30 Januari 2011

Resep Lasagna


Resep Lasagna JTT

Masakan Italia memang semakin akrab dengan lidah Asia kita, terbukti resto yang menyajikan masakan Italia laris manis dan ramai dikunjungi pembeli. Tentu saja cita rasanya telah disesuaikan dengan taste melayu kita. Contoh paling sederhana adalah Pizza Hut, resto cepat saji ini tidak hanya menyediakan pizza sebagai menu utama tetapi berbagai jenis masakan lainnya seperti spaghetti, fettuccine, atau lasagna. Ciri khas makanan Italia menurut saya adalah dari sausnya yang kental, kaya akan keju dan rempah-rempah. Italian seasoning atau rempah khas Italia ini biasanya terdiri atas basil, rosemary, thyme, oregano dan marjoram. Nah, bumbu rempah-rempah inilah yang menimbulkan aroma dan taste yang khas pada masakan Italia sehingga membedakannya dari masakan lainnya. Mungkin seperti rempah-rempah di masakan Padang ya. 

Resep Lasagna JTT
Mixed Herbs

Anda tidak perlu membeli daun-daun rempah ini secara terpisah, cukup membeli racikan mixed herbs saja. Di dalamnya telah lengkap dengan aneka daun rempah dengan harum yang unik. Label di botolnya biasanya adalah mixed herbs atau italian seasoning. Supaya tidak rusak dan aromanya tidak memudar, simpan bumbu rempah anda di dalam kulkas dan gunakan untuk memperkaya rasa saus spaghetti, pizza atau lasagna. Saya bahkan sering menggunakannya untuk menambah aroma kuah sup daging atau ayam. 

Resep yang kali ini saya coba adalah lasagna. Telah lama saya ingin mencoba membuatnya, bahkan lasagna keringnya telah ada di dalam laci dapur berbulan-bulan. Saya menggunakan lasagna yang tidak perlu di masak terlebih dahulu jadi dalam kondisi kering langsung siap pakai, lebih praktis. Anda bisa menggunakan jenis lasagna yang biasa. Resepnya saya peroleh dari website Taste of Home dan menurut saya cukup unik dan hasilnya sangat lezat. Membuatnya juga mudah dan hanya menyita waktu yang singkat. 

Yuk mari kita buat.

Resep Lasagna JTT

Lasagna
Resep diadaptasikan dari Taste of Home - Traditional Lasagna

Untuk 1 buah loyang pyrex loaf ukuran 23 x 12 x 6 cm

Bahan:
- 250 gram daging sapi cincang
- 1 buah sosis sapi ukuran besar, potong bentuk dadu
- 3 butir telur, kocok lepas
- 100 gram jamur kancing kalengan atau jamur merang, cincang kasar
- 2 lembar lasagna instan kering atau lebihkan jika suka
- 100 gram keju ricotta
- 100 gram keju cheddar parut
- 150 gram keju mozarella (saya menggunakan keju kraft mudah meleleh)
- 2 batang daun bawang iris kasar
- 200 ml susu cair

Bumbu:
- 1 kaleng pasta tomat (170 gram)
- 2 sendok makan saus tomat
- 1 sendok teh cabai bubuk
- 1 buah bawang bombay, cincang kasar
- 2 butir bawang putih cincang halus
- 1 sendok teh mixed herbs (italian seasoning)
- 1 sendok teh basil bubuk (optional)
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 3 sendok teh gula pasir (tambahkan jika kurang manis)
- 1 sendok teh garam halus
- 2 sendok makan minyak zaitun untuk menumis

Cara membuat:
Siapkan penggorengan, tumis daging cincang dan sosis hingga warna pink-nya hilang. Tiriskan menggunakan saringan kawat. Sisihkan.

Resep Lasagna JTT
Resep Lasagna JTT

Gunakan wajan yang sama, panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan berubah menjadi kecoklatan dan transparan. 

Resep Lasagna JTT

Masukkan tumisan daging, pasta tomat, saus tomat, kaldu bubuk, mixed herbs, daun basil, merica bubuk, gula, garam. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur, cicipi rasanya. Masak kira-kira 5 menit. Angkat. 

Resep Lasagna JTT

Dalam mangkuk ukuran sedang, kocok lepas telur, tambahkan keju ricotta, keju cheddar parut, daun bawang,  jamur dan susu cair. Aduk rata. 

Resep Lasagna JTT

Siapkan loyang pyrex atau anda bisa juga menggunakan loyang sekali pakai  terbuat dari alumunium foil. Bagi tumisan daging menjadi 3 bagian. Tata bagian pertama di dasar loyang, dengan menggunakan spatula sebarkan tumisan daging hingga rata menutupi dasar loyang. Bagi adonan telur menjadi 3 bagian juga dan ratakan adonan telur pertama di atas tumisan daging, taburi dengan 50 gram keju kraft mudah meleleh atau mozarella diatasnya. Letakkan 1 lembar lasagna kering diatas keju. 

