07 November 2012

Membuat Tiramisu Super Praktis



Sudah banyak yang menanyakan ke saya bagaimana membuat tiramisu simple tapi lezat, namun baru sekarang saya beranikan diri untuk mencoba membuatnya. Ini setelah saya bertemu dengan resep tiramisu praktis pada  weekend kemarin. Tiramisu versi ini mungkin berbeda dengan yang umum anda jumpai di bakery namun untuk rasanya, percayalah sangat lembut dan yummy. Sebagai pengganti ladyfingers, biskuit yang biasanya dijadikan sebagai lapisan di tiramisu, maka digunakan cake coklat yang diolesi dengan larutan kopi instan. Kue ini mengandalkan pada cream cheese dan krim kental yang  dikocok hingga pekat dan kembang sebagai bahan utamanya. Rasanya yang manis dan gurih semakin terasa sedap ketika bercampur dengan taburan serbuk coklat dan aroma kuat kopi yang dioleskan ke cake. Sebagaimana jenis dessert lainnya maka tiramisu akan semakin terasa amboi nikmatnya ketika disantap dalam kondisi benar-benar dingin. Jika anda berminat untuk membuatnya, saran saya hati-hati dengan program diet anda karena dua gelas tiramisu pun masih terasa kurang. Sungguh! ^_^

Merk cream cheese yang saya gunakan
Jenis krim kental yang bisa digunakan yang umum ditemui di pasaran

Okeh sebelum masuk ke teknik pembuatan ada baiknya kita tahu terlebih dahulu makanan seperti apa sebenarnya tiramisu itu. Nah, menurut Wikipedia, tiramisu merupakan sejenis makanan pencuci mulut (dessert) berlapis yang berasal dari Italia. Kue ini terbuat dari biskuit bernama ladyfingers yang dicelupkan ke dalam larutan kopi dan kemudian dilapisi dengan adonan manis yang terbuat dari campuran kuning telur, gula dan keju mascarpone, serta ditambah dengan liquer (sejenis minuman beralkohol yang memiliki aroma buah-buahan) dan serbuk coklat. Resep tiramisu kemudian diadaptasikan menjadi aneka variasi puding, cake dan dessert. Nama tiramisu sendiri jika diterjemahkan secara harfiah ke dalam bahasa Inggris berarti 'pick-me-up' yang secara metaphora berarti 'membuatku bahagia', ini mungkin mengacu pada kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dan efek coklat yang digunakan di resep.



Untuk mempersiapkan lapisan biskuit maka ladifingers dilembabkan terlebih dahulu dengan larutan kopi yang kuat, seringkali ditambahkan pula aroma dari minuman beralkhol seperti wine Marsala yang manis atau rum hitam. Untuk lapisan keju mascarponenya, campuran yang terbuat dari kuning telur dan gula dipersiapkan terlebih dahulu: kuning telur dicampur dengan gula hingga membentuk krim yang pekat, kemudian keju mascarpone ditambahkan. Putih telur lantas dikocok hingga kaku dan diaduk bersama krim mascarpone dan telur. Adonan ini kemudian dioleskan merata ke atas permukaan biskuit yang telah di lembabkan dengan kopi, disusul dengan serbuk coklat yang ditaburkan pada permukaannya, kue lantas dilanjutkan dengan pembuatan lapisan berikutnya. 

Variasi tiramisu sendiri tak terhitung banyaknya. Beberapa koki menggunakan cake atau roti manis seperti panettone sebagai pengganti ladyfingers. Jenis keju lainnya juga digunakan sebagai pengganti keju mascarpone. Beberapa resep menggunakan telur yang mentah sementara resep lainnya tidak menggunakan telur sama sekali. Minuman beralkohol lainnya seringkali juga digunakan sebagai pengganti wine tradisional Marsala.


Sebenarnya sebelum keinginan membuat tiramisu ini tercetus, kepala saya pusing setiap kali membuka kulkas dan melihat potongan cream cheese yang masih lumayan banyak sisa membuat Cotton Japanese Cheese Cake beberapa waktu yang lalu. Resepnya bisa anda klik disini. Aksi bersih-bersih kulkas saya weekend kemarin membuat saya melotot melihat tanggal kedaluarsa si cream cheese yang makin menjelang. Kebetulan aksi browsing saya membawa berkah, resep tiramisu yang mudah ini menjadi alternatif memanfaatkan cream cheese dan krim kental yang tersisa di kulkas. 

Jika anda menggunakan cream cheese berbentuk batangan yang agak keras seperti yang saya gunakan di gambar, maka sebaiknya cream cheese dibiarkan di suhu ruang terlebih dahulu agar menjadi lembut. Tujuannya agar keju mudah di mikser dan menghasilkan adonan yang super mulus. Namun jika anda menggunakan cream cheese merk Yummy yang dikemas dalam mangkuk plastik, umumnya kondisi keju sudah lunak dan lembut sehingga bisa langsung digunakan. Dibeberapa resep yang saya baca tentang bagaimana mengocok cream cheese dan krim kental hingga kembang, tekniknya berbeda dengan resep yang saya praktekkan ini. Di resep ini semua bahan dimasukkan menjadi satu dalam mangkuk mikser dan dikocok hingga kembang. Sementara di literatur lainnya yang saya baca, sebaiknya krim dikocok terlebih dahulu hingga kaku baru kemudian cream cheese dan bahan lain ditambahkan. Cara ini membuat krim kental mampu mengembang maksimal. Hmm, makes sense! Sepertinya saya akan mencoba cara terakhir jika lain kali demam tiramisu tiba. 



