanila ekstrak, kocok hingga tercampur dengan baik. Tambahkan telur satu persatu ke adonan, kocok dengan speed tinggi selama 2 menit disetiap penambahan telur. Kocok hingga adonan menjadi halus dan mengembang.

Tuangkan adonan isi ke dalam kulit tart yang telah dipanggang, dinginkan di kulkas minimal selama 2 jam sebelum dihidangkan. Hiasi permukaannya dengan krim kocok dan coklat serut jika suka.

Sources:
Web AllRecipes.com - French Silk Chocolate Pie
Web Joy of Baking - Sweet Pastry Crust
The Kitchn.com - Pie vs Tart What's the Difference



59 komentar:

  1. mbak..ga tahan nih liat fotonya..coklatnya itu lo...hmmmm

    BalasHapus
  2. Waduh, lebih gak tahan lagi kalau sudah masuk mulut hahahaa

    BalasHapus
  3. pengen nyoba tp masih hamil...hiks..hiks...ntar aja dah klo dah lahiran...waduh...gk sabaran nih

    BalasHapus
  4. Halo Jeng, kalau mau dicoba, takaran gulanya dikurangi ya. Menurut beberapa teman kantor yang mencicipi, katanya filling coklatnya terlalu manis. Monggo dipraktekkan kalau babynya dah lahir ya ^_^

    BalasHapus
  5. mbak kuenya kliatan sedaap skalii,,tp maaf nich aq mu tanya filling coklatnya diberi campuran telur n lsg didinginkan dikulkas tanpa dimasak apa gk amis yah mba? makasiiiy sblmny :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak amis kok, mungkin ketutup sama coklat segambreng ya hahahah. Thanks ya ^_^

      Hapus
    2. jafi fillingnya bisa dibilang mentah ya mba? karena tidak ada proses pemasakan

      Hapus
  6. Mba, mau tanya itu bedanya Margarin dengan Mentega apa ??
    kalau Bluband itu termasuk apa ?

    Yng saya suka dari tulisan resep mba itu , karena memberi contoh dengan menyebutkan merk., ( saya pake merk ini, ).. jadi gk perlu repot2 mikir beli merk apa yaa :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, margarine terbuat dari lemak tumbuhan seperti kelapa sawit, kacang atau kedelai sedangkan mentega terbuat dari lemak hewan yaitu susu entah kambing atau sapi. Mentega tentu saja mempunyai aroma yang lebih harum dibandingkan margarine karena itu harganya lebih mahal, merknya seperti Elle n Vire, Wisman,Orchid. Sedangkan Blue band, Palmboom, Simas termasuk margarine. Thanks atas komentarnya dan semoga jawaban saya membantu. ^_^

      Hapus
  7. Dear Mbak Endang,

    Mbak, makasih resepnya....aku sukses lho bikin ini kemaren. tadinya takut baking, jadi ketagihan nih gara2 Mbak Endang hehehehe...

    Btw, aku mau tanya Mbak. kenapa ya g boleh pake margarin? karena kemaren aku pake butter rasanya jadi susu banget Mbak...secara g doyan susu jadi cari alternatif nih

    terus klo kira2 fillingnya itu aku combine sama buah gitu, takarannya segimana ya Mbak?

    Thanks Mbak Endang

    Nina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nina, thanks ya atas komentarnya dan senang membaca resepnya berhasil dipraktekkan dengan sukes. Mentega disini boleh kok Mba diganti dengan margarine, cuman rata2 kan orang menggemari rasa butter yang milky banget (termasuk saya hahahha). Fillingnya bisa diganti dengan vla vanilla, pakai resep vla kue sus yang pernah saya posting. Kalau mau dicombine buah saya rasa vla vanila lebih tepat ya, walau kalau mau coklat juga oke2 saja. Pakai buah kaleng saja Mba, supaya rasanya lebih lembut. Untuk takarannya hmm, saya rasa harus trial and error, tapi supaya fillingnya padat mungkin buahnya jangan terlalu banyak ya. Moga membantu ya.

      Hapus
  8. mau tanya mbak. bedanya tart dengan pie apa ya? trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Heti, thanks atas pertanyaannya.

