03 Juni 2011

Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry


Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry

Saya pernah posting mengenai cake coklat kukus sebelumnya, anda bisa klik di Cake Coklat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake).  Nah, cake coklat yang saya sajikan sekarang sama-sama dikukus namun berbeda dalam hal resep, proses dan hasilnya. Cake coklat yang sebelumnya tidak melibatkan mixer sama sekali, semua bahan dicemplungkan jadi satu dalam mangkuk dan aduk rata. Sedangkan cake coklat yang ini menggunakan mixer untuk mengocok gula dan telur hingga mengembang. Hasilnya? Terus terang saya katakan, cake coklat yang terakhir lebih lembut, halus dan yummy. Yah maklum saja, untuk menciptakannya juga memerlukan usaha yang lebih ekstra ^_^. 

Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry
Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry

Namun secara keseluruhan, kedua cake sama mudahnya dan juga tidak memerlukan waktu lama untuk membuatnya. Cake ini saya buat tadi pagi sebelum berangkat ke kantor dan langsung ludes disikat oleh teman-teman di kantor. Poin pentingnya hanya mengocok telur, gula dan emulsifier hingga kental, mengembang dan berwarna putih. Tidak memakan waktu lama, dengan mixer Phillips untuk skala rumah tangga seperti yang saya gunakan, hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Jika anda menggunakan mixer heavy duty, tentunya akan lebih cepat lagi. Ayak tepung terigu dan bubuk coklat langsung di atas kocokan telur, fungsinya agar tepung dan bubuk coklat tetap remah dan lepas sehingga tidak bergumpal-gumpal di adonan.  Karena namanya cake coklat maka sangat mengandalkan pada coklat bubuk yang digunakan, gunakan yang berkualitas baik ya agar aroma dan rasanya mantap dan tidak pahit walaupun digunakan dalam takaran yang banyak.

Resepnya saya comot dari bukunya Ibu Sisca Soewitomo, Cake Klasik Favorit Serba Kukus. Di resep aslinya lapisan cake diolesi dengan selai coklat, namun saya pikir selai strawberry lebih oke karena rasa asam manisnya menetralisir rasa cake yang manis. Tentu saja kita bisa gunakan selai apapun yang ada di rumah atau jika anda tidak memiliki persediaan selai maka tanpa selaipun cake ini tetap lezat. Berikut resepnya ya.

Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry

Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry
Resep diadaptasikan dari buku Cake Klasik Favorit Serba Kukus  oleh Sisca Soewitomo - Cake Coklat Kukus 

Untuk 1 loyang cake menggunakan loyang loaf ukuran 20 x 10 x 10 cm

Bahan:
- 5 butir telur ayam, suhu ruang
- 175 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh cake emulsifier, saya pakai merk Starkis
- 80 gram tepung terigu protein rendah
- 30 gram coklat bubuk, gunakan yang berkualitas baik
- 100 gram margarine, cairkan
- selai strawberry secukupnya untuk lapisan tengah

Cara membuat:
Siapkan loyang, saya menggunakan loyang loaf ukuran 20 x 10 x 10. Olesi bagian sampingnya dengan mentega dan taburi tepung terigu, pada bagian dasar loyang beri kertas minyak. Sisihkan. 

Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry
Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry

Siapkan mangkuk mixer atau mangkuk lainnya ukuran besar, masukkan telur, gula pasir dan emulsifier. Kocok dengan speed rendah hingga bahan tercampur (tujuannya agar bahan tidak berloncatan jika kita langsung mengocoknya menggunakan speed tinggi), kemudian ganti menjadi kecepatan tinggi. Kocok hingga mengembang, kental dan berwarna putih. 

Letakkan ayakan kawat diatas mangkuk mixer, masukkan tepung terigu dan bubuk coklat ke dalam ayakan kawat dan ayak tepung dan coklat bubuk ke adonan. Tujuannya agar tepung dan coklat bubuk remah dan tercerai-berai sehingga tidak menggumpal di adonan. Aduk hingga rata dengan membalik-balikkan spatula, agar gumpalan tepung tercampur baik dan tidak bersembunyi di antara adonan telur yang pekat. 

Masukkan margarine cair, aduk rata. Pastikan margarine tercampur baik, perhatikan pada dasar mangkuk karena margarine cair atau minyak suka mengendap di bawah. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Adonan akan turun ya ketika margarine cair dimasukkan. Jangan khawatir ini hal yang biasa, kocokan telur yang mengembang ketika terkena cairan memang akan agak sedikit turun.

Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry
Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry

Kukus adonan di dandang yang telah dipanaskan sebelumnya hingga airnya mendidih. Tutup permukaan kukusan dengan kain bersih yang mampu menyerap air, kemudian tutup dengan penutup kukusan rapat-rapat. Kalau perlu beri pemberat diatasnya. Kukus selama 45 - 50 menit, jangan membuka penutup kukusan selama cake dikukus. 

Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry

Angkat cake dari kukusan, diamkan sebentar + 5 menit agar uap panas hilang. Kemudian dengan menggunakan pisau tajam, sisiri pinggiran loyang agar tidak lengket. Balikkan cake di piring datar. Biarkan agak mendingin agar cake sedikit mengeras. 

Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry
Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry

Iris cake secara membujur dengan menggunakan pisau tajam atau benang menjadi dua lapisan. Saya menggunakan benang, caranya: buat irisan disalah satu ujung cake menggunakan pisau tajam tepatdi bagian tengah agar cake terbagi menjadi dua lapisan yang sama tingginya. Kemudian letakkan benang diantara irisan dan tarik benang ke tengah cake hingga ujung cake, sehingga benang membelah cake menjadi dua bagian. Usahakan ketinggian tangan yang memegang benang stabil agar irisan yang terbentuk rata.

Menggunakan dua buah pisau, ambil lapisan atas dan letakkan di piring datar lainnya. Oleskan selai strawberry pada salah satu cake hingga permukaannya tertutup selai. Tumpukkan bagian cake lainnya di atas selai strawberry, rapikan dan sedikit ditekan agar lengket. 

Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry
Resep Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry

Potong-potong cake sesuai selera, gunakan pisau panjang atau penggaris untuk memotong cake agar sama besarnya. Sajikan. 

Selamat mencoba!

Source:
Buku Cake Klasik Favorit Serba Kukus - Sisca Soewitomo



131 komentar:

  1. mba sy mw tanya deh.. kira2 cake ini kl aq buat hiasan blackforest enk ga? cakenya lembutkan? thx ya.. soalnya mw bikinin kue ultah temen.. dan mudah2an sukses..

    BalasHapus
  2. Halo Mia, yup, cake ini lembut kok dan rasanya enak banget. Dikasih topping blackforest juga bisa ya. Moga2 sukses cake ultahnya ya :)

    BalasHapus
  3. Mbak, kue ini jadi berapa loyang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, thanks atas pertanyaan sekaligus koreksinya. Saya lupa memasukkan hasil jadi atas cake ini. Jadi 1 loyang loaf ukuran 20x10x10 ya.

      Hapus
  4. Mbak, kalau coklatnya diganti susu bubuk vanila bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Jeng Renata, yep bisa kok, tentu saja gak jadi cake coklat lagi dong ya. Kalo nggak mau pakai coklat hilangkan saja coklat bubuknya, tidak perlu diganti dengan susu bubuk juga bisa.

      Hapus
  5. kalau ovalet di ganti baking powder/tbm bisa ga ya. n kira2 takaran nya sama?thanks be4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, ovalet bisa diganti dengan baking pwder. Pakai 1/2 sendok teh BP double acting ya. Thanks.

      Hapus
  6. bisa tahan brapa lama kuenya mbak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cake kukus tidak tahan lama Jeng, paling banter 3 hari ya.

      Hapus
  7. mba endang....tolong resep kue tart nya dong. cake nya pake kukus aja. soalnya anak saya minta dibikinin kue ultah karakter dora dan saya gk punya oven. please mba...thanx before.
    (lina)

    BalasHapus
  8. Halo Mba Lina, waduh kue tart ya, yang pakai hias2an cream? Wakakkak, belum pernah coba Mba. Kalau saran teman yang suka buat cake ultah katanya beli saja cream yang udah jadi, tinggal kasih warna-warna yang diinginkan. Bisa terbuat dari butter cream atau cream cheese kocok. ^_^

    BalasHapus
  9. ayo dong mba dicoba....biar bisa liat step by stepnya. :)
    aku jg berniat beli krim jadi aja. cm gk tau bisa ato gk nya menghias. apalagi pake karakter kartun ;)
    (lina)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Lina, sepertinya kita sama2 gaptek kalau urusan hias menghias cake wakakakka. Saya belum pernah mencoba dan belum berani bikin aneka figurin dan karakter kartun, keknya kudu belajar dulu Mba hahahah

      Hapus
  10. Tumben mbak pemakaian telurny lumyn bnyk, misal di kurangn bs gak ya hee.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi Jeng, resep ny. liem memang boros telur, kadang itu yang bikin males coba wakakak. Bisa dikurangi kok, buat saja jadi 3, hanya saja mungkin teksturnya kurang lembut ya.

      Hapus
  11. Hallo mba.. biar rasa coklat n strobery nya pas... selai strawbery nya pake merek apa? makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya pakai selai kiloan beli di toko bahan kue Titan, dikemas dalam cup plastik berat sekitar 250 gram. Rasanya asam manis dan sangat pekat, lebih bagus dibandingkan selai strawberry yang dijual di supermarket.

      Hapus
  12. mba kalo misalnya di adonan nya ditambahin susu cair apa akan bisa lebih lembut lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa, porsi menteganya ditambah mba, bukan susu cairnya. Kalau mau kombinasi mentega dan margarine, kocok dengan gula hingga kembang, putih dan ringan, baru masukkan telur dan bahan lain.

      Hapus
  13. mba...coklat bubuknya biasa pake merk apa? biar enak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, saya pakai Bendorp ya, hanya saja coklat ini hanya ada di toko bahan kue, gak dijual bebas di supermarket.