Untuk lapisan cakenya anda bisa menggunakan jenis sponge cake yang banyak dijual di supermarket dengan harga terjangkau. Rasa coklat menurut saya lebih lezat dibandingkan pandan. Nah, karena saya lupa membeli sponge cake ini terpaksa saya pun serabutan membuat cake kukus coklat yang praktis. Saya menggunakan resep cake kukus coklat lapis strawberry yang pernah saya posting sebelumnya, silahkan klik disini jika anda tertarik. Saya hanya membuatnya  separuh dari resep dan ketika telah matang saya iris menjadi tiga lapisan. Ini cukup untuk sekitar 5 cup gelas yang saya gunakan. Untuk hiasan tiramisu anda bisa menggunakan jenis buah lainnya, tidak harus cherry seperti yang saya gunakan, bisa menggunakan potongan kiwi, anggur, strawberry, mangga atau irisan jeruk mandarin, semua saya yakin sedap.

Jika anda tertarik untuk membuat dessert ini, saran saya gunakan coklat bubuk kualitas yang baik untuk menghasilkan warna dan aroma yang benar-benar nendang dan rasanya pun tidak pahit walau  digunakan dalam jumlah yang banyak.  

So, tertarik untuk mencobanya? Berikut resep dan proses pembuatannya ya. 



Membuat Tiramisu Super Praktis
Resep diadaptasikan dari blog Cahaya Cinta Ku - Tiramisu Simple

Untuk 5 - 6 gelas tiramisu menggunakan cup diameter 8 cm dan tinggi 10 cm.

Bahan:
- 1 buah sponge cake atau cake lainnya (saya menggunakan cake coklat kukus)
- 250 ml krim kental/whipping cream (bisa pakai merk apapun, saya pakai merk Elle n Vire)
- 200 gram cream cheese (bisa pakai merk apapun, saya pakai merk Elle n Vire), jika cream cheese baru keluar dari kulkas dan keras, biarkan di suhu ruang 1 - 2 jam agar lembut.
- 100 - 125 gram gula halus (blender gula pasir hingga lembut)
- 1 1/2 sendok teh vanila ekstrak
- 2 sendok teh Nescafe instan seduh dengan 100 ml air panas
- bubuk coklat untuk hiasan

Cara membuat:


Siapkan mangkuk mikser, masukkan cream cheese, whipping cream, vanilla ekstrak, dan gula halus. Kocok menggunakan mikser dengan kecepatan rendah agar bahan tercampur kemudian tambahkan kecepatan menjadi tinggi dan kocok hingga kembang dan kental. Matikan mikser.

Note: berlebihan mengocok akan membuat adonan pecah dan terpisah antara krim dan air


Potong-potong cake dengan ketebalan 1 cm dan diameter sesuai dengan gelas /cup atau wadah yang anda gunakan. Olesi cake dengan air Nescafe dengan menggunakan kuas. Tata selembar cake di dasar cup.


Masukkan 1 sendok makan adonan cream cheese, ratakan permukaannya, kemudian taburi permukaan cream cheese dengan coklat bubuk. Gunakan saringan kecil untuk menaburkan coklat bubuk agar hasilnya merata. Letakkan selembar cake yang telah dibasahi kopi diatas coklat bubuk yang telah ditaburkan kemudian lanjutkan menutupi cake dengan cream cheese. 


Ketebalan lapisan cream cheese dan banyaknya lembaran cake yang digunakan tergantung dari selera anda masing-masing. Ukur dengan baik diameter lembaran cake yang digunakan agar pas masuk kedalam cup. 


Terakhir tutup permukaan atas tiramisu dengan adonan cream cheese, taburi dengan coklat bubuk dan hiasi dengan potongan buah diatasnya. Anda bisa menggunakan cherry seperti yang saya gunakan, atau strawberry yang dibelah dua, irisan kiwi, jeruk mandarin, atau anggur, semua kembali ke selera anda masing-masing. 

Masukkan tiramisu ke dalam kulkas. Santap jika telah benar-benar dingin. Yummy!

Sources:
Blog Cahaya Cinta Ku - Tiramisu Simple
Wikipedia - Tiramisu 
 



120 komentar:

  1. halo mba..ketemu lagi ya..coklat bubuk yang digunakan merk apa ya?kasih beberapa merk dong..biar ada alternatif.cakenya bisa pake cake coklat kukus resepnya mba endang kan?
    luluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Luluk, saya suka pakai macam2 jenis coklat bubuk tapi rekomendasi saya merk Bensdorp, saya belinya kiloan di toko bahan kue. Merk lainnya seperti Delfi juga oke kok. Cakenya bisa pakai cake coklat kukus Mba. ^_^

      Hapus
  2. mba endang,kalau cream cheesenya diganti sm mascarpone cheese bs ngga ya? trus krim kentalnya bs diganti pk whipping cream bubuk? kalo semua bs diganti ,perlakuannya sm ngga sm step2 diatas? thanks before

    eva

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Eva, saya rasa cream cheese bisa diganti dengan mascarpone, sedangkan whipping cream bubuk asalkan bisa dikocok kental dan pekat seperti versi cairnya maka saya rasa tidak ada masalah Mba. Untuk cara dan proses sama ya.

