21 Januari 2011

Resep Brownies Kukus Keju Pandan


Resep Brownies Kukus Keju Pandan JTT

Walaupun bernama brownies, kue ini tidak berwarna coklat selayaknya brownies lainnya, tetapi untuk tekstur sama seperti brownies. Padat dan legit.  Selain lezat, brownies pandan ini mudah untuk dibuat. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencobanya dirumah jika bosan dengan brownies coklat tapi ingin merasakan cake yang padat dan legit. Kue-kue berwarna hijau dengan aroma pandan memang menggugah selera, entah kenapa warna hijau di makanan terutama untuk kue selalu membangkitkan nafsu makan. Nah bagi anda yang masih pemula dalam urusan kukus mengukus cake maka tips untuk mengukus pernah saya posting sebelumnya di Tips Sukses Mengukus Cake, silahkan anda klik disini untuk membacanya. Topping buttercream memang terlihat berat di kue jadi terserah dengan anda apakah akan menggunakannya atau tidak karena tanpa topping pun brownies ini tetap terasa lezat.


Resep Brownies Kukus Keju Pandan JTT

Jika anda merasa brownies yang anda buat terkesan kurang tinggi dan kurang banyak, ini karena saya hanya menggunakan setengah resep aslinya. Jadi silahkan untuk menambah porsi masing-masing bahan menjadi dua kali lipat dari resep yang saya sertakan di bawah untuk membuat brownies yang lebih banyak hasilnya. Resep di bawah menuntut anda menggunakan cream cheese sebagai salah satu bahannya, saya tahu terkadang tidak mudah mendapatkan bahan ini di derah tertentu. Jika tidak ada anda bisa menggantinya dengan keju cheddar parut. Atau anda juga bisa membuat cream cheese sendiri di rumah, saya pernah posting mengenai homemade cream cheese ini, silahkan klik link disini untuk melihat prosesnya. 

Tidak ada mentega hanya ada margarine atau sebaliknya? Kue ini tetap lezat jika anda hanya menggunakan mentega saja atau margarine saja, jangan sampai petualangan mencoba brownies ini menjadi terhambat karena kedua bahan ini tidak lengkap.  Selebihnya tidak ada yang susah dalam membuat kue ini, asalkan resep dan proses diikuti dengan seksama maka saya jamin anda akan sukses membuatnya. 

Yuk kita coba untuk membuatnya. 

Resep Brownies Kukus Keju Pandan JTT

Brownies Kukus Keju Pandan 
Resep diadaptasikan dari 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati.  

Untuk 1 loyang loaf (1/2 resep asli)

Bahan:
- 3 butir kuning telur
- 2 butir putih telur
- 65 gram gula pasir
- 4 gram cake emulsifier, saya pakai Ovalet
- 1/4 sendok teh vanilla bubuk
- 75 gram tepung terigu protein sedang
- 10 gram susu bubuk full cream
- 1/4 sendok teh baking powder double acting

Cairkan:
- 30 gram mentega
- 30 gram margarine
- 40 gram coklat blok putih
- 40 gram cream cheese
- 1/2 sendok teh pasta pandan

Pelengkap:
- Buttercream siap pakai
- 20 gram keju cheddar parut untuk taburan.

Cara membuat:
Siapkan loyang loaf, olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu hingga permukaannya tertutup rata. Sisihkan. 

Ayak tepung terigu, baking powder, susu bubuk full cream dan vanilla bubuk. Sisihkan.

Cairkan mentega, margarine, cream cheese, coklat putih blok dan pasta pandan dengan cara tim. Aduk-aduk hingga cair dan tercampur rata. Biarkan mendingin.

Resep Brownies Kukus Keju Pandan JTT

Dalam mangkuk mixer, kocok telur, gula pasir dan ovalet hingga mengembang dan putih. Matikan mixer, masukkan tepung terigu, aduk perlahan hingga tercampur, tambahkan mentega cair kedalamnya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tuangkan ke dalam loyang.


Resep Brownies Kukus Keju Pandan JTT
Resep Brownies Kukus Keju Pandan JTT

Panaskan dandang kukusan, masukkan loyang berisi adonan ke dalamnya, tutup permukaan dandang dengan kain bersih baru tutup dengan penutup dandang. Kukus selama 40 menit hingga kue matang. Selama pengukusan jangan membuka tutup dandang.

