08 Juni 2011

Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache


Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache

Niat hati mengidamkan opera cake yang lezat dan cantik tetapi berat hati karena tidak tahan dengan jumlah telurnya yang banyak akhirnya saya mengutak-atik resep sendiri menjadi cake kukus lapis srikaya ini. Jumlah telurnya saya cut hingga batas maksimal telur yang bisa saya tolerir dan bahan-bahan lain saya modifikasi dari stok bahan cake di kulkas yang menumpuk. Dan semua ini berawal dari ketika saya menemukan deretan semut api yang merayap di tembok dapur. Olala, ternyata si semut asyik merubungi sekantung plastik kecil berisi campuran tepung terigu dan gula bubuk yang waktu itu - dan waktu itu sudah lampau sekali - hendak saya gunakan untuk membuat cookies tetapi batal. Akhirnya saya pun membongkar semua persediaan dan menemukan, sekantong almond bubuk dan 2 pack selai srikaya, di kulkas saya masih punya sekitar 100 ml whipping cream sisa. Maka saudara-saudara, jadilah cake amburadul ini yang oleh teman-teman di kantor dikatakan, enak!

Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache
Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache

Okeh, saya akui, saya sama sekali tidak ahli di bongkar pasang resep dan mungkin resep cake ini hasilnya kurang maksimal. Belum lagi rasa cake ini tentu saja tidak bisa disandingkan dengan opera cake yang lembut dan berpori halus karena penggunaan kuning telur yang banyak. Di cake ini semua telur saya berdayakan, sayapun tidak menambahkan jumlah kuning telurnya, walaupun saya yakin jika ditambahkan hasilnya akan lebih lembut dan halus. Karena itu lapis srikaya yang dioleskan di tengah cake dan siraman coklat ganache di atasnya dimaksudkan untuk menutupi kekurangan si cake. Kombinasi ketiganya membuat cake ini menjadi cukup padat,  lezat, tidak terlalu berat dan manisnyapun pas. 

Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache
Selai srikaya siap pakai
Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache
Almond bubuk, bisa dibeli di toko bahan kue

Saran saya untuk rasa yang optimal, jangan santap cake saat itu juga. Kalau bisa simpan terlebih dahulu cake di kulkas semalaman, hingga semua bahan dan aroma menjadi menyatu dan kompak. Santap ketika cake dingin, saat mentega dan coklat terasa padat. Cake menjadi super legit dan yummy. Tidak punya krim kental atau whipping cream? Tidak masalah, coklat ganache-nya bisa anda buat dari coklat blok +  mentega yang dilelehkan saja. Rasanya tentu saja tidak akan sepuas menggunakan krim kental, tapi jangan jadikan faktor krim ini sebagai penghambat anda membuat ganache yang cantik. 

Tidak ingin melumuri cake dengan coklat yang banyak? Anda bisa masukkan lelehan coklat ke dalam kantung plastik, ikat kuat, potong ujungnya sedikit dan semprotkan coklat secara tidak beraturan di permukaan cake membentuk motif corat-coret seperti di posting saya sebelumnya di Brownies Kukus Ketan Hitam. Mudah, murah, praktis, cantik.
 
Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache

Poin penting adalah jangan jadikan satu, atau dua bahan yang tidak tersedia di dapur anda menghambat kreatifitas dan niat suci untuk menyajikan kue atau masakan bagi keluarga tercinta atau rekan anda. Cari penggantinya atau skip saja, sejauh itu tidak mempengaruhi hasil dan rasa cake/kue anda.

Berikut resepnya ya.

Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache

Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 loyang cake bulat diameter 22 cm x 10 cm

Bahan I:
- 6 butir telur ayam suhu ruang
- 1 1/2 sendok teh cake emulsifier (Starkis, TBM, Ovalet), saya pakai Starkis
- 170 gram gula pasir
- 1 sendok teh vanilla ekstrak, bisa menggunakan 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1/2 sendok teh almond essence (optional)

Bahan II, ayak langsung di atas kocokan telur dan gula:
- 130 gram tepung terigu protein rendah, misal Kunci Biru Bogasari
- 1/2 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh garam

Bahan III:
100 gram bubuk almond, bisa dibeli di toko bahan kue. Jika anda memiliki kacang almond yang masih berbentuk butiran atau irisan, maka masukkan saja ke food processor atau blender untuk menghaluskan biji. Proses menjadi butiran halus.

