10 January 2011

Adonan Dasar Untuk Kulit Dumpling dan Siomay


Bagi saya yang menggemari dim sum seperti dumpling dan siomay, mampu membuatnya  di rumah menjadi tantangan tersendiri. Kulit dumpling yang shiny dan translucent memang tidak mudah dibuat, apalagi bentuknya yang unik menyerupai dompet mungil nyaris bisa dibilang seni tingkat tinggi. Kalau untuk kulit siomay bisa kita akali dengan menggunakan kulit pangsit yang banyak dijual di pasar tetapi bagaimana dengan kulit dumpling? Kulit dumpling berbeda dengan siomay, warnanya putih, licin dan transparan sehingga isi udangnya yang berwarna merah hampir terlihat dari luar. Cantik sekali.  

Libur kemarin saya pun mencoba membuatnya, saya pernah membuat dumpling beberapa bulan yang lalu tetapi menurut saya hasilnya kurang maksimal. Kali ini saya mencoba memodifikasi resep adonannya. Saya baca dari beberapa sumber, tips untuk memberikan efek shiny dan translucent pada dumpling yaitu dengan menambahkan tepung tapioka dan di beberapa resep juga menambahkan wheat starch. Informasi mengenai wheat starch adalah sejenis pati (bukan tepung) yang terbuat dari biji gandum. Wheat starch ini umumnya dipakai untuk membuat kulit dumpling. 


Nah karena saya tidak memiliki wheat starch maka saya menggunakan tepung ten mien - bisa dibeli di supermarket besar dan toko bahan kue - tepung ini khusus untuk membuat dumpling jadi saya rasa mungkin mengandung pati jagung.  Tapi karena saya belum pernah mencoba menggunakan tepung ten mien dan takut gagal mode on maka saya mencampur adonannya dengan terigu. Hasilnya, kulit dumpling shiny dan 'hampir translucent' hanya saja kok warnanya tidak putih seperti yang dijual di resto dim sum ya? Wah, mungkin seharusnya saya hanya menggunakan tepung ten mien saja tanpa mencampurnya dengan yang lain. Well, saya masih punya sisa adonan isi di freezer, next saya akan mencoba cara tersebut. Semoga berhasil :).

Kulit dumpling ini juga bisa digunakan untuk membuat siomay hanya saja jangan menggilas adonan kulitnya terlalu tipis. Untuk resep isi dan membuat dumplingnya, saya posting di Step by Step Membuat Dumpling Ayam dan Udang. 

Jika anda tertarik berikut resep adonan kulit hasil modifikasi saya dan jika anda tertarik dengan resep aslinya silahkan saja klik ke link websitenya di bawah.


Adonan Dasar Untuk Kulit Dumpling & Siomay
Resep diadaptasikan dari: 
Cook Eat Share, Dumpling Dough 
Use Real Butter, Chinese Dumplings & Potstickers

Bahan:
- 100 gram tepung ten mien
- 120 gram tepung terigu serba guna
- 2 sendok makan tepung tapioka
- 150 ml air mendidih
- 1 sendok makan minyak sayur

Cara membuat:
Gunakan mangkuk yang anda leluasa  bergerak untuk menguleninya. 

Masukkan tepung ten mien, tepung terigu, tapioka dan minyak sayur ke dalam mangkuk, tuangkan air hangat merata ke permukaannya. Biarkan sejenak hingga air meresap dan agak mendingin.



Aduk dengan sendok kayu atau spatula kemudian uleni adonan dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket lagi. Lama menguleni kira-kira 10 menit. Tambahkan air sedikit-sedikit menggunakan sendok jika adonan dirasa terlalu kering.


Bulatkan adonan, tutup permukaan mangkuk dengan kain bersih. Biarkan selama 15 - 20 menit.


Adonan yang terbentuk smooth dan tidak terlalu elastis, sehingga ketika digilas adonan tidak mengkerut kembali. Adonan juga tidak mudah lengket setelah digilas. Berbeda jika hanya menggunakan tepung terigu saja, adonan sangat elastis dan lengket satu sama lain.




Tipiskan adonan dengan menggunakan kayu penggilas atau alat pembuat pasta dan kulit siap digunakan untuk dumpling atau siomay.


Source:

Cook Eat Share, Dumpling Dough
Use Real Butter, Chinese Dumplings & Potstickers 
Recipe Tips, Wheat Starch  

34 comments:

  1. rian rdpatal@yahoo.comMonday, July 11, 2011 9:13:00 AM

    halo, salam kenal

    Saya suka browsing internet, mencari blog-blog seputar makanan. tadi saya sedang mencari-cari gambar adonan siomay yang baik, terus nemu blog ini. Hebat sekali, blognya bagus. Penjelasannya lengkap dengan gambar. Toppp!!! Jangan berhenti posting masakannya ya. Saya ikutin terus.

