26 Januari 2011

Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread)


Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread) JTT

Kue ini menurut saya termasuk jenis cake, walaupun nama aslinya menggunakan kata bread di dalamnya. Berdasarkan hasil baca literatur sana sini ternyata di Amerika jika cake dipanggang menggunakan loyang loaf (loyang yang umum digunakan untuk memanggang roti) maka namanya adalah bread walaupun memiliki tekstur dan rasa seperti cake. 

Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread) JTT

Terlepas dari itu semua yang jelas tidak ada yang lebih memuaskan jika kita membuat kue dari resep yang murah meriah dengan cara yang sangat mudah namun hasil akhirnya: Wah! Nah, pumpkin bread ini salah satunya. Semua bahan cukup anda masukkan menjadi satu ke dalam mangkuk, aduk sebentar, tuangkan di loyang dan panggang. Trala! Jadi deh cake labu kuning yang sangat lezat. Tidak percaya? Saya awalnya pun begitu, dengan harap-harap cemas bercampur sedikit pesimis bahwa kue saya akan berakhir bantat namun ketika saya lihat melalui kaca oven dia menggelembung sempurna maka saya pun bersorak gembira. Ini memang kue yang sangat mudah!

Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread) JTT
Aneka rempah bubuk yang sering saya gunakan
Rasanya? Jangan khawatir, yummy pokoknya.  Cake ini kering dan garing di luar namun moist dan lembut di dalam. Untuk bubur labunya, membuatnya pun sangat mudah. Saya pernah posting mengenai resep pumkin puree sebelumnya, proses pembuatannya dengan cara di oven. Anda bisa klik disini jika tertarik untuk melihatnya. Tapi ada cara yang lebih mudah, cukup kupas labu, buang biji dan serat labu yang berada di tengah buah, potong-potong ukuran 3 x 3 cm. Kukus selama 1/2 jam hingga labu empuk dan mudah dihaluskan. Saya menggunakan sendok dan saringan kawat untuk menghaluskannya. Anda juga bisa menggunakan blender. Bubur labupun siap anda gunakan untuk bahan cake atau cookies. Jika tidak habis, masukkan  ke dalam wadah kedap udara dan simpan di freezer. Bubur labu tahan hingga 1 bulan. 

Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread) JTT

Resep aslinya menggunakan tepung terigu, supaya lebih sehat maka saya menggunakan campuran tepung terigu dengan tepung gandum utuh. Untuk minyaknya, saya menggunakan minyak zaitun sesuai resep aslinya, anda bisa menggunakan minyak goreng biasa.

Yuk kita intip resepnya.

Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread) JTT

Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread)
Resep diadaptasikan dari Simply Recipes - Pumpkin Bread

Bahan:
- 100 gram tepung terigu serba guna
- 110 gram tepung gandum utuh (whole wheat flour)
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh baking powder (resep asli menggunakan baking soda)
- 230 gram bubur labu
- 119 ml minyak zaitun
- 2 butir telur, kocok lepas menggunakan garpu
- 100 gram gula pasir
- 60 ml air
- 1/2 sendok teh pala bubuk
- 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
- 1/2 sendok teh allspice
- 75 gram kacang mete cincang

Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 180'C. Siapkan loyang loaf standar 20 x 13 x 5 cm, olesi mentega dan taburi dengan tepung. Sisihkan.

Dalam mangkuk ukuran sedang, ayak tepung terigu, tepung gandum utuh, garam dan baking powder. Sisihkan.

Di mangkuk terpisah, masukkan bubur labu, minyak zaitun, air, telur, gula dan rempah bubuk. Aduk hingga rata.


Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread) JTT

Tambahkan campuran tepung ke dalam bubur labu, aduk pelan hanya agar tercampur, jangan mengaduk berlebihan. Masukkan kacang mete cincang, aduk rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Panggang selama 50 - 60 menit hingga permukaan kue coklat dan ketika lidi ditusukkan ke tengah kue maka tidak ada adonan yang menempel. Jika kue belum  matang sementara permukaan kue mulai kecoklatan maka tutup kue dengan alumunium foil dan panggang hingga kue matang.


Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread) JTT
Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread) JTT
Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread) JTT

Keluarkan dari oven biarkan selama 5 menit, keluarkan dari dalam loyang dan dinginkan sempurna di rak kawat. Potong-potong kue setelah kue benar-benar dingin. Kue siap disantap.


Resep Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread) JTT

Source:
Simply Recipes - Pumpkin Bread



10 komentar:

  1. mbak nanya dong, tepung gandum utuh itu kayak oat2 yang biasa dijual itu bukan?kalo bukan bisa diganti apa ya kalo ga ada?trus kalo pala bubuk, kayu manis sama all spice-nya di skip boleh ga?*saya ga terlalu suka soalnya...hehehehehe trims -Yuni-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bukan ya, tepung gandum beda dengan oat. bentuknya seperti terigu hanya saja lebih kasar dan warnanya putih kecoklatan. Ganti saja sma tepung terigu atau oatmeal yang digiling halus dengan blender dry mill. Skip saja spicenya kalau gak suka ya.

      Hapus
  2. Mbak endang, its been 3 weeks since i found your delicious blog. Dan saya nggak bsa berhenti bacaaaa! Pdhl saya punya bayi dibawah satu tahun yg lg heboh2nya.. But u got my attention! Semoga mbak endang nggak ninggalin blog ini yaa klo nanti terkenal.. Sehat terus ya mbak, supaya tetep bs posting resep2 menarik dan mudah..

    Mbak, kalo dikukus kira2 gimana ya mbak? Saya gak punya oven..
    Sama mau minta tips milih oven dong mbak. Saya mo beli oven tp maju mundur gini, takut nggak sesuai dgn kebutuhan baking. Oven listrik atau gas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Chika, salam kenal ya dan thanks sharingnya disini, senang sekali resep2 JTT disuka ya.Moga suatu saat juga dicoba hehehhe.

      cake diatas bisa dikukus mba, sekitar 45 menit ya. Untuk oven sepertinya pengalaman sy tidak terlalu banyak, dirumah saya pakai oven listrik merk sico dan kadang pakai oven gas yang nyambung jadi satu sama kompor. menurut saya beda oven beda juga tips menggunakannya jadi supaya mahir ya harus sering dipakai yaaa hehhehe

      Hapus
  3. Mbak endang.... makasiy sudah berbagi resep yg enaaaaaghhh dan simple... semoga allah swt membalasnya..aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Arbiez, thanks sharingnya ya, senang resep JTT disuka, sukses ya

      Hapus
  4. Salam kenal mbak Endang...
    Well... what can I say.. I am your big fans and offcourse your blog and all in it

    May success be with you.. amen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, salam kenal juga yaa, senang resep2 JTT disuka, sukses yaaa

      Hapus
  5. Mbak Endang, saya termasuk orang yang hampir selalu gagal bikin cake. Dalam rangka menyelamatkan labu yang ada di kulkas, saya "berkelana" mencari resep cake labu termudah bagi saya. Akhirnya saya memutuskan mengikuti resep Mbak. Bahagia sekali waktu ngintip di balik kaca oven cake-nya mekrok mengembang seperti foto di blog Mbak. Terima kasih banyak. Ini akan jadi salah satu resep andalan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fransiska, thanks sharingnya ya, senang resep cakenya disuka. sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...