      Walau tart dan pie masih bersaudara tetapi sebenarnya beda. Karena pertanyaan Mba,s aya jadi belajar heheh. Resep diatas sebenarnya tart bukan pie ya, karena crust cenderung padat, remah dan tidak flaky. Jadi saya ganti judulnya jadi tart.

      Nah berikut ini perbedaannya ya:
      Pie adalah hidangan manis atau gurih dengan kulit/crust di bagian dasar, samping atau di permukaannya. Umumnya kulit pie berukuran lebih tinggi. Bahan yang digunakan untuk pie banyak mengandung lemak (mentega/mergarine) tujuannya agar kulit pie renyah dan berlapis-lapis atau flaky.

      Tart adallah hidangan manis atau bisa gurih juga tapi kulit tart hanya di bagian dasar saja, umumnya kulit tart tipis atau tidak setinggi pie. Kulit tart kurang banyak mengandung mentega tujuannya agar crust lebih padat dan remah, garing dan bisa dicetak dan dilepas dari loyangnya. Umumnya tart dicetak mengguanakan loyang bongkat pasang sehingga bisa dilepas dari loyang.

      Ada satu lagi sebenarnya yang sejenis dengan mereka, namanya galette. Galette dibuat tanpa menggunakan cetakan, jadi adonan digilas begitu saja diisi dengan isian berupa buah2an dan vla kemudian adonan dilipat hingga menutupi isinya, biasanya berbentuk bulat. adonan kemudian dipanggangg. Galette memiliki crust yang mirip dengan
      tart.

      Sukses selalu ya ^_^

      Hapus
    2. sip, mbak. jadi makin jelas. tambah ilmu saya. trimakasih.

      Hapus
  9. Mba, klo isiannya yg ada pd resep ini dipanggang gpp? Sy rencananya mau bikin pie (bukan tart) dgn filling ky diatas. Cocok ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non, resep filling diatas tidak bisa dipanggang, memang peruntukannya untuk tart seperti ini. saya belum punya resep filling colklat pie versi pangganynya. kalau ketemu saya share deh. Thanks ya

      Hapus
  10. Hai Mba Endang... dgn Retty lagi nih... sebelumnya Met Idul Fitri dulu ya, maaaf lahir & bathin.. Mau tanya lagi dong.. kalo hasil kulit pie saya lengket ketika matang, dan susah lepas dari loyangnya kenapa ya ? padahal sebelum di taruh adonan pie, loyangnya sdh diolesi dulu dgn margarin. Lalu utk cetak kulit pie, apakah harus di loyang pie, atau bisa di loyang lain, spt piza pan (yang warna abu2 bukan hitam ya, mba...) tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Retty, maaf terlambat balasnya yaaa. untuk lengket, taburi kulit pie dengan sedikit tepung sebelum dimasukkan ke pan. bisa pakai loyang lainnya yang tidak terlalu tinggi ya sebagai penganti loyang pie.

      Hapus
  11. halo mba, kelihatannya enak yah kue -nya. mau tanya nih, kalo telurnya gak di pakai bisa gak? atau mungkin ada bahan penggantinya? soalnya mau buat untuk anak-anak. secara dengan coklat anak2 pasti suka.... makasih banyak yah mba udah sharing resep2 yang wooookehhh banget...

    salam

    Ida

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ida, kayanya kalau versi ini memang pakai telur sebagai bahan pengeras isi pie ya, mungkin harus pakai resep isi pie lainya yang menggunakan custard, adonan menggunakan tepung sebagai pengental dan susu cair.

      seperti resep vla kue sus ini:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/07/kue-sus-isi-vla-vanilla.html

      telur di resep vllanya bisa diskip

      Hapus
  12. mbak kalo aku pake margarine kira-kira takarannya gmn ? trus coklatnya yg dark yah ? dan vanilanya unt apa ?? kalo pake vanila bubuk kira2 brp banyak?? trima ksh yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Margarine sama dengan mentega ya taakarannya. coklat bisa pakai dark bisa pakai semisweet, vanilanya masuk ke bahan pengisi tart ya. bisa ganti bubuk, 1/4 sendok teh kayanya cukup ya