Resep Brownies Kukus Keju Pandan JTT

Keluarkan kue dari kukusan, biarkan dingin selama 5 menit kemudian keluarkan dari loyang. Biarkan kue dingin sempurna sebelum kita berikan buttercream diatasnya. 

Resep Brownies Kukus Keju Pandan JTT

Letakkan kue di tempat datar, dengan menggunakan spatula olesi permukaan kue dengan buttercream hingga tertutup sempurna. Taburi dengan keju parut diatasnya. 

Resep Brownies Kukus Keju Pandan JTT
Resep Brownies Kukus Keju Pandan JTT

Cake siap untuk dipotong dan disajikan. Selamat mencoba!

Source:
500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati.



127 komentar:

  1. Mba,rikues artikel konversi 'cup' ke ukuran yg lbh familier untuk kita ya.tengkyu...

    BalasHapus
  2. hi mba, aku penggemar blog mab, soalnya disertai foto2 langkah2 pembuatannya juga, hehehe...
    mau nanya, klo gak pnya cheese cream gmn dong? apa bisaa di Skip? atau ganti apa? soalnya dsini kota kecil, heavy cream n fresh cream pun gak ada :(
    Tolong dibalas ya mba :) Gud Luck... :D

    BalasHapus
  3. Halo, maaf ya saya jawabnya agak lama. Cream cheesenya bisa diganti keju parut saja, karena toh hanya dilelehkan. Fungsinya hanya untuk menguatkan rasa keju ke dalam cake, mau diskip juga gpp kok.Thanks ya.

    BalasHapus
  4. mbk,loyang loafnya ukuran brapa?

    BalasHapus
  5. mbak, bisa ga siy bikin brownies tu pake magic jar yg punya fungsi "bisa membuat kue" ? kan skrg banyak tu magic jar multi fungsi. TIA :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Tia, waah maaf Jeng saya belum pernah coba membuat kue dengan magic jar seperti itu hehehe.Tapi kalau teorinya si magic jar bisa buat ngukus maka dia seharusnya bisa buat bikin kue, hanya saja pastikan saja airnya cukup saat memasak dan porsi adonan jangan banyak2. Semoga membantu ya.

      Hapus
    2. oya mo nanya lagi, sori ya mbak :)
      klo mengayak tepung dan baking powder tu, dicampur dulu semuanya baru diayak, atau diayak tanpa dicampur aduk dulu?

      Hapus
    3. Hai, bahan kering seperti tepung, garam, baking powder, baking soda dan coklat bubuk sebaiknya dicampur dan diayak jadi satu agar bisa tercampur merata ya. Pastikan baking powder bebas gumpalan sehingga cake tidak berlubang besar. Semoga membantu ya.

      Hapus
  6. mba Endang, langsung aja nih, aku mau nanya, hehe
    mmm, kalo kejunya dijadiin satu ke adonannya gitu bisa ngga yaa?? kalo bisa, apa ada resepnya yang di ubah??
    terimakasih
    salam-Zulfiana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Zulfina, nggak ada yang dirubah, kejunya dimasukkan saja langsung ke adonan Mba. Takarannya saya yang bingung, mungkin sekitar 50 gram atau tergantung selera ya.

      Hapus
  7. Mba klo cream cheese di ganti sm keju kraft quick melt bisa ga? Klo bs Ukurannya sm 40 gr? Brarti dicairkan bareng2 dgn bahan yg lain kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa bisa Mba, hanya saja hasilnya kurang lembut seperti menggunakan cream cheese, karena keju quick melt beda sama cream cheese ya. Kalau mau skip cream cheese, saran saya pakai keju parut saja sebagai penggantinya dan gak usah dilumerkan mba.

      Hapus
  8. dear mbak Endang, salam kenal,
    membaca komen banyak yang meng-alternate cream cheese, saya justru tidak suka dengan white chocolatenya, kira2 bisa diganti dengan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal juga. Hmm, saya juga bingung sebenarnya karena resep asliya seperti itu dr Ny. Liem. mungkin porsi cream cheese dan gulanya harus tambah kalau coklat blok di skip.