      Hapus
  14. hello mba endang,
    saya sudah coba buat cake ini,enak dan lembut ya. kmrn saya buat lapisan yg rasa coklat karena anak2 tdk suka selai strawberry. mba,kl telurnya dikurang jadi 3 butir akan merubah tinggi cake ga? mba,kl coklat bubuk bendorp beli dimana?
    makasih mba

    offin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Offin, saya rasa cake tidak akan setinggi dan selembut jika memakai 5 telur. Kalau mau pakai 3 telur, bahan lainnya juga harus dikurangi Mba, agar tekstur kue tetap sama seperti 5 telur. Bensdorp hanya ada di toko bahan kue, tidak dijual di supermarket, saya beli di Titan atau toko WT di Fatmawati

      Hapus
  15. mba aku mau tanya,cake ini kalo dipanggang selezat versi kukusnya ga?
    susi

    BalasHapus
  16. Salam sayang mba ..
    Baru pertama kali bikin dan gatot :(
    Kue bantet..tapi rasanya enak...
    Karna kebanyakan tepung nya
    Hasil tidak maksimal..karna Males pake gram" an :D lsg tuang aja x_x
    Niat hati biar jadi banyak...
    Banyak ga,bantet iya hahahaa
    Thx mba resep nya...resep jitu nya jempol smua....

    BalasHapus
  17. mb, kemarin bikin ini sukses beud, pake coklatnya van houten
    kata tetanggaku mah endang bambang hahahahha
    thanks berat ya mb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Chiku, setuju memang endang bambang wakakkakakka

      Hapus
  18. halo mbak tepungnya klo pake yg segitga biru bs gak ya?thx

    BalasHapus
  19. Mba, klo tepung terigunya dganti pake tepung talas bisa ga y? Soalnya aku mau buatin tmn ku tp dia mau nya pakai tepung talas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya belum pernah coba pakai tepung talas ya, jadi gak bisa kasih jawaban memuaskan. Kudu trial error sepertinya ^_^

      Hapus
  20. Halo mb aq vika slm kenal yah..aq klo bikin cake kok kadang adonan turun bukan pada saat dituang cairan tapi pada saat dimasukkan tepung terigu knp ya mbk?satu lagi mbk..aq pengen bikin cake2 yg pake BP double acting tp d swalayan2 gk prnh nemu nih mbk,klo diganti ovalet gt hasilnya beda di tekstur ato diapanya ya mbk?mksh sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Vika, salam kenal juga ya. Adonannya dikocok sampai kembang ya? mungkin kurang lama mengocok ya. Biasanya justru turun kalau masuk cairan karena gelembung udara banyak yang pecah. Ovalet itu jenis emulsifier, sebenarnya lebih bertujuan sebagai pelembut di cake, terutama cake dengan jumlah telur sedikit. Tapi ovalet juga mengandung pengembang, jadi bisa juga sebagai pengembang cake. Hanya saja kalau pakai ovalet, telur dan gula harus dikocok hingga berbusa dan mengembang ya, baru ovalet bekerja. Beda dengan BP dimana adonan bisa diaduk2 saja.

      Pakai BP single acting sebenarnya juga bisa tetapi usahakan cari yang fresh dan tanggal produksinya masih baru.

      Hapus
  21. mbak q bis bkin cake ini n berhasil,,tp ga q ksih coklat bubuk,,rasanya emmm yummi :)
    mkasih mb :)

    BalasHapus
  22. Hai mba Endang..seneng deh saya nemu blog JT&T ini,kemaren anak saya ultah saya coba bikin cake ini, cakenya rasanya enak dan juga lembut, semuanya pada bilang suka secara saya jarang banget buat cake.blognya sangat menginspirasi saya buat coba bikin kue. makasih ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Diah, salam kenal juga ya. Wah senangnya resepnya disuka, dan yang paling senang bisa menginspirasi Mba Diah untuk membuat kue hehehhe. Racun mode on. Sukses ya Mba! ^_^

      Hapus
  23. Hai mba salam kenal :)
    aku dah coba mba...maunya pertama kali bikin double resep cuma kata mama ku 1 resep sj dl kl berhasil baru di double'in dan ternyata berhasil hehehe..tdnya mau pake coklat cair mba tp takut kemanisan jd pake selai strawberry...
    makasi banget ya mba...
    (kiky-Palembang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Kiky, salam kenal ya. Yep, ikuti kata mama saja, kalau baru coba resep baru pakai 1 resep atau kadang saya pakai 1/2 resep hehehheh. Sip, senang kuenya sukses dan disuka. mantap! Moga suka dengan resep lainnya ya Non! ^_^

      Hapus
    2. From : (kiky-Palembang)

      sama-sama mba...oh ya mba, sy bisa jg bikin tiramisu, kl dari segi krim nya sukses mba tapi dari segi cake yg masi susah bagi saya untuk tau teknik nya, tahap2 nya, barangkali mba bisa bantu resep cake yg simple dan mudah di mengerti mba, sy pasti senang sekali hehehe

      di palembang susah nyari lady finger nya mba, jd selalu pakai cake...naahh pertama kali bikin cake bantat mba..alhasil di buang hihihii..terus bikin lg alhamdulillah lumayan wl ada bantatnya dikit ..mungkin karena sy mixer nya kurang lama ya, belum sampai putih berjejak sudah sy turun'in speed nya...

      satu lg mba..kalo untuk bahan kering spt terigu, coklat itu mesti diayak dl ya mba? kalo tidak diayak akibat nya apa mba?...trmkasi..

      Hapus
    3. Pakai cake jenis apa saja oke kok Mba untuk tiramisu. Saya sendiri tidak berpatokan jenis resep cake tertentu. Silahkan di cek saja resep cake yang pernah saya posting di daftar resep ya, ada banyak resep disana dan cari saja cake paling mudah yang bisa dibuat. Menurut saya asal cake gak bantat maka tiramisunya oke2 saja kok hehhehe.

