11 Januari 2011

Resep Homemade Siomay


Resep Homemade Siomay Ayam JTT

Kepingin makan makanan yang tidak terlalu berat tapi cukup memuaskan? Negeri ini punya banyak sekali pilihan jenis makanan semacam itu, sebut saja bakso, gado-gado, bubur ayam, batagor dan tentu saja siomay. Siomay atau Siu Mai tentu saja bukan makanan asli Indonesia, makanan ini merupakan salah satu jenis dumpling, varian dim sum yang berasal dari China, melalui proses adaptasi  di negeri kita terciptalah siomay dengan bumbu dan racikan saus kacang yang  disesuaikan dengan lidah lokal. Salah satunya yang terkenal tentu saja Siomay Bandung, begitu banyak resto di Bandung yang menyajikan siomay dan batagor yang lezat sehingga rugi rasanya kalau kesana melewatkan kesempatan untuk menikmati makanan ini.

Di Jakarta banyak juga restoran atau toko kue yang meyediakan siomay yang lezat,  salah satunya yang saya suka beli adalah siomay di Kari Umbi.  Kebetulan jarak rumah Pete yang tidak terlalu jauh dengan Blok M, tempat dimana Kari Umbi membuka salah satu cabangnya. Siomay-nya imut-imut dengan rasa ikan dan udang yang kuat, lezat sekali. Karena imut-imut maka sekali duduk makan bisa menyantap beberapa buah sekaligus. Sedap.


Resep Homemade Siomay Ayam JTT


Tapi bagaimana jika rumah tinggal anda jauh dari mana-mana, boro-boro siomay yang lezat, mencari warung padangpun susah. Atau ketika anda sedang malas keluar rumah, tapi ingin menyajikan sesuatu yang spesial hasil karya anda sendiri untuk keluarga? Atau... mungkin hanya sekedar mengasah ketrampilan memasak untuk mencari kepuasan diri jika berhasil membuatnya, seperti yang saya lakukan. Nah, kalau anda mengalami satu dari hal-hal diatas mengapa tidak mencoba untuk membuat siomay sendiri? Caranya mudah dan rasanya lezat. Anda bisa menggunakan kulit pangsit siap pakai yang banyak di jual di pasar & supermarket atau membuat kulitnya sendiri. Resep kulitnya silahkan klik postingan saya sebelumnya di Adonan Dasar Untuk Kulit Dumpling & Siomay. 

Berikut resepnya.

Resep Homemade Siomay Ayam JTT

Siomay Ayam, Ikan & Udang
Resep diadaptasikan dari:
Cook Eat Share, by Linda Tay Esposito, Dumpling Dough
Use Real Butter, Chinese Dumplings and Potsticker
Blog Agnes Tri Harjaningrum, Siomay Bandung
Tabloid Nova, Siomay Bandung 

Untuk 15 buah siomay

Siapkan kulit siomay

Bahan isi:
- 100 gram daging ayam cincang, saya menggunakan bagian dada
- 100 gram udang, buang kepala dan kulit, cincang
- 200 gram ikan tuna, cincang
- 3 sendok makan tepung tapioka
- 1 butir telur
- 100 ml air

Bumbu:
- 1 sendok teh soy sauce
- 1/2 sendok teh saus tiram
- 1 sendok teh kecap ikan
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 2 siung bawang merah, parut
- 1 1/2 siung bawang putih, parut
- 1 1/2 sendok makan ebi kering, rendam air panas
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh jahe parut
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh garam

Saus kacang:
- 200 gram kacang tanah, goreng, tiriskan
- 3 buah cabai rawit
- 3 buah cabai merah keriting
- 3 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 2 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 300 ml air
- 1 sendok makan minyak untuk menumis  

Cara membuat:
Masukkan semua bahan isi siomay dan bumbu ke dalam mangkuk, aduk rata. 


Resep Homemade Siomay Ayam JTT
Resep Homemade Siomay Ayam JTT

Siapkan blender, masukkan adonan ke dalam blender, tambahkan air dan proses hingga lembut. Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, cicipi rasanya.


Resep Homemade Siomay Ayam JTT
Resep Homemade Siomay Ayam JTT


Sekarang kita akan membungkusnya dengan kulit pangsit, anda bisa membiarkan kulit pangsitnya berbentuk segi empat atau mencetak kulitnya menggunakan gelas sehingga menjadi berbentuk lingkaran seperti yang saya lakukan. 

Resep Homemade Siomay Ayam JTT
Resep Homemade Siomay Ayam JTT

Buat posisi jari tangan kiri anda seperti hendak menggenggam, letakkan selembar kulit pangsit di atas lingkaran jari-jari tangan anda. Beri satu sendok adonan isi sambil kulit ditekan masuk ke dalam genggaman tangan sehingga membentuk seperti keranjang kecil. Rapikan lipatannya, biarkan bagian atasnya terbuka. 