Bahan IV, cairkan:
- 70 gram mentega
- 60 gram margarine

Bahan V: 
200 gram selai srikaya siap pakai untuk olesan

Coklat ganache:
- 120 gram coklat masak blok
- 30 gram margarine
- 50 gram krim kental/whipping cream

Cara membuat:
Siapkan loyang bulat diameter 22 cm x 10 cm, alasi dengan kertas baking/kertas roti pada bagian dasar loyang kemudian olesi mentega pada bagian samping loyang dan permukaan kertas. Taburi tepung terigu pada pinggir loyang. Sisihkan.

Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache

Siapkan mangkuk mikser, kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier, pertama dengan speed rendah hingga bahan tercampur kemudian dengan speed tinggi hingga adonan kental, putih dan mengembang. Kira-kira membutuhkan waktu sekitar 15 - 20 menit dengan hand mixer. Masukkan almond essence dan vanilla ekstrak, kocok rata. Matikan mikser.

Letakkan ayakan kawat diatas mangkuk adonan, masukkan bahan II ke dalam mangkuk sambil diayak agar tepung terigu, baking powder dan garam lepas dan remah. Menggunakan spatula, aduk adonan hingga tercampur rata dengan cara membalik-balikkan spatula. Masukkan almond bubuk dan aduk rata. 

Tuangkan mentega + margarine cair ke dalam adonan dan aduk rata, jalankan spatula hingga menyentuh dasar mangkuk agar mentega cair terangkat dan tercampur ke adonan. Putarkan spatula agar mentega cair dan tepung yang terperangkap di dalam adonan pecah dan tercampur rata. 

Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan dan masukkan ke dandang kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya hingga air dalam kukusan mendidih. Tutup permukaan mulut kukusan dengan kain bersih yang menyerap air. Tutup rapat kukusan dengan penutupnya. Kukus adonan selama minimal 50 menit. Jangan membuka penutup kukusan selama cake dimasak. Test cake dengan lidi atau tusuk sate apakah telah matang atau belum. 

Keluarkan cake dari kukusan, biarkan sebentar hingga bagian pinggir cake terlepas. Sisiri bagian pinggir cake dengan pisau tipis. Balikkan cake di piring datar, lepaskan kertas roti yang menempel dan biarkan hingga cake dingin sempurna. 

Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache

Belah cake menggunakan benang menjadi 3 bagian. Olesi bagian cake pertama dengan selai srikaya hingga merata pada permukaannya. Tumpukkan cake kedua ke atas cake yang telah diolesi dengan selai srikaya, kemudian oleskan kembali selai ke cake kedua dan tumpukkan cake ketiga diatasnya. Rapatkan cake dengan menekannya perlahan menggunakan telapak tangan. 

Coklat ganache:

Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache

Masukkan coklat blok dan mentega ke dalam wadah alumunium atau panci kecil. Masak coklat dengan cara di tim menggunakan api kecil hingga semua bahan mencair, aduk-aduk agar tidak gosong. Angkat. 

Siapkan mangkuk, masukkan krim kental/whipping cream ke dalam mangkuk, kocok dengan mikser tangan dengan kecepatan tinggi hingga krim mengembang dan kental. Matikan mikser, masukkan krim ke dalam coklat leleh, aduk rata menggunakan spatula. 


Resep Cake Kukus Lapis Srikaya dengan Coklat Ganache

Siramkan coklat ganache ke atas cake, goyangkan dan miringkan cake ke kiri dan kanan agar coklat mengalir turun sendiri. Jangan merapikan permukaan ganache dengan spatula, biarkan coklat mengalir sendiri memenuhi permukaan cake sehingga dihasilkan permukaan coklat yang halus dan licin. Diamkan sejenak agar coklat sedikit mengeras, menggunakan spatula rapikan bagian samping cake dengan menarik coklat yang berleleran turun agar menutupi bagian tepi cake. Lakukan hingga seluruh permukaan sisi cake tertutup coklat dengan baik. Diamkan cake hingga ganache mengeras, saya memasukkannya ke kulkas. 

Jika ganache telah mengeras, potong-potong cake sesuai selera dan cake siap disajikan. Enjoy!



28 komentar:

  1. mbak, mw nanya...
    gimana y caranya supaya cake yg kita kukus nggak mengembang (membentuk gunung) saat dikukus? padahal apinya udh kecil dan gak pernah dibuka2 smp 50 menit?