      Bahan kering diayak agar cake lebih mengembang dan menghindar gumpalan, coklat bubuk biasnya suka menggumpal makanya saya sering ayak agar gak membuat cake menjadi jelek. Tapi kadang saya suka skip proses mengayak heheheh tapi tetap saya sarankan diayak yaaa

      Hapus
  24. apa namanya "sponge cake" ya mba...hahaha ya itu yg pernah sy bikin pertama tama dl bantet mba, krn gak tau teknik nya, skrg alhamdulillah di palembang ada GIANT mba trnyata ada lady finger disitu.
    sy lihat resep mba pake cake coklat kukus ya...nta sy coba praktek'in aahhh spaya gak terpaku sm sponge cake terus...hehehe
    trmkasi mba, sukses terus ya...

    Kiky..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Kiky, yep biasanya tiramisu suka pakai sponge cake ya. waaak sponge cake saya juga takut2 coba, sering gatot dot com wakakka. Kalau pengen saya beli saja sepotong huaaa. Lady finger suka susah carinya ya, disini juga rada2 susah, cuman di toko bahan kue sering ada, kalau supermarket malah jarang lihat hahhaha.

      Yep,bisa pakai cake coklat kukus Mba, rasanya juga mantep.

      Hapus
    2. wkwkwk..naahh yg ahli nya koq takut bikin sponge cake mba...alhamdulillah sdh ada supermarket tsb jd gak susah lg mba..keju maskaryo nya pun lengkap kap kap..hehehe..

      Mba di bloq mba ini sdh ada blm ya resep/cara bikin kue sus kering mba, yg kecil tp gurih itu...? trims mba

      Hapus
    3. sus kering belum pernah coba, wakakka, mungkin sama dengan sus gedhe hanya dicetak kecil2 dan dipanggang sampai kering ya Mba. wakkakaak

      Hapus
  25. Terimakasih banyak buat resepnya ! :D saya pemula banget. Baru sekali ini bikin cake sendiri dan barhasil ! Kuenya enak. :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ervina, thanks sharingnya ya, dan senang cakenya berhasil, Moga berlanjut ke trial kue lainnya ya hehheheh

      Hapus
  26. From : Mei (Jkt)
    Mbak Endang salam kenal ya. Mbak aku udh buat cake kukus ini, waktu di kukus bagus ngembang. Trs aku iris jadi 3 bagian (untuk buat tiramisu) aku tekan bagian tengahnya agak padat. Apa memang teksturnya begitu atau cake aku bantat? Tp pas udh jadi tiramisu tetep enak sih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mei, cake ini nggak padat ya, tetapi kembang karena telur dikocok hingga naik tidak seperti resep cake kukus yang hanya diaduk2. Mungkin kurang kocokan ya.

      Hapus
  27. Mbak, apakah cake yg kukus margarinnya hrus di lelehkn?
    Apa bedany cake yg margarinny di lelehkan dgn gk di lelehkan?
    Bisa gk cake yg biasa dipanggang trs di kukus? Proses buat dan bahanny ttp sama. Hehe..
    THANKS :)

    -DESY-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Desy, nggak harus dilelehkan Mba, ada juga resep yang dikocok hingga kembang dan dikukus. Kalau margarin/mentega gak dilelehkan maka harus dikocok bersama gula untuk menghasikan adonan yang kembang dengan banyak gelembung udara didalamnya, biasanya tekstur cake jadi lebih ringan, berpori dan kembang. Cake dengan mentega dilelehkan atau menggunakan minyak goreng umumnya memiliki tesktur lebih padat, tidak terlalu kembang, contohnya seperti muffin.

      cake panggang bisa dikukus atau sebaliknya, hanya saja hati2 dengan cake panggang yang mengandung banyak margarie/mentega, umumnya kalau dikukus saat masih panas mudah hancur dan lembek karena uap air kukusan. Sebaiknya cake kukus kandungan menteganya dikurangi dibandingkan cake panggan, karena kondisi kukus yang lembab membuat cake kukus tidak membutuhkan banyak minyak/mentega. sedangkan proses panggang yang kering membuat cake seret dan kasar jika kurang mentega/minyak karena itu takarannya harus sedikit dilebihkan. Kalau saya main kira2 saja Mba, nebak2 saja bisa panggang atau kukus.

      Hapus
    2. Hmm... begitu :)

      Mbak, mao nyoba buat resep cake kukus ini ni. Tpi dirumah gk ad loyang lecil. Adny persegi 20x20 atau bulat yg diamterny 20 nie. Bahanya mao gimana di nambahin biar pas sama loyangny? :)

      Hapus
    3. Kayanya mesti dikira2 sendiri ya Mba, mungkin 2 kali resep diatas yaaa, cuman saya juga gak tahu pasti.