Resep Homemade Siomay Ayam JTT
Resep Homemade Siomay Ayam JTT
Resep Homemade Siomay Ayam JTT


Lakukan hingga semua adonan habis. Siapkan kukusan, bisa menggunakan dandang alumunium atau kukusan dim sum dari bambu. Alasi dasar kukusan menggunakan lembaran sawi putih agar tidak lengket didasar kukusan. Tata siomay berdampingan, jangan ditumpuk, karena siomay akan lengket satu sama lain.


Resep Homemade Siomay Ayam JTT


Kukus selama 20 menit, hingga adonan isi matang dan kulit siomay berubah menjadi mengkilap. 


Resep Homemade Siomay Ayam JTT


Angkat siomay dari kukusan dan biarkan dingin. 

Cara membuat saus kacang:
Panaskan wajan, beri minyak, tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hingga matang. Angkat.

Haluskan kacang goreng dan bumbu tumis, tuangkan ke dalam panci kecil, tambahkan air, garam, gula, kaldu bubuk dan kecap manis. Masak hingga mendidih dan mengental. Cicipi rasanya. Angkat. 


Resep Homemade Siomay Ayam JTT
Resep Homemade Siomay Ayam JTT


Tata siomay di atas piring saji, siram dengan saus kacang lengkapi dengan kecap manis, saus sambal botolan dan perasan air jeruk limo.

Siomay siap disantap. Enjoy. 

Sources:
Cook Eat Share, by Linda Tay Esposito, Dumpling Dough
Use Real Butter, Chinese Dumplings and Potsticker
Blog Agnes Tri Harjaningrum, Siomay Bandung
Tabloid Nova, Siomay Bandung




43 komentar:

  1. mba, aku coba resep siomay-nya..mantep kalo soal isi..tapi kulit yg aku buat terlalu keras kenapa ya? padahal aku ikutin sesuai petunjuk resep.

    BalasHapus
  2. Halo Mba Nurhayati, salam kenal ya. Yup, kulitnya memang terasa agak keras ya, saya belum menemukan adonan kulit siomay lainnya yang lebih lembut. Jika digilas terlalu tipis, membuat kulit mudah berlubang ketika diisi adonan isi. Saya saat ini juga sedang berusaha mencari kulit siomay yang lebih oke lagi. Jika ada ide bisa di sharing ya Mba.
    Thanks atas komennya ^_^

    BalasHapus
  3. Hi,
    pada saat siomay hendak dikukus, semprot kulit siomay dengan air sampai basah benar, baru kukus, insyaAllah nantinya hasil kulit siomay lembut. semoga bermanfaat yach...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba...
      proses penyemprotan kulit siomaynya sebelum di masukkan bahan isi atau setelah dimasukkan bahan isi yah?
      Thanks

      Hapus
    2. Halo Mba Shinta, saran diatas adalah dari salah satu pembaca yang berbaik hati menularkan ilmunya, menurut saya proses penyemprotan setelah dimasukkan bahan isi ya.

      Hapus
    3. Iya kalo sblm diisi disemprot malah lengket n robek mnrt praktrk sy.

      Hapus
    4. Thanks Mba Enggar sharingnya, sukses yaa

      Hapus
    5. Sudah saya coba dengan menggunakan resep double dengan isian penuh bisa jadi kurleb 40 buah siomay. Rasanya enak banget cuma tekstur menurut saya kurang kenyal karena tapiokanya sedikit. Lain kali kalau buat akan saya tambahkan takaran tapioka#terbiasa makan siomay di gerobak yang banyak tepung dan minim ikan :-p Untuk membuat kulit siomay tidak kering, saya meniru tips di instagram mbak @lilik_indrayani_81, ybs mencelupkan kulit pangsit yang dibeli jadi ke campuran air yang diberi minyak goreng dan minyak wijen. Saya sudah praktikan dan memang kulit siomay jadi relatif lentur. Dikukus berdempetan pun walau lengket tapi bisa dipisah dengan robek minimal.

      Hapus
    6. thanks Bunda Ghania sharingnya yaa. Yep supaya shiny dan gak lengket meemang bagusnya kulit siomay dioles minyak.