      Hapus
  9. hai mba aku dah nyoba resep yg ini,hmmm ciyuussss enaknya.skrng lg nyari cupcake mba buat usaha sampingan tp yg murmer biar bisa dijual seribuan dikantin skolah anaku,ada ga ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin pakai resep cake coklat kukus saja Mba, bahannya murah, mudah dan dikukus saja. Intinya cupcake itu sama saja dengan cake biasa, bedanya dia di cetak pakai cup ^_^

      Hapus
  10. asyeek,tengkyu mba...tar aku coba,tp ak mau cobain yg hokkaido milky loaf dulu ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mba Erma, moga suka dengan resep2 disini ya. Sukses selalu

      Hapus
  11. Halo mbak endang,
    resep yang ini bisa dipanggang kan?saya males bgt kl pake kukusan (nambah2 cucian aja....wkkk). Sebenarya ada bedanya gak adonan untuk yang dikukus ataupun dipanggang ya mbk? hbs resep cake mbk endang banyakan kukusnya sih.....p (yg dipanggang udh bnyk yg saya cobain dan sukses lho)
    maju terus blognya ya mbak...
    salam manis==dina==

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dina, bisa dipanggang Mba, silahkan. Memang kukus lebih ribet ya.Saya kadang susah juga, banyak yang minta kukus, banyak juga yang minta panggang, habisnya kalau di Indonesia, rata2 suka kukus hehehhe. Bedanya sebenarnya nggak banyak, umumnya kalau cake kukus, kandungan mentega gak sebanyak panggang, cake kukus lebih moist karena kandungan uap air,

      Hapus
  12. Alhamdulillah..........sukses !!!! buat si kecil loyangnya d ganti bentuk " LOVE " makin ciamik.......... sorenya ada tetangga silaturahim ke rumah, bisa buat tmn teh hangat..... bliau bilang.... " wah bu....., rasanya mantap !!! " jd GR. thanx JTT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, sip, thanks sharingnya ya. Gud idea juga dengan cetakannya heheeh.

      Hapus
  13. Mbaaa...mo nanya...knp pake 2jenis(mentega&margarin)...klo pake blueband aj bisa ga?berpengaruh dg hasil ga?saya awam sekali ini dg buat2 kue...hehe makasih y mba ~nining ristya~

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Nining, bisa kok Mba, jangan khawatir. Margarine dan mentega bisa saling menggantikan atau dicampurkan untuk hasil yang lebih enak.

      Hapus
    2. Mbak klo misal dganti blueband takarannya jd 60gram?...apa kalo dganti nanti hasil cake nya akan lbh kaku?
      Makasii ya mba... -Yanti-

      Hapus
    3. Yep mentega+ margarine bisa diganti dengan blueband sebanyak 60 gram. tidak akan berubah bayak di tekstur, tapi akan berubah di rasa ya, mentega memberi rasa yang lebih enak dibanding margarine saja.

      Hapus
  14. jd pngn nyobain kyknya yummy bgt secara aq suka ijo jd liat cake yg warnanya ijo jd ngiler ni...mau nanya jg dong mbk,tiap melelehkan coklat putih bt hiasan/coretan g pernah berhasil,udh dksh mentega asin smp mentega tawar tetep aj gagal,brindil brindil gt mbk,biar mulus gmn sih caranya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, coklatnya dilelehkan dengan cara double boiler ya, artinya ditim, taruh panci isi coklat diatas panci berisi air panas, didihkan pakai api kecil saja sambil coklat diaduk-aduk sampai smooth. Dalam kondisi hangat masukkan mentega dan aduk sampai mentega lumer dan tercampur baik. Kalau bisa ngaduknya pakai kocokan balon yang kecil ya.

      Hapus
  15. mBak Endang, aku pengen buat yg ini :D Tapi gak punya timbangan digital. Jadi mau nanya : 4 gr cake emulsifier itu kira2 brp sendok teh / sendok makan? Aku pakai Ovalet. Tx ya!

    BalasHapus
  16. Haloo mbak endang,,,saya uda bikin..alhamdulillah sukses dan semua keluarga sukaa :D
    Jd pengen cobain resep mbak yg lain nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ela, sip, ikutan senang mendengarnya. Moga suka juga dengan resep lainnya yaaaaa

      Hapus
  17. kak endang, bisa gak sih kalo pake resepny cake coklat kukus tapi coklatnya diganti dgn essens pandan?? infonya dong kak,lg mood nih mau belajar bikin kue.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bisa kok, coklat bubuknya skip saja, tambahin esens pandan hijau. mantep tuh

      Hapus
    2. tambah essens pandannya berapa banyak Mbak? kalo ganti jd keju gmana?mohon arahannya.. trimss :)

      Hapus
    3. 1 sendok teh saya rasa cukup, tapi mmg ada jenis pasta pandan yang kadang harus pakai agak banyak supaya terlihat warnanya. cake coklat kukus pakai keju? silahkan, pakai keju cheddar parut sekitar 50 gram oke keknya ya