      Hapus
  3. hallo mba endang,
    kalau kocok cream cheese dan krim kental brp lama? sy cb skitar 15 menit tp kok blm kental spt di gbr? malah jdnya msh agak encer dan pecah :( kl vanila ekstrak beli dmn mba? sy blm pernah dpt kl nyari atau bs diganti vanili bubuk?
    tlg masukannya ya mba. . . .makasih sebelumnya

    offin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Offin, gak terlalu lama sekitar 5 - 8 menit saja, terlalu lama akan membuat krim pecah dan terpisah antara lemak dan cairan. Pakai speed tinggi, gunakan krim kental non dairy cream agar cepat kaku, atau tambahkan 1/2 sendok makan air jeruk lemon ya. vanila ekstrak adanya di toko bahan kue, bisa diganti yang bubuk, tapi kurangi takarannya ya.

      Hapus
    2. hi lagi mba endang. . .
      akhirnya saya berhasil bkin tiramisu ini dan ternyata enak bgt ^_^. . .makasih ya mba resepnya. sy niat bener cari semua bahan ke toko bahan kue titan yg mba pernah saranin, biar lumayan jauh dari depok ke fatmawati tapi puas. . .hehe.. .like it!

      offin

      Hapus
    3. Wah selamat ya, hehehe, saya juga kalau lagi niat pengen sesuatu dibela2ain walau jauh. Titan toko baking terdekat kalau dari Depok ^_^

      Hapus
  4. Cream ku jd agak pahit apa krn fanili extraknya ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kenapa? Bisa jadi karena cream cheesenya, kalau kurang bagus kualitasnya rasanya memang agak pahit, saya pernah mengalaminya. Kalau vanila ekstrak saya so far gak bermasalah walau pakai dalam jumlah banyak.

      Hapus
  5. Hai mba Endang,
    Baru selesai bikin tiramisunya nih, bener2 endang bambang mba hihihi
    Kaka ku sampe gak nunggu dingin langsung dimakan hihihi
    Makasi ya mba buat resepnya,
    Oiya buat cake coklatnya aku juga pake resepnya mba Endang lembut banget hasilnya hehe
    -Dita-

    BalasHapus
  6. Mba endang kalo cake utk tiramisunya diganti jaconde (cake yg utk opera cake) kira2 enak/cocok ƍα' ya? Terimakasih sblmnya utk pencerahannya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, enak2 saja kok, prinsipnya cake coklat apapun lezat kok hehhehe

      Hapus
  7. salam kenal mba endang, aq nita..mo nanya nih klo pk cream cheese merk yummy rasanya sama kya merk yg mba pk g y ? trus klo blh tau cream cheese batangan gt brp y hrganya? satu lgi..klo pk cklt van houten bs g ? mhn pencerahannya y mba..mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, cream cheese yum**y, rasanya sama saja hanya teksturnya lebih lembek ya, kalau yang kotak memang padat. tapi keduanya bisa dipakai. cream cheese batangan biasanya ukuran 1 kg, atau kalau di toko bahan kue diecerkan, 1 kg sekitar 70-80 rb mb. coklat van h oke2 saja kok ^_^

      Hapus
  8. Halo mba..... salam kenal ya :) mau tny klo whip cream nya pk yg bubuk gmn apa bisa? trus gmn perbandingannya biasa kemasan 200gr mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, sayangnya saya belum pernah pakai whip cream bubuk. tapi asalkan bisa dikocok hingga kembang kental seperti krim kental saya rasa oke2 saja.

      Hapus
  9. Salam kenal, Mbak Endang...
    Saya sudah coba resep tiramisu-nya. Uenak banget. Meskipun cake-nya saya ganti cake keju bungkusan snack anak2. Karena gak sempet bikin atau beli. Soalnya maksa harus malam itu juga bikin tiramisu-nya...hehehe. Besok saya mau coba resep Mbak yang lain.
    Terima kasih udah berbagi ilmu...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba, yep cakenya pakai apapun bisa kok , yang mudah2 saja hehhe, thanks ya, silahkan dicoba resep lainnya

      Hapus
  10. Halo mba endang, aku Neva, secret admirer mba endang nih.. Hehee.. Sdh banyak resep dari JTT yg kupraktekin dan slalu sukses. Makasih yaa mba utk resep2 yg luar biasanya. Oya, ni klo kuganti cream cheese nya dgn creeam cheese homemade abal2 caraku apa bs mba? Dibikin dgn 130 gram susu cair
    40 gram butter
    125 gram keju cheddar, diparut halus
    Smua bahan dicampur dan dimasak ϑi atas api kecil sampai mendidih hingga mengental

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Neva, salam kenal yaaa! Selama cream cheese homemade itu memiliki tekstur seperti cream cheese biasa bisa kok digunakan. Yang penting teksturnya sama ya.