      Hapus
    4. Tadiny kira" mao 2 kali dri resep. Cuma telurny jdi banyak klau 2 kali resepny. Hehehe..
      Ok lah, thanks y mba :)

      Hapus
    5. Salam kenal mbak Endang,
      Sungguh beruntung bisa nemu web JTT saya ibu muda yang baru belajar bikin cake, soalnya niat bikin cake ultah pertama buat baby saya #niat banget apa pelit hehehe..
      Kmrin sya coba bikin cake ini, 1/2 resep telurnya 2 butir+1 kuning, dan bahan saya tambah baking powder double acting (soalnya biasa bikin cake kukus pke ini, ketika g pke agak galau, akhirnya saya tambhkan sendiri). Nah jdinya cake kok tdk mengembang ya, bentuknya kaya bronies kukus amanda lembut dan moist hehehe,,enak sih, cuma dugaan saya bakal ngembang kya cake kukus pandan keju yg sya buat kmrin.
      Nah yg jdi pertanyaan saya, klo mau bikin cake kukus yg mentega tdk dicairkan gmn? apakah telur(putih dan kuning)+mentega dan gula dikocok hingga mengembang?
      trima kasih mbak endang
      *lebih semangat lg eksperimen buat bikin cake ultah babyku^_^

      Hapus
    6. Salam kenal Mba Dita, harusnya cake ini mengembang ya, bukan jenis padat seperti brownies karena adonan dikocok hingga kembang. Perkiraan saya over mixing ya, kalau terlalu lama diaduk cake jadi agak bantat.

      kalau mau mentega tidak dicairkan, mentega dikocok dulu dengan gula sampai kembang dan putih, baru telur masuk dan dikocok sampai tercampur baik, Bahan kering menyusul dan aduk saja dengan spatula.

      moga next time sukses ya! ^_^

      Hapus
    7. Nah itu dia mungkin saya overmixing mbk, berharap adonan mengembang maka saya mixer (10-15 menit) sampai berjejak dan ada jambul petruknya, tp kok g kunjung dtg si jambul akhirnya eksekusi lgsung tuang bahan kering dan margarin cair hehehe..
      ato kesalahan di awal juga ya mbk, karena gak ada susu bubuk, saya ganti dengan SKM (bru dikeluarkan dari kulkas alias dingin) padahal seharusnya semua pada suhu ruangan kecuali dikecualikan, hahahaha..*OMG kesalahan berulang
      tapi akan saya coba lagi mbak, coba di blog ini komennya bisa menampilkan gambar, akan say muat bbrp gambar cake saya yg bikin ngakak..
      Semangat mencoba..^_^
      makasih ya mbk Endang..

      Hapus
    8. hai mba Dita, saya rasa susu bubuk gak ngaruh ya, bagian penting adalah saat mengoocok adonan. moga next time sukses yaaa.

      Hapus
  28. mb endang aku udh bikin cake ini suksessss cakenya lembuuut bgt ya mb uenyaak tenan..ini cake ke2ku yg pertama bantat soalnya aku ngovennya pake panci ajaib kata mb endang haha tp aku mau tanya mb emang cake ini ga ngembang bgt yah tp jdnya ga bantat kok
    waaaa..hhh klo sukses gini pinginnya eksekusi resep trs nih mb whaaa bisa bikin kantong tipis nih mb hehe makasih mb hari ini aku seneng ga pake meratapi cake bantat lg (lebay)
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba yeni, cake ini tidak terlalu mengembang ya, kalau maksudnya sampai kembang tinggi banget ya. dan memang seperti itu ya hehhhee. thanks sharingnya ya mba

      Hapus
  29. Malam mb endang, selama ini jadi silent reader. Ngefans banget ak sama mb endang hihi, ak blm pernah nyoba tp semangat terus menggebu2 klo baca resep2nya mb endang. Kpn2 cobain resep2x cz anti gagal hoho
    Mau tanya itu diresep ada telur 5butir, itu yg kuning, putih ato semuanya ya
    Mksh. Nurul klaten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nurul, salam kenal ya, waah jangan dibaca saja wakakka, harus dicoba yaa, sekali coba dan sukses pasti akan ketagihan. 5 butir telur itu telur utuh ya (kuning+putih), kalau hanya pakai putih atau kuningnya pasti akan saya jelaskan di resep.

      Hapus
  30. Mba, makasih udah posting resep2 ini beserta tips2 nya. Sangat bermanfaat sekali dan jg kecepatan respond anda terhadap comment2 yg masuk. Sangat membantu saya dlm membuat cake2 yg anda post. Mba, mau nanya. Waktu saya membuat cake ini, kok di permukaan nya pas udah jd, banyak keliatan pori2 nya. Itu knp ya? Apa ada kesalahan di saya mengocoknya, padahal saya sudah pakai cake emulsifier meskipun bukan spt Starkis ato ovalet, saya pakai yg TBM. Apa itu berpengaruh thdp hasilnya ini cake ya? Makasih ya Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya. Yep, cake yang saya buat juga mengalami hal yang sama, next time hentakkan loyang cake supaya sebagian gelembung hilang, Jangan gunakan api besar waktu mengukus ya.

      Hapus
  31. selamat siang mbak :)
    saya lia
    mau nanya, kalau margarine kita ganti sama butter salted bisa kah?
    soalnya saya ada sisa banyak butter salted.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lia, bisa ya Mba, kalau ada porsi garam di resep skip saja ya.

      Hapus
  32. Mbak, aku mau bikin kue ultah utk keponakan, lebih cocok mana kue ini atau browkus pisang? Browkus pisang aku udah coba, enaaaakkkk....mana lebih enak dr yg ini? Makasih yaaaa....blognya bagus banget, sangat membantu aku yg pemula ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk ultah sepertnya cake ini lebih cocok karena teksturnya lembut ya.

