27 Juni 2011

Resep Nasi Goreng Pelangi


Resep Nasi Goreng Pelangi JTT

Berganti pola makan dengan menyantap beras merah memang berat, walau maksud hati ingin mengikuti gaya hidup sehat tapi dasarnya lidah saya yang maniak sekali dengan nasi putih, tetap saja rasanya makan tidak berasa puas tanpanya. Tapi bukan berarti saya lantas menyerah, nasi goreng pelangi dengan aneka warna sayuran ini saya buat untuk makan malam Dimas, adik saya, yang sedang berkunjung ke Jakarta dalam rangka liburan. Sungguh, saya hanya mencicipinya sebanyak dua sendok! Ehem, dua sendok sayur tepatnya ^_^. Ini karena nasi goreng berwarna-warni ini sangat lezat sehingga saya tak kuasa menolaknya.

Resep Nasi Goreng Pelangi JTT
Resep Nasi Goreng Pelangi JTT

Nasi goreng memang makanan mengenyangkan yang sangat mudah dibuat dan tidak pernah gagal memuaskan banyak khalayak. Nasi goreng juga merupakan makanan favorit Dimas, sehingga saya tidak perlu bersusah-payah mencari alternatif menu lainnya. Bumbu termudah untuk membuat nasi goreng adalah dengan mengirisnya, selain cepat juga tidak banyak perkakas dapur kotor yang harus dicuci. Umumnya nasi goreng paling afdol memang ditambahkan aneka lauk seperti bakso, telur goreng atau suwiran ikan dan ayam, namun alangkah baiknya jika kita masukkan juga aneka sayuran ke dalamnya, sehingga nasi goreng yang disajikan lebih berserat dan bervitamin. Gunakan sayur yang tidak banyak mengandung air sehingga nasi tetap kesat dan tidak basah. Di resep ini saya tambahkan wortel, kacang polong dan jagung pipilan karena hanya jenis sayuran tersebut yang selalu tersedia di kulkas saya. Walaupun nasi ini juga lezat jika kita masukkan brokoli, kembang kol, irisan daun kol atau sobekan daun sawi hijau. Hmm!

Daripada berpanjang lebar, berikut resepnya ya.

Resep Nasi Goreng Pelangi JTT

Nasi Goreng Pelangi
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 porsi

Bahan:
- 2 mangkuk nasi putih
- 1 buah sosis rajang tipis
- 3 butir bakso iris tipis
- 1/2 butir wortel, potong kubus kecil
- 2 sendok makan kacang polong beku
- 2 sendok makan jagung manis pipilan beku

Bumbu:
- 1 butir bawang bombay ukuran kecil, cincang kasar
- 2 butir bawang putih, cincang halus
- 2 butir cabai rawit, rajang halus
- 1 butir cabai merah keriting, rajang halus
- 1/2 sendok teh merica halus
- 1/2 sendok teh garam halus
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:

Resep Nasi Goreng Pelangi JTT

Siapkan wajan, panaskan minyak dan tumis bumbu yang diiris hingga harum, masukkan saus tiram, garam dam merica bubuk, aduk rata. Masukkan bakso dan sosis, aduk hingga sosis dan bakso agak kecoklatan, tambahkan semua sayuran. Aduk dan masak hingga sayuran matang. Matikan api kompor, sekarang kita akan mencampurkan nasi dengan tumisan.

Masukkan nasi, aduk hingga nasi tercampur rata dengan bumbu dan sayuran. Cicipi rasanya. Hidupkan kembali kompor dan masak kembali hingga nasi goreng matang dan agak mengering. Aduk-aduk selama nasi dimasak agar tidak gosong. Angkat dan sajikan hangat-hangat. Yummy!



16 komentar:

  1. aku juga punya resep nasi goreng pelangi. tapi bukan bermaksud meniru2. aku membuatnya sendiri

    BalasHapus
  2. Hai, yup nasi goreng seperti ini memang fleksible ya. Jadi semua orang bisa melakukan modifikasinya sendiri2 ^_^

    BalasHapus
  3. Halo Mbak , makasih untuk blog yang luar biasa ^_^tiap hari saya buka blog mba untuk membuat masakan untuk keluarga saya.Saya tinggal di Polandia mengikuti suami ,jadi blog Mba ini membuat saya bernostalgia dengan Indonesia.Alhamdulillah keluarga saya suka semua seperti sushi, nasi goreng,dan cakenya :D yummy ^_^.Salam kenal dari Polandia

    Ainna

    BalasHapus
  4. Halo Mba Ainna, salam kenal juga ya. Wah saya sangat senang mendengarnya Mba, nun jauh di Polandia pasti membuat Mba Ainna kangen berat dengan masakan Indonesia. Thanks atas komennnya dan salam untuk keluarga ya. ^_^

    BalasHapus
  5. Hai mbaaa salam kenalll wahhh liat resepnya bikin ngiler hehehe pa lg nasgor masakan fav kluarga q xixi jd pngn praktek, oya mba sosis n bakso yg enak merk apa ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Maria, salam kenal juga ya. Silahkan dicoba. Untuk sosis dan bakso, saya juga suka trial macem2 cuman merk Kanzler buat sosis oke banget rasanya dan gak pakai pewarna. Sosis yang merah2 begitu pewarnanya banyak banget. Kalau bakso, saya suka beli bakso di pasar yang packing 1 kilo. Lupa namanya waakak

      Hapus
  6. Hai mbak, saya dan suami suka dangan nasi goreng.. jika nasi nya diganti nasi dari beras merah, adakah bumbu yang ditambahkan ? karena nasi dari beras merah sedikit hambar.. saya taunya makan ajah soalnya hihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba nana, nggak ada bumbu yang dirubah ya mba,pakai nasi merah atau biasa tetap enak kok.Yep saya juga suka nasi beras merah, saya pernah posting nasi jamur dengan beras merah:
      http://www.justtryandtaste.com/2013/06/nasi-goreng-jamur-shiitake-tiram.html

      maknyuss rasanya hehhehe

      Hapus
  7. Ini menu sarapan dan makan siang saya mba. . .
    Sayangnya, kemarin kelelahan ngedekor blackforest kukus resepnya JTT. . .
    Makan jadi gak berasa wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Risa, waah nasi goreng ini enaaakkk, cuman banyak pernak perniknya yaaa

      Hapus
  8. baru nemu blog ini 1 bulanan kayaknya,,, sekarang kl dikantor nyempetin buka blog ini,,,,, keren2 resepnya.kmrin nyoba resep steak ayam, dan hasilnya muantep,,,istri sampe ketagihan. walaupun ada sedikti modifikasi resep untuk menyesuaikan lidah. tpi resep dasarnya oke banget....#kalau di FB mungkin tak kasih jempol yang banyak# hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya ya, senang resep JTT disuka dan sukses dicoba di rumah. FB JTT ada kok, mungkin bs kasih jempol disana ^_^

      Hapus
  9. kyk ny mantap mbk, ijin praktek ya mbk,besok mau saya coba, tapi bkso sy gnti daging aja, masih bnyak daging Qurban kmrn :-)

    BalasHapus
  10. Mba endang.. klo mau bekuin sayurnya dlu.. jagung,kacang polong, n wortel nya harus direbus dlu atau mentah aja... makasih mba..
    Sri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sri, saya blanching sebentar, cemplungin ke air mendidih 1 menit saja langsung ditiriskan dan siram air dingin.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...