10 Juni 2011

Resep Udon dengan Udang, Cumi-Cumi & Sayur


Resep Udon dengan Udang, Cumi-Cumi & Sayur JTT

Berhasil membuat udonnya, kali ini sayapun mengolahnya menjadi masakan yang lezat, salah satunya adalah udon dengan seafood ini. Mudah dibuat dan rasanya pun mantap. Sayur yang anda gunakan tidak hanya terbatas pada wortel dan daun bawang seperti yang saya gunakan ya, anda bisa menggunakan jamur, kol, dan sawi.  Karena udon yang kita pergunakan masih segar dan baru matang maka jangan memasaknya terlalu lama agar udon tidak hilang kekenyalannya. Cukup masukkan sebentar di wajan, aduk rata dengan bumbu dan sayur kemudian angkat dengan segera. Paling sedap udon ini dimakan panas-panas dengan saus sambal. Hmm, divine!
  
Resep Udon dengan Udang, Cumi-Cumi & Sayur JTT
Resep Udon dengan Udang, Cumi-Cumi & Sayur JTT

Untuk resep bagaimana membuat mie udon sendiri, anda bisa klik di postingan saya sebelumnya di Membuat Mie Udon Sendiri di Rumah. Caranya sangat mudah dan layak untuk anda coba praktekkan. Mie udon segar yang baru anda buat sebaiknya paling lama disimpan di kulkas dalam plastik rapat hanya untuk 2 hari saja. Jangan memasak udon segar terlalu lama, karena itu masukkan saja udon sebentar ke dalam wajan yang berisi aneka tumisan bumbu, seafood, daging, ayam dan sayuran, aduk-aduk seperlunya agar tercampur baik dan segera diangkat, dengan cara seperti ini udon tetap bertahan kekenyalannya. 

Resep Udon dengan Udang, Cumi-Cumi & Sayur JTT

Berikut resepnya ya.

Resep Udon dengan Udang, Cumi-Cumi & Sayur JTT

Udon dengan Udang, Cumi-Cumi & Sayur
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 porsi

Bahan:
- 800 gram udon segar
- 5 ekor udang pancet, buang kepala, kulit, sisakan ekor, belah punggungnya.
- 2 ekor cumi-cumi, iris melintang
- 2 batang daun bawang, iris serong
- 1 batang wortel, iris tipis
- 100 - 200 ml air

Bumbu:
- 2 butir bawang putih, cincang halus
- 3 butir bawang merah, iris halus
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/4 sendok teh pala bubuk
- 1/4 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:

Resep Udon dengan Udang, Cumi-Cumi & Sayur JTT

Siapkan wajan, masukkan minyak dan panaskan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan kecoklatan. Masukkan cumi-cumi, aduk hingga cumi-cumi setengah matang. Masukkan wortel dan daun bawang, tambahkan air. Aduk rata. 

Resep Udon dengan Udang, Cumi-Cumi & Sayur JTT
Resep Udon dengan Udang, Cumi-Cumi & Sayur JTT

Masukkan merica, garam, pala, kaldu bubuk, dan saus tiram. Aduk rata. Tambahkan udang, aduk hingga udang berubah warna. Masukkan udon dan daun bawang ke dalam wajan, aduk rata sebentar saja. Cicipi rasanya dan pastikan sayur dan seafood matang. Angkat dan sajikan.



4 komentar:

  1. mba Endang... ayo bikin mi ramen mba :). Saya suka banget mi ramen, barusan ngubek ubek arsipnya mba Endang, hehehe tapi belum nemu mi ramen. posting mi ramen kapan kapan ya mba :). Kalo bikin pake resepnya mba Endang, step2 nya rinci n teliti, jadi lebih mudah aplikasinya hehehehe....
    Salam
    _Farika_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Farika, thanks ya. Iya nih banyak yang nanyain mie ramen, saya masih ubek2 resep yang sesuai lidah indo. Ditunggu saja ya hehehhe

      Hapus
  2. Mba udangnya lupa dideskripsi ya kok cuma cumi-cumi aja yg dimasukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, thanks ya, udah biasanya masuk belakangan setelah cumi2 karena cepat matangnya ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...