01 Januari 2011

Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)


Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)

Shrimp Ball Soup, sup udang yang menjadi salah satu menu di Hokben ini memang mampu membuat saya ketagihan. Bola-bola udangnya terasa kenyal dan padat. Sulit untuk menggambarkan shrimp ball ini karena kekenyalannya tidak seperti bakso biasa. Menu di Hokben memang enak tetapi hanya beberapa yang menjadi favorit saya, Kani Roll, Chicken Yakiniku, Ekkado dan Shrimp Ball Soup. Tiga menu pertama pernah saya posting sebelumnya, shrimp ball ini yang paling terakhir saya coba karena prosesnya yang sedikit  rumit. 

Bulan lalu saya sempatkan diri untuk membuat sup bola udang ini, hasilnya bakso kurang kenyal gara-gara saya melakukan modifikasi resep yang berakhir gagal. Berbekal rasa penasaran saya luangkan waktu untuk membuatnya lagi. Kali ini semua proses dan takaran saya ikuti, modifikasi yang saya lakukan 'hanyalah' mengeliminir ang chiu (arak china) dan  mengganti water chesnut dengan bengkuang. Agak sulit menemukan water chesnut di supermarket walaupun saya tahu toko buah All Fresh kadang-kadang menyediakannya, saya pernah membacanya di satu majalah bahwa water chesnut bisa digantikan dengan bengkuang. Hasilnya? Oke lho. Untuk kali ini saya berani mem-postingnya di blog. 


Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)

Walaupun bola udang saya tidak sekeras bola-bola udang Hokben tapi menurut saya cukup kenyal dan rasanya lezat sekali. Bola-bola udang ini layak untuk anda sajikan jika kebetulan di rumah anda sedang ada acara. Dijamin, tamu-tamu anda akan mengacungkan jempolnya. Untuk cetakan shrimp ball, saya menggunakan cetakan es batu yang terbuat dari plastik tebal. Hebatnya atau lebih tepat lagi untungnya, cetakan es batu ini beberapa kali di kukus tidak meleleh. Jangan tiru cara ini tentu saja, karena cetakan es batu tidak diperuntukkan untuk suhu tinggi. Anda bisa membentuk adonan dengan sendok seperti bakso dan mengukusnya langsung tanpa menggunkan cetakan.

Daripada saya berpanjang lebar lebih baik kita masak saja yuk, anda pasti penasaran dengan cara membuatnya kan? Mari...

Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)


Shrimp Ball Soup (Sup Bola Udang)
Resep diadaptasikan dari Resep Masakan Indonesia, Shrimp Ball 

Untuk sekitar 30 bola udang

Bahan:
- 100 gram udang, kupas kulitnya dan bersihkan
- 1/4 sendok teh baking soda
- 250 gram daging ayam cincang
- 1 batang wortel, berat kira-kira 100 gram
- 1 buah bengkuang ukuran sedang, berat kira-kira 100 gram
- 50 ml putih telur dari 2 butir telur ayam
- 1 sendok makan tepung maizena
- 1 batang daun bawang iris halus

Bumbu bola udang:
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1 sendok teh kecap asin (Kikoman)
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1/4 sendok teh merica bubuk

Bumbu kuah sup:
- 2 liter kaldu ayam (saya menggunakan air biasa)
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 2 butir bawang putih, cincang halus
- 1 batang daun bawang, iris tipis
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1 sendok teh kecap asin (Kikoman)

Cara membuat:
Parut bengkuang dan wortel menggunakan parutan keju atau parutan untuk rujak serut sehingga hasil parutannya kasar, tujuannya agar setelah menjadi bakso tekstur wortel dan bengkuang masih terasa. Peras hasil parutan hingga airnya habis, buang air perasan. Kita hanya akan menggunakan ampasnya saja. 

Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)

Bersihkan udang, buang kulit dan kepalanya. Lumuri dengan 1/4 sendok teh baking soda. Diamkan 15 menit. Keringkan udang dengan melapnya menggunakan tissue dapur, cincang udang hingga halus. 

Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)

Dalam mangkuk ukuran sedang, masukkan daging udang cincang, daging ayam cincang, minyak wijen, gula, kecap asin, merica, kaldu bubuk, aduk  semua bahan hingga rata.  Cicipi rasanya. Masukkan adonan ke dalam blender tambahkan putih telur kemudian proses hingga halus + 2 menit. Jika blender sulit bergerak karena adonan yang kental, bagi adonan menjadi dua dan proses masing-masing bagian secara terpisah. 

Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)
Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)

Keluarkan adonan dari blender, masukkan kembali ke mangkuk tambahkan wortel, bengkuang parut dan daun bawang cincang. Aduk hingga rata.

Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)
Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)

Masukkan adonan kedalam cetakan-cetakan kecil, saya menggunakan cetakan es batu yang saya olesi permukaannya dengan minyak goreng. Kukus adonan selama 20 menit atau hingga matang. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Lakukan hingga semua adonan bakso habis.

Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)
Resep Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)

Untuk kuahnya.
Jerang air di panci, masukkan semua bahan kuah kecuali daun bawang. Masak hingga kuah mendidih. Cicipi rasanya, masukkan daun bawang. Angkat.

Siapkan mangkuk, beri bola-bola udang, siram dengan kuah dan taburi dengan daun bawang. Shrimp ball soup siap disantap panas-panas. Hmm, so delicious!

Sources:
Resep Masakan Indonesia, Shrimp Ball



33 komentar:

  1. Mbak, saya nyoba bikin shrimp ball ini kemsren. tapiii.. kok hasilnya ga sepadat yg di hokben ya? apa mmg gitu ya hasil akhirnya? ohya saya nyetaknya pake tangan, krn cetakan es batunya ga muat masuk panci kukus :((
    klo kuahnya emg enak bgt, saya pake air kaldu udang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, yup memang tidak sekeras dan sekenyal di Hokben ya. Harusnya menggunakan water chestnut bukan bengkuang, hanya saja karena agak susah cari water chestnut makanya saya ganti bengkuang, nah bengkuang ini teksturnya lebih lembek. Tapi juga tidak terlalu lembek sih, menurut saya, bengkuang dan wortelnya diperas hingga airnya habis kan Mba?

      Hapus
  2. eh, water chestnut apaan mbak? ohya perasnya pake tangan, nyisa dikit lah airnya. trus jg ga kublender, soalnya blendernya nakal, ga mau muter kalo kental banget gt. hmm.. kayanya harus dicoba lagi, meresnya pake kain saringan tahu aja biar lbh afdol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Water chestnut adalah sejenis tanaman air dimana ujung-ujung akarnya menggelembung membentuk umbi (corms), umbi ini renyah dan mengandung pati dan memiliki tekstur perpaduan antara bengkuang dan lobak. Bentuknya bulat agak gepeng dengan ujung mengerucut berwarna coklat gelap. Ukurannya sebesar buah duku dan biasanya dijual di supermarket tertentu saja. Ini link wikipedia untuk melihat gambarnya: http://en.wikipedia.org/wiki/Eleocharis_dulcis

      Hmm, menurut saya daging yang diblender memiliki tekstur yang lebih kenyal dan kompak. Dengan campuran putih telur blender bisa bekerja. Pakai daging ayam cincang Mba, kemudian masukkan semua ke gelas blender + putih telur. Saya melakukan hal seperti ini, hasilnya berbeda jika hanya menggunakan daging cincang biasa. Sukses ya.

      Hapus
    2. hmm..rempong juga ya nyari water chestnut.
      kemarin saya pakai daging cincang dr supermarket.mustinya daging ayam aja ya, yg dihaluskan pake blender.
      baiklah saya akan coba lagi. untung cm dimakan berdua suami. makasih mbak :)

      Hapus
    3. Yep, pakai daging ayam dan udang, dan di blender hehee

      Hapus
  3. Adonan nya boleh di rebus ga? Ato harus dikukus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, adonannya harus dikukus ya, takutnya buyar kalau langsung direbus. Thanks

      Hapus
  4. Mbak, saya lagi punya cukup banyak stok udang di kulkas. Pengen nyoba resep ini. Kalo baking soda diganti baking powder boleh nggak? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sisca, hasilnya tidak akan sekenyal jika menggunakan baking soda Mba, saya sudah coba soalnya ^_^

      Hapus
    2. Hmm... harus beli baking soda nih rupanya. Nggak mahal sih, tapi lemari penuh pernak pernik he..he.. Ok deh, saya akan coba. Terima kasih!
      Sisca - Surabaya

      Hapus
    3. Mbak, kemarin saya coba bikin tanpa bengkoang. Saya kurang teliti baca resepnya, udang sdh terlanjur saya cincang, jadi baking soda saya campurkan ke dlm adonan. Dan saya bentuk bola2 dg 2 sendok, dan merebus dg api kecil, krn agak waswas dg cetakan es batu dari plastik. Hasilnya kenyal, cantik warna oranye dan bintik2 hijau, dan tentu saja lezat. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Hapus
    4. Yep, keknya lebih aman jika dibentuk bola2 saja dan direbus. saya tidak menyerankan mengunakan plastik cetakan es, karena gak oke juga buat kesehatan. thanks sharuingya ya Mba Sisca.

      Hapus
  5. salam kenal mbak endang,
    saya ingin masak untuk anak saya yang masih umur setahun
    kalau tidak menggunakan baking powder atau baking soda bagaimana mb?

    satu lagi kalau tidak pakai bengkoang efeknya apa mb?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, sebenarnya gak papa, cuman memang teksturnya kurang kenyal ya. Bengkuang funsginya agar lebih empuk gak keras, karena daging ayam membuat tekstur keras ya, kalau mau empuk tambahin udang banyak2.