      Hapus
  18. Mbak Endang, bisa gak kalo buat brownies kukus keju pandan nya gak pake cream cheese? ato cream cheese nya bs diganti dgn yg lain? soalnya di tmpt ku agak susah nyari nya. Trus bisa gak kalo resepnya kita pake mentega semua ato margarin semua? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya belum pernah coba cake ini tanpa cream cheese, tapi karena porsi cream cheese kecil jadi mungkin bisa diganti dengan keju parut ya.

      bisa pakai mentega semua atau margarine semua.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  19. Hay mbaa... Barusan saya buat kue brownies pandan ini, enak tapi agak dikit bantet soalnya ngaduk adonannya kelamaan kayanya tuh wekekekee...

    Terus saya juga buat pizza tanpa di ulenin, buat adonannya kemaren jam 10malem taro di freezer paginya saya cairin di suhu ruang, wuih buat saos plus topping hampir setengah jam, setelah mateng gak ada 5menit ludees tuh pizza... Uenak kata yang pada ngabisin ^_^

    Oia mba kenapa ya kalo keju kraft melt kena udara kulkas walaupun di bakar kok gak melt ya,malahan gosong pas di panggang,apa karena kering ya kelamaan di kulkas? Minta tipsnya ya mba supaya keju awet bisa di pake.. Makaasi mbaa endaang *kecup*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Marico, cake pandan ini memang teksturnya rada2 padat ya hehehhe. Jadi bisa buat alasan ngeles kalau dibilang bantet wakakak. Yep, keju jika terkena udara kulkas langsung pasti akan kering dan keras, gak bisa dipakai lagi. Saya biasanya bungkus rapat pakai alumunium foil dan masukkan ke plastik, ikat rapat2. Keju tetap lembab di dalam kulkas.

      Thanks sharingnya. Sukses ya!

      Hapus
  20. Hai Mbak...
    salam kenal y, mau nanya ni mbak...
    brownies kukus ini bisa tahan brapa hari di suhu ruang? Ato harus dimasukin kekulkas mbak? Tpi kalo masuk kulkas nanti keras bnget g jadinya mbak? Makasi ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nesti, paling banter tahan 2 hari Mba. Saya biasaya masuk kulkas dalam wadah rapat, kalau mau dimakan panasin bentar dikukusan atau micro tapi tentunya tanpa topping ya hehhehe

      Hapus
  21. Salam mbak endang....
    Mau tanya... klo adonan utamanya gak d kasih pasta pandan bisa gak ya mbak...? Mau nya ku buat adonannya putih tanpa rasa pandan tp d buat rasa keju... daannn brapa banyak cream cheese atau keju yg d tambah ya mbak...? Thanks before mbak endang :*
    Zeezee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, skip saja pasta pandan kalau gak mau pakai. untuk takaran lainnya sama saja ya, gak ada perubahan. Kalau mau tambah keju parut sekitar 50 - 100 gram oke kok.

      Hapus
  22. mbak ending salam kenal, kalo sy skip ga pake tbm pengaruh bsr ga ke hasil akhir cakenya ato ada penggantinya? krn di tempat saya ga ada tbm n sejenisnya, thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai salam kenal juga ya, TBM fungsinya untuk membuat cake lembut dan kembang, kalau mau skip TBM maka tambahkan baking powder ya, pastikan baking powdernya yang bagus supaya kembang.

      Hapus
  23. Salam kenal mba Endang (nama kita sama...hehehe). Setelah nyoba 3 resep brownies dari 3 blog berbeda, resep dari mba yg berhasil. Enak n empuk jadinya.....pdhl bikinnya disambi nemenin anak belajar matematika. Makasih bgt ya mba.......blognya paling komplit, ada gambar step by stepnya jadi gampang diikuti n dimengerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Endang, salam kenal juga yaaa. Thanks sharingnya dan senang sekali resepnya disuka, moga suka dengan resep2 lainnya yaa. ^_^

      Hapus
  24. Hallo mbak sya mau Tanya, kalo sp Nya di ganti dg kuning telur Kira berapa butir yah ? Thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Erin, saya belum pernah coba ganti SP dengan kuning telur saja, setahu saya SP befungsi juga untuk mengembangkan cake. Kalau telur diganti kuning telur maka 1 butir telur setara dengan 3 kuning telur ya.