      Hapus
  11. mba aq mw tanya, klo beli cream cheese, sm whip cream gitu d mn ya ... klo aq k carrefour kok ga liat ya ... kmrn aq bikin sus gagal, ga jelas .... eh ktemu resep sus nya mba .. wuiihhhh enaaakk ,heheheh ... maka nya klo mw bikin kue lg pake resep mba aja deh ... hahahha ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, cek di supermarket besar seperti carfur. lot*te mart di bagian produk keju, yogurt dan susu segar, didalam lemari pendingin. Namanya heavy cream, atau double cream, atau whipping cream. merk bisa roselle, elle n virre banyak kok.

      Hapus
    2. iya betul nih. saya coba resep kue sus 3x gagal mulu,pake punya mba endang menul menul, tiramisuny patut dicoba nih

      Hapus
    3. Thanks Mba Rosi, moga sukses dengan tiramsunya ya!

      Hapus
  12. Hai mba endang, mo nanya nih.. dengan resep dgn diatas kalo dibuat di loyang persegi bs dapat yang ukuran brp ya? hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah saya bingung juga jawabnya, gak pernah coba pakai loyang persegi, saya rasa ukuran 20x 20 oke ya

      Hapus
  13. halo mba endang, hehe mau tanya dong, biasa kan pake mascarpone ya?ato kbtulan ini pake crem cheese?hehehe
    trus bagi ilmu dong coklat bubuk yang enak dan ga pait apa ya :D biasa aku pake van houten ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, pakai mascarpone oke kok, bisa2 saja heheheh. Saya pakai Bensdorp, rasa dan wangi oke, walau dikasih banyak2 gak pahit. syaangnya gak dijual bebas adanya di toko bahan kue huaaaa

      Hapus
    2. Kalau menurut Mba Endang sendiri enakan pake cream cheese atau mascarpone? beda rasanya gimana ya mba? makasih banyak..

      Hapus
    3. sama saja menurut saya ya, mascarpone lebih lembek kayanya teksturnya ya

      Hapus
  14. hehehe oke mba :D kmrn smpet beli bensdrop tpi item bgd dipake bwt campuran cookies wkakka jdi kyk negro :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang lebih gelap, tapi rasanya enak menrut saya hehhee

      Hapus
  15. Mbak.. Td sore aku coba bikin. Penampakannya agak aneh, rasanya menurut mama "bisa dimakan" hehehe, untuk diriku yg ga pernah nyentuh dapur kayanya sih lumayannnn....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ratna, hehehhe saya agak susah membayangkan 'penampakan agak aneh' ini, but thanks sharingnya ya! ^_^

      Hapus
  16. Mba bikin cake tiramisu dong yg gak pake gelas.liat di google ribet deh gak jelas cara bikin ya .biar nanti aku ikutin hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya menghindar membuat cake tiramisu karena kudu pakai lady finger di bagian sisi cake wakkaka, jadi lebih ribet makanya dimasukkan ke gelas supaya simple. kalau ada waktu pasti saya coba mba. lagi trial bikin lady fingersnya dulu yaaa

      Hapus
  17. inget cream cheese yummy ku di kulkas gr2 kalap liat hrga lg murah langsung beli mau eksekusi mood lg jelek,giliran udah deket tgl kadaluarsa baru deh obrak abrik mbah gugel hehe..coba tiramisu praktis aahh...btw keramik tembok dapurnya sama ky dapurku mba hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, moga sukses dengan tiramisunya yaa. Wah kayanya keramik kita pasaran yaa wakkakak

      Hapus
  18. Mba..aku niat bikin ini utk arisan keluarga. Tapi rasanya koq sayang ya klo cakenya byk sisa yg trbuang..dan klo utk bkin porsi besar kita hrs siapin lbh byk cake lg. Klo seandainya cake itu sy potong kotak kecil2 bisa ngga mba ? Supaya ga byk yg terbuang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, sebaiknya jangan pakai gelas untuk penyajiannya. Mba bisa pakai loyang kaca dan ketika disajikan haris di sendokkan ya, keknya agak susah dipotong kotak2 karena cream cheese yang lunak ya.

      Hapus
  19. mbak saya mo ty, cream cheese merk elle vire itu keras kah ?n rasanya asin apa tawar ya? slnya saya biasa pk merk cheesy yg lunak n rasa asin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. elle n vire setahu saya keras ya, bentuknya batangan, untuk rasa kayanya tawar ya.

      Hapus
  20. malem mbak, kenalin sy wahyu dari cimahi.
    klo bikin tiramisunya pk gelas spt cup ukuran air mineral bisa ga ya?? sy buka google ada resep tiramisu kukus. kira2 mbak punya ga resepnya?? untuk perbandingan aja.
    terima kasih banyak ya mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, bisa pakai cup plastik untuk puding ya. saya belum pernah membuat versi kukusnya yaa

      Hapus
  21. Mba, sy udh nyobain, enak hasilnya. Padahal sy bikin asal aja hehehe... Whipkrim pake merk anchor 250ml saya kocok sampe kaku duluan. Trus dimasukkan kulkas. Terus kocok krim cheese sm gula halus + vanila + essence rum. Krim cheese sy pake semua 1 cup. Habis sayang sisanya kalo dipake cuma 200gr hehehe... Yg paling asal bolunya dong. Klo bikin bolu lagi pasti udh males duluan, koq kebetulan pas belanja bahan aku ketemu bolu jadul yg kecil2 itu. Jadilah aku pake untuk lapisan bolunya hahaha.... Coklat bubuknya sy ganti jadi coklat serut. Kebetulan ada dark coklat. Hasilnya yummmyyy.... MAkasih ya mba....

