04 Juni 2011

Resep Salad Mangga & Apel dengan Saus Selai Kacang


Resep Salad Mangga-Apel dengan Saus Selai Kacang

Jakarta mulai kebanjiran buah mangga, minggu lalu ketika saya ke pasar tradisional Blok A, saya melihat pedagang mangga memajang buah lezat ini dalam jumlah besar dan rata-rata tampilan mangganya pun terlihat ranum. Saya pun membeli satu kilo mangga arum manis lagi untuk stok membuat smoothie mangga yang saya gandrungi, pas di cuaca yang panas menyengat begini. Selain smoothie, buah mangga yang beraroma wangi dan segar ini juga lezat untuk dibuat menjadi salad buah. Jika versi buah mudanya menjadi rujak atau asinan maka mangga yang telah masak nikmat dan segar untuk diolah menjadi salad bersama buah lainnya atau hanya sendiri saja. 

Resep Salad Mangga-Apel dengan Saus Selai Kacang
Resep Salad Mangga-Apel dengan Saus Selai Kacang

Salad mangga yang terkenal tentu saja versi Thailand atau Vietnam, biasanya sausnya menggunakan kecap ikan dan minyak zaitun serta ditaburi dengan daun ketumbar. Hmm, saya merasa sayang mengucuri mangga lezat ini dengan kecap ikan (fish sauce) jadi saya menggunakan versi saus salad mangga buatan sendiri. Hasilnya sedap juga lho. Mirip-mirip rujak tetapi dengan bumbu yang lebih ringan. Saya menambahkan apel ke dalam salad ini agar buahnya lebih bervariasi dan saya skip untuk daun ketumbar karena tidak memiliki persediaannya di kulkas. Lagi pula saya jarang menggunakan rempah daun ini di dalam masakan, membelinya pun di supermarket harus 1 ikat dengan ukuran lumayan besar. Tanpa daun ketumbar salad mangga dan apel ini tetap segar dan mantap.

Berikut resepnya ya.  

Resep Salad Mangga-Apel dengan Saus Selai Kacang

Salad Mangga & Apel dengan Saus Selai Kacang
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 2 porsi

Bahan:
- 1 buah mangga arum manis yang tua, matang tetapi daging buahnya masih cukup keras
- 2 buah apel Red Delicious

Saus salad:
- 2 sendok makan air jeruk nipis
- 1 sendok makan selai kacang botolan, cairkan dengan 3 sendok makan air panas
- 2 butir cabai rawit merah, iris halus
- 2 butir cabai rawit hijau, iris halus
- 1 butir bawang merah iris tipis
- 1/2 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin

Cara membuat:

Resep Salad Mangga-Apel dengan Saus Selai Kacang

Kupas mangga dan apel, iris daging buahnya tipis-tipis. Sisihkan. 


Resep Salad Mangga-Apel dengan Saus Selai Kacang
Resep Salad Mangga-Apel dengan Saus Selai Kacang

Siapkan mangkuk, masukkan selai kacang yang telah dicairkan dengan 3 sendok makan air panas, garam, air jeruk nipis, cabai dan bawang merah. Aduk rata. 


Resep Salad Mangga-Apel dengan Saus Selai Kacang

Masukkan irisan mangga dan apel, aduk rata salad dengan menggunakan dua buah sendok hingga bumbu tercampur rata dengan buah. Hidangkan atau masukkan dulu di kulkas dan santap saat salad telah dingin. Segar!



8 komentar:

  1. sumpah.. aku ngiler baca resep yang ini.. :P sluuurrpp..
    must try and taste..

    BalasHapus
  2. Apelnya diganti kedondong sepertinya semakin seger. cocok buat bumil seperti saya. thanks resepnya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya mba, mantep gandos, sampe ngecesss heheheh. mana panas2 begini duuhh

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...