      Hapus
  25. sore mba, mau tanya klo resep ini dijadiin cupcake bisa kah? jd nti adonanny lngsung aku tuang ke loyang cupcake yg udah dialasin papercup. Makasih mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai MBa ICha, saya rasa adonan diatas bisa menggunakan jenis loyang apa saja termasuk cupcake ya. Jadi silahkan dicoba.

      Hapus
  26. Mba Endang yg cantik, td aku udh coba resepnya. Enaaak, tp rasa keju dan pandannya kurang nendang..
    Klo pasta pandannya dganti dengan pandan asli diblender gmn??
    Trs buatanku gk mau ngembang mba, pdhl udah pakai double acting, tp gk bantet sihh.
    Makasi :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba widya, silahkan pakai air pandan mba, hanya saja saya tidak bisa memberikan saran takaran airnya yaaa, karena di resep tidak ada takaran air atau susu sama sekali. menurut saya sebaiknya gunakan pasta pandan yang kualitasnya oke dan tambahkan keju parut didalamnya lebih banyak, keju edam akan memberikan rasa lebih kuat.

      cake ini tidak terlalu ngembang, memang seperti itu karena porinya halus.

      Hapus
  27. Salam kenal, mbak Endang ! Beberapa hari ini lagi mempelajari resep ini. Prakteknya nunggu timing yang tepat ( nunggu hari libur biar pas semuanya ngumpul), hehehe. Sampe' kebawa mimpi looohh !!! Mimpinya tiap belanja bahan, bolak balik ada yang kurang, hahaha. Ntar kalo udah jadi praktek, tak kasih tau hasilnya yaa !!! Mudah2an aja berhasil ! Aamiin ..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Chris, salam kenal juga ya. saya doakan sukses dan semoga bisa segera dipraktekkan ya! ^_^

      Hapus
  28. Mbak Endaaaaang ..... Ternyata brownies ini bnr2 endaaaaang !!! Hehehe. Sbnrnya aku g trll suka brownies, tp yg ini beda ! Eksekusiku 100% berhasil !!! Senangnyaaaaa !!! Terima kasih untuk resepnya ya, mbak ! Next, aku pgn nyobain resep kastengelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Chris, sip thanks sharingnya, senang sekali browniesnya disuka. Memang ini brownies mantap rasanya hehhehhe

      Hapus
  29. Mba klo misalnya creamcheese diganti keju cheddar parut & coklat putih diganti susu kntal manis gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, kayanya sudah ada yang tanya ini di komentar2 diatas yaa, coba dicek kembali.

      Hapus
  30. Mba Endang..

    Gara-gara sering ngintip resep kue di sini, saya jadi beli mixer deh.. *menang arisan :). Kemarin2 klo baca resep yg harus dimixer cuma bisa ngiler doang, sekarang mau coba yg ini ah.. hehehe.. Btw Mba, buttercream siap pakai itu beli yg udah jadi? Merk nya apa Mba? Makasih..

    -Muslikhah-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba muslikhah, selamat atas mikser barunya ya wakakka, senangnya yang menang arisan. untuk buttercream siap pakai, tidak ada di supermarket biasa Mba, adanya di toko bahan kue seperti Titan ya, saya sendiri belum pernah pakai jadi tidak bisa kasih rekomendasi merk ya.

      Hapus
    2. Oh pantesan saya cari di supermarket ga nemu2.. harus bikin sendiri kayaknya ya.. rumah saya jauh dr TBK soalnya :(. Kalo whipcream yg pondan ato haan itu gimana Mba? Hm.. coba Titan buka cabang di Bogor ya.. ngiler lihat webnya, semua ada ya Mba? :)

      -Muslikhah-

      Hapus
    3. Hai mba Muslikhah, pakai whip cream instan bubuk kayanya bisa ya mba, ikuti saja sesuai insturksi di kemasannya ya.