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks sharingnya ya. yep pakai bolu apa saja oke kok, asalkan cream cheesenya oke pasti tiramisunya akan terasa sedap hehehhe

      Hapus
  22. Pakai Lady Finger bisa gak kak endang?

    -RD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, pakai saja cetakan bongkar pasang, lady finger nya ditata di tepi loyang. Baru kemudian cake dan adonan cream ditata di dalamnya

      Hapus
  23. Halooo mba endang.. apa kabar? Saya lagi nih.. mo tanya mba, diatas kan mba endang bilang ngocok whipped cream dulu sampek kaku baru memasukkan bahan lain. Tapi di cara membuat mba endang, memasukkan semua bahan (cream cheese dan whipped cream pada satu wadah). Errrr sy agak bingung mba.. mba endang pake cara yg pertama or kedua? Soalnya klo krimnypecah kan eman2 mba.. secara keduanya sama2 mihil. Hehehehehe makasih mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Arum, di resep diatas saya menggunakan cara semua bahan dikocok jadi satu ya, sesuai instruksi pembuatan yang saya tulis. tapi di resep2 lainnya umumnya krim kental dikocok sendiri dulu sampai kaku baru cream cheese masuk dan kocok sampai rata. Nah terserah Mba arum mau pakai cara yang mana ya hehhehhe

      Hapus
  24. Hallo mba endang saya gina, saya mau tanya kalau whipped creamnya di ganti sama butter cream softcream hollman + mentega putih dan susu) bisa ngga mba kirakira? Perbedaan rasa dan teksturnya akan beda jauh ngga mba? Trimakasih ya sebelumnya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Gina, saya belum pernah coba ya mba, mungkin bisa tetapi untuk rasa sayaa rasa akan berbeda ya.

      Hapus
  25. Hai mbak Endang tiramisunya maknyusss banget mbak wkawkaka....
    Mbak mau Nanya dong apa bedanya cream yg digambar diatas yg merk Elle dan roselle? Trus untuk cake decor sebaiknya pake yg merk mana mbak? Trus sy pernah baca resep pake whip cream non dairy yg manis itu contohnya yg merk apa ya mbak? Sy seringanya ketemu yg Elle dan setelah sy cicipi rasanya tdk manis, apa itu bisa dipakai untuk cake decor tp dengan ditambah gula bubuk seperti pada tiramisu ini mbak?
    Aduuhhh maaf ya mbak pertanyaan sy banyak bgt soalnya bingung tentang si whip cream ini... Terima kasih banyak sebelumnya ya mbak bersedia meluangkan waktu menjawab pertanyaan saya....


    - Ayu S -

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ayu, thanks ya. berikut jawaban saya ya.
      1. krim kental diatas dengan elle n vire dan roselle sama saja ya, termasuk kategori dairy cream.
      2. untuk decor sebaiknya pakai non dairy cream supaya gak mudah leleh, merk yang saya tahu sejauh ini hanya Avoset, rasanya manis ya.
      3. krim kental untuk decor memang biasanya dtambah gula bubuk supaya lebih manis

      moga membantu yaa

      Hapus
  26. salam kenal mb Endang..kebetulan nih mbak sy mau bikin tiramisu karna suami yg penyuka kopi mau ultah. Sy sempet searching di blog lain adda yg tiramisu nya pakai telur. Sy sendiri sebenernya baru makan tiramisu sekali dan itu ga tau apa pakai tekur atau tidak. menurut Mba Endang gimana ya soal rasanya?sy juga kuatir sama keamanan si telur sekalipun caranya di tim..trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Herlina, umumnya adonan dasar tiramisu adalah cream cheese dan krim kental, untuk modifikasi menggunakan telur saya belum coba ya. Sepanjang telurnya dimasak menurut saya aman2 saja

      Hapus
  27. Mbak mau nanya dong..klo dibikin ukuran besar kira2 bisa nggak ya Mbak? Trus mau didecorate gitu..rencananya buat kejutan anniversary, kira2 klo didecorate pake bc nggak ya kira2 Mbak? Maaf ya Mbak pertanyaannya banyak soalnya lagi bingung pengen bikin kejutan buat suami yang suka banget sama tiramisu.., terima kasih sebelumnya ya Mbak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bisa pakai loyang pyrex atau kaca yang besar ya, gak harus didalam gelas seperti ini. Kalau didecorate saya belum pernah coba ya mba, soalnya permukaan tiramisu lembut ya.

      Hapus
  28. Mbak mau mau tanya dong kalo cream cheese saya pake merk calf kok kayak pecah2 ya gak nyampur dengan ktim kentalnya.. saya kocok krim kentalnya dulu setelah itu baru saya masukin cream cheesenya tapi jadinya pecah gak mau nyampur knapa ya mbak? Apakah saya salah beli cream cheese soalnya belum terlalu paham dengan jenis2nya mohon pencerahannya ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, coba diamkan dulu creamcheese di suhu ruang, jangan gunakan saat masih keras. Kocok cream cheese dulu dengan mikser sampai smooth, baru krim kental dimasukkan ya, jangan krim kentalnya yang duluan.

