07 Juni 2011

Resep Sayur Bobor Bayam dan Pepaya Muda


Resep Sayur Bobor Bayam dan Pepaya Muda

Sayur bobor, jenis sayur yang membuat saya teringat pada almarhum embah di kampung, masa kecil, dan tentu saja Paron - kampung halaman saya - karena sayur ini merupakan sayur kegemaran beliau semasa hidup dan juga merupakan jenis sayur yang dahulu kala paling sering saya santap. Rasanya yang ringan dan tidak terlalu banyak menggunakan bumbu membuatnya pas dimakan begitu saja atau dinikmati bersama nasi hangat, tempe atau tahu goreng dan tentu saja ikan asin dan sambal terasi. Wah, memang tidak ada yang lebih sedap selain menu sederhana ala kampung seperti ini.

Kunci membuat sayur santan ala Jawa menurut saya adalah santan yang encer sehingga rasa kuahnya tidak berat namun tetap sedap oleh aroma dan rasa santan yang memuaskan lidah. Isi sayurnya bisa disesuaikan dengan persediaan bahan di dapur anda, umumnya sayur bobor berisi bayam, jagung muda, labu siam, dan pepaya muda. Selain santan yang encer, sayur bobor juga mengandalkan pada daun salam dan lengkuas, gunakan daun salam agak banyak sehingga aromanya membuat harum kuah sayur bobor anda. Sayur ini enaknya dimakan selagi hangat dan karena menggunakan bayam maka paling oke jika langsung dihabiskan sekaligus di hari itu juga.

Berikut resepnya ya. 

Resep Sayur Bobor Bayam dan Pepaya Muda

Sayur Bobor Bayam dan Pepaya Muda
Resep diadaptasikan dari Ibu saya 

Untuk 3 porsi

Bahan:
-  2 ikat bayam, ambil daun dan batang mudanya
- 300 gram pepaya muda, iris serong tipis, remas-remas dengan 1 sendok teh garam. Cuci bersih dan tiriskan
- 300 ml santan encer
- 400 ml air


Bumbu, haluskan:
- 2 sendok teh ketumbar, sangrai
- 2 butir bawang putih
- 4 butir bawang merah


Bumbu lainnya:
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula jawa, sisir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 2 ruas lengkuas, pipihkan
- 4 lembar daun salam


Cara membuat:


Resep Sayur Bobor Bayam dan Pepaya Muda

Siapkan panci, masukkan air, bumbu halus, lengkuas dan daun salam. Rebus hingga mendidih dan bumbu matang. Tambahkan  irisan pepaya muda. Rebus hingga pepaya empuk. 

Masukkan bayam, aduk rata. Jika bayam mulai layu tuangkan santan encer, gula, garam dan kaldu bubuk. Masak hingga santan mendidih dan bayam matang. Cicipi rasanya. Angkat dan sayur bobor siap disajikan. 

Sayur ini paling sedap dimakan bersama nasi hangat dengan lauk tempe dan tahu goreng. Mantap!



5 komentar:

  1. kalau di tempat saya, sayur bobor menambahkan kencur mb Endang

    BalasHapus
  2. Kalau mertua saya selain ditambah kencur juga dikasi sedikit tempe semangit (tempe yang mau busuk berwarna agak kehitaman).

    BalasHapus
  3. Menu hari ini... cuss ke resep bacem tahu tempe hehhehe. Terimakasih mbk endang ... <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. beeh, sayur bobor sama tempe tahu bacem, sambal terasi, tobaat Mbaaaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...