      Hapus
  31. Mbak endang salam kenal...aku pecinta resep2mu mbak..smua reseonya gampang trus bahannya juga mudah didapet...aku mau nanya mbak..klo brokus pandan ini dibuat kayak amanda yg ada 2 warna coklat sama hijau itu gmana ya mbak? Apa harus buat 2 adonan utk yg coklat sama pandan? Mohon pencerahan dan petunjuknya...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Chenti, salam kenal juga ya. Bisa dibuat 2 warna Mba, bagi dua saja adonanya. Cuman cake ini gak terlalu ngembang ya dan gak banyak jadiya, jadi kalau mau lebih puas sebaiknya buat 2 x resep ya.

      atau pakai resep ini juga oke kok:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/07/cake-kukus-lapis-coklat-keju.html

      Hapus
  32. Thanks ya uda di reply...mau segera di praktekin yg ini...hari ini praktek bikin pizza goreng dan berhasil...berhasil..hore!!...thanks utk resep2nya ya mbak endang...tetep semangat masak ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Chenti, thanks yaa, wah senang banget pizza gorengnya sukses hehehe

      Hapus
  33. hai mbak Endang.....mau nanya....stelah telur, gula, dan ovaletnya di mixer.....pas masukin tepung terigunya itu diaduk pake spatula kah mbak?apa nanti adonannya ada tepung yang menggumpal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya suka aduk pakai spatula mba, takutnya kalau pakai mikser jadi over mixing. Aslkan mengaduknya benar tidak menggumpal, dan tepung masuk ke adonan telur dengan cara diayak ya jadi tepung remah

      Hapus
  34. mbak, saya br saja eksekusi resep ini, takarannya persis sm, sy tempatkan d loyang bulat diameter 20cm, tp kenapa jadinya tipis banget ya mbak? kurang lebih tinggi cake hanya 1,5cm saat dah mateng, g spt punya bak yg terlihat tinggi, apa memang bgt ato bantet? krn sy newbie banget ni, jd krg tau kue bantet tu yg kaek gmn
    ika fitriani-surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cake ini tidak terlalu mengembang ya mba, tapi tidak bantat. Loyang yang mba gunakan terlalu besar buat porsi diatas, mba harus pakai 2 resep kalau mau pakai loyang bulat diameter 20 cm, supaya cake agak tinggi.

      Hapus
  35. Hai, mba endang. Bnyk sdh resep jtt yg sdh sy praktekin,terutama yg dipanggang, alhamdulillah bny yg sukses dan enak2,mlah justru cake coklat kukus yg tdk sukses sy buat alias bantat wkwkwk... tp klo yg panggang smua oke ga ada yg bantat, resep donatnya jg brhasil sy buat empuk dan enak. Mba endang memang top abis deh. Skrg giliran brownies ini yg ingin segera sy
    cobain hehe... tp sy minta saran donk mba utk pasta pandan merk apa sih mba yg enak, jg utk pasta rasa lainnya jg. Soalnya sy pake merk kupu2 koq ya rasanya kurang enak ya klu kebenyakan malah pahit. Please infonya ya mba, dan makasih utk resep2nya yg oke punya.

    santi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Santi, thanks sharingnya ya, untuk kukus sebenarnya sangat tergantung dengan jenis kukusannya. Yang penting kukusan cukup gede buat menampung loyang dan benar2 panas.

      Pasta pandan saya pakai merk wilton atau merk lainnya selain kupu2 ya hehehhe. Saya belinya di Titan Mba.

      Hapus
  36. Mba, enak loh. Saya udah bikin smp 2x krn suami doyan. Hohooo....thx ya.
    Saya jg buat cream cheese sendiri loh..
    Resep mba berguna bgt terutama pas lg hilang ide klo mau masak.

    Regards

    Polina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Polina, thanks sharingnya yaa, mantapp semua jadi homemade ya hehhehe

      Hapus
  37. Thanks mbak resepnya, baru nyobain resepnya kemarin dan rasanya oke bgt.
    11-12 sama cake pandannya Primarasa :D
    Sayang hasilnya agak ketebalan karena saya pakai loyang bulat 18 cm dan pakai 2x resep di atas.

    Sedikit mau nanya mbak. Saya pakai whip cream Elle&Vire dan walaupun kue sudah dingin tetep aja langsung melted begitu dioles di atas kue. Ada saran kah mbak? (maaf newbie)

    Terima kasih (Farisia)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Farisia, thanks sharingya ya, senang resepnya disuka. untuk whiping cream saya lebih suka pakai yang non dairy menurut saya merk avoset oke ya, karena cepat banget kaku ketika dikocok dan bertahan lama kerasnya walau disuhu ruang, saya beli di toko bahan kue mba

      Hapus
  38. Hi mbaa, mau tanya dong, kenapa ya udh 2 kali nyoba buat cake kukus, rasanya si enak tp bentuknya di tengah ngempes ke bawah, jd tdk seimbang spt itu? Mohon bantuannya dong mbaa, msh newbiee nih hikss makasii yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, bisa karena proses pengocokan telur dan gula gak maksimal, atau belum matang saat dikukus sehingga cake kempes

      Hapus
  39. Mba klo pake loyang uk 22 yg kotak hrs brp resep ya? Ini saya lg mau bikin mba.tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini browniesnya kecil ya mba, kemungkinan 3 atau 4 resep kalau mau pakai loyang 22x22

      Hapus
  40. Aku sudah bikin brownies pandan ini...
    rasanya lembut itu g bantet
    Cuman aku skip cream chees y...
    thanks ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya sukses dicoba.