      Hapus
  33. Mbak, aku sudah coba. Aku pakai loyang bulat, tapi hasilnya kok pinggirannya menciut ya? Jadi hasilnya gak bulat rata gitu, bagian atasnya jadi mengecil. Salah dimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebesaran api dan terlalu lama mengukus ya, membuat cake menjadi mengecil.

      Hapus
  34. Mbak, utk kesekian kalinya aku mencoba resepnya mbak, tp kali ini gak tll sukses. Kuenya bantat di bawah hiks hiks hiks....
    Kenapa ya? Apa karena aku pake terigu serba guna? Pas aku mixer, kayak ada gelembung udaranya gitu, trus warnanya agak kuning.

    Tp aku kasi selai coklat plus keju parut.... Hhhmmmm rasanya tetep mantab.....

    Hehehehhe makasih ya mbak utk resep2 yg gampang n enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, kemungkinan karena emulsifiernya kurang oke dan saat mengocok telur kurang maksimal. Next time jangan pakai emulsi mba, ganti saja sama BP double acting 1/2 sendok teh. Saya tidak menyarankan mengaduk tepung dengan adonan menggunakan mikser, aduk pakai spatula saja, Pakai mikser menyebabkan over mixing, cake menjadi bantat

      Hapus
  35. Mba endang.. blognya mba ini memang favorit. Mau tanya mba saya punya coklat blok sama coklat bubuk merk nonik sebaiknya mana yg sebaiknya saya pakai mba buat adonan ini? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Alia, untuk adonan cake ini saya menggunakan coklat bubuk ya mba, pakai merk apapun bisa ya.

      Hapus
  36. hallo mbak, kalo kuenya.dikasih cokelat ganache rasanya eneg gak mba? tetep enak gak ya? soalnya mau bikin utk kue ultah nih. thanks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, pakai ganache tetap enak kok, nggak eneg ya.

      Hapus
  37. Salam kenal mb endang
    Saya trial bikin kue kukus kok ya mesti gak bisa ngembang dan bantet. Padahal sudah sesuai resep. Kira2 salahnya di mana ya mbak.. Thanks for sharing and helping.
    -anna-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba anna, salam kenal juga ya. menurut saya baking powder yang mba pakai nggak oke ya, coba cek artikel ini untuk tahu tentang bahan pengembang:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/06/mengenal-baking-powder-baking-soda.html

      Hapus
  38. Halo Mbak Endang,
    Salam kenal. Saya berterima kasih sekali ada webnya mbak endang ini, helping me so much, secara saya newbie juga di dunia perbakingan.
    saya sdh nyoba resep mbak ini, asli enak bgt, rasanya pas dan moist bgt. Skrg cake ini jadi andalanku untuk jadi base cake pesanan birthday cake dr temen2.
    Tapi ada temen yg minta cakenya dipanggang nih mbak. Sdh pernah ada yg coba blm? klo dipanggang perlu ditambah bahan lagi nggak kira2 mbak? Saya masih belum sahabatan sama oven nih, kue saya banyakan dikukus.
    Makasih banyak ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Danti, salam kenal juga ya mba. Thanks sudah menyukai JTT dan resep2 di dalamnya. Untuk cake ini bs dipanggang kok, pakai suhu 170C saja. Tidak perlu dirubah bahan dan komposisinya ya.

      Hapus
    2. udah aku coba mbak dipanggang. Rasanya uenak bianget... hahaha, lebay ya. Tapi bener mbak, enak. Makasih ya mbak

      Hapus
    3. okeh mba danti, mantap! thanks sharingnya yaa

      Hapus
    4. Mbak, klo kita modif resepnya nggak pake coklat, tapi dijadiin rainbow cake bisa juga kayaknya ya? udah pernah modif resep ini blm mbak?

      Hapus
    5. hai mba danti, saya rasa bisa ya mba, walau saya belum pernah modif ya

      Hapus
  39. mba aku mw buat ini tapi pake loyang diameter 18 cm. satu resep cukup ga ya?mw dibela 2 trus bwt base tiramisu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kalau bukan loaf tapi loyang 18x18 cm, sih cukup ya, tapi kalau loaf dengan panjang 18 cm lebar dan tinggi sekitat 10 atau 15 cm keknya kurang besar.

      Hapus
  40. loyang ku bulat mba hehehe bisa ga ya?apa bkin 1 stenga resep? :D kalo takut ga mateng, trus manggang nya ngantre(gantian) gpp kali ya mba?hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai loyang bentuk apapun ya mba, bsa 1/2 resep disesuaikan saja takarannya.

      Hapus
  41. oh iya mba lupa nannya, ini light kan ga padet?hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba uda kucoba, enakk deh hehe tp kurang creamy ya, agak kering tp light, tmbhin butter bs mba biar lebih enak?takarannya brp y?trims :D

      Hapus
    2. hai mba, mungkin bisa pakai resep ini ya, kalau mau yang lebih creamy rasanya.
      http://www.justtryandtaste.com/2011/07/cake-kukus-lapis-coklat-keju.html

      Hapus
    3. oke aku eksekusi hari minggu ah wkakaka makasi mba cantikk :D

      Hapus
  42. Hai mbak endang.
    Aku udh eksekusi cake ini. Resep pertama yg aku eksekusi stlh lama jd silent reader dan nelen ludah doang. Tapi kok jadinya aneh ya mbak..? Cakenya bagian pinggirnya naik trs ke bagian tengah jd kempes. Agak bantet gitu wlpn ga sampe kyk brownies.