    BalasHapus
  2. Halo salam kenal ya,
    Hmm, pengalaman saya selama ini membuat cake kadang-kadang menggembung kadang nggak. Mungkin saat mengisi adonan ke loyang jangan terlalu penuh ya Jeng. Atau sebenarnya ada satu alat, aku pernah lihat di blog Lily's Wai Sek Hong, bentuknya menyerupai paku payung panjang, diletakkan di dasar loyang. Paku ini akan membuat permukaan cake datar saat dipanggang atau dikukus. Hanya saja aku belum pernah sempat tanya di toko bahan kue tentang alat ini. Semoga membantu ya.

    BalasHapus
  3. Resepnya diikutkan lomba aja mba di http://www.kreasimarie.com/home/

    BalasHapus
  4. Mbak, ini sy list resep ya pke mentega sm margarine, itu gmn ya? Soalnya drumah cmn Punya blueband aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, gak masalah, bisa dicampur mentega dan margarine atau salah satu saja gpp. Blue band oke2 saja kok. ^_^

      Hapus
  5. mbak, sorry byk nanya... klo ngukus kue pake loyang pyrex gt bisa ga ya? apa waktunya hrs dtambah gt ya? makasihhh...

    BalasHapus
  6. mbak, kok setelah cakenya sy lapisin, jadinya ga mo nempel gt ya? jadinya setelah dipotong per slice, kepisah2 gt. sedih d...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ana, hmm, mungkin selai srikayanya kurang tebal olesannya sehingga lapisan cake susah menempel. Tambahkan lagi saja olesan selainya ya, dan gak pakai selai srikayapun gak papa kok, misal selai coklat atau kacang

      Hapus
  7. aah senangnya nemu resep serba kukus ini... heheheh, kebetulan saya termasuk yg alergi sama oven *alesan padahal ga punya oven* wkwkwwkkwk.
    Thanks yah mbak buat resep resep kukus yg yahut ini...


    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Suci, yep, saya juga lebih suka cake kukus, lebih moist teksturnya. Sip, moga suka ya ^_^

      Hapus
  8. salam kenal mba,,,,baru liat blognya mba langsung suka deh......oya gmn caranya motong kue pake benang mba??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal juga ya. Gampang kok caranya, coba lihat gambar di link ini: http://www.justtryandtaste.com/2011/06/cake-coklat-kukus-lapis-selai.html

      moga membantu ^_^

      Hapus
  9. halo mbak endang..mau nanya nih klo gak ada tepung almond ataupun kacang almond gmn donk mba?soalnya di tempat tinggal aku gak ada yg jual maklum di desa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Emhy, bisa pakai kacang mete di giling halus ya. Saya belum pernah skip porsi kacang di cake ini jadi tidak berani kasih saran untuk hilangkan saja.

      Hapus
  10. Mbak Endang, kalau chocolate ganace-nya ngga pake krim kental bagaimana? Apa tetep akan mengeras? atau krim kentalnya diganti bahan lain, misalnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gak pakai krim kental Mba, skip saja ya, tetap bisa mengeras kok. Krim kental untuk membuat rasa ganache lebih sedap saja.

      Hapus
  11. Balasan
    1. Hai Mba Ardiana, silahkan Mba, tolong link back dan sumber kalau dishare ya. Thanks

      Hapus
  12. Mba hayoo bikin cake opra beneran yg pake buttercream coffie .hee ee semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Windy, kalau sudah menemukan resep oke dan berhasil dicoba pasti akan dishare hehhehe

      Hapus
  13. mbaaaakkk bikin selai kaya sendiri dong> aku pengen bikin karena suka banget sama selai srikaya ini..... dah gitu naksir sama rotinya kaya toast itu loh yang seperti di kun kaya toast ya....mau dong....ya ya ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Irha, yep saya juga suka banget dengan selai srikaya, sayangnya belum coba sendiri, sepertinya agak ribet yaa hehehe

      Hapus
  14. klo krim kental diskip takaran bahan lain tuk coklat ganachenya berubah gak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba emhy, kalau krim kental mau diskip sebaiknya pakai mentega saja ya, jangan margarine supaya rasa ganachenya lebih enak. bahan lain tetap ya.

      Hapus
  15. Maaf mba mau nanya..klo pake whip bubuk untuk buat ganachenya takarannya brp? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Kiki, saya belum pernah pakai whip cream bubuk, mungkin mba harus lihat instruksi di kemasan

      Hapus
  16. Mba endaaang, mau tanya dooong.. Kalau diaduk pake ballon wisk biasa tanpa mikser bisa Ngga Mba?
    Soalnya Aku pengen bikin kue ini untuk ulang tahun ayah, karna beliau srikaya,coklat, pandan addict..
    Makasih sebelumnya Mba :)

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...