      Hapus
  13. Selamat Pagi Mba endang, saya semalem coba buat tp coklat saya kok ga bisa keras kaya punya mba endang ya?? disimpan di kulkas semaleman tetep ga keras kaya gitu? terus adonan kulit pie saya yang pinggirnya ketika dipanggang merosot turun kenapa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba evi, coklat blok yang digunakan sebaiknya yang kandungan susunya sedikit ya, supaya mengeras dengan baik ketika dingin. coklat harus di tim dan tidak boleh over heating supaya nggak rusak teksturnya, coklat yang pecah/rusak tidak akan membeku kembali ketika dingin.

      adonan pie harus ditekan kuat ke wadah dan sisanya bagian atasnya lebih tinggi, jaga2 kalau mengkeret saat dipanggang.

      Hapus
  14. kaka Endaang, aku udah nyoba resep kakak banyaak tp blum izin, maaf yaa:D *telat* makasi ya kaak blog nya bermanfaattt bgt pokoknya favorit aku deh, jelas dan baik hati kakaknya. mau nanya nih kaka, kalo filling nya diganti nutella bahannya sama aja ato ada yg diganti juga? makasi ya kaak
    _Vina

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba vina, thanks sharingnya ya. wah saya belum pernah pakai nutella ya, jadi gakk bsa kasih saran, takut ntar malah salah dan gagal, jadi mba harus coba sendiri yaaa

      Hapus
  15. Mba endang.. tart bikinan saya sepertinya gagal.. isi tartnya kok ga bisa warnanya coklat ya.. jadinya malah coklat muda gitu.. apa karema saya pakai yang milk choco yaa.. mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahkan coklat bubuk kalau mau warnanya lebih gelap saya rasa memang DCC yang dgunakan kurang gelap warannya ya.

      Hapus
  16. Makasih banyak ya mba udah jawab pertanyaan saya, saya kemarin pakai (maaf nyebut merk) coklat tulip mba ga cocok ya mba? ada saran ga mba coklat yg cocok buat isi tart ini... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. merk tulip oke kok mba, saya sendiri gak pernah tergantung sama merk tertentu,

      Hapus
  17. Malam mba endang, saya uda bbrp kali coba resep JTT dan selalu berhasil. Tp untuk resep kali ini, gagal. Sedih deh...warna coklatnya kurang gelap dan coklatnya tdk mengeras walaupun sudah hati2 pd saat melakukan tim coklat dan dibekukan lbh dr 2 jam. Plus pd waktu memanggang kulitnya mengebung. Dgn inisiatif tinggi saya coba mau sentuh dgn garpu, eh malah jd robek...pengn nangis rasanya...hiks. tp semangat masak msh ada mba. Bsk klo sempet saya msk rendang ala JTT. Wish me luck mba. Salam, eva

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Eva, waah ikutan sedih juga bacanya. Coba pakai resep pie susu saja mba, untuk isinya tambahkan coklat bubuk 1 sdm dan pakai susu kental manis coklat saja.

      ini linknya:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/05/resep-pembaca-jtt-pie-susu-la-veggy.html

      menurut saya ini pie maknyus banget rasanya dan mudah ya

      Hapus
  18. dearest mba Endang,

    Aku jadi silent reader selama ini, padahal udah beberapa resep yang aku coba.. Aku sudah coba pancake, pampis tongkol, dan baru saja mencoba resep ini.
    Daaaaann semuanya alhamdulillah berhasil. Makasih Mba Endang. Sukses dan sehat selalu yaaaa.

    -Dinia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dinia, thanks sharingnya ya. Senang sekali resepnya disuka ya! Sukses selalu!

      Hapus
  19. mba, itu pakai loyang bongkar pasang atau ga..? hasilnya bagus banget.. ga retak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai loyang bongkar pasang ya mba, kalau nggak susah lepasinnya

      Hapus
  20. Mba endang, tart ini Oke bgt rasanya. Bener2 lembut dan meleleh di mulut. Mbak endang hebat bgt d . Makasih ya mbak uda mau berbagi resep. Mau tanya, mba endang punya resep ayam tangkap dan sambal ganja aceh gak ? Trus resep cronut juga. He he he maaf ya mba kl byk nanya. Thank you mbak endang. Aster

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Aster, thanks ya Mba. senang sekali resepnya disuka. Untuk resep yang mba minta sayangnya saya belum pernah buat wakkaka. udah masuk ke dalam daftar hanya belum sempat mba.

