12 Januari 2011

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba)


Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Saya akui saya memang agak kurang kerjaan :), walaupun kondisi rumah kacau balau dan tukang bangunan bersliweran karena dalam proses renovasi rumah Pete, masih saja saya mencoba memasak lauk yang rumit dan memakan waktu untuk membuatnya. Semua karena didorong rasa penasaran. Sayap ayam isi ini bukti keisengan saya, walaupun saya kemudian merasa puas dengan hasilnya. Bagaimana tidak? Untuk membuatnya membutuhkan proses panjang dan kesabaran, belum lagi bau amis daging ayam sempat membuat perut saya sedikit bergolak. Walaupun setelah jadi dengan sombong saya berkata, "Whew, cuma begitu tho?".

Sebenarnya membuatnya tidak sulit. Swear! Begitu tulang di dalam sayap terlepas maka pekerjaan selanjutnya menjadi lebih mudah. Tapi membuat tulang keluar dari kulitnya membutuhkan kehati-hatian karena sesedikit mungkin kita harus menghindari kulit menjadi sobek. Sayap pertama saya berakhir menyedihkan, bolong disana sini, tapi sayap berikutnya saya jadi tahu dimana letak kesalahannya. Mengerjakan sayap ke-3 saya mulai sesumbar dan menganggap diri expert. Expert di sayap ayam? Sepertinya bukan keahlian yang bisa dibanggakan ya?

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Okeh, by the way anyway busway, diluar kerumitan membuatnya, lauk ini rasanya lezat dan tampilannya unik. Jika anda tertarik untuk membuat sayap ayam isi ini, mungkin untuk bekal lauk buah hati anda sebagai variasi menu sehari-hari maka persiapkan waktu anda sebaik-baiknya agar hasilnya maksimal. Anda bisa membuatnya dalam jumlah banyak sekaligus, kemudian simpan di freezer. Jika diperlukan maka tinggal digoreng sebentar saja.

Tips lainnya adalah pilihlah sayap ayam yang agak gemuk sehingga ukurannya besar, sayap ayam yang seperti ini lebih mudah untuk diolah menjadi sayap isi dan penampilannya tentu saja lebih menarik karena ukurannya yang lebih gendut dan jumbo. Bahan isinya bisa anda tambahkan sayur mayur cincang supaya lebih sehat bagi buah hati anda. Satu lagi tipsnya, jangan mengisi adonan terlalu penuh ya, karena saat sayap dikukus maka adonan di dalamnya akan mekar dan mengembang, jika terlalu banyak isi kemungkinan kulitnya akan pecah.

Berikut resepnya jika anda berminat.

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Sayap Ayam Isi (Tori no Teba)
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 8 buah sayap ayam

Bahan:
- 300 gram sayap ayam, kira-kira 8 buah
- 150 gram daging ayam cincang
- 3 sendok makan tepung panir (tepung roti)
- 1 butir telur ayam
- 1 batang daun bawang cincang
- 50 ml air

Bumbu:
- 1/2 sendok teh bawang putih bubuk
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh kecap asin
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh jahe parut
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat:
Siapkan sayap ayam, bagian yang kita pakai adalah bagian ujung hingga ke tengah sayap saja. Cuci bersih dan tiriskan. Dengan menggunakan tissue dapur, keringkan permukaannya dengan cara ditepuk-tepuk.

Patahkan tulang diantara bagian ujung sayap dengan bagian di tengah. Secara hati-hati, dengan menggunakan pisau dapur yang kecil tusukan ujung pisau ke dalam sayap melalui bagian daging yang terbuka hingga tulang terpisah dari kulit. 

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT
Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Tarik tulang keluar. Sebisa mungkin kita juga mengeluarkan daging yang masih tersisa di dalamnya tetapi jika terlalu sulit maka biarkan saja. Lakukan pada semua sayap. Bersihkan daging yang menempel di tulang, buang tulangnya. Atau seperti yang saya lakukan, rebus dengan 1 liter air untuk kuah kaldu sup.

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT
Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT
Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Jadinya akan seperti di bawah ini

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT
Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Di dalam mangkuk, masukkan kumpulan daging ayam yang diperoleh dari tulang, tambahkan dengan 150 gram daging ayam cincang. Kemudian masukkan semua bumbu ke dalamnya, aduk rata. Masukkan adonan ke dalam blender, tambahkan telur  dan air dan proses hingga halus.