      Hapus
  6. Salam kenal Mbak. Saya baru nemu blog Mbak kemarin, dan terus2an takjub dengan banyaknya resep. Terima kasih banyak sudah menyempatkan diri untuk membagi ilmu di blog. Mohon maaf sebelumnya, tapi untuk resep ini, saya anjurkan Mbak untuk mencari alternatif lain. Sebaiknya bola bola udangnya jangan dikukus dengan peralatan dari bahan plastik. Panas akan menyebabkan plastik bereaksi, melepaskan senyawa kimiawi ke makanan yg sedang dimasak, amat tidak baik untuk kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai salam kenal juga ya dan thanks atas informasinya. yep, memang plastik bukan alternatif baik untuk memasak terutama untuk plastik yang tidak diperuntukkan untuk itu. Untuk bola udang, saya kembalikan lagi ke pembaca untuk mencari alternatif bagaimana mencetaknya ya, karena saya yakin pembaca lebih kreatif untuk mennetukan pilihan mereka ^_^

      Hapus
  7. Mbak, saya barusan cari informasi lebih lanjut di google, and ketemu artikel ini, silakan dibaca yah Mbak. http://www.riaupos.co/berita.php?act=full&id=11465#.UcwnlaNhiSM

    Cuma sekedar sharing yah Mbak. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Saya yakin akan berguna untuk pembaca lainya. ^_^

      Hapus
  8. aku salah satu penggemar makanan hokben juga dan ini menu yg ng boleh ketinggalan ,udh aku coba buat dr info2 yg aku dpt,klu mau direbus air hrs mendidih ,trs matiin siapin air es ,masukin adonan bulat2 keair panas td br nyalakan api kecil klu udh gapung langsung masukin ke air es batu yg dingin(esnya banyakan )ini buat shrimp ball kenyal...jd ng boleh langsung rebus di air mendidih ,klu mau kukus baiknya oake alumunium yah?atau silicon mungkin,,sekarang lg trend alat2 yg terbuat dr silikon..btw thanks banget buat mba 'endand blognya bener2 juara.....dan penolong banget buat yg bosen dan pengen sesuatu yg baru...resepnya smpi step2nya mantap...thanks' mudah2an bangsa indonesia terkenal krn kreatifitasnya bukan hanya kebobrokannya...............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks tipsnya, yep sama seperti membuat bakso, supaya kenyal gak boleh direbus tetapi dimasukkan di air panas yang telah didihkan. pakai silikon juga oke kok.

      thanks sharingnya Mba Eri, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  9. Hi mba Endang,
    Saya sudah coba sup ini mba...enak mba..anak saya doyan lho...
    cm jadinya sm saya kayak tekwan..he he he
    Oh iya mba sdh di posting jg di blog-ku...
    Kapan-kapan mampir ya mba ke blog-ku....
    Thanks ya mba sdh berbagi resep ini..cheers...
    Monic

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Monic, wah jadi kaya tekwan tetap lezat yaa, thanks sudah disharing, saya pasti mampir Mba ^_^

      Hapus
    2. Mba Endang...thanks ya sudah mampir di blog-ku....seneng deh....
      Ntar-ntar posting lagi resep yg kucoba dari JTT...he he he...

      Hapus
    3. hai Mba Monic, blognya bagus kok, dan semua original hasil karya sendiri, mantap. Keep posting dan update ya Mba, resepnya sudah banyak dan enak2, jago masak ternayata wakakkak

      Hapus
  10. Mbak endang makasih resepnya, btw abis dikukus bisa disimpen dikulkas kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba pipit, bisa dibekuka di freezer ya

      Hapus
  11. makasih resepnya mbak.. itu bola-bola udangnya keliatan yummy gimana gitu wkwkwk :)) oh iya kalau semisal dicetak + digilingnya langsung di mesin pembuat bakso apa rasanya tetep seenak bikinan manual gitu mbak? maunya sih bikin banyak ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Tiara, mungkin bisa ya mba, kunciya sih udangnya mesti banyak supaya enak hehehe

      Hapus
  12. Thanks resepnya ya mbak, inspirasi buat saya. Mbak endang, kalo boleh tahu, kaldu bubuk nya pake kaldu bubuk merk apa ya? Apakah mengandung msg? Terimakasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, saya pakai kaldu bubuk biasa merk Royco dan yep mengandung MSG ya, skip saja kaldu bubuknya, untuk resep ini tetap enak tanpa kaldu bubuk

      Hapus
  13. Mbaaaaa klo chicken tofu soup di hokben..kuahnya sama ga sey ama yg dipake di sup bola udang?
    Mbaaaaa kalo ntar mba ada waktu mencoba..share resep ya mbaaa
    Chicken tofu soup ala hokben..btw itu tahunya yg dipake tahu apaan ya mba (barangkali mba endang tau).
    Tahunya lembut bener tp berkulit diluarbya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip tapi rasanya agak beda hehehhe. Kayanya tahunya memag jenisnya khusus, mungkin jenis tahu susu seperti di lembang ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...