      Hapus
  4. Halo, salan kenal ya. Wah makasih banget atas sarannya, next pasti akan saya coba. ^_^

    BalasHapus
  5. Dear Mbak Endang,
    tadi pagi saya udah coba bikin siomay ini. Hasilnya sih...meskipun bentuk gak secantik orangnya (mksdnya yg dijual di luar :p) rasa boleh tahan lah, apalagi kalau sdh pake saus kacang, kecap manis, saus sambal plus perasan jeruk sonkit. Cuma sayangnya....kurang kenyal, so sekali gigit tamat. Pengennya bisa kenyal tp gurih kayak yg dijual2 gitu Mbak. Apa memang begitu ya kalau pake tapioka? Pls advice. Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, iya memang kurang melawan ya Mba Lisa, kalo menurut saya takaran tepung sagu/tapiokanya ditambahkan kalo mau kenyal. Saya pernah buat versi ikannya, kaya pempek dan itu cukup ngelawan karena tepung saya banyakin takarannya. Bisaaa di coba hehehe

      Hapus
  6. Dear mbak Endang,
    saya baru mo nyoba sih... btw diresep kan tertulis ikan tuna tuh... untuk tastenya apakah akan seperti bila kita menggunakan ikan tenggiri gak ya..?
    thanks buat ilmunya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pakai ikan tengiri tentu saja lebih yummy! Saya pakai tuna karena cuman itu yang ada di rumah dan tengiri harganya lebih mahal hehehhe.

      Hapus
    2. hi mba Endang,
      mba kl untk isi siomaynya hanya pk daging ayam cincang bs gak ya mba???????

      Hapus
    3. Bisa kok, kasih labu siam kukus yang diparut sebanyak 50-100 gram agar siomay nggak terlalu keras. karena kalau hanya pakai ayam saja siomaynya cenderung keras.

      Hapus
    4. Hi mba endang.. klo labu siamnya diganti bangkuang bisa ga? Trus dagingny hanya ayam dengan udang?
      thanks..

      Hapus
    5. belum pernah coba tapo menurut saya bisa ya mba, yep ayam dan udang bs kok, udang yang banyak akan membuat siomay lebih empuk

      Hapus
  7. hai mb slm knal..
    soy sauce tu kyk apa sih mb? mklum bru mngenal dapur hehehe..
    kl misalny g pke pengaruh g mb? mksh...
    maya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Maya, soy sauce itu kecap asin, bisa pakai merk yang biasa saja seperti ABC atau Indofood. Kalau diskip juga gpp, gak ngaruh kok hehehhe

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  8. Mbak kl mau saya simpan di freezer bisa tahan brp lama ya? Dan nyimpannya sebelum atau sesudah dikukus mbak? Thanks. Diana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, simpan di freezer bisa sampai 1 bulan, setelah dikukus ya dan masukkan dalam wadah rapat gak boleh kena udara kulkas.

      Hapus
  9. Mbk..klo pake selai kacang enaknya sama gak?pernah liat resep dtempat lain kog bumbunya pake selai kacang..selai kacang kan manis mksd sy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, bisa pakai selai kacang kok, memang selai manis, karena itu takaran gula di resep saus kacangnya dihilangkan saja. kalau sudah dikasih bumbu lainntya dan garam ketutup rasa manisnya.

      Hapus
  10. Mbak, sy sudah coba resep ini dengan komposisi udang dan tenggiri yg diganti dengan ikan tuna. Rasanya maknyuss..:)

    BalasHapus
  11. Mba saya sudah coba n gagal nii ;(. kebanyakan aer kynya, btw kalo smua bahan lgs dblender n ga diaduk dlu di mangkok ada pengaruhnya ya mba?

    BalasHapus
  12. Hallo mba salam kenal..
    untuk telur digunakan putihnya saja atau putih + kuning?
    Tks, nuning

    BalasHapus
  13. Mbak aku mau tanya, kl dimsum ato somay pake kulit ini setelah saya masukin frezer lalu dikukus jadinlepas dr kulitbya yaa...ada tips agar tetap menempel...

    BalasHapus
  14. Mba.. Resep ini dengan resep siomay ala si abang.. Enakan yang mana menurut mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda tekstur, siomay abang kan lbh banyak kanji dan lebih chewy. Yang ini banyak ayam, Saya suka yang siomay abang mba

      Hapus
  15. Mbak Endang, di resepnya saya ga liat ada labu siam/bengkuang tp di komen saya liat mbak bilang pake itu supaya lembut. Jadi bagusnya pake ato ngga ya mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek resep 'siomay a la si abang JTT' disana saya pakai labu siam supaya siomay lbh empuk

      Hapus
  16. Dear mbak endang. Kalau buat somay nya gak pkek ayam cuma pkek udang dan ikan, apa resepnya masih sama kyk yg mbak endang tulis?mksih mbak

    BalasHapus
  17. malam mb endang, mau tanya ni
    1.kalau kita pakenya udang sama ikan bagusnya tetap pake labu siam apa gak ya??
    2. klw kita mau buat pake "kulit siomay" bagusnya pake resep somay diatas(siomay ayam, ikan, udang) apa resep satu lagi (siomay ala si abg) ?
    mksh mb endang😘😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Tenti,
      1. tidak usah gak papa mba
      2. siomay diatas, siomay ala abang2 sebaiknya tdk usah pakai kulit mba

      Hapus
  18. Malam mb...
    Kalo tapioka nya diganti sama maezena dan tambah labu siam tp pke sdkit udang dan byk ayam nya, hasil nya gimana mb...mksh

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...