    ReplyDelete
  2. Hai, hobi kita sama, suka browsing mencari resep, apalagi kalo resepnya terlihat unik, lezat dan mudah. Terima kasih sudah mampir ke JTT ya, saya akan berusaha untuk tetap terus berkarya. Jangan sungkan-sungkan untuk memberikan saran, kritik dan masukannya ya.

    Wish you all the best!

    ReplyDelete
  3. salam kenal, saya suka masak. jadi sering browsing mengenai resep-resep unik. awalnya saya cari resep cake dalam mug, eh, langsung ketemu sama blog ini. resepnya gampang, cocok untuk pemula yang baru mau berkreasi dengan masakan sendiri dirumah. tetep semangat ya berkreasi dengan masakannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga dan terima kasih atas komentarnya. Wah sama kalau begitu, suka masak, resep unik yang mudah dan murmer hehehe. Sukses ya. ^_^

      Delete
  4. siang mba, salam kenal, saya fahcru, pgen banget nie bikin somay sndiri, nyari2 di internet, eh nemu ini. ^_^

    mau nanya bleh ya mba, itu tepung ten mien, tepung apa sih mba?? and itu harus ada ya or bsa di ganti??

    btw blog'a bagus banget,, keep posting yg seru2 ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Fachru, tepung ten mien sebenarnya mirip sama tepung tapioka/kanji/sagu ya, jadi bisa menggunakan tepung tersebut sebagai pengganti hanya saja campurkan juga dengan tepung terigu agar tidak terlalu keras. Kelemahan saya sampai sekarang adalah belum nemu adonan kulit dumpling dan siomay yang lembut dan soft kaya yang dijual diluaran. Kulit yang ini rada2 kenyal ya hasilnya.

      Delete
  5. Salam kenal...Dulu saya juga pernah mencoba mengakali atau mengganti tepung Ten Mien (tujuannya supaya menghemat biaya)dengan sagu...tapi blm berhasil. Kalo sy lihat di foto ini sudah mendekati warna hakau di resto, cuma kulitnya agak butek ya (mungkin krn tepung terigunya. Sy jadi kepikiran untuk membandingkan dengan kwetiau...krn kulitnya terlihat putih jernih dan tranparan. Maksud saya kalo kita bisa bikin kwetiau seperti itu, kayaknya bisa digunakan juga untuk mengganti kulit hakau itu mbak...Nah mbak tahu ngga cara membuat mie kwetiau? Thanks sebelumnya ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Simon,salam kenal dan thanks ya atas komentarnya. Iya, sammpai sekarang saya belum menemukan komposisi yang pas dengan hakau di resto dimsum. Kebaanyakan terigu warnanya gak kinclong, kebanyakan sagu alotnya ampunn dah. Waktu panas masih empuk ketika dingin kaya nelan karet hehehe. Saya masih belum semangat mencoba dumpling lagi. Untuk kwetiau, saya belum pernah coba tapi saya ada 1 link resep kwetiau yang pengen saya coba buat ini linknya: http://neckredrecipes.blogspot.com/2008/03/homemade-kway-teow-steamed-flat-rice.html
      Moga membantu ya

      Delete
  6. halo mbak, saya lagi coba coba masak nih, soalnya buta dapur, blognya sangat membantu sekali =) ,, adonan ini bisa untuk berapa buah dumpling ya mbak? terimakasih.= ruru =

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Non Ruru, wah ini yang saya rada susah, saya lupa jadinya bereapa banyak hehhehe, saya sering lupa hitung kalau dah jadi. Mungkin sekitar 30 buah dumpling ya, tergantung besarnya juga hehhe

      Delete
  7. setahu saya, wheat starch bukan pati jagung, tapi pati gandum. pati jagung adalah corn starch atau maizena. wheat starch disebut juga tang mien. biasanya digunakan untuk membuat kulit dim sum. maaf kalo saya salah. belum banyak baca literatur ttg tepung soalnya.

    salam, heti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Heti, yup betul wheat starch terbuat dari gandum dan biasa disebut dengan ten mien. Jika terbuat dari jagung disebut dengan corn starch. Makasih ya atas koreksinya ^_^

      Delete
  8. klu pake kulit lumpia,trus kita beri isian bs gak mba,habis d kulkas byk kulit lumpia sisa...bingung mo di buat apa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba, saya rasa bisa ya. Tapi jangan dikukus keknya ya, harusnya di pan fried saja di wajan untuk memasaknya.

