02 Juni 2011

Resep Gulai Terung a la My Mom


Resep Gulai Terung a la My Mom

Terung, salah satu sayuran favorit saya, apakah dimasak balado, tumis, sayur lodeh atau dimasak gulai dengan rasa yang mirip-mirip kari seperti ini. Sedap disantap dengan nasi putih hangat tanpa lauk lainnya. Hmm, jika memasak menu ini maka biasanya saya akan tambah lagi nasi untuk piring kedua. Tedy?  Ahh, sebagaimana jenis sayuran lainnya yang dia tidak suka, maka terung gulai inipun begitu halnya. Melirikpun ogah. Resep gulai terung ini dari mana lagi kalau bukan dari Ibunda tercinta yang resepnya banyak saya jiplak habis-habisan di blog ini. Thanks Mom for your generosity! ^_^

Resep Gulai Terung a la My Mom

Kembali ke terung dan gulai ini, untuk membuatnya sebaiknya gunakan terung yang masih muda sehingga belum terbentuk banyak biji. Kupas sebagian kulitnya dan potong-potong terung dengan ukuran besar, agar tidak mudah hancur saat dimasak.  Untuk jenisnya, anda bisa gunakan jenis terung apapun juga. Saya tambahkan bubuk bumbu kari instan ke dalam masakan agar rasa gulainya lebih mantap. Jika anda tidak memiliki bubuk kari ini, maka anda bisa menggantinya dengan racikan bumbu ala Ibu saya: 1/4 sendok teh jintan + 1/2 sendok teh merica butiran + 1 sendok teh ketumbar + 1 ruas kunyit. Saya rasa dengan racikan bumbu diatas rasa gulai terung yang anda buat akan mirip-mirip dengan jika anda menggunakan bumbu kari bubuk siap pakai.

Berikut resepnya ya.

Resep Gulai Terung a la My Mom

Terung Masak Gulai
Resep diadaptasikan dari Ibunda - Gulai Terung

Untuk 5 porsi

Bahan:
- 4 buah terung, kupas kulitnya berselang-seling, belah dua memanjang dan potong-potong sepanjang + 7 cm, iris masing-masing potongan seperti kipas.
- 300 ml santan setengah kental
- 3 lembar daun salam
- 4 lembar daun jeruk
- 2 ruas lengkuas
- 1 1/2 sendok makan bumbu kari siap pakai
- 2 sendok makan gula pasir
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional) 
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 1 batang daun bawang, iris halus (optional)

Bumbu dihaluskan:
- 6 butir cabai merah keriting
- 5 butir cabai rawit merah
- 5 butir bawang merah
- 4 butir bawang putih
- 1 batang serai ambil bagian putihnya saja
- 2 ruas jahe

Cara membuat:

Resep Gulai Terung a la My Mom
 
Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna.  Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas. Masak hingga layu. Tambahkan terung, aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dan terung menjadi setengah layu.

Tambahkan garam, gula pasir, kaldu bubuk dan bubuk kari siap pakai. Aduk rata. 

Resep Gulai Terung a la My Mom
Resep Gulai Terung a la My Mom

Masukkan santan, masak hingga santan mendidih dan terung matang. Aduk-aduk selama terung dimasak agar santan tidak pecah. Cicipi rasanya dan angkat. 

Resep Gulai Terung a la My Mom

Sajikan terung gulai dengan nasi putih. Mantap!

Source:
Resep Ibu saya - Gulai Terung



14 komentar:

  1. Wah perlu dcoba ni resep, kayanya yummy banget.... Makasih y resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Jeng Ami, yep masakan ini membuat makan jadi berpiring2. Berbahaya! hehehehe. Thanks ya. ^_^

      Hapus
  2. Enak, walaupun terungnya kurang mateng (msh krenyes) krn kecepetan nggangkat dr wajan, tapi krn bumbunya sedap tetep aja disikat habis hahaha... Laper apa doyan ya? Thanks tante buat nurunin rsepnya ke mbak endang. God bless you. Imel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Imel, yep terung paling sedap kalau dimasak sampai benar2 empuk dan lembek, makanya saya maniak banget sama sayur terong yang dihangatin bolak balik wakakkak. Makanan gak sehat banget yaaa. thanks sahringnya ya

      Hapus
  3. Aku nyontek resepnya mbak endang lagi. Dan seperti biasa, uenaaaak!!! Makasih ya mbak. Makasih juga tante ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Arum, monggo silahkan Mba, senang sekali resep gulainya disuka ya! ^_^

      Hapus
  4. mba Endang,, kl pakai santan instan kaya Kara bisa ga sedapnya sama? thx ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba livia, sama sedapnya kok, saya sekarang lebih suka pakai santan instan karena praktis ya

      Hapus
  5. Mba endang, saya suka sekali web nya. Resepnya bener2 anti gagal. Saya yg beginer jadi terkesan 'pintar masak' di mata suami, hehee. Semoga pahalanya mengalir buat mba endang ya. Mba saya kurang suka santan, resep ini kalau ga pakai santan gimana ya mba? Tetep bisa dieksekusi ngga ya? Makasih mba endang.
    Annisa - semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Annisa, thanks ya sudah menyukai JTT. Senang sekali resep2nya disuka. Untuk resep diatas karena namanya gulai tentunya memang pakai santan ya, tetapi kalau mau skip santan jug gak papa, tetap enak. Atau pakai saja susu bubuk 2 sendok makan ya, rasanya udah enak kok.

      Hapus
  6. Hi mbaa.. Salam kenal.
    Browsing2 resep ga sengaja nemu blog ini.
    Resep gulai terongnya udah gw cobain dan enyaaakkk..
    Beneran anti gagal. Recommended bgt!!
    Nyum :)

    Thanks mba udah sharing resepnya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mba, thanks ya sudah menyukai JTT, senang resep2nya disuka, sukses yaa

      Hapus
  7. Klo g da bubuk kari gmn mba?bs diganti ap??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pakai bumbu kari buatan sendiri mba,coba cek resep disini:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/03/kari-ayam-dan-nanas.html

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...