      Hapus
  21. Mba' mau nanya ... kalo kulit tart ini setelah matang dan didinginkan dikulkas apakah tidak keras ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulit yang ini rada2 keras, coba pakai kulit yang ini, kulitnya renyah banget, dan gak akan keras didalam kulkas.
      http://www.justtryandtaste.com/2014/05/resep-pembaca-jtt-pie-susu-la-veggy.html

      Hapus
  22. hallo mba.. salam kenal.. mba .. saya kn pakai pie crust ini .. tp adonan dalamnya sy pakai puding (campuran susu dan cream) .. to knp y setelah 1harian d kulkas hari je2 nya adonan puding nya retak2.. dan pie crust nya jd alum.. alias lembab..padahal sblm sy tuang adoban puding sudah sy olesilekwgsn coklat putih.. apakah pie jenis adonan yg tdk ikut dipanggang tidak busa tahan lebih dari 1 hari?terina kasih perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pakai isian puding/custard memang basah ya jadi crust akan lembab, harus dimakan saat itu juga mba, kalau mau crust tetap garing.

      untuk retak, saya juga bingung ya, kemungkinan karena pie tidak dipanggang, atau udara kulkas membuat cream jadi kering.

      Hapus
  23. Hai mba...
    Salam kenal....
    Mau tanya kalau coklat blok nya di ganti nutela takarannya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba eka, saya nggak yakin bisa ya, karena nutela gak bs membeku seperti coklat blok, kalau mau tetap dicoba monggo yaa, tapi takarannya saya juga gk bisa kira2 ya mba, harus trial error

      Hapus
  24. hallo mba
    tertarik nih bikin ini kue
    may tanya dulu boleh kan?
    isinya ga dimasak ya mba?
    jadi telornya mentah dong?
    soalnya belum pernah bikin kue yang pake filling kaya gini
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas bryan, yep adonan isinya mentah ya telurnya. kalau ragu2 mungkin bisa pakai isi choco satin puding ini linknya:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/10/chocolate-satin-puding.html

      tambahkan 1 bungkus agar2 coklat di resep, supaya teksturnya lebih firm, hasilnya maknyuss hehehe

      Hapus
    2. makasih mba alternatifnya. ntar saya coba kalau sempet..
      oh ya mba ada resep macaroon ga?
      kalau mau ngikutin di internet kayaknya sering gagal jadi mau tanya ama ahlinya aja.
      trims.

      Hapus
    3. jiaaah, saya gagal 6 kali bikin macaroons hehheheh. terakhir bulan lalu dan masih gak sukses. kayanya gara2 tepung almond yang saya pakai kurang oke.

      Hapus
  25. Mba kl abis isiannya di tuang trus di oven gmn mba,kira2 hasilnya bakalan jadi dan enak gk mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Jeani, isi pie ini tidak bs dipanggang ya mba, akan lumer dan tidak karuan jadinya nanti. isinya memang hanya untuk pie tanpa dipaggang.

      mungkin mba hrus pakai isian pie ini, mirip dengan brownies
      http://www.justtryandtaste.com/2014/12/fudgy-chocolate-pie.html

      Hapus
  26. Mba, gula palm bubuk boleh diskip atau digantu gulua bubuk ?

    BalasHapus
  27. Hai mba Endang, ini resepny 2011 saya baru nyoba 2016..hehe telat banget yak..
    Saya baru coba resep ini..seneng banget org rumah pada suka, tp gula palmnya saya skip, gula putihny jg saya kurangin 30 gr tapi mnurut saya masih kemanisan..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya mba, thanks ya sudah menyukai JTT. sukses yaa

      Hapus
  28. Mba kok cara bkin pieny beda ya bukan diaduk sampe bulir? Adonannya lebih lembek ya mba gak bisa diroll melebar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ini beda memang resepnya, jadinya kurang begitu oke. Coba pakai resep pie strawberry saja, itu lebih renyah kulitnya ya

      Hapus
  29. Hai mbak Endang.
    Utk kulit tartnya saja, bisa disimpan ga ya mbak? Kl bisa, gmn cara penyimpanannya?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...