    Apa yang salah ya mbak? Pdhl udh sama semuanya.. Bahkan mixernya pun sama. *gak penting, gyahahah

    Boleh nyontek nggak mba, waktu kocok adonan sampe kental gitu brp lama sih? Aku nunggu sampe kental dan klo diangkat mixernya adonannya berjambul (ribbon stage kerennya). Tp lumayan lama.. pdhl udh max speed. Tolong dijawab ya bu guru. Saya mau praktek lg soalnya :D


    -Chika-

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba chika, untuk cake ini kocok adonan sampai ribbon stage saja ya, bukan hingga hard peak. Ribbon stage tandanya ketika adonan diangkat dan dijatuhkan maka akan meninggalkan jejak di permukaan adonan di mangkuk selama beberapa detik baru kemudian menghilang. kalau adonan terlalu kaku dikocok justru akan bantat dan keras.

      mungkin emulsifier yang dipakai kurang oke kualitasnya, atau saat mengukus jangan menggunakan api terlalu besar, banyak faktoir mengapa cake gagal ya.

      Hapus
  43. hai mbak, salam kenal. resepnya mudah diikuti lho. berhubung saya demennya iseng, alhasil resep ini saya bagi 2 menjadi 2 warna dengan topping koko crunch tapi tetep tengahnya dikasi selai stroberi. makasi banyak buat resepnya, bisa buat nambahin pundi2 juga. ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mb Francisca, salam kenal dan thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. Sippp moga2 sukses dengan usahanya yaa, hehehehh

      Hapus
    2. Mbak endang, aku udah cobain resep cake coklat kukusnya. Wah emng rasanya jagoan deh mbak. Dan ini cake kukus coklat aku yg pertama dan hasilnya bisa dikatakan bagus. Resepnya mbak aku modif sedikit. Jadi pada saat mencairkan margarin aku juga menambahkan coklat batang untuk di cairkan. Walhasil bagian cake bawahnya menempel padahal di cetaknnya udah aku olesi dengan mentega dan tepung dan seperti ada bagian coklat yang mengendap di permukaan bawah cakenya.mungkin ada masuka dan saran dari mbak endang.. Salam kenal mbak, aku lia dari Aceh :)

      Hapus
    3. adonan coklat margarine belum tercampur baik dengan adonan lainnya mba, krena berat maka mengendap, pstikan diaduk dengan baik saja. Coba pakai kertas baking mba yang dioles margrine, supaya gak lengket ya

      Hapus
  44. Selamat malam mba, aku udah nyoba nih resep yg satu ini^^
    Kuenya lembut, dari aromanya aja udah kecium bau pekat coklat, dan rasanya behh t-o-p deh hehe..
    Aku udah nyoba buat ini 2 kali, yg kedua baik2 aja nah malah yg pertama ada sedikit problem. Yg pertama(karna pengen yg kekinian) aku masukin oreo yg aku potek2 ke kuenya eh malah kuenya kaya bantet gitu dan oreonya ngendap di bawah, kira2 itu masalahnya dmana ya mba? Apa harus pemakaian tepung dikurangi dan diganti oreo yg di buat bubuk? Tolong pencerahannya ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba Anil, setahu saya kalau pakai oreo tinggal dicincang kasar saja dan dimasukkan. Bantat mungkin karena telalu lama mengaduk. supaya oreo tidk tenggelam msukkan oreo detik terakhir sja ketika cake akan dipanggang

      Hapus
  45. halo mbak..utk mengocok telur hingga mengembang itu kira2 sampe tahap ribbon stage gt ya? atau gimana? kmrn2 sy coba banana cake kukus tp kadang jd kadang juga bantet. masih penasaran dimana salahnya. hehehe..apa krn g nimbang bahan2nya pake timbangan yak wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep sampai ribbon stage ya mba, tapi kalau kebablasan dikocok sampai kaku juga bs bantet cakenya hehehhe. harus bolak blik dicek kkentalan adonan, kalau sudah terbentuk ribbon stage segera hentikan.

      Hapus
  46. Halo mbk endang..aq fans jtt ni..klo mau buat cake pasti nyari resep di sini...
    Btw mbk ini mesti pke.loyang uk 20x10 ya? Klo pke loyang bulet uk 20 bs ga?
    N aq ud buat sih sbrnya tpi kok melepes ya? Apa krn aq intip ya pas lagi di kukus ya mbk? Hehhehe..mohon kawabannya ya mbk...makasi sblmnya mbk endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, thanks ya sudah menyukai JTT. Bisa pakai loyang bulat ya mba. Jangan dibuka kukusan selama kue dikukus, coba cek artikel tips mengukus cake di JTT mba

      Hapus
  47. Hai mba endang... Mau tanya mba...ini lembutnya n ngembangnya kya ogura cake gtu ga ya?? Soalnya q kurang bgtu suka ogura mba... Prnh buat ogura..Bukannya apa sih..enak ya enak.. Tp trlalu ringan kya kapas..jd ga puas mkannya...hahahah...mau buat untuk tiramisu mba.. Hehehe..oh itu aduknya model aduk balik kya buat ogura bukan mba?? Apa aduk model searah jarum jam??trus kebanyakan aduk bikin cake ini bantat ga mba??mohon pencerahannya mba..makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ya, ini seperti cake coklat umumnya, atau brownies kukus versi yang lebih ngembang dan lembut. Semua adonan cake yang dimikser telur atau menteganya sebaiknya diaduk dengan aduk balik mba.