      Hapus
  29. Haloo mba endang.. Sy indri.. Sy pnggemar coklat dan kopi.. Apalgi tiramisuu.. Bs abis sendiri kl bli yg 1/3 loyang.. Tpii ya ituu hrgnya jg lumayan ya mbaa.. Akhirny aq mau coba buat sendiri aja.. Eehh.. Nemu resep yg praktis dr blog nya mba endang..
    Oiya Mbaa... Itu cream chees kl di ganti sm keju oles dr pr*ch*z bs dk mba?? Soalny dsni agk susah cr cream cheese..
    Makasiih bnyak ya mbaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba indri, saya belum pernah buat tiramisu dengan keju oles ya, setahu saya tiramisu hanya terbuat dari cream cheese atau ricota cheese. Keju oles kemungkinan tidak akan memberikan tekstur dan rasa tiramisu yang diinginkan.

      Hapus
  30. Haii mbaa... Saya lgi nii.. Hehe..
    Mksh ya mba infonya..
    Td saya udh keliling nyari cheese cream.. Adanya yg 1 kg mba.. Sy pikit terlalu bnyak, tkutnya gk bs disimpan lama..
    Trus saya ketemu feta cheese.. Apa bs mba dganti sm feta cheese?? Kl saya googling feta cheese dan cream cheese itu mempunyai tekstur yg hampir sama..
    Niat bget saya pengen cobain bikin tiramisu.. Hehe..
    Mohon pencerahannya ya mba..
    Makasiih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Indri, yep sebaiknya beli cream cheese dengan ukuran kecil saja, karena gak tahan lama di kulkas. Saya sering beli jadinya suka berjamur karena kelamaan. Cream cheese dan feta beda ya, feta cheese crumble dan tidak smooth. Kalau ada cottage cheese atau mascarpone cheese itu bisa menggantikan ya.

      Hapus
  31. Mbak, itu untuk 5 cup diameter 10cm? Kok digambar kecil mbak cupnya?
    Mohon dibalesnya mbak, aku mau bikin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Zsabella, sudah saya revisi ya mba, yep pakai gelas diamter sekitar 7-8 cm tinggi 10 cm ya.

      Hapus
  32. assalamu'alaikum mb endang, sy sudah coba tiramisunya pake metode whip cream nya dikocok terpisah. nyampur ke kocokan cream cheesenya pake spatula aja.hasilnya lebih pekat (tdk encer).
    jadi bisa buat cake loyang (sy pake ukuran 23x23).
    cakenya pake resepnya mb endang yang basic sponge cake (versi coklat)
    langsung buat tester langsung ada yang order.
    alhamdulillah...trimakasih mb endang resep2 nya.
    love you
    luluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Luluk, waah mantap banget mba, jadi pengen wakakkak. Thanks sharingnya yaa, alhamdulilah udah ada yang order, moga makin mantap usahanya yaaa.

      Hapus
  33. mbak..kok saya gak kebayang ya,,kalo misalnya bikin tiramisunya itu pake loyang bongkar pasang..trus pas tiramisunya jadi mau dipindah ke alas lain..gimana cara mindahinnya ya mbak?apakah cukup kokoh mbak untuk dipindah ke alas lain?mksh mbak..

    renny

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba renny, kalau pakai bongkar pasang biaasanya di tepian loyang dikasih biskuit lady fingers, Ketika tioramisu sudah set dan mengeras di kulkas maka lady fingers akan lengket pada cake dan cake bisa dilepas dari loyangnya

      Hapus
  34. Hallo mb endang sy mw tny,,klo cream cheese d gnti sm keju oless bisa gk??
    Liat keju oles d supermarket lg promo soalnya,,bingung mw buat apa selain buat roti..heheh
    Makasih ya mb endang resep2 endes bgt,udh pernah coba lasagnanya&menurut sy lasagna butan sy cocok dng lidah keluarga d bnding yg pny resto pizza itu...hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba annisa, saya rasa hasilnya akan beda ya mba. Cream cheese teksturnya creamy dan ketika dikocok akan fluffy ya. sedangkan keju oles teksturnya tentu saja gak akan fluffy ya, tapi kalau mau eksperimen sih boleh2 saja ya hehheheh

      Hapus
  35. Hi mba endang... Uenak tiramisunya. Mba kl misal dimasukkan ke jar dan dikirim ke luar kota gimana caranya ya mba? Takut asem krimcis nya. Makasih sebelumnya ya mba...

    Widi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba widi, kayanya akan asam kalau harus menginap di suhu ruang. tiramisu harus disimpan di kulkas ya mba

      Hapus
  36. Mba Endang...sy kapan hari bikin tiramisu pake keju mascarpone pas jadi rasanya enak tp kok ke esoknya harinya jadi pahit ya mba? Gak enak gt di lidah mba, kira2 apanya yg salah ya? Sy bikin tiramisu yg pake kuning telor dikocok diatas air mendidih itu mba...Please mba tlg bantu saya dan makasi sebelumnya mba Endang ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ayu, wah saya bingung juga ya mba, jejak pahitny dari mana, cuman terkadang keju memang mengeluarkan rasa pahit kalau masa simpannya sudah berlalu. tapi ini hanya perkiraan saya saja yaa