      Delete
  9. Hallo mba, aku penggemar berat blog ini, mantapppppp, aku minta kontak lain selain blog ini misal email, jadi aku bisa gangguin mbakdengan beragam pertanyaan newbie hihiiiii
    Oya tepung tan mien itu setau ku tepung tandum yang telah di cuci berulang kali hingga kehilangan gluten nya, nah itulah yg membuat kulit dumpling transparanta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halow Mba Indah, salam kenal ya, silahkan email ke justtryandtaste@gmail.com atau langsung ke fanpage FB JTT ya. Saya usahakan untuk dibalas walau terkadang telaaattt hehhehe.

      Setelah saya cari2 yep memang tan mien itu terbuat dari wheat starch ya, sari pati gandum. thanks infonya! makanya bisa transparan ya hehhehe. sukses untuk Mba Indah ya ^_^

      Delete
  10. mbak endang, kulit dumpling yang tidak mau langsung dipakai cara nyimpannya gimana ya mba? makasih :)
    -amel-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Non Amel, yep bisa disimpan di kulkas. Lumuri permukaan masing2 lembaran kulit dengan tapioka, tumpuk jadi satu, masukkan dalam wadah rapat dan simpan di kulkas. Tahan sekitar 3-4 hari ya.

      Delete
  11. Hi, Sis mau nanya ini resep buat kulit dumplings untuk berapa buah dumplings ya?....

    ReplyDelete
  12. mbak trimakasih sekali sudah bikin blog kweren kyk gini
    sangat inspiratif

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, thanks ya. Senang sekali resep2nya disuka ^_^

      Delete
  13. besok mau coba ini resep, thx JTT resep2nya mantabb,, hihii *udh berhasil macaroni shotle nyahh,so moistt.. melt bnget,tpi ga keras pas dingin jd berhasillll,thanks sista --salam kenal Lenny--

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mba Lenny, moga sukses dengan dumplingnya yaaa. thanks sharimgnya disini.

      Delete
  14. salam kenal mbak endang, mbak untuk membuat adona kulit ini, alas tempat menggilas adonan perlu ditaburi tepung ato g? ato bs lsg aja? klo misal di alasi plastik (sblm d gunakan utk menggilas) gmn? mohon sarannya.
    Ika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ika, saran saya pakai alas kertas baking atau plastik, taburan tepung akan membuat adonan menjadi lebih keras yaaa, walau saya saat membuat resep ini pakai taburan tepung hiiksss.

      Delete
  15. Hi mba gimana kalo gk ada tepung tien mien apakah bisa di ganti dengan tepung lain . . ?habis disini susah nyari nyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Raty, bisa pakai terigu plus sedikit tapioka untuk mmebuat efek agak transapran. Kayanya saya pernah buat dumpling lainnya dengan tepung terigu Mba.

      Delete
  16. wah mau coba, bikin dumpling sendiri ah, udh lumayan byk resep yg dicoba dari mba endang, garang asem kudus, pisang ijo yg lembut bgt, stik keju..sampe dipuji suami dan anak...*hahaha berkat resep dari JTT, thanx yah mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba, silahkan dicoba ya, moga suka dengan resepnya.

      Delete
  17. thanx mb udah mau berbagi resep disini.., saya sangat terbantu dengan JTT ini. Mb Endang hobi masak atau bekerja di bidang kuliner..?
    Saya akan segera coba resepnya... mudah2an bisa jadi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Herry, thanks sharingya ya, senang sekali JTT bs membantu untuk belajar memasak. Saya hoby masak ya Mas, tidak bekerja di bidang kuliner sama sekali hehehe. Sukses selalu!

      Delete
  18. tante tante ku dr pihak papa, pintar buat ha kau. kl pas imlek, mereka paling suka membuatnya. n aku paling suka memakannya. setelah membaca postingan mbak ini, muncul rasa menyesal, kenapa dulu aku gak pernah kepikiran untuk belajar dr mereka yah? sekarang aku uda tinggal jauh, jadi gak mungkin belajar dr mereka. ntar aku coba2 resep dr postingan mbak deh. cuma seingatku, tante ku kalo buat adonannya selalu dimasak. diaduk sampai kalis kali yah. dalam keadaan setengah dingin lalu dibentuk. hasilnya transparan. mungkin itu satu metode lain kali yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Santi, wah sayang sekali ya gak sempat belajar langsung dari ahli2nya, terus terang membuat hakau ini susah2 gampang. ah seandainya saya punya kesempatan untuk belajar membuat hahhahah.

      yep, ada yang adonanya dicampur air panas dan diaduk hingga kalis. Tapi kendalanya tetap tidak transparan dan kurang empuk.

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...