      Hapus
  41. Menggiurkan banget... btw saya namain ini "Greenies", karena kalau cokelat "Brownies", jadi ini hijau makanya namanya "Greenies" :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa betulll, namanya greenies lebih tepat wakakka, gak kepikiran hehhehe

      Hapus
  42. Mbak makasih resepnya, udah di coba dan hasilnya manteb. Next time mau dikasih keju parut aja biar lebih nendang kejunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba endah, thanks shairngnya ya, senang sekali resepnya disuka yaa

      Hapus
  43. Hi mbak...aku barusan nyoba ini.....uenak....hahaha mamaku doyan...pdhl mindset beliau, kue enak = 30 kuning telor..mabok..hahaha.. tp kok kenapa ya bentuk greenies ini ga bisa mulus rata kaya bikinan mbak...berombak...apa ada yg salah...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Sri, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. Kalau ngukus pakai api kecil saja ya mba, kalau terlalu besar permukaan kue akan bergelombang.

      Hapus
  44. halo mba salam kenal, saya mau tanya ukuran loyang nya berapa kali berapa yah?soalnya mau nyobain dirumah ada yang ukuran 22x10cm cukup ngga yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba liliana, salam kenal juga ya, saya pakai loyang ukuran 22 x 10 cm juga ya, jadi bs diguakan ya mba

      Hapus
  45. Hallo mba endang^^
    Aku vivi dari bekasi hehe
    Udah nyoba resep ini mba minggu lalu.. enak loh mba.. saya suka^^ maklum mba, bikin sendiri, makan sendiri nih wkwk
    Tapi ada hal yg mau saya pertanyakan.. kenapa kue saya terkesan pendek atau bantet gitu ya mba.. atau memang komposisi nya yg seperti itu?
    Oiya, saya baca comment2 di resep lain, kalo resep mba endang ukuran sdt ukur itu sama denga sdm indonesia ya mba? Pertanyaan saya, apa berlaku dengan semua resep kue nya mba endang? Jadi kalau 1 sdt ukur baking powder, sama dengan 1 sdm indonesia?
    Btw saya udah coba beberapa resep mba.. hasil nya semua memuaskan.. senang sekali bisa bikin kue sendiri untuk pemula seperti saya.. Terimakasih banyak ya mba^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mb Vivi, salam kenal dan thanks sharingnya disini ya.

      Untuk cake ini memang gak tinggi dan padat ya, karena ini brownies dan bukan cake yang lebih fluffy dan berongga.

      sebaiknya memang menggunakan sendok ukur yang tepat, tetapi kalau tidak ada pakai sendok biasa gak papa. Sendok indonesia sekarang sudah besar2 ukurannya, dan kalau dipakai dengan kondisi munjung (tidak diratakan) maka sebenarnya sudah haampir sama dengan sendok takar ya, jadi gak perlu dibesarkan ukuran sendoknya.

      Hapus
  46. Halo mba Endang,

    Terima kasih untuk resep-resepnya, sangat membantu buat saya yang lagi hobi nyoba masak.
    Btw mba kenapa ya brownies saya pas di bagian tengahnya turun ? Saya panggang pakai oven api bawah.
    Terima kasih buat penjelasannya. Kalau boleh resep kue bolu yang di panggang lebih diperbanyak dong mba, soalnya saya ga punya kukusan besar.
    Thank you mba Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb, untuk brokus ini sebenarnya cake coklat ya, teksturnya sama dengan cake jadi bukan brownies murni. Kuncinya di pengocokan telur sampai ribbon stage, pakai BP double acting dan panggang sampai matang.