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT
Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Keluarkan adonan dari dalam blender tambahkan daun bawang cincang dan tepung panir. Aduk rata dan cicipi rasanya. Masukkan adonan ayam ke dalam sayap yang telah kosong, dengan menggunakan ujung jari, dorong adonan sehingga memenuhi seluruh sayap. Lakukan hingga adonan habis.

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT
Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT
Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Siapkan kukusan, alasi saringan kukusan dengan lembaran sawi putih agar tidak lengket. Masukkan sayap ayam ke dalam kukusan, kukus selama 25 menit. Usahakan ketika mengukus tidak berhimpitan. Angkat.

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Jika anda tidak ingin langsung menghabiskannya maka sayap ayam kukus bisa anda simpan di freezer. Dinginkan ayam terlebih dahulu, masukkan ke wadah kedap udara dan simpan di freezer. Keluarkan ayam dari freezer dan biarkan di suhu ruang hingga ayam tidak beku lagi baru digoreng.

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Panaskan wajan, beri minyak dan goreng sayap ayam hingga coklat keemasan. Hati-hati saat menggoreng ya, karena minyak bercipratan. Angkat & tiriskan.

Resep Sayap Ayam Isi (Tori no Teba) JTT

Sayap ayam siap dihidangkan dengan sambal botolan. Yummy!




16 komentar:

  1. Hai..hai....
    Salam kenal ya.......
    asli niat banget presentasinya......
    Good job !!!!
    rresepnya oke nih

    BalasHapus
  2. Wakakakak, iya neh... asli kaya kurang kerjaaaan buanget! Thanks & salam kenal juga ya ^_^

    BalasHapus
  3. kamu punya website resepnya maknyus semua, beneran saya suka banget!! makasih ya udah share!!! it means alot! salam kenal. :-)

    BalasHapus
  4. Hai salam kenal juga, thanks atas komennya ya. Semoga resep2nya bermanfaat ya ^_^

    BalasHapus
  5. Wah mbak..ini kayak tori no teba hokben!..aku suka bangettt..cobain ahhh..

    Aku suka nih mampir ke blog mbak endang..mampir ke blogku jg yaa..tp foto2nya g sebagus mbak sih hehehe..monggo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah samaa, saya juga kalo ke hokben selalu pesen itu dan kani roll heheheh. Walau bikinnya rada ribet tapi hasilnya mantep kok ^_^

      Hapus
  6. kayaknya enak tu mba,, emmm.. muaknyuss..... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks yaaa, rasanya enak tapi buatnya ribet wakakkak

      Hapus
  7. mbak kalo adonan yang di blender di tambah telur dan panir fungsinya buat apa? apa kalo ga di tambah telur dan panir gak apa apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. telur membuat teksturnya lebih kompak, membuat blender mudah bekerja dan tekstur lebih padat. Tepung panir membuat adonan gak lembek. Boleh kalau mau diskip, tapi untuk resep diatas saya belum pernah coba.

      Hapus
  8. Klo sedikit susah gini kasih tutorial videonya jg donk kaya cara memisahkan tulang dari sayapnya :) good job

    BalasHapus
    Balasan
    1. step by step detail gini masih tetep kurang??

      Hapus
  9. Mbaaa endang thanks banget, alhamdulillah berkat coba2 resep frozen food dari mba, akhirnya saya memutuskan untuk terjut di usaha frozen food. Saat ini masih nugget dan kaki naga yg saya jual, dan respon pembeli semuanyaa sukaa. Tapi slama ini setiap sayap ayam yg ada selalu saya kasih ke orang atau klo kelamaan aku buang deh, soalnya bingung mau di apain, sampe akhirnya saya liat2 lagii dan kutemukan lah resep sayap isi ini, dan chicken wings ala pizza punya mbaa, alhamdulillah lagi bisa saya jual menghasilkan dan tidak mubazir. Thank you so much mbaa..
    Satu pertanyaan saya, frozen food ini bisa tahan brapa lamaa di dalam dan di luar freezer?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Hema, thanks sharingnya ya, senang resep2 JTT disuka. Frozen food tahan sampai 6 bulan jika kemasan bagus dan tetap beku.

      Hapus
  10. Dear Mbak Endang, mau tanya donk. itu campurannya harus pakai tepung panir kah? kalau diganti dengan bread crumb atau tepung terigu hasilnya seperti apa ya? teksturnya bakal gimana dan pengaruh ke rasa gak ya? matur nuwun sebelumnya, mbak. saya selama ini fans garis kerasnya mbak Endang, alhamdulillah beberapa kali resepnya sakseis dicoba di rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bs pakai breadcrumbs, atau roti tawar dihancurkan, jangan tambah terigu nanti keras.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...