      Hapus
  37. Mba endang, mau tnya, kalau ganache itu keras ga stlh dimasukkan dari kulkas? sy pengen campur lapisannya dg ganache juga,

    BalasHapus
  38. Hai mba endang. Salam kenal ya. Tiramisunya enak banget mba. Oh ya, gmn caranya spy taburan coklat bubuk di lapisan paling atas, tidak basah(soggy), waktu dimasukin di dalam kulkas? Thanks mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas herman, thanks sharingnya ya, untuk mencegah bubuk coklat lembab sebaiknya diitaburkan saat akan dihidangkan saja, jangan ditaburkan saat tiramisu akan disimpan di dalam kulkas ya. karena bubuk coklat memang akan menyerap kelembaban dr adonan dan dr dalam kulkas

      Hapus
  39. Halo mb endang slm kenal ya, saya mau tanya klo cream cheese nya diganti sm keju prochesez yang spreadable bisa ga ya mb kira-kira? Mksh mb untuk jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba vita, saya belum pernah pakai keju spread, asalkan rasanya gak terlalu asin saya rasa bisa ya.

      Hapus
  40. halo..
    kalo krimnya, pke krim biasa yg pke putih telur bs?
    trs kuenya diganti brownies kukus, bs jg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mb Hijriyanti, krim putih telur yang seperti apa ya? Untuk tiramisu umumnya pakai keju lunak ya mba seperti cream cheese, mascarpone, ricotta atau jenis cottage cheese yang lain. jadi bukan sekedar krim ya tetapi jenis keju lunak.

      kuenya bs pakai jenis cake apa saja ya mba

      Hapus
  41. trs klo pke gelas plastik biasa gpp?
    heheh maaf bawel..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, pakai wadah apa saja oke, pakai loyang kaca ukuran besar juga oke ya.

      Hapus
  42. Hai mba...apa kabar ? Aku baru selesai meng-eksekusi si Tiramisu ini. Rasanya top markotop mba, sponge nya aku pake coklat kukus JTT juga. Pada saat bikin ada accident yg terjadi pada cream cheese nya, jadi encer tak berjejak mba, padahal sudah dikocok 8 menit dengan kecepatan tinggi. Krn aku beli semua bahannya berlebih dan penasaran aku coba utk kedua kalinya, dengan semangat 45 aku kocok lagi si cream cheese dkk, baru 3 menit dia sudah ngembang, kental dan berjejak. Horeeeee....taraaa alhamdulillah jadilah kita makan tiramisu ^_^. Nah....mba, aku bingung nih si cream cheese dan teman-temannya yg gagal mengembang alias encer di apain ya? Sayang soalnya, mubazir....hehehhehe. Ada rekomendasi resep mungkin mba? Atau di gunakan untuk apa gitu? Hihi...gak mau rugi.com yak....
    After all thanks banget mba endang mau berbagi ilmu sampai details....
    Happy Weekend mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Dea, thanks ya sharingnya, senang sekali resepnya disuka yaa. Wah saya sendiri belum pernah coba lagi ini tiramisu hahahha, soalnya berat kalorinya dan berat diongkos wakakkak.

      cream cheese encer dicampur ke puding saja mba, pasti enak dan kemakan wakakka, Puding selalu jadi solusi untuk cream gagal dll heheh

      Hapus
    2. Hehehehe...bener mba, aku campur agar agar coklat, fresh milk coklat, "cream gagal", gula pasir, vanila ekstrak, aduk aduk....jadi lah pudding enak ^_^. Klo tukang masak kaya mba endang gini bisa aja ya mixing mixing makanan gagal....wkwkwkwk

      Hapus
    3. Hahhah, syukurlah bs dimnfaatkan yaa. Saya gak jago2 amat daur ulang produk gagal Mba, tapi saya sering produk gagal jadi puding, karena pasti berhasil dan enak wakakkak

      Hapus
  43. Mbak Endang, cream cheese sama dgn mascarpone cheese gak? kebetulan lg ada mascarpone cheese sisa di kulkas hehe.. Dan ada ladyfingers jg. Boleh pake itu aja mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Cindy, beda ya, mascarpone lebih banyak mengandung fat, kurang tidak terlalu asam seperti cream cheese. Nah justru mascarpone lah yang biasa dipakai untuk tiramisu karena rasanya yang lebih creamy dan tidak terlalu asam hehehee

      Hapus
  44. halo mba endang, salam kenal yaa... mba, saya mau nanya, kalo tiramisunya di buat sekarang, tapi dimakannya besok, kira kira apa yg terjadi? maaf, saya belum pernah buat ini sebelum nya,jadi maklumin aja ya mba ^^ hehehehe

    -FAI

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Fai, salam kenal juga ya. Selama disimpan di ciller tidak masalah Mba, enak2 saja kok. ^_^

      Hapus
  45. Mba endang...saya silent reader, selama ini sudah buanyakk resep yg saya coba dan semuanya berhasil ^_^
    Tiramisu super praktis ini best seller bakulan saya...saya jadikan decorated cake, semua suka dan ngga eneg layaknya decorated cake lain....terimakasih....terus berkarya mba endang....saya tunggu resep macaroons-nya yah...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya mba paramita, senang resepnya disuka ya. sukses untuk usaha bakulannya yaa

      Hapus
  46. malam, mbak tau gak kalo cari ladyfinger itu dimana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba. Klo ditoko Bahan kue ada. Tp klo mau simple boleh beli Di hero mba. Tp mngkin harga lebih mahal dikit :)

      Hapus
    2. hai mba kenny, yep bs dibeli di toko bahan kue ya mba.

      thanks mba Ara infonya yaa.