Note: Saya menggunakan lasagna instan yang tidak perlu dimasak, anda bisa menggunakan jenis lasagna yang direbus terlebih dahulu. Tips jika anda menggunakan lasagna kering seperti ini adalah tumisan daging harus lebih basah supaya bisa membuat kulit lasagna matang atau tambahkan susu cair di adonan telur untuk membuatnya lebih encer. 

Resep Lasagna JTT

Ratakan kembali tumisan daging kedua diatas lasagna, tuangkan adonan telur keju bagian yang kedua. Taburi dengan 50 gram keju kraft mudah meleleh.  Kemudian letakkan kembali selembar lasagna diatas keju atau jika kurang menutupi permukaan keju anda bisa potong-potong lasagna dengan pisau untuk menyesuaikan ukuran loyang. Berikan lagi tumisan daging, adonan telur dan keju. Diatasnya taburi dengan keju cheddar parut secukupnya hingga menutupi adonan. Hasil akhir  adalah loyang yang penuh.

Resep Lasagna JTT

Tutupi permukaan lasagna dengan alumunium foil, panggang selama 40 menit. Kemudian lepaskan alumunium foil dan panggang kembali lasagna selama 20 menit. 

Tips: agar lasagna moist dan tidak kering, jangan panggang lasagna berlebihan. Jika lasagna terlihat mulai mendidih dan permukaan mulai matang segera keluarkan dari oven. Saat dingin lasagna akan mengeras. 

Resep Lasagna JTT

Keluarkan dari oven dan dinginkan. Potong-potong lasagna sesuai selera dan siap disajikan. 

Resep Lasagna JTT

Sources:



20 komentar:

  1. Mb Endang,saya sudah coba resep ini beberapa kali, sukses dan selalu dapat pujian. Terimakasih mb atas sharing resepnya. Rasanya ...ueenak tenan:) (susi)

    BalasHapus
  2. salam mb endang....sehat selalu ya..supaya bisa posting masakan yang enyak2. mau tanya dong, keju ricotta itu yg kayak mana ya? bisa diganti cream chees ga?punya stok cream chees tapi bingung mau dimasak apa. thanks sebelumnya
    -luluk-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Luluk, amin Mba dan makasih ya doanya. Saya doakan Mba dan keluarga juga sehat walafiat. Keju ricotta mirip cream cheese cuman kandungan lemak ngak sebanyak krim cheese ya, karena biasanya keju ricotta dibuat dari whey (dadih) susu sisa pembuatan keju. Bisa diganti cream cheese Mba, lebih mantap rasanya hehhehe

      Hapus
  3. Halo mba.. mau nyoba resepnya nih. Hihhii. Mau nanya, kalau misalkan ga ada ricotta cheese gimana yah? Bisa diganti pake cheddar kah? Agak susah nyari ricotta cheese/cream cheese di daerah aku. Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai cheddar kok Mba, tambahkan susu cair juga supaya gak terlalu keras kalau hanya pakai telur dan keju saja ya.

      Hapus
  4. salam, mbak mau tanya ini dipanggang dengan suhu berapa ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, suhu 170'C ya. sori saya lupa memasukkan di resep suhunya

      Hapus
    2. Mba endang mau tny apakah ovennya jenis fan oven?

      Hapus
    3. saya pakai oven listrik merk sico ya mba, keknya sih gak ada fannya ya.

      Hapus
  5. mba kalau tidak punya loyang pyrex loaf dan ovennya oven 'nangkring' gimana ya mba? :D

    Apakah bisa bahan2nya dipanggang di loyang alumunium? dan apakah perlu dilapisi kertas roti lalu dibungkus alumunium foil ?

    makasih banyak mba Endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba liez, pakai loyang alumunium bisa kok, alasi saja dengan kertas baking gak perlu pakai foil lagi ya. pakai oven tangkrig tetap bisa kok mba

      Hapus
  6. Klo pake otang lama pemanggangan 60 menit ya mbak?
    Terus berkreasi mbak endang semoga jd ladang pahala bagi mbak..love you full :*

    Aisyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba aisyah, sampai lasagna terlihat mendidih ya, jangan over baked ya, ntar keras.

      Hapus
  7. manggang nya bisa pake microwave ga ya.. maklum baru belajar masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Idyanti, bisa ya, coba pakai resep lasagna ini saja:
      http://www.justtryandtaste.com/2013/11/lasagna-meleleh-la-sintya-super-mudah.html

      Hapus
  8. Mba, saya mau bikin Greek yogurt, kan ada whey nya tuh, bisa utk ganti keju ricotta nya itu ga? Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Joyce, setahu saya whey diproses lagi dengan cairan asam sampai muncul gumpalan diatasnya, gumpalan ini menjadi ricotta ya. Kalau whey hasil membuat greek yog bs menggumpal berarti oke ya

      Hapus
  9. Hallo mba endang, kalau untuk merek italian seasoningnya apa ya mba??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Putri, label merk dibotolnya sudah tidak terbaca saking lamanya, dan saya sdh tidak menemukannya lagi di supermatket. Merk mccormick menurut saya oke ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...