28 Januari 2011

Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang


Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT

Anda pecinta kue dengan rasa rempah yang spicy? Hmm, saya penggemar beratnya. Kue-kue dengan citarasa rempah menurut saya sangat lezat dan tidak membosankan. Jenis rempah yang umum digunakan untuk memperkuat cita rasa cake, cookies atau roti biasanya adalah kayu manis, pala, cengkeh dan jahe. Umumnya rempah bubuk ini dipergunakan di resep cake buah  namun resep dengan bahan dasar labu kuning (pumpkin) atau ubi jalar (sweet potato)  juga sering ditambahkan jenis rempah-remah ini. 

Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT
Beberapa contoh rempah bubuk

Tips dari saya jika anda ingin menggunakan rempah bubuk ke dalam kue atau cake anda:
  1. Jika anda membeli rempah bubuk yang telah jadi di supermarket maka carilah produk yang berkualitas. Harganya memang lebih mahal tetapi anda tidak akan menyesal dengan hasilnya. Saya pernah membeli jahe bubuk suatu merk, harganya memang murah tetapi hasilnya membuat saya kecewa. Aroma dan rasa jahenya tidak terasa, justru yang ada rempahnya berbau apek. Bayangkan apa jadinya dengan rasa dan aroma kue saya nantinya?
  2. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika anda ingin mencobanya maka pastikan bahan yang akan anda blender dalam kondisi benar-benar kering agar bubuk yang dihasilkan tidak lembab dan menggumpal. Kondisi kering juga membuat rempah bubuk anda tahan lama, tidak mudah ditumbuhi jamur. Jangan lakukan ini pada cengkeh, karena pengalaman saya menggiling cengkeh dengan blender akan membuat pisau blender menjadi seret dan tidak mau berputar lagi.
  3. Saya selalu menyimpan aneka rempah saya dalam botol tertutup rapat di dalam kulkas, cara ini menurut saya membuat rempah lebih awet baik aroma maupun fisiknya. 
Nah, resep muffin kali ini menggunakan bahan dasar dari labu kuning. Membuatnya sangat mudah seperti muffin pada umumnya. Muffin labu ini menggunakan rempah-rempah berupa kayu manis, pala dan jahe bubuk serta allspice. Allspice ini merupakan campuran rempah-rempah bubuk yang bisa anda beli di supermarket seperti Carefour atau Giant.  Saya menggunakan merk McCormick karena berdasarkan pengalaman walaupun merk ini harganya lebih mahal dari yang lokal namun hasilnya sangat memuaskan. Agar rasa rempah jahenya lebih nendang di resep ini juga ditambahkan manisan jahe (candied ginger) yang dicincang. Saya pernah mem-posting resep manisan jahe sebelumnya, anda bisa klik di sini

Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT
Manisan Jahe

Untuk cetakan muffinnya saya menggunakan aneka cetakan apem atau kue mangkuk dan ada juga yang saya masukkan ke dalam kertas cupcake. Anda bisa menggunakan cetakan apa saja yang ada di rumah.

Berikut resep dan cara pembuatannya ya.

Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT

Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang  
Resep diadaptasikan dari Simply Recipes - Pumpkin Ginger Nut Muffins

Untuk 20 buah muffin diameter 4 - 5 cm

Bahan:
- 165 gram tepung terigu serba guna
- 1/2 sendok teh garam
- 225 gram gula pasir
- 1 sendok teh baking powder (resep asli menggunakan baking soda)
- 230 gram bubur labu kuning
- 75 gram mentega, cairkan
- 2 butir telur, kocok lepas dengan garpu
- 60 ml air
- 1/2 sendok teh pala bubuk
- 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
- 1/2 sendok teh allspice
- 1 sendok teh jahe bubuk
- 75 gram almond cincang, saya menggunakan almond yang diiris tipis, bisa menggunakan kacang mete cincang
- 2 sendok makan manisan jahe (candied ginger), cincang kasar (optional)

Cara membuat:
Untuk membuat bubur labu.
Kupas labu kuning, potong-potong kubus ukuran 3 x 3 cm, kukus hingga labu lunak kemudian haluskan dengan menggunakan sendok atau blender. Sisihkan. 

Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT
Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT

Untuk membuat muffin.
Panaskan oven, set disuhu 180'C. Siapkan loyang cetakan muffin, olesi cetakan dengan mentega dan taburi dengan tepun atau jika anda menggunakan kertas cupcake maka siapkan kertasnya lapis dua/double agar kertas terluar yang kotor terkena lelehan adonan bisa anda lepas dan buang.

Dalam mangkuk ukuran sedang, ayak tepung terigu, garam dan baking powder. Masukkan gula pasir, aduk rata dan sisihkan.

Di mangkuk terpisah, masukkan bubur labu kuning, mentega cair, semua rempah-rempah bubuk, air dan telur. Aduk hingga rata. 

Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT

Masukkan tepung terigu ke dalam mangkuk campuran labu, aduk pelan menggunakan spatula hanya agar tercampur saja. Jangan mengaduk berlebihan karena muffin akan bantat. Tambahkan manisan jahe dan kacang almond. Aduk rata. 

Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT
Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT

Tuangkan adonan ke dalam cetakan, panggang selama 30 - 40 menit atau jika permukaan muffin mulai kecoklatan dan ketika kita tusuk dengan lidi maka tidak ada adonan yang menempel. Keluarkan dari oven dan biarkan setengah dingin baru keluarkan dari cetakan. 

Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT
Resep Muffin Labu Kuning, Jahe dan Kacang JTT

Muffin siap disantap.

Source:
Simply Recipes - Pumpkin Ginger Nut Muffins



8 komentar:

  1. Sis, kl mentega nya diganti dgn canola oil bisa nga ya?

    BalasHapus
  2. Mba, salah satu tips di atas "menggiling cengkeh menggunakan blender" nanti blender nya rusakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, beli cengkeh bubuk saja mba, kalau cengkeh jangan digiling dengan blender

      Hapus
  3. mbak apa resep ini bisa di kukus?kbetulan lagi punya labu kuning dari kebun tapi gk punya oven.makasih

    BalasHapus
  4. Halo mbak endang.. Saya udah coba muffinnya.. Enak dan gampang banget buatnya. Saya skip bubuk pala dan ginger candiesnya rasanya tetap oke. Cuma kemanisan kalo buat saya, next saya mau coba gulanya dikurangin saja. Trimakasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Pratiwi sharingnya, senang resepnya disuka, sukses ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...