      Hapus
  47. Mbak barusan saya coba resepnya, Tp setlh keluar Dari kukusan knp kempes ya :( Tiap saya bikin bolu kukus/panggang selalu kempes kalo keluar dandang/oven. Kenapa ya Mbak. Tapi walopun kempes, rasanya tetep empuk Dan enak klo resep Dr Mbak endang. Makasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang maksimal saat pengocokan telur (harus sampai berjejak), kurang matang, perlu bahan pengembang yang ok, banyak faktor mba. Jadi mungkin harus seksama saat membuatnya

      Hapus
  48. Hai mbak.. .
    Saya suka dengan halaman blog mbak, penuh kreasi.
    Mbak udah punya resep brownies perpaduan rasa belum?
    Yg seperti brownies coklat pandan atau coklat strawberry. Pengen coba buat yg seperti Amanda punya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rini, thanks sharingnya ya! Senang resep JTT disuka. Untuk brownies perpaduan rasa memang belum banyak mba, biasanya saya mix saja dengan brownies coklat ya

      Hapus
  49. Hai mba endang salam kenal,boleh minta resep aslinya ga mba,yg full gitu..karena mau bikin dlm ukuran besar..ooh iya ini mba endang resep dr mana?ny.liem kah?klo benar,kok ada versi beda2 yaa mba..jadi bingung mau coba yang mana
    Makasih sebelumnya mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Ismi, salam kenal ya, tinggal dikalikan saja bahannya mba 2 kali lipat. Ini dr buku ny. liem ya, saya kurang tahu dengan versi lainnya

      Hapus
  50. Ada yang pakai versi brownies coklay ny.liem mba,tp coklat bubuknya & DCC nya diganti,itu gimana mba?bisa ga?karena kebetulan aku mau buat jg tp utk ukuran besar.kata mba endang ini penampakannya agak kecil yaa mba,ga ngembang bgt.. Ooh yaa kalau dibandingin dengan brownies coklat ny.liem gimana mba hasilnya?sama besarny atau yg pandan ini lebih padat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mb Ismi, bs diganti tapi saya belum pernah coba modif. Jadi mungkin harus dikira2 snediri takarannya. Keduanya sama saja mba, tidak besar karena saya buat hanya 1/2 resep saja.

      Hapus
  51. Mba endang ini bisa dipanggang juga ga ya? Suhu berapa dan berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mba, suhu 170'C, waktu sekitar 30 menit, atau tes dengan lidi, krn beda oven bs beda waktunya

      Hapus
  52. Mbak q sering bgt loh nyoba resepnya. Q bkin prol tape sr rsep mb endang trs tak modif dkit,, trs tak incipin k tmen n ttgga, eh bnyk yg suka mb, mlah skrg bnyk yg psen. Mkasih bnyaaaaakkk y mbak. Dah ksi inspirasi ���� smangat trs nulis resep nya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka, moga makin banyak yang pesan yaaa, sukses selalu!

      Hapus
  53. Ovaletnya bisa diganti TBM ngga mba?

    BalasHapus
  54. Hallo mbak, mau nanya
    Klo ga ada cream cheese bsa diganti keju parut ya?tp gak perlu di lelehkan?trs langsung di campur bareng apa mb?
    Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai keju parut Mba, tdk perlu dilelehkan menurut saya, langsung campur ke adonan saja ya

      Hapus
  55. Mb Endang, pengen buat brownies ini.. Mb, aku sdh eksekusi 5x brownies kukusnya ny. Liem yg di JTT, yg brownies kukus coklat.. Alhamdulillah pertama buat langsung berhasil Mb, tp tanpa tak kasih susu kental manis.. buatan yg kedua tak kasih susu kental manis malah gak berhasil.. yg ketiga berhasil lagi (tnp susu kental manis) & pakai loyang segi4. tp yg ke 4 & ke 5 malah merekah Mb, jadi mlethek tengahnya.. Krn apa ya Mb? Aku pake loyang segi4 lagi.. tp untuk rasanya mantap.. cm bentuknya yang kurang cantik.. matur nuwun sakderenge.. ima-jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ima, wah saya kurang tahu kenapa kalau pakai SKM tdk berhasil ya mungkin adonan menjadi lebih berat dan encer.

      Kue merekah biasanya karena suhu terlalu panas, atau loyang terlalu kecil mba.

      Hapus
  56. Salam kenal mb endang.....hasil brownies nya bener2 lembut dan enak🙂🙂🙂

    BalasHapus
  57. Mbak saya mau tanya, kalau misal tidak diberi pewarna pandan apakah nanti jika dikukus hasilnya akan seperti brownies keju yg warnnya kekuningan?

    BalasHapus
  58. Mba Endang, apa bisa butter & margarin ganti minyak? Kira2 hasilnya bgimna?🙏🙏

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...