      Hapus
  47. Hai mba endang. Salam kenal. Aku mau Tanya. Aku uda terlanjur beli mascarpone apakah Boleh mengganti cream cheese dengan mascarpone? Dengan Bahan yg lain sama seperti yg diresep? . Soalnya beberapa aku liat resep ada pakai telur mba. Terima kasih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ara, yep bs pakai mascarpone untuk menggantikan cream cheese ya. tetap oke kok

      Hapus
  48. Mba endang mantap sekali kue buatan mbak. Aku mau nanya mbak. Gelas yg mbak gunakan untuk tiramisu ini berukuran mini kan. Nama gelasnya apa ya mvak. Aku kalau lihat dessert di hotel hotel biasa untuk pernikahan menggunakan gelas yang imut dan kecil nan lucu. Bisa beli dimana ya mbak? Hehe trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya. Wah gelas ini murmer beli di supermarket, gelas minum biasa heheheh. Kayanya kalau di hotel2 bentuknya lebih oke ya hehhehe

      Hapus
  49. Hallo mba Endang, saya udah sering buka blog ini cri resep2 yang oke, sbagian udah sya coba dan rasanya memang enak.saya mau tanya mba,kmaren saya bli cream cheese karena saya gak tau saya simpan di rak bwah frezer. Akhirnya jadi beku.trus saya pindahin dibawah, stelah beku nya hlang, ccheese nya agak berair gtu mba. Kira2 msih bsa di pke gak ya mba. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, kalau teksturnya berbutir2 maka tidak bs lagi dipakai untuk frosting/krim kocok untuk menghias cake. Tapi masih bs dipakai untuk cake yang cream cheesenya dipanaskan hingga meleleh seperti cheese cake atau cake lain dengan cream cheese yang dilelehkan dulu.

      Hapus
  50. Halo Mbak Endang.. Salam kenal. Akhirnya komen juga setelah sekian lama jadi pembaca doang. :) Kemarin udah saya praktekin mbak. Sempet gagal gara2 whipped creamnya overbeat jadi lemak dan airnya misah2. Ulangin lagi dan berhasil. Untung aja saya pisahin waktu ngocok whipped cream dan cream cheesenya. Saya pakai cream cheese merk y*mmy, agak asam2 gitu tp justru saya seneng karena jatuhnya krimnya sedikit segar, gak eneg (apa memang begini rasa cream cheese?). Pas banget dengan selera saya. Saya bawa ke kantor dan komen teman2 memuaskan. Sekedar info, ini cake pertama saya, dan menurut saya ini berhasil walopun dekornya masih berantakan. Makasih ya mbak Endang atas sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Utami, salam kenal juga ya. Yep memang cream cheese rasanya agak asam2 ya. Thanks sharingnya ya, senang reseopnya berhasil dicoba dan disuka, sukses yaaa

      Hapus
  51. Mlm mba endang, maaf sy awam mslh tiramisu. Tp liat foto2 mba endang bikin sy ngiler.
    Maaf mba mau tanya, itu kan ada nescafe nya. Itu mksdnya kopi instan biasa atau hanya kopi hitam biasa... Meek nya hrs nescafe kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba santi, harus pakai kopi espresso instan yang diseduh tanpa ampas ya, jangan pakai kopi yang ada ampasnya. Merknya tentu saja bs lainnya asalkan espresso

      Hapus
  52. Halo mbak Endang, tiramisunya bisa tahan brp lama ya? Makasih Mbak

    BalasHapus
  53. Mba endaaaang :D
    Jadi lapisan bubuk coklat yg terakhir taroknya pas waktu mau dihidangkan utk dimakan aja ya? Waktu pendinginan cukup lapisan cream yg paling atas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, taburi ketika akan dihidangkan saja supaya tampilannya cantik

      Hapus
  54. Mb ini utk brp porsi ya?klo pake ukuran cup puding kira2 bs dpt brp porsi mb?sy mau cb jualan utk bazar ramadhan nti..makasih mb cantiil

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran cup gelas di resep sudah ditulis mba, kalau cup puding saya kurag tahu ya

      Hapus
  55. Mb endang klo utk dijual lg hrga 15rb percup kecil masuk ga mb?secara hrga bahanny cihuy semua ya..mohon saran ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Fiska, nah itu sepertinya tergantung harga2 bahannya ya, kalau ditotal masih masuk dr biaya bahan+tenaga dan udh dpt untung memadai saya sih oke2 saja ya.

      Hapus
  56. Salam kenal mbak endang, saya ifa salam kenal ya mb, mau tanya ngocok krim kental dan creamcheese itu kalau pakai wisk bisakah? Soalnya dulu pernah liat di youtube ada yang pakai hhe kebetulan mixernya baru eror kepengin banget nyobain resep ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba Ifa, yep bs ya Mba, teknisnya sama antara manual sama mesin, hanya beda kecepatan dan waktu saja.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...