      Hapus
  48. Mba saya mau buat untuk loyang 22 kotak,dengan telur 8 apa bahan yg lain harus ditambah takarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai loyang 22 cm, di double saja resep doiatas mba. bs pakai telur hanya 8 buah, bahan lain tetap sama

      Hapus
  49. Mba,pas motongnya pake benang itu ditarik aja, atau ditarik kanan kiri seperti zig zag?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benang ditarik, kemudian disilangkan sampai cake putus ya

      Hapus
    2. Mbaaa help me :'( tadi sore ak coba buat cake cokelat ini tapi versi panggangnya. Kok bau telurnya berasa bgt ya mba amisya? Pdahal pas mau dikocok, fine2 aja layaknya telur segar. Telurnya normal pkonya, kuning telurnya masih bulat putihnya juga gak encer. Dikocok juha mengembang baik.
      Pas ak keluarin dari loyang, didasarnya itu ada lapisan kenyal dan brwarna sdikit abu2 kehijauan mba.
      Kra kra knapa ya mbaa :( pdahal minggu depan ak mau buat kue ultah pesanan, jadi galau ngeliet cakenya kok gtu..

      Hapus
    3. hai Mba Izzy, waduh saya juga bingung mau jawab gimana yaa, cake ini standar saja gak ada yang aneh, jadi kalau sampai ada bau telur kuat dan kenyal, mungkin tdk mengembag sempurna ya, jadi semi bantat. Untuk menumpas bau amis saya biasanya pakai vanilla extract, tapi tanpa pakai pun kalau cake coklat sih tdk berbau.

      Hapus
    4. Iya mbaa baru kali ini nih kjadian gini, tapi di atas lapisan kenyal itu teksturnya bagus mba. Hadeeh 1 loyang jadi kebuang mba, amisnya keterlaluan bener2 ga bsa dimakan.
      Mba pake vanila ekstrak merk apa ya mba? Rekomen yg murah dan bagus apa mba yaa?

      Hapus
    5. kemungkinan ketika mencampur mentega cair dengan adonanya tdk merata mba, jadi menteganya mengendap di dasar, karena itu bagian bawahnya kenyal. Coba ambil 2 sendok sayur adonan, aduk balik dengan mentega cair sampai rata, baru tuangkan ke sisa adonan dan aduk balik.

      merknya saya lupa, beli di Titan, harganya mmg agak mahal, pakai vanili bubuk juga gak papa, 1/4 sendok teh saja, kebanyakan ntar pahit

      Hapus
    6. Sip mba, nanti dicoba lgi.. mdah2an ga gitu lagi.
      Makasi bnyak jawabnnya ya mba sehat slalu biar bsa bantu2 newbie kya saya dlm masak masak :D

      Hapus
    7. oke, sama2. moga next time cakenya lebih sukses ya

      Hapus
  50. Mba mau tanya, saya mau buat cake ultah anak saya,uk loyang 26 klo saya hitung telurnya bisa 12 buah, itu kira kira bakal amis g yah? Trus takaran margarinnya apa dikurangi ya? Soalnya jd 200lebihan karna pake 2.4x resep? Trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kalau didouble atau triple resep maka semua bahan juga harus dikalikan 2 atau 3 kali, tdk dikurangi. Untuk bau amis saya biasanya pakai vanilla extract bs ganti vanili bubuk 1/2 sendok teh.

      Hapus
  51. Salam kenal mba Endang, mau tanya kalau mentega diganti minyak sayur bisakah? Terimakasih sebelumnya. Oya keep inspiring ya mba..Saya selalu ngikutin blognya mba Endang..😊

    BalasHapus
  52. Hai mbak aku mau tanya kalo setengah resep itu telurnya berapa butir ya? Trs semua takaranya berarti dikurangi setengah ya? Sama waktu mengukusnya itu kira2 brapa lama ya mbak kalo kita buat nya setengah resep?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, telur bs pakai 3, semua bahan lain dibuat setengahnya saja. waktu mengukus sekitar 30 menitan

      Hapus
  53. aq sukses buat ini mbak.. tpi masi ada gumpalan putih pas cake dipotong, gumpalan tepung yaa itu?? apa kurang larut yaa ma adonan?? but overall maknyusss.. aq pakai glaze hazelnut tapi mbak, gak pnya selai strobery, hehe

    salam dari susan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Susan, ayak tepungya langsung diatas adonan supaya remah dan mudah larut dengan bahan lain.

      Hapus
  54. halo mbak Endang, makasi resepnya. pengen nyoba, tp apakah selainya boleh diganti dan apakah cocok dan enak diganti pake fla/custrad. bagi resep cara bikin custrad ya mbak? :D makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hm, bisa2 saja sih hanya saran saya sebaiknya pakai selai yang terasa asam manis, jadi kontras dengan cake yang sudah manis, membuat kue tidak eneg.

      banyak resep custard di JTT mba, gooling